Koleksi hand tools [Part 06]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 11:16
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 9:30

vw...
nggak 1303, nggak safari, nggak kombi, stel klep musti dari kolong. dan walopun sedikit, pasti lidah mengecap lezatnya olmes yang netes.
belum lagi kalo buka busi, mesin musti turun...

sekarang golf, alternator dipakein sicherung. mungkin taun depan dipasang gardu listrik kaya PLN.

tapi mbah, sedari saya piara renol sama pisut, itu yang namanya fuse box gaada yang beres. soket sambungan pada gosong semua.
cuman volvo aja yang lumayan nggak separah duo prancis itu.
tp mbah

diluar disain fusebox yg rada bodoh tsb (dan disain oil cooler bodohnya yg rentan bocor dan nyampur coolant)

saya ckup terkagum2 sehh ama enjin tu golf mak 4... mesin 1600 cc, 8 klep doank lagi.. tp power rate nya setara enjin2 nihon 1600 cc 16 klep.. trus robustnya itu jg ga nahan, ntu temen saya perna skali enjin ampe tekor oli ampe bunyi klang kleng klang kleng dr kolong enjin oil pan aj, cuman modal buka oil pan ama tutup deksel, serok satu2 tu kerak ama lumpur oli, trus masupin oli ama enjin flush.... senyap lagi, dan menjalani hidup penuh derita nestapa nya beberapa taon kmudian ampe dijual tu mobil ... ga yakin saya ada enjin nippon yg bsa disiksa ampe sgitunya

btw lagi, kl saya tengok, stelah diganti ama kabel yg rada gedean, aman jaya seh mbah.. dan fuse jg digedein segede output alternator nya jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 11:16
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 9:30

sekarang golf, alternator dipakein sicherung. mungkin taun depan dipasang gardu listrik kaya PLN.

tapi mbah, sedari saya piara renol sama pisut, itu yang namanya fuse box gaada yang beres. soket sambungan pada gosong semua.
cuman volvo aja yang lumayan nggak separah duo prancis itu.
untung masi ta simpen poto nya

yg saya lingkerin dan panah merah mbah , itu padahal baru diganti fuse box beserta fuses nya (btw kabel yg item itu utk alternator, sbelah nya kl ga salah utk ECU dan komputer2 laennya, trus motor fan, trus ac, trus 3 fuse klip lupa buat apa)

kl yg lama, ud ga berbekas krn lumer kbakar
IMG-20170723.jpg
IMG-20170722.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3934
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by yanuarra »

marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 11:16
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 9:30

vw...
nggak 1303, nggak safari, nggak kombi, stel klep musti dari kolong. dan walopun sedikit, pasti lidah mengecap lezatnya olmes yang netes.
belum lagi kalo buka busi, mesin musti turun...

sekarang golf, alternator dipakein sicherung. mungkin taun depan dipasang gardu listrik kaya PLN.

tapi mbah, sedari saya piara renol sama pisut, itu yang namanya fuse box gaada yang beres. soket sambungan pada gosong semua.
cuman volvo aja yang lumayan nggak separah duo prancis itu.
ane punya fuse box beres2 aja kok mbah.. :big_dunno:



.... :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by kunaskun »

Profith83 wrote: Mon Jul 19, 2021 0:52 Bagi yang cari kesibukan di waktu luang.
Bongkar sealed bearing

pernah baca2 dimana gitu lupa, kalau heavy load atau critical, ga worth regreasing sealed bearing, karena bisa saja akibat pemakaian sebelumnya itu bearing sudah aus jadi muternya tetep ga bagus walau dibersihkan dan regreasing. juga biasanya seal-nya itu bahannya entah plastik/teflon/nylon/karet yg setelah di bongkar pasang akan rentan rembes/bocor.

agak mirip seperti di Bottom Bracket sepeda, mau pake model apa juga, selama namanya sealed bearing kalau udah kena basah2an dan umur ya mendingan ganti saja. lebih murah, ga sakit kepala, apalagi kalau emang gampang lepas pasangnya.
marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 2:58 berikut gambaran mengenai kabel jumper gobanan yang sudah membuat saya tertawa ngakak...



IMG20210719094834.jpg
IMG20210719094924.jpg
IMG20210719095101.jpg
IMG20210719095154.jpg
IMG20210719095640.jpg




demikian laporannya.

:mky_03:
saya punya mbah itu benda, udah berapa belas tahun standby di bagasi, kit krisbow, seneng aja liat model tasnya, antik, segitiga gitu.
dan udah jumper sekian banyak mobil. memang kualitasnya gawat si :wkkk: dipake jumper sekian belas detik aja itu kabel udah anget. apalagi kalau kerja terus2an.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 9:30
marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 4:22
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 3:21

hehehehehehehe makasih udah repot2 sharing mbah

spy pada percaya deh, drpd ntar yg ngasih tau yg bener malah dibilang hoax lah, dibilang lebay lah, dibilang konspirasi lah, dibilang apa2 tools nya hrs serba mahal lah.

even begitu pun kembali lagi ..... hidup itu pilihan.

:big_grin: :big_grin:


kalo kita orang disuruh gendong ngana bubat-dago pp, itu baru namanya repot.

saya dipesen sama bapak sedari dulu, urusan sama listrik jangan main-main. semua sambungan harus bagus, harus kenceng, kabel sebisa mungkin yang paling baik, konektor musti bersih ngga ada kotoran. kalo sampe korslet, panjang urusannya.

mau dibilang lebay ya gapapa, pilihan masing-masing toh?
ada yang kapok, ada yang cuman cengengesan, ada yang cuek. pilihan masing-masing.

:beer:
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 4:28

ada yg nyambungin dulu kabel positif negatif ke mobil pendonor berbarengan tp pas megang kedua ujung kabel satunya eh ga sengaja nempel alligator positif sm negatif nya. apa itu namanya bukan air susu dibalas air tuba.

paling bilang sorry abis itu life goes on

belum ada kl ada yg pake cincin meleleh di tangan sampai jari hrs amputasi. cuma gara2 mishandling. amit2 lah.

:big_grin:
jd inget kejadian circa taon 2017 , ada temen pake vw golf mak 4, pake asal jadi sejorok2 nya... perna skali lagi JJS ama dia, mendadak kuar kecium bau kebakar , tp ga ada asep kliatan dr luar, .. menepi pas buka kap mesin, ntuh kotak sekring di atas aki ud bolong meleleh ampe berasep heboh !! pikir2, saya ama dia berarti masi dikasi umur hari itu, gile aje uap aki campur korslet... nahh pas pegang kabel nya lgs kaya ksdunut roko , cek ricek kabel si alternator (ya, di vw, kabel alternator itu dikasi sekring, 80 amp sahaja) ud gosong terminal plus ujung kabel nya

mobil tinggal di pinggir jalan, lalu naek bus ke toko beli kabel aki rated 100 amp, ama skun ama tang jepit... balik ke tekape, eksekusi tu kabel... seumur2 baru kl ini bongpas kabel mobil yurop.. nah krn sekring alternator ud meleleh beserta box nya, ya ud darurat ta bypass aj lgs ke aki, sambil doa .. nahh mobil nyala donk... bawa pulang... besok kan nya ke diler VW beli tu box laknat seharga 300an AUD$ kl ga salah.. dpasangin ama montir nya ... beres

klaar bebrapa ari, kumat lg meleleh nya... binggung donk.. kali ini tilpon ke diler... cek n ricek sampe cek VIN sgala... ternjata, owner sblom nya perna ganti alternator, dikasi rated 100 amp.. nahh kata dia, kabel 100 amp ga ckup, musti yg 150 amp.. untung krn ad ksalahan si montir ga ngecek kabel pas masang kotak sekring.. jadi nya good will dr mreka, kabel plus kotak sekring baru gretong...

aneh ya, padahal kabel 100 amp yg ta beli itu ud guedee loh diameter nya... bahkan d tulis buat kabel aki pula

tp ampe ari ini, masi ad yg saya ga ngerti sehh dr tuh mobil... koq bsa sekring 80 amp tahan di hajar alternator 100 amp, ga lgs meleleh atau putus...
kl charging system itu berbeza dgn starting system mbah. charging system (alternator) itu kan ada IC regulatornya dan biasanya dilimit current nya cuma sekira 10A sahaja, utk menghindari yg namanya overcharging dan bikin aki meledak (atau paling ngga bunting body nya) bahkan bisa automatically regulated (by the IC regulator or the ecu) utk cuma deliver low charging current kl aki udah penuh. and yess, it's a fused circuit kabel stroom nya dr alternator ke aki, berbeza dgn starting main cable yg unfused.

so, utk kasus golf mk4 itu besar kemungkinan alternator yg dipake ada masalah. kayanya overcharging condition. seharusnya pas si montir selesai ganti fuse box dia disconnect kabel charging itu dan ukur voltage di output post alternatornya dulu. montir seharusnya berfikir ttg root cause nya why such incident happened in the first place.

demikian sekilas analisa sotoy nubie.

edit: keliru. output range dr 40A-120A tergantung mobil. kl 10A sih slow charging dr trickle charger portable.
Last edited by Omnibus on Mon Jul 19, 2021 14:13, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:07
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 9:30
kl charging system itu berbeza dgn starting system mbah. charging system (alternator) itu kan ada IC regulatornya dan biasanya dilimit current nya cuma sekira 10A sahaja, utk menghindari yg namanya overcharging dan bikin aki meledak (atau paling ngga bunting body nya) bahkan bisa automatically regulated (by the IC regulator or the ecu) utk cuma deliver low charging current kl aki udah penuh. and yess, it's a fused circuit kabel stroom nya dr alternator ke aki, berbeza dgn starting main cable yg unfused.

so, utk kasus golf mk4 itu besar kemungkinan alternator yg dipake ada masalah. kayanya overcharging condition. seharusnya pas si montir selesai ganti fuse box dia disconnect kabel charging itu dan ukur voltage di output post alternatornya dulu. montir seharusnya berfikir ttg root cause nya why such incident happened in the first place.

demikian sekilas analisa sotoy nubie.
hmm begitu yah

kamsia ilmu nya mbah

btw, bahkan sekelas montir bule aj bsa miss gt yah... memalukan :big_dunno: :big_dunno:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:10
ada edit charging current di postingan ane sebelumnya. :ungg:

tp kl krn alternator amsiong itu memang hrs ditest mbah. selain korosi di connection terminals. dan betenya si aki jg bisa aja udah jd korban juga n hrs diganti. itulah kl electrical issue seringnya ngerembet kemana2.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:17
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:10
ada edit charging current di postingan ane sebelumnya. :ungg:

tp kl krn alternator amsiong itu memang hrs ditest mbah. selain korosi di connection terminals. dan betenya si aki jg bisa aja udah jd korban juga n hrs diganti. itulah kl electrical issue seringnya ngerembet kemana2.
tp mbah

si golf itu koq stelah di ganti fuse box dan kabel nya lg oleh si diler, dia tetep melanjutkan hidup nya yg penuh siksaan itu circa another 3 yrs ampe dijual akhir taon lalu stelah ownernya (temen saya) forgood balik ke cungkwo ... dan itu kira2 ada kl another 50 rebu km dari sejak diganti kabel nya.. koq bsa si alternator tahan sgitu lama mbah... si fuse box dan kabel yg diganti pun ga meleleh2 lagi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:21
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:17
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:10
ada edit charging current di postingan ane sebelumnya. :ungg:

tp kl krn alternator amsiong itu memang hrs ditest mbah. selain korosi di connection terminals. dan betenya si aki jg bisa aja udah jd korban juga n hrs diganti. itulah kl electrical issue seringnya ngerembet kemana2.
tp mbah

si golf itu koq stelah di ganti fuse box dan kabel nya lg oleh si diler, dia tetep melanjutkan hidup nya yg penuh siksaan itu circa another 3 yrs ampe dijual akhir taon lalu stelah ownernya (temen saya) forgood balik ke cungkwo ... dan itu kira2 ada kl another 50 rebu km dari sejak diganti kabel nya.. koq bsa si alternator tahan sgitu lama mbah... si fuse box dan kabel yg diganti pun ga meleleh2 lagi
prosedur pemeriksaan nya hrsnya termasuk cek alternator juga. mungkin emang ga bermasalah. atau digoodwillin juga diem2?

mungkin jg memang dr perkabelan tok si culpritnya (plus si fuse box)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:28
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:21
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:17

ada edit charging current di postingan ane sebelumnya. :ungg:

tp kl krn alternator amsiong itu memang hrs ditest mbah. selain korosi di connection terminals. dan betenya si aki jg bisa aja udah jd korban juga n hrs diganti. itulah kl electrical issue seringnya ngerembet kemana2.
tp mbah

si golf itu koq stelah di ganti fuse box dan kabel nya lg oleh si diler, dia tetep melanjutkan hidup nya yg penuh siksaan itu circa another 3 yrs ampe dijual akhir taon lalu stelah ownernya (temen saya) forgood balik ke cungkwo ... dan itu kira2 ada kl another 50 rebu km dari sejak diganti kabel nya.. koq bsa si alternator tahan sgitu lama mbah... si fuse box dan kabel yg diganti pun ga meleleh2 lagi
prosedur pemeriksaan nya hrsnya termasuk cek alternator juga. mungkin emang ga bermasalah. atau digoodwillin juga diem2?

mungkin jg memang dr perkabelan tok si culpritnya (plus si fuse box)
umm bisa jadi

btw, tadi sore ud test drive si inofa, ta tambahin 70 cc... masi tetep gt jg mbah

jd kbayang mbah, kl seandainya kl ini atf nya malah kebanyakan, apa bsa bkin gejala kaya gt jg ga yah ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:32
umm bisa jadi

btw, tadi sore ud test drive si inofa, ta tambahin 70 cc... masi tetep gt jg mbah

jd kbayang mbah, kl seandainya kl ini atf nya malah kebanyakan, apa bsa bkin gejala kaya gt jg ga yah ??
kl ngetest alternator paling penting voltage outputnya mbah, kl lebih dr 14 koma, misalnya 15V keatas udah jelas bakal bermasalah krn over-voltage. sementara kl current (arus) ga selamanya dia panteng tinggi terus ampere nya, spt sy bilang sebelumnya dia variable tergantung kondisi kebutuhan kelistrikan di seluruh sirkuit mobil. kl ada demand besar baru dia kirim gedean sesuai kebutuhan. bisa juga kl ga ada electrical load spt lampu2, radio, ac, dll mati dan kondisi aki sdh fully charged, arus yg dikirim dr alternator pastinya cuma kecil aja. ga selamanya dia kirim arus sebesar rated amps nya. itulah yg menjelaskan mengapa fusible link (btw namanya itu, bukan fuse kl dr foto ngana) yg 80A bisa ga putus pdhl dipakein alternator yg 100A, ya krn alternatornya ga pernah supply lewat dr 80A meskipun dia mampu supply sampai 100A.

skrg ttg atf, ngana tambahin aja lg 2x 50cc lagi spy afdol. kl msh begitu juga kan ngana yakin ketika itu pasti sdh overfill. buat ngebuang overfill nya tinggal buka aja check hole at 40°C suhu atf.
kl msh ga enak juga, berarti hrs upgrade atf cooler kl ga mau rubah driving style. :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:42
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:32
umm bisa jadi

btw, tadi sore ud test drive si inofa, ta tambahin 70 cc... masi tetep gt jg mbah

jd kbayang mbah, kl seandainya kl ini atf nya malah kebanyakan, apa bsa bkin gejala kaya gt jg ga yah ??
kl ngetest alternator paling penting voltage outputnya mbah, kl lebih dr 14 koma, misalnya 15V keatas udah jelas bakal bermasalah krn over-voltage. sementara kl current (arus) ga selamanya dia panteng tinggi terus ampere nya, spt sy bilang sebelumnya dia variable tergantung kondisi kebutuhan kelistrikan di seluruh sirkuit mobil. kl ada demand besar baru dia kirim gedean sesuai kebutuhan. bisa juga kl ga ada electrical load spt lampu2, radio, ac, dll mati dan kondisi aki sdh fully charged, arus yg dikirim dr alternator pastinya cuma kecil aja. ga selamanya dia kirim arus sebesar rated amps nya. itulah yg menjelaskan mengapa fusible link (btw namanya itu, bukan fuse kl dr foto ngana) yg 80A bisa ga putus pdhl dipakein alternator yg 100A, ya krn alternatornya ga pernah supply lewat dr 80A meskipun dia mampu supply sampai 100A.

skrg ttg atf, ngana tambahin aja lg 2x 50cc lagi spy afdol. kl msh begitu juga kan ngana yakin ketika itu pasti sdh overfill. buat ngebuang overfill nya tinggal buka aja check hole at 40°C suhu atf.
kl msh ga enak juga, berarti hrs upgrade atf cooler kl ga mau rubah driving style. :mky_01:

hebatt ilmu nya :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

ngerti dah saya

btw, mengenai ATF , kl gt bsok ta masupin aj deh lgs 100 cc ... biar skalin ta bkin overfill aj yah... trus hajar nyetir sruntulan buat ngetes, mustinya kl gt gapapa kan yah mbah ? overfill is better than underfill ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:42

kl ngetest alternator paling penting voltage outputnya mbah, kl lebih dr 14 koma, misalnya 15V keatas udah jelas bakal bermasalah krn over-voltage.


nostalgila... :mky_03:

overvoltage, check.
overcharging, check.
kepala aki meleleh, check.
exhaust manifold panas mandi bensin, check.
as roda tugel, check.
ring piston patah, check.
overheating, check.

kenyaaaaaang.....

:mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:53 overfill is better than underfill ??

nggak 22nya lah.
yang bener ya pas.
mangka dari itu, fine tuning nggak bisa sebentar. kalo temperatur keburu naik, musti tunggu adem dulu sambil nyeruput bajigur sama ngunyah pisang rebus.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

beneeeerrrr kaaaannnnn gueeee bilaaaaaangggg


selang kompresor ane tugeeelll :big_cry: :big_cry:

IMG_20210719_221124~2.jpg

dasar mbah tugel nih gara2nya [emo-yesno]
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:53
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:42
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:32
umm bisa jadi

btw, tadi sore ud test drive si inofa, ta tambahin 70 cc... masi tetep gt jg mbah

jd kbayang mbah, kl seandainya kl ini atf nya malah kebanyakan, apa bsa bkin gejala kaya gt jg ga yah ??
kl ngetest alternator paling penting voltage outputnya mbah, kl lebih dr 14 koma, misalnya 15V keatas udah jelas bakal bermasalah krn over-voltage. sementara kl current (arus) ga selamanya dia panteng tinggi terus ampere nya, spt sy bilang sebelumnya dia variable tergantung kondisi kebutuhan kelistrikan di seluruh sirkuit mobil. kl ada demand besar baru dia kirim gedean sesuai kebutuhan. bisa juga kl ga ada electrical load spt lampu2, radio, ac, dll mati dan kondisi aki sdh fully charged, arus yg dikirim dr alternator pastinya cuma kecil aja. ga selamanya dia kirim arus sebesar rated amps nya. itulah yg menjelaskan mengapa fusible link (btw namanya itu, bukan fuse kl dr foto ngana) yg 80A bisa ga putus pdhl dipakein alternator yg 100A, ya krn alternatornya ga pernah supply lewat dr 80A meskipun dia mampu supply sampai 100A.

skrg ttg atf, ngana tambahin aja lg 2x 50cc lagi spy afdol. kl msh begitu juga kan ngana yakin ketika itu pasti sdh overfill. buat ngebuang overfill nya tinggal buka aja check hole at 40°C suhu atf.
kl msh ga enak juga, berarti hrs upgrade atf cooler kl ga mau rubah driving style. :mky_01:

hebatt ilmu nya :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

ngerti dah saya

btw, mengenai ATF , kl gt bsok ta masupin aj deh lgs 100 cc ... biar skalin ta bkin overfill aj yah... trus hajar nyetir sruntulan buat ngetes, mustinya kl gt gapapa kan yah mbah ? overfill is better than underfill ??
justru tujuan ik nyuruh 50cc bbrp kali itu utk fine tuning. jd kl udah dapet yg pas langsung kelar. mirip nyetel delko mbah delkooo .....

piye iki mumet. kl di militer udah dimutasi ke hutan, dimintanya apa yg dikerjain apa. diminta 50 cc juga langsung masupin 70cc, bukan 50 + 20 kek gitu. mau nangis :big_cry:
mana selang kompresor tugel. mana tangan msh sakit. ga ada yg peduli sm saya. kunjungin kek, bawain martabak kek, kasih bajigur kek. apa kek .... :big_cry:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 15:01
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:42

kl ngetest alternator paling penting voltage outputnya mbah, kl lebih dr 14 koma, misalnya 15V keatas udah jelas bakal bermasalah krn over-voltage.


nostalgila... :mky_03:

overvoltage, check.
overcharging, check.
kepala aki meleleh, check.
exhaust manifold panas mandi bensin, check.
as roda tugel, check.
ring piston patah, check.
overheating, check.

kenyaaaaaang.....

:mky_01:
kl karbu bocor ampe kena exhaust panas perna ga mbah ?? :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 15:19
DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 14:53
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 14:42

kl ngetest alternator paling penting voltage outputnya mbah, kl lebih dr 14 koma, misalnya 15V keatas udah jelas bakal bermasalah krn over-voltage. sementara kl current (arus) ga selamanya dia panteng tinggi terus ampere nya, spt sy bilang sebelumnya dia variable tergantung kondisi kebutuhan kelistrikan di seluruh sirkuit mobil. kl ada demand besar baru dia kirim gedean sesuai kebutuhan. bisa juga kl ga ada electrical load spt lampu2, radio, ac, dll mati dan kondisi aki sdh fully charged, arus yg dikirim dr alternator pastinya cuma kecil aja. ga selamanya dia kirim arus sebesar rated amps nya. itulah yg menjelaskan mengapa fusible link (btw namanya itu, bukan fuse kl dr foto ngana) yg 80A bisa ga putus pdhl dipakein alternator yg 100A, ya krn alternatornya ga pernah supply lewat dr 80A meskipun dia mampu supply sampai 100A.

skrg ttg atf, ngana tambahin aja lg 2x 50cc lagi spy afdol. kl msh begitu juga kan ngana yakin ketika itu pasti sdh overfill. buat ngebuang overfill nya tinggal buka aja check hole at 40°C suhu atf.
kl msh ga enak juga, berarti hrs upgrade atf cooler kl ga mau rubah driving style. :mky_01:

hebatt ilmu nya :mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

ngerti dah saya

btw, mengenai ATF , kl gt bsok ta masupin aj deh lgs 100 cc ... biar skalin ta bkin overfill aj yah... trus hajar nyetir sruntulan buat ngetes, mustinya kl gt gapapa kan yah mbah ? overfill is better than underfill ??
justru tujuan ik nyuruh 50cc bbrp kali itu utk fine tuning. jd kl udah dapet yg pas langsung kelar. mirip nyetel delko mbah delkooo .....

piye iki mumet. kl di militer udah dimutasi ke hutan, dimintanya apa yg dikerjain apa. diminta 50 cc juga langsung masupin 70cc, bukan 50 + 20 kek gitu. mau nangis :big_cry:
mana selang kompresor tugel. mana tangan msh sakit. ga ada yg peduli sm saya. kunjungin kek, bawain martabak kek, kasih bajigur kek. apa kek .... :big_cry:
ya ud sini mana alamat

ntar kita orang dari tim asemregez depan musatek dateng "kunjungin" deh :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 15:14 beneeeerrrr kaaaannnnn gueeee bilaaaaaangggg


selang kompresor ane tugeeelll :big_cry: :big_cry:


IMG_20210719_221124~2.jpg


dasar mbah tugel nih gara2nya [emo-yesno]


ah, cemen, gitu dowangan....
tinggal buka pake kunci 12 apa 13 itu coupler-nya. selang yang kuning direndem air mendidih dulu biar nanti gampang masupnya.
kerjaan 5 menit.
suruh mbah tugel tu tanggung jawap.

:big_biglaugh:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jul 19, 2021 15:20

kl karbu bocor ampe kena exhaust panas perna ga mbah ?? :mky_03: :mky_03:

udah doooonk.
bukan kabilator bocor. tapi selang yang deket nepel kabilator sobek. kejadian deket chase plaza.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 15:14 beneeeerrrr kaaaannnnn gueeee bilaaaaaangggg


selang kompresor ane tugeeelll :big_cry: :big_cry:


IMG_20210719_221124~2.jpg


dasar mbah tugel nih gara2nya [emo-yesno]


suhu, selang bahan PE begitu umurnya ngga lama. sekarang tugel diujung, kelar dibenerin nanti sobek di sambungan.
yang awalnya 15 meter, lama kelamaan bisa tinggal 2 meter karena dipotongin tiap minggu.
mending beli selang beneran yang ⅜" sekalian buat air impact biar makin resing...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11372
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by Omnibus »

marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 15:27
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 15:14 beneeeerrrr kaaaannnnn gueeee bilaaaaaangggg


selang kompresor ane tugeeelll :big_cry: :big_cry:


IMG_20210719_221124~2.jpg


dasar mbah tugel nih gara2nya [emo-yesno]


ah, cemen, gitu dowangan....
tinggal buka pake kunci 12 apa 13 itu coupler-nya. selang yang kuning direndem air mendidih dulu biar nanti gampang masupnya.
kerjaan 5 menit.
suruh mbah tugel tu tanggung jawap.

:big_biglaugh:
iya ik inget jij pernah bilang sebel sm selang ini krn makin lama makin dipotong sikit2 ujungnya hahahaha. kejadian jg sama ane mbah


done in no time.

*meskipun pergelangan tangan cenat cenut ngencengin mur nya

IMG_20210719_223450~2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

buat mahaguru
Omnibus

993715042p.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11056
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by marmut »

Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 15:37

iya ik inget jij pernah bilang sebel sm selang ini krn makin lama makin dipotong sikit2 ujungnya hahahaha. kejadian jg sama ane mbah


done in no time.

*meskipun pergelangan tangan cenat cenut ngencengin mur nya


IMG_20210719_223450~2.jpg


ngga perlu zoom in, OB13 tu khas banget ya kepala open end-nya....

:big_grin:

btw, itu pergelangan tangan dioles minyak rem agak banyak mbah biar anget trus dibungkus lagi supaya lekas pulih.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 06]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
marmut wrote: Mon Jul 19, 2021 15:27
Omnibus wrote: Mon Jul 19, 2021 15:14 beneeeerrrr kaaaannnnn gueeee bilaaaaaangggg


selang kompresor ane tugeeelll :big_cry: :big_cry:


IMG_20210719_221124~2.jpg


dasar mbah tugel nih gara2nya [emo-yesno]


ah, cemen, gitu dowangan....
tinggal buka pake kunci 12 apa 13 itu coupler-nya. selang yang kuning direndem air mendidih dulu biar nanti gampang masupnya.
kerjaan 5 menit.
suruh mbah tugel tu tanggung jawap.

:big_biglaugh:
iya ik inget jij pernah bilang sebel sm selang ini krn makin lama makin dipotong sikit2 ujungnya hahahaha. kejadian jg sama ane mbah


done in no time.

*meskipun pergelangan tangan cenat cenut ngencengin mur nya

IMG_20210719_223450~2.jpg
Warna coklat dibawah box merah itu sarang tawon yg ngejaga box merah kalau ada yg mau nyolong apa ramp up ya mbah suhu?