Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Turboman wrote: ↑Mon Feb 03, 2020 16:52
Ada yg udah coba coolant :
Mesin Es ?
Evans tanpa air ?
Merk coolant apa itu Om?
Standar coolant acuan kemana ya?
Kl oli jelas dan bisa diikuti kl mau pake oli di luar bawaan beres.
Taunya coolant cm merk Prestone doang
blloewy wrote: ↑Sat Jun 06, 2020 11:10
Merk coolant apa itu Om?
Standar coolant acuan kemana ya?
Kl oli jelas dan bisa diikuti kl mau pake oli di luar bawaan beres.
Taunya coolant cm merk Prestone doang
Mesin es = merk engine ice...harganya mayan telen ludah buat seonggok coolant..
Cari silicate n phosphate free....cek msds.... Prestone yg 2017 ke atas sih msds dah free keduanya, saya juga pake2 aja d mobil nissan n mazda... Alternatif yg bagus juga yaa coolant rata2 pabrikan alias merk Seiken..
blloewy wrote: ↑Sat Jun 06, 2020 11:10
Merk coolant apa itu Om?
Standar coolant acuan kemana ya?
Kl oli jelas dan bisa diikuti kl mau pake oli di luar bawaan beres.
Taunya coolant cm merk Prestone doang
Mesin es = merk engine ice...harganya mayan telen ludah buat seonggok coolant..
Cari silicate n phosphate free....cek msds.... Prestone yg 2017 ke atas sih msds dah free keduanya, saya juga pake2 aja d mobil nissan n mazda... Alternatif yg bagus juga yaa coolant rata2 pabrikan alias merk Seiken..
Kebetulan masi simpan bookmark keduanya....Saya belum nemu paper yg sampe level jurnal ilmiah sih sejauh ini...
Intinya d tropis kita hanya butuh anti-rust a.k.a rust inhibitornya aja, jadi 30% cukup supaya pelepasan panasnya optimal.. jd saya pribadi pake 30% dan memang tiap 2 tahun sekali ganti sih
Kebetulan masi simpan bookmark keduanya....Saya belum nemu paper yg sampe level jurnal ilmiah sih sejauh ini...
Intinya d tropis kita hanya butuh anti-rust a.k.a rust inhibitornya aja, jadi 30% cukup supaya pelepasan panasnya optimal.. jd saya pribadi pake 30% dan memang tiap 2 tahun sekali ganti sih
IMHO..
Ini yg dipake sama BatuMakam
Komposisi Coolant nya 30:70
30% Coolant dan 70% Air
Dicampur gt aman ngga ya? Krn campurannya itu kita sendiri yg lakukan bukan dari pabrikan.
Pabrikan BatuMakam cm jual coolantnya doang
Yang Biru per liter lebih dari 100 rb
Yang Hijau sekitar 30 rb
Kalau HRV asalnya Biru kemudian dibuang lewat drain, kemudian diisi lagi dengan yang hijau.
Apakah radiator akan rusak ? karena masih ada tersisa di blok mesin yang warna biru
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Kebetulan masi simpan bookmark keduanya....Saya belum nemu paper yg sampe level jurnal ilmiah sih sejauh ini...
Intinya d tropis kita hanya butuh anti-rust a.k.a rust inhibitornya aja, jadi 30% cukup supaya pelepasan panasnya optimal.. jd saya pribadi pake 30% dan memang tiap 2 tahun sekali ganti sih
IMHO..
Ini yg dipake sama BatuMakam
Komposisi Coolant nya 30:70
30% Coolant dan 70% Air
Dicampur gt aman ngga ya? Krn campurannya itu kita sendiri yg lakukan bukan dari pabrikan.
Pabrikan BatuMakam cm jual coolantnya doang
BeRes mana tuh om?
Yg BeRes d BSD 4 tahun lalu ane beli sih dah pre-mixed 50/50 warna biru terang...
Kebetulan masi simpan bookmark keduanya....Saya belum nemu paper yg sampe level jurnal ilmiah sih sejauh ini...
Intinya d tropis kita hanya butuh anti-rust a.k.a rust inhibitornya aja, jadi 30% cukup supaya pelepasan panasnya optimal.. jd saya pribadi pake 30% dan memang tiap 2 tahun sekali ganti sih
IMHO..
Ini yg dipake sama BatuMakam
Komposisi Coolant nya 30:70
30% Coolant dan 70% Air
Dicampur gt aman ngga ya? Krn campurannya itu kita sendiri yg lakukan bukan dari pabrikan.
Pabrikan BatuMakam cm jual coolantnya doang
BeRes mana tuh om?
Yg BeRes d BSD 4 tahun lalu ane beli sih dah pre-mixed 50/50 warna biru terang...
TBS Om info yg pny mobil saya sebelumnya pas servis di 80K km
Pake Toyota coolant lg aja, mobil non toyota saya jg pake coolant nya toyota.
Harga sih kalo gak salah di auto2000 itu sekitar 30-40rb per liter. Kalo di luaran ya bisa lebih murah. Saya pakai yg 50/50.
siaap om.. kalau dari pengalaman mobil non Toyota pakai SLLC apakah terasa bedanya? karena ada Ertiga juga di rumah yang bentar lagi harus ganti coolant
Minggu lalu baru beli d a2k SH bandung Toyota SLLC 50/50 yg 4 liter 150rb, yg 1 liter 50rb.. mending sekalian beli yg 4 liter aj om
wah harga di A2K 150 ya, besok saya coba ke A2K dulu kalo gitu.. di A2K cuma beli coolantnya aja atau sekalian penggantian om? udah lama juga sih ga kuras coolant sendiri, kalau om di A2K sekalian penggantian pengen tahu kisaran biayanya
Kalau daihatsu ada itu om, kemaren ane baru pake beli langsung d officialnya..... Tulisannya SLLC 30:70
blloewy wrote: ↑Sat Jun 06, 2020 11:10
Merk coolant apa itu Om?
Standar coolant acuan kemana ya?
Kl oli jelas dan bisa diikuti kl mau pake oli di luar bawaan beres.
Taunya coolant cm merk Prestone doang
Mesin es = merk engine ice...harganya mayan telen ludah buat seonggok coolant..
Cari silicate n phosphate free....cek msds.... Prestone yg 2017 ke atas sih msds dah free keduanya, saya juga pake2 aja d mobil nissan n mazda... Alternatif yg bagus juga yaa coolant rata2 pabrikan alias merk Seiken..
Ini owe foto botol di rumah taun lalu .... Walau kimia jaman SMA remed beberapa kali, tp phosphate kan CAS numbernya 14265-xx-xx lalu silikat 1344-xx-xx
Nampaknya aman dari kedua-nya
CMIIW
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ini owe foto botol di rumah taun lalu .... Walau kimia jaman SMA remed beberapa kali, tp phosphate kan CAS numbernya 14265-xx-xx lalu silikat 1344-xx-xx
Nampaknya aman dari kedua-nya
CMIIW
Hoo aman yah mbah
Untunglah, soalnya d ruma saya, smua mobil ud ta cekokin prestone.. si ipagh malah ud ampe saya kuras total trus isi nya si prestone ini
Ini owe foto botol di rumah taun lalu .... Walau kimia jaman SMA remed beberapa kali, tp phosphate kan CAS numbernya 14265-xx-xx lalu silikat 1344-xx-xx
Nampaknya aman dari kedua-nya
CMIIW
Hoo aman yah mbah
Untunglah, soalnya d ruma saya, smua mobil ud ta cekokin prestone.. si ipagh malah ud ampe saya kuras total trus isi nya si prestone ini
Phospat dan silicate kenapa jelek untuk radiator?
Punya Honda dan Toyota, coolantnya bebas ke 2 itu gak yah?
Ini owe foto botol di rumah taun lalu .... Walau kimia jaman SMA remed beberapa kali, tp phosphate kan CAS numbernya 14265-xx-xx lalu silikat 1344-xx-xx
Nampaknya aman dari kedua-nya
CMIIW
Hoo aman yah mbah
Untunglah, soalnya d ruma saya, smua mobil ud ta cekokin prestone.. si ipagh malah ud ampe saya kuras total trus isi nya si prestone ini
Phospat dan silicate kenapa jelek untuk radiator?
Punya Honda dan Toyota, coolantnya bebas ke 2 itu gak yah?
jelek
nanti bkin seal cepet rusak, bocor
trus ga bole kena aer sumur, aer pam, aer akua.. bisa bkin endapan mineral, bereaksi ama aluminium, rusakin propeler
Phospat dan silicate kenapa jelek untuk radiator?
Punya Honda dan Toyota, coolantnya bebas ke 2 itu gak yah?
jelek
nanti bkin seal cepet rusak, bocor
trus ga bole kena aer sumur, aer pam, aer akua.. bisa bkin endapan mineral, bereaksi ama aluminium, rusakin propeler
Toyota dan Honda di botolnya ada mengandung salah satu unsur tersebut?
Kalau mau jawab boleh PM om
Punten nimbrung... Kalau coolant oem mobil2 jepun harusnya ndak ada keduanya, secara mereka ini yg minta gaboleh keduanya...n rerata mobil jepun dah pd pake aluminium radiator.
Punten nimbrung... Kalau coolant oem mobil2 jepun harusnya ndak ada keduanya, secara mereka ini yg minta gaboleh keduanya...n rerata mobil jepun dah pd pake aluminium radiator.
Kalo saya coolant TMO aja dah cukup... diajak lari kentjang/running 15 jam juga suhu mesin normal, selama ini blm pernah overheat..coolant di tabung reservoir jg selalu posisi di batas aman. Kendaraan sdah 10 taun blm pernah servis radiator (jedingers menangis melihat ini )
Karena ada kawan mobilnya sama tahunnya sama, lha coolantnya diganti air jeding sama bapaknya
Kondisi begitu berjalan dari lama..
Alhasil udah pernah divonis ganti radiator..
Ya saya bersyukur aja krn so far sistem pendinginan mesin nggk ada masalah
yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 16:01
Kalo saya coolant TMO aja dah cukup... diajak lari kentjang/running 15 jam juga suhu mesin normal, selama ini blm pernah overheat..coolant di tabung reservoir jg selalu posisi di batas aman. Kendaraan sdah 10 taun blm pernah servis radiator (jedingers menangis melihat ini )
Karena ada kawan mobilnya sama tahunnya sama, lha coolantnya diganti air jeding sama bapaknya
Kondisi begitu berjalan dari lama..
Alhasil udah pernah divonis ganti radiator..
Ya saya bersyukur aja krn so far sistem pendinginan mesin nggk ada masalah
yanuarra wrote: ↑Wed Sep 23, 2020 16:01
Kalo saya coolant TMO aja dah cukup... diajak lari kentjang/running 15 jam juga suhu mesin normal, selama ini blm pernah overheat..coolant di tabung reservoir jg selalu posisi di batas aman. Kendaraan sdah 10 taun blm pernah servis radiator (jedingers menangis melihat ini )
Karena ada kawan mobilnya sama tahunnya sama, lha coolantnya diganti air jeding sama bapaknya
Kondisi begitu berjalan dari lama..
Alhasil udah pernah divonis ganti radiator..
Ya saya bersyukur aja krn so far sistem pendinginan mesin nggk ada masalah
Kuras aj mbah
Bosen loh mobil ga d kutak katik
Iya mbah bentar lagi mau dikuras...krn dah hampir dua taun neh semenjak terakhir dikuras.. rasanya desember nanti pas dua taunnya..