Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 2:10 om/mbah, knp jarang yg nyaranin oli bikinan Mobil1 ya?
mobil 1? kalo diesel disini sering rekomen delvac 1 kok... terutama bbrp part kebelakang

berhubung produk exxon ini banyak palsunya dan viscosity nya termasuk kentel di kelas yg sama dan harganya juga jauh diatas rata2 oli dikelasnya,

apalagi yg dicari dari oli ini? kecuali org2 yg asal ganti oli pake apa yg ada... dan pas adanya cmn oli2 exxon ini aja
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1409
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by AbdulHakim »

josomba wrote: Wed Sep 08, 2021 2:24
AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 2:10 om/mbah, knp jarang yg nyaranin oli bikinan Mobil1 ya?
Ada kan om di part2 sebelum? Cuman biasanya rerata comment "biasa" aja dengan merk Mobil khususnya yg Mobil Super. Harga ga gitu ekonomis terus 5-6k dah ga enak. Mirip dah ama tjap kerang hx8

Kalau Mobil EP, harganya ngajak gelut. Better Amsoil dah kalau harganya si Mobil EP
well noted om, ternyata "B" aja ya kalo istilah anak muda jaman now :big_okay: :big_smile]
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 2:10 om/mbah, knp jarang yg nyaranin oli bikinan Mobil1 ya?
Saya 4 tahun belakangan ini hampir selalu pake Mobil1 Delvac 5w-40 sih di 2KD saya. Dan memang harga ngga bohong. Cuma ya memang kudu hati2 banget kalo beli Mobil1 di online atau toko fisik yang reputasinya kurang jelas. Karena oli ini banyak banget palsu nya.

Nah daripada kena oli palsu gara2 ngincer harga murah nya, mending beli merek oli yang memang udah pasti ngga ada palsu nya aja
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1409
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by AbdulHakim »

evanbngdor wrote: Wed Sep 08, 2021 4:55
AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 2:10 om/mbah, knp jarang yg nyaranin oli bikinan Mobil1 ya?
Saya 4 tahun belakangan ini hampir selalu pake Mobil1 Delvac 5w-40 sih di 2KD saya. Dan memang harga ngga bohong. Cuma ya memang kudu hati2 banget kalo beli Mobil1 di online atau toko fisik yang reputasinya kurang jelas. Karena oli ini banyak banget palsu nya.

Nah daripada kena oli palsu gara2 ngincer harga murah nya, mending beli merek oli yang memang udah pasti ngga ada palsu nya aja
:mky_03:
Saya sebenarnya penasaran sama Mobil Super aio 0w-20 om, udah full synthetic dan harga head to head sama ptt super synthetic botol emas tutup emas.

Oia ada official store nya jg di market place
User avatar
citygd8
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Jun 02, 2021 6:47
Location: west java

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by citygd8 »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 5:52
evanbngdor wrote: Wed Sep 08, 2021 4:55
AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 2:10 om/mbah, knp jarang yg nyaranin oli bikinan Mobil1 ya?
Saya 4 tahun belakangan ini hampir selalu pake Mobil1 Delvac 5w-40 sih di 2KD saya. Dan memang harga ngga bohong. Cuma ya memang kudu hati2 banget kalo beli Mobil1 di online atau toko fisik yang reputasinya kurang jelas. Karena oli ini banyak banget palsu nya.

Nah daripada kena oli palsu gara2 ngincer harga murah nya, mending beli merek oli yang memang udah pasti ngga ada palsu nya aja
:mky_03:
Saya sebenarnya penasaran sama Mobil Super aio 0w-20 om, udah full synthetic dan harga head to head sama ptt super synthetic botol emas tutup emas.

Oia ada official store nya jg di market place
gas aja om biar gak penasaran, biar tau feelnya pas dipake...
apalagi beli di official store jgn takut barang palsu, kl stok lama sih bisa aja :big_peace: :big_peace:
fun to learning new things
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by josomba »

citygd8 wrote: Wed Sep 08, 2021 6:28
AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 5:52
evanbngdor wrote: Wed Sep 08, 2021 4:55

Saya 4 tahun belakangan ini hampir selalu pake Mobil1 Delvac 5w-40 sih di 2KD saya. Dan memang harga ngga bohong. Cuma ya memang kudu hati2 banget kalo beli Mobil1 di online atau toko fisik yang reputasinya kurang jelas. Karena oli ini banyak banget palsu nya.

Nah daripada kena oli palsu gara2 ngincer harga murah nya, mending beli merek oli yang memang udah pasti ngga ada palsu nya aja
:mky_03:
Saya sebenarnya penasaran sama Mobil Super aio 0w-20 om, udah full synthetic dan harga head to head sama ptt super synthetic botol emas tutup emas.

Oia ada official store nya jg di market place
gas aja om biar gak penasaran, biar tau feelnya pas dipake...
apalagi beli di official store jgn takut barang palsu, kl stok lama sih bisa aja :big_peace: :big_peace:
Super setuju nih , ga coba sendiri ga akan tahu n ga terobati rasa "kepo"nya :big_exellent: :big_exellent:

Asal aseli n visco sesuai bukman yah sikat aja. Kalau ampe gaenak, yauwis pake aja 5-6 bulan kalau mobil jarang jalan terus ganti deh.

:big_biglaugh:
Image
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by evanbngdor »

AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 5:52
evanbngdor wrote: Wed Sep 08, 2021 4:55
AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 2:10 om/mbah, knp jarang yg nyaranin oli bikinan Mobil1 ya?
Saya 4 tahun belakangan ini hampir selalu pake Mobil1 Delvac 5w-40 sih di 2KD saya. Dan memang harga ngga bohong. Cuma ya memang kudu hati2 banget kalo beli Mobil1 di online atau toko fisik yang reputasinya kurang jelas. Karena oli ini banyak banget palsu nya.

Nah daripada kena oli palsu gara2 ngincer harga murah nya, mending beli merek oli yang memang udah pasti ngga ada palsu nya aja
:mky_03:
Saya sebenarnya penasaran sama Mobil Super aio 0w-20 om, udah full synthetic dan harga head to head sama ptt super synthetic botol emas tutup emas.

Oia ada official store nya jg di market place
ooo mobil super itu jg saya lg pake di CRV R20 saya. So far so good sesuai dengan harga nya yg waktu itu saya dapet
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Alkyl Napthalene base oil (Grup V)

menarik

so far yg ada salah 1 nya = Nulon Racing oil



* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

Unyil Opal Diesel 5W30 API CJ-4 promo lagi di BliBli

daripada beli TMO 5W30 Diesel murah riskan, sikat aja tu Unyil, barang pasti pasti.....asal gak lebih dr 5 tahun dari produksi sih aman

kayaknya ni Unyil rutin promo berkala ?

mau cuci gudang kah ?
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by kompresorz »

josomba wrote: Wed Sep 08, 2021 7:28
citygd8 wrote: Wed Sep 08, 2021 6:28
AbdulHakim wrote: Wed Sep 08, 2021 5:52
Saya sebenarnya penasaran sama Mobil Super aio 0w-20 om, udah full synthetic dan harga head to head sama ptt super synthetic botol emas tutup emas.

Oia ada official store nya jg di market place
gas aja om biar gak penasaran, biar tau feelnya pas dipake...
apalagi beli di official store jgn takut barang palsu, kl stok lama sih bisa aja :big_peace: :big_peace:
Super setuju nih , ga coba sendiri ga akan tahu n ga terobati rasa "kepo"nya :big_exellent: :big_exellent:

Asal aseli n visco sesuai bukman yah sikat aja. Kalau ampe gaenak, yauwis pake aja 5-6 bulan kalau mobil jarang jalan terus ganti deh.

:big_biglaugh:
:big_biglaugh:

hopeng sering bawa mobil gw klo lagi bareng.
pernah di tanya matiin mesin ac gak perlu di matiin dulu...

gw bilang biarin aja...kalo nanti bermasalah ya berarti gak boleh...

hopeng bilang o ya ya...gw bilang gitu aja kok repot...
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Sat Sep 04, 2021 15:19 Bagus nih cenel buat tontonan sebelum tidur

https://youtube.com/c/LubricationExplained
Ini channel YouTube yg bergizi.
Ada penjelasannya ttg zinc.

Perhatikan mulai di menit 3:40 dijelaskan yg merusak catalyst adalah sulfur & phosphorus nya.
Jadi bukan zinc yg merusak catalyst.

Dan ZDDP sebagai antioxidant diterangkan di sini.



Bandingkan dgn sumber2 yg asal ngebacot seperti ini :
Kaum racing mania yg berpuluh2 tahun masih saja pakai kaca mata kuda mengira yg dikuatirkan merusak catalyst adalah zinc.
Sampai bikin cerita hoax di mana2 yg berisi misleading informasi : zinc merusak catalyst, API mengurangi antiwear karena mengurangi kadar ZDDP sejak API SM.

Padahal ahli2 kimia sdh berulang2 kali menerangkan yg merusak catalyst adalah phosphorus (P) & sulfur (S).
Yg dikurangi oleh API adalah P, S, & sulfated ash karena akan merusak catalyst.
Itulah kenapa disingkat SAPS (Sulfated Ash, Phosporus, & Sulfur).
Orang eropa lebih suka menyebutnya SPAsh.

Pengurangan SAPS berdampak akan turunnya ZDDP, yes!
Tapi requirement antiwear juga dituntut makin tinggi sehingga perusahaan oli mengubah komposisi additive termasuk base oil nya untuk mengkompensasi penurunan ZDDP agar antiwear nya ttp lebih baik dan lolos standar API terbaru yg menuntut antiwear lebih baik.

Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.
Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dori2802 »

dimasapri wrote: Thu Sep 09, 2021 19:47 Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.

Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
mbah... mau tanya. contoh oli yg di garis bawahi itu apa yg mbah... inisial aja mbah... maaf soalnya ga ngudeng dan belum bisa membaca data2 oli..
:ungg:
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
soerya0711
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Tue Mar 29, 2016 10:02
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Ertiga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by soerya0711 »

Misi om, mau tanya saran, civic R20 saya uda mau ganti oli lagi yg 0w20.
browsing2, ada nemu beberapa merk yg kepo pengen dicoba, sbb :
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr
2. Mobil 1 advance, kisaran 200rb/ltr
3. Mobil 1 extended performance, 210rb/ltr
4. Motul H-tech 100 plus, kisaran 180rb/ltr

Oli sekarang pake Amsoil signature, ga ada keluhan, tarikan juga enak, tp penasaran aja pengen coba2 merk lain.
apakah dari merk2 diatas ada yg worth it buat dicoba? ato tetep pake amsoil aja ?
makasih sebelumnya.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by benzz89 »


soerya0711 wrote:Misi om, mau tanya saran, civic R20 saya uda mau ganti oli lagi yg 0w20.
browsing2, ada nemu beberapa merk yg kepo pengen dicoba, sbb :
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr
2. Mobil 1 advance, kisaran 200rb/ltr
3. Mobil 1 extended performance, 210rb/ltr
4. Motul H-tech 100 plus, kisaran 180rb/ltr

Oli sekarang pake Amsoil signature, ga ada keluhan, tarikan juga enak, tp penasaran aja pengen coba2 merk lain.
apakah dari merk2 diatas ada yg worth it buat dicoba? ato tetep pake amsoil aja ?
makasih sebelumnya.
No.3 Mobil 1 extended performance sih boleh dicoba itu om... ane jg kayanya mau nyoba next gantol... kalau gak khilaf murtad dr olinya mbah suhu Omni si amsowell ss [emoji4]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Sep 04, 2021 15:19 Bagus nih cenel buat tontonan sebelum tidur

https://youtube.com/c/LubricationExplained
Ini channel YouTube yg bergizi.
Ada penjelasannya ttg zinc.

Perhatikan mulai di menit 3:40 dijelaskan yg merusak catalyst adalah sulfur & phosphorus nya.
Jadi bukan zinc yg merusak catalyst.

Dan ZDDP sebagai antioxidant diterangkan di sini.



Bandingkan dgn sumber2 yg asal ngebacot seperti ini :
Kaum racing mania yg berpuluh2 tahun masih saja pakai kaca mata kuda mengira yg dikuatirkan merusak catalyst adalah zinc.
Sampai bikin cerita hoax di mana2 yg berisi misleading informasi : zinc merusak catalyst, API mengurangi antiwear karena mengurangi kadar ZDDP sejak API SM.

Padahal ahli2 kimia sdh berulang2 kali menerangkan yg merusak catalyst adalah phosphorus (P) & sulfur (S).
Yg dikurangi oleh API adalah P, S, & sulfated ash karena akan merusak catalyst.
Itulah kenapa disingkat SAPS (Sulfated Ash, Phosporus, & Sulfur).
Orang eropa lebih suka menyebutnya SPAsh.

Pengurangan SAPS berdampak akan turunnya ZDDP, yes!
Tapi requirement antiwear juga dituntut makin tinggi sehingga perusahaan oli mengubah komposisi additive termasuk base oil nya untuk mengkompensasi penurunan ZDDP agar antiwear nya ttp lebih baik dan lolos standar API terbaru yg menuntut antiwear lebih baik.

Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.
Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
Moga moga Alkylated Naphthalene sbg base oil akan diproduksi secara massal, juga diproduksi oleh persh2 Cungkwo & India......jangan cuman didominasi oleh ExxMob & King Ind aja

enak nanti oli2 kelas Keraton harga bersahabat

akakakakkaa
* Bukan ajakan Beli *
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by rendr »

soerya0711 wrote: Fri Sep 10, 2021 3:12 Misi om, mau tanya saran, civic R20 saya uda mau ganti oli lagi yg 0w20.
browsing2, ada nemu beberapa merk yg kepo pengen dicoba, sbb :
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr
2. Mobil 1 advance, kisaran 200rb/ltr
3. Mobil 1 extended performance, 210rb/ltr
4. Motul H-tech 100 plus, kisaran 180rb/ltr

Oli sekarang pake Amsoil signature, ga ada keluhan, tarikan juga enak, tp penasaran aja pengen coba2 merk lain.
apakah dari merk2 diatas ada yg worth it buat dicoba? ato tetep pake amsoil aja ?
makasih sebelumnya.
SHU sama M1 EP boleh dicoba om.. no 2 sama 4 skip aja
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by josomba »

soerya0711 wrote: Fri Sep 10, 2021 3:12 Misi om, mau tanya saran, civic R20 saya uda mau ganti oli lagi yg 0w20.
browsing2, ada nemu beberapa merk yg kepo pengen dicoba, sbb :
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr
2. Mobil 1 advance, kisaran 200rb/ltr
3. Mobil 1 extended performance, 210rb/ltr
4. Motul H-tech 100 plus, kisaran 180rb/ltr

Oli sekarang pake Amsoil signature, ga ada keluhan, tarikan juga enak, tp penasaran aja pengen coba2 merk lain.
apakah dari merk2 diatas ada yg worth it buat dicoba? ato tetep pake amsoil aja ?
makasih sebelumnya.
Saya dec 2020 - jun 2021 pake si nomor 1. Yaa oke2 saja lah.
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

soerya0711 wrote: Fri Sep 10, 2021 3:12
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr


makin kesini makin banyak sinterklas dan dermawan yang jualan oli ya....

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9703
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Suryaputra »

soerya0711 wrote: Fri Sep 10, 2021 3:12 Misi om, mau tanya saran, civic R20 saya uda mau ganti oli lagi yg 0w20.
browsing2, ada nemu beberapa merk yg kepo pengen dicoba, sbb :
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr
2. Mobil 1 advance, kisaran 200rb/ltr
3. Mobil 1 extended performance, 210rb/ltr
4. Motul H-tech 100 plus, kisaran 180rb/ltr

Oli sekarang pake Amsoil signature, ga ada keluhan, tarikan juga enak, tp penasaran aja pengen coba2 merk lain.
apakah dari merk2 diatas ada yg worth it buat dicoba? ato tetep pake amsoil aja ?
makasih sebelumnya.
saya selama 2 thn ke belakang,
2x pakai Q8 formula + pertamax + redline CFSC

di Sentra Pelumas 180rb seliter.
Made in (BUMN) Kuwait.

Pertama gantol di 7000km / 8 bulan
dan yg ke dua gantol di 8500km / 9,5 bulan...

hasilnya?

Head
*setelah diguyur Q8 baru dikit
Image


Daleman Intake
*setelah dilap pinggiran luar-nya pake tissue magic :mky_03:
Image


Garasi 69 style (no corong)
Image

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by vvti16valve »

soerya0711 wrote: Fri Sep 10, 2021 3:12 Misi om, mau tanya saran, civic R20 saya uda mau ganti oli lagi yg 0w20.
browsing2, ada nemu beberapa merk yg kepo pengen dicoba, sbb :
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr
2. Mobil 1 advance, kisaran 200rb/ltr
3. Mobil 1 extended performance, 210rb/ltr
4. Motul H-tech 100 plus, kisaran 180rb/ltr

Oli sekarang pake Amsoil signature, ga ada keluhan, tarikan juga enak, tp penasaran aja pengen coba2 merk lain.
apakah dari merk2 diatas ada yg worth it buat dicoba? ato tetep pake amsoil aja ?
makasih sebelumnya.
gak kepoin Ravenol om ? :big_exellent:
:big_think:
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by vvti16valve »

dimasapri wrote: Thu Sep 09, 2021 19:47
Turboman wrote: Sat Sep 04, 2021 15:19 Bagus nih cenel buat tontonan sebelum tidur

https://yout*ube.com/c/LubricationExplained
Ini channel YouTube yg bergizi.
Ada penjelasannya ttg zinc.
https://you*tu.be/3PeqJqss0Ao
Perhatikan mulai di menit 3:40 dijelaskan yg merusak catalyst adalah sulfur & phosphorus nya.
Jadi bukan zinc yg merusak catalyst.

Dan ZDDP sebagai antioxidant diterangkan di sini.
https://you*tu.be/6TF4a35WfLk


Bandingkan dgn sumber2 yg asal ngebacot seperti ini : https://you*tu.be/PgXRNEukzn0
Kaum racing mania yg berpuluh2 tahun masih saja pakai kaca mata kuda mengira yg dikuatirkan merusak catalyst adalah zinc.
Sampai bikin cerita hoax di mana2 yg berisi misleading informasi : zinc merusak catalyst, API mengurangi antiwear karena mengurangi kadar ZDDP sejak API SM.

Padahal ahli2 kimia sdh berulang2 kali menerangkan yg merusak catalyst adalah phosphorus (P) & sulfur (S).
Yg dikurangi oleh API adalah P, S, & sulfated ash karena akan merusak catalyst.
Itulah kenapa disingkat SAPS (Sulfated Ash, Phosporus, & Sulfur).
Orang eropa lebih suka menyebutnya SPAsh.

Pengurangan SAPS berdampak akan turunnya ZDDP, yes!
Tapi requirement antiwear juga dituntut makin tinggi sehingga perusahaan oli mengubah komposisi additive termasuk base oil nya untuk mengkompensasi penurunan ZDDP agar antiwear nya ttp lebih baik dan lolos standar API terbaru yg menuntut antiwear lebih baik.

Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.
Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
Mau tanya om, terkait tulisan yg saya Bold diatas.
Jika ada beberapa Oli yg memang melakukan test sendiri seperti requirement yg dilakukan oleh API dan dari hasil test itu
mereka menyimpulkan sudah meet API atau setara requirement API tapi tidak mendaftar untuk Approval karena suatu & lain hal.
lalu oli itu melakukan test lagi selain test yg dilakukan oleh API dan bisa dikatakan test itu lebih berat seperti contoh test yg dilakukan oleh Mercedes-Benz untuk specification for operating fluids (engine oil) dengan hasil spesifikasi test kode MB.229.x1/2 dan oli tersebut lulus juga diakui oleh Mercedes Benz AG
jadi bisa dikatakan oli tersebut konyol dan akan memperpendek umur mesin?

jadi bagaimana pendapat om mengenai capture yg saya berikan dibawah ini ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:big_think:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by Or4cle »

marmut wrote: Fri Sep 10, 2021 4:22
soerya0711 wrote: Fri Sep 10, 2021 3:12
1. Shell Helix Ultra, 150rb/ltr


makin kesini makin banyak sinterklas dan dermawan yang jualan oli ya....

:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Bagi yang paham aja yaa mbah :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by marmut »

Or4cle wrote: Sat Sep 11, 2021 13:22

Bagi yang paham aja yaa mbah :big_grin:

yang paham dan perduli dengan mesin mobilnya... :big_grin:
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by dimasapri »

vvti16valve wrote: Sat Sep 11, 2021 13:21
dimasapri wrote: Thu Sep 09, 2021 19:47
Turboman wrote: Sat Sep 04, 2021 15:19 Bagus nih cenel buat tontonan sebelum tidur

https://yout*ube.com/c/LubricationExplained
Ini channel YouTube yg bergizi.
Ada penjelasannya ttg zinc.
https://you*tu.be/3PeqJqss0Ao
Perhatikan mulai di menit 3:40 dijelaskan yg merusak catalyst adalah sulfur & phosphorus nya.
Jadi bukan zinc yg merusak catalyst.

Dan ZDDP sebagai antioxidant diterangkan di sini.
https://you*tu.be/6TF4a35WfLk


Bandingkan dgn sumber2 yg asal ngebacot seperti ini : https://you*tu.be/PgXRNEukzn0
Kaum racing mania yg berpuluh2 tahun masih saja pakai kaca mata kuda mengira yg dikuatirkan merusak catalyst adalah zinc.
Sampai bikin cerita hoax di mana2 yg berisi misleading informasi : zinc merusak catalyst, API mengurangi antiwear karena mengurangi kadar ZDDP sejak API SM.

Padahal ahli2 kimia sdh berulang2 kali menerangkan yg merusak catalyst adalah phosphorus (P) & sulfur (S).
Yg dikurangi oleh API adalah P, S, & sulfated ash karena akan merusak catalyst.
Itulah kenapa disingkat SAPS (Sulfated Ash, Phosporus, & Sulfur).
Orang eropa lebih suka menyebutnya SPAsh.

Pengurangan SAPS berdampak akan turunnya ZDDP, yes!
Tapi requirement antiwear juga dituntut makin tinggi sehingga perusahaan oli mengubah komposisi additive termasuk base oil nya untuk mengkompensasi penurunan ZDDP agar antiwear nya ttp lebih baik dan lolos standar API terbaru yg menuntut antiwear lebih baik.

Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.
Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
Mau tanya om, terkait tulisan yg saya Bold diatas.
Jika ada beberapa Oli yg memang melakukan test sendiri seperti requirement yg dilakukan oleh API dan dari hasil test itu
mereka menyimpulkan sudah meet API atau setara requirement API tapi tidak mendaftar untuk Approval karena suatu & lain hal.
lalu oli itu melakukan test lagi selain test yg dilakukan oleh API dan bisa dikatakan test itu lebih berat seperti contoh test yg dilakukan oleh Mercedes-Benz untuk specification for operating fluids (engine oil) dengan hasil spesifikasi test kode MB.229.x1/2 dan oli tersebut lulus juga diakui oleh Mercedes Benz AG
jadi bisa dikatakan oli tersebut konyol dan akan memperpendek umur mesin?

jadi bagaimana pendapat om mengenai capture yg saya berikan dibawah ini ?
Jangan sampai misleading, Om.
Perhatikan baik2 statement saya.
Jika ada oli yg klaim meet API cuma dari bench rest (lab test).
Tapi tidak comply dgn engine test.

Melakukan engine test tdk semudah melakukan lab test.
Di dalam lab test requirement yg diatur hanya masalah viscosity dalam kondisi fresh (belum disiksa di dalam mesin).
Juga kandungan maksimum SAPS.

Lebih berat sedikit, masalah elastomer compatibility.
Yg berat2 lagi ada phophorus retentian, gelation index, ball rust test, etc; yg tidak bakalan terbaca hasilnya dalam uji oli semacam VOA atau UOA yg biasa dilakukan suhu2 SM di Trakindo.

Apalagi kalau sdh bicara engine test requirement.
Sequence2 pengujiannya sdh diatur secara spesifik, menggunakan mesin tipe tertentu yg sdh ditentukan untuk tiap tipe sequence nya, untuk mensimulasikan minimum quality yg ditetapkan.

Bagaimana kita bisa yakin sudah diuji dgn benar kalau hanya klaim sepihak?
Satu2nya cara trial & error.
Kalau saya gak bakalan mau gambling.
Mending beli oli yg sdh pasti ada approval nya dan benar2 terdaftar dalam registrasi approvalnya.

Adapun oli beres, mereka boleh saja merasa gak perlu pakai approval2 segala karena mereka sendiri yg menjamin jika ada kerusakan yg disebabkan oleh penggunaan oli mesin mereka.
User avatar
vvti16valve
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 14

Post by vvti16valve »

dimasapri wrote: Sat Sep 11, 2021 13:48
vvti16valve wrote: Sat Sep 11, 2021 13:21
dimasapri wrote: Thu Sep 09, 2021 19:47

Ini channel YouTube yg bergizi.
Ada penjelasannya ttg zinc.
https://you*tu.be/3PeqJqss0Ao
Perhatikan mulai di menit 3:40 dijelaskan yg merusak catalyst adalah sulfur & phosphorus nya.
Jadi bukan zinc yg merusak catalyst.

Dan ZDDP sebagai antioxidant diterangkan di sini.
https://you*tu.be/6TF4a35WfLk


Bandingkan dgn sumber2 yg asal ngebacot seperti ini : https://you*tu.be/PgXRNEukzn0
Kaum racing mania yg berpuluh2 tahun masih saja pakai kaca mata kuda mengira yg dikuatirkan merusak catalyst adalah zinc.
Sampai bikin cerita hoax di mana2 yg berisi misleading informasi : zinc merusak catalyst, API mengurangi antiwear karena mengurangi kadar ZDDP sejak API SM.

Padahal ahli2 kimia sdh berulang2 kali menerangkan yg merusak catalyst adalah phosphorus (P) & sulfur (S).
Yg dikurangi oleh API adalah P, S, & sulfated ash karena akan merusak catalyst.
Itulah kenapa disingkat SAPS (Sulfated Ash, Phosporus, & Sulfur).
Orang eropa lebih suka menyebutnya SPAsh.

Pengurangan SAPS berdampak akan turunnya ZDDP, yes!
Tapi requirement antiwear juga dituntut makin tinggi sehingga perusahaan oli mengubah komposisi additive termasuk base oil nya untuk mengkompensasi penurunan ZDDP agar antiwear nya ttp lebih baik dan lolos standar API terbaru yg menuntut antiwear lebih baik.

Yg konyol kalau ada produk oli yg ngaku meet API requirements cuma dari sisi bench test nya dan fokus ke max kandungan P, S, & sulfated ash nya.
Sedangkan engine test requirements nya gak comply.
Oli2 seperti ini yg akan memperpendek umur mesin.
Mau tanya om, terkait tulisan yg saya Bold diatas.
Jika ada beberapa Oli yg memang melakukan test sendiri seperti requirement yg dilakukan oleh API dan dari hasil test itu
mereka menyimpulkan sudah meet API atau setara requirement API tapi tidak mendaftar untuk Approval karena suatu & lain hal.
lalu oli itu melakukan test lagi selain test yg dilakukan oleh API dan bisa dikatakan test itu lebih berat seperti contoh test yg dilakukan oleh Mercedes-Benz untuk specification for operating fluids (engine oil) dengan hasil spesifikasi test kode MB.229.x1/2 dan oli tersebut lulus juga diakui oleh Mercedes Benz AG
jadi bisa dikatakan oli tersebut konyol dan akan memperpendek umur mesin?

jadi bagaimana pendapat om mengenai capture yg saya berikan dibawah ini ?
Jangan sampai misleading, Om.
Perhatikan baik2 statement saya.
Jika ada oli yg klaim meet API cuma sari bench rest (lab test).
Tapi tidak comply dgn engine test.
Melakukan engine test rdk semudah melakukan lab test.
Di dalam lab test requirement yg diatur hanya masalah viscosity dalam kondisi fresh (belum disiksa di dalam mesin).
Juga kandungan maksimum SAPS.

Lebih berat sedikit, masalah elastomer compatibility.
Yg berat2 lagi ada phophorus retentian, gelation index, ball rust test, etc; yg tidak bakalan terbaca hasilnya dalam uji oli semacam VOA atau UOA yg biasa dilakukan suhu2 SM di Trakindo.

Apalagi kalau sdh bicara engine test requirement.
Sequence2 pengujiannya sdh diatur secara spesifik, menggunakan mesin tipe tertentu yg sdh ditentukan untuk tiap tipe sequence nya, untuk mensimulasikan minimum quality yg ditetapkan.

Bagaimana kita bisa yakin sudah diuji dgn benar kalau hanya klaim sepihak?
Satu2nya cara trial & error.
Kalau saya gak bakalan mau gambling.
Mending beli oli yg sdh pasti ada approval nya dan benar2 terdaftar dalam registrasi approvalnya.

Adapun oli beres, mereka boleh saja merasa gak perlu pakai approval2 segala karena mereka sendiri yg menjamin jika ada kerusakan yg disebabkan oleh penggunaan oli mesin mereka.
oh siaap om, berarti saya agak missleading bacanya om :D

saya sependapat dengan om mengenai masalah klaim sepihak yg kita pun belum tentu tahu kebenarannya.

:big_exellent:
:big_think: