Update on maintenance
Krn mobil yang pake nyokap yang biasa cuma terima beres siap pake, akhirnya sejak bokap jatuh sakit 7 bulan yang lalu ni mobil nyaris gak keurus... baru inget klw udah lebih dari 6 bulan service due terakhir. ngesotlah ke bengkel sodara ane untuk melakukan bersih-bersih dan ganti oli.
odo read 46.[cencored]
jobs done :
PTT evotech 5W-30 DC 97.500/ltr. pake 3.5 liter sisa 500ml.
Filter oli 30ribu
engine tune up, carbon cleaner +- 340ribu
Filter udara APEX 250ribu
Voltage stabilizer 250 ribu
total 1.260.000
masih ada PR beresin suara "ngorok" yang disebabkan oleh tensioner (kyknya penyakit banget mobil modern skrg tensioner gampang K.O.), masih tahap nunggu part.
lalu 3 hari kemudian.... di minggu pagi terjadilah keanehan. nyokap waktu pindahin mobil nemu ada tetesan oli di car port. abis beres mandi, buru buru dah ane buka cek dipstick dan bener... itu oli udah berkurang 1/2 kapasitas
kecurigaan pertama liat kolong mobil sekilas gak ada rembesan dari sekitaran baut drain oli. krn kalo emang kencengin baut drain gak bener kan harusnya rembes di sekitar situ.
buru-buru dah bawa ke nasmoco... yang sialnya krn uda kesiangan jadi agak antri. sepanjang jalan gak ada tetesan oli. well, kecurigaan pertama pada gasket oil pan... krn gak ada tumpahan oli di jalan kan. tapi sampe jam 12 mobil belum masuk ya udah tinggal makan siang dulu.
jam 2 siang baru dikabarin dan ternyata setelah kuatir yang kena gasket oil pan.... eng ing eng.... FILTER OLI NYA REMBES.
dan setelah itu dikabarin juga brake pad depan udah sakaratul maut. ya manut bae dah... nambah kerjaan lagi. plus karena takut gak cocok oli minta di drain semua dan ganti oli + filter baru.... (bye-bye PTT, usia yang sangat singkat
)
yang setelah keluar DC nya agak mengagetkan.... well... yang bikin ane dapet clarity kalo service toyota itu gak murah kalo di beres
brake pad depan - sekitar 950 ribuan
oil filter - 97RIBU
TMO 5W30 4ltr - 600RIBU
ongkos bersihin rem dll 200 ribuan
ONGKOS JASA - 500 RIBU
total jendral 2.466.000
nah saya yang bingung itu di sini : keterangan dari SA bilang itu filter oli yang pertama kayaknya gak ori makanya rembes. soalnya saya sampe tanya detail itu gak kenceng masangnya apa barangnya beda? jujur SA nya cuma bisa bilang "sepertinya", doi gak cek lapangan, filter oli langsung dibuang. waktu ane sampe buat ambil mobil udah beres siap-siap tutup krn hari minggu tutup jam 15.00 jd ga ketemu mekaniknya.
saya nanya ke sodara saya yg pnya bengkel sebelumnya blom dapet jawaban... mungkin doi juga kaget.
oh well...
jadi pertanyaan di sini : ada yg punya pengalaman ganti filter oli sienta dengan filter oli generik non-OEM ?