Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
Sering denger istilah difflock tapi baru sekarang ngeh artinya apa makaseh penjelasannya mbah
Memang kalo ketemu tikungan seperti ini harusnya sejauh mungkin dari sisi dalam, tapi sering kali tikungan kyk gini itu blind spot parah dari sisi bawah dan (sering) ada kendaraan (terutama motor) dari sisi atas yang hobinya makan jalur lawan.
Di daerah trawas, jatim, ada 1 tikungan lumayan tajam plus tanjakan yang curam banget. Dulu2 bawa katana, feroza, taft, panther, kijang kapsul diesel atawa efi seingat saya gak pernah ngalami spin di tikungan tsb. Padahal dengan mobil2 yang tenaganya lebih minimalis itu, harus gas pol.
Taon lalu bawa vnt di tikungan yang sama, gas secukupnya aja, sudah sempet spin...jadi nggaya ala2 tokyo drift
Memang kalo ketemu tikungan seperti ini harusnya sejauh mungkin dari sisi dalam, tapi sering kali tikungan kyk gini itu blind spot parah dari sisi bawah dan (sering) ada kendaraan (terutama motor) dari sisi atas yang hobinya makan jalur lawan.
-
saya diajarin bapak, dan bapak selalu ngingetin juga saat di lapangan, selalu "kasih tanda" sebelum masuk tikungan. klakson yang cukup saat siang hari, atau hi beam saat malam/gelap.
mungkin terdengar norak kita membunyikan klakson berkali-kali saat akan masuk tikungan, tapi itu demi keselamatan bersama dan didukung oleh UULLAJ.
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
Sering denger istilah difflock tapi baru sekarang ngeh artinya apa makaseh penjelasannya mbah
Memang kalo ketemu tikungan seperti ini harusnya sejauh mungkin dari sisi dalam, tapi sering kali tikungan kyk gini itu blind spot parah dari sisi bawah dan (sering) ada kendaraan (terutama motor) dari sisi atas yang hobinya makan jalur lawan.
Di daerah trawas, jatim, ada 1 tikungan lumayan tajam plus tanjakan yang curam banget. Dulu2 bawa katana, feroza, taft, panther, kijang kapsul diesel atawa efi seingat saya gak pernah ngalami spin di tikungan tsb. Padahal dengan mobil2 yang tenaganya lebih minimalis itu, harus gas pol.
Taon lalu bawa vnt di tikungan yang sama, gas secukupnya aja, sudah sempet spin...jadi nggaya ala2 tokyo drift
klo mobil era 90s lbh krn mesinnya tenaga kecil smua (g ada yg lwt 100hp 200nm kan), sm profil bannya lmyn gede utk tenaga kecil
feroza taft katana itu ban bawaannya trmasuk lebar ingetku, ves aja udh lebar 205 padahal mesin bawaan cm petrol 8valve 75 hp
darrelund wrote: ↑Sat Mar 12, 2022 15:11
sesuai dugaan saya, efek traction control yg terlalu agresif jadinya ban dikunci tapi load ke drivetrain tetep sama/ lebih besar. ya semua mobil juga klo gitumah keok juga
ibarat mau lari tapi ditahan dan terus berusaha, cape lah pasti
karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gas
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl
kunaskun wrote: ↑Sun Mar 13, 2022 11:29
karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gas
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl
kyknya buat pabrikan sekarang, udah menghindari pendekatan over engineering. makanya kejadian spt radiator dikecilin ini udah sangat umum. FYI mobil angkutan macem L300 aja radiator dikecilin makanya keluaran 2013 ke atas hobi banget overheat.
krn sekarang jualan fitur buat menyenangkan jari jari kaum mendang mending lebih menjual.
makanya yang agak ngeri-ngeri sedap beli mobil skrg ini iya fitur banyak, dalemnya ternyata byk yang dikurang kurangin.
kunaskun wrote: ↑Sun Mar 13, 2022 11:29
karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gas
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl
kyknya buat pabrikan sekarang, udah menghindari pendekatan over engineering. makanya kejadian spt radiator dikecilin ini udah sangat umum. FYI mobil angkutan macem L300 aja radiator dikecilin makanya keluaran 2013 ke atas hobi banget overheat.
krn sekarang jualan fitur buat menyenangkan jari jari kaum mendang mending lebih menjual.
makanya yang agak ngeri-ngeri sedap beli mobil skrg ini iya fitur banyak, dalemnya ternyata byk yang dikurang kurangin.
Saya setuju dengan statement om.. Mobil sekarang kebanyakan fitur gimmick yang sebenarnya belum tentu kepakai.
Dulu pernah punya anps dakar ultimate, fitur auto braking nya malah ngeganggu loh om, apalagi kalo jalan lagi macet mau jalan mepet” mesti dimatiin dulu tuh fitur biar ga ngagetin wkwkwk
Btw, setahu saya radiator l300 yang dikecilin jadi aluminium itu sejak tahun 2016 om. Saya ada l300 2015 akhir masih radiator tembaga yang gede dan aman dari overheat..
darrelund wrote: ↑Sun Mar 13, 2022 15:59
betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gas
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl
sebetulnya si kalau dipikir2 memang extreme kalau buat member SM tapi di luar sana saya rasa biar awet.
serba salah memang.
dikasih teknologi kuno 4 AT geared AT / stepped gear AT yg kayaya sama perang nuklir tetep bisa jalan saking kunonya tar kaum mendang mending pada koar koar bikin repot jualannya.
dikasih teknologi canggih gini, terdepan, supaya awet karena tahu org indo itu makenya ngaco maka dikasih proteksi ekstra malah jadi konten kaum mendang mending yang koar2 jadi sama saja repot.
darrelund wrote: ↑Sat Mar 12, 2022 15:11
sesuai dugaan saya, efek traction control yg terlalu agresif jadinya ban dikunci tapi load ke drivetrain tetep sama/ lebih besar. ya semua mobil juga klo gitumah keok juga
ibarat mau lari tapi ditahan dan terus berusaha, cape lah pasti
karena terlalu extreme buat toyota. bisa jadi R&D ngitung kejadian kaya gini 1 dari sejuta. ya sudah dibiarin saja.
yg jadi masalah sebetulnya CVT tsb. disiksa sekian kali sudah "safe mode". mungkin di edisi FL ada extra CVT cooler atau bigger cooling system.
betul oom, begitu CVT nya sudah komplen kepanasan. otomatis ECU akan kurangi input gas
tapi itu yg di video cintamobil pas dia nanjak mundur itu cutoff input gas nya agak ekstrim ya, bener bener sampai lambat itu mobl
Apakah oli CVT-nya yang harus pakai spec lebih bagus lagi. Maksudnya yang punya efek mendinginkan (cooling) lebih bisa jadi solusi agar ECU tidak kurangi input gas. CMIIW om om
gwsecretc wrote: ↑Mon Mar 14, 2022 4:21
Saya setuju dengan statement om.. Mobil sekarang kebanyakan fitur gimmick yang sebenarnya belum tentu kepakai.
Dulu pernah punya anps dakar ultimate, fitur auto braking nya malah ngeganggu loh om, apalagi kalo jalan lagi macet mau jalan mepet” mesti dimatiin dulu tuh fitur biar ga ngagetin wkwkwk
Btw, setahu saya radiator l300 yang dikecilin jadi aluminium itu sejak tahun 2016 om. Saya ada l300 2015 akhir masih radiator tembaga yang gede dan aman dari overheat..
yang nyebelin tuh oke lah banyak gimmick harga naik kita mikirnya kualitas pasti terjaga ya jadi ada pembenaran lah harga naik kan beli kualitas.
ternyata kebanyakan underneath begitu di bongkar downgrade abis abisan dari gen sebelumnya... yg gen sebelumnya over engineered gila gilaan yang ini malah sunat gila gilaan.
ah iya saya pikir sejak ganti grill daimler itu pny saya 2 biji 2018 sama 2019. yang 2018 udah kena radiator 2x. edan memang.
Gimmick atau Fitur ini justru sebenernya juga di bawa oleh mobil2 Tiongkok yang belakangan ini rame jadi mendang mending.. Padahal setelah agak lama baru nyadar ada sesuatu yang beda, bawanya jadi lebih kasar dll..
makanya saya pikirnya bukan Thanks to them makanya jadi banyak fitur, tapi jadi damn them make the market going to be this..
Btw, L300 bukan nya udah gak terlalu ok ya belakangan? Saya di Bali orang pada rame beli Traga lho selain lebih murah jauh, muatnya juga lebih banyak, semi engkel soalnya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
NYoman wrote: ↑Tue Mar 15, 2022 4:56
Gimmick atau Fitur ini justru sebenernya juga di bawa oleh mobil2 Tiongkok yang belakangan ini rame jadi mendang mending.. Padahal setelah agak lama baru nyadar ada sesuatu yang beda, bawanya jadi lebih kasar dll..
makanya saya pikirnya bukan Thanks to them makanya jadi banyak fitur, tapi jadi damn them make the market going to be this..
Btw, L300 bukan nya udah gak terlalu ok ya belakangan? Saya di Bali orang pada rame beli Traga lho selain lebih murah jauh, muatnya juga lebih banyak, semi engkel soalnya..
DOHC wrote: ↑Sun Mar 13, 2022 13:17
satu lagi ga enak open diff mbah
kl lg masupin mobil ke carport yg posisi lg atret nanjak.. nah kl ubin basah dijamin pasti gatot atret nya, krn bgt ad satu ban yg selip, lgs yg satu lg diem wae
beda ama gardan ber LSD, slama ban masi ad yg traksi, mo atret di ubin basah dan nanjak jg ayo2 aja
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
Om kalau Innova sistemnya bagaimana?
Saya Innova pas putar balik kanan, keadaan kosong saya bejek, wheel spin sebelah kanan.
Sedangkan fortuner di video sebelah kiri. Jadi bingung.
Barusan kepikir, di video itu kenapa ban kanan belakangnya gak bisa kasih tenaga n traksi buat nanjak?
karena gardan mobil tersebut sistemnya open differential. tenaga hanya tersalur ke roda yang kiri (seperti di kasus video tsb.)
salah satu kelebihannya adalah mobil lebih mudah dikendalikan saat manuver.
kalau pakai limited slip differential atau ditambah locker, tenaga bisa tersalur dengan rata ke semua ban (kiri dan kanan). kekurangannya, understeer...
ada baiknya kalau menghadapi tikungan seperti itu, hindari sisi dalam tikungan sejauh mungkin.
Om kalau Innova sistemnya bagaimana?
Saya Innova pas putar balik kanan, keadaan kosong saya bejek, wheel spin sebelah kanan.
Sedangkan fortuner di video sebelah kiri. Jadi bingung.
Masak beda sistem diff lock Fortuner dan Innova
masih open diff oom, intinya tenaga tersalur ke roda yang resistensi terendah aja CMIIW
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Om kalau Innova sistemnya bagaimana?
Saya Innova pas putar balik kanan, keadaan kosong saya bejek, wheel spin sebelah kanan.
Sedangkan fortuner di video sebelah kiri. Jadi bingung.
Masak beda sistem diff lock Fortuner dan Innova
open differential.
coba putar balik kiri, keadaan kosong trus bejek. nanti ban kiri yang spin.
NYoman wrote: ↑Tue Mar 15, 2022 4:56
Gimmick atau Fitur ini justru sebenernya juga di bawa oleh mobil2 Tiongkok yang belakangan ini rame jadi mendang mending.. Padahal setelah agak lama baru nyadar ada sesuatu yang beda, bawanya jadi lebih kasar dll..
makanya saya pikirnya bukan Thanks to them makanya jadi banyak fitur, tapi jadi damn them make the market going to be this..
Btw, L300 bukan nya udah gak terlalu ok ya belakangan? Saya di Bali orang pada rame beli Traga lho selain lebih murah jauh, muatnya juga lebih banyak, semi engkel soalnya..
Kalo menurut saya sih ga bisa disalahi juga mobil Cina bisa hadirkan fitur harga murah, trus yang merek Jepangan kok downgrade buat ngejar fitur. Nyatanya mobil Cina minim problem kok, ga ikut2an trobel, tapi emang lebih boros.
Bibieight wrote: ↑Sun Mar 13, 2022 7:30
Berarti kemarin saya untung ya bawa Rocky 1.0 CVT naik Taman Dayu sampai ke De Gegunungan ndak sampe brenti di tengah jalan . Kalo Trawas-Cangar-Songgoriti si memang sekelas Tawangmangu-Cemorosewu-Sarangan... 2GD harus ditahan manual di 1-2, sama kayak Peugeot 505 GR karbu teknologi 1970.....
sherryandkez wrote: ↑Sun Mar 13, 2022 12:18
coba saya balik ke topik awal, jawab sesuai pengalaman saya ya.
sudah pakai veloz berkali2 ke luar kota, belum pernah nemu kondisi dimana si cvt overheat/keteteran ga bs nanjak. even nanjak2 ke bdg saya rasa lebih enak dibanding xp cross 4at yang cenderung lemot. di punclut yang tanjakannya curam pun gak ada masalah. apa mungkin karena saya selalu sendiri/berdua ya?
analisa saya sih kenapa cvtnya overheat pas pengetesan, itu kan dibawa berkali2 nanjak dan pasti dicobain berkali2 yang gak masuk kamera. itu yang bikin dia overheat cvtnya (harusnya mau berpuluh2 kali ga masalah juga, cuman kan gak ada cvt cooler sialnya). kedua karakternya sensitif, ketauan spin dikit lgs ngecut power.
Kalo cuma dari Taman Dayu kearah atas naik sampai D'Gunungan sih meski berhenti di tengah" section jalan yang curam gitu termasuk gampang banget om, saya udah beberapa kali iseng isi Veloz rame-rame berhenti di situ juga santai aja geli-geli kecil. Cuma saya ga iseng naik section yang turun only ya wkwk. Di Trawas juga sama waktu beberapa kali iseng berhenti di tengah" saat kondisi memungkinkan sepi nya juga gaada masalah berarti, jujur aja saya udah mulai sering liat Avanza sama Raize baru lalu-lalang di situ.
Yang notable mengenai performa nya itu memang akselerasi setelah initial take-off nya lebih narik, waktu dari berhenti total kemudian di gas emang dia ngga mau kenceng ngangkatnya, rpm nya juga ogah naik tinggi" amat. Waktu injakan gas awal rpm cuma bisa naik ke 2rb an, setelah ada pergerakan dikit baru dia biasanya mau naik keatas jadi sekitar 2.5rb rpm, meskipun kalo sudut tanjakannya makin ekstrim ya tetep bakal pelan naiknya.
Soal akselerasi nanjak momentum juga saya kok malah merasa lebih bisa kenceng di Veloz ini daripada 2KD AT yang udah berumur (ya pengaruh 4AT juga), ya cuma ngga tahan aja sama rpm nya yang mesti meraung lebih tinggi itu, memang ngga doyan high rev sih saya.
Gara2 berita ini, akhirnya beli yg mt. Mungkin 1-2 tahun lagi, baru beli yg cvt.
Jadi ingat kasus putu jedug. Berapa tahun sejak launch sampai masalah ini beres?
adri31 wrote: ↑Wed Mar 23, 2022 12:51
Gara2 berita ini, akhirnya beli yg mt. Mungkin 1-2 tahun lagi, baru beli yg cvt.
Jadi ingat kasus putu jedug. Berapa tahun sejak launch sampai masalah ini beres?
Bug 1st batch
Like a software company.
On going improvement process.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: ↑Wed Mar 23, 2022 13:19
Bug 1st batch
Like a software company.
On going improvement process.
kaizen!
bedanya zaman dulu kan informasi tertutup, sekarang adanya internet dan social media jadi makin cepet ketahuan dan rame2an d. coba mana ada zaman dulu tukang tepu pamer duit hasil nyolong ketangkep malah dibelain temen2nya dan ada fans-nya pula
jadi keingat obrolan dengan SA General Repair salah satu beres, soal recall dan complaint: kadang pak, ada kaya black campaign juga dari merek sebelah, kadang2 yang posting itu ya bikin heboh saja di sosmed. masalahnya dikit tapi dibesar2kan jadi kesannya semuanya kena,
kalau dipikir2 ya bisa aja ada ya, entah itu bayaran atau fans garis keras atau pasukan sakit hati dsb
juga perbaikan ga mungkin langsung dikerjain, langsung kelar langsung beres, masak indomie aja mest didihin air dulu
Saya malah abis SPK Veloz Non TSS CVT, kena Rp 301.600.000 cashback 10 jt...abis ibu negara kadung cinta ntuh mobil buat gantiin veloz 2012 yg sudah lelah berjalan sejauh 280rb km...
Terus pertimbangan mesin 2NR gak rewel sejarah pake ANR 2018 sampai sekarang no trouble..