BA merk ono, ada di sini koktriport13 wrote: ↑Fri Jan 28, 2022 23:17Di bukman paling encer 5W30 om, emg penasaran aja pake buntunt 20 gimana. Ternyata emg enteng bgt tp jadi lebih kasar aja suara mesinnyaSuryaputra wrote:Berarti cocoknya pk 5w30 mbah.triport13 wrote: ↑Fri Jan 28, 2022 13:53
Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?
Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar
Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Di manual booknya boleh 0w20?
Wah asoy ngadu ams signature sm q8
Iya nih om merk ono harganya lg ga masuk kantong jd nyoba merknya om surya dulu [emoji3526]
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Simple yaa.Omnibus wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 0:50di bengkel resmi sy ga tau mereka bisa repair ngga, jangan2 disuruh ganti assy baru. kan sayang buang2 wang kl ternyata carbon brush msh tebel dan cuma perlu dibersihkan aja.
coba skip ke menit 7:22 dan 7:49. cuma mekanisme itu yg perlu dibersihkan n grease ulang.
atau video ini, sama aja. lucu orangnya, ndeso tp kl istilah2 bhs inggris dia ga pernah keliru nyebutnya
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel
Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.Omnibus wrote:wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
imingwahyudi wrote:Suara tek tek vvti itu yang ~5 detik pertama setelah mesin menyala bukan Om?triport13 wrote: ↑Fri Jan 28, 2022 13:53Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?imingwahyudi wrote:Nitip sendal di thread baru
Minggu kemarin akhirnya annual oil change, AMS sig 5w30 pemakaian pas 1 tahun, odo di ~9000 km. Berhubung level dipstick aman from time to time, diputuskan untuk coba viskositas 0w20. Secara specsheet, Avanza K3VE mentok di 5w30. Terlanjur dibeli dan penasaran, yowes this year's bakal using ams 0w20.
For the first hundred kilometers, nothing worrying to be reported. Engine still running smooth (mungkin karena sisa oli kemarin?), heavy traffic pun nggak ada ngelitik/powerloss/sudden jolt/piston splurting out from the engine bay
On the other hand, FC pun sama, engine response tad better (karena habis service juga ogud rasa).
Lets see untuk bulan-bulan selanjutnya, mungkin akan fokus di dipstick level
Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar
Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Untuk suara mesin di cruising rpm negligible, blm dengar dari luar soalnya
Untuk level oli apakah menurun signifikan Om? Atau minim/normal saat di sig 0w20?
Weee Q8, sebelum ams sig sempat pakai itu, cuma lupa yang D1 atau G long life
Betul om suara tek tek di awal nyalain mesin
Ini saya udh 10 bln pake Ams sig 0W-20 sejauh 8rb km sih penurunan hampir ga terasa om. Emg mesin ini jg ga boros oli sih kebetulan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Tmo w40 ngerii.triport13 wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 6:03Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.Omnibus wrote:wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
Cocoknya buat dorong oli lama, di oil pan aja
Btw, setelah pakai Q8 0w20
1st use OCI 7rb km
2nd use OCI 8rb km
3rd use 9rb KM and keep going
Posisi skrg di 47rb km
Semoga seterusnya kyk gini
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 98
- Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Sebelumnya ada varnish ato bahkan sludge om surya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
ndak mbah.
sblmnya pakai oli be-res dan bbrp oli yg kelas OCI nya di 5rb Km aja.
Jujur klo dah varnish susah.
Yaris ortu, dah varnish agak tebel, susah ngilangin nya
Plg OCI jd tiap 3rb KM aja pk 5w30 PTT botol item.
Mencegah emg lbh baik daripada ngobatin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1871
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
KinclongSuryaputra wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 7:21
Tmo w40 ngerii.
Cocoknya buat dorong oli lama, di oil pan aja
Btw, setelah pakai Q8 0w20
1st use OCI 7rb km
2nd use OCI 8rb km
3rd use 9rb KM and keep going
Posisi skrg di 47rb km
Semoga seterusnya kyk gini
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
varnish mah ga usa takut , mobil2 jaman dl jg banyak koq yg varnish2an
yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj
kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
yg penting jgn ampe ada jelly, atau kerak2 aj
kbanyakan takut ama warna2 sgala nanti jd sasaran empuk fabriekan oli
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Wkwkkwkwkwkw
Celupin migor sm margarin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
simple?? jangan keburu seneng dulu mbah.Suryaputra wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 4:40Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel
Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69
yg mobilio harus angkat radiator beserta fan2nya
...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Omnibus wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 9:29simple?? jangan keburu seneng dulu mbah.Suryaputra wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 4:40Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel
Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69
yg mobilio harus angkat radiator beserta fan2nya
...
Iya itu ribetnyaaa
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obdtriport13 wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 6:03Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.Omnibus wrote:wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Mbah sy mau dong dicolok mobilnya.Omnibus wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 9:37wahaha persis temen sy, mobilnya sama altis juga 2017. krn emang ga ngerti permesinan dia merasa kl bengkel resmi suruhnya 10k km itu sdh betul. sama pakenya 10w40 juga. masalahnya dia mobil beli second jd skrg kondisinya gimana sy jg ga tau. haha orgnya lucu jg, mobilnya mau sy bantu cek lihat trouble codes pake scanner aja udah ketakutan takut jd rusak n mogok krn dicolok obdtriport13 wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 6:03Sampai umur mobil 7 tahun/70.000 km saya oci 1 tahun/10rb km om aliran bengkel resmi dan pakai TMO 10w40 [emoji28], sempet ganti packing klep baru ketauan varnishnya mayan tebel.Omnibus wrote:
wah ini lbh ribet urusannya om. actuator vvti dan/atau timing chain udah minta jajan. solenoid oil control vvti jg perlu dicek. ga sampai turun cyl head sih, cuma harga partsnya sptnya lumayan
sering oci 10k km kah om?
Sejak itu baru deh pake oli mid-high dan maksimal oci 8-10 bulan/ 6-8 rb km
Kalo gejala gini diterusin tanpa dibetulin apakah bahaya om?
ok btt, kl diterusin nanti timing chain sama camshaft sprocket nya yg aus berlebihan. dan yg paling parah kl chain nya sdh aus bisa putus tiba2, n krn engine ini interference engine kl timing chain putus akibatnya piston bisa mentok sama valves. biayanya jd jauh lbh mahal.
kl ada dana n mobil msh mau dipake lama ya mending dibetulin om.
Hbs push di tol trus colok obd mau lihat temp mesin sm girboks
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Ada varnish bukannya emang bener yah harus cabut aki dulu..Omnibus wrote:ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
lalu di turunin mesinnya...
lalu di porting & polish...
baru deh kinclong itu jeroan...
baru bener2 klarrr + pake oli keraton deh abis itu [emoji1]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Atau ganti bpkbbenzz89 wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 10:21Ada varnish bukannya emang bener yah harus cabut aki dulu..Omnibus wrote:ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
lalu di turunin mesinnya...
lalu di porting & polish...
baru deh kinclong itu jeroan...
baru bener2 klarrr + pake oli keraton deh abis itu [emoji1]
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
mending lipindut donkOmnibus wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 9:29simple?? jangan keburu seneng dulu mbah.Suryaputra wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 4:40Simple yaa.
Persis kyk sy kmrn baru bersihin alat bor,
Cuman regrease dan cek carbon brush msh tebel
Bongkarnya aja yg ribet, butuh bantuan terapis garasi 69
yg mobilio harus angkat radiator beserta fan2nya
...
copotin tabung reservoir coolant doank
mo 3 hari skali copotin buat di kasi vet jg gapapa
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26955
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
dan jangan lupa dimandiin pake aer dari mata aer gunung kawi, gunung injen dan gunung agung, trus dikasi kembang 7 rupa, roko tjap gledek, ama menyan sprapat ons
lgs ilang tuh varnish
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
bukan ilang tp secara mistik pindah vernis dan slaj nya ke as kopel sang pemilik mobil. haa pas lagi mau action kaget sendiri.DOHC wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 11:50dan jangan lupa dimandiin pake aer dari mata aer gunung kawi, gunung injen dan gunung agung, trus dikasi kembang 7 rupa, roko tjap gledek, ama menyan sprapat ons
lgs ilang tuh varnish
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
I see...sejauh ini malah lebih cepat hilang suara kasar nya kalo mesin dingin...keliatan di lampu oil pressure juga. Mungkin karena oli masih baru..Aman berarti pakai viscosity 0w20 [emoji1]triport13 wrote:imingwahyudi wrote:Suara tek tek vvti itu yang ~5 detik pertama setelah mesin menyala bukan Om?triport13 wrote: ↑Fri Jan 28, 2022 13:53 Cold start ada suara tek tek vvti yg lebih lama kah om setelah ganti ke 0W-20?
Saya di 3SZVE dari 0W-30 ke 0W-20 (sama sama AMS sig) yg dirasa pas cold start suara tek tek vvti lebih lama, saat jalan normal di rpm 1500-3000 juga lebih kasar
Besok rencananya mau ganti oli pake Q8 special D1 5W-30 beli dr om @hackers11 setelah pake 0W-20 selama 10 bulan/8000an KM.
Untuk suara mesin di cruising rpm negligible, blm dengar dari luar soalnya
Untuk level oli apakah menurun signifikan Om? Atau minim/normal saat di sig 0w20?
Weee Q8, sebelum ams sig sempat pakai itu, cuma lupa yang D1 atau G long life
Betul om suara tek tek di awal nyalain mesin
Ini saya udh 10 bln pake Ams sig 0W-20 sejauh 8rb km sih penurunan hampir ga terasa om. Emg mesin ini jg ga boros oli sih kebetulan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]Omnibus wrote:ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11072
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
imingwahyudi wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 12:10
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]
lapisan warna kekuningan seperti ini :
jangan membayangkan clear coat. kalo itu, pake tehnik flow coat 3x jadi makin bagus.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11376
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
nah itu yg di foto atasimingwahyudi wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 12:10Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]Omnibus wrote:ga usah takut sama varnish ya mbah!
ada varnish = cabut aki
kelaar!
terjadi akibat oksidasi, gesekan dan panas. biasanya akibat oci terlalu lama terutama pada oli yg kl menguap meninggalkan residu (low quality oil tdk murni, banyak impurities nya)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5727
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Wih, keren mbah, warnanya jadi kayak Mclaren ini ya mbah.marmut wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 12:18imingwahyudi wrote: ↑Sat Jan 29, 2022 12:10
Varnish itu yang spt apa Om? Di kepala soalnya lsg kepikiran clear coat nya cat[emoji28]
lapisan warna kekuningan seperti ini :
20201026_161010.jpg
jangan membayangkan clear coat. kalo itu, pake tehnik flow coat 3x jadi makin bagus.