Pro and cons knalpot aftermarket

Untuk tipe - tipe motor lainnya.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Pro and cons knalpot aftermarket

Post by kendibocor »

Seperti yg kita tau, saat ini sedang gencar2nya kepolisian merazia knalpot2 aftermarket yg dipakai khususnya oleh motor (beberapa kejadian mobil juga mulai kena tilang).

Nah Saya ingin tahu pendapat teman2 gimana mengenai:

1. Apakah setuju atau tidak dilakukan razia pemakaian knalpot aftermarket ini?
2. Jika setuju/tidak setuju boleh dikemukakan alasan masing2.
3. Kalau mengacu pada undang2 yg selama ini dipakai saat razia adalah bahwa ranmor harus memenuhi standar uji kelayakan. artinya hampir semua modifikasi tidak boleh dilakukan? Karena hampir semua part modifikasi sepengetahuan saya tidak ada tidak ada uji kelayakan. Trus bagaimana nasib dunia modifikasi di indonesia?
4. Jika seandainya setuju dilakukan penertiban knalpot aftermarket ini, bagaimana nasib produsen2 lokal terutama yg kecil menengah?
5. Saran untuk penyelesaian masalah ini?

Ngobrol santai aja mengemukakan pendapat, ga perlu tarik2an urat leher :big_peace:
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by fajarrian »

setuju/ga setuju, kalo ane sih setuju dilakukan penindakan pemakaian knalpot aftermarket ato racing (walaupun saya sendiri juga pake knalpot racing di motor)
asal itu peraturan di UU di perbaharui dan diterapin bener2, soal standar DB pada suatu knalpot mobil dan motor.
dan yang harusnya yang di regulasi bukan cuma pemakainya doang, tapi produsennya juga. jadi sebelum tuh produk release di pasaran harus udah lolos DB minimal dan di di kasih logo apa kek di produknya kaya SNI ato apalah gitu.
jadi produsen yang berhak jual knalpot after market cuma yang udah produknya udah lolos QC dari kepolisian

di thailand untuk mobil kalo ga salah standarnya 92db, saya pernah denger xpander dipakein hks legamax (92db) suaranya masih sopan dan enak kok didenger, dan kalo beli knalpotnya kalo ga salah udah dapet kaya sertipikat lolos DB meter gitu di dusnya
yang ga enak di denger tuh, mocil2 matic emberrrr yang dipake bocah2 asli suaranya ga enak banget


di depan rumah ane persis, punya moge Z800 dan jazz bratak tak, itu kalo pagi lagi cold start jendela sama pintu rumah ane geter semua asli ganggu banget, saya aja yang suka sama suara knalpot aftermarket keganggu apalagi sebelah kanan kiri rumah ane yang udah manula umur 70tahunan.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by kendibocor »

Kalo sampe suara knalpotnya gede bgt emang mengganggu ketertiban sih ya om. Masalahnya balik lg ke manusianya kadang gatau diri juga. Uda tau suara motor/mobilnya gede, masuk perumahan kadang narik2. Atau pas idle digeber2.
Tapi saya setuju sih harus ada parameter lolos uji DB meternya. Karena kalau ga pake parameter cuman ngomong doang ini berisik, itu nggak. Ya subjektif sekali ya.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2885
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by KielConstantine »

Kalo ane setuju sih . Peraturan sound DB diberlakukan.

Toh skarang jg ud ada system valvetronic. Jd bisa di kecilin suara berisiknya pas lg cold start / lewat jalan pemukiman.

Sebenernya yg penting buat tingkatin peforma di bagian downpipe. Tinggal lepas catalytic aja, alias catless. Sisanya kebelakang pake full stock pabrikan yg keredam suara jg gpp kok.

Tapi ya gitu namanya hobby.. ada beberapa user pengen kedenger suaranya keras. Pola pikirnya “Kalo suara ga keras = ga modif”.

Pake system valvetronic paling masuk akal buat siasatin kebutuhan tsb.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by MSU »

Setuju aja..asal secara ilmiah..ya mgkn pas razia ada db meter..bukan asal dengar kuping
Selain itu yg hoby modif ya pls ngotak dikit..kasian orang lain denger suara knalpot yg terlalu kenceng apalg yg brataktak itu..
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1307
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by Or4cle »

Selama resonator gak di by pass (delete) suara muffler gak bakalan sampai annoying suaranya. Menurut ane muffler aftermarket sangat membantu di saat mau buru - buru di jalan, kadang di jalanan banyak setan budek berkeliaran.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 659
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by lamatlancah »

setuju banget suara knalpot rombeng motor2 rongsok harus ditertibkan.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by kendibocor »

Kalo mobil enak sih ya skrng ada valvetronik jadi bisa switch mau berisik apa nggak. Trus knalpotnya dikolong mobil jadi agak susah diidentifikasi walaupun uda diganti. Kalo knalpot motor yg agak susah ya.

Saya pribadi baru beli ninja ZX25R yg 250cc tp 4 silinder, harga beda lumayan banyak dibanding motor2 250cc lain yg 2 silinder. Jujur yg dicari emang suara 4 silindernya sih yg uda kaya moge. Kalo kencengnya sih ga jadi prioritas utama karena ga bisa lari kenceng2 juga di jkt. rasa2nya agak dongkol juga kalo ga boleh pake knalpot aftermarket jadi ga bisa nikmatin suaranya. Mungkin saya egois ya tp sebisa mungkin saya ga mengganggu lingkungan sih. Kalo masuk kompleks perumahan selalu jalan gigi 4 lari 20kmh biar suaranya seminimal mungkin. baru narik kalo jalanan gede dan kosong aja. Trus biar uda ganti knalpot aftermarket, saya tetep pake db killer sih jd suaranya masih agak keredam.
Sori kalo subjektif, tp menurut saya yg suara annoying itu suara motor matic pake knalpot racing tanpa db killer, atau malah knalpot motor bebek bobokan. No offence ya pengguna motor matic atau motor bebek. Saya bahkan pernah berenti di lampu merah, idle suara saya pake knalpot aftermarket kalah bising sama honda beat yg sama2 ganti knalpot aftermarket.

Kalo suara knalpot mobil juga menurut saya yg annoying model2 hatchback 1500cc yg suara knalpotnya uda kaya petasan banting. Kalo emang mobilnya bwat turun race (model honda jazz fitra eri) sih ga apa2 ya karena emang dipake di sirkuit. Nah kalo dipake dijalan raya sih cukup mengganggu, bisa bikin orang jantungan.
pernahmiskin
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 677
Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
Location: jogja, blitar, jakarta

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by pernahmiskin »

Setuju.

Kalau memang melanggar batas maksimal dr peraturan.
Dan harus dengan pengujian pakai alat yg proper bukan by feeling.

Dan ga boleh tebang pilih.
Mo bebek,matic dan moge ratusan juta
Motuba,lcgc,suv, sport dan knalpot truk bising srigala.

Harus mendapatkan perlakuan yg sama.

Apapun alasannya selama di pakai di jalan raya yg notabene sama2 bayar pajak, mbok ya sadar diri jgn egois..

Mau balap kek apapun sdh ada track sewa.

Kalau ga mampu bayar dan bete ga ada sparing
Ya ga usah gegayaan demi keegoisan diri sendiri..
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
:big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by ChZ »

idealnya musti ada batasan berapa dB yang diizinkan... ini sama spt di negara-negara maju.

kalau pukul rata tidak boleh brong saya juga gak stuju.

harus diterapkan spt uji emisi. per kapasitas mesin dan jumlah silinder. kalo V8 kaya ferrari 458 minta suaranya gak berisik macem mesin ayla kan ya lucu... tar pasti ada drama ferrari ditilang karena brong padahal knalpotnya bawaan. atawa gmn motor harli gede disuruh diem knalpotnya kan lawak :big_biglaugh:

biar kang knalpot kreatip dikit ... blajar bikin knalpot yang gak asbun. skrg kan knalpot asal suara gede gak lari... atau yang macem di motor metik kebanyakan bisingnya bikin pengen nampol.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by Pugman »

kendibocor wrote: Fri Apr 09, 2021 16:14 Kalo mobil enak sih ya skrng ada valvetronik jadi bisa switch mau berisik apa nggak. Trus knalpotnya dikolong mobil jadi agak susah diidentifikasi walaupun uda diganti. Kalo knalpot motor yg agak susah ya.

Saya pribadi baru beli ninja ZX25R yg 250cc tp 4 silinder, harga beda lumayan banyak dibanding motor2 250cc lain yg 2 silinder. Jujur yg dicari emang suara 4 silindernya sih yg uda kaya moge. Kalo kencengnya sih ga jadi prioritas utama karena ga bisa lari kenceng2 juga di jkt. rasa2nya agak dongkol juga kalo ga boleh pake knalpot aftermarket jadi ga bisa nikmatin suaranya. Mungkin saya egois ya tp sebisa mungkin saya ga mengganggu lingkungan sih. Kalo masuk kompleks perumahan selalu jalan gigi 4 lari 20kmh biar suaranya seminimal mungkin. baru narik kalo jalanan gede dan kosong aja. Trus biar uda ganti knalpot aftermarket, saya tetep pake db killer sih jd suaranya masih agak keredam.
Sori kalo subjektif, tp menurut saya yg suara annoying itu suara motor matic pake knalpot racing tanpa db killer, atau malah knalpot motor bebek bobokan. No offence ya pengguna motor matic atau motor bebek. Saya bahkan pernah berenti di lampu merah, idle suara saya pake knalpot aftermarket kalah bising sama honda beat yg sama2 ganti knalpot aftermarket.

Kalo suara knalpot mobil juga menurut saya yg annoying model2 hatchback 1500cc yg suara knalpotnya uda kaya petasan banting. Kalo emang mobilnya bwat turun race (model honda jazz fitra eri) sih ga apa2 ya karena emang dipake di sirkuit. Nah kalo dipake dijalan raya sih cukup mengganggu, bisa bikin orang jantungan.
Ditunggu reviewnya Om, ZX25R nya.. Btw yang hitam apa versi SE? Saya juga pengen ini ZX25R tapi nunggu bekasnya aja. Hahaha..
R25 saya juga belum ganti knalpot, kadang ngeri loh jalan 70-80kpn pakai knalpot standar itu ga kedengaran suaranya sering motor di depan saya tiba-tiba pindah jalur.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by kendibocor »

Pugman wrote: Sun Apr 11, 2021 15:05
kendibocor wrote: Fri Apr 09, 2021 16:14 Kalo mobil enak sih ya skrng ada valvetronik jadi bisa switch mau berisik apa nggak. Trus knalpotnya dikolong mobil jadi agak susah diidentifikasi walaupun uda diganti. Kalo knalpot motor yg agak susah ya.

Saya pribadi baru beli ninja ZX25R yg 250cc tp 4 silinder, harga beda lumayan banyak dibanding motor2 250cc lain yg 2 silinder. Jujur yg dicari emang suara 4 silindernya sih yg uda kaya moge. Kalo kencengnya sih ga jadi prioritas utama karena ga bisa lari kenceng2 juga di jkt. rasa2nya agak dongkol juga kalo ga boleh pake knalpot aftermarket jadi ga bisa nikmatin suaranya. Mungkin saya egois ya tp sebisa mungkin saya ga mengganggu lingkungan sih. Kalo masuk kompleks perumahan selalu jalan gigi 4 lari 20kmh biar suaranya seminimal mungkin. baru narik kalo jalanan gede dan kosong aja. Trus biar uda ganti knalpot aftermarket, saya tetep pake db killer sih jd suaranya masih agak keredam.
Sori kalo subjektif, tp menurut saya yg suara annoying itu suara motor matic pake knalpot racing tanpa db killer, atau malah knalpot motor bebek bobokan. No offence ya pengguna motor matic atau motor bebek. Saya bahkan pernah berenti di lampu merah, idle suara saya pake knalpot aftermarket kalah bising sama honda beat yg sama2 ganti knalpot aftermarket.

Kalo suara knalpot mobil juga menurut saya yg annoying model2 hatchback 1500cc yg suara knalpotnya uda kaya petasan banting. Kalo emang mobilnya bwat turun race (model honda jazz fitra eri) sih ga apa2 ya karena emang dipake di sirkuit. Nah kalo dipake dijalan raya sih cukup mengganggu, bisa bikin orang jantungan.
Ditunggu reviewnya Om, ZX25R nya.. Btw yang hitam apa versi SE? Saya juga pengen ini ZX25R tapi nunggu bekasnya aja. Hahaha..
R25 saya juga belum ganti knalpot, kadang ngeri loh jalan 70-80kpn pakai knalpot standar itu ga kedengaran suaranya sering motor di depan saya tiba-tiba pindah jalur.
Yg hitam om, soalnya yg abs inden lama. Males nunggunya. Kebetulan saya punya cbr250rr juga yg saya udah standarin. Setuju om, kalo pake knalpot aftermarket emang kalo mo nyusul orng di depan, mereka lebih notice sih jadi ngebuka jalan atau minimal ga manuver tiba2. Kalo pake cbr ga kedengeran suaranya emang jd was2 hehehe. Tp mungkin ini pembenaran saya doang kali ya mentang2 saya pake knalpot aftermarket 😁.

Saya ga pinter review om haha, yg pasti tenaganya maen di rpm atas semua sih, jadi bawaannya kalo mo enak ya harus rpm atas. Pas di rpm atas itu suaranya melengking gila, pake knalpot standar aja berisik kaya knalpot aftermarket. Ini saya ganti knalpot aftermarket suaranya jadi kaya mobil F1 versi kw 😁.

Kalo rpm bawah enakan 2 silinder om, napasnya lebih panjang 2 silinder.
golftsijkt
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 18, 2017 9:59
Location: Jakarta
Daily Vehicle: BMW F30 LCi

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by golftsijkt »

Nimbrung ah. Untuk downpipe dengan catalytic (catted) apakah ada yang jual di aftermarket? Kalau ada apakah bengkel knalpot bisa buatin? Paling tidak tidak nyumbang emisi karbon.

Apakah catted downpipe pengaruh atau tidak ke torsi?

Terima kasih sebelumnya.
raddman
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Oct 15, 2012 8:23

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by raddman »

saya paling bingung motor injeksi tapi di gas2 pas lagi idle haha
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by 12punch »

hmm mungkin bisa dimulai dari edukasi polisi lalu lintas biar ga bodoh2 amat gitu, saya rasa sih ga bodoh tp emg nyari duit aja..
waktu itu liat orang naik ducati standard pabrik aja ditilang wkwkwk
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by kendibocor »

12punch wrote: Mon Nov 29, 2021 10:07 hmm mungkin bisa dimulai dari edukasi polisi lalu lintas biar ga bodoh2 amat gitu, saya rasa sih ga bodoh tp emg nyari duit aja..
waktu itu liat orang naik ducati standard pabrik aja ditilang wkwkwk
Nah ini dia om, yg kasus ducati itu agak2 gmn gtu. Emang ga mungkin jg sih polantas afalin semua bentuk motor/mobil knalpot standarnya kaya gimana. Trus lagi kalo ngomongin motor, sekarang banyak motor (terutama yg 1000cc) uda dari pabrikannya dapat standarnya macem model akrapovic, nanti dikirain knalpot aftermarket lagi mentang2 ada merknya.

Tapi sekarang uda adem lg, selama ga razia pake knalpot brong di lampu merah kebanyakan juga ga terlalu dipermasalahin.
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 108
Joined: Wed Mar 03, 2021 1:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Suzuki XL 7 Yamaha XMax

Re: Pro and cons knalpot aftermarket

Post by leogalih »

kendibocor wrote: Mon Nov 29, 2021 14:12
12punch wrote: Mon Nov 29, 2021 10:07 hmm mungkin bisa dimulai dari edukasi polisi lalu lintas biar ga bodoh2 amat gitu, saya rasa sih ga bodoh tp emg nyari duit aja..
waktu itu liat orang naik ducati standard pabrik aja ditilang wkwkwk
Nah ini dia om, yg kasus ducati itu agak2 gmn gtu. Emang ga mungkin jg sih polantas afalin semua bentuk motor/mobil knalpot standarnya kaya gimana. Trus lagi kalo ngomongin motor, sekarang banyak motor (terutama yg 1000cc) uda dari pabrikannya dapat standarnya macem model akrapovic, nanti dikirain knalpot aftermarket lagi mentang2 ada merknya.

Tapi sekarang uda adem lg, selama ga razia pake knalpot brong di lampu merah kebanyakan juga ga terlalu dipermasalahin.
saya pernah liat yutuber motor, kena razia.. mau ditilang karena knalpotnya dituduh tidak ori, padahal knalpot ori bawaan pabriknya.. motornya sih motor sport fairing 150cc dan sepertinya memang benar knalpot standar karena tidak terdengar suara gaduh..

yang lucu dari dialognya adalah, si polisi ngotot mau nilang karena knalpot dituduh tidak standar. [emo-police]
sang yutuber ngotot ini knalpot bawaan.
"bawaan darimana?" tanya polisi
"bawaan dari dealernya lah pak!" jawab si yutuber
lalu polisinya jawab: "ya udah orang dealernya aja suruh kesini" (WTF :big_dunno: )
trus si yutubernya kasih liat foto motor kondisi standarnya seperti apa dari internet
dan polisi lain terlihat foto-foto knalpotnya dan mencocokkan dengan gambar di HP yutuber itu..

pada akhirnya di loloskan..

Pesan moral, action cam yang ditempel di helm memang sangat berguna di kala ada razia/tilang resmi atau tidak resmi.
kebanyakan yang saya liat motoris yang make action cam lebih sering di skip, atau di suruh jalan aja dengan diperiksa ala kadarnya