makannya mendingan saya pertahanin mobil tua saya sambil yang rusak tak modif kayak engine mounting jebol ganti hardrace , link stabil jebol ganti hardrace, bushing2x pecah ganti protoplex, shock rusak ganti coilover lama2x biarpun tua mana bisa dilkalahin sama yang baruChZ wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 3:09
ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.
mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.
maju kena, mundur kena
skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget
Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4265
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Nah yg penting gimana cara minyak goreng di sulap jadi pertadex wkwkwkw
yg disimpen ya kijang kapsul & panther om hahahaha
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Tipe G malahan yang udah 400 juta, yaitu 396 juta. Tipe V 455 juta.ChZ wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 3:09ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.
mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.
maju kena, mundur kena
skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
inalillahi innova G udah mau 400, innova V udah mau 500 . lama2 kerah putih mesti ikutin jejak serikat buruh demo minta naik gaji supaya bisa beli 2GD wkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
hahaha iya ya skrg 400 juta aja cuma dapet reborn tipe G.
dari 2015 ke 2022 7 thn mobil yang sama harga lowest trimnya udah deket harga top trimnya naik 25% sendiri.
ya klo kita liat harga bahan baku besi emang naik sekitar 30% sih setaun kemaren... besi beton dari 8000-9000/kg jadi 11000/kg baru mau turun ke 9 ribuan skrg udah naik lagi apalagi skrg bisa alesan chip shortage barangnya susah pak
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).
Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)
Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk
Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).
Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)
Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk
Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
HRV? iya tuh dulu thn 2015 rasanya denger HRV 1800cc 400jt (387jt) mahal banget.grimjow wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 8:22 Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).
Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)
Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk
Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"
skrg yang 1.5 SE aja udah 400 wkwkwkwkwk. 400jt di taun 2022 rasanya lebih gak ada nilai drpd 300 jt di taun 2017 klo ngomong kasar.
nanti yang baru 1.5 RS Turbo pasti kepala 5 yakin. yg honda sensing bisa mepet CRV 1.5 non prestige.
trus taun depannya CRV non prestige kepala 6, yg prestige honda sensing 700+++
gini amat dikerjain pabrikan kite kite. gimana mau beli mobil lestrek.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1672
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
ajegile mahal amatgrimjow wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 8:22 Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).
Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)
Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk
Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"
jadi inget dulu keluarga saya ambil Q bengsin MT waktu launching di 360jt
dulu Q disel AT 380jt pas 2016, skrg 500
kok kyknya cuma 2 brand ini aja yg naik signifikan yak, merk lain kok ga segitunya
ni klo nanti next innova hybrid, nyimpen ribon disel harganya nahan kali ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1672
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
nanti beberapa tahun kedepan:ChZ wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 8:30HRV? iya tuh dulu thn 2015 rasanya denger HRV 1800cc 400jt (387jt) mahal banget.grimjow wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 8:22 Innova V AT Diesel di price list web TAM 2022 Rp 450 juta.
Saat dulu launching di Rp 337 juta (end 2015).
Jadi ada kenaikan Rp 113 juta / 34% dalam periode 7 tahun.
Ini berarti TAM doain pengguna nya naik pendapatan / gaji / usaha ya minimal 5% per tahun. (pandemic or no pandemic)
Berlaku juga di mobil sebelah yang bakalan launching all new nya bentar lagi, dulu pas launching 2015 kok jadi keliatan murah ya harganya pake standard sekarang. Wkwkwk
Mening Innova beli selagi bisa sih , syukur2 dapat diskon gede. Lah nanti muncul variant hybrid trus monokok bisa bikin makin bingung harganya , dan harus maintain baterei + mesin konvensional. Syukur2 ntar batereinya digaransi 25 tahun, dengan jargon iklan "Innova selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia dalam 25 tahun terakhir, sehingga untuk generasi terbaru ini kami berikan garansi baterei 25 tahun agar masyarakat Indonesia dapat menikmati produk andalan kami hingga generasi ke generasi. Kijang memang tiada duanya"
skrg yang 1.5 SE aja udah 400 wkwkwkwkwk. 400jt di taun 2022 rasanya lebih gak ada nilai drpd 300 jt di taun 2017 klo ngomong kasar.
nanti yang baru 1.5 RS Turbo pasti kepala 5 yakin. yg honda sensing bisa mepet CRV 1.5 non prestige.
trus taun depannya CRV non prestige kepala 6, yg prestige honda sensing 700+++
gini amat dikerjain pabrikan kite kite. gimana mau beli mobil lestrek.
Brio 300jt
City 400jt
HRV 550jt
CRV 700jt+++
Civic 600jt
Accord 800-900jt
klo dilihat dari rollercoaster ppnbm & perpajakan merk jepun yg adem ayem harganya cuma mazda keknya, udah beberapa tahun nih harga sgitu aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Wah beneran ahli Honda ini.. Wkwkw.ChZ wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 8:30
HRV? iya tuh dulu thn 2015 rasanya denger HRV 1800cc 400jt (387jt) mahal banget.
skrg yang 1.5 SE aja udah 400 wkwkwkwkwk. 400jt di taun 2022 rasanya lebih gak ada nilai drpd 300 jt di taun 2017 klo ngomong kasar.
nanti yang baru 1.5 RS Turbo pasti kepala 5 yakin. yg honda sensing bisa mepet CRV 1.5 non prestige.
trus taun depannya CRV non prestige kepala 6, yg prestige honda sensing 700+++
gini amat dikerjain pabrikan kite kite. gimana mau beli mobil lestrek.
Prestige dulu Rp 355 juta saat launching, jadi kalo teori saya bener yang RS nanti (35% dalam 7 tahun) itu harusnya ya di Rp 470-480an ya. Sekarang yang generasi saat ini kalau ga salah Rp 438 juta. Jadi naik 30-40 juta pas ganti generasi mungkin akan reasonable
Kayanya sadis bener kalo baru launching uda di atas Rp 500 juta. Mudah2an HPM ga denger omongan om Chz nih.
Namun mengacu City HB, pas taon kedua abis launching , naiknya serem bener sih.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
buset HRV kalo launch di 500jt apa ngak sekalian ngelirik mazda CX-5 versi paling rendah ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Wah kalau ini kurang tahu juga,Om.
Itu mereka tes ada kondisi mild weather, cold weather gitu. Mungkin juga factor bobot karena towing capacity lihat sekilas beda antara Tesla 3 dan Ioniq 5 long range.
Yang bikin Wow saat lihat data mobil EV ini, power nya di atas 300 Ps . Serem bener 0-100 ada yang cuman 3 detik , ada yang 5 detik.
Jadi peringatan kalau ketemu mobil2 ini di jalan, jangan coba2 ajak ngebut, bisa malu. Wkwkwk.
EV sih kalau misal di Jakarta bebas gnjil genap ya jadi ya seakan akan punya 2 mobil.
Tapi tetap jadi problem kalau harus keluar kota, charge nya bingung dimana
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Bs jadi.. Yg baru harganya udh gak 500 an lg mbah.
Ini habisin old stock
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
klo masih 470 juta-an RS turbo sensing msh masuk lah, CX-30 aja kepala 5 udahan. tp nanti ya pelan pelan tambah mahal aja gitu di 2027 udah 550 juta ajagrimjow wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 9:06
Wah beneran ahli Honda ini.. Wkwkw.
Prestige dulu Rp 355 juta saat launching, jadi kalo teori saya bener yang RS nanti (35% dalam 7 tahun) itu harusnya ya di Rp 470-480an ya. Sekarang yang generasi saat ini kalau ga salah Rp 438 juta. Jadi naik 30-40 juta pas ganti generasi mungkin akan reasonable
Kayanya sadis bener kalo baru launching uda di atas Rp 500 juta. Mudah2an HPM ga denger omongan om Chz nih.
Namun mengacu City HB, pas taon kedua abis launching , naiknya serem bener sih.
klo dari 2021, emang mobil rata-rata naiknya serem pasca 0% ppnbm... ini tuh kaya 2021 jadi momen pabrikan ngeluarin mobil mobil baru yang tetep lebih mahal dibanding harga non-ppnbm model lamanya di 2020 pas di 2022 dilepas 0% nya jadi kaget semua. honda city +30juta masih lumayanlah dia diskonnya agak gede. jaman akhir taon pernah ditawarin nett di 280 an yg cvt
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua
sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.
ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4265
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
berita baru CRV bakalan CBU thailand kan sudah kuduga diganti HRV marketnya terus volume makernya apapun itu yang jd suv RS concept nanti treatment marketnya jd kek accord bisa di bilang CRV jd accord SUVChZ wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 3:19
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua
sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.
ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor
-
- SM Specialist
- Posts: 15674
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
asal jangan tau tau nanti ada HRV 7 seater
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4265
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Fri Nov 23, 2007 5:52
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Suzuki * https://berita.mobilman.id/kolaborasi-t ... ngkau/amp/ChZ wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 3:19yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua
sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.
ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
[media] [/media]b0ku wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 3:58berita baru CRV bakalan CBU thailand kan sudah kuduga diganti HRV marketnya terus volume makernya apapun itu yang jd suv RS concept nanti treatment marketnya jd kek accord bisa di bilang CRV jd accord SUVChZ wrote: ↑Tue Feb 22, 2022 3:19
yg adem ayem ya mazda dan suzuki... mazda cbu, suzuki beberapa cbu india. kyknya dulu jg gak seberapa heboh kena diskon ppnbm 0%. local content dikit kayaknya outsource ke india semua
sementara toyo-dai/hon/mits itu bener bener backbone nya ckd semua.
ckd selain pajaknya lebih berlapis (dari baut sebiji sampe jadi mobil tiap stepnya jg ada pajaknya) juga supply chainnya gak efisien. pabriknya dimana, pesen barangnya dimana. wkwkwkwkw. local content iye tp gak mungkin kan bahan bakunya gak impor
Gara2 menit 8:30 bakal jadi 700 dah kalo masuk Indo
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4265
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Harga mobil toyota sama honda naiknya melejit banget. Merek lain naik harga gak sampai segitunya. Mentang2 market leader yah nentuin margin gede jg tetap dibeli juga sama masyarakat. Yg penting kan harga jual bagus dan servis murah hahaha. Mau jualan kijang kapsul sampai tahun 2050 juga akan laris manis dibeli masyarakat krn faktor harga jual kembali bagus dan irit ongkos wkwk.
Frankly speaking, beli mobil baru di indonesia udah lebih ke arah luxury skrg. Terlalu mahal harganya sehingga yah kl mmg cuma perlu mobil operasional jatuhnya ke mobil lcgc atau lmpv yg murah. Kijang aja udah dibilang mobil mewah skrg dgn harga 400 - 500 jt hadehhhh
Frankly speaking, beli mobil baru di indonesia udah lebih ke arah luxury skrg. Terlalu mahal harganya sehingga yah kl mmg cuma perlu mobil operasional jatuhnya ke mobil lcgc atau lmpv yg murah. Kijang aja udah dibilang mobil mewah skrg dgn harga 400 - 500 jt hadehhhh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
Thank u Om infonya. Iya tipe Diesel di Thailand, dan baru sadar di Thailand CRV nya adanya tipe 2,4 ama Diesel itu ya, aneh juga kok ga ada variant 1,5 turbo. Yang Diesel itu memang uda 1,7 juta Baht atau ampir Rp 800 juta, Serem, ga tau deh laku atau ga di sana.
Kembali ke topik mobil hybrid, mobil hybrid yang saya liat banyak dipakai untuk penggunaan kilometer tinggi alias Taxi itu Toyota Prius Hybrid ya di luar negeri termasuk Blue Bird juga pakai ini. Di luar banyak banget video Prius ini dipakai sd ratusan ribu miles dan masih laku dibeli juga. Tapi kalau saya lihat di Indonesia, mobil ini tetap aja ga dilirik konsumen karena kembali lagi ke harga nya yang tinggi.
Kalau melihat reliability, mungkin perlu liat Taxi Blue Bird nya beberapa tahun lagi mengingat mereka pakai beberapa brand yang non ICE sd saat ini seperti Prius Hybrid, BYD e6 EV, Hyundai Kona EV. Sepertinya masih test juga mana yang kira2 paling efesien dari operation. Dan nanti seperti Vios atau Mobilio, kalau dipakai Blue Bird ya berarti itu mobil yang memang beneran running cost nya masih bisa diterima masyarakat umum juga, dan itu yang potential juga untuk masyarakat umum?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Masa Depan Mobil Hybrid & Semi Listrik di Indonesia
ChZ wrote: ↑Mon Feb 21, 2022 3:09ya mobil CKD kena pajaknya berlapis. komponen dipajakin, keluar pabrik dipajakin, sampe konsumen? ya dipajakin lagi dong.
mobil CBU kena pajak impornya gila gilaan.
maju kena, mundur kena
skrg 300jt jg cuma dapet LMPV berkosmetik wkwkwkwkw yg dulu sanggup beli xenia downgrade ke sigra. pd gak nyadar kan diem diem innova tipe V udah 400 juta aja dulu pdhl denger tipe Q 400juta udah kaget
ha ha ha..jangan lupa mbah, itu innova venturer matic kasta paling tinggi sudah IDR 502 juta...udah setengah eM ...
padahal cuma seekor kijang..
Prediksi saya maka yang punah duluan adalah mobil Bensin...migrasi ke EV atau hybrid...
yang terakhir nanti Diesel pindah ke EV karena alasan ekonomi (logistik, kapal banyak yg pakai diesel)..
tapi sebelum pemunahan diesel, mungkin akan ada fase dimana solar sudah hanya ada type mahal..
gak ada lagi laskar 5150 nantinya..
karena mungkin nanti sudah bio diesel semua 100% krn cadangan minyak habis sekitar 2050
btw, impian saya sih :
- pabrikan pada bikin convertion kit untuk rubah mobil dari ICE he EV, dimana bagian bagian mesin diganti oleh motor..tapi transmisi masih ada...sehingga beban motor bisa ditekan dengan rasio gigi..
- insentif pajak diberikan untuk konversi ini...
btw, sy pernah lihat ada LR Defender tapi versi sudah jadi EV..