Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
yah intinya klo flat tappet ini, harus lbh cermat milih oli.
bukan nerd lendir jg, tp krn mobil pk sendiri, apalagi mbl satu2nya
better pk oli dgn aditif zinc dan anti wear lain nya mumpuni.
gw sih gak anti jg sm flat tappet, cmn kebetulan emg mbl jaman now rata2 udh roller cam.. dr mbl hondut dan mazda 1.5L sampai AMG Mercedes aja dah pk roller camshaft..
jd berasa kekinian gtu dan feels more confidence geber di hi rpm
Justru mobil2 jaman now makin banyak yg flat tappet mbah, apalagi bikinan si daihatsu pelit ( akur ama mbah 69, ini merek pelit)
Ohh btw, batu makam jitiar jg flat tappet loh
Kl honda toyota masi banyak lineup nya yg roller rocker, baguslah mreka masi ikut pakem mreka dr dulu.. jgn kaya mitsubisi, dulunya jg sama ama tuh 2 roller rocker gangs, tp sejak kerja sama ama renolt, batu makam, ikut haluan pelit medit dia, jd flat tappet
yah mo gmn ya mbah.
krn produsen tsb dah pelit bin medit, oli jgn pelit2 ganti klo gtu
liat tuh mba omni, mbl dah bagus2 pk roller rocker aja msh pk Ams sign yg gantinya tiap bulan, blm lg girboksnya amsoil jg isinya.
jandanya juga asoy itu mah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nanya dung...
Kl Oli mesin di manual msh tertulis API SJ or SL or SM itu artinya kandungan ZDDP yang diminta mesin cukup tinggi ya?
Karena manual tertulis SAE-30 dan baca2 di API SJ itu ZDDP nya lumayan tinggi.
Fosfor di API SJ itu 1200 ppm sementara di API SL 1000 ppm.
Tetapi krn merusak lingkungan makanya di SPI SM and SN diturunkan di SAE 30 maksmum 600-800 ppm.
Nah pengganti ZDDP ini sktg partikel apa ya? Moly kah atau apa ya?
Karena API skrg khan pasti trs berkembang bahkan sdh sampai API SP.
Pertanyaan utama sich kl mesin mobil butuh ZDDP tinggi dgn standard API SJ di SAE-30 kira2 di API SP apakah msh terpenuhi itu?
Walaupun ada trik lain yg bisa dipakai dgn menggunakan SAE-40 yg infonya tdk mengatur batasan ZDDP nya.
triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27
Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.
Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
Lebih bagus beli oli khusus bensin.
Referensi oli keraton sekelas AMS SS yang buntut 40 apa ya om?
blloewy wrote: Tue May 25, 2021 1:41
Nanya dung...
Kl Oli mesin di manual msh tertulis API SJ or SL or SM itu artinya kandungan ZDDP yang diminta mesin cukup tinggi ya?
Karena manual tertulis SAE-30 dan baca2 di API SJ itu ZDDP nya lumayan tinggi.
Fosfor di API SJ itu 1200 ppm sementara di API SL 1000 ppm.
Tetapi krn merusak lingkungan makanya di SPI SM and SN diturunkan di SAE 30 maksmum 600-800 ppm.
Nah pengganti ZDDP ini sktg partikel apa ya? Moly kah atau apa ya?
Karena API skrg khan pasti trs berkembang bahkan sdh sampai API SP.
Pertanyaan utama sich kl mesin mobil butuh ZDDP tinggi dgn standard API SJ di SAE-30 kira2 di API SP apakah msh terpenuhi itu?
Walaupun ada trik lain yg bisa dipakai dgn menggunakan SAE-40 yg infonya tdk mengatur batasan ZDDP nya.
*koreksi kl banyak salah ya Om
ya sesuai info om turbo di bbrp page ke blkg,
contohnya PTT 0w30 API SP udh lbh dr cukup anti wear untuk flat tappet cam.
Last edited by Suryaputra on Tue May 25, 2021 2:47, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ya sesuai info om turbo di bbrp page ke blkg,
contohnya PTT 0w30 API SP udh lbh dr cukup anti wear untuk flat tappet cam.
Woh baeklah kl begitu sdh sesuai ya pake 0W-30 API SP PTT di Lipindut.
Tp kl harganya sdh normal kok mendekati si Anu ya?
Nah si Anu yang cocok u Flat Tapped yg seri apa ya om? API SN kah?
Atau si Q8 bisa jd opsi berikutnya kl harga PTT sdh ngga promo dan si Anu makin NgAnu harganya
triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27
Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.
Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
Lebih bagus beli oli khusus bensin.
Referensi oli keraton sekelas AMS SS yang buntut 40 apa ya om?
Banyak om. Redline, Motul 8100 x-clean, Motul 300V, Castrol Edge titanium, cuman ya lebih mahal dari amsoil SS[emoji16]
triport13 wrote: Mon May 24, 2021 7:27
Abis baca baca ke page2 awal infonya schaeffer supreme 9000 bikin alus suara 2kd ya dan bisa dipake di gasoline engine karna ada spek API SL.
Apakah kalo dipake bensin akan bikin halus juga? Kebetulan flat tapped cocok sama API SL, bisa sampe berapa km/bulan? Krn baca baca ini oli kelas keraton juga, dan harganya cukup menarik di tokoijo
Lebih bagus beli oli khusus bensin.
Referensi oli keraton sekelas AMS SS yang buntut 40 apa ya om?
ya sesuai info om turbo di bbrp page ke blkg,
contohnya PTT 0w30 API SP udh lbh dr cukup anti wear untuk flat tappet cam.
Woh baeklah kl begitu sdh sesuai ya pake 0W-30 API SP PTT di Lipindut.
Tp kl harganya sdh normal kok mendekati si Anu ya?
Nah si Anu yang cocok u Flat Tapped yg seri apa ya om? API SN kah?
Atau si Q8 bisa jd opsi berikutnya kl harga PTT sdh ngga promo dan si Anu makin NgAnu harganya
Selain itu ada:
- Q8 Formula D1 5w30 (model lama, biasanya produksi 2017/18)
- Q8 Formula D1 G2 5w30 (yg terbaru dan lbh mahal)
- Amsoil OE 5w30
- Amsoil Sign 5w30
dll
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy wrote: Tue May 25, 2021 1:41
Nanya dung...
............
Pertanyaan utama sich kl mesin mobil butuh ZDDP tinggi dgn standard API SJ di SAE-30 kira2 di API SP apakah msh terpenuhi itu?
Walaupun ada trik lain yg bisa dipakai dgn menggunakan SAE-40 yg infonya tdk mengatur batasan ZDDP nya.
*koreksi kl banyak salah ya Om
kenalken om ......
257_0_z.png
and on that bomb shell ...... let's move onto Part 14 (udah 101 page)
*kabooeerrr
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
blloewy wrote: Tue May 25, 2021 1:41
Nanya dung...
............
Pertanyaan utama sich kl mesin mobil butuh ZDDP tinggi dgn standard API SJ di SAE-30 kira2 di API SP apakah msh terpenuhi itu?
Walaupun ada trik lain yg bisa dipakai dgn menggunakan SAE-40 yg infonya tdk mengatur batasan ZDDP nya.
*koreksi kl banyak salah ya Om
kenalken om ......
257_0_z.png
and on that bomb shell ...... let's move onto Part 14 (udah 101 page)
*kabooeerrr
terbaik emg mbah bosnya amsoil.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy wrote: Tue May 25, 2021 1:41
Nanya dung...
............
Pertanyaan utama sich kl mesin mobil butuh ZDDP tinggi dgn standard API SJ di SAE-30 kira2 di API SP apakah msh terpenuhi itu?
Walaupun ada trik lain yg bisa dipakai dgn menggunakan SAE-40 yg infonya tdk mengatur batasan ZDDP nya.
*koreksi kl banyak salah ya Om
kenalken om ......
257_0_z.png
and on that bomb shell ...... let's move onto Part 14 (udah 101 page)
*kabooeerrr
Nah yg pny oli NgaAnu sdh keluar...
Ternyata ada juga yg High Zinc....
Hmm....si mbah NgaAnu emang pancen oyeee......
ya sesuai info om turbo di bbrp page ke blkg,
contohnya PTT 0w30 API SP udh lbh dr cukup anti wear untuk flat tappet cam.
Woh baeklah kl begitu sdh sesuai ya pake 0W-30 API SP PTT di Lipindut.
Tp kl harganya sdh normal kok mendekati si Anu ya?
Nah si Anu yang cocok u Flat Tapped yg seri apa ya om? API SN kah?
Atau si Q8 bisa jd opsi berikutnya kl harga PTT sdh ngga promo dan si Anu makin NgAnu harganya
Selain itu ada:
- Q8 Formula D1 5w30 (model lama, biasanya produksi 2017/18)
- Q8 Formula D1 G2 5w30 (yg terbaru dan lbh mahal)
- Amsoil OE 5w30
- Amsoil Sign 5w30
blloewy wrote: Tue May 25, 2021 1:41
Nanya dung...
............
Pertanyaan utama sich kl mesin mobil butuh ZDDP tinggi dgn standard API SJ di SAE-30 kira2 di API SP apakah msh terpenuhi itu?
Walaupun ada trik lain yg bisa dipakai dgn menggunakan SAE-40 yg infonya tdk mengatur batasan ZDDP nya.
*koreksi kl banyak salah ya Om
kenalken om ......
257_0_z.png
and on that bomb shell ...... let's move onto Part 14 (udah 101 page)
*kabooeerrr
terbaik emg mbah bosnya amsoil.
biasaa
lagi jualan produk dia sendiri
padahal mahh kl dibanding ama DGO, ga ad apa2 nya tuh si amsoil
Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40
jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.
Tambahin mbah PR nya biar tambah mumet :
- Cylinder : Cast iron VS Aluminium blok mesin
- Cylinder : Open deck VS semi-closed deck VS closed deck blok
- Stroke ratio : Short stroke VS Square VS Long Stroke
Biar lebih banyak pilihan, mikirin tujuh hari tujuh malam baru beli
Yg stroke ratio klo di dunia motor kyknya banyak garis kerasnya...
Yg suka torsi di rpm rendah, ga mau ambil short stroke/oversquare atau sebaliknya
Yg jiwa bapacc2, ambil square aja.. yg penting irit dan ga nyentak2.. lol
DOHC wrote: Mon May 24, 2021 16:33
Soal jenis klep dan noken
Ga usa jd bahan momok
Itu angkot grenmek enjin nya pake daihatsu punya, masi flat tappet.. gantol pake oli entah buatan mana, dan seinget nya aj, strong strong aj koq
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
Turun head ??wuoohhh big no no bambank...
Enjin brizik ? Kasi oli buntut 50.. masi brizik jg ?? Kasi oli gardan sae 90.. masi brizik jg ?? Naekin ke sae 140... masi brizik jg ?? Pisang beraksi...
Lead the jantan way..
hehehe ini pakem kebanyakan bengkel2, mesin berisik kasih oli kentel, mobil >5th kasih oli kentel apalagi mobil zebot alasannya celah2 jeroan mesin semakin renggang
syukurlah sejak kenal dan baca2 forum serayamotor, mobil jadi terbebas dari pakem tersebut
mesin zebot taun 1998 di kasih oli 0w20 yang eco pula
4646484354.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
Turun head ??wuoohhh big no no bambank...
Enjin brizik ? Kasi oli buntut 50.. masi brizik jg ?? Kasi oli gardan sae 90.. masi brizik jg ?? Naekin ke sae 140... masi brizik jg ?? Pisang beraksi...
Lead the jantan way..
hehehe ini pakem kebanyakan bengkel2, mesin berisik kasih oli kentel, mobil >5th kasih oli kentel apalagi mobil zebot alasannya celah2 jeroan mesin semakin renggang
syukurlah sejak kenal dan baca2 forum serayamotor, mobil jadi terbebas dari pakem tersebut
mesin zebot taun 1998 di kasih oli 0w20 yang eco pula
4646484354.jpeg
lah ono pake 20w50 atau malah sae 50 single grade mbah. kentelnya aja udah jd bantalan tersendiri.
dan mrk udah turun head brp kali juga kan ga ngasih kabar orang2.
Turun head ??wuoohhh big no no bambank...
Enjin brizik ? Kasi oli buntut 50.. masi brizik jg ?? Kasi oli gardan sae 90.. masi brizik jg ?? Naekin ke sae 140... masi brizik jg ?? Pisang beraksi...
Lead the jantan way..
hehehe ini pakem kebanyakan bengkel2, mesin berisik kasih oli kentel, mobil >5th kasih oli kentel apalagi mobil zebot alasannya celah2 jeroan mesin semakin renggang
syukurlah sejak kenal dan baca2 forum serayamotor, mobil jadi terbebas dari pakem tersebut
mesin zebot taun 1998 di kasih oli 0w20 yang eco pula
4646484354.jpeg
mantap.
olinya klo ada sisa, bisa disimpen buat tambahan nanti ngedorong oli lama
Omnibus wrote: Mon May 24, 2021 11:40
jadi ngebayangin .....
biasanya kita kl beli mobil sama sekali ga mempertimbangkan teknologi valvetrain apa yg ada di mesin mobil yg mau dibeli kan. baru tau pas mobilnya udah dibeli
apakah itu:
-flat rocker arm
-flat tappet with shim
-flat tappet without shim without hla
-flat tappet with hla
-roller rocker without hla (honda L15z)
-roller rocker with hla (toyota 2gd)
-valvetronic / valvematic
kl cuma sebatas sohc, dohc, ohv sih mungkin tau lah ya krn ada di brosur.
setelah tau apakah ngaruh ke buying decision? hahaha nerd banget.
Tambahin mbah PR nya biar tambah mumet :
- Cylinder : Cast iron VS Aluminium blok mesin
- Cylinder : Open deck VS semi-closed deck VS closed deck blok
- Stroke ratio : Short stroke VS Square VS Long Stroke
Biar lebih banyak pilihan, mikirin tujuh hari tujuh malam baru beli
Yg stroke ratio klo di dunia motor kyknya banyak garis kerasnya...
Yg suka torsi di rpm rendah, ga mau ambil short stroke/oversquare atau sebaliknya
Yg jiwa bapacc2, ambil square aja.. yg penting irit dan ga nyentak2.. lol
Anak muda yang seneng gaspol ambil DOHC overbore ya om, redline di 11500 rpm
Utk 3SZ-VE flat tapped om, sebelum ini saya pake AMS SS 0-30 emg terasa lebih alus dibanding 0-20, kali aja kalo buntut 40 lebih alus gitu om
Sering long distance atau high RPM emang?
Kalau dalam kota terus jarak pendek aja maks bagus buntut 30.
Semakin kental nanti fuel economy dalam kota terganggu.
Long distance jarang tapi setiap hari ada rute tol yg sepi om, lumayan sering panteng 3rban rpm selama setengah jam sih (ini aja masih 90an km/jam), kalo lg bisa diatas 100 km/jam pasti diatas 4rb rpm. Masih ok ya om?
triport13 wrote: Tue May 25, 2021 10:47
Utk 3SZ-VE flat tapped om, sebelum ini saya pake AMS SS 0-30 emg terasa lebih alus dibanding 0-20, kali aja kalo buntut 40 lebih alus gitu om
Sering long distance atau high RPM emang?
Kalau dalam kota terus jarak pendek aja maks bagus buntut 30.
Semakin kental nanti fuel economy dalam kota terganggu.
Long distance jarang tapi setiap hari ada rute tol yg sepi om, lumayan sering panteng 3rban rpm selama setengah jam sih (ini aja masih 90an km/jam), kalo lg bisa diatas 100 km/jam pasti diatas 4rb rpm. Masih ok ya om?