Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 26, 2017 5:21
Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Siang para suhu dan master
Mohon bantuannya, mobil saya grand livina l10 manual, kemaren istri laporan pas di tol pedal kopling tiba2 ga balik, harus di congkel baru balik, setelah itu normal seperti biasa. Asumi saya master kopling bawah bermasalah, atau ada angin di sistem kopling. Hari ini saya coba bleeding dengan menekan pengunci di selang sementara istri menginjak pedal kopling. Minyak kopling muncrat dari niple dan saya teruskan berkali2 dengan maksud sekalian kuras minyak kopling, Setelah bleeding malahan kopling loss sama sekali. Sepertinya minyak kopling tidak turun waktu pedal kopling di kocok berkali2. Apa proses bleedingnya salah atau bagaimana ? Terima kasih sebelumnya
Mohon bantuannya, mobil saya grand livina l10 manual, kemaren istri laporan pas di tol pedal kopling tiba2 ga balik, harus di congkel baru balik, setelah itu normal seperti biasa. Asumi saya master kopling bawah bermasalah, atau ada angin di sistem kopling. Hari ini saya coba bleeding dengan menekan pengunci di selang sementara istri menginjak pedal kopling. Minyak kopling muncrat dari niple dan saya teruskan berkali2 dengan maksud sekalian kuras minyak kopling, Setelah bleeding malahan kopling loss sama sekali. Sepertinya minyak kopling tidak turun waktu pedal kopling di kocok berkali2. Apa proses bleedingnya salah atau bagaimana ? Terima kasih sebelumnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 771
- Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Pada saat bleeding minyak kopling yang ada pada tabung tidak boleh sampai kosong. Jadi sementara bleeding harus sambil diperhatikan sebelum habis disisi minyak yang baru, untukmencehah angin masuk dalam sistem kopling
* jadi minimal butuh 2 orang, orang ke 1 memperhatikan tabung minyak kopling, orang ke 2 injek kopling untuk mempercepat keluarnya minyak
Proses keluarkan anginnya :
1. Jnjek kopling beberapa kali sampai terasa keras
2. Setelah keras tahan injakan kopling tersebut, jangan dilepaskan
3. Sementara pedal kopling tetap terinjak buka tutup nepel, angin campur minyak akan keluar.
4. Pada saat membuka tutup nepel ini pedal kopling yang diinjak itu akan turun, tetap injak kopling. Ingat TETAP INJAK KOPLING.
5. keraskan baut nepel
6. Lepaskan pedal kopling
7. Ulangi langkah 1 -6 hingga angin tidak ada yang keluar dan hanya minyak yang keluar.
* jadi minimal butuh 2 orang, orang ke 1 memperhatikan tabung minyak kopling, orang ke 2 injek kopling untuk mempercepat keluarnya minyak
Proses keluarkan anginnya :
1. Jnjek kopling beberapa kali sampai terasa keras
2. Setelah keras tahan injakan kopling tersebut, jangan dilepaskan
3. Sementara pedal kopling tetap terinjak buka tutup nepel, angin campur minyak akan keluar.
4. Pada saat membuka tutup nepel ini pedal kopling yang diinjak itu akan turun, tetap injak kopling. Ingat TETAP INJAK KOPLING.
5. keraskan baut nepel
6. Lepaskan pedal kopling
7. Ulangi langkah 1 -6 hingga angin tidak ada yang keluar dan hanya minyak yang keluar.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
kita puter waktu dulu saat lagi di tol pas pedal ngga mau balik.
sebelum itu, apa seputaran kopling habis dikutak katik semisal ganti master atau kuras minyak?
kalau sebelumnya tidak dikutak katik, nggak mungkin mendadak masuk angin.
untuk meyakinkan master kopling sehat apa enggak, coba duduk di kursi supir dan injak pedal kopling secara mendadak agak kuat sampai mentok. kalau ada hambatan sedikit/agak berat lalu perlahan hilang/blong, bisa dipastikan seal-nya minta diganti.
seal atas atau bawah yang diganti?
saran saya ganti saja atas bawah komplit beserta cylinder-nya.
mahal?
memang. tapi kan nggak enak kalau sekarang ganti master bawah, lusa ganti master atas. 2x kerja pak... hilang waktu.
untuk bleeding, kalau tidak ada alat vakum, bisa dengan bantuan gravitasi.
buka nipple bawah 1-2 putaran (jangan lupa wadah penampung minyak yang keluar) dan biarkan minyak menetes keluar sambil diperiksa tabung minyak jangan sampai kosong.
kalau aliran sudah lancar, kencangkan nipple secukupnya.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 26, 2017 5:21
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Koplingnya sudah normal lagi, Tadi saya sudah ulangi proses bleedingnya, pin pengunci sy cabut ( sebelumnya hanya di tekan ) dan selang ke arah tabung sy longgarkan, saya biarkan minyak kopling mengalir sampai tidak ada gelembung,pin pengunci saya pasang dan selang saya dorong sampai klik dan niple saya tutup lagi. Terima kasih atas sarannyaGreenhunter wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 6:47 Pada saat bleeding minyak kopling yang ada pada tabung tidak boleh sampai kosong. Jadi sementara bleeding harus sambil diperhatikan sebelum habis disisi minyak yang baru, untukmencehah angin masuk dalam sistem kopling
* jadi minimal butuh 2 orang, orang ke 1 memperhatikan tabung minyak kopling, orang ke 2 injek kopling untuk mempercepat keluarnya minyak
Proses keluarkan anginnya :
1. Jnjek kopling beberapa kali sampai terasa keras
2. Setelah keras tahan injakan kopling tersebut, jangan dilepaskan
3. Sementara pedal kopling tetap terinjak buka tutup nepel, angin campur minyak akan keluar.
4. Pada saat membuka tutup nepel ini pedal kopling yang diinjak itu akan turun, tetap injak kopling. Ingat TETAP INJAK KOPLING.
5. keraskan baut nepel
6. Lepaskan pedal kopling
7. Ulangi langkah 1 -6 hingga angin tidak ada yang keluar dan hanya minyak yang keluar.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 26, 2017 5:21
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
marmut wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 6:55
kita puter waktu dulu saat lagi di tol pas pedal ngga mau balik.
sebelum itu, apa seputaran kopling habis dikutak katik semisal ganti master atau kuras minyak?
kalau sebelumnya tidak dikutak katik, nggak mungkin mendadak masuk angin.
untuk meyakinkan master kopling sehat apa enggak, coba duduk di kursi supir dan injak pedal kopling secara mendadak agak kuat sampai mentok. kalau ada hambatan sedikit/agak berat lalu perlahan hilang/blong, bisa dipastikan seal-nya minta diganti.
seal atas atau bawah yang diganti?
saran saya ganti saja atas bawah komplit beserta cylinder-nya.
mahal?
memang. tapi kan nggak enak kalau sekarang ganti master bawah, lusa ganti master atas. 2x kerja pak... hilang waktu.
untuk bleeding, kalau tidak ada alat vakum, bisa dengan bantuan gravitasi.
buka nipple bawah 1-2 putaran (jangan lupa wadah penampung minyak yang keluar) dan biarkan minyak menetes keluar sambil diperiksa tabung minyak jangan sampai kosong.
kalau aliran sudah lancar, kencangkan nipple secukupnya.
Halo mbah marmut
Sebelumnya ga ada apa apa sih mbah, kemungkinan master bawahnya udah lemah, td nubie iseng coba2 bleeding dulu. Nanti di tes jalan kalau kejadian lagi akan dibawa ke bengkel. Btw, GL L10 sy ganti kopling tahun 2017, sekalian ganti master kopling bawah / csc. Sama bengkel di kasih csc l11, ga ada l10 punya. Csc baru punya selang lebih panjang ( selang yg menhubungkan csc dengan selang ke tabung minyak rem.). Waktu itu ga protes karena org bengkel bilang ga masalah bisa pakai selang dari csc lama supaya pas, mungkin bocor halus di sambungan selangnya kali mbah ? Di grand livina ga kelihatan karena posisinya di dalam rumah kopling, harus turun gearbox.
Makasih udah respon ya mbah.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
bukan mbah marmut, tp murid nya si mbah di padepokan asemregez numpang jawapkoto2212 wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 7:18marmut wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 6:55
kita puter waktu dulu saat lagi di tol pas pedal ngga mau balik.
sebelum itu, apa seputaran kopling habis dikutak katik semisal ganti master atau kuras minyak?
kalau sebelumnya tidak dikutak katik, nggak mungkin mendadak masuk angin.
untuk meyakinkan master kopling sehat apa enggak, coba duduk di kursi supir dan injak pedal kopling secara mendadak agak kuat sampai mentok. kalau ada hambatan sedikit/agak berat lalu perlahan hilang/blong, bisa dipastikan seal-nya minta diganti.
seal atas atau bawah yang diganti?
saran saya ganti saja atas bawah komplit beserta cylinder-nya.
mahal?
memang. tapi kan nggak enak kalau sekarang ganti master bawah, lusa ganti master atas. 2x kerja pak... hilang waktu.
untuk bleeding, kalau tidak ada alat vakum, bisa dengan bantuan gravitasi.
buka nipple bawah 1-2 putaran (jangan lupa wadah penampung minyak yang keluar) dan biarkan minyak menetes keluar sambil diperiksa tabung minyak jangan sampai kosong.
kalau aliran sudah lancar, kencangkan nipple secukupnya.
Halo mbah marmut
Sebelumnya ga ada apa apa sih mbah, kemungkinan master bawahnya udah lemah, td nubie iseng coba2 bleeding dulu. Nanti di tes jalan kalau kejadian lagi akan dibawa ke bengkel. Btw, GL L10 sy ganti kopling tahun 2017, sekalian ganti master kopling bawah / csc. Sama bengkel di kasih csc l11, ga ada l10 punya. Csc baru punya selang lebih panjang ( selang yg menhubungkan csc dengan selang ke tabung minyak rem.). Waktu itu ga protes karena org bengkel bilang ga masalah bisa pakai selang dari csc lama supaya pas, mungkin bocor halus di sambungan selangnya kali mbah ? Di grand livina ga kelihatan karena posisinya di dalam rumah kopling, harus turun gearbox.
Makasih udah respon ya mbah.
CSC L10 justru lebi banyak yg dapet kes ampas.. L11 itu ud penyempurnaan nya
coba aj cek sambungan2 quick connector ama skalian line minyak kuupleng nya, curiga saya kayanya ad yg ud getas dan rembes alus... terutama yg melingkar dibawah aki itu posisi nya
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
DOHC wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 12:50
Kabaghumas merangkap Kabagjukir Kantor Pusat numpang jawap
CSC L10 justru lebi banyak yg dapet kes ampas.. L11 itu ud penyempurnaan nya
coba aj cek sambungan2 quick connector ama skalian line minyak kuupleng nya, curiga saya kayanya ad yg ud getas dan rembes alus... terutama yg melingkar dibawah aki itu posisi nya
nah... sudah ada pernyataan resmi.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 26, 2017 5:21
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Makasih sarannnya mbah klepDOHC wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 12:50bukan mbah marmut, tp murid nya si mbah di padepokan asemregez numpang jawapkoto2212 wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 7:18marmut wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 6:55
kita puter waktu dulu saat lagi di tol pas pedal ngga mau balik.
sebelum itu, apa seputaran kopling habis dikutak katik semisal ganti master atau kuras minyak?
kalau sebelumnya tidak dikutak katik, nggak mungkin mendadak masuk angin.
untuk meyakinkan master kopling sehat apa enggak, coba duduk di kursi supir dan injak pedal kopling secara mendadak agak kuat sampai mentok. kalau ada hambatan sedikit/agak berat lalu perlahan hilang/blong, bisa dipastikan seal-nya minta diganti.
seal atas atau bawah yang diganti?
saran saya ganti saja atas bawah komplit beserta cylinder-nya.
mahal?
memang. tapi kan nggak enak kalau sekarang ganti master bawah, lusa ganti master atas. 2x kerja pak... hilang waktu.
untuk bleeding, kalau tidak ada alat vakum, bisa dengan bantuan gravitasi.
buka nipple bawah 1-2 putaran (jangan lupa wadah penampung minyak yang keluar) dan biarkan minyak menetes keluar sambil diperiksa tabung minyak jangan sampai kosong.
kalau aliran sudah lancar, kencangkan nipple secukupnya.
Halo mbah marmut
Sebelumnya ga ada apa apa sih mbah, kemungkinan master bawahnya udah lemah, td nubie iseng coba2 bleeding dulu. Nanti di tes jalan kalau kejadian lagi akan dibawa ke bengkel. Btw, GL L10 sy ganti kopling tahun 2017, sekalian ganti master kopling bawah / csc. Sama bengkel di kasih csc l11, ga ada l10 punya. Csc baru punya selang lebih panjang ( selang yg menhubungkan csc dengan selang ke tabung minyak rem.). Waktu itu ga protes karena org bengkel bilang ga masalah bisa pakai selang dari csc lama supaya pas, mungkin bocor halus di sambungan selangnya kali mbah ? Di grand livina ga kelihatan karena posisinya di dalam rumah kopling, harus turun gearbox.
Makasih udah respon ya mbah.
CSC L10 justru lebi banyak yg dapet kes ampas.. L11 itu ud penyempurnaan nya
coba aj cek sambungan2 quick connector ama skalian line minyak kuupleng nya, curiga saya kayanya ad yg ud getas dan rembes alus... terutama yg melingkar dibawah aki itu posisi nya
Udah di cek ga ada rembes atau bocor halus,
Pagi ini ke bengkel sekalian ganti 1 set merk valeo ( kampas, matahari dan csc ) kena 1,3 di toko ijo. Udah waktunya juga sih, udah jln 35000 km semenjak ganti koplong di 2017. Biasanya mobil jalan weeknd doang sama lukot, dan akap ke bukittinggi sekali setahun. 6 bulan terakhir di pakai istri tiap hari dan baru bisa nyetir. Mungkin masih sering kakinya nyangkut di pedal kopling.
OOT dikit
Januari kemarin overhaul kaki2 depan, ganti low arm kw 1 set, link stabil kw, bushing cross member ori, servis racksteer, bushing stabil, total dc 2 jt. ( part belanja sendiri di toko ijo 1,2 jt, jasa overhaul 400, servis racksteer 400 di ja*smin bekasi ) Udah jln 2000 km so far so good. mudah2an awet sampai 2 atau 3 tahun udah bagus dengan dc segitu
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Kl dl d L10 setau saya parts kuupleng nya, matahari ama plaat kuupleng nya buatan exedy asli thailand, CSC nya valeo italy.. ini umur emg ga panjang, biasa deket2 100 rebu pasti ud selip parah.. cuman enak nya ntuh pedal tetep enteng ampe di akhir hayat nya, btw murah ya parts lipindut skrg.. 1.3 all in.. dl jaman saya, beli d atrium aj abis 1.5 jt.. kl d beres bsa 2.8 jtkoto2212 wrote: ↑Sat Mar 13, 2021 1:53Makasih sarannnya mbah klepDOHC wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 12:50bukan mbah marmut, tp murid nya si mbah di padepokan asemregez numpang jawapkoto2212 wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 7:18
Halo mbah marmut
Sebelumnya ga ada apa apa sih mbah, kemungkinan master bawahnya udah lemah, td nubie iseng coba2 bleeding dulu. Nanti di tes jalan kalau kejadian lagi akan dibawa ke bengkel. Btw, GL L10 sy ganti kopling tahun 2017, sekalian ganti master kopling bawah / csc. Sama bengkel di kasih csc l11, ga ada l10 punya. Csc baru punya selang lebih panjang ( selang yg menhubungkan csc dengan selang ke tabung minyak rem.). Waktu itu ga protes karena org bengkel bilang ga masalah bisa pakai selang dari csc lama supaya pas, mungkin bocor halus di sambungan selangnya kali mbah ? Di grand livina ga kelihatan karena posisinya di dalam rumah kopling, harus turun gearbox.
Makasih udah respon ya mbah.
CSC L10 justru lebi banyak yg dapet kes ampas.. L11 itu ud penyempurnaan nya
coba aj cek sambungan2 quick connector ama skalian line minyak kuupleng nya, curiga saya kayanya ad yg ud getas dan rembes alus... terutama yg melingkar dibawah aki itu posisi nya
Udah di cek ga ada rembes atau bocor halus,
Pagi ini ke bengkel sekalian ganti 1 set merk valeo ( kampas, matahari dan csc ) kena 1,3 di toko ijo. Udah waktunya juga sih, udah jln 35000 km semenjak ganti koplong di 2017. Biasanya mobil jalan weeknd doang sama lukot, dan akap ke bukittinggi sekali setahun. 6 bulan terakhir di pakai istri tiap hari dan baru bisa nyetir. Mungkin masih sering kakinya nyangkut di pedal kopling.
OOT dikit
Januari kemarin overhaul kaki2 depan, ganti low arm kw 1 set, link stabil kw, bushing cross member ori, servis racksteer, bushing stabil, total dc 2 jt. ( part belanja sendiri di toko ijo 1,2 jt, jasa overhaul 400, servis racksteer 400 di ja*smin bekasi ) Udah jln 2000 km so far so good. mudah2an awet sampai 2 atau 3 tahun udah bagus dengan dc segitu
2 jt overhaul kaki2 sgitu banyak mah ud murah pake banget om, ud kaya btulin avansa aj
Kl diliat skrg spare parts lipindut koq murah pake banget yah
Gilee kaya cuman spertiga harga satu dekade yg lalu.. asemm
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Ikut nimbrung, spare part L10 atau L11 rata rata harganya sudah cukup bersahabat di online shop baik dalam maupun luar negeri saat ini.DOHC wrote:Kl dl d L10 setau saya parts kuupleng nya, matahari ama plaat kuupleng nya buatan exedy asli thailand, CSC nya valeo italy.. ini umur emg ga panjang, biasa deket2 100 rebu pasti ud selip parah.. cuman enak nya ntuh pedal tetep enteng ampe di akhir hayat nya, btw murah ya parts lipindut skrg.. 1.3 all in.. dl jaman saya, beli d atrium aj abis 1.5 jt.. kl d beres bsa 2.8 jtkoto2212 wrote: ↑Sat Mar 13, 2021 1:53Makasih sarannnya mbah klepDOHC wrote: ↑Thu Mar 11, 2021 12:50 bukan mbah marmut, tp murid nya si mbah di padepokan asemregez numpang jawap
CSC L10 justru lebi banyak yg dapet kes ampas.. L11 itu ud penyempurnaan nya
coba aj cek sambungan2 quick connector ama skalian line minyak kuupleng nya, curiga saya kayanya ad yg ud getas dan rembes alus... terutama yg melingkar dibawah aki itu posisi nya
Udah di cek ga ada rembes atau bocor halus,
Pagi ini ke bengkel sekalian ganti 1 set merk valeo ( kampas, matahari dan csc ) kena 1,3 di toko ijo. Udah waktunya juga sih, udah jln 35000 km semenjak ganti koplong di 2017. Biasanya mobil jalan weeknd doang sama lukot, dan akap ke bukittinggi sekali setahun. 6 bulan terakhir di pakai istri tiap hari dan baru bisa nyetir. Mungkin masih sering kakinya nyangkut di pedal kopling.
OOT dikit
Januari kemarin overhaul kaki2 depan, ganti low arm kw 1 set, link stabil kw, bushing cross member ori, servis racksteer, bushing stabil, total dc 2 jt. ( part belanja sendiri di toko ijo 1,2 jt, jasa overhaul 400, servis racksteer 400 di ja*smin bekasi ) Udah jln 2000 km so far so good. mudah2an awet sampai 2 atau 3 tahun udah bagus dengan dc segitu
2 jt overhaul kaki2 sgitu banyak mah ud murah pake banget om, ud kaya btulin avansa aj
Kl diliat skrg spare parts lipindut koq murah pake banget yah
Gilee kaya cuman spertiga harga satu dekade yg lalu.. asemm
7 tahun saya piara grand livina L11 dari tahun 2014 sampai sekarang di odo mendekati 100 ribu Km di tahun 2021, part bawaan yg ganti karena wear and tear selama pemakaian mobil sbb:
1. Karet wiper depan 2X
2. Aki 3X
3. Bohlam lampu belakang 1X
4. Sepasang Kampas rem depan 1X
5. Magnetic Clutch 1X
6. Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A 1X
7. Pipe–Water dengan part no 14053-1KXOA 1X
8. Ban Mobil 2X (Ganti ban selalu sepasang).
Dari semua part tsb harga yg paling mahal adalah saat ganti sepasang ban Michelin Primacy 4. Part lainnya charganya murah aja.
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Kl yg om herman sebut d atas, itungan nya masi fast moving om, livina dr dl jg fast moving ga seberapa mahal (ini makanya yg bkin pengguna livina jaman dl kecele, dikira nya murah) , kcuali busi nya aj, itu pun skrg ngk ud kuarin yg platinum, ud murahHerman7103 wrote: ↑Fri Mar 19, 2021 0:14Ikut nimbrung, spare part L10 atau L11 rata rata harganya sudah cukup bersahabat di online shop baik dalam maupun luar negeri saat ini.DOHC wrote:Kl dl d L10 setau saya parts kuupleng nya, matahari ama plaat kuupleng nya buatan exedy asli thailand, CSC nya valeo italy.. ini umur emg ga panjang, biasa deket2 100 rebu pasti ud selip parah.. cuman enak nya ntuh pedal tetep enteng ampe di akhir hayat nya, btw murah ya parts lipindut skrg.. 1.3 all in.. dl jaman saya, beli d atrium aj abis 1.5 jt.. kl d beres bsa 2.8 jtkoto2212 wrote: ↑Sat Mar 13, 2021 1:53
Makasih sarannnya mbah klep
Udah di cek ga ada rembes atau bocor halus,
Pagi ini ke bengkel sekalian ganti 1 set merk valeo ( kampas, matahari dan csc ) kena 1,3 di toko ijo. Udah waktunya juga sih, udah jln 35000 km semenjak ganti koplong di 2017. Biasanya mobil jalan weeknd doang sama lukot, dan akap ke bukittinggi sekali setahun. 6 bulan terakhir di pakai istri tiap hari dan baru bisa nyetir. Mungkin masih sering kakinya nyangkut di pedal kopling.
OOT dikit
Januari kemarin overhaul kaki2 depan, ganti low arm kw 1 set, link stabil kw, bushing cross member ori, servis racksteer, bushing stabil, total dc 2 jt. ( part belanja sendiri di toko ijo 1,2 jt, jasa overhaul 400, servis racksteer 400 di ja*smin bekasi ) Udah jln 2000 km so far so good. mudah2an awet sampai 2 atau 3 tahun udah bagus dengan dc segitu
2 jt overhaul kaki2 sgitu banyak mah ud murah pake banget om, ud kaya btulin avansa aj
Kl diliat skrg spare parts lipindut koq murah pake banget yah
Gilee kaya cuman spertiga harga satu dekade yg lalu.. asemm
7 tahun saya piara grand livina L11 dari tahun 2014 sampai sekarang di odo mendekati 100 ribu Km di tahun 2021, part bawaan yg ganti karena wear and tear selama pemakaian mobil sbb:
1. Karet wiper depan 2X
2. Aki 3X
3. Bohlam lampu belakang 1X
4. Sepasang Kampas rem depan 1X
5. Magnetic Clutch 1X
6. Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A 1X
7. Pipe–Water dengan part no 14053-1KXOA 1X
8. Ban Mobil 2X (Ganti ban selalu sepasang).
Dari semua part tsb harga yg paling mahal adalah saat ganti sepasang ban Michelin Primacy 4. Part lainnya charganya murah aja.
Nahh kl yg sya maksut banting harga itu yg parts kaki2 slow moving nya, trakir yg saya tau misalnya, cross member set skrg cuman 1.5 jt, stengah harga dr aslinya yg 3 jutaan, bahkan skrg bsa beli bushing nya doank yg murahhh skali ( dl tidak bsa). Link stabil dl sebiji nya aj 300an rebu, skrg 100an sbiji.. arm bawah jg trakir setau saya ud dbawah sejuta, kl dl 1.3 juta sebiji.. jd kl yg saya rata2, harga parts kaki2 slow moving nya d diskon hampir 50% smua.. itu harga beres loh, harga d atrium bsa lebi murah lg
Pas awal2 livina lahir, harga parts2 kaki2 nya ckup ga masuk akal seh, ga jarang skali ngadep ke beres btulin kaki2 bsa abis 5 - 6 juta, dan anehnya beberapa bulan pasti ad lg yg musti dganti, ud kaya pliara BMW aj..
untung aj mreka sadar dan akhirnya turunin harga nya, walaupun rada telat seh mreka sadarnya.. but better late than never kan
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Oh pantes yang punya grand livina L10 dulu pada kabur karena part kaki kaki yg mihil toh, memang Beres nya dulu kayaknya pada cari cuannya kegedean kali. Luckily sampai hari ini kaki kaki all new grand livina tahun 2014 saya masih senyap Om belum ada bunyi bunyi aneh di kaki kaki cuma pernah lumasi /Greasing ulang doank 2X, puas saya belum ada part kaki kaki yg diganti so far sampai odo mendekati 100 ribu Km.DOHC wrote:Kl yg om herman sebut d atas, itungan nya masi fast moving om, livina dr dl jg fast moving ga seberapa mahal (ini makanya yg bkin pengguna livina jaman dl kecele, dikira nya murah) , kcuali busi nya aj, itu pun skrg ngk ud kuarin yg platinum, ud murahHerman7103 wrote: ↑Fri Mar 19, 2021 0:14Ikut nimbrung, spare part L10 atau L11 rata rata harganya sudah cukup bersahabat di online shop baik dalam maupun luar negeri saat ini.DOHC wrote: Kl dl d L10 setau saya parts kuupleng nya, matahari ama plaat kuupleng nya buatan exedy asli thailand, CSC nya valeo italy.. ini umur emg ga panjang, biasa deket2 100 rebu pasti ud selip parah.. cuman enak nya ntuh pedal tetep enteng ampe di akhir hayat nya, btw murah ya parts lipindut skrg.. 1.3 all in.. dl jaman saya, beli d atrium aj abis 1.5 jt.. kl d beres bsa 2.8 jt
2 jt overhaul kaki2 sgitu banyak mah ud murah pake banget om, ud kaya btulin avansa aj
Kl diliat skrg spare parts lipindut koq murah pake banget yah
Gilee kaya cuman spertiga harga satu dekade yg lalu.. asemm
7 tahun saya piara grand livina L11 dari tahun 2014 sampai sekarang di odo mendekati 100 ribu Km di tahun 2021, part bawaan yg ganti karena wear and tear selama pemakaian mobil sbb:
1. Karet wiper depan 2X
2. Aki 3X
3. Bohlam lampu belakang 1X
4. Sepasang Kampas rem depan 1X
5. Magnetic Clutch 1X
6. Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A 1X
7. Pipe–Water dengan part no 14053-1KXOA 1X
8. Ban Mobil 2X (Ganti ban selalu sepasang).
Dari semua part tsb harga yg paling mahal adalah saat ganti sepasang ban Michelin Primacy 4. Part lainnya charganya murah aja.
Nahh kl yg sya maksut banting harga itu yg parts kaki2 slow moving nya, trakir yg saya tau misalnya, cross member set skrg cuman 1.5 jt, stengah harga dr aslinya yg 3 jutaan, bahkan skrg bsa beli bushing nya doank yg murahhh skali ( dl tidak bsa). Link stabil dl sebiji nya aj 300an rebu, skrg 100an sbiji.. arm bawah jg trakir setau saya ud dbawah sejuta, kl dl 1.3 juta sebiji.. jd kl yg saya rata2, harga parts kaki2 slow moving nya d diskon hampir 50% smua.. itu harga beres loh, harga d atrium bsa lebi murah lg
Pas awal2 livina lahir, harga parts2 kaki2 nya ckup ga masuk akal seh, ga jarang skali ngadep ke beres btulin kaki2 bsa abis 5 - 6 juta, dan anehnya beberapa bulan pasti ad lg yg musti dganti, ud kaya pliara BMW aj..
untung aj mreka sadar dan akhirnya turunin harga nya, walaupun rada telat seh mreka sadarnya.. but better late than never kan
Planning saya mau ganti muka mobil grand livina saya yg tahun 2014 ke yang All New Grand Livina Special Version biar kelihatan lebih fresh look karena mau dipakai jangka panjang sih.
Mohon pencerahan apa plug and play atau fit bila bemper ANGL 2014 diganti dengan bemper All New Grand Livina Special Version?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
hebat juga ya nissan.... KM 100rb, metik pulak, baru 1× ganti brake pad.
ayla metik KM 100ribuan juga, udah 2× ganti brake pad.
sienta manual di KM 80ribuan udah ganti brake pad.
berarti pad toyodai ampas nih.
ayla metik KM 100ribuan juga, udah 2× ganti brake pad.
sienta manual di KM 80ribuan udah ganti brake pad.
berarti pad toyodai ampas nih.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Curiga saya seh, mreka jg ad ganti vendor, krn kualitas kaki2 nya lmayan beda jauh antara L10 dan L11, contohnya link stabilizer aj, yg L10 gen awal itu jelek skali, buatan thai, itu saya punya saja bsa retak.. kl yg L11 desain nya sudah beda dan buatan jepangHerman7103 wrote: ↑Fri Mar 19, 2021 2:20Oh pantes yang punya grand livina L10 dulu pada kabur karena part kaki kaki yg mihil toh, memang Beres nya dulu kayaknya pada cari cuannya kegedean kali. Luckily sampai hari ini kaki kaki all new grand livina tahun 2014 saya masih senyap Om belum ada bunyi bunyi aneh di kaki kaki cuma pernah lumasi /Greasing ulang doank 2X, puas saya belum ada part kaki kaki yg diganti so far sampai odo mendekati 100 ribu Km.DOHC wrote:Kl yg om herman sebut d atas, itungan nya masi fast moving om, livina dr dl jg fast moving ga seberapa mahal (ini makanya yg bkin pengguna livina jaman dl kecele, dikira nya murah) , kcuali busi nya aj, itu pun skrg ngk ud kuarin yg platinum, ud murahHerman7103 wrote: ↑Fri Mar 19, 2021 0:14 Ikut nimbrung, spare part L10 atau L11 rata rata harganya sudah cukup bersahabat di online shop baik dalam maupun luar negeri saat ini.
7 tahun saya piara grand livina L11 dari tahun 2014 sampai sekarang di odo mendekati 100 ribu Km di tahun 2021, part bawaan yg ganti karena wear and tear selama pemakaian mobil sbb:
1. Karet wiper depan 2X
2. Aki 3X
3. Bohlam lampu belakang 1X
4. Sepasang Kampas rem depan 1X
5. Magnetic Clutch 1X
6. Park / Neutral Position Switch part No 31918-1XK0A 1X
7. Pipe–Water dengan part no 14053-1KXOA 1X
8. Ban Mobil 2X (Ganti ban selalu sepasang).
Dari semua part tsb harga yg paling mahal adalah saat ganti sepasang ban Michelin Primacy 4. Part lainnya charganya murah aja.
Nahh kl yg sya maksut banting harga itu yg parts kaki2 slow moving nya, trakir yg saya tau misalnya, cross member set skrg cuman 1.5 jt, stengah harga dr aslinya yg 3 jutaan, bahkan skrg bsa beli bushing nya doank yg murahhh skali ( dl tidak bsa). Link stabil dl sebiji nya aj 300an rebu, skrg 100an sbiji.. arm bawah jg trakir setau saya ud dbawah sejuta, kl dl 1.3 juta sebiji.. jd kl yg saya rata2, harga parts kaki2 slow moving nya d diskon hampir 50% smua.. itu harga beres loh, harga d atrium bsa lebi murah lg
Pas awal2 livina lahir, harga parts2 kaki2 nya ckup ga masuk akal seh, ga jarang skali ngadep ke beres btulin kaki2 bsa abis 5 - 6 juta, dan anehnya beberapa bulan pasti ad lg yg musti dganti, ud kaya pliara BMW aj..
untung aj mreka sadar dan akhirnya turunin harga nya, walaupun rada telat seh mreka sadarnya.. but better late than never kan
Planning saya mau ganti muka mobil grand livina saya yg tahun 2014 ke yang All New Grand Livina Special Version biar kelihatan lebih fresh look karena mau dipakai jangka panjang sih.
Mohon pencerahan apa plug and play atau fit bila bemper ANGL 2014 diganti dengan bemper All New Grand Livina Special Version?image002.jpg
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Masi kalah mbah ama hrv saya
Ganti pad rem d 118 rebu
Btw, pad rem daihatsu emg ampas kayanya mbah, 1KR-JZ quadturbo + supercharge saya jg ud ganti pad rem d odo 40an rebu, tipis banget
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
nah.... tau sendiri akebono bawaan berapa harganya. jauh lebih murah pad depan xv40.
jadi mikir pengen tuker tambah sama xv40 kepunyaan om @benzz89, masih cakep tuh.... dia nambah 10jt aja gapapa lah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Saya sih sampai saat ini tidak pernah under estimate product Nissan yg telah menghasilkan iconic. Cars from Nissan Skyline until Nissan GT-R (mobil impian gue yg gagal beli sampai sekarang wkwkwk so sad... big cry...). Kampas rem depan saya beli online via buka lapak harganya cuma 174 ribu doank tanggal 19 nov 2019 (kampas depan asli di beres saat itu saya tanya 500 ribu wkwkwk)dan pasangnya di beres. Ayla mah memang mobil murahnya Daihatsu, memang beda kelas Om kalau Sienta baru lawan sepadan mobil All New Grand Livina sama sama metiknya CVT dan mesin nya sama 1500 Cc cuma harganya jauh diatas ANGL tahun 2014 yg cuma 164 juta waktu saya beli tahun 2014 tapi panjangnya lebih pendek dari ANGL walau sama sama 3 row. Menangnya cuma sliding door doank wkwkwk.marmut wrote:hebat juga ya nissan.... KM 100rb, metik pulak, baru 1× ganti brake pad.
ayla metik KM 100ribuan juga, udah 2× ganti brake pad.
sienta manual di KM 80ribuan udah ganti brake pad.
berarti pad toyodai ampas nih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Help, kopling grand livina loss setelah diy bleeding
Tau tuhh
Kampas ampas gt masa lebi mahal drpd kemri
Ngajak ribut aj ini daihatsu
numpang lewat aja....