Kia Seltos 2020, 8 month Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Kia Seltos 2020, 8 month Review
Setelah 8 bulan sepertinya sudah saatnya ngereview mobil ini. Selamat menikmati.
Alasan Beli:
Ada dana 350jt. Yg masuk pilihan hrv 1.5 atau cx3 atau expander cross dan seltos.
Hrv dites yg 1.8 di dalam komplek aja suara bannya ga bgt. Secara tampang juga ga masuk di kami.
Cx3 dites wah bagus dr luar. Pas masuk rasanya interiornya agak aging dikit, apalagi layar tengahnya masih kecil gt. Mesin dan kekedapan cocok padahal. Tp isu terbesar adalah pilar tengah dasbornya. Makan ruang kaki dan ga bisa nyaman rasanya bwt driver spec 170cm 100kg.
Expander cross di mata kami paling ganteng dr depan dan samping, belakang meh. Tp no unit TD dan dibawa salesnya expander biasa. Pas dites ya jadul sih ya. Tape kuno dan AT 4 speed. Skip deh.
Terakhir seltos. Tampang keren cuma cladding plastik kebanyakan. Interior best karena dapat full leather(palsu) dan layar audio gede, responsif dan bisa apple carplay android auto.
Akhirnya ambil seltos tipe exp karena memuaskan dari segala hal yg relevan bagi kami. Stnk jadi surprisingly cepet dan ga perlu perpanjang surat jalan.
Sedikit detail terkait eksterior...
Pas TD mobil ini, fokus pastinya ke bantingan suspensi, kenyamanan dan performa mesin jd lain2 blom sempat dicek. Tp setelah ownership yg terasa adalah:
1. Perlampuan yg sudah LED sgt memuaskan. Pas lwt tol ke jogja yg banyak jalan belum ada lampu, ga ada kesulitan sama sekali.
2. Ada sunroof[emoji16]
3. Velg kalo diliat liat kok keren juga. Padahal di foto rasanya 17 kecil.
4. Overall ini mobil ganteng dan secara ukuran pas. 4.3m ga kekecilan bwt target penumpang 3 orang.
Sedikit detail terkait interior...
Yg dirasakan setelah daily mobil ini adalah:
1. Seatnya nyaman dan bahan kulitnya meski kemungkinan fake ga panas.
2. Instrumen cluster yg colorful karena udah tft pkus head unit yg juga colorful rasanya pas aja.
3. Meski semua dashbor dan door trim plastik keras. Ga terlihat murahan, malah di depan penumpang deoan ada bling2 dikit. Tasteful.
4. Eh airbagnya banyak. Ada 7.
5. Mau setelan apa aja bisa. Doorlock setelah mobil jalan atau pas masuk D, bisa disetel. One touch turn indicator mau nyala 3 atau 5 bisa dipilih. Lampu mau auto bisa. Sirkulasi udara mau auto atau off bisa. Efek head unit yg terintegrasi, jadi setting mobil bisa difine tuning semau kita.
5. Ada cover bagasi, sayang permanen sih, bykan yg rollable atau bisa dilepas dan disimpan dibawah lantai bagasi.
6. Kamera mundur cukup hi res dan ada panduan belok.
Sedikit detail terkait suspensi dan kenyamanan...
Seltos mwnurut saya standar2 aja untuk kekerasan suspensi. Tidak empuk dan tidak keras. Tp kekurangan utama seltos ini adalah peredaman kabin, apalagi suara ban di 100 keatas dan perubahan tekstur aspal dr mulus ke rough. Suaranya bikin malu haha. Ajaib memang suara ban doang yg jelek. Suara lain kayak angin dll hampir ga ada. Sudah dimod dgn pasang peredam full body di 3jtan dan hasilnya improve jauh ya. Best mod ini. Next mungkin si ban goodyear triplemax dilungsurkan juga karena big no no dr segi noise.
Intinya suspensi ok, ga sekeras mazda cx3 atau mazda 2, tp tidak sebaik expander. Sama hrv mirip lah ya.
Sedikit detail terkait performa dan dual clutch gearbox...
Performa mobil ini imho adequate sekali. Respons transmisi pas cepatnya dan halus. Dibandingkan skyactiv mazda 2 yg cukup sering TS bawa, jauh lebih halus saat gearshift meski kecepatan naik ga beda2 jauh, tp kalo turun gigi lbh cepet.
Di attachment terlampir hasil 0-100 pk aplikasi android(jadi akurasi mungkin ga terlalu ok) 0-100 di 8 detik mode sport. Dites di tol kunciran, rasanya sedikit ada turunan tp ya boleh lah.
Mode2 drive ada efeknya, tp TS naro di eco aja biar hemat. Terakhir, ada sedikit kepuasan abia bayar tol ban berdecit karena torsinya bikin senyum2, 140 hp 250nm.
Sedikit detail terkait fuel consumption...
Mobil ini di mid hemat, tp sepertinya overstated. Ada kali 1km/l deviasinya. Tp untuk 1400cc turbo sepertinya ok. Mayoritas dalkot (80%) di 1-12 atau 1-13(full to full). Sementara kalo mayoritas toll(95%) pas ke jogja taun lalu di 1:16 full to full. TS di toll main bejek aja sih di 120an rata2. Di dalam kota dicoba adem tp tetap susah lbh baik dr itu.
Kesimpulan, ok lah. Tidak terlalu henat atau boros. TS pakai Pertamax turbo aja murahnya banyak vs ron 95 yg lain.
Kesimpulan:
Pengen nyoba mobil turbo dgn fitur kekinian dgn cost under 350jt, saya rasa ini yg paking tepat. Perawatan relatif nurah karena baru, paling oli yg spek api sn+ atau api sp aja dan ganti filter2 saat waktunya. Kalo bosan ntar semoga ada tuning/remap yg bisa jadiin ini power mirip2 civic tp aman bwt dsgnya.
Comment, ada user seltos yg jual mobilnya karena upgrade ke palisade, beli 345jt jual 320jt katanya. Pemakaian under 6 bulan. Jadi kalo dijual ke orang yg minat, harga ga jatuh2 amat ya. Sekian dari TS[emoji3]
Key Spec Seltos:
- mesin 1.4 140 hp 250 nm
- transmisi dual clutch 7 speed dan 1 mundur
- minimum ron 91 di fuel filler cap
- panjang 4.3m
- versi tertinggi ada sunroof, airbag 7 dan headlamp full led. Interior juga udah fake leather.
- rekomendasi oli buntut 30 atau 20 kalo mau lbh baik Fuel consumption menurut manual book.
Alasan Beli:
Ada dana 350jt. Yg masuk pilihan hrv 1.5 atau cx3 atau expander cross dan seltos.
Hrv dites yg 1.8 di dalam komplek aja suara bannya ga bgt. Secara tampang juga ga masuk di kami.
Cx3 dites wah bagus dr luar. Pas masuk rasanya interiornya agak aging dikit, apalagi layar tengahnya masih kecil gt. Mesin dan kekedapan cocok padahal. Tp isu terbesar adalah pilar tengah dasbornya. Makan ruang kaki dan ga bisa nyaman rasanya bwt driver spec 170cm 100kg.
Expander cross di mata kami paling ganteng dr depan dan samping, belakang meh. Tp no unit TD dan dibawa salesnya expander biasa. Pas dites ya jadul sih ya. Tape kuno dan AT 4 speed. Skip deh.
Terakhir seltos. Tampang keren cuma cladding plastik kebanyakan. Interior best karena dapat full leather(palsu) dan layar audio gede, responsif dan bisa apple carplay android auto.
Akhirnya ambil seltos tipe exp karena memuaskan dari segala hal yg relevan bagi kami. Stnk jadi surprisingly cepet dan ga perlu perpanjang surat jalan.
Sedikit detail terkait eksterior...
Pas TD mobil ini, fokus pastinya ke bantingan suspensi, kenyamanan dan performa mesin jd lain2 blom sempat dicek. Tp setelah ownership yg terasa adalah:
1. Perlampuan yg sudah LED sgt memuaskan. Pas lwt tol ke jogja yg banyak jalan belum ada lampu, ga ada kesulitan sama sekali.
2. Ada sunroof[emoji16]
3. Velg kalo diliat liat kok keren juga. Padahal di foto rasanya 17 kecil.
4. Overall ini mobil ganteng dan secara ukuran pas. 4.3m ga kekecilan bwt target penumpang 3 orang.
Sedikit detail terkait interior...
Yg dirasakan setelah daily mobil ini adalah:
1. Seatnya nyaman dan bahan kulitnya meski kemungkinan fake ga panas.
2. Instrumen cluster yg colorful karena udah tft pkus head unit yg juga colorful rasanya pas aja.
3. Meski semua dashbor dan door trim plastik keras. Ga terlihat murahan, malah di depan penumpang deoan ada bling2 dikit. Tasteful.
4. Eh airbagnya banyak. Ada 7.
5. Mau setelan apa aja bisa. Doorlock setelah mobil jalan atau pas masuk D, bisa disetel. One touch turn indicator mau nyala 3 atau 5 bisa dipilih. Lampu mau auto bisa. Sirkulasi udara mau auto atau off bisa. Efek head unit yg terintegrasi, jadi setting mobil bisa difine tuning semau kita.
5. Ada cover bagasi, sayang permanen sih, bykan yg rollable atau bisa dilepas dan disimpan dibawah lantai bagasi.
6. Kamera mundur cukup hi res dan ada panduan belok.
Sedikit detail terkait suspensi dan kenyamanan...
Seltos mwnurut saya standar2 aja untuk kekerasan suspensi. Tidak empuk dan tidak keras. Tp kekurangan utama seltos ini adalah peredaman kabin, apalagi suara ban di 100 keatas dan perubahan tekstur aspal dr mulus ke rough. Suaranya bikin malu haha. Ajaib memang suara ban doang yg jelek. Suara lain kayak angin dll hampir ga ada. Sudah dimod dgn pasang peredam full body di 3jtan dan hasilnya improve jauh ya. Best mod ini. Next mungkin si ban goodyear triplemax dilungsurkan juga karena big no no dr segi noise.
Intinya suspensi ok, ga sekeras mazda cx3 atau mazda 2, tp tidak sebaik expander. Sama hrv mirip lah ya.
Sedikit detail terkait performa dan dual clutch gearbox...
Performa mobil ini imho adequate sekali. Respons transmisi pas cepatnya dan halus. Dibandingkan skyactiv mazda 2 yg cukup sering TS bawa, jauh lebih halus saat gearshift meski kecepatan naik ga beda2 jauh, tp kalo turun gigi lbh cepet.
Di attachment terlampir hasil 0-100 pk aplikasi android(jadi akurasi mungkin ga terlalu ok) 0-100 di 8 detik mode sport. Dites di tol kunciran, rasanya sedikit ada turunan tp ya boleh lah.
Mode2 drive ada efeknya, tp TS naro di eco aja biar hemat. Terakhir, ada sedikit kepuasan abia bayar tol ban berdecit karena torsinya bikin senyum2, 140 hp 250nm.
Sedikit detail terkait fuel consumption...
Mobil ini di mid hemat, tp sepertinya overstated. Ada kali 1km/l deviasinya. Tp untuk 1400cc turbo sepertinya ok. Mayoritas dalkot (80%) di 1-12 atau 1-13(full to full). Sementara kalo mayoritas toll(95%) pas ke jogja taun lalu di 1:16 full to full. TS di toll main bejek aja sih di 120an rata2. Di dalam kota dicoba adem tp tetap susah lbh baik dr itu.
Kesimpulan, ok lah. Tidak terlalu henat atau boros. TS pakai Pertamax turbo aja murahnya banyak vs ron 95 yg lain.
Kesimpulan:
Pengen nyoba mobil turbo dgn fitur kekinian dgn cost under 350jt, saya rasa ini yg paking tepat. Perawatan relatif nurah karena baru, paling oli yg spek api sn+ atau api sp aja dan ganti filter2 saat waktunya. Kalo bosan ntar semoga ada tuning/remap yg bisa jadiin ini power mirip2 civic tp aman bwt dsgnya.
Comment, ada user seltos yg jual mobilnya karena upgrade ke palisade, beli 345jt jual 320jt katanya. Pemakaian under 6 bulan. Jadi kalo dijual ke orang yg minat, harga ga jatuh2 amat ya. Sekian dari TS[emoji3]
Key Spec Seltos:
- mesin 1.4 140 hp 250 nm
- transmisi dual clutch 7 speed dan 1 mundur
- minimum ron 91 di fuel filler cap
- panjang 4.3m
- versi tertinggi ada sunroof, airbag 7 dan headlamp full led. Interior juga udah fake leather.
- rekomendasi oli buntut 30 atau 20 kalo mau lbh baik Fuel consumption menurut manual book.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Nice review oom
Kalo liat hasil pengujian 0-100 nya, meskipun jalanannya sedikit menurun, kalo misalnya dites dengan race logic yg akurat dan di jalanan yg bener2 datar, rasanya dapet angka 9 detikan besar seperti yg banyak didapatkan reviewer2 di yutub cukup make sense ya. Oke banget sih, rasanya cocok buat yg memang nyari performa dan tenaga. Menurut ane emang ini salah satu aspek yg paling stand out dibanding kompetitornya di angka 350an jt, yg kebanyakan harga segitu msh make enjin 1.5 biasa dan kebanyakan 0-100 nya msh di atas 10 detik...
8 bulan, odometernya udah berapa oom?
Ditunggu juga long term reviewnya. Penasaran ini dual clutch dry nya apakah serewel dct mpord atau bahkan dsg vw.
Kalo liat hasil pengujian 0-100 nya, meskipun jalanannya sedikit menurun, kalo misalnya dites dengan race logic yg akurat dan di jalanan yg bener2 datar, rasanya dapet angka 9 detikan besar seperti yg banyak didapatkan reviewer2 di yutub cukup make sense ya. Oke banget sih, rasanya cocok buat yg memang nyari performa dan tenaga. Menurut ane emang ini salah satu aspek yg paling stand out dibanding kompetitornya di angka 350an jt, yg kebanyakan harga segitu msh make enjin 1.5 biasa dan kebanyakan 0-100 nya msh di atas 10 detik...
8 bulan, odometernya udah berapa oom?
Ditunggu juga long term reviewnya. Penasaran ini dual clutch dry nya apakah serewel dct mpord atau bahkan dsg vw.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Thanks om. Disesuaikan kebutuhan sih, bener kata suhu2 SM test drive dulu sebelum beli hehe.rakyatwkwkland wrote:Nice review oom
Kalo liat hasil pengujian 0-100 nya, meskipun jalanannya sedikit menurun, kalo misalnya dites dengan race logic yg akurat dan di jalanan yg bener2 datar, rasanya dapet angka 9 detikan besar seperti yg banyak didapatkan reviewer2 di yutub cukup make sense ya. Oke banget sih, rasanya cocok buat yg memang nyari performa dan tenaga. Menurut ane emang ini salah satu aspek yg paling stand out dibanding kompetitornya di angka 350an jt, yg kebanyakan harga segitu msh make enjin 1.5 biasa dan kebanyakan 0-100 nya msh di atas 10 detik...
8 bulan, odometernya udah berapa oom?
Ditunggu juga long term reviewnya. Penasaran ini dual clutch dry nya apakah serewel dct mpord atau bahkan dsg vw.
Odo masi 5030km. Dsg so far so good. Ga oernah overheat meski macet gila2an yg merayap full hampir 1.5 jam. Asal ga stay di D saat berenti temperatur bisa dimanage. Dan di seltos ada di mid temperatur transmisinya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 368
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Nice review Om...
Gimana feel handlingnya dibanding Mazda 2/CX3 Om?
Gimana feel handlingnya dibanding Mazda 2/CX3 Om?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 57
- Joined: Wed Sep 26, 2018 5:46
- Location: Jawa Barat
- Daily Vehicle: honda beat
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Pkb pertahun nya brp om ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Kalau dibanding chevy trax enak mana om dgn seltos?bbm pake pertabo emg mantab rasanya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Cuma pernah compare sama mazda 2 dan enak mazda 2 pastinya. Setirnya tajam dan gripnya bikin pd. Kalo cx3 sayangnya blom coba jauh, hanya dalam kota.faizzz wrote:Nice review Om...
Gimana feel handlingnya dibanding Mazda 2/CX3 Om?
Pkb mobil kedua di Jakarta kena 5,8Fatf00 wrote:Pkb pertahun nya brp om ?
Blom pernah coba trax om. Baru niat beli di 2020 dan chevy udah kaput hehe.Zordon wrote:Kalau dibanding chevy trax enak mana om dgn seltos?bbm pake pertabo emg mantab rasanya
Bbm sih karena pertabo paling murah. Punya vivi atau shell atau bp yg ron 95 masih 600-800 lbh mahal kalo ga salah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
- Location: BTH-CGK
- Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Coba ATF nya ganti pake yg merek keraton om & tambah ATF cooler kl kasusnya sering overheat. ATF bawaan pabriknya mungkin dikasih yg kelas jelata punya, gak tahan panas.Sonzz wrote:Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Repong amit ini kl mau diajak kerja keras tp ngambek di medan2 yg berat... masa penumpang hrs turun dulu & ganjel pake kayu sih? Kalau lg hujan deras bijimane nasibnya? Ini DSG si seltos yg dry or wet yah?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Sun Aug 27, 2017 9:46
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Kayu nya di iket om di belakang mobil...benzz89 wrote: ↑Wed May 26, 2021 5:56Coba ATF nya ganti pake yg merek keraton om & tambah ATF cooler kl kasusnya sering overheat. ATF bawaan pabriknya mungkin dikasih yg kelas jelata punya, gak tahan panas.Sonzz wrote:Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Repong amit ini kl mau diajak kerja keras tp ngambek di medan2 yg berat... masa penumpang hrs turun dulu & ganjel pake kayu sih? Kalau lg hujan deras bijimane nasibnya? Ini DSG si seltos yg dry or wet yah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 368
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 368
- Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
- Location: Yogyakarta
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Berarti masalah tipikal dual clutch masih ada ya...Sonzz wrote: ↑Wed May 26, 2021 5:20 Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Kalo overheat jadi jerky engga? Apa langsung mati?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Dry mbah ...
Semodel lah sama fiesta 1.6 ; golef 1.4 tsi ; polo 1.2 tsi
Rasanya pengen dicelupin sendiri ke dalem oli itu kopling ....
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
diputernya udahKielConstantine wrote: ↑Wed May 26, 2021 11:19Dry mbah ...
Semodel lah sama fiesta 1.6 ; golef 1.4 tsi ; polo 1.2 tsi
Rasanya pengen dicelupin sendiri ke dalem oli itu kopling ....
abis dicelupin trus dijilat ga mbah?
satu lagi contoh nih mbah kl money chime baling2 bambu terdengar lebih nyaman drpd hrs turun cari ganjelan ban.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Mantap ada user lain. Boleh tau transmisi pk D atau manual om?Sonzz wrote:Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Saya max sementara 1 bar dibawah yg tsnda caution di transmission temp sih, jd blom pernah ampe ada warning.
Apa kalo dimanage manual mode bisa lbh bagus ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
ane jd ikutan nyari2 info dan ketemu di forum seltos malah jd argumen ttg apakah dctf nya pengaruh dlm hal overheating. jawabannya ga ngaruh, even dipasangin tambahan dctf cooler juga ga ngaruh utk dry type krn katanya yg overheat clutch disc nya bukan oil nya. beda kasus kl dia modelnya wet type.benzz89 wrote: ↑Wed May 26, 2021 5:56Coba ATF nya ganti pake yg merek keraton om & tambah ATF cooler kl kasusnya sering overheat. ATF bawaan pabriknya mungkin dikasih yg kelas jelata punya, gak tahan panas.Sonzz wrote:Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Repong amit ini kl mau diajak kerja keras tp ngambek di medan2 yg berat... masa penumpang hrs turun dulu & ganjel pake kayu sih? Kalau lg hujan deras bijimane nasibnya? Ini DSG si seltos yg dry or wet yah?
sebetulnya itu transmission temperature gauge sensornya ngebaca apa ya. temperatur dctf atau temperatur clutch disc. masalahnya jg ga ada dctf cooler pula jd ga bisa heat transfer ke oli dan ke radiator coolant. ganti dctf ke level keraton ga yakin bisa pengaruh banyak sih.
referensi:
https://www.seltosforum.com/threads/tra ... ooler.428/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Hadehhh dry lg... apa pd tdk belajar yah dr kasus DSG nya si pewe? Buat lalin di indo sih berat deh, wong saudara ane di spore pake pewe jetta jebol jg itu DSG nya, padahal tau sendiri kan jalanan sing itu jauh lebih manusia lah banding indo.KielConstantine wrote:Dry mbah ...
Semodel lah sama fiesta 1.6 ; golef 1.4 tsi ; polo 1.2 tsi
Rasanya pengen dicelupin sendiri ke dalem oli itu kopling ....
Ane dulu pake golf mk7 tsi itu kl lg merayap kadang ada getar2 gitu, gak lama ane jual deh padahal weekend car doang itu, tp memang dr baru ane abuse itu DSG nya... abis enak sih kl buat akselerasi meski kl buat stop & go, macet2an sih kaga enak, capek bawanya [emoji5]
Kalem2 aja deh bawanya kl dapetnya DSG yg dry jdn sering2 di betot meski rasanya bakalan susah sekali, krn emang enaknya waktu di betotnya itu sih [emoji16]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 877
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Bukannya konon katanya dct itu kalo dibetot kebut2an akselerasi kasar gitu2 malah gpp ya oom, gak macam cvt yg kalo mau awet harus bawa halus2? Kalo yg ane pernah denger itu sih kalo mengenai dct biar awet gak boleh terlalu sering dipake macet2an stop and go. Konon macam macet jahanamnya jkt itu salah satu yg memperpendek umur dct.benzz89 wrote: ↑Wed May 26, 2021 14:19Hadehhh dry lg... apa pd tdk belajar yah dr kasus DSG nya si pewe? Buat lalin di indo sih berat deh, wong saudara ane di spore pake pewe jetta jebol jg itu DSG nya, padahal tau sendiri kan jalanan sing itu jauh lebih manusia lah banding indo.KielConstantine wrote:Dry mbah ...
Semodel lah sama fiesta 1.6 ; golef 1.4 tsi ; polo 1.2 tsi
Rasanya pengen dicelupin sendiri ke dalem oli itu kopling ....
Ane dulu pake golf mk7 tsi itu kl lg merayap kadang ada getar2 gitu, gak lama ane jual deh padahal weekend car doang itu, tp memang dr baru ane abuse itu DSG nya... abis enak sih kl buat akselerasi meski kl buat stop & go, macet2an sih kaga enak, capek bawanya [emoji5]
Kalem2 aja deh bawanya kl dapetnya DSG yg dry jdn sering2 di betot meski rasanya bakalan susah sekali, krn emang enaknya waktu di betotnya itu sih [emoji16]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 699
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Kalo referensi ke temperatur transmisi bener, suhu naik saat macet atau situasi stop and go. Naik lebih cepat saat stop and go di tanjakan.
Saat dibejek atau crusing high speed temperatur adem2 aja sih.
Saat dibejek atau crusing high speed temperatur adem2 aja sih.
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
tapi dl ane sempat ngalamin mbah waktu pake mk6 tsi... naik ke parkiran resto dari full stop posisi nanjak agak curam melorot terus. ampe kyk orang gila ban spin spin terus di tempat parkir....benzz89 wrote: ↑Wed May 26, 2021 5:56Coba ATF nya ganti pake yg merek keraton om & tambah ATF cooler kl kasusnya sering overheat. ATF bawaan pabriknya mungkin dikasih yg kelas jelata punya, gak tahan panas.Sonzz wrote:Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Repong amit ini kl mau diajak kerja keras tp ngambek di medan2 yg berat... masa penumpang hrs turun dulu & ganjel pake kayu sih? Kalau lg hujan deras bijimane nasibnya? Ini DSG si seltos yg dry or wet yah?
thx to german electrical geniuses, ngga bisa pake trik tahan rem lalu gas ditambah pelan-pelan krn ketika rem aktif gas ngga mau nambah.
gw pikir tuh orang2 pada liatin ni mobil keren2 mereknya pewe pulak tp gak bisa nanjak...
yah DSG kan basically transmisi manual yak jd gak ada yang nahan... eh tapi seltos ada hill assistnya gak sih? kl ada hill assist control dan brake hold terus masih perlu diganjel batu sih agak keterlaluan.
mana ntuh kapan lalu ad yang bilang jangan nyalahin jalanan indonesia...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
HahahahaOmnibus wrote: ↑Wed May 26, 2021 12:01diputernya udahKielConstantine wrote: ↑Wed May 26, 2021 11:19Dry mbah ...
Semodel lah sama fiesta 1.6 ; golef 1.4 tsi ; polo 1.2 tsi
Rasanya pengen dicelupin sendiri ke dalem oli itu kopling ....
abis dicelupin trus dijilat ga mbah?
satu lagi contoh nih mbah kl money chime baling2 bambu terdengar lebih nyaman drpd hrs turun cari ganjelan ban.
Begitulah mbah nasib si doppelkupplungs getriebe
Mau nya shifting cepat . Malah usernya pake topi kupplung (kupluk) soalnya kepanasan gegara dorong mobil overheat
Btw bmw skarang tobat tuh kan. Model M nya pada pake ZF-8 speed model torque converter biasa.. celup celup oli ist gut
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2885
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Feeling ane sih buat neken cost production. Sama skarang liat aja mobil2 econobox model2 baru pada pake CVT smua.... puyeng ...benzz89 wrote: ↑Wed May 26, 2021 14:19Hadehhh dry lg... apa pd tdk belajar yah dr kasus DSG nya si pewe? Buat lalin di indo sih berat deh, wong saudara ane di spore pake pewe jetta jebol jg itu DSG nya, padahal tau sendiri kan jalanan sing itu jauh lebih manusia lah banding indo.KielConstantine wrote:Dry mbah ...
Semodel lah sama fiesta 1.6 ; golef 1.4 tsi ; polo 1.2 tsi
Rasanya pengen dicelupin sendiri ke dalem oli itu kopling ....
Ane dulu pake golf mk7 tsi itu kl lg merayap kadang ada getar2 gitu, gak lama ane jual deh padahal weekend car doang itu, tp memang dr baru ane abuse itu DSG nya... abis enak sih kl buat akselerasi meski kl buat stop & go, macet2an sih kaga enak, capek bawanya [emoji5]
Kalem2 aja deh bawanya kl dapetnya DSG yg dry jdn sering2 di betot meski rasanya bakalan susah sekali, krn emang enaknya waktu di betotnya itu sih [emoji16]
Skali peformance tp harga murah . Dsg dikasih dry clutch...
Yg high peformance baru dikasih wet clutch / matic ZF canggih .. ada wang ada barang lahh jaman skarang
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
rada sayang 2022 all new civic 1.5 masih tetap CVT.... padahal performanya new accord 2.0 T pake 10 speed 0-100 bs lebih kenceng dari type R... CVT kl kata mbah suhu omnibus asal ga dibejeg launch dari full stop aja. mau resing harus rolling startKielConstantine wrote: ↑Fri May 28, 2021 4:59
Feeling ane sih buat neken cost production. Sama skarang liat aja mobil2 econobox model2 baru pada pake CVT smua.... puyeng ...
Skali peformance tp harga murah . Dsg dikasih dry clutch...
Yg high peformance baru dikasih wet clutch / matic ZF canggih .. ada wang ada barang lahh jaman skarang
wet dual clutch rasanya kl gak buat heavy duty vehicle gak bakal dikasih mbah... kalo SUV beruntung di luar msh dipake towing jadi dikasih wet... ntu santafe TM facelift juga wet.
dry ntu katanya desainnya lebih compact jg makanya pewe yg dry bisa 7 speed dan lbh cocok buat pake di mobil mobil kecil...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 638
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
persis dengan kejadian channel TFL pas nyoba offroad nanjak...Sonzz wrote: ↑Wed May 26, 2021 5:20 Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
tranny-nya kepanasan...
uda coba nanya ke beres om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: Kia Seltos 2020, 8 month Review
Jadi inget dulu pake fiesta 1.6 AT jg overheat di taman safari, keluar peringatan nya.. utg udah deket ke parkiran..Sonzz wrote: ↑Wed May 26, 2021 5:20 Nice review om.
Kemarin pernah bawa Seltos AT ke Maribay* Glamping Tent dan Taman Safari, overall mantap poll...
Tapi sayang kemarin pas lagi di area Kuda nil Taman safari, transmisi nya sempat overheat....
Terus kemarin pas tanjakan curam, sempat gak mau nanjak, dan mesin mati 2x...Solusinya dikasih ganjal batu dulu di roda belakang
Tanjakan nya memang curam banget sih, khas desa2 di Bandung....Udah macet, jalanannya sempit pula..Jadi curhatt
Utg setelah didiemin tinggal makan dan liat sana sini sorenya udah normal lagi, walaupun agak jerky awal2 jalan lagi..
Rada males pake dual clutch kering lg.. mesti hati2 bgt.. klo macet lama was2 aja bawaannya..
8 th pake fiesta 130k+ km utg cm ganti TCM yg dicover garansi..