Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

ekokw wrote: Thu Feb 10, 2022 3:53 Bener mbah saya juga jadinya order online setelah menyimak cerita rekan2 disini. Karena di tempat saya (Denpasar) juga susah stocknya akhirnya beli online via toko ijo. Awalnya consider cari LM705 atau CC6 tapi setelah dihitung2 (termasuk ongkir juga) masih lebih value si ATM2 ini. Dan akhirnya puas karena impresi awal sangat positif dibanding ban yang digantikan (Primacy 3ST ), terasa lebih hening sedikit dan nyaman padahal awalnya ngga berharap banyak (mungkin karena Primacy nya dah deket TWI) belum tau untuk jangka panjangnya, semoga tetep hening dan nyaman. Juga belum tau performancenya saat hujan karena stelah dipasang belum hujan2 lagi. BTW GY ATM2 nya dipasang di Honda BRV
wah mantap jg klo ATM2 on-par sm micin primacy 3st.
krn waktu itu si primacy 3st kelas premium, dgn harga even di atas turanza series.

untuk jangka panjang emang si ATM2 harus dibuktikan dalam waktu 3-4 thn pakai
atau sudah mendekati TWI.

setelah kira2 sisa 1-2mm dari TWI consider untuk ganti,
karena kemampuan hydroplaning nya jg pasti dah turun drastis

osbertc0ol wrote: Thu Feb 10, 2022 5:17
rakyatwkwkland wrote: Mon Feb 07, 2022 9:20
babam20 wrote: Sun Feb 06, 2022 14:54 hhmmm....

dipikir energy xm2 termasuk ban oke ternyata termasuk eco, sayangnya primacy 4 ga ada buat ipah 205/65/15

keliatannya gy atm2 bisa jadi pilihan nih
Ane pake xm2, emg kalo dari serinya sih termasuk seri ban eco2nya micin ya. Cmn kayanya kalo mau disejajarkan dgn ban eco2 murmer lain let say enasave dan ecopia, agak kurang tepat juga kalo kata ane. Pengalaman pakai di ertiga, dibanding enasave bawaan emg berasa agak naik kelas sih. Lebih senyap lumayan banyak, grip jg berasa lebih bagus. Tapi kalo dibanding dgn yg kelas premium summer touring seharga seperti turanza, LM705, dll, yah no komen soalnya ane belon pernah pake.

Cuman pernah waktu ane nanya2 di sini, baca sharing dari salah satu SMers yg kebetulan katanya pernah make turanza t005a dan micin xm2+, menurut ybs katanya yaa... emg lebih patut disejajarkan dgn t005a ya. Menangnya xm2+ ini dari turanza katanya ybs lebih ke kesenyapan dan keempukan aja, turanza lebih keras sikit mungkin biar lebih battle proven di jalanan indo yg maha jahanam ini. Makanya akhirnya ane memantapkan diri ambil xm2+ karena waktu itu budget sampe turanza, tapi toko di daerah ane jual turanza size 185/65 R15 pada mahal2 euy, kisaran 950 - 1 jt. Malah ane ketemu ada toko yg jual xm2+ cmn 875, yaudah akhirnya ga pake lama sikat xm2+ ajah.

Tapi itu katanya lhoo ya, bukan kata ane. Ane cmn bisa bandingin xm2+ dgn enasave dan ecopia doang soalnya cmn pernah pake itu :big_blushing:
setuju dengan ini, saya pake XM2 di mobilio udah 3tahun lebih 35rb km, puas banget.
Lio gw ride quality meningkat sangat2 jauh.

Empuk, stabil, jauh lbh senyap.

micin emg ga salah sih.
so far durability jg aman, blm pernah kena paku sejauh ini.

tp memang wear nya ga sekuat Dunlop SP300.

---------
Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 23:44
sekondel wrote: Mon Feb 07, 2022 22:08

Wah samaan, ane pake GY ATM juga di mobilio.. So far cukup puas kalo di bandingkan price vs performanya.. Joss bener
:big_okay:
kena berapaan om GY ATM?
Ride quality naik jauh?

oh iya ya harga ban endorsean pada naik, abis ngecek LM705 kok naik 50 - 100rb vs tahun lalu.
taun lalu ambil LM705 215 60 17 di 865k skrg 920k. tergiur dengan harganya.

trus sempet ngecek alenza vs enasave 215 60 17, 1.1jt vs 750k.
buset yg rush dapet enasave agak suek ya..
Wah alhamdulillah yaa,
kualitasnya dah improve si XM2+ compare dgn XM2 yg pernah saya pakai.
semoga awet mbah sampai 1-2mm dari TWI, nanti lgs ganti lagi.

Awalnya sy ngincer Micin Primacy 4,
karena di size yg sama, harganya Betiii sm Energy.
tapi sayang, size 185 gak ada.

Jadinya sy ambil GY ATM2 dapat di harga 600rb-an
di daerah Moh Toha: https://goo.gl/maps/f828rjtiYzUm8BHEA
dapat kartu garansi + cap diler resmi untuk 1thn / 20rb km

itu juga dapat alamatnya dr Mr. Google
dgn keyword Good Year Bandung


klo di webnya GY kurang update,
wkwkwkwk
Last edited by Suryaputra on Thu Feb 10, 2022 6:46, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Thu Feb 10, 2022 0:00 Baca2 di sini jadi tertarik sama GY ATM2.

Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
Di Moh Toha mbah
sy dapat info dr mr. google dgn keyword "Good Year Bandung"
webnya GY kurang update alamat :big_biglaugh:

Saya beli di: https://goo.gl/maps/m1re7W2gDzaLJbqC7

Alternatif di deretan jalan yg sama juga jual: https://goo.gl/maps/uTJWSKcbhVEM8jis9
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by rakyatwkwkland »

Suryaputra wrote: Thu Feb 10, 2022 6:34
osbertc0ol wrote: Thu Feb 10, 2022 5:17
rakyatwkwkland wrote: Mon Feb 07, 2022 9:20

Ane pake xm2, emg kalo dari serinya sih termasuk seri ban eco2nya micin ya. Cmn kayanya kalo mau disejajarkan dgn ban eco2 murmer lain let say enasave dan ecopia, agak kurang tepat juga kalo kata ane. Pengalaman pakai di ertiga, dibanding enasave bawaan emg berasa agak naik kelas sih. Lebih senyap lumayan banyak, grip jg berasa lebih bagus. Tapi kalo dibanding dgn yg kelas premium summer touring seharga seperti turanza, LM705, dll, yah no komen soalnya ane belon pernah pake.

Cuman pernah waktu ane nanya2 di sini, baca sharing dari salah satu SMers yg kebetulan katanya pernah make turanza t005a dan micin xm2+, menurut ybs katanya yaa... emg lebih patut disejajarkan dgn t005a ya. Menangnya xm2+ ini dari turanza katanya ybs lebih ke kesenyapan dan keempukan aja, turanza lebih keras sikit mungkin biar lebih battle proven di jalanan indo yg maha jahanam ini. Makanya akhirnya ane memantapkan diri ambil xm2+ karena waktu itu budget sampe turanza, tapi toko di daerah ane jual turanza size 185/65 R15 pada mahal2 euy, kisaran 950 - 1 jt. Malah ane ketemu ada toko yg jual xm2+ cmn 875, yaudah akhirnya ga pake lama sikat xm2+ ajah.

Tapi itu katanya lhoo ya, bukan kata ane. Ane cmn bisa bandingin xm2+ dgn enasave dan ecopia doang soalnya cmn pernah pake itu :big_blushing:
setuju dengan ini, saya pake XM2 di mobilio udah 3tahun lebih 35rb km, puas banget.
Lio gw ride quality meningkat sangat2 jauh.

Empuk, stabil, jauh lbh senyap.

micin emg ga salah sih.
so far durability jg aman, blm pernah kena paku sejauh ini.

tp memang wear nya ga sekuat Dunlop SP300.

---------
Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 23:44

:big_okay:
kena berapaan om GY ATM?
Ride quality naik jauh?

oh iya ya harga ban endorsean pada naik, abis ngecek LM705 kok naik 50 - 100rb vs tahun lalu.
taun lalu ambil LM705 215 60 17 di 865k skrg 920k. tergiur dengan harganya.

trus sempet ngecek alenza vs enasave 215 60 17, 1.1jt vs 750k.
buset yg rush dapet enasave agak suek ya..
Wah alhamdulillah yaa,
kualitasnya dah improve si XM2+ compare dgn XM2 yg pernah saya pakai.
semoga awet mbah sampai 1-2mm dari TWI, nanti lgs ganti lagi.

Awalnya sy ngincer Micin Primacy 4,
karena di size yg sama, harganya Betiii sm Energy.
tapi sayang, size 185 gak ada.


Jadinya sy ambil GY ATM2 dapat di harga 600rb-an
di daerah Moh Toha: https://goo.gl/maps/f828rjtiYzUm8BHEA
dapat kartu garansi + cap diler resmi untuk 1thn / 20rb km

itu juga dapat alamatnya dr Mr. Google
dgn keyword Good Year Bandung


klo di webnya GY kurang update,
wkwkwkwk
Hahaha... yang ane bold, bener2 derita kita orang user R15 ke bawah mau cari ban yg bagusan kok kayanya rada lebih minim pilihan gitu ya :big_biglaugh:
Mentok2 yg paling bagus kayanya cmn turanza apa ya buat R15 ini?

Waktu itu jg ngincer primacy, tp kata orang toko buat R15 adanya yg size 195/65 size bawaannya luxio APV. 195/60 apalagi 185/65 kagak ada. Wah kalo 195/65 mah mundur dah, soalnya udah berkali2 liat ANE make ban size segitu kok kayanya tebel amad yak... keliatan aneh...

Ban modelan micin premesi, kuntil MC6 UC6, hankuk ventus gitu2 kayanya emg baru ada size R16 ke atas sih ya kayanya? Entah kalo potenza buat R15 masih ada ga ya?

Btw sebenernya kita orang yg make R15 msh mendingan sih, at least masih ada kayak turanza, ATM2, LM705, XM2+, CC6 dll... Waktu itu pernah nyari buat R13, lha wong nyari ekopeyang aja susahnya setengah mati. Banyakan toko nyetoknya modelan BS techno (bukan technosport ya), GT BXT, accelera achiles dan kawan2, yang kayanya kalo dibanding ekopeyang masih lebih terpercaya ekopeyang rasanya...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

rakyatwkwkland wrote: Thu Feb 10, 2022 13:15
Suryaputra wrote: Thu Feb 10, 2022 6:34
osbertc0ol wrote: Thu Feb 10, 2022 5:17

setuju dengan ini, saya pake XM2 di mobilio udah 3tahun lebih 35rb km, puas banget.
Lio gw ride quality meningkat sangat2 jauh.

Empuk, stabil, jauh lbh senyap.

micin emg ga salah sih.
so far durability jg aman, blm pernah kena paku sejauh ini.

tp memang wear nya ga sekuat Dunlop SP300.

---------



kena berapaan om GY ATM?
Ride quality naik jauh?

oh iya ya harga ban endorsean pada naik, abis ngecek LM705 kok naik 50 - 100rb vs tahun lalu.
taun lalu ambil LM705 215 60 17 di 865k skrg 920k. tergiur dengan harganya.

trus sempet ngecek alenza vs enasave 215 60 17, 1.1jt vs 750k.
buset yg rush dapet enasave agak suek ya..
Wah alhamdulillah yaa,
kualitasnya dah improve si XM2+ compare dgn XM2 yg pernah saya pakai.
semoga awet mbah sampai 1-2mm dari TWI, nanti lgs ganti lagi.

Awalnya sy ngincer Micin Primacy 4,
karena di size yg sama, harganya Betiii sm Energy.
tapi sayang, size 185 gak ada.


Jadinya sy ambil GY ATM2 dapat di harga 600rb-an
di daerah Moh Toha: https://goo.gl/maps/f828rjtiYzUm8BHEA
dapat kartu garansi + cap diler resmi untuk 1thn / 20rb km

itu juga dapat alamatnya dr Mr. Google
dgn keyword Good Year Bandung


klo di webnya GY kurang update,
wkwkwkwk
Hahaha... yang ane bold, bener2 derita kita orang user R15 ke bawah mau cari ban yg bagusan kok kayanya rada lebih minim pilihan gitu ya :big_biglaugh:
Mentok2 yg paling bagus kayanya cmn turanza apa ya buat R15 ini?

Waktu itu jg ngincer primacy, tp kata orang toko buat R15 adanya yg size 195/65 size bawaannya luxio APV. 195/60 apalagi 185/65 kagak ada. Wah kalo 195/65 mah mundur dah, soalnya udah berkali2 liat ANE make ban size segitu kok kayanya tebel amad yak... keliatan aneh...

Ban modelan micin premesi, kuntil MC6 UC6, hankuk ventus gitu2 kayanya emg baru ada size R16 ke atas sih ya kayanya? Entah kalo potenza buat R15 masih ada ga ya?

Btw sebenernya kita orang yg make R15 msh mendingan sih, at least masih ada kayak turanza, ATM2, LM705, XM2+, CC6 dll... Waktu itu pernah nyari buat R13, lha wong nyari ekopeyang aja susahnya setengah mati. Banyakan toko nyetoknya modelan BS techno (bukan technosport ya), GT BXT, accelera achiles dan kawan2, yang kayanya kalo dibanding ekopeyang masih lebih terpercaya ekopeyang rasanya...
ban ban kelas premium spt micin primacy, dkk
itu ada aja klo start dari R15
tapi start dari size yg lebar, 195 ke atas, wkwkwkwk.

sejelek2nya BS, reputasi durability jd nilai jual dia.
krn indonesia ini kejem jalan nya. zzzz
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by forzanetti »

Suryaputra wrote:
forzanetti wrote: Thu Feb 10, 2022 0:00 Baca2 di sini jadi tertarik sama GY ATM2.

Cuma beneran susah ys cari barangnya. Liat di website GY, kota besar kaya Bandung aja ga ada distributor yg di tengah kota.
Di Moh Toha mbah
sy dapat info dr mr. google dgn keyword "Good Year Bandung"
webnya GY kurang update alamat :big_biglaugh:

Saya beli di: https://goo.gl/maps/m1re7W2gDzaLJbqC7

Alternatif di deretan jalan yg sama juga jual: https://goo.gl/maps/uTJWSKcbhVEM8jis9
Mantap mbah, thank you infonya

Nanti saya tanya2 ke sana
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by suketcell »

wicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 10:39
babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 8:36
wicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 5:01 Di ATM2 saya selalu pakai tekanan ban depan 37 belakang 36 (kondisi suhu panas pemakaian) monitor lewat tpms. Mungkin sesuaikan sama tekanan ban. Rumus buat cari tekanan ban yg sesuai itu setiap suhu ban +1°C tekanan ban akan + 0.17psi, begitu juga kebalikannya. Jadi kalau pakai patokan tekanan ban di label pintu mobil, inget itu dalam suhu ruang sekitar 27°C. Misal mau target tekanan ban 30psi, ya jangan isi angin di pom dengan tekanan 30psi ketika ban sudah dipakai jalan karna suhunya sudah naik.. Resikonya nanti di suhu ruang/suhu dingin itu ban tekanannya bisa 28psi.

Sekarang lagi musim hujan, ban gak perlu diturunin tekanan anginnya biar ngegrip. Karna suhu dingin itulah yg menurunkan tekanan ban dengan sendirinya.. Jadi mau panas atau dingin kondisi aspalnya, tekanan ban sudah menyesuaikan dengan sendirinya asal tekanan yg digunakan sudah benar. Kalau mau lebih akurat ya gunakan TPMS di bannya.. Hehe...
Belum pernah nyoba GTX pro om.. Sempet sebelumnya kepikiran mau pakai GTX pro dengan harga yg gak terlalu mahal dan masuk jenis high performace tire di webnya.. Selidik punya selidik ternyata dengan ukuran yang ada untuk R15 ertiga speed ratingnya masih dibawah ATM2, jadi batal deh beli ban itu.. GTX pro model ban directional, buat pembuangan airnya bagus diwaktu basah tapi kurangnya model directional itu suara ban pasti lebih berisik dibanding model asymetric. Rotasi ban juga hanya bisa switch depan belakang sama sisi.

Ban symetric poin plus dari durability
Ban asymetric poin plus dari silent, comfort, ban sapu jagad kering basah (sisi dalam untuk basah, sisi luar untuk handling aspal kering)
Ban directional poin plus di performa & buang air.

Kalau saya sendiri sih kalau bingung pilih ban yg mana.. Pasti liat perbandingan di awal itu speed indeks ban dengan ukuran yg sama mana lebih tinggi, kedua traction rating, treadwear terakhir. Cari aja ratingnya paling tinggi. Baru habis itu cek review di gugel. Biasanya di review luar bandinginnya sama produk michelin, mungkin kiblat ban bagus itu michelin.. Hehe...
catet dulu om
ilmu baru nih...
:big_exellent: :big_exellent:


Yak, Di bawah R15 memang ga banyak pilihan...
kalopun ada, beda profil, lebih lebar biasanya :big_cry: ..
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ctopher7 »

wicaksono99 wrote:
suketcell wrote: Wed Feb 09, 2022 8:38
Suryaputra wrote: Sun Feb 06, 2022 14:58 :mky_08:
Sikat mbah.
________________
Btw sy coba rangkum ban kelas eco / fuel saving usage, dr berbagai merk,
dan saya pribadi akan (klo gak terpaksa atau kepepet) avoid...

- Bridgestone Ecopia series
- Michelin Energy XM series
- Dunlop Enasave EC300 series
- Hankook Kinergy Eco
- Falken ZIEX 914 dan Sincera 832i (di LN disebut ecorun series)
- GT (GT radial) Champiro Eco

Dan ban merk lain, diperuntukkan untuk low rolling resistance / fuel saving technology.

Yg lain silahkan nambahin :mky_03:
Kok ada Kinergy eco, Falken. sama sincera om?
hampir pilih Kinergy karena pernah pake optimo 235/70 lumayan empuk,
atau Falken/sincera gara2 reviewnya bagus2 juga..
tapi berpaling ke ADP2 coz lebih murah dari 3 opsi itu + ada garansi
ganti 4 pcs sih :big_blushing:

paling ga setaon agak tenang :big_love:
Suryaputra wrote: Mon Feb 07, 2022 16:11 Duraplus ini buat durability,
Compound nya lbh keras dan less grip.
Tapi Cocok buat mbl niaga atau sering angkut barang.

Klo di toko ban tempat sy beli, duraplus2 sedikit lbh murah dr atm2.

Klo atm2 dirancang buat kenyamanan dan kelas touring.
Tapi compound lbh soft.
Waalah, ane pake ADP2 bwt papanjah, kota2 aja...
kalo dari info ini, kurang pas kalo nyari comfort yah, cuman plus di durability...
secara 1tahun paling +/- 7000 km, hehehehe
dua bulan kemaren malah 500an km..
kalo empuk sih masih tolerable, ntar2 nyoba ATM dah,
tapi yang 185/70/14 ga ada, adanya 195...
:big_cry:

cuma pas om ane liat, kok milih GY?
dibilang bahannya kurang bagus, terus gampang benjol, getas/karet mudah keras, mending dunlop..
ane bilang, incer LM705, tapi ga ada garansi, overbudget pulak, diem dah...wkwkwk
Image jeleknya GY emang masih kebawa yah sampai skrng.. Hahaha... Emang itu ban didesain di eropa dibuat di indo, mungkin sebelum2nya bener2 pakai kondisi di eropa sono yg gak terlalu ekstrim kaya jalan di indo makanya banyak masalah.. Tapi ADP2 udh much better, ya jangan berharap banyak sama ban eco selain durability.

Btw ini ban ATM2 kondisi udah 90rb km dalam 9 bulan.. Wkwkwkwk... Di malay, udh thn 2019 ban ini direview..
Screenshot_20220209-174614.jpg
ngeri banget 9 bulan 90 ribu, itu sehari jalan 333 km. berarti tiap hari jalan dari kl ke johor / sebaliknya kali ya wkwk
pecinta bio solar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Thu Feb 10, 2022 13:27
ban ban kelas premium spt micin primacy, dkk
itu ada aja klo start dari R15
tapi start dari size yg lebar, 195 ke atas, wkwkwkwk.

sejelek2nya BS, reputasi durability jd nilai jual dia.
krn indonesia ini kejem jalan nya. zzzz
yang nyebelin itu skrg r15/16 di toko ban generik jualnya klo gak ehnasep ya ekopeyang... mgkn enak jual gini margin gede laku cepet ban oem soalnya.

sampe kesel gw dulu yg bener aja vw golep tsi disuruh pake ehnasep :big_biglaugh: untung ada bs techno sport pilihan lainnya... gak istimewa tp better lah drpd pake ehnasep :big_biglaugh:

klo toko variasi biasa duo A merek lokal :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maydhi09 »

suketcell wrote: Thu Feb 10, 2022 16:34
wicaksono99 wrote: Tue Feb 08, 2022 10:39
babam20 wrote: Tue Feb 08, 2022 8:36
Belum pernah nyoba GTX pro om.. Sempet sebelumnya kepikiran mau pakai GTX pro dengan harga yg gak terlalu mahal dan masuk jenis high performace tire di webnya.. Selidik punya selidik ternyata dengan ukuran yang ada untuk R15 ertiga speed ratingnya masih dibawah ATM2, jadi batal deh beli ban itu.. GTX pro model ban directional, buat pembuangan airnya bagus diwaktu basah tapi kurangnya model directional itu suara ban pasti lebih berisik dibanding model asymetric. Rotasi ban juga hanya bisa switch depan belakang sama sisi.

Ban symetric poin plus dari durability
Ban asymetric poin plus dari silent, comfort, ban sapu jagad kering basah (sisi dalam untuk basah, sisi luar untuk handling aspal kering)
Ban directional poin plus di performa & buang air.

Kalau saya sendiri sih kalau bingung pilih ban yg mana.. Pasti liat perbandingan di awal itu speed indeks ban dengan ukuran yg sama mana lebih tinggi, kedua traction rating, treadwear terakhir. Cari aja ratingnya paling tinggi. Baru habis itu cek review di gugel. Biasanya di review luar bandinginnya sama produk michelin, mungkin kiblat ban bagus itu michelin.. Hehe...
catet dulu om
ilmu baru nih...
:big_exellent: :big_exellent:


Yak, Di bawah R15 memang ga banyak pilihan...
kalopun ada, beda profil, lebih lebar biasanya :big_cry: ..
Iya om ukuran 185/60 R14 pilihan ok ketemu gtx pro dan t005A, klo 185/70 R14 lumayan ad lm 705

Skrng pake gtxpro, puas lah dgh harga <500rb, grip ini super jika compare ban bawaan, di tahun 1 sangat empuk dan senyap, mulai keras dan berisik di taun ke 3 tapi masih lebih baik dari ban oem di tahun ke 3,
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by forzanetti »

Suryaputra wrote: Thu Feb 10, 2022 6:41 Di Moh Toha mbah
sy dapat info dr mr. google dgn keyword "Good Year Bandung"
webnya GY kurang update alamat :big_biglaugh:

Saya beli di: https://goo.gl/maps/m1re7W2gDzaLJbqC7

Alternatif di deretan jalan yg sama juga jual: https://goo.gl/maps/uTJWSKcbhVEM8jis9
tadi coba telp dua2nya tanya ATM2 ukuran 205/65 R16. dua2nya ga ada, malah salah satu tokonya bilang ga pernah masukin ukuran itu krn mahal . anehnya saya liat di toped, di Surabaya ada yang jual ATM2 ukuran itu dan harga selisih 50rb doank sama ADP2 ukuran yang sama :big_dunno:

anyway karena males beli ban online, sekarang pilihan mengerucut ke Primacy 4 atau Turanza T005A. dua ini mirip2 ya kayanya? dari segi harga juga rada mirip.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Sat Feb 12, 2022 11:24
Suryaputra wrote: Thu Feb 10, 2022 6:41 Di Moh Toha mbah
sy dapat info dr mr. google dgn keyword "Good Year Bandung"
webnya GY kurang update alamat :big_biglaugh:

Saya beli di: https://goo.gl/maps/m1re7W2gDzaLJbqC7

Alternatif di deretan jalan yg sama juga jual: https://goo.gl/maps/uTJWSKcbhVEM8jis9
tadi coba telp dua2nya tanya ATM2 ukuran 205/65 R16. dua2nya ga ada, malah salah satu tokonya bilang ga pernah masukin ukuran itu krn mahal . anehnya saya liat di toped, di Surabaya ada yang jual ATM2 ukuran itu dan harga selisih 50rb doank sama ADP2 ukuran yang sama :big_dunno:

anyway karena males beli ban online, sekarang pilihan mengerucut ke Primacy 4 atau Turanza T005A. dua ini mirip2 ya kayanya? dari segi harga juga rada mirip.
Primacy 4 sikat mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
GDNGAN
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Thu Jun 10, 2021 12:19

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by GDNGAN »

forzanetti wrote:
Suryaputra wrote: Thu Feb 10, 2022 6:41 Di Moh Toha mbah
sy dapat info dr mr. google dgn keyword "Good Year Bandung"
webnya GY kurang update alamat :big_biglaugh:

Saya beli di: https://goo.gl/maps/m1re7W2gDzaLJbqC7

Alternatif di deretan jalan yg sama juga jual: https://goo.gl/maps/uTJWSKcbhVEM8jis9
tadi coba telp dua2nya tanya ATM2 ukuran 205/65 R16. dua2nya ga ada, malah salah satu tokonya bilang ga pernah masukin ukuran itu krn mahal . anehnya saya liat di toped, di Surabaya ada yang jual ATM2 ukuran itu dan harga selisih 50rb doank sama ADP2 ukuran yang sama :big_dunno:

anyway karena males beli ban online, sekarang pilihan mengerucut ke Primacy 4 atau Turanza T005A. dua ini mirip2 ya kayanya? dari segi harga juga rada mirip.
Ya beda-beda 100rb om lebih mahal primacy. Coba di Mekar Baru Ban https://g.co/kgs/LxzNWQ

Kayaknya ada michelin, bridgestone atau GT disana.
Katumbiri
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Jul 03, 2018 4:28

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Katumbiri »

Suhu ban sekalian, minta sarannya buat ganti ban ukuran 185/70 R14 range harga max 650 rb.
saat ini masih pakai Turanza AR20 (dulu beli 640 rb) udah mau tahun ke 5.sekarang udah nanjak harganya.
pilihan antara GY ADP2 (ATM2 hanya ada ukuran 185/65), Falken Sincera, Achilles All Seasons 868 atau mungkin ada pilihan yang lebih baik lagi.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 793
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by rakyatwkwkland »

Katumbiri wrote: Sat Feb 12, 2022 12:55 Suhu ban sekalian, minta sarannya buat ganti ban ukuran 185/70 R14 range harga max 650 rb.
saat ini masih pakai Turanza AR20 (dulu beli 640 rb) udah mau tahun ke 5.sekarang udah nanjak harganya.
pilihan antara GY ADP2 (ATM2 hanya ada ukuran 185/65), Falken Sincera, Achilles All Seasons 868 atau mungkin ada pilihan yang lebih baik lagi.
Dunlop LM705? Kayanya msh dapet 650 utk size segitu.
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by suketcell »

rakyatwkwkland wrote: Sat Feb 12, 2022 15:22
Katumbiri wrote: Sat Feb 12, 2022 12:55 Suhu ban sekalian, minta sarannya buat ganti ban ukuran 185/70 R14 range harga max 650 rb.
saat ini masih pakai Turanza AR20 (dulu beli 640 rb) udah mau tahun ke 5.sekarang udah nanjak harganya.
pilihan antara GY ADP2 (ATM2 hanya ada ukuran 185/65), Falken Sincera, Achilles All Seasons 868 atau mungkin ada pilihan yang lebih baik lagi.
Dunlop LM705? Kayanya msh dapet 650 utk size segitu.
Dunlop LM 705, 660 dapet (Surabaya) tinggal pake
+ Lebih baik dari opsi yg ada
- ga ada garansi

ADP 2
+ lebih murah dari LM (475/pcs, dah tinggal pake)
+ Garansi, minim beli 2pcs (1tahun/20ribu KM),
punya ane kena paku pun ganti baru...
+ Durability
- agak keras

Silakan pilih yg mana...
:big_okay:
Katumbiri
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Jul 03, 2018 4:28

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Katumbiri »

suketcell wrote: Sat Feb 12, 2022 23:49
rakyatwkwkland wrote: Sat Feb 12, 2022 15:22
Katumbiri wrote: Sat Feb 12, 2022 12:55 Suhu ban sekalian, minta sarannya buat ganti ban ukuran 185/70 R14 range harga max 650 rb.
saat ini masih pakai Turanza AR20 (dulu beli 640 rb) udah mau tahun ke 5.sekarang udah nanjak harganya.
pilihan antara GY ADP2 (ATM2 hanya ada ukuran 185/65), Falken Sincera, Achilles All Seasons 868 atau mungkin ada pilihan yang lebih baik lagi.
Dunlop LM705? Kayanya msh dapet 650 utk size segitu.
Dunlop LM 705, 660 dapet (Surabaya) tinggal pake
+ Lebih baik dari opsi yg ada
- ga ada garansi

ADP 2
+ lebih murah dari LM (475/pcs, dah tinggal pake)
+ Garansi, minim beli 2pcs (1tahun/20ribu KM),
punya ane kena paku pun ganti baru...
+ Durability
- agak keras

Silakan pilih yg mana...
:big_okay:
yang sidewall nya 2 ply berarti cuman adp 2 ya, mau cari yg durabilitynya hampir sama kaya ar20.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2918
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

Berhubung hampir 5 tahun tapi mobil cenderung garage queen, ban pun mulai pecah2 n mengeras. Kalau dipake >60kph road noise makin menjadi2 dan grip seperti ga konsisten. Ukuran ban 225/65/r17 yg terpasang di nissin t32

Penampakan ban lama, conti cclx2
20220213_181801.jpg


Lihat opini sana sini dan budget <1 juta per ban, cobain GT Savero SUV. Dapet di angka 740rb per ban.
20220213_181241.jpg
Belum bisa review banyak, baru dipake sekitaran 20km. Yg jelas road noise jadi balik normal, feel setir balik normal seperti 2-3 tahun lalu. Masalah empuk, somehow lebih empuk continental cclx 2 yang udah "mengeras".

Hal unik lainnya, sempet agak debat dengan mekanik di bengkel pas ditanya mau isi angin berapa, saya jawab depan 34 belakang 31 (+1 dr yg tertera di pintu). Sang mekanik seperti tidak terima yg depan lebih tinggi drpd belakang, saya malas debat lebih lama, cmn jawab "sudah ikuti saja yg di pintu".

:big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by benzz89 »

Pernah dpt wejangan dr pemilik toko ban, katanya kl ban baru saat isi angin pertama kali kasih tekanan 40 psi utk 1000 KM pertama...

Tujuannya biar itu ban "mekar" dgn sempurna (steel belt dll nya). Setelah itu baru ikut petunjuk tekanan ban yg ada di mobil masing2.

Apalagi kl masa "inreyen" ini mobil cenderung di isi beban yg berat maka ban baru cenderung tidak bisa mekar dgn sempurna, yg berimplikasi pd jangka panjang pemakaiannya.

Ntah bener atau tidak tapi cukup masuk akal sih buat ane, jd tiap kali ganti ban baru ane pasti minta di isi angin 40 psi, toh nanti dia jg akan turun pelan2 tekanannya.

Terus ane nanya dong... apakah tidak bakalan meledak itu bannya? Menurut pemilik toko ban itu sih ban baru tidak akan mudah meledak di 40 psi jd santai aja katanya hahahah [emoji38]
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Sun Feb 13, 2022 14:00 Pernah dpt wejangan dr pemilik toko ban, katanya kl ban baru saat isi angin pertama kali kasih tekanan 40 psi utk 1000 KM pertama...

Tujuannya biar itu ban "mekar" dgn sempurna (steel belt dll nya). Setelah itu baru ikut petunjuk tekanan ban yg ada di mobil masing2.

Apalagi kl masa "inreyen" ini mobil cenderung di isi beban yg berat maka ban baru cenderung tidak bisa mekar dgn sempurna, yg berimplikasi pd jangka panjang pemakaiannya.

Ntah bener atau tidak tapi cukup masuk akal sih buat ane, jd tiap kali ganti ban baru ane pasti minta di isi angin 40 psi, toh nanti dia jg akan turun pelan2 tekanannya.

Terus ane nanya dong... apakah tidak bakalan meledak itu bannya? Menurut pemilik toko ban itu sih ban baru tidak akan mudah meledak di 40 psi jd santai aja katanya hahahah [emoji38]
masuk akal mbahh.
klo saya ukuran std pabrik 32.

dr awal konsisten tiap 2 minggu cek selalu jaga di tekanan 35 psi nitrogen.
so far asik asik aja handling nya.

hahaha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by benzz89 »

Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: Sun Feb 13, 2022 14:00 Pernah dpt wejangan dr pemilik toko ban, katanya kl ban baru saat isi angin pertama kali kasih tekanan 40 psi utk 1000 KM pertama...

Tujuannya biar itu ban "mekar" dgn sempurna (steel belt dll nya). Setelah itu baru ikut petunjuk tekanan ban yg ada di mobil masing2.

Apalagi kl masa "inreyen" ini mobil cenderung di isi beban yg berat maka ban baru cenderung tidak bisa mekar dgn sempurna, yg berimplikasi pd jangka panjang pemakaiannya.

Ntah bener atau tidak tapi cukup masuk akal sih buat ane, jd tiap kali ganti ban baru ane pasti minta di isi angin 40 psi, toh nanti dia jg akan turun pelan2 tekanannya.

Terus ane nanya dong... apakah tidak bakalan meledak itu bannya? Menurut pemilik toko ban itu sih ban baru tidak akan mudah meledak di 40 psi jd santai aja katanya hahahah [emoji38]
masuk akal mbahh.
klo saya ukuran std pabrik 32.

dr awal konsisten tiap 2 minggu cek selalu jaga di tekanan 35 psi nitrogen.
so far asik asik aja handling nya.

hahaha
Dia kasih wejangan itu gegara ane komplain velg ane ada grepes pas ganti 4 ban baru di tempat dia.

Dia bilang ini rahasia toko ban sebenarnya, tp dia kasih tau ke ane, mungkin buat obat kekesalan ane krn velg ane gak bisa diapa2in lg alias cacat.

Dia bilang dgn treatment spt itu ban akan lebih awet utk jangka panjangnya, apalagi waktu itu ane ganti ban buat fortuner yg notabene mobil tinggi & berat, ban nya kan jg ukuran besar, jd kasih 40 psi jamin aman katanya.

Well setelah itu yah tiap ganti ban baru selalu minta isi 40 psi, apalagi pas lg pandemi gini (mobil banyak diamnya/garage queen) ane isi 38 psi lah, males ngecek2 angin terus, pakai 2 bulan isi lg sdh turun ke 31 psi... keras? Lama2 biasalah hahahah

Btw isinya nitrogen yah, bukan angin biasa loh.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

benzz89 wrote: Sun Feb 13, 2022 14:31
Suryaputra wrote:
benzz89 wrote: Sun Feb 13, 2022 14:00 Pernah dpt wejangan dr pemilik toko ban, katanya kl ban baru saat isi angin pertama kali kasih tekanan 40 psi utk 1000 KM pertama...

Tujuannya biar itu ban "mekar" dgn sempurna (steel belt dll nya). Setelah itu baru ikut petunjuk tekanan ban yg ada di mobil masing2.

Apalagi kl masa "inreyen" ini mobil cenderung di isi beban yg berat maka ban baru cenderung tidak bisa mekar dgn sempurna, yg berimplikasi pd jangka panjang pemakaiannya.

Ntah bener atau tidak tapi cukup masuk akal sih buat ane, jd tiap kali ganti ban baru ane pasti minta di isi angin 40 psi, toh nanti dia jg akan turun pelan2 tekanannya.

Terus ane nanya dong... apakah tidak bakalan meledak itu bannya? Menurut pemilik toko ban itu sih ban baru tidak akan mudah meledak di 40 psi jd santai aja katanya hahahah [emoji38]
masuk akal mbahh.
klo saya ukuran std pabrik 32.

dr awal konsisten tiap 2 minggu cek selalu jaga di tekanan 35 psi nitrogen.
so far asik asik aja handling nya.

hahaha
Dia kasih wejangan itu gegara ane komplain velg ane ada grepes pas ganti 4 ban baru di tempat dia.

Dia bilang ini rahasia toko ban sebenarnya, tp dia kasih tau ke ane, mungkin buat obat kekesalan ane krn velg ane gak bisa diapa2in lg alias cacat.

Dia bilang dgn treatment spt itu ban akan lebih awet utk jangka panjangnya, apalagi waktu itu ane ganti ban buat fortuner yg notabene mobil tinggi & berat, ban nya kan jg ukuran besar, jd kasih 40 psi jamin aman katanya.

Well setelah itu yah tiap ganti ban baru selalu minta isi 40 psi, apalagi pas lg pandemi gini (mobil banyak diamnya/garage queen) ane isi 38 psi lah, males ngecek2 angin terus, pakai 2 bulan isi lg sdh turun ke 31 psi... keras? Lama2 biasalah hahahah

Btw isinya nitrogen yah, bukan angin biasa loh.
Benar mbah.
Angin biasa contains oksigen..
Oksigen mengandung air..

Klo panas di tol lama, bisa mengembang.

________________________________________

Pompa istilah Nitrogen = udara disedot, compressed, dikasih filter water trap, jadi kering dan stabil buat tekanan ban panas atau dingin.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
babam20
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Mon Sep 27, 2021 3:11

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by babam20 »

Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 14:49
benzz89 wrote: Sun Feb 13, 2022 14:31
Suryaputra wrote:
masuk akal mbahh.
klo saya ukuran std pabrik 32.

dr awal konsisten tiap 2 minggu cek selalu jaga di tekanan 35 psi nitrogen.
so far asik asik aja handling nya.

hahaha
Dia kasih wejangan itu gegara ane komplain velg ane ada grepes pas ganti 4 ban baru di tempat dia.

Dia bilang ini rahasia toko ban sebenarnya, tp dia kasih tau ke ane, mungkin buat obat kekesalan ane krn velg ane gak bisa diapa2in lg alias cacat.

Dia bilang dgn treatment spt itu ban akan lebih awet utk jangka panjangnya, apalagi waktu itu ane ganti ban buat fortuner yg notabene mobil tinggi & berat, ban nya kan jg ukuran besar, jd kasih 40 psi jamin aman katanya.

Well setelah itu yah tiap ganti ban baru selalu minta isi 40 psi, apalagi pas lg pandemi gini (mobil banyak diamnya/garage queen) ane isi 38 psi lah, males ngecek2 angin terus, pakai 2 bulan isi lg sdh turun ke 31 psi... keras? Lama2 biasalah hahahah

Btw isinya nitrogen yah, bukan angin biasa loh.
Benar mbah.
Angin biasa contains oksigen..
Oksigen mengandung air..

Klo panas di tol lama, bisa mengembang.

________________________________________

Pompa istilah Nitrogen = udara disedot, compressed, dikasih filter water trap, jadi kering dan stabil buat tekanan ban panas atau dingin.
kalo dimarih ada toko ban yang bener2 pake nitro asli, dia ga pake mesin nitrogen generator yg ada di toko ban/tambel ban gitu

kita isi bannya langsung dari tabung nitrogen yg modelnya kayak terpedo yang biasa dipake industri2 buat ngelas dll :big_grin:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5717
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

josomba wrote: Sun Feb 13, 2022 11:27 Berhubung hampir 5 tahun tapi mobil cenderung garage queen, ban pun mulai pecah2 n mengeras. Kalau dipake >60kph road noise makin menjadi2 dan grip seperti ga konsisten. Ukuran ban 225/65/r17 yg terpasang di nissin t32

Penampakan ban lama, conti cclx2
20220213_181801.jpg



Lihat opini sana sini dan budget <1 juta per ban, cobain GT Savero SUV. Dapet di angka 740rb per ban.
20220213_181241.jpg

Belum bisa review banyak, baru dipake sekitaran 20km. Yg jelas road noise jadi balik normal, feel setir balik normal seperti 2-3 tahun lalu. Masalah empuk, somehow lebih empuk continental cclx 2 yang udah "mengeras".

Hal unik lainnya, sempet agak debat dengan mekanik di bengkel pas ditanya mau isi angin berapa, saya jawab depan 34 belakang 31 (+1 dr yg tertera di pintu). Sang mekanik seperti tidak terima yg depan lebih tinggi drpd belakang, saya malas debat lebih lama, cmn jawab "sudah ikuti saja yg di pintu".

:big_biglaugh:
Ngakak sih mekaniknya mbah. Haha.

Savero sih emang dari sononya keras mbah, tapi emang lebih awet buat oprut, dia kan segmennya sama kayak Dueler atau Grantrek.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9744
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

babam20 wrote: Mon Feb 14, 2022 6:55
Suryaputra wrote: Sun Feb 13, 2022 14:49
benzz89 wrote: Sun Feb 13, 2022 14:31 Dia kasih wejangan itu gegara ane komplain velg ane ada grepes pas ganti 4 ban baru di tempat dia.

Dia bilang ini rahasia toko ban sebenarnya, tp dia kasih tau ke ane, mungkin buat obat kekesalan ane krn velg ane gak bisa diapa2in lg alias cacat.

Dia bilang dgn treatment spt itu ban akan lebih awet utk jangka panjangnya, apalagi waktu itu ane ganti ban buat fortuner yg notabene mobil tinggi & berat, ban nya kan jg ukuran besar, jd kasih 40 psi jamin aman katanya.

Well setelah itu yah tiap ganti ban baru selalu minta isi 40 psi, apalagi pas lg pandemi gini (mobil banyak diamnya/garage queen) ane isi 38 psi lah, males ngecek2 angin terus, pakai 2 bulan isi lg sdh turun ke 31 psi... keras? Lama2 biasalah hahahah

Btw isinya nitrogen yah, bukan angin biasa loh.
Benar mbah.
Angin biasa contains oksigen..
Oksigen mengandung air..

Klo panas di tol lama, bisa mengembang.

________________________________________

Pompa istilah Nitrogen = udara disedot, compressed, dikasih filter water trap, jadi kering dan stabil buat tekanan ban panas atau dingin.
kalo dimarih ada toko ban yang bener2 pake nitro asli, dia ga pake mesin nitrogen generator yg ada di toko ban/tambel ban gitu

kita isi bannya langsung dari tabung nitrogen yg modelnya kayak terpedo yang biasa dipake industri2 buat ngelas dll :big_grin:
wah mantap... udah jarang tuh,
dulu awal2 masih banyak bengkel pakai tabung nitrogen.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Fiskus
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Nov 15, 2018 5:32
Daily Vehicle: Honda

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Fiskus »

ijin sharing, berhubung saya dapat referensi ban setelah membaca review ban dari SM.

pencarian ban berawal dari perjalanan dinas ke luar kota menggunakan mobil pribadi, berhubung semobil sama atasan. saya yg biasanya menyetel musik dengan suara keras tentu saja mesti menyesuaikan volume menjadi senyap2. ternyata hal ini mengakibatkan suara ketika mobil berjalan di kecepatan 80km keatas menjadi terdengar dominan dan mengganggu, terlebih suara ban yg bersentuhan dengan beton. pulang dari perjalanan dinas saya bertekad untuk mencari cara supaya suara berkurang atau bahkan hilang.

menurut berbagai artikel yang saya baca, hal paling mudah dan sederhana dalam menambah kesenyapan maupun kenyamanan berkendara adalah dengan mengganti ban ke yg premium, okelah saya coba cari2 ban untuk mobil saya suzuki scross sx4 keluaran 2018 yg saya peroleh di awal 2019.

sebagai catatan, sebelum baca2 seraya motor saya ini termasuk orang yg kalau ke toko ban taunya cuman minta ganti dan tau beres. saya tidak tau ban mobil saya ukuran berapa, merknya apa terlebih tipenya apa. dulu cuman tau, ban udah tipis sering bocor ya sudah bawa ke toko ban terdekat minta ganti.

akhirnya, ban bawaan saya putuskan ganti dengan michelin primacy 4 dengan ukuran yg sama persis. kesan pertama saya adalah ternyata mengganti ban itu benar2 bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara. Saya tes dari tol pasteur ke padalarang suara berisik ban jauh berkurang, lalu mobil jelas terasa lebih firm, handling terasa stabil dalam artian saya lebih percaya diri menyalip zigzag (bukan untuk dicontoh, hanya untuk keperluan tes ban saja) dikecepatan tinggi.

Senin kemarin, kebetulan mau keluar kota PP sama keluarga karena ada urusan mendadak. Tadinya mau pakai mobil Freed eh ternyata bannya pun sudah bocor tipis jadi diputuskan menggunakan scross. sekali lagi hasil dari perjalanan tersebut membuktikan bahwa memang mengganti ban itu sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara, terlebih pada waktu pulang ke Bandung sempat hujan deras di perjalanan. kinerja ban terbukti prima untuk memberikan saya rasa percaya diri menyalip dikondisi hujan deras dan tanjakan nagreg.

Michelin primacy 4 rasanya akan jadi pilihan utama saya untuk mobil pribadi kalau memang budgetnya memungkinkan setiap waktunya ganti ban.

nah pulang dari garut Senin, hari ini terpaksa ganti ban juga yg Freed. berhubung ini mobil santai dan memang tidak pernah ngebut terlebih saya baru saja keluar banyak untuk yg michelin, maka mobil Freed saya ganti dengan Dunlop LM705 itupun berdasarkan hasil referensi dari SM. hasil tes sementara sejauh 5 km dari bengkel ke kantor, jauh lebih empuk dari ban sebelumnya yaitu ecopia produksi 2016. untuk luar kota saya belum tahu, tapi sejauh ini dengan harga 800an sebuah bisa jadi pilihan kedua untuk saya pribadi.

semoga testi ini bisa membantu untuk yg sedang mencari ban juga. terima kasih atas referensi dan ilmu dari teman2 SM semua sehingga saya bisa lebih aware terhadap kondisi mobil saya.

cheers!