[NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Sun Nov 04, 2018 4:34
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Rame juga ini diskusi powerbank ada rodanya. Heheheh..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Nyetir 2GD kecepatan 80-90 itu butuh kesabaran biksu Tong om ..sintoni wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:50 Enak bawa ANKI 2GD aja sih, ga bingung cas.
Kalau nyetir lulusan dokter UI maks 80-90, angin ban 33++ bisa dapat 1:20 mungkin.
Isi Biosolar + aditif ga sampe 6 ribu buat jalan 20km.
Anggap aja jarak Jakarta - Banyuwangi 1080 km butuh 54 liter x 6rb: 324rb.
Ga perlu isi solar lg dong ya secara ANKI kan kapasitas tangki 55 liter.
Mobil listrik asalkan dapat insentif pajak 0 persen, saya yakin banyak yg beli.
Kita tunggu nanti per oktober 2021, ketika skema pajak baru berlaku.
Yg on the rise : mobil 4x4, AWD, dan mobil listrik
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Thu Mar 13, 2008 3:19
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
coba diskusi ini kita pertahankan mungkin 5-7 taun lg..nanti mungkin yg ngremehin mobil listrik akan tersenyum lg liat komennya duluu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
itu yang gw gak suka dari EV diluar masa pakai batre itu mobil ud bisa dibilang jadi sampah belom motor listriknya juga ternyata bisa tiba2x rusak ngeluarin suara aneh2x kalo ud ngaco yang ada cuma sisa chasis beda sama ICE loe gak pake 10 taon ya dia gitu2x aja paling yang jebol aki, ban sama komponen karetnya akhirnya yang ada EV 10taon pake gak pake antara dijual murah atau di scrap coba ICE 10th low km masih ada valuenyablack2345 wrote: ↑Thu Feb 04, 2021 12:37Setuju banget sama pendapat yg ini..dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..
Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
di mata saya yang suka mobil second beli EV second harga miring tapi resiko kelaurin duit kayak beli mobil baru buat benerin batre ujung2xnya mendingan beli mobil baru juga yang murah sekalian kalo harus EV, kan ujung2xnya malah jd lebih konsumtif
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 283
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
ya tech makin canggih pzt improve and solve problem, tp per sekarang tech ini masih mahal.b0ku wrote: ↑Sat Feb 06, 2021 9:48itu yang gw gak suka dari EV diluar masa pakai batre itu mobil ud bisa dibilang jadi sampah belom motor listriknya juga ternyata bisa tiba2x rusak ngeluarin suara aneh2x kalo ud ngaco yang ada cuma sisa chasis beda sama ICE loe gak pake 10 taon ya dia gitu2x aja paling yang jebol aki, ban sama komponen karetnya akhirnya yang ada EV 10taon pake gak pake antara dijual murah atau di scrap coba ICE 10th low km masih ada valuenyablack2345 wrote: ↑Thu Feb 04, 2021 12:37Setuju banget sama pendapat yg ini..dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..
Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
di mata saya yang suka mobil second beli EV second harga miring tapi resiko kelaurin duit kayak beli mobil baru buat benerin batre ujung2xnya mendingan beli mobil baru juga yang murah sekalian kalo harus EV, kan ujung2xnya malah jd lebih konsumtif
yang beli y yg memang goal nya technology atau go green (klo indo jg debate, wong PLN aja Batu Bara majority)
soal irit y irit, secara tech nya sgt efficient dibanding ICE (yg % byk jd heat)
hingga saat ini jg mobil kan paling mahal ENGINE nya, mobil mewah jg ENGINE nya ambil porsi cukup besar.
ICE lbh awet aja, walo saya yakin setelah 150rb pzt sudah turun performance dan efficiency (tp setidaknya biaya nya gk significant)
tunggu aja 5 thn lg, ini kita baru perkenalan.
nanti 10 thn bru mature tech nya, bru semua orang pakai
saya sih itung2 gk untung pakai electric car, invest mahal pertama.
mending di itung2 gw beli buat bayar bensin, di cicil tanpa bunga lg bayar nya.
service ICE jg brp gede sih biaya nya 1 thn max 2x service klo mobil pribadi (aka 20k km)
sisa nya komponen ICE dan Electric kan sama (Ban, Kursi, engsel, shock)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Ngeremehin gmn om?
Well for me, mobil listrik kalo dipake daily dalkot mah enak2 aja kok , range sekitar 300-400km buat pp rumah kntr jabodetabek dah cukup , dicharge tinggal tidur besoknya dah penuh lg
Cuma ya kl mau buat jalan jauh ya lucu aja, gak kebayang bangun infrastrukturnya mau segila apa wkwkwkwkwk
Coba kalo dari jkt surabaya pake fortuner 2gd tangki nya 80 L fc 1:13-1:15 ya secara teoritis gak perlu isi bahan bakar, range nya tembus 1200km bahkan bs lebih kalo kaki sekolah
Mungkin saya bakal beli mobil listrik kalau rangenya bisa tembus >500km dan sekali ngecasnya gak sampe 10 menit wkwkwkwkwkwkkwkwkw
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
mau nanya, apakah engine hood dan roof mobil listrik ga ada yg pake solar panel sekalian? kan bagus tuh sambil recharge gratis, setidaknya memperlama abisnya batere dan kalau parkir siang bisa charge gratis tanpa perlu ke charging station..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
gak cukup boss mau berapa lama??? listrik rumah aja kadang kagak kuat.....
gak sekaliannya pake baling2x di depan buat dapetin listrik keknya bisa dapet lebih banyak tuh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
tolong dibaca baik-baik yg di-bold, dan coba mikir dulu sebelum ngomong dan ngetawain orang, emang ngecharge harus penuh?
kalo parkir bbrp jam saja dapet sekian persen kan lumayan, free energy. toh namanya juga charge gratis. ini berguna buat orang yg tiap hari mobilnya diparkir lama waktu siang (misal orang kantoran), kalau misal 8 jam tiap hari kan harusnya lumayan tuh dapet 40 jam ngecharge, kalau conversion rate solar chargingnya bagus harusnya bisa dapet lumayan banyak untuk charging selama itu.
kalau buat yg jalan siang (misal taksi, sales keliling dll), lumayan setidaknya memperlama abisnya batere karena berjam-jam ngecharge sambil jalan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
cost pasang X hasilnya gak sebanding makanya gak ad yang pake solar panel mending colok aja sekalianr1409 wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:09tolong dibaca baik-baik yg di-bold, dan coba mikir dulu sebelum ngomong dan ngetawain orang, emang ngecharge harus penuh?
kalo parkir bbrp jam saja dapet sekian persen kan lumayan, free energy. toh namanya juga charge gratis. ini berguna buat orang yg tiap hari mobilnya diparkir lama waktu siang (misal orang kantoran), kalau misal 8 jam tiap hari kan harusnya lumayan tuh dapet 40 jam ngecharge, kalau conversion rate solar chargingnya bagus harusnya bisa dapet lumayan banyak untuk charging selama itu.
kalau buat yg jalan siang (misal taksi, sales keliling dll), lumayan setidaknya memperlama abisnya batere karena berjam-jam ngecharge sambil jalan.
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 666
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?ChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
ini saya cite dari salah 1 sumber yar1409 wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:32memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?ChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
https://www.solyndra.com/why-dont-elect ... -the-roof/
possible ? ya bisa. tapi rasanya 10% tidak sampai. tergantung mobilnya sih. klo kayak kona EV rasanya tidak bisa. kecuali nanti mobil EV kecil yang range nya cuma 100-150 kilometer khusus buat city driving aja. atau mungkin motor listrik macem gesit ya lumayan buat mamang gojek sambil ngetem nunggu orderan...
Solar panels work by converting energy from the sun into electric power. Modern solar panels are very efficient, with many capable of turning more than 60 percent of the sun’s power into electricity. However, they still have some significant limitations.
On average, a 10 square foot solar panel can generate approximately 50 watts with direct sunlight. This is the equivalent of a single lightbulb. Since most cars only have 10 to 25 square feet of space on their roof, the maximum amount of power they can generate is 50 to 150 watts.
In comparison, most electric vehicles use a 240-volt outlet when parked at home. On average, these 240-volt outlets can provide approximately 30 miles of range for each hour they are charged. With solar power, a vehicle would only be able to attain approximately one to three miles of range for each hour charged.
dan kalau mau diperhatikan 8 hours itu direct sunlight nya paling cuma di peak jam 12 sampai jam 2 siang saja ini di musim panas. jelek-jelek ya sampai jam 3 lah. artinya kita dapat optimum charging cuma maksimal 3 - 4 jam. di luar jam-jam segitu pasti kemampuannya berkurang not to mention musim hujan seperti sekarang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
ya balik lagi sih 200-300jt kalo yang keluar modelan agya sama aja boong pada beli HRV yang adaMaddMaxx wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 4:48menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
hyundai 600jt aja saingannya bukan kelasnya dia tapi SUV kelas pekerja yang di bikin mewah dengan biaya bensin bisa di atur 5100/lt range 400km sekali fulltank tambah lagi bisa muat 7 orang, bisa berenang 1meter pulak sama kalo parkir kerjaannya tinggal lindes sana sini top speed 180kmh
paling gampang ngecheat aja BAN ICE.........
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1621
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
harusnya bisa bisa aja bahkan buat saat ini jugaMaddMaxx wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 4:48menarik ini. btw adakah info kalo sampe ev 600jtan itu ganti batre pack gitu abis berapa duit yak?dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
kayaknya jni yg bakal jd semacam game changernya ev emang ya. cuma kapan hari sempet liat wawancara wadirut PLN di tv, katanya pemerintah lg minta produsen mobil bikin EV range 200-300jt biar makin affordable. kalo beneran ada, entah apa yg akan terjadi.
di china ada wuling yg segede smart fortwo dijual mulai 60jt an saja
kalau pajaknya ada insentif sampai 0% paling nambah kena biaya shipping gak mustahil sampai sini bisa dibawah 100jt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1621
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
soalnya gak nutup kemungkinan benerin mobil ev ganti batre nya ibarat benerin tv ganti panel LCD nya heheheheblack2345 wrote: ↑Thu Feb 04, 2021 12:37Setuju banget sama pendapat yg ini..dsign1990 wrote: ↑Tue Feb 02, 2021 5:01 musti diitung juga biaya penyusutan batre nya per KM
batre camry hybrid aja waktu ada yg ngereview disini 50jutaan untuk rata2 5th / 100.000km ***CMIIW
waktu pertengahan tahun pernah liat di marketplace prius 2011 katanya gak bisa hidup krn batrenya udah jelek dan stater katanya ngambil daya dari batre utama gak dari aki terpisah.... ditawarin cuma 110jt aja dan ikalnnya disundul terus selama 2 minggu
Harusnya penyusutan batrai jg dimasukkan dalam komponen perhitungan biaya konsumsi rupiah/km, jgn lupa biaya tambah daya/pasang baru pln yg khusus buat ngecharge mobil..
Tp so far menurut saya mobil tipe hybrid sih yg paling masuk akal, mengingat infrastruktur per kota/daerah masih berbeda-beda..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
kalo sy malah kepikiran ide gila nih om, gimana kalo nanti konsep ev itu gak charging tp battery swap? jadi nanti ada semacam spbu yg nyediain batre dalam kondisi 100% charged, tinggal tuker aja. bisa2 waktu swap nya 10 menit jg. gmn tuh om hahamarr wrote: ↑Sun Feb 07, 2021 6:38Ngeremehin gmn om?
Well for me, mobil listrik kalo dipake daily dalkot mah enak2 aja kok , range sekitar 300-400km buat pp rumah kntr jabodetabek dah cukup , dicharge tinggal tidur besoknya dah penuh lg
Cuma ya kl mau buat jalan jauh ya lucu aja, gak kebayang bangun infrastrukturnya mau segila apa wkwkwkwkwk
Coba kalo dari jkt surabaya pake fortuner 2gd tangki nya 80 L fc 1:13-1:15 ya secara teoritis gak perlu isi bahan bakar, range nya tembus 1200km bahkan bs lebih kalo kaki sekolah
Mungkin saya bakal beli mobil listrik kalau rangenya bisa tembus >500km dan sekali ngecasnya gak sampe 10 menit wkwkwkwkwkwkkwkwkw
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- SM Specialist
- Posts: 16507
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Tue Mar 05, 2013 3:25
- Location: Pati - Jateng
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Btw, limbah baterenya nasibnya gimana ya? Bukannya termasuk limbah bahaya? Atau nanti ada trade in dengan harga layak, kemudian bisa didaur ulang?
Kalo saat ini trade in accu mobil kan paling diharga 50rb-120rb an tergantung kapasitas....
Kalo saat ini trade in accu mobil kan paling diharga 50rb-120rb an tergantung kapasitas....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Teorinya sih di recycle cuma kebayang gak sih di luar sana ada kebiasaan mobil2x scrap cuma di taro gitu aja di tanah kosong sampe busuk, lama2x membusuk terus batrenya apa gak nempel tuh sama tanah???
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2931
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Ohhh tenang om. Orang kita paling jago urusan kek gini..r1409 wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:32memang rate penurunan pasti lebih besar dari chargingnya, tapi kan setidaknya bisa mengurangi. apalagi yg suka parkir dijemur berjam-jam, apakah dijemur 8 jam 10% aja ga bisa ngisi? sekecil itukah charging rate nya?ChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 3:24 solar panel itu cukup kalo kebutuhan listriknya tidak besar spt rumah. jangan bayangin rumah-rumah gedong ya ini rumah kecil rata-rata aja... yang paling nyalain 2 AC dan beberapa lampu sama kompor / kulkas kecil.
tp kalo besar spt mobil ya susah. sambil jalan tidak akan optimal. rate penurunan ama chargingnya gak sebanding. inilah knp EV walau punya regenerative braking tetep tidak bisa di-charge sambil jalan krn gak akan optimal.
kedua selain tidak optimal : tidak estetik, dan bikin berat mobil.
Inget kan fenomena BRQ; hurricane xcs; simota cylone2; curut yihii ampas ga jelas yg sempet booming dulu
Misalnya beneran EV booming di indo, ga lama bakal muncul barang2 modif ga jelas lg buat ditempel ; add on ke EV cars.
Dengan iklan-iklan: memperlama usia baterai, mempercepat akselerasi, mempercepat isi batre, mobil diem aja diparkiran bisa auto isi batre; dll dll
Kita tunggu tanggal mainnya
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Mon Nov 20, 2017 3:47
- Location: semarang
- Daily Vehicle: bhb2017
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Iklan yang lucu di superbowl 2021
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1621
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
ini sebenarnya yg bikin penasaran seberapa bertahannya booming EV disiniChZ wrote: ↑Mon Feb 08, 2021 7:43ini yang sebenarnya paradoks dari komponen makin dikit = justru utk biaya perbaikan 1 komponen harus ganti full setnya. ini yang terjadi dengan smartphone kan. makin kesini iya makin sedikit komponennya tapi giliran LCD retak atawa batre hamil mah buset deh biaya repairnya mending di lembiru sekalian setara hape baru...
orang sini rata2 paling ogah keluarin duit gede buat service/repair coba liat2 forum otomotif di FB orang yg mobilnya 500jt kebawah yg abis repair mobil diatas 10 jt rata2 dg bangganya nentengin billing bengkel kayak abis hole in one waktu main golf kayak bener2 gue lain daripada yg lain
pun nanti EV ini... boleh lah mungkin dia laku diawal saat misalnya perang mobil EV disini baru mulai dg banjir produk di range 500jutaan ke bawah kalau ada lineup nya, tapi begitu masuk ranah mobkas tar banyak stereotipe komponen2 yg seakan jadi bom waktu saat minta jajan akibatnya dlm jangka panjang EV cuma bakal ttp jadi mainan konsumen menengah ke atas yg gak mentingin resale value, istilahnya buang duit aja waktu beli mobil cukup pakai dan nikmati
dan lucunya kalau diperhatiin sepertinya pemerintah sebenarnya sadar akan hal ini makanya di daerah2 ( yg ane tahu di priangan timur) BUMDES rata2 bukan bangun charging point tapi malah bangun pertashop wwkwkwkwk
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Apr 19, 2017 8:33
- Daily Vehicle: toyota
Re: [NEWS] Biaya Jakarta-Bali Rp 200.000 Pakai Mobil Listrik, Murah Banget!
Menurut saya kesuksesan EV tergantung harga jual listrik. Setelah ev booming biasanya harga listrik akan pelan2 naik dan sebaliknya harga bensin/solar bisa turun bisa juga tidak.
Jadi ingat iklan naik panther 44k ke bali, waktu itu solar lebih murah dari bensin. Setelah diesel booming harga solar merayap naik (non subsidi) jadi lebih mahal dari bensin.
Akhirnya kijang mendapat varian baru ... Innova EV.
.
Jadi ingat iklan naik panther 44k ke bali, waktu itu solar lebih murah dari bensin. Setelah diesel booming harga solar merayap naik (non subsidi) jadi lebih mahal dari bensin.
Akhirnya kijang mendapat varian baru ... Innova EV.
.