Grand Livina Users..! - PART 06
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1926
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Mbah Klep mana ya?
Di tol lagi jalan 120 kpj tiba2 kedengeran suara seerr....seerrr....seerr dari arah belakang kursi sopir.
Kl digas pelan suaranya pelan, semakin digas maka suara makin kenceng.
Tanda2 fuel pump kah itu mbah?
Blm minta cek lagi ama mbah marmut soalnya kudu dibawa di atas 80 kpj baru kedengeran suaranya
Di tol lagi jalan 120 kpj tiba2 kedengeran suara seerr....seerrr....seerr dari arah belakang kursi sopir.
Kl digas pelan suaranya pelan, semakin digas maka suara makin kenceng.
Tanda2 fuel pump kah itu mbah?
Blm minta cek lagi ama mbah marmut soalnya kudu dibawa di atas 80 kpj baru kedengeran suaranya
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Dipegang sih lumayan solid dan berat, besok deh dicobain kalo udh beli oli mtf nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
emang
kampret si renol
dl gara2 mo ganti MTF lipindut tercinta ampe saya akhirnya terjerumus terpaksa beli konci nya si believe in ur miserable choice tp ya suda lah, lmayan bisa kepake jg buat buka baut tap atf honda jg jadi nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
fuel pump mah bunyi nya kl lg berdiri di luar mobilblloewy wrote: βSat Mar 27, 2021 7:50 Mbah Klep mana ya?
Di tol lagi jalan 120 kpj tiba2 kedengeran suara seerr....seerrr....seerr dari arah belakang kursi sopir.
Kl digas pelan suaranya pelan, semakin digas maka suara makin kenceng.
Tanda2 fuel pump kah itu mbah?
Blm minta cek lagi ama mbah marmut soalnya kudu dibawa di atas 80 kpj baru kedengeran suaranya
kl dr dalem mah ud ga kedengeran kcuali brizik nya minta ampun... seumur2 fuel pump paling brizik yg perna saya denger itu malah kepunyaan mitsubishi CB ama CK, itu pun kl ud mau matot, dan suara nya pun musti bener2 konsentrasi nyari bunyi nya baru kedengeran, kl ud jalan, atau nyalain radio yah ga bakal kedengeran
coba aj cek knalpot dl, atau coba di bawa ke padepokan nya gusti mbah marmut.. siapa tau kmaren pas dateng lupa bawa 7 mawar dr 7 kuburan, makanya mobil nya jd aneh2 gt
numpang lewat aja....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.
Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.
Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan , akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?
Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.
Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi
Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.
Terimakasih om
Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.
Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan , akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?
Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.
Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi
Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.
Terimakasih om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Salken om sesama pengguna L10yogaecho wrote: βMon Mar 29, 2021 15:18 Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.
Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.
Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan , akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?
Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.
Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi
Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.
Terimakasih om
Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..
Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine
Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Nubie numpang jawap
Perihal kaki2, kl masi bawaan, jawapan nya yah pasti ga bakal awet, dl saya punya OGL yg d sayang2 aj tetep bearing roda depan nya tewas d odo 120an rebu.. tp murah koq hub assy nya
Perhatiin jg bushing2 kaki2 depan sperti crossmember, arm, support shock, ntuh bushing2 nya ga tralu awet, ban gede otomatis lebi cepet lg jebol
Rack steer malah bagusan bawaan nya, jgn dganti, d rekondisi aj bushing plastik nya
Oli mesin wajip oli bagus dan encer, minimal buntut 30
Coolant bebas, yg penting aseli dan rutin ganti
Perihal kaki2, kl masi bawaan, jawapan nya yah pasti ga bakal awet, dl saya punya OGL yg d sayang2 aj tetep bearing roda depan nya tewas d odo 120an rebu.. tp murah koq hub assy nya
Perhatiin jg bushing2 kaki2 depan sperti crossmember, arm, support shock, ntuh bushing2 nya ga tralu awet, ban gede otomatis lebi cepet lg jebol
Rack steer malah bagusan bawaan nya, jgn dganti, d rekondisi aj bushing plastik nya
Oli mesin wajip oli bagus dan encer, minimal buntut 30
Coolant bebas, yg penting aseli dan rutin ganti
numpang lewat aja....
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om?Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 2:25Salken om sesama pengguna L10yogaecho wrote: βMon Mar 29, 2021 15:18 Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.
Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.
Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan , akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?
Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.
Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi
Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.
Terimakasih om
Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..
Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine
Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini
Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2
Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.
Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?
Semoga awet deh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Bacanya thread di serayamotor aja omyogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 4:28Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om?Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 2:25Salken om sesama pengguna L10yogaecho wrote: βMon Mar 29, 2021 15:18 Malam om2 semua, penghuni baru ijin bergabung.
Baru sebulan ini meminang GL 2012 AT 1.5 ultimate, kebetulan ini yang sesuai budget dan spek. Dapat mobilnya udh dengan kondisi ban dan velg 215/45 r17. Kira kira ada pengaruh gak ya dgn performa mobil? Stir menjadi berat atau lainnya? Mengingat ring default nya yaitu r15.
Kmaren juga diharuskan utk ganti rack steer krn udah oblak dan berkarat, klo di beres bisa 10 jtan , akhirnya beli yg kw aja. Kira2 bisa tahan brp lama yak dan apakah ada pengurangan performa stir nya?
Odo udh di angka 130 rb, apakah udh tepat menggunakan oli 10w40? Klo di buku manual rekomendasi oli nya brp ya? Buku manual nya udh hilang dari owner sblmnya hehe.
Iseng2 test di jalanan lurus, perpindahan transmisi nya terasa delay (terutama dari 2 ke 3), kira2 problem nya apa ya? Padahal udh tune up dan ganti oli transmisi
Om2 disini klo utk radiator pake coolant merk apa ya? Mana tau bisa jadi referensi.
Terimakasih om
Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..
Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine
Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini
Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2
Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.
Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?
Semoga awet deh
Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..
Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..
Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..
Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..
Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..
Aamiin, mudah2an awet terus GL nya
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 6:26Bacanya thread di serayamotor aja omyogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 4:28Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om?Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 2:25
Salken om sesama pengguna L10
Kalo oli rekomendasi pabrikan 5w30 om, tapi saya ini malah lagi nyoba pake fastron lcgc 0w20.. Enteng banget sama ga ada ngelitik..
Sudah dipakai 2 bulan/1300 km, ada penguapan sih tapi minim banget.. Rencana mau dipake 6 bulan aja..
Buat coolant yang paling bagus tentu nissan genuine coolant yang warna biru itu om, tapi kemarin saya pakai isuzu genuine coolant karena harganya paling murah buat part genuine
Buat problem yang lain nunggu mbah2 ahli livina disini
Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2
Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.
Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?
Semoga awet deh
Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..
Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..
Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..
Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..
Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..
Aamiin, mudah2an awet terus GL nya
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11374
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
yogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 4:28 di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om?
Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2
- -
Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?
Semoga awet deh
saya nggak mau debat kusir masalah artikel yang dimaksud. tapi kalau saya pribadi, mengacu ke manual book saja, SAE paling encer yang diperbolehkan berapa? ya sudah ikuti saja. selesai.
atau sila buka google dan search hr15 engine oil, SAE berapa yang tertera disitu?
sekedar cerita (yang kesekian kalinya), saya ada daihatsu ayla 2013, baru tahun lalu (sekitar KM 100ribuan - bulan juli) saya isi oli mesin 0w20.
sebelumnya pakai SAE 5w30 dan 10w30.
sampai dengan hari ini sudah berjalan 5000 KM tidak ada penguapan.
tapi kalau anda sering berjalan jauh dan RPM tinggi, pakai oli mesin buntut 30 saja. boleh 0w30 atau 5w30.
masalah rack steer dan bengkel resmi, sudah jadi prosedur mereka untuk ganti 1 unit pak. tidak ada istilah "perbaikan". kalau mau perbaikan ya jangan ke bengkel resmi.
coolant pakai saja aslinya nissan. setau saya itu longlife bisa 4-5 tahun umurnya. mohon dikoreksi apabila salah.
kalau merk lain, coba dibaca di kemasannya, setau saya maksimal 2 tahun.
Past :
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
PPD213
PPD30A
PPD508
PPD P29
PPD AC21
MB 905
MB AC05
Mkrlt M01
PPD P44
MM 610
Kwnbst T512
Kpj 86
PPD AC16
B04 Kokol-BSD
D08 Putat-BSD
PUSAKA Tgr-Bgr
MB AC34
AgraMas C
PPD P45
PPD AC11
Now :
KRL
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)DOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 6:26Bacanya thread di serayamotor aja omyogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 4:28
Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om?
Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2
Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.
Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?
Semoga awet deh
Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..
Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..
Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..
Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..
Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..
Aamiin, mudah2an awet terus GL nya
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
CMIIW
Trims atas sharing pengetahuannya om2
Last edited by yogaecho on Tue Mar 30, 2021 8:14, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
DOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 6:26Bacanya thread di serayamotor aja omyogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 4:28
Gak terlalu encer itu om 0w20?, di artikel2 otomotif pada nyaranin klo mobil diatas 5 tahun utk mempertimbangkan oli yg lebih kental dari yg biasa dipake. Karena celah2 mesin udh pada renggang jadi perlu pelumas yg agak kental. Btw, odo udh brp om?
Untuk rack steer, mekanik beres sama spesialis non beres blg gak bisa di servis lagi krn udah oblak parah dan berat, jadi terpaksa tak ganti yg KW aja. Cari copotan gak nemu2
Kebetulan bushing arm, link stabilizer, ball joint udh diganti baru semua yg depan walaupun pake aftermarket semua.
Utk coolant nya diganti per brp bulan atau brp KM yak om?
Semoga awet deh
Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..
Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..
Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..
Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..
Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..
Aamiin, mudah2an awet terus GL nya
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya..
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
bedanya jauh banget om antara oli buntut 40 dan 30yogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 8:13Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)DOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 6:26
Bacanya thread di serayamotor aja om
Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..
Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..
Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..
Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..
Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..
Aamiin, mudah2an awet terus GL nya
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
CMIIW
Trims atas sharing pengetahuannya om2
dl slama saya pake lipindut, perna sekali 2 kali make buntut 40, skali make eneos molyb, skali nya lg make FK freshing.. 2 2 nya tarikan berasa ckup berat..
bengkel spesialis batu makam mmg umumnya nganjurin buntut 40 krn tingkat penguapan oli utk mesin ini amat sangat tinggi om, ga boong.. makanya dharap kan dgn oli yg lebi kentel, bsa tahan agak lamaan
cuman kl saya sehh dl, tetep stick di oli buntut 30, cuman modalin oli yg bagusan.. trakir oli buntut 30 yg saya coba dan tahan disiksa di mesin lipindut itu Q8 formula special yg 5-30.. sliter nya 120an rebu tp worth every penny
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 9:03Screenshot_20210317-223745.pngDOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 6:26
Bacanya thread di serayamotor aja om
Saya pakai 0w20 karena jarang maen rpm tinggi om, selain itu karena mobil jarang dipakai juga..
Pas dicek penguapan minim juga makanya saya berani pakai oli encer.. Saat ini km baru 55rb..
Biasanya mbah2 disini nyaranin pakai 5w30 kalo buat GL walau km sudah gondrong.. Kalo pakai 10w40 berat..
Buat coolant kalo ga salah diganti tiap 2 tahun.. Cmiiw..
Saran saya sih kalau history perawatan sebelumnya ga ada, semua cairan di mobil diganti aja dulu om..
Aamiin, mudah2an awet terus GL nya
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya..
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Menurut pendapat saya mesin HR15DE L11 sudah cukup baik.Tergantung cara usernya saat memakainya saja. Mobilnya nyaman, akselerasinya cukup kencang, modelnya juga cenderung timeless,β Menurut senior mekanik yang bekerja di bengkel resmi Nissan, yang pernah menghitung running hour mesin dengan sebuah software. Dalam kondisi macet parah jarak 5 ribu kilometer sama dengan pemakaian 10 ribu kilometer, yang jadi masalah bukan mesin HR15DE yang jelek. Tetapi pelepasan panasnya yang kurang oke, ditambah spek oli yang kualitas pas pas an dan yang terlalu encer ya tentu saja penguapan olinya jadi parah(skenario terburuk oli mesin bisa kering), coba pakai oli mesin kualitas sangat bagus, pengalaman pribadi saya walaupun tetap oli mesin nya di top up Tapi ngak banyak juga top up nya dan masih berani menggunakan oli mesin tsb untuk jarak pakai 10 ribu Km atau lebih dalam jangka waktu setahun.DOHC wrote:jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 9:03Screenshot_20210317-223745.pngDOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52 Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya.. [emoji848]
Sekarang saya lagi pakai oli mesin Amsoil Signature Series 0W30 (botol hitam) dari tgl 4 oktober 2020 saat odo 88004 Km dan sampai sekarang saat odo mobil sudah mencapai 98.[cencored] Km so far so good no need to change engine oil due to Amsoil Signature Series is one of the best engine oil I ever used.
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
betulHerman7103 wrote: βTue Mar 30, 2021 13:14Menurut pendapat saya mesin HR15DE L11 sudah cukup baik.Tergantung cara usernya saat memakainya saja. Mobilnya nyaman, akselerasinya cukup kencang, modelnya juga cenderung timeless,β Menurut senior mekanik yang bekerja di bengkel resmi Nissan, yang pernah menghitung running hour mesin dengan sebuah software. Dalam kondisi macet parah jarak 5 ribu kilometer sama dengan pemakaian 10 ribu kilometer, yang jadi masalah bukan mesin HR15DE yang jelek. Tetapi pelepasan panasnya yang kurang oke, ditambah spek oli yang kualitas pas pas an dan yang terlalu encer ya tentu saja penguapan olinya jadi parah(skenario terburuk oli mesin bisa kering), coba pakai oli mesin kualitas sangat bagus, pengalaman pribadi saya walaupun tetap oli mesin nya di top up Tapi ngak banyak juga top up nya dan masih berani menggunakan oli mesin tsb untuk jarak pakai 10 ribu Km atau lebih dalam jangka waktu setahun.DOHC wrote:jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Sekarang saya lagi pakai oli mesin Amsoil Signature Series 0W30 (botol hitam) dari tgl 4 oktober 2020 saat odo 88004 Km dan sampai sekarang saat odo mobil sudah mencapai 98.[cencored] Km so far so good no need to change engine oil due to Amsoil Signature Series is one of the best engine oil I ever used.
pokoknya kunci nya utk mesin HR ini ialah wajip oli bagus
ga bole pelit ama oli
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Oh gitu om, dimengerti..DOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 11:56jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30Spies wrote: βTue Mar 30, 2021 9:03Screenshot_20210317-223745.pngDOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
Ini di buku manual batumakam juke mbah, bukannya juke pake mesin hr15de juga ya?
Kok bisa beda ya rekomendasi olinya..
Tapi bener om di bukman juke yg saya dapet dari internet itu, tiap negara berbeda rekomendasi olinya.. Buat thai sama meksiko 10w30.. Indonesia 0w20.. Lalu negara selain thai, meksiko, dan indonesia rekomendasinya 5w30
Aneh bener ini nissan
Oya waktu lipindut dikasih q8 kuat berapa lama itu om?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Bener Om DOHC jangan pelit dengan oli mesin dan selalu pakai oli mesin yang bagus. Kalau pakai oli mesin yg biasa biasa aja yg murah meriah cukup 5 ribu Km atau 6 bulan wajib ganti oli mesin nya kalau mau mesin HR15DE nya prima terus dan jangan pernah sekalipun terjadi oli mesin nya kering. Selama oli mesin nya ngak pernah kering saya yakin tuh mesin HR15DE awet lha di mobil saya aja sudah 7 tahun mobil digunakan sampai odo 98 ribu Km, so far so good sampai sekarang.DOHC wrote:betulHerman7103 wrote: βTue Mar 30, 2021 13:14Menurut pendapat saya mesin HR15DE L11 sudah cukup baik.Tergantung cara usernya saat memakainya saja. Mobilnya nyaman, akselerasinya cukup kencang, modelnya juga cenderung timeless,β Menurut senior mekanik yang bekerja di bengkel resmi Nissan, yang pernah menghitung running hour mesin dengan sebuah software. Dalam kondisi macet parah jarak 5 ribu kilometer sama dengan pemakaian 10 ribu kilometer, yang jadi masalah bukan mesin HR15DE yang jelek. Tetapi pelepasan panasnya yang kurang oke, ditambah spek oli yang kualitas pas pas an dan yang terlalu encer ya tentu saja penguapan olinya jadi parah(skenario terburuk oli mesin bisa kering), coba pakai oli mesin kualitas sangat bagus, pengalaman pribadi saya walaupun tetap oli mesin nya di top up Tapi ngak banyak juga top up nya dan masih berani menggunakan oli mesin tsb untuk jarak pakai 10 ribu Km atau lebih dalam jangka waktu setahun.DOHC wrote: jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Sekarang saya lagi pakai oli mesin Amsoil Signature Series 0W30 (botol hitam) dari tgl 4 oktober 2020 saat odo 88004 Km dan sampai sekarang saat odo mobil sudah mencapai 98.[cencored] Km so far so good no need to change engine oil due to Amsoil Signature Series is one of the best engine oil I ever used.
pokoknya kunci nya utk mesin HR ini ialah wajip oli bagus
ga bole pelit ama oli
HR15DE 2014
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
waktu itu 7 rebuan jg ud ta gantiSpies wrote: βTue Mar 30, 2021 13:29Oh gitu om, dimengerti..DOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 11:56jangan heran om, krn buku primbon yg nyaranin make buntut 30 itu yg dari batu makam JDM nihon punya, kl yg laen, apalagi USDM market malah persis yg kaya om post, buntut 20... kl ga salah dulu di tret ini atau sblom nya jaman duluuuuu banget perna saya post jg screenshot nya, disitu dikasi screenshot dr buku manual nya juke JDM dan dtulis recommended oil nya 5-30
Tapi bener om di bukman juke yg saya dapet dari internet itu, tiap negara berbeda rekomendasi olinya.. Buat thai sama meksiko 10w30.. Indonesia 0w20.. Lalu negara selain thai, meksiko, dan indonesia rekomendasinya 5w30
Aneh bener ini nissan
Oya waktu lipindut dikasih q8 kuat berapa lama itu om?
ga brani tarik tralu jauh jg, tp ud jauh lebi mending, oli2 laen nya biasa di 5-6 rebuan ud saya ganti
numpang lewat aja....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 260
- Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
- Location: Sidoarjo
- Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Ohh gitu ya om, okedeeh next ganti oli coba yg 5w-30. Biar bisa bedain tarikan antara buntut 40 dan buntut 30. semoga gak terlalu cepat menguap krn mesin yg panasDOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 11:54bedanya jauh banget om antara oli buntut 40 dan 30yogaecho wrote: βTue Mar 30, 2021 8:13Perbedaan terbesar secara performa nya sepengalaman om klo pakai 10w40 dibanding 5w30 gimana di odo yg tinggi? Pernah sharing juga sama mekanik spesialis nissan di tempat ane, utk L10 lebih cocok nya utk pakai 10w40 krn umur oli bisa sedikit lebih panjang drpd umur 5w30 (5w30 dianjurkan ganti 5k, 10w40 bisa di 7/8k)DOHC wrote: βTue Mar 30, 2021 6:52
Enjin HR itu kl di mamarika di tulis nya pake 5W-20
Tp kl sya blg seh ga bsa jd acuan krn ampir smua mobil nihon dsana dsuru nya buntut 20 krn faktor cuaca
Nah tp kl mnurut batumakam nihon, enjin HR MR wajip 5-30
Dan lg krn faktor oil pan super mini dan enjin super panas, saya seh vote utk buntut 30
CMIIW
Trims atas sharing pengetahuannya om2
dl slama saya pake lipindut, perna sekali 2 kali make buntut 40, skali make eneos molyb, skali nya lg make FK freshing.. 2 2 nya tarikan berasa ckup berat..
bengkel spesialis batu makam mmg umumnya nganjurin buntut 40 krn tingkat penguapan oli utk mesin ini amat sangat tinggi om, ga boong.. makanya dharap kan dgn oli yg lebi kentel, bsa tahan agak lamaan
cuman kl saya sehh dl, tetep stick di oli buntut 30, cuman modalin oli yg bagusan.. trakir oli buntut 30 yg saya coba dan tahan disiksa di mesin lipindut itu Q8 formula special yg 5-30.. sliter nya 120an rebu tp worth every penny
*brb cari rekomendasi oli 5w30 yg harga standaran tapi baguss
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
HR15DE 2014
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Selain karet boot shock depan, ada part kaki2 lain yg udah diganti ga om?? Kya tie rod, rack end, dll??Herman7103 wrote: βWed Mar 31, 2021 0:27Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Harga karet boot nya sihh emang murah ya om, ongkos bongpas nya yg mahal. Bisa kena 200rb buat bongkar kiri kanan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Grand Livina Users..! - PART 06
Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT tahun 2014 punya saya untuk part kaki kaki selama 7 tahun pemakaian sampai odo 98 ribu Km, cuma baru ganti sepasang karet boot shock breaker depan doank untuk part kaki kaki lain masih bawaan dari dealer semua. So far so good buat saya pribadi.omnyanaira wrote:Selain karet boot shock depan, ada part kaki2 lain yg udah diganti ga om?? Kya tie rod, rack end, dll??Herman7103 wrote: βWed Mar 31, 2021 0:27Livina L11 punya saya dari 2014 sampai sekarang untuk mesin belum pernah bermasalah termasuk koilnya yg sudah saya ganti baru keempat busi bawaannya di tahun ke 6 pemakaian, sementara untuk bagian kaki baru aja saya ganti Karet boot shock breaker depan nya sepasang karena ada sobek dan harga sepasang karet boot shock breakernya murah.Mkresnap wrote:Saya ada lipindut odo udah 120 rb, ganti oli pake oli beres dulu total quarts 8000 5w30 terus ngo 5w-30 abis itu astra helix 5w-30, so far nggak ada masalah aman aman aja, odo juga udah gondrong mesin nggak pernah problem kecuali penyakit mesin nissan kalo udah tua karet coil sobek, selebihnya lebih rewel kaki kakinya daripada engine nya [emoji1787]
Harga karet boot nya sihh emang murah ya om, ongkos bongpas nya yg mahal. Bisa kena 200rb buat bongkar kiri kanan
HR15DE 2014