Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

TonyMagnifico
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57

Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by TonyMagnifico »

Halo para suhu2 SM,

Ijin bertanya kebetulan kemarin mau ganti ban yg lebih tebel dan lebar. Cuma masalahnya mentok di fender bagian belakang roda depan klo dibelokin full. Sedangkan di fender yg bagian depan msh jauh. Memang klo dilihat baik2, roda ga persis di tengah2 fender.
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
Apa benar dg mengubah sudut caster ini bisa mengubah posisi roda depan lebih maju sedikit? Jujur blm pernah tahu hubungan sudut caster dg posisi roda.

Terima kasih pencerahannya suhu2..
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by McLaren »

Mobilnya apa Hu klo boleh tahu?
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by marmut »

TonyMagnifico wrote: Tue Jun 01, 2021 9:25
-

Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.

-

pada umumnya sudut caster tidak bisa disetel kecuali dengan cara modifikasi.
saran penjual ban patut dituruti, bawa saja ke bengkel spooring tetapi untuk diperiksa terlebih dahulu.
karena di bengkel spooring, S.O.P-nya adalah pemeriksaan menyeluruh di bagian suspensi terlebih dahulu sebelum dilakukan penyetelan.
kalau ada yang musti diperbaiki, mereka tidak akan lakukan spooring.

diperiksa terlebih dahulu kondisi control arm, bushing dan chassis. karena jarak 5mm itu cukup besar kalau di dunia spooring.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by Omnibus »

kayanya ini suv atau dcab leder frem yg dimaksud. ganti velg + ban gede
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Jun 02, 2021 8:31 kayanya ini suv atau dcab leder frem yg dimaksud. ganti velg + ban gede

ealaaaahh... ditungguin dari kemaren buat jawab ciyus malah maen tebak-tebakan....

:big_bored:
TonyMagnifico
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by TonyMagnifico »

McLaren wrote:Mobilnya apa Hu klo boleh tahu?
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
Almaz om.. Bentuk fender agak ngotak. Jadi atas sisa banyak tapi samping tinggal dikit..
TonyMagnifico
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by TonyMagnifico »

marmut wrote:
TonyMagnifico wrote: Tue Jun 01, 2021 9:25
-

Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.

-

pada umumnya sudut caster tidak bisa disetel kecuali dengan cara modifikasi.
saran penjual ban patut dituruti, bawa saja ke bengkel spooring tetapi untuk diperiksa terlebih dahulu.
karena di bengkel spooring, S.O.P-nya adalah pemeriksaan menyeluruh di bagian suspensi terlebih dahulu sebelum dilakukan penyetelan.
kalau ada yang musti diperbaiki, mereka tidak akan lakukan spooring.

diperiksa terlebih dahulu kondisi control arm, bushing dan chassis. karena jarak 5mm itu cukup besar kalau di dunia spooring.
Rencana sabtu ini mau spooring setelah ganti ban. Sebenernya fender bisa didorong sih walaupun dikit. Cuma penasaran aja sih sm saran dr tukang velg, klo posisi ban bs dimajuin dikit dg mengubah sudut caster. Baru denger soalnya [emoji848]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27283
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by DOHC »

Wolen almas ini suspensi depan nya macpherson strut kan ?

Kl iya, gmana caranya mo ruba sudut caster, mounting shock di pakein adjustable caster angle gt kaya di mobil2 drift ? Atau dipakein mounting shock nya coilover ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by marmut »

TonyMagnifico wrote: Wed Jun 02, 2021 15:30 Cuma penasaran aja sih sm saran dr tukang velg, klo posisi ban bs dimajuin dikit dg mengubah sudut caster. Baru denger soalnya [emoji848]

almaz dan mayoritas mobil produksi massal disini, sudut caster tidak ada setelannya. yang bisa disetel umumnya sudut toe saja (toe in - toe out).

tapi bukan berarti tidak bisa dirubah. bisa saja dirubah, dengan cara modifikasi.

ringan/beratnya modifikasi tergantung dari konstruksi suspensinya. kalau modifikasi ringan, bisa saja menambah ring sebagai ganjel di bushing arm supaya posisinya lebih maju/mundur tergantung kebutuhan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Jun 03, 2021 2:16 Wolen almas ini suspensi depan nya macpherson strut kan ?

Kl iya, gmana caranya mo ruba sudut caster, mounting shock di pakein adjustable caster angle gt kaya di mobil2 drift ? Atau dipakein mounting shock nya coilover ??


custom support strut biasanya hanya merubah sudut camber seperti gambar di bawah ini,


IMG20210529115435.jpg


kalau mau rubah sudut caster, di bagian bawah seputaran control arm yang diutak atik. apakah tension rod-nya yang disetel (kalau ada), atau geser posisi bushing arm.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
TonyMagnifico
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by TonyMagnifico »

marmut wrote: Thu Jun 03, 2021 2:28
DOHC wrote: Thu Jun 03, 2021 2:16 Wolen almas ini suspensi depan nya macpherson strut kan ?

Kl iya, gmana caranya mo ruba sudut caster, mounting shock di pakein adjustable caster angle gt kaya di mobil2 drift ? Atau dipakein mounting shock nya coilover ??
custom support strut biasanya hanya merubah sudut camber seperti gambar di bawah ini,

IMG20210529115435.jpg

kalau mau rubah sudut caster, di bagian bawah seputaran control arm yang diutak atik. apakah tension rod-nya yang disetel (kalau ada), atau geser posisi bushing arm.
Iya macpherson.
Sebelumnya pernah spooring mobil ini, sepertinya sudut caster ga berubah before & after. Lupa data nya ditaruh mana.
Kebetulan lower arm dan shock udah saya ganti after market (kpv & abm), besok coba saya konsul ke bengkel yang pasang klo pas kesana lg.
Saya masih awam masalah perkaki2an dan sebenernya emg ga harus ubah2 posisi kaki2 ini hanya biar ban ga mentok, apalagi klo ribet dan susah dibikin presisi, cuma penasaran aja sama saran kang velg.
Klo dr hasil googling posisi ban bs berubah krn bushing, LA dan shock bengkok.
Thanks info nya suhu2 :big_deal:
Last edited by TonyMagnifico on Thu Jun 03, 2021 3:20, edited 1 time in total.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by McLaren »

TonyMagnifico wrote: Wed Jun 02, 2021 15:25
McLaren wrote:Mobilnya apa Hu klo boleh tahu?
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
Almaz om.. Bentuk fender agak ngotak. Jadi atas sisa banyak tapi samping tinggal dikit..
Kalo Almaz sy menyimak saja om.. belom pernah lihat bawahnya Almaz 😀
Cmn CMIIW, dengan asumsi caster bisa diubah secara custom,kalo majuin ban, berarti mengurangi sudut caster, lebih dekat ke 0, atau bahkan caster negatif. Setirnya ngga bisa anteng, dan ban cenderung swirl (apa yaa indonesiany)
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by t105erd »

Saya juga mau tanya dong ban depan kanan abis ganti lower arm sekarang jadi agak mundur, udah di spooring, dibawanya juga aman sih ga miring/getar. Mohon petunjuk dong kira2 bisa lurus lagi gak yah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by maydhi09 »

TonyMagnifico wrote: Tue Jun 01, 2021 9:25 Halo para suhu2 SM,

Ijin bertanya kebetulan kemarin mau ganti ban yg lebih tebel dan lebar. Cuma masalahnya mentok di fender bagian belakang roda depan klo dibelokin full. Sedangkan di fender yg bagian depan msh jauh. Memang klo dilihat baik2, roda ga persis di tengah2 fender.
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
Apa benar dg mengubah sudut caster ini bisa mengubah posisi roda depan lebih maju sedikit? Jujur blm pernah tahu hubungan sudut caster dg posisi roda.

Terima kasih pencerahannya suhu2..
Pernah ngalamain di suv mazda tuwir ane 1 bulan lalu, saran dari mekanik di sebuah bengkel spooring radio dalam, untuk di majuin roda kiri (ubah caster) agar setir jadi lurus lagi, karena keluhan narik kiri terus dan sudah spooring di 2 bengkel berbeda sebelum memutuskan ke radio dalam

Dan hasilnya lurus lempeng, di 2 bengkel sebelumya gak sembuh2 udah bulak balik selama 2 minggu waranty

Kira2 ad efek negative gak ya, soalnya minta persetujuan dulu untuk ubah caster / majuin roda kiri, :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by Omnibus »

t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 11:02 Saya juga mau tanya dong ban depan kanan abis ganti lower arm sekarang jadi agak mundur, udah di spooring, dibawanya juga aman sih ga miring/getar. Mohon petunjuk dong kira2 bisa lurus lagi gak yah.
lower arm nya KW atau ori ini? beli dimana?
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by t105erd »

Omnibus wrote: Tue Mar 29, 2022 17:17
t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 11:02 Saya juga mau tanya dong ban depan kanan abis ganti lower arm sekarang jadi agak mundur, udah di spooring, dibawanya juga aman sih ga miring/getar. Mohon petunjuk dong kira2 bisa lurus lagi gak yah.
lower arm nya KW atau ori ini? beli dimana?
Aftermarket merk heiker
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by Omnibus »

t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 22:09
Omnibus wrote: Tue Mar 29, 2022 17:17
t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 11:02 Saya juga mau tanya dong ban depan kanan abis ganti lower arm sekarang jadi agak mundur, udah di spooring, dibawanya juga aman sih ga miring/getar. Mohon petunjuk dong kira2 bisa lurus lagi gak yah.
lower arm nya KW atau ori ini? beli dimana?
Aftermarket merk heiker
bingo.

tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by t105erd »

Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 0:44
t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 22:09
Omnibus wrote: Tue Mar 29, 2022 17:17

lower arm nya KW atau ori ini? beli dimana?
Aftermarket merk heiker
bingo.

tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
Makasih om infonya. Kemarin di ganti karena emang yg lama katanya bengkok sih, mungkin karena pernah kena jalan lubang/rusak, pernah nyangkut trotoar juga, tapi dilihat sasis sih aman ga ada yg bengkok dll. Berarti emang ini lower arm nya yg ga presisi yah, soalnya yg ori toyota mehong juga hehe...
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by t105erd »

Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 0:44
t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 22:09
Omnibus wrote: Tue Mar 29, 2022 17:17

lower arm nya KW atau ori ini? beli dimana?
Aftermarket merk heiker
bingo.

tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
Makasih om infonya. Kemarin di ganti karena emang yg lama katanya bengkok sih, mungkin karena pernah kena jalan lubang/rusak, pernah nyangkut trotoar juga, tapi dilihat sasis sih aman ga ada yg bengkok dll. Berarti emang ini lower arm nya yg ga presisi yah, soalnya yg ori toyota mehong juga hehe...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by Omnibus »

t105erd wrote: Wed Mar 30, 2022 1:19
Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 0:44
t105erd wrote: Tue Mar 29, 2022 22:09

Aftermarket merk heiker
bingo.

tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
Makasih om infonya. Kemarin di ganti karena emang yg lama katanya bengkok sih, mungkin karena pernah kena jalan lubang/rusak, pernah nyangkut trotoar juga, tapi dilihat sasis sih aman ga ada yg bengkok dll. Berarti emang ini lower arm nya yg ga presisi yah, soalnya yg ori toyota mehong juga hehe...
yg genuine pasti lbh mehong, kecuali kl mau ambil dr copotan. nanti tinggal di refurbish bushing sama ball joint nya.

tp pernah kena benturan sampai bengkok hrs diyakinkan itu ga kena ke subframe nya. kl kena sampe subframe deformasi berarti subframe hrs diganti juga. krn subframe itu bisa dilepas-pasang jg dr body.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by marmut »

Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 2:01

yg genuine pasti lbh mehong, kecuali kl mau ambil dr copotan.




mahal tapi hati tenang dan pasti plug and play no miring-miring.
kalau mau murah tapi miring, bagi saya malah jauh lebih mahal dari genuine part.
waktu kebuang, mondar mandir, jengkel, berapa kalo dirupiahkan?

kecuali sudah yakin atau sudah pernah pakai merk aftermarket tsb.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by t105erd »

marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:23
Omnibus wrote: Wed Mar 30, 2022 2:01

yg genuine pasti lbh mehong, kecuali kl mau ambil dr copotan.




mahal tapi hati tenang dan pasti plug and play no miring-miring.
kalau mau murah tapi miring, bagi saya malah jauh lebih mahal dari genuine part.
waktu kebuang, mondar mandir, jengkel, berapa kalo dirupiahkan?

kecuali sudah yakin atau sudah pernah pakai merk aftermarket tsb.
Thank you gan, iya yang asli 3.5jt vs aftermarket 600rb hehehe...
ini mau saya pake dulu sampe oblak baru saya ganti yang ori lagi. Selama pakai ini sih aman, stir ga miring/geter dll. Takutnya udah ganti ori tapi masih miring, ternyata bukan di lower arm nya hehe
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11587
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by marmut »

t105erd wrote: Wed Mar 30, 2022 2:41

Thank you gan, iya yang asli 3.5jt vs aftermarket 600rb hehehe...
ini mau saya pake dulu sampe oblak baru saya ganti yang ori lagi. Selama pakai ini sih aman, stir ga miring/geter dll. Takutnya udah ganti ori tapi masih miring, ternyata bukan di lower arm nya hehe


sudut caster-camber-toe ngga mungkin bikin roda/setir geter.
kalo mau lebih tenang, coba bandingin antara data alignment aslinya itu mobil dengan hasil ahir alignment dari bengkel. berapa jauh selisihnya.
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1464
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan

Post by t105erd »

marmut wrote: Wed Mar 30, 2022 2:44
t105erd wrote: Wed Mar 30, 2022 2:41

Thank you gan, iya yang asli 3.5jt vs aftermarket 600rb hehehe...
ini mau saya pake dulu sampe oblak baru saya ganti yang ori lagi. Selama pakai ini sih aman, stir ga miring/geter dll. Takutnya udah ganti ori tapi masih miring, ternyata bukan di lower arm nya hehe


sudut caster-camber-toe ngga mungkin bikin roda/setir geter.
kalo mau lebih tenang, coba bandingin antara data alignment aslinya itu mobil dengan hasil ahir alignment dari bengkel. berapa jauh selisihnya.
Kata orang yg jual arm-nya bisa aja dudukan arm yg di chassis geser. Selama dibawa sih ga masalah om, lurus2 aja cuma tampilan aja kurang sip hehe...