Koleksi hand tools [Part 05]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 9:18
DOHC wrote: Sat Jul 03, 2021 9:12
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 9:02 ane lg bingung sm si gajah di rumah. masa tiap 2 minggu tiap abis dipake atau dicas selalu akinya drop ke 12.4x V yg artinya cuma 75% SOC (state of charge). males bgt tiap 2 minggu musti ngecas.

jd possibilities nya ada 2; akinya udah minta ganti (umur 1.5 lah kl selepas keluar pabrik aki) atau ada parasitic draw (ada komponen di mobil yg terus2an nyedot listrik even mobilnya lg diparkir). pdhl ane ga pernah pasang alarm kl di garasi krn buat apa, rumahnya udah full pengamanan oleh kampungs security alias siskamling :big_slap:


IMG_20210703_154151~2.jpg


IMG_20210703_154336~3.jpg


setelah diukur2, ternyata ada aliran listrik sebesar 0.2A atau dgn voltase 12.45V ada arus sebesar 12.45 x 0.2 = 2.49VA ~ 2.5 watt.

dr apaan ya ini? :big_bored:

krn kl ga ketemu dan aki mau diganti brp kalipun akan tetap sama aja. atau ini sebetulnya normal? lbh betenya ini on n off. kadang 0A. :big_cry:

dugaan sementara, sistem alarm mobil. krn even ga di lock tetep tuh lampu led nya kelap kelip.
Lemme guess

Itu dari smart key system nya yg kadang terus2an nyari sinyal konci
aaaahhhhhh :big_okay: :big_deal: :big_exellent:

emang kuncinya ane taro di dalem mobil. ok skrg diluar aja deh kuncinya, bawa ke kamar.

*too much information ga sih utk di spill kpd seorang jebolan kenek asemregez yg doyan ngembat. :big_think:
Enak aj

Jij jgn menghina beta

Beta kl nyolong mobil ga perna pake konci2 an, atau kawat2an



* yg ad mobil nya d pretelin smua nya trus d angkut ke parung :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 10:17 ternyata mbah delko spot on. kl ngaku nubie lagi beneran ik kirimin foto suzanna 20 rim ke alamat tante nya. msh ada nih alamatnya :big_weee:


jadi setelah mbah k1493nk menyuruh "lanjutken ke fuse box" ane dr tadi sdh membayangkan bungkuk2 ngecek fuse box yg di kabin. tp iseng lah ngecek fuse box yg enjin bay sebelah aki dulu deh. dan ternyata saudara ....


ane bagi ilmu nih buat yg belum tau. krn ane jg dpt ilmunya gratis maka ane pay forward sebarin disini caranya.
memang betul yg biasa org lakukan adalah mencabut satu per satu fuse sampai bacaan di amp clamp menjadi 0.0A. fuse mana yg ketika dicabut bikin bacaan amp clamp 0.0A berarti itulah sirkuit yg menyebabkan parasitic draw.
tapi ada cara lain yg lbh efisien dan gampang banget, yaitu pertama kita set multimeter ke mode mV (mili volt). lalu kedua terminal yg ada di kepala fuse kita ukur pake probe merah dan hitam multimeter spt sbb:


IMG_20210703_165403~2.jpg


IMG_20210703_165418~2.jpg


bisa kita lihat bersama bahwa ada voltage drop sebesar 0.1mV diantara kedua kepala fuse tsb, yang artinya ada arus mengalir disitu. sebab arus mengalir HANYA ketika ada voltage drop diantara 2 titik dlm suatu sirkuit, mau itu panjang (diantara kabel) ataupun pendek (diantara kedua kepala fuse yg sangat dekat itu).
sementara bacaan fuse lain yg tidak ada arus dlm sirkuitnya pasti menunjukan 0.0mV pada multimeter.

untuk membuktikan bahwa sirkuit itu memang betul penyebab parasitic draw, selanjutnya kita cabut fuse tsb.

langsung bacaan pada amp clamp menjadi 0.0A. artinya memang betul sirkuit itu yg sbg biang keladinya.


IMG_20210703_165229~2.jpg


dan skrg fuse kita pasangkan lagi, maka parasitic draw kembali terjadi:


IMG_20210703_165253~2.jpg


dannn sudah bisa kita tebak sirkuit apakah yg dimaksud itu: Smart entry system


IMG_20210703_165523~2.jpg


applause utk mbah delko dan mbah k1493nk :big_peace:


next nya apa spy ga begitu. either kita cabut fuse tsb ketika mobil parkir yg artinya smart entry disabled, mungkin mobil jd jd ga bisa distart; atau selamanya aki dicolok life support (a.k.a. battery charger)
Jij jgn frontal gt blg d forum cabut2 an sekring smart system, nanti yg ad smua vrz, inofa ribon Q ventulel jg pd ikutan cabut2 tu sekring loh

Tepok tangan deh temen2 beta yg d parkiran musatek, asemregez, skitaran bunggur dan proyek senen sana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Sat Jul 03, 2021 9:55
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 9:29
k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 9:27 Chek arus dr fuse box mbah, ntar ketahuan mana yg msh ada arusnya.
iya lg ngumpulin "niat" nya mbah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_deal:
Wah seru ini krn mesti teliti...kl perlu copot fuse satu2 u ngukur arus yg msh ada. Kl engine OFF mestinya ngukur arus 0,2A aman ya mbah lepas fusenya dan colok si multimeternya.
udah dilaksanakan mbah diatas ya ..... :big_deal:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 10:17 ternyata mbah delko spot on. kl ngaku nubie lagi beneran ik kirimin foto suzanna 20 rim ke alamat tante nya. msh ada nih alamatnya :big_weee:



sudah saya duga sedari dulu mbah delko ini bukan sembarang ilmu yang dipunya. baca cepet, kelewatan baca, saya rasa hanya sandiwara pengalih perhatian saja.

btw saya nyumbang 50 rim.
kalo masih nekat juga, saya kirim lagi 100 rim per hari.
saya sudah tau inisial nama mbah delko.... tinggal alamat asli saja yang sebentar lagi dapet.
wakakakakakaka.....
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:ternyata mbah delko spot on. kl ngaku nubie lagi beneran ik kirimin foto suzanna 20 rim ke alamat tante nya. msh ada nih alamatnya :big_weee:


jadi setelah mbah k1493nk menyuruh "lanjutken ke fuse box" ane dr tadi sdh membayangkan bungkuk2 ngecek fuse box yg di kabin. tp iseng lah ngecek fuse box yg enjin bay sebelah aki dulu deh. dan ternyata saudara ....


ane bagi ilmu nih buat yg belum tau. krn ane jg dpt ilmunya gratis maka ane pay forward sebarin disini caranya.
memang betul yg biasa org lakukan adalah mencabut satu per satu fuse sampai bacaan di amp clamp menjadi 0.0A. fuse mana yg ketika dicabut bikin bacaan amp clamp 0.0A berarti itulah sirkuit yg menyebabkan parasitic draw.
tapi ada cara lain yg lbh efisien dan gampang banget, yaitu pertama kita set multimeter ke mode mV (mili volt). lalu kedua terminal yg ada di kepala fuse kita ukur pake probe merah dan hitam multimeter spt sbb:

IMG_20210703_165403~2.jpg
IMG_20210703_165418~2.jpg

bisa kita lihat bersama bahwa ada voltage drop sebesar 0.1mV diantara kedua kepala fuse tsb, yang artinya ada arus mengalir disitu. sebab arus mengalir HANYA ketika ada voltage drop diantara 2 titik dlm suatu sirkuit, mau itu panjang (diantara kabel) ataupun pendek (diantara kedua kepala fuse yg sangat dekat itu).
sementara bacaan fuse lain yg tidak ada arus dlm sirkuitnya pasti menunjukan 0.0mV pada multimeter.

untuk membuktikan bahwa sirkuit itu memang betul penyebab parasitic draw, selanjutnya kita cabut fuse tsb.

langsung bacaan pada amp clamp menjadi 0.0A. artinya memang betul sirkuit itu yg sbg biang keladinya.

IMG_20210703_165229~2.jpg

dan skrg fuse kita pasangkan lagi, maka parasitic draw kembali terjadi:

IMG_20210703_165253~2.jpg

dannn sudah bisa kita tebak sirkuit apakah yg dimaksud itu: Smart entry system

IMG_20210703_165523~2.jpg

applause utk mbah delko dan mbah k1493nk :big_peace:


next nya apa spy ga begitu. either kita cabut fuse tsb ketika mobil parkir yg artinya smart entry disabled, mungkin mobil jd jd ga bisa distart; atau selamanya aki dicolok life support (a.k.a. battery charger)
Mbah, 0,2 itu ga bikin battery drain mbah, at least 1 bulan msh aman. Di fsm min batt voltage 11v.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4014
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by yanuarra »

Diy bongpas AC

IMG_20210703_173339.jpg
:big_biglaugh: :big_slap:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:36 Mbah, 0,2 itu ga bikin battery drain mbah, at least 1 bulan msh aman. Di fsm min batt voltage 11v.
1 bulan di gajah saya:

-suara steering lock yg sedang releasing kl kontak ke ON udah lemah syahwat. kedengeran bedanya dibanding aki penuh.
-suara motor starter start udah ga segreng biasanya.

info dr fsm sptnya misleading mbah. 11v itu udah hampir pasti ga ada juice.
info yg bener kl nyari di inet itu ini:

yg dalam kurung itu SOC nya
No-Load Test
Voltage Percent Charge
12.60V to 12.72V (100%)
12.45V (75%)
12.30V (50%)
12.15V (25%)
Readings obtained at 80°F (27°C)
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat Jul 03, 2021 10:22
Jij jgn frontal gt blg d forum cabut2 an sekring smart system, nanti yg ad smua vrz, inofa ribon Q ventulel jg pd ikutan cabut2 tu sekring loh

Tepok tangan deh temen2 beta yg d parkiran musatek, asemregez, skitaran bunggur dan proyek senen sana
jij jangan takut. baca lagi yg bener itu di tutup fuse box.

ditulisnya kan SMART. berarti dia sistem yg pintar. mana bisa dibego2in?!

:big_weee: :big_weee: :big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

btw confirmed kl fuse smart dicabut mobil kaga bisa dipencet2 tombol start stop nya. let alone starting the car. wakakakakakakaka

lbh hebatnya pas dicolokin lagi minta pairing kunci sama smart systemnya wakakakakaka
*hmm ... no yg ini just kidding. emangnya mobil yurop. :upss:
meskipun ane rada deg2an juga pas ditengah2. hahay uji nyali demi pembuktian ilmiah.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Thu Jul 01, 2021 15:32
Profith83 wrote: Thu Jul 01, 2021 12:56
ah apalah saya om, ilmu gak jelas, belajar sana sini.
Mau betulin mobil sendiri om :big_childish:
Sptnya kalau kasih grease boot as roda cv joint yg luar tidak perlu sampai dilepas yah? tinggal setir mentokin. kasih grease Amsoil
seandainya bisa semudah itu. :big_bored:

kan habis dipake itu grease lama musti dibersihin sampe ke sela2 bola2nya. supaya ga licin. masa mau langsung pake celana.

#ehhh aku benci pikiranku
Sedikit OOT.
Dapet dari grup. As roda mendadak copot. Ada yg pernah ngalamin?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:36 Mbah, 0,2 itu ga bikin battery drain mbah, at least 1 bulan msh aman. Di fsm min batt voltage 11v.
1 bulan di gajah saya:

-suara steering lock yg sedang releasing kl kontak ke ON udah lemah syahwat. kedengeran bedanya dibanding aki penuh.
-suara motor starter start udah ga segreng biasanya.

info dr fsm sptnya misleading mbah. 11v itu udah hampir pasti ga ada juice.
info yg bener kl nyari di inet itu ini:

yg dalam kurung itu SOC nya
No-Load Test
Voltage Percent Charge
12.60V to 12.72V (100%)
12.45V (75%)
12.30V (50%)
12.15V (25%)
Readings obtained at 80°F (27°C)
Nih mbah, ngaco ya brarti fsmnya.
20210703_175114.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jul 03, 2021 10:34
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 10:17 ternyata mbah delko spot on. kl ngaku nubie lagi beneran ik kirimin foto suzanna 20 rim ke alamat tante nya. msh ada nih alamatnya :big_weee:



sudah saya duga sedari dulu mbah delko ini bukan sembarang ilmu yang dipunya. baca cepet, kelewatan baca, saya rasa hanya sandiwara pengalih perhatian saja.

btw saya nyumbang 50 rim.
kalo masih nekat juga, saya kirim lagi 100 rim per hari.
saya sudah tau inisial nama mbah delko.... tinggal alamat asli saja yang sebentar lagi dapet.
wakakakakakaka.....
apa ini :mky_06: :mky_06: :mky_06: :mky_06:


mendadak pada jd susana fans club yah :mky_06: :mky_06: :mky_06:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:36 . Di fsm min batt voltage 11v.

saya nemu 1-2x kasus, voltase masih 12 koma (dibawah 12,5) tapi udah nggak kuat start.
pernah juga nemu, voltase sekitar 10 koma tapi masih bisa nyala mesinnya walopun berat cranking-nya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27189
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by DOHC »

marmut wrote: Sat Jul 03, 2021 11:08
k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:36 . Di fsm min batt voltage 11v.

saya nemu 1-2x kasus, voltase masih 12 koma (dibawah 12,5) tapi udah nggak kuat start.
pernah juga nemu, voltase sekitar 10 koma tapi masih bisa nyala mesinnya walopun berat cranking-nya.
kl kes yg pertama

itu kejadian di L15 saya mbah ...dari jaman ge8 ampe skrg hrv, sama aj

tiap kl aki tekor, itu ta ukur pake voltmeter kadang masi 12 volt, tp ud ga ngangkat
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:52
Omnibus wrote:
k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:36 Mbah, 0,2 itu ga bikin battery drain mbah, at least 1 bulan msh aman. Di fsm min batt voltage 11v.
1 bulan di gajah saya:

-suara steering lock yg sedang releasing kl kontak ke ON udah lemah syahwat. kedengeran bedanya dibanding aki penuh.
-suara motor starter start udah ga segreng biasanya.

info dr fsm sptnya misleading mbah. 11v itu udah hampir pasti ga ada juice.
info yg bener kl nyari di inet itu ini:

yg dalam kurung itu SOC nya
No-Load Test
Voltage Percent Charge
12.60V to 12.72V (100%)
12.45V (75%)
12.30V (50%)
12.15V (25%)
Readings obtained at 80°F (27°C)
Nih mbah, ngaco ya brarti fsmnya. 20210703_175114.jpg
itu kata kuncinya yg ane lingkarin mbah

20210703_175114~3.jpg

disebut "tester display" artinya yg dibaca oleh tester/scanner obd adalah voltase di ecu.
kl kita ukur voltase di kepala aki vs ecu vs obd port semuanya ada perbedaan yg disebabkan oleh voltage drop sepanjang kabel.
contoh: di kepala aki 12.6V. di obd scanner PID ecu voltage bisa aja cuma 12.1V.
jd kl di fsm disebut tester display (ecu voltage) 11V maka di kepala aki bisa diatas itu (whatever the number is).

sementara angka2 yg sy posting sebelumnya itu pengukuran langsung di terminal kepala aki.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

adityabp wrote: Sat Jul 03, 2021 10:49
Sedikit OOT.
Dapet dari grup. As roda mendadak copot. Ada yg pernah ngalamin?

lepas,
pernah 1x waktu itu mobil abis ganti plat kopling. tes jalan lurus aman. pas belok patah tau-tau ngga ada respon. as roda lepas tapi nggak sampai jatuh.
mobil didongkrak, dorong paksa rodanya, langsung kepasang lagi.
dugaan saya waktu itu karena klip penguncinya belum duduk.

patah,
pernah juga 1x. kalo ini sepertinya karena fatigue.

kalau yang c24 itu, saya nggak heran bisa copot. yang punya jorok dan nggak perduli mobil.
buktinya, itu boot cv joint sudah sobek lama tapi dibiarin.
k1493nk
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 339
Joined: Tue Oct 13, 2015 22:18

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by k1493nk »

Omnibus wrote:
k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 10:52
Omnibus wrote: 1 bulan di gajah saya:

-suara steering lock yg sedang releasing kl kontak ke ON udah lemah syahwat. kedengeran bedanya dibanding aki penuh.
-suara motor starter start udah ga segreng biasanya.

info dr fsm sptnya misleading mbah. 11v itu udah hampir pasti ga ada juice.
info yg bener kl nyari di inet itu ini:

yg dalam kurung itu SOC nya
No-Load Test
Voltage Percent Charge
12.60V to 12.72V (100%)
12.45V (75%)
12.30V (50%)
12.15V (25%)
Readings obtained at 80°F (27°C)
Nih mbah, ngaco ya brarti fsmnya. 20210703_175114.jpg
itu kata kuncinya yg ane lingkarin mbah

20210703_175114~3.jpg

disebut "tester display" artinya yg dibaca oleh tester/scanner obd adalah voltase di ecu.
kl kita ukur voltase di kepala aki vs ecu vs obd port semuanya ada perbedaan yg disebabkan oleh voltage drop sepanjang kabel.
contoh: di kepala aki 12.6V. di obd scanner PID ecu voltage bisa aja cuma 12.1V.
jd kl di fsm disebut tester display (ecu voltage) 11V maka di kepala aki bisa diatas itu (whatever the number is).

sementara angka2 yg sy posting sebelumnya itu pengukuran langsung di terminal kepala aki.
Thanks mbah ilmunya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Jul 03, 2021 11:09
kl kes yg pertama

itu kejadian di L15 saya mbah ...dari jaman ge8 ampe skrg hrv, sama aj

tiap kl aki tekor, itu ta ukur pake voltmeter kadang masi 12 volt, tp ud ga ngangkat

nah... ada yang ngalamin juga...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

DOHC wrote: Sat Jul 03, 2021 11:06

apa ini :mky_06: :mky_06: :mky_06: :mky_06:


mendadak pada jd susana fans club yah :mky_06: :mky_06: :mky_06:

inget mbah.... 50 rim sehari kalo masih ngaku nubi atau sebangsanya.

:big_weee:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

k1493nk wrote: Sat Jul 03, 2021 11:16 Thanks mbah ilmunya.
you're most welcome mbah :big_okay:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

adityabp wrote: Sat Jul 03, 2021 10:49
Sedikit OOT.
Dapet dari grup. As roda mendadak copot. Ada yg pernah ngalamin?
lucu pertanyaannya om :big_biglaugh:

"Izin bertanya, ini apa ya?"

mustinya dijawab: "that's your problem, lady." - south main auto

:big_biglaugh:

drive shaft lepas, ga pernah ngalamin tp pernah denger. bisa dr lack of maintenance (si cv bearing yg 3 biji itu ga bisa sliding di dalam rumahnya krn macet, akibatnya narik spline yg ke transmisi jd terlepas). atau pernah ada perbaikan sebelumnya di bagian kaki2 (ganti shock, ganti bushing arm, ganti bearing, dll) n pas masangnya lagi ga bener.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 11:35
lucu pertanyaannya om :big_biglaugh:

"Izin bertanya, ini apa ya?"

mustinya dijawab: "that's your problem, lady." - south main auto

:big_biglaugh:

drive shaft lepas, ga pernah ngalamin tp pernah denger. bisa dr lack of maintenance (si cv bearing yg 3 biji itu ga bisa sliding di dalam rumahnya krn macet, akibatnya narik spline yg ke transmisi jd terlepas). atau pernah ada perbaikan sebelumnya di bagian kaki2 (ganti shock, ganti bushing arm, ganti bearing, dll) n pas masangnya lagi ga bener.


perbaikan apaan mbah? berani taruhan itu mobil ga keurus.
liat baek baek tu boot sebelah kanan, sobek udah lama banget didiemin. kalo yang punya bilang sobeknya belum lama, saya guyur oli bekas.

bisa jadi ketambahan bushing arm atau rack end atau ball joint atau semuaya udah oblak, jadi pergerakan roda makin bebas ke segala arah. itu yang bikin drive shaft makin gampang lepas.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11582
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Jul 03, 2021 11:45
Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 11:35
lucu pertanyaannya om :big_biglaugh:

"Izin bertanya, ini apa ya?"

mustinya dijawab: "that's your problem, lady." - south main auto

:big_biglaugh:

drive shaft lepas, ga pernah ngalamin tp pernah denger. bisa dr lack of maintenance (si cv bearing yg 3 biji itu ga bisa sliding di dalam rumahnya krn macet, akibatnya narik spline yg ke transmisi jd terlepas). atau pernah ada perbaikan sebelumnya di bagian kaki2 (ganti shock, ganti bushing arm, ganti bearing, dll) n pas masangnya lagi ga bener.


perbaikan apaan mbah? berani taruhan itu mobil ga keurus.
liat baek baek tu boot sebelah kanan, sobek udah lama banget didiemin. kalo yang punya bilang sobeknya belum lama, saya guyur oli bekas.

bisa jadi ketambahan bushing arm atau rack end atau ball joint atau semuaya udah oblak, jadi pergerakan roda makin bebas ke segala arah. itu yang bikin drive shaft makin gampang lepas.
jd ngebayangin naik mobil itu selama ini berarti kaya main russian roulette. anjirr kl lg di tol cikampek kolong saingan sm truk gandeng tiba2 itu dripsap copot. :big_chicken: :big_cry:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11461
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Jul 03, 2021 11:52

jd ngebayangin naik mobil itu selama ini berarti kaya main russian roulette. anjirr kl lg di tol cikampek kolong saingan sm truk gandeng tiba2 itu dripsap copot. :big_chicken: :big_cry:

wakakakaka....

saya malah ngebayangin mbah omni langsung ambil kardus bekas, eh.... creeper, longok kolong ngeliat si cv joint.
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4014
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 05]

Post by yanuarra »

Hadeh cape banget :capede:

Bodo amat lah :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.