Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

agng01
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 20, 2020 10:32
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Innova

Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by agng01 »

Salam rekan rekan semua :big_peace:

Ane ingin menggantikan innova MT 2012 bensin ane dikarenakan sudah bosan...
Bingung amat sekali antara X trail 2.5 xt 2014 dan x trail MT 2015-2016 dengan budget 170-200jt karena pilih kedua ini sangat nyaman yang cocok buat menggantikan ipah ane yang akan digunakan sbb :
• Mobil sering digunakan untuk keluar kota dan sering melewati tanjakan curam
•Muat banyak

Alasan memilih X trail 2.5 xt 2014 :
-Lampu Sorot, nah karena ane sering bolak balik keluar kota jakarta-kebumen-jogja yang pasti membutuhkan penerangan lebih sangat berarti fitur ini saat malam
-Body kotak boxy, ane suka sekali dgn bentuk desainnya yang macho :big_love:
-Bagasi bisa diratakan lantai, mengingat ane sering bawa muat banyak
-tenaga lebih besar karena 2.500cc
-pengaturan kursi sdh otomatis
-Sangat jarang dijalanan yang membuat mobil ini terasa istimewah :big_smoking:

Kekurangan yang ane khawarirkan utk X trail 2.5xt 2014 :
-CVT...oh CVT lagi, ya walaupun 2.500 ane khawatir terhadap CVT nya yang katanya "Suka gakuat nanjak" saat sering melewati tanjakan curam
-Yap CVT lagi, ane khawatir saat sering digunakan untuk perjalanan naik gunung akan membuat CVT tidak awet

Alasan Memilih X trail 2015-2016 manual :
-transimi MT yang membuat mobil agresif saat diajak nanjak dan tidak rewel
-transmisi MT yang tdk perlu khawatir akan rusak yg membuat biaya kantong jebol
-Desain dan body masih fresh karena tahun lebih muda
-Fitur rem parkir sudah otomatis
-Fitur lebih banyak dari x trail 2.5xt
-7 seater

Kekurangan menurut ane :
-Tidak adanya lampu sorot atas
-desain dan body tidak semacho t31
-belum ada jok kulit
-terlalu feminimin :big_bored:

sekiranya ada yang dapat bisa membantu dari agan agan seraya semua, terimakasih :big_peace: :big_grin:
whitehorse4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 615
Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by whitehorse4 »

kalo kriterianya muat banyak dan manual no problem ya go for xtrail t32 om
cuma jangan disamain ama innova baris 3 nya
karena sebenernya itu 5+2 bukan murni 7 seater
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 843
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Greenhunter »

Kalau hanya lampu sorot yang jadi concern kan bisa tambah sendiri di variasi, pakai hella yang bulet 2 bijinitu sudah terang banget, bisa juga LED bar semacam lampunya mobil polisi tapi yang warna putih dan sinarnya menyala tetus, bukan yang flash semacam rotator, apalagi kalau warna biru bisa dipermasalahkan sama polisi yg butuh duit
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3068
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by KielConstantine »

X-Trail 2014 aja . Lebih keren bentuknya.
Boxy kotak macho :off_good_job:

Matic CVT awet asal kg suka bejek2 gaspol mendadak. Sama rutinin ganti oli matic tiap 50rb km skali.

Nanjak mah gampang, mesin CC gede gitu. Toel gas jg nanjak.. bejek di tol lari sampe 160 km/h jg gampil wkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 829
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by pradit_d »

Cvt ga seserem itu asalkan rajin maintenance, ganti oli ruyin di 50rb km. Yg ga enak itu karakternya klo buat ane, tapi tergantung sih ada jg yg lebih suka cvt karena halus.
Cuman skrg klo pertimbangannya milih t32 manual, ga enak jg loh bawanya, ga responsif. Mgkn karena tenaganya kurang ama throtle by wire ya. Ane ngerasa enakan bawa xtrail 2.5 cvt
:big_peace:
bejosupangat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Sat Jan 12, 2013 6:48

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by bejosupangat »

Sebetulnya tergantung preferensi Pak mau transmisi automatic atau manual.

Saran saya sbb:
1. Kalau pilihannya T31 2.5L yang CVT (2014 ke bawah):
a. bawa ke bengkel resmi untuk general check saja (service record, dll). Khususnya untuk check CVT fluid deterioration rate nya pakai consult. Kalau hasilnya masih di bawah angka 200,000 point, artinya aman & mobilnya dirawat. Nanti apabila sudah dibeli, langsung lakukan flushing CVT fluid nya saja. Kemudian juga di-test drive, pastikan manual mode (virtual gear nya) bekerja normal.
b. mesin cenderung aman (QR25DE), relatif lebih robust dibandingkan yang 2.0 L (MR20DE). Jarang ada issue serius.
c. cari yang se-original mungkin, dan pastikan trim-trim di area bagasinya masih komplit khususnya laci-lacinya.

2. Kalau pilihannya T32 2.0 yang MT (2015-2016):
a. Karena transmisi manual ya paling diperiksa apakah clutch disk nya masih bagus atau sudah jelek (pedal kopling berat, terkesan ngeden). Kalau sudah jelek ya sediakan dana untuk ganti kopling set (kampas, dekrup, bearing).
b. mesin relatif aman namun kalau bisa minimal sekali RON90 di pom bensin yang bersih (recommended RON92). Mesin 2.0 L di T32 ini generasi baru (MR20DD), direct-injection.
c. cari yang se-original mungkin, dan pastikan trim-trim di area bagasi / baris ke-3 masih komplit (khususnya tonneau cover nya masih ada).

Khusus untuk transmisi automatic jenis CVT sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan. Hampir seluruh merk juga pakai CVT.

Rekomendasi saya: go for T31 XT 2.5L CVT, kalau bisa tahun2 final (2012-2014), panel instrument cluster nya sudah bagus & terlihat jauh lebih modern dibandingkan yang pre-facelift (2008-2011).
Lolol
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Lolol »

bejosupangat wrote: Mon Sep 21, 2020 1:26 Sebetulnya tergantung preferensi Pak mau transmisi automatic atau manual.

Saran saya sbb:
1. Kalau pilihannya T31 2.5L yang CVT (2014 ke bawah):
a. bawa ke bengkel resmi untuk general check saja (service record, dll). Khususnya untuk check CVT fluid deterioration rate nya pakai consult. Kalau hasilnya masih di bawah angka 200,000 point, artinya aman & mobilnya dirawat. Nanti apabila sudah dibeli, langsung lakukan flushing CVT fluid nya saja. Kemudian juga di-test drive, pastikan manual mode (virtual gear nya) bekerja normal.
b. mesin cenderung aman (QR25DE), relatif lebih robust dibandingkan yang 2.0 L (MR20DE). Jarang ada issue serius.
c. cari yang se-original mungkin, dan pastikan trim-trim di area bagasinya masih komplit khususnya laci-lacinya.

2. Kalau pilihannya T32 2.0 yang MT (2015-2016):
a. Karena transmisi manual ya paling diperiksa apakah clutch disk nya masih bagus atau sudah jelek (pedal kopling berat, terkesan ngeden). Kalau sudah jelek ya sediakan dana untuk ganti kopling set (kampas, dekrup, bearing).
b. mesin relatif aman namun kalau bisa minimal sekali RON90 di pom bensin yang bersih (recommended RON92). Mesin 2.0 L di T32 ini generasi baru (MR20DD), direct-injection.
c. cari yang se-original mungkin, dan pastikan trim-trim di area bagasi / baris ke-3 masih komplit (khususnya tonneau cover nya masih ada).

Khusus untuk transmisi automatic jenis CVT sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan. Hampir seluruh merk juga pakai CVT.

Rekomendasi saya: go for T31 XT 2.5L CVT, kalau bisa tahun2 final (2012-2014), panel instrument cluster nya sudah bagus & terlihat jauh lebih modern dibandingkan yang pre-facelift (2008-2011).
Unik yah Nissan, yang tipe terendah dapet teknologi baru (direct injection sama electric park Brake)

Btw kompresi 11.2:1 kuat pertalite ?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by ChZ »

3 mobil di rumah skrg CVT dan tdk ada masalah dengan nanjak.

malah pernah punya T31 CVT 2009 dan T32 CVT 2015 juga tdk pernah ada masalah dengan nanjak. CVT justru enak sekali buat nanjak tidak ada ngoper oper tinggal gas all the way.

justru pernah ada masalah nanjak di mobil AT dan DSG :big_peace:

mslhnya tinggal soal keawetan... ini yang jadi soal adalah mobil sdh usia 6 taun. kasus breakdown di jatco CVT batumakam itu cukup random case ntah apa penyebabnya. saya curiga krn rawatan ala bengkel resmi yang sekedar nurutin scanner yang bilang CVTnya tidak perlu ganti oli, langsung ganti aja segelondong :big_love:

usahakan liat unit test drive dan kalau sdh ada gejala-gejala seperti selip berlebihan atw kasar mending skip. odometer tidak menjamin, ni macem kasus DSG dry nya VW sangat random bervariasi dari 60 ribu ampe lebih dari 100 ribu... :big_love: bgitu dapet unit yang enak, gas ke bengkel langsung ganti. lanjutkan ganti tiap 2 taun / 20 ribu.

T31 mobil enak ini... saya disuru milih T32 dan T31 ttp milih T31... lbh solid buatannya. T32 turun banget kualitasnya... naikan jg jadi kurang enak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by chaprizone »

T31 ini modelnya saya suka sih dibanding T32
klo g salah oil cooler CVT T31 dan T32 (yg matic) ini beda, lebih gampang panas CVT T31 dibanding CVTnya T32

klo xtrail yg 2000 cc saya pernah nyoba keliling parkiran bentar enak sih, rem parkir seinget saya ada di tangan (elektrik) untuk yg manual, tp untuk spare part mesin yg 2000cc agak susah nyarinya klo di toko online

klo medan banyak tanjakan gitu saran saya ambil yg manual aja, kecuali emang dpt barang dari sodara/tmn deket yg tau ngrawat mobil jadi lebih tenang, untuk lampu sorot bisa pasang LED Bar aja di atap, lebih kekinian dan watt nya lebih kecil, lebih terang jg
:big_okay:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11948
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by marmut »

chaprizone wrote: Mon Sep 21, 2020 4:25 T31 ini modelnya saya suka sih dibanding T32
klo g salah oil cooler CVT T31 dan T32 (yg matic) ini beda, lebih gampang panas CVT T31 dibanding CVTnya T32

klo xtrail yg 2000 cc saya pernah nyoba keliling parkiran bentar enak sih, rem parkir seinget saya ada di tangan (elektrik) untuk yg manual, tp untuk spare part mesin yg 2000cc agak susah nyarinya klo di toko online

klo medan banyak tanjakan gitu saran saya ambil yg manual aja, kecuali emang dpt barang dari sodara/tmn deket yg tau ngrawat mobil jadi lebih tenang, untuk lampu sorot bisa pasang LED Bar aja di atap, lebih kekinian dan watt nya lebih kecil, lebih terang jg


cvt pake fluid keraton Vs. manual plat kopling habis, kuat mana nanjaknya?
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by chaprizone »

marmut wrote: Mon Sep 21, 2020 4:45
chaprizone wrote: Mon Sep 21, 2020 4:25 T31 ini modelnya saya suka sih dibanding T32
klo g salah oil cooler CVT T31 dan T32 (yg matic) ini beda, lebih gampang panas CVT T31 dibanding CVTnya T32

klo xtrail yg 2000 cc saya pernah nyoba keliling parkiran bentar enak sih, rem parkir seinget saya ada di tangan (elektrik) untuk yg manual, tp untuk spare part mesin yg 2000cc agak susah nyarinya klo di toko online

klo medan banyak tanjakan gitu saran saya ambil yg manual aja, kecuali emang dpt barang dari sodara/tmn deket yg tau ngrawat mobil jadi lebih tenang, untuk lampu sorot bisa pasang LED Bar aja di atap, lebih kekinian dan watt nya lebih kecil, lebih terang jg


cvt pake fluid keraton Vs. manual plat kopling habis, kuat mana nanjaknya?
plat kopling habis ya ganti dulu om, jgn dipaksa jalan, lagi pula plat kopling tipis kan ada gejalanya, btw saya pengguna xtrail jg, tmn2 komunitas tempo hari sempat touring (saya gk ikut), beberapa ada yg pakai T31 CVTnya kondisi kurang sehat nanjak ke galunggung gk kuat, mobil lain T31 CVT yg sehat ya kuat2 aja, tergantung kondisi jg Om maksud saya, cm nyari mobil dg CVT sehat agak tricky jg kan
:big_okay:
Jailanijailani
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sun Jan 21, 2018 0:12

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Jailanijailani »

Kok ga pingin innova diesel matic om?
agng01
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 20, 2020 10:32
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Innova

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by agng01 »

ChZ wrote: Mon Sep 21, 2020 2:16 3 mobil di rumah skrg CVT dan tdk ada masalah dengan nanjak.

malah pernah punya T31 CVT 2009 dan T32 CVT 2015 juga tdk pernah ada masalah dengan nanjak. CVT justru enak sekali buat nanjak tidak ada ngoper oper tinggal gas all the way.

justru pernah ada masalah nanjak di mobil AT dan DSG :big_peace:

mslhnya tinggal soal keawetan... ini yang jadi soal adalah mobil sdh usia 6 taun. kasus breakdown di jatco CVT batumakam itu cukup random case ntah apa penyebabnya. saya curiga krn rawatan ala bengkel resmi yang sekedar nurutin scanner yang bilang CVTnya tidak perlu ganti oli, langsung ganti aja segelondong :big_love:

usahakan liat unit test drive dan kalau sdh ada gejala-gejala seperti selip berlebihan atw kasar mending skip. odometer tidak menjamin, ni macem kasus DSG dry nya VW sangat random bervariasi dari 60 ribu ampe lebih dari 100 ribu... :big_love: bgitu dapet unit yang enak, gas ke bengkel langsung ganti. lanjutkan ganti tiap 2 taun / 20 ribu.

T31 mobil enak ini... saya disuru milih T32 dan T31 ttp milih T31... lbh solid buatannya. T32 turun banget kualitasnya... naikan jg jadi kurang enak.



Saya kemarin sempat test drive unit x trail 2.5xt 2014 dengan gejala Rpm naik turun tidaj stabil, jarum jam spedometer nahan 20km/j tidak bisa naik lagi, ane bejek dalem dalem sangat kuraang tenagaa :big_childish: .... apa itu gejala CVT bermasalah ya om? .... btw, saat turunan curam baiknya masuk mode manual gigi 1 atau di D aja ya supaya awet CVT nya?.... anee masih awam ttg transmisi xtonic :big_slap:
agng01
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 20, 2020 10:32
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Innova

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by agng01 »

Jailanijailani wrote: Mon Sep 21, 2020 5:34 Kok ga pingin innova diesel matic om?



Daah bosen innova lagi omm :big_bored: , saya kemarin udah lihat unit innova reborn built quality dan fitur nya jauh di atas x trail dengan harga segitu ane rasa kurang worth it... agak disayangkan x trail memang boros tapi gak masalah buat ane karena sebanding dgn kenyamanannya :big_peace:
agng01
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 20, 2020 10:32
Location: Jakarta Pusat
Daily Vehicle: Innova

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by agng01 »

bejosupangat wrote: Mon Sep 21, 2020 1:26 Sebetulnya tergantung preferensi Pak mau transmisi automatic atau manual.

Saran saya sbb:
1. Kalau pilihannya T31 2.5L yang CVT (2014 ke bawah):
a. bawa ke bengkel resmi untuk general check saja (service record, dll). Khususnya untuk check CVT fluid deterioration rate nya pakai consult. Kalau hasilnya masih di bawah angka 200,000 point, artinya aman & mobilnya dirawat. Nanti apabila sudah dibeli, langsung lakukan flushing CVT fluid nya saja. Kemudian juga di-test drive, pastikan manual mode (virtual gear nya) bekerja normal.
b. mesin cenderung aman (QR25DE), relatif lebih robust dibandingkan yang 2.0 L (MR20DE). Jarang ada issue serius.
c. cari yang se-original mungkin, dan pastikan trim-trim di area bagasinya masih komplit khususnya laci-lacinya.

2. Kalau pilihannya T32 2.0 yang MT (2015-2016):
a. Karena transmisi manual ya paling diperiksa apakah clutch disk nya masih bagus atau sudah jelek (pedal kopling berat, terkesan ngeden). Kalau sudah jelek ya sediakan dana untuk ganti kopling set (kampas, dekrup, bearing).
b. mesin relatif aman namun kalau bisa minimal sekali RON90 di pom bensin yang bersih (recommended RON92). Mesin 2.0 L di T32 ini generasi baru (MR20DD), direct-injection.
c. cari yang se-original mungkin, dan pastikan trim-trim di area bagasi / baris ke-3 masih komplit (khususnya tonneau cover nya masih ada).

Khusus untuk transmisi automatic jenis CVT sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan. Hampir seluruh merk juga pakai CVT.

Rekomendasi saya: go for T31 XT 2.5L CVT, kalau bisa tahun2 final (2012-2014), panel instrument cluster nya sudah bagus & terlihat jauh lebih modern dibandingkan yang pre-facelift (2008-2011).

Waah dapet ilmu dari si oom :big_smile] , terimakasih sarannya om sangat berguna :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by ChZ »

agng01 wrote: Mon Sep 21, 2020 8:34
Saya kemarin sempat test drive unit x trail 2.5xt 2014 dengan gejala Rpm naik turun tidaj stabil, jarum jam spedometer nahan 20km/j tidak bisa naik lagi, ane bejek dalem dalem sangat kuraang tenagaa :big_childish: .... apa itu gejala CVT bermasalah ya om? .... btw, saat turunan curam baiknya masuk mode manual gigi 1 atau di D aja ya supaya awet CVT nya?.... anee masih awam ttg transmisi xtonic :big_slap:
oh kalo ini jelas lah calon calon keluarin 50 juta buat overhaul... :big_grin:

CVT masukin D saja.. tidak ada bedanya koq. dimasukin ke mode manual hanya ngunci di rasio tertentu saja. main mode manual hanya untuk dapet efek engine brake saja tdk terlalu pengaruh dengan awet dan tidak. utk normal drive tidak perlu perlakuan special koq transmisi CVT. hanya perawatan saja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27668
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by DOHC »

ChZ wrote: Mon Sep 21, 2020 2:16 3 mobil di rumah skrg CVT dan tdk ada masalah dengan nanjak.

malah pernah punya T31 CVT 2009 dan T32 CVT 2015 juga tdk pernah ada masalah dengan nanjak. CVT justru enak sekali buat nanjak tidak ada ngoper oper tinggal gas all the way.

justru pernah ada masalah nanjak di mobil AT dan DSG :big_peace:

mslhnya tinggal soal keawetan... ini yang jadi soal adalah mobil sdh usia 6 taun. kasus breakdown di jatco CVT batumakam itu cukup random case ntah apa penyebabnya. saya curiga krn rawatan ala bengkel resmi yang sekedar nurutin scanner yang bilang CVTnya tidak perlu ganti oli, langsung ganti aja segelondong :big_love:

usahakan liat unit test drive dan kalau sdh ada gejala-gejala seperti selip berlebihan atw kasar mending skip. odometer tidak menjamin, ni macem kasus DSG dry nya VW sangat random bervariasi dari 60 ribu ampe lebih dari 100 ribu... :big_love: bgitu dapet unit yang enak, gas ke bengkel langsung ganti. lanjutkan ganti tiap 2 taun / 20 ribu.

T31 mobil enak ini... saya disuru milih T32 dan T31 ttp milih T31... lbh solid buatannya. T32 turun banget kualitasnya... naikan jg jadi kurang enak.
Perna baca d forum malon, katanya pd nambahin atf cooler mods.. ama kasi atf yg bagusan.. rata2 pada lebi awet

Tau sendiri kan orang malon nyetirnya kaya apa

Ahond develop cvt earth dream nya aj dsana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4989
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Pboyz97 »

Kalo kriterianya tanjakkan curam, saya menyarankan manual aja, apalagi om TS masih mikirin maintenance, tarikannya T32 2.0 Manual not bad kok, gajauh beda sm yg cvtnya. Kalo dah biasa bawa GNKI manual harusnya bawa T32 manual gak ada masalah .

Cuma kalo mau T31, boleh dipertimbangkan juga. Bentuk jg masih enak dilihat sampe sekarang, Cuma pastikan owner sblmnya telaten dan rutin ganti oli CVTNya, sm bagasi jg lebih luas T31, karena di 5 seater, beda sm T32 yg 7 seater tapi agak maksa hehehe. Semua balik lg ke selera dan kebutuhan sih om. Keduanya sama2 mobil yg bagus kok kalo sama2 sehat hehehe. Coba Test drive keduanya aja, biar ada gambaran lebih detail dan bisa memutuskan lebih sreg ke yg mana
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Pugman »

agng01 wrote: Sun Sep 20, 2020 11:11 Salam rekan rekan semua :big_peace:

Ane ingin menggantikan innova MT 2012 bensin ane dikarenakan sudah bosan...
Bingung amat sekali antara X trail 2.5 xt 2014 dan x trail MT 2015-2016 dengan budget 170-200jt karena pilih kedua ini sangat nyaman yang cocok buat menggantikan ipah ane yang akan digunakan sbb :
• Mobil sering digunakan untuk keluar kota dan sering melewati tanjakan curam
•Muat banyak

Alasan memilih X trail 2.5 xt 2014 :
-Lampu Sorot, nah karena ane sering bolak balik keluar kota jakarta-kebumen-jogja yang pasti membutuhkan penerangan lebih sangat berarti fitur ini saat malam
-Body kotak boxy, ane suka sekali dgn bentuk desainnya yang macho :big_love:
-Bagasi bisa diratakan lantai, mengingat ane sering bawa muat banyak
-tenaga lebih besar karena 2.500cc
-pengaturan kursi sdh otomatis
-Sangat jarang dijalanan yang membuat mobil ini terasa istimewah :big_smoking:

Kekurangan yang ane khawarirkan utk X trail 2.5xt 2014 :
-CVT...oh CVT lagi, ya walaupun 2.500 ane khawatir terhadap CVT nya yang katanya "Suka gakuat nanjak" saat sering melewati tanjakan curam
-Yap CVT lagi, ane khawatir saat sering digunakan untuk perjalanan naik gunung akan membuat CVT tidak awet

Alasan Memilih X trail 2015-2016 manual :
-transimi MT yang membuat mobil agresif saat diajak nanjak dan tidak rewel
-transmisi MT yang tdk perlu khawatir akan rusak yg membuat biaya kantong jebol
-Desain dan body masih fresh karena tahun lebih muda
-Fitur rem parkir sudah otomatis
-Fitur lebih banyak dari x trail 2.5xt
-7 seater

Kekurangan menurut ane :
-Tidak adanya lampu sorot atas
-desain dan body tidak semacho t31
-belum ada jok kulit
-terlalu feminimin :big_bored:

sekiranya ada yang dapat bisa membantu dari agan agan seraya semua, terimakasih :big_peace: :big_grin:
Yakin mau Xtrail T32 manual?
Ini pengalaman subjektif saya, Dari beberapa mobil manual 2000cc ini, Innova, Peugeot dan X-trail yang pernah saya pakai jarak jauh..
X-trail itu jadi mobil paling melelahkan untuk dipakai jarak jauh (3-4 jam driving).
Kalau soal kedap dan nyaman ga ada komplain. Tapi pakai mobil manual dengan TB elektronik yang delay itu beneran jadi kaya orang baru belajar nyetir.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Pugman »

ChZ wrote: Mon Sep 21, 2020 2:16 3 mobil di rumah skrg CVT dan tdk ada masalah dengan nanjak.

malah pernah punya T31 CVT 2009 dan T32 CVT 2015 juga tdk pernah ada masalah dengan nanjak. CVT justru enak sekali buat nanjak tidak ada ngoper oper tinggal gas all the way.

justru pernah ada masalah nanjak di mobil AT dan DSG :big_peace:

mslhnya tinggal soal keawetan... ini yang jadi soal adalah mobil sdh usia 6 taun. kasus breakdown di jatco CVT batumakam itu cukup random case ntah apa penyebabnya. saya curiga krn rawatan ala bengkel resmi yang sekedar nurutin scanner yang bilang CVTnya tidak perlu ganti oli, langsung ganti aja segelondong :big_love:

usahakan liat unit test drive dan kalau sdh ada gejala-gejala seperti selip berlebihan atw kasar mending skip. odometer tidak menjamin, ni macem kasus DSG dry nya VW sangat random bervariasi dari 60 ribu ampe lebih dari 100 ribu... :big_love: bgitu dapet unit yang enak, gas ke bengkel langsung ganti. lanjutkan ganti tiap 2 taun / 20 ribu.

T31 mobil enak ini... saya disuru milih T32 dan T31 ttp milih T31... lbh solid buatannya. T32 turun banget kualitasnya... naikan jg jadi kurang enak.
BTW entah kenapa Scotty Kilmer selalu bilang transmisi Jatco ini buruk ya...
:big_think:
BTT pakai X-trail T32 manual itu ga nyaman buat jalan jauh, lebih terasa capek dari naik Innova manual ya...
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by adty »

T31 2.5 Xtremer ganteng abeesss om, sikattt. Pernah punya T31 2010 ya akhirnya CVTnya modar sih karena telat ganti oli, tp km juga 200an ribu. Terbayar sama nyaman dan performanya hahaha
Penikmat roti tawar beroda
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by maastricht889 »

T31 xtremer keluaran akhir ajaaaa om, barang jarang dan kl nyari harus unitnya yang bener2 bagus. Setidaknya record soal oli CVTnya jelas. Waktu jaman 2008 saya test drive T31 yang Xt, beh crv RE rasanya kaya gerobak om. Alus banget juga suasana interiornya enak, memang khas nissan kl dalem hal ini terutama suspensi ya.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by benzz89 »

Ane juga hampir ambil T31 di taon 2010 karena suspensi nyamannya mirip2 ama santa fe gen 1 ane, bahkan lebih nyaman (empuk) T31, meski jelas lebih limbung.

CVT nya juga termasuk canggih sih di jamannya dengan jargon X-Tronic nya, tapi... sempit sekali itu bangku di row 2 nya, ane tinggi 180 cm dengkul sudah mentok, gak bisa gerak leluasa lagi, padahal ruang bagasi super lega, kebanting ama row 2 nya... sangat di sayangkan.

Karena ane pake driver maka otomatis akan lebih banyak duduk di belakang, tapi posisi di ruang driver juga kurang lapang ini T31, ane merasa kurang nyaman. Seandainya ruang interior lebih lega, utamanya row 2 sudah pasti lebih perfect ini mobil.

Lampu tembak yang diatas atap untuk trim XT tidak bisa sembarangan dipakai karena untuk lalu lintas 2 arah akan sangat menyilaukan pengemudi dari arah yang berlawanan. Kalau untuk 1 arah & jalanan sepi pasti akan sangat membantu penerangan jalan.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3068
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by josomba »

Nimbrung bercerita aja dikit ....

Di rumah pernah ada T31 punya bokap beli taun 2010 lalu setelah 5 tahun, alm. bokap jual n ganti ke T32 ... keduanya yg 2000cc CVT ...

Urusan cvt, bokap sepertinya ga pernah ganti ntuh fluida T31 selama 5 tahun, pas mau dijual mulai bunyi ngingg nginggg kalau dibejek .. Kaki2 aman sentosa 58k KM selama 5 tahun

Nah pas T32 .... dibanding pendahulunya, ada masalah2 di luar cvt yg mulai muncul sih.... AC ada small leak di tahun ketiga, tahun ke-4 shock depan bocor. Sekarang jalan 65k KM dan umur mobil masuk 5 tahun. CVT sejauh ini aman, pas tahun ketiga / 42ribuan KM owe ganti olinya pake cfex, nampaknya taun ini dah waktunya kudu ganti lg biar awet. :big_bored:
Image
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2157
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Nissan X Trail 2.5 XT 2014 atau Nissan X Trail 2015-2016 Manual

Post by Venturtle »

kalo menurut ane, pilih yg model Xtrail generasi 2 (T31) saja, bentuknya lebih gagah :big_grin:
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.