Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Or4cle »

Duvebriliant0 wrote: Thu Jun 03, 2021 11:36
impactful wrote: Thu Jun 03, 2021 11:22
Spies wrote: Wed Jun 02, 2021 11:21

Hehe iya banyak, walau yang skeptis juga banyak sih :D

Diapain om? downgrade bbm juga? :big_think:
hmmm klo diapain jelasnya, ane kurang tau, tapi yg jelas bukan downgrade bbm, krn kenalan ane tuh crazy rich... paling kan ngalusin "kulit jeruk" di mesin bawaan pabrik (klaim dari mereka) ane sih garuk2 kepala... masa insinyur stuttgart kalah jenius sama amplas ama gerinda?

tapi ya itulah... sakses sakses sahaja dan mobilnya juga awet...
sy quote dari web nya

"Efek TUSS berbeda jauh dengan efek porting polish, dimana metode porting polish itu adalah memperbesar saluran masuk dan saluran keluar (yang sering disebut diperbesar 1 mm) dan dibuang kulit jeruknya. Porting polish akan mendapatkan peningkatan tenaga di rpm tinggi sehingga lebih cocok untuk keperluan balap dimana pedal gas banyak ditekan sampai habis. Ini berbeda jauh dengan TUSS yang akan memperoleh tenaga dan torsi di rpm rendah, mobil dengan kapasitas 1000cc konfigurasi 3 cylinder akan bisa berjalan mempergunakan gigi 4 di sekitar 800-1000 rpm tanpa menginjak pedal gas maupun pedal kopling. TUSS cocok untuk pemakaian harian dengan tetap mendapatkan performa di rpm tinggi yang cukup jauh berbeda dibanding mobil dengan mesin standar.
Hak paten TUSS yang hanya dimiliki oleh Provisautolab membuktikan bahwa yang TUSS itu berbeda dengan porting polish, bila sama tentunya tidak bisa mendapatkan hak paten mengingat porting polish sudah menjadi rahasia umum. Stelan TUSS (dan OptiK) tidak berubah selama cylinder head tidak dibuka.
Perlu diketahui juga, melakukan porting polish sembarangan bisa mengakibatkan tenaga ngempos di rpm rendah. Porting polish biasanya dikombinasi dengan melakukan pemapasan cylinder head sehingga perbandingan kompresi menjadi lebih tinggi."

:mky_01:
Sah - sah aja kalau dibilang TUSS beda dgn porting polish. Tapi secara prinsipnya yaa di situ-situ aja mainnya : port Klep in/out, timing ignition, angle valve seat, slip cylinder head (kalo perlu)
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

erwinign wrote: Thu Jun 03, 2021 10:15
Unyil ini skrg yg jual di mana ya om? Search bli2 kok keluarnya 5W30 mulu
Ada kok om barang gudangnya si biru (disediakan oleh bli2), masih 86rb/L :big_peace:
yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 9:36 Di tokped udah diatas 100 semua om, yg verified di sarana oli juga hehe [emoji16]

Btw pake unil opal 0w20 terus kah om? Atau pernah merk lain juga?

Cek di biru aja um, seperti yg ane sebut d atas.

Pake si unil ada kali ya mgkn >5x interval. Pernah ane post disini juga jeroan mobil rutin pake si unil. Ni salah satunya tak posting ulang.
Screenshot_20201231-131129_Gallery.jpg
20201231_131249.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9800
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

doko86 wrote: Thu Jun 03, 2021 13:05
marmut wrote: Thu Jun 03, 2021 2:39
Arthur wrote: Thu Jun 03, 2021 1:57

Ngga ada buku, di kasih CD doang om 🤣. Mana tau mbah sini ada yg paham.

manual book ayla 1KR SkyActive non EBD, non ABS, non PBD, non airbag, non stabilizer.



20191227_094914.jpg


makanya beli ayla om.
karena agya adalah ayla yang harganya di mark up.
Kalau di aplikasi sahabat daihatsu koq beda y om.....
Direkomendasikan 0w20
beda tahun kah?
atau..

hmm sikat lah 0w20
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

doko86 wrote: Thu Jun 03, 2021 13:05
Kalau di aplikasi sahabat daihatsu koq beda y om.....
Direkomendasikan 0w20

nah...

:mky_03:
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yogaecho »

josomba wrote:
erwinign wrote: Thu Jun 03, 2021 10:15
Unyil ini skrg yg jual di mana ya om? Search bli2 kok keluarnya 5W30 mulu
Ada kok om barang gudangnya si biru (disediakan oleh bli2), masih 86rb/L :big_peace:
yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 9:36 Di tokped udah diatas 100 semua om, yg verified di sarana oli juga hehe [emoji16]

Btw pake unil opal 0w20 terus kah om? Atau pernah merk lain juga?

Cek di biru aja um, seperti yg ane sebut d atas.

Pake si unil ada kali ya mgkn >5x interval. Pernah ane post disini juga jeroan mobil rutin pake si unil. Ni salah satunya tak posting ulang.
Screenshot_20201231-131129_Gallery.jpg
20201231_131249.jpg
Iyaa om tadi baru search di bli2 masih ada 86rb/L [emoji16] makasih om

Joss om jeroan nya [emoji106]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

doko86 wrote: Thu Jun 03, 2021 13:05
marmut wrote: Thu Jun 03, 2021 2:39
Arthur wrote: Thu Jun 03, 2021 1:57

Ngga ada buku, di kasih CD doang om 🤣. Mana tau mbah sini ada yg paham.

manual book ayla 1KR SkyActive non EBD, non ABS, non PBD, non airbag, non stabilizer.



20191227_094914.jpg


makanya beli ayla om.
karena agya adalah ayla yang harganya di mark up.
Kalau di aplikasi sahabat daihatsu koq beda y om.....
Direkomendasikan 0w20
Sbg mantan pengguna setia DGO

Koq saya belom perna nemu DgO 0-20 yg katanya diperkaya molybdenum itu ya :big_bored:

Padahal mau ta cobain loh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DJpapi »

yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 7:50 Permisi om suhu sekaliam , mau nanya, untuk mesin 2NR-VE all new rush, lebih jos pake oli kere hore yg mana yah? Kandidat awal :

a. PTT eco 0w-20 API SP Full Syn
b. Aisin 0w20 API SN+ Full Syn
C. Atau rekomendasi suhu2 disini yg seharga itu [emoji16]

Mohon pencerahan nya. Terima kasih [emoji120]
Mesinnya sama nih dgn mbl saya om, GNV 1.5

Saya pernah coba PTT 0W-20 yg ECO, awal-awal pakai sprt berat sedikit (itu jg kalo dirasain bgt) tapi setelah hampir 1rb KM enteng sendiri .. saya pakainya s/d KM sekitar 4.500KM, uniknya sampe nyaris odometer nambah 4.000KM warna olinya masih kuning kecoklatan, nah pas masuk di atas 4.000KM ++ tiba-tiba olinya lgs drastis jd hitam .. akhirnya saya putuskan segera ganti, khawatir fungsi pelumasan/proteksinya berkurang jauh, walau hanya sekedar feeling dan tdk pakai data lab.
IMG_20210313_093250.jpg
Nah ini skr akhirnya ganti UnilOpal 0W-20 Opalub Premium, karena udah muter-muter nyari alternatif, kalo ngga ke PTT 0W-20 Super Syn. ya lompat ke Amsoil SS 0W-20 .. tapi menarik sih liat PDSnya si UnilOpal apalagi di websitenya berani claim TBN = 10.

Baru jalan sejak ganti oli sekitar nyaris 1rb KM .. hmm .. :big_think: .. rasanya yaa enak-enak aja sih, ngga jd gmana bgt .. saya lebih perhatikan fungsi perlindungannya terhadap komponen mesin, walau saya ga bsa cek jg selain harus test di lab apakah wear metalnya tinggi atau ngga .. :big_smile]
Saya beli di BliBli dapet hrg bagus jg .. 85rb/ltr jadi sekalian deh beli biar bsa 2x ganti nanti per-5rb KM
IMG_20210521_162253.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9800
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Thu Jun 03, 2021 15:32
doko86 wrote: Thu Jun 03, 2021 13:05
marmut wrote: Thu Jun 03, 2021 2:39


manual book ayla 1KR SkyActive non EBD, non ABS, non PBD, non airbag, non stabilizer.



20191227_094914.jpg


makanya beli ayla om.
karena agya adalah ayla yang harganya di mark up.
Kalau di aplikasi sahabat daihatsu koq beda y om.....
Direkomendasikan 0w20
Sbg mantan pengguna setia DGO

Koq saya belom perna nemu DgO 0-20 yg katanya diperkaya molybdenum itu ya :big_bored:

Padahal mau ta cobain loh
mbah coba dibaca lg dengan baik.
itu mbah kudu beli moly sendiri artinyaaa

jadi kombinasi DGO + Moly menghasilkan proteksi lifetime dan terbaik :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
yogaecho
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Mon Mar 29, 2021 14:54
Location: Sidoarjo
Daily Vehicle: Grand livina matic 1_5 ultimate 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yogaecho »

DJpapi wrote:
yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 7:50 Permisi om suhu sekaliam , mau nanya, untuk mesin 2NR-VE all new rush, lebih jos pake oli kere hore yg mana yah? Kandidat awal :

a. PTT eco 0w-20 API SP Full Syn
b. Aisin 0w20 API SN+ Full Syn
C. Atau rekomendasi suhu2 disini yg seharga itu [emoji16]

Mohon pencerahan nya. Terima kasih [emoji120]
Mesinnya sama nih dgn mbl saya om, GNV 1.5

Saya pernah coba PTT 0W-20 yg ECO, awal-awal pakai sprt berat sedikit (itu jg kalo dirasain bgt) tapi setelah hampir 1rb KM enteng sendiri .. saya pakainya s/d KM sekitar 4.500KM, uniknya sampe nyaris odometer nambah 4.000KM warna olinya masih kuning kecoklatan, nah pas masuk di atas 4.000KM ++ tiba-tiba olinya lgs drastis jd hitam .. akhirnya saya putuskan segera ganti, khawatir fungsi pelumasan/proteksinya berkurang jauh, walau hanya sekedar feeling dan tdk pakai data lab.
IMG_20210313_093250.jpg
Nah ini skr akhirnya ganti UnilOpal 0W-20 Opalub Premium, karena udah muter-muter nyari alternatif, kalo ngga ke PTT 0W-20 Super Syn. ya lompat ke Amsoil SS 0W-20 .. tapi menarik sih liat PDSnya si UnilOpal apalagi di websitenya berani claim TBN = 10.

Baru jalan sejak ganti oli sekitar nyaris 1rb KM .. hmm .. :big_think: .. rasanya yaa enak-enak aja sih, ngga jd gmana bgt .. saya lebih perhatikan fungsi perlindungannya terhadap komponen mesin, walau saya ga bsa cek jg selain harus test di lab apakah wear metalnya tinggi atau ngga .. :big_smile]
Saya beli di BliBli dapet hrg bagus jg .. 85rb/ltr jadi sekalian deh beli biar bsa 2x ganti nanti per-5rb KM
IMG_20210521_162253.jpg
Brarti PTT eco ganti sblm 5rb km yah om baiknya?

Unil opal nya udh jalan brp om? Klo udah 4rb++ bisa kali yak cek dipstick nya juga apa udh hitam atau blm [emoji16]
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

PTT eco ya ganti 5rb boleh, maks 6rb atau 6 bulan jg.

Hitam belum tentu kualitas olinya sudah harus ganti.

Kalau mesin diesel, baru jalan 1000km mau pake oil keraton pun sudah pasti hitam.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Thu Jun 03, 2021 17:08
DOHC wrote: Thu Jun 03, 2021 15:32
doko86 wrote: Thu Jun 03, 2021 13:05

Kalau di aplikasi sahabat daihatsu koq beda y om.....
Direkomendasikan 0w20
Sbg mantan pengguna setia DGO

Koq saya belom perna nemu DgO 0-20 yg katanya diperkaya molybdenum itu ya :big_bored:

Padahal mau ta cobain loh
mbah coba dibaca lg dengan baik.
itu mbah kudu beli moly sendiri artinyaaa

jadi kombinasi DGO + Moly menghasilkan proteksi lifetime dan terbaik :ngacir:
Nanti coba ta cecer d official astore nya

Mo tau jawap apa mreka
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


sintoni wrote: Kalau mesin diesel, baru jalan 1000km mau pake oil keraton pun sudah pasti hitam.
Ams SS 5W-30 Max Duty sih 1000 KM ane bisa pastikan belum hitam om... masih bening kok, ini kita liat deep stick yah, blom pernah liat pas 1000 KM di drain, mungkin mbah Omni pernah kali tuh drain 1000 KM ams ss max duty buat cuci mesin 2GD dia [emoji5].

Skrng hampir 4 rebu KM msh kecoklatan di deep stick, kl menuju 10 ribu nah bisa dipastikan hitam deh tuh. Dulu pakai Mobil 1 Delvac & Schaeffer di 1000 KM jg blom hitam legam. Bbm bio solar + racun.

Kl mesinnya ada sludge & pakai oli keraton yg daya detergentnya kuat nah mungkin aja 1000 KM jg sdh hitam olinya.
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DJpapi »

yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 17:59 Brarti PTT eco ganti sblm 5rb km yah om baiknya?

Unil opal nya udh jalan brp om? Klo udah 4rb++ bisa kali yak cek dipstick nya juga apa udh hitam atau blm [emoji16]
Betul sprt quote om @sintoni di atas .. warna hitam belom tentu krn oli sudah rusak, cuman saya aja parno-an warnanya berubah dlm waktu cepat dan jd sprt ada aroma campuran bbm makanya saya lekas ganti.
Dan seperti kata beliau jg, UnilOpal yg saya pake kompatibel sama mesin diesel, blm sampai 1rb KM sudah mulai menghitam kok hehehe .. :big_smile]
Yah sampe 5rb KM pun OK lah dan harganya jg termasuk hemat saya pikir .. per liternya

Alternatif lain yg menarik dicoba nampaknya adl Valvoline Syn Power 0W-20 saya cek hrgnya 90rb/ltr
Saya lihat reviewnya bagus .. ini ada video di bawah utk perbandingan aja

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5726
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

benzz89 wrote: Fri Jun 04, 2021 1:51
sintoni wrote: Kalau mesin diesel, baru jalan 1000km mau pake oil keraton pun sudah pasti hitam.
Ams SS 5W-30 Max Duty sih 1000 KM ane bisa pastikan belum hitam om... masih bening kok, ini kita liat deep stick yah, blom pernah liat pas 1000 KM di drain, mungkin mbah Omni pernah kali tuh drain 1000 KM ams ss max duty buat cuci mesin 2GD dia [emoji5].

Skrng hampir 4 rebu KM msh kecoklatan di deep stick, kl menuju 10 ribu nah bisa dipastikan hitam deh tuh. Dulu pakai Mobil 1 Delvac & Schaeffer di 1000 KM jg blom hitam legam. Bbm bio solar + racun.

Kl mesinnya ada sludge & pakai oli keraton yg daya detergentnya kuat nah mungkin aja 1000 KM jg sdh hitam olinya.
2GD ortu tahun lalu pas selese inreyen 1000, lgsg pake PTT 10W30, rasanya ane cek di odometer 2500 sudah mulai hitam loh om.
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by bryanguppiez »

benzz89 wrote: Fri Jun 04, 2021 1:51
sintoni wrote: Kalau mesin diesel, baru jalan 1000km mau pake oil keraton pun sudah pasti hitam.
Ams SS 5W-30 Max Duty sih 1000 KM ane bisa pastikan belum hitam om... masih bening kok, ini kita liat deep stick yah, blom pernah liat pas 1000 KM di drain, mungkin mbah Omni pernah kali tuh drain 1000 KM ams ss max duty buat cuci mesin 2GD dia [emoji5].

Skrng hampir 4 rebu KM msh kecoklatan di deep stick, kl menuju 10 ribu nah bisa dipastikan hitam deh tuh. Dulu pakai Mobil 1 Delvac & Schaeffer di 1000 KM jg blom hitam legam. Bbm bio solar + racun.

Kl mesinnya ada sludge & pakai oli keraton yg daya detergentnya kuat nah mungkin aja 1000 KM jg sdh hitam olinya.
iya nih, smpet jg kan dapet 1nz fe second km 90rb. emg rasanya mesin dah mayan ada sludge nya. udah 4x an ini pke ptt api sp botol item krn emg sblmnya dah stok banyak :big_dunno: , baru km 2rb jg dah item (bbm pertamax), yaudah jadi skrg ocinya jadi 2500an aja sambil ngabisin stok masih ada 12 liter.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9800
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

coba cek ini
rata2 wear test dilakikan di normal temp, tapi yg ini dilakukan @100 C jd betul mensimulasikan operating temp mesin.



keren jg nih texaco havoline :upss:
cuma ini oli bs pake dua dunia, diesel sm bensin.
API SN
acea a1/b1/c2
dan gak dijual di sini jg :big_biglaugh: :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »

sintoni wrote:
benzz89 wrote: Fri Jun 04, 2021 1:51
sintoni wrote: Kalau mesin diesel, baru jalan 1000km mau pake oil keraton pun sudah pasti hitam.
Ams SS 5W-30 Max Duty sih 1000 KM ane bisa pastikan belum hitam om... masih bening kok, ini kita liat deep stick yah, blom pernah liat pas 1000 KM di drain, mungkin mbah Omni pernah kali tuh drain 1000 KM ams ss max duty buat cuci mesin 2GD dia [emoji5].

Skrng hampir 4 rebu KM msh kecoklatan di deep stick, kl menuju 10 ribu nah bisa dipastikan hitam deh tuh. Dulu pakai Mobil 1 Delvac & Schaeffer di 1000 KM jg blom hitam legam. Bbm bio solar + racun.

Kl mesinnya ada sludge & pakai oli keraton yg daya detergentnya kuat nah mungkin aja 1000 KM jg sdh hitam olinya.
2GD ortu tahun lalu pas selese inreyen 1000, lgsg pake PTT 10W30, rasanya ane cek di odometer 2500 sudah mulai hitam loh om.
Mungkin jg si ptt "nyuci" oli inreyennya bawaan fabriek yg ntah pakai merek & jenisnya apa gak jelas om. Yg pst fabriek mau cuan segunung, oli bawannya yah om pikir sendirilah.

Makanya mbah Omni itu pas mobil datang dr fabriek langsung dia drain ganti olinya pakai merek dia, lalu 1000 perak drain lg... lalu di 3000 perak drain lagi, lalu di 7000 perak drain lg, namanya jg yg punya ams yah bebas2 aja lah dia ngedrain terus sampe mengkilap itu jeroan 2GDnya [emoji1]
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Thu Jun 03, 2021 2:09
evanbngdor wrote: Thu Jun 03, 2021 2:05
fajarrian wrote: Thu Jun 03, 2021 2:02

ya itu cd pengganti manual book, biar hemat kertas
Lama2 manual book ada di head unit mobilnya nih kalo makin lama head unit makin canggih.

HU standar GNKI aja ada database bengkel resmi sama item maintenance servis berkala mulai dr 1000-100.000 km
:mky_01:
Wahh kl gt yg HU riborn G lebi ampas donk mbah

Boro2 digital manual book di HU

Itu reminder servis berkala aj ga ada

Cuman daftar alamat beres doank
Wah ampas banget itu mbah, saatnya ganti Kenwood 919WS berarti
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1437
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by AbdulHakim »

DJpapi wrote: Thu Jun 03, 2021 17:01
yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 7:50 Permisi om suhu sekaliam , mau nanya, untuk mesin 2NR-VE all new rush, lebih jos pake oli kere hore yg mana yah? Kandidat awal :

a. PTT eco 0w-20 API SP Full Syn
b. Aisin 0w20 API SN+ Full Syn
C. Atau rekomendasi suhu2 disini yg seharga itu [emoji16]

Mohon pencerahan nya. Terima kasih [emoji120]
Mesinnya sama nih dgn mbl saya om, GNV 1.5

Saya pernah coba PTT 0W-20 yg ECO, awal-awal pakai sprt berat sedikit (itu jg kalo dirasain bgt) tapi setelah hampir 1rb KM enteng sendiri .. saya pakainya s/d KM sekitar 4.500KM, uniknya sampe nyaris odometer nambah 4.000KM warna olinya masih kuning kecoklatan, nah pas masuk di atas 4.000KM ++ tiba-tiba olinya lgs drastis jd hitam .. akhirnya saya putuskan segera ganti, khawatir fungsi pelumasan/proteksinya berkurang jauh, walau hanya sekedar feeling dan tdk pakai data lab.

IMG_20210313_093250.jpg

Nah ini skr akhirnya ganti UnilOpal 0W-20 Opalub Premium, karena udah muter-muter nyari alternatif, kalo ngga ke PTT 0W-20 Super Syn. ya lompat ke Amsoil SS 0W-20 .. tapi menarik sih liat PDSnya si UnilOpal apalagi di websitenya berani claim TBN = 10.

Baru jalan sejak ganti oli sekitar nyaris 1rb KM .. hmm .. :big_think: .. rasanya yaa enak-enak aja sih, ngga jd gmana bgt .. saya lebih perhatikan fungsi perlindungannya terhadap komponen mesin, walau saya ga bsa cek jg selain harus test di lab apakah wear metalnya tinggi atau ngga .. :big_smile]
Saya beli di BliBli dapet hrg bagus jg .. 85rb/ltr jadi sekalian deh beli biar bsa 2x ganti nanti per-5rb KM

IMG_20210521_162253.jpg
Unil Opal Opalub Premium ini dibanding Q8 Formula Special D1 FE yang sama-sama 0W-20 lebih unggul yang mana kah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9800
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Fri Jun 04, 2021 3:31
DJpapi wrote: Thu Jun 03, 2021 17:01
yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 7:50 Permisi om suhu sekaliam , mau nanya, untuk mesin 2NR-VE all new rush, lebih jos pake oli kere hore yg mana yah? Kandidat awal :

a. PTT eco 0w-20 API SP Full Syn
b. Aisin 0w20 API SN+ Full Syn
C. Atau rekomendasi suhu2 disini yg seharga itu [emoji16]

Mohon pencerahan nya. Terima kasih [emoji120]
Mesinnya sama nih dgn mbl saya om, GNV 1.5

Saya pernah coba PTT 0W-20 yg ECO, awal-awal pakai sprt berat sedikit (itu jg kalo dirasain bgt) tapi setelah hampir 1rb KM enteng sendiri .. saya pakainya s/d KM sekitar 4.500KM, uniknya sampe nyaris odometer nambah 4.000KM warna olinya masih kuning kecoklatan, nah pas masuk di atas 4.000KM ++ tiba-tiba olinya lgs drastis jd hitam .. akhirnya saya putuskan segera ganti, khawatir fungsi pelumasan/proteksinya berkurang jauh, walau hanya sekedar feeling dan tdk pakai data lab.

IMG_20210313_093250.jpg

Nah ini skr akhirnya ganti UnilOpal 0W-20 Opalub Premium, karena udah muter-muter nyari alternatif, kalo ngga ke PTT 0W-20 Super Syn. ya lompat ke Amsoil SS 0W-20 .. tapi menarik sih liat PDSnya si UnilOpal apalagi di websitenya berani claim TBN = 10.

Baru jalan sejak ganti oli sekitar nyaris 1rb KM .. hmm .. :big_think: .. rasanya yaa enak-enak aja sih, ngga jd gmana bgt .. saya lebih perhatikan fungsi perlindungannya terhadap komponen mesin, walau saya ga bsa cek jg selain harus test di lab apakah wear metalnya tinggi atau ngga .. :big_smile]
Saya beli di BliBli dapet hrg bagus jg .. 85rb/ltr jadi sekalian deh beli biar bsa 2x ganti nanti per-5rb KM

IMG_20210521_162253.jpg
Unil Opal Opalub Premium ini dibanding Q8 Formula Special D1 FE yang sama-sama 0W-20 lebih unggul yang mana kah?
klo lihat harganya jauh om,
hampir 2x lipat :big_biglaugh:

Q8 form D1 FE,
sekelas sama amsoil signature

tapi soal performa, feel dll, ya test aja.
UOA lbh valid.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

AbdulHakim wrote: Fri Jun 04, 2021 3:31
Unil Opal Opalub Premium ini dibanding Q8 Formula Special D1 FE yang sama-sama 0W-20 lebih unggul yang mana kah?
Biar bingung, ga tertarik coba shell ultra 0-20 tapi yg bungkus lama aka masih API SN?
Screenshot_20201229-093217_Gallery.jpg
Masih <150k / L d cakra

:upss:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Fri Jun 04, 2021 2:29
sintoni wrote:
benzz89 wrote: Fri Jun 04, 2021 1:51

Ams SS 5W-30 Max Duty sih 1000 KM ane bisa pastikan belum hitam om... masih bening kok, ini kita liat deep stick yah, blom pernah liat pas 1000 KM di drain, mungkin mbah Omni pernah kali tuh drain 1000 KM ams ss max duty buat cuci mesin 2GD dia [emoji5].

Skrng hampir 4 rebu KM msh kecoklatan di deep stick, kl menuju 10 ribu nah bisa dipastikan hitam deh tuh. Dulu pakai Mobil 1 Delvac & Schaeffer di 1000 KM jg blom hitam legam. Bbm bio solar + racun.

Kl mesinnya ada sludge & pakai oli keraton yg daya detergentnya kuat nah mungkin aja 1000 KM jg sdh hitam olinya.
2GD ortu tahun lalu pas selese inreyen 1000, lgsg pake PTT 10W30, rasanya ane cek di odometer 2500 sudah mulai hitam loh om.
Mungkin jg si ptt "nyuci" oli inreyennya bawaan fabriek yg ntah pakai merek & jenisnya apa gak jelas om. Yg pst fabriek mau cuan segunung, oli bawannya yah om pikir sendirilah.

Makanya mbah Omni itu pas mobil datang dr fabriek langsung dia drain ganti olinya pakai merek dia, lalu 1000 perak drain lg... lalu di 3000 perak drain lagi, lalu di 7000 perak drain lg, namanya jg yg punya ams yah bebas2 aja lah dia ngedrain terus sampe mengkilap itu jeroan 2GDnya [emoji1]
ya ya ya ane udah ga pake botolan lagi oli nganu, lama ngisinya.

ane pake dispenser nya di rumah, ngisi oli mesin udah kaya orang ngisi bengsin. :mky_07: :big_slap:

e7bf50da7a15b8cda273415a9d28f8a8.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu Jun 03, 2021 13:58
erwinign wrote: Thu Jun 03, 2021 10:15
Unyil ini skrg yg jual di mana ya om? Search bli2 kok keluarnya 5W30 mulu
Ada kok om barang gudangnya si biru (disediakan oleh bli2), masih 86rb/L :big_peace:
yogaecho wrote: Thu Jun 03, 2021 9:36 Di tokped udah diatas 100 semua om, yg verified di sarana oli juga hehe [emoji16]

Btw pake unil opal 0w20 terus kah om? Atau pernah merk lain juga?

Cek di biru aja um, seperti yg ane sebut d atas.

Pake si unil ada kali ya mgkn >5x interval. Pernah ane post disini juga jeroan mobil rutin pake si unil. Ni salah satunya tak posting ulang.
Screenshot_20201231-131129_Gallery.jpg

20201231_131249.jpg
somboooongg. mentang2 bersih kinyis2.




:big_weee:
........... :ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2922
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Omnibus wrote: Fri Jun 04, 2021 9:46
somboooongg. mentang2 bersih kinyis2.




:big_weee:
........... :ngacir:
Aduh ada mbah-nya si Anu....

Kudu mundur perlahan.

:big_chicken:
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9800
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Image

4 tahun max dr mfg date
yah mentokin 5 tahun msh bisa lah ya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri