Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57
Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Halo para suhu2 SM,
Ijin bertanya kebetulan kemarin mau ganti ban yg lebih tebel dan lebar. Cuma masalahnya mentok di fender bagian belakang roda depan klo dibelokin full. Sedangkan di fender yg bagian depan msh jauh. Memang klo dilihat baik2, roda ga persis di tengah2 fender.
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
Apa benar dg mengubah sudut caster ini bisa mengubah posisi roda depan lebih maju sedikit? Jujur blm pernah tahu hubungan sudut caster dg posisi roda.
Terima kasih pencerahannya suhu2..
Ijin bertanya kebetulan kemarin mau ganti ban yg lebih tebel dan lebar. Cuma masalahnya mentok di fender bagian belakang roda depan klo dibelokin full. Sedangkan di fender yg bagian depan msh jauh. Memang klo dilihat baik2, roda ga persis di tengah2 fender.
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
Apa benar dg mengubah sudut caster ini bisa mengubah posisi roda depan lebih maju sedikit? Jujur blm pernah tahu hubungan sudut caster dg posisi roda.
Terima kasih pencerahannya suhu2..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Mobilnya apa Hu klo boleh tahu?
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
TonyMagnifico wrote: ↑Tue Jun 01, 2021 9:25
-
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
-
pada umumnya sudut caster tidak bisa disetel kecuali dengan cara modifikasi.
saran penjual ban patut dituruti, bawa saja ke bengkel spooring tetapi untuk diperiksa terlebih dahulu.
karena di bengkel spooring, S.O.P-nya adalah pemeriksaan menyeluruh di bagian suspensi terlebih dahulu sebelum dilakukan penyetelan.
kalau ada yang musti diperbaiki, mereka tidak akan lakukan spooring.
diperiksa terlebih dahulu kondisi control arm, bushing dan chassis. karena jarak 5mm itu cukup besar kalau di dunia spooring.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
kayanya ini suv atau dcab leder frem yg dimaksud. ganti velg + ban gede
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Almaz om.. Bentuk fender agak ngotak. Jadi atas sisa banyak tapi samping tinggal dikit..McLaren wrote:Mobilnya apa Hu klo boleh tahu?
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Rencana sabtu ini mau spooring setelah ganti ban. Sebenernya fender bisa didorong sih walaupun dikit. Cuma penasaran aja sih sm saran dr tukang velg, klo posisi ban bs dimajuin dikit dg mengubah sudut caster. Baru denger soalnya [emoji848]marmut wrote:TonyMagnifico wrote: ↑Tue Jun 01, 2021 9:25
-
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
-
pada umumnya sudut caster tidak bisa disetel kecuali dengan cara modifikasi.
saran penjual ban patut dituruti, bawa saja ke bengkel spooring tetapi untuk diperiksa terlebih dahulu.
karena di bengkel spooring, S.O.P-nya adalah pemeriksaan menyeluruh di bagian suspensi terlebih dahulu sebelum dilakukan penyetelan.
kalau ada yang musti diperbaiki, mereka tidak akan lakukan spooring.
diperiksa terlebih dahulu kondisi control arm, bushing dan chassis. karena jarak 5mm itu cukup besar kalau di dunia spooring.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Wolen almas ini suspensi depan nya macpherson strut kan ?
Kl iya, gmana caranya mo ruba sudut caster, mounting shock di pakein adjustable caster angle gt kaya di mobil2 drift ? Atau dipakein mounting shock nya coilover ??
Kl iya, gmana caranya mo ruba sudut caster, mounting shock di pakein adjustable caster angle gt kaya di mobil2 drift ? Atau dipakein mounting shock nya coilover ??
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
TonyMagnifico wrote: ↑Wed Jun 02, 2021 15:30 Cuma penasaran aja sih sm saran dr tukang velg, klo posisi ban bs dimajuin dikit dg mengubah sudut caster. Baru denger soalnya [emoji848]
almaz dan mayoritas mobil produksi massal disini, sudut caster tidak ada setelannya. yang bisa disetel umumnya sudut toe saja (toe in - toe out).
tapi bukan berarti tidak bisa dirubah. bisa saja dirubah, dengan cara modifikasi.
ringan/beratnya modifikasi tergantung dari konstruksi suspensinya. kalau modifikasi ringan, bisa saja menambah ring sebagai ganjel di bushing arm supaya posisinya lebih maju/mundur tergantung kebutuhan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
custom support strut biasanya hanya merubah sudut camber seperti gambar di bawah ini,
kalau mau rubah sudut caster, di bagian bawah seputaran control arm yang diutak atik. apakah tension rod-nya yang disetel (kalau ada), atau geser posisi bushing arm.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Oct 07, 2020 12:57
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Iya macpherson.marmut wrote: ↑Thu Jun 03, 2021 2:28custom support strut biasanya hanya merubah sudut camber seperti gambar di bawah ini,
IMG20210529115435.jpg
kalau mau rubah sudut caster, di bagian bawah seputaran control arm yang diutak atik. apakah tension rod-nya yang disetel (kalau ada), atau geser posisi bushing arm.
Sebelumnya pernah spooring mobil ini, sepertinya sudut caster ga berubah before & after. Lupa data nya ditaruh mana.
Kebetulan lower arm dan shock udah saya ganti after market (kpv & abm), besok coba saya konsul ke bengkel yang pasang klo pas kesana lg.
Saya masih awam masalah perkaki2an dan sebenernya emg ga harus ubah2 posisi kaki2 ini hanya biar ban ga mentok, apalagi klo ribet dan susah dibikin presisi, cuma penasaran aja sama saran kang velg.
Klo dr hasil googling posisi ban bs berubah krn bushing, LA dan shock bengkok.
Thanks info nya suhu2
Last edited by TonyMagnifico on Thu Jun 03, 2021 3:20, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Kalo Almaz sy menyimak saja om.. belom pernah lihat bawahnya AlmazTonyMagnifico wrote: ↑Wed Jun 02, 2021 15:25Almaz om.. Bentuk fender agak ngotak. Jadi atas sisa banyak tapi samping tinggal dikit..McLaren wrote:Mobilnya apa Hu klo boleh tahu?
Tidak semua mobil bisa disetel casternya
Cmn CMIIW, dengan asumsi caster bisa diubah secara custom,kalo majuin ban, berarti mengurangi sudut caster, lebih dekat ke 0, atau bahkan caster negatif. Setirnya ngga bisa anteng, dan ban cenderung swirl (apa yaa indonesiany)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Saya juga mau tanya dong ban depan kanan abis ganti lower arm sekarang jadi agak mundur, udah di spooring, dibawanya juga aman sih ga miring/getar. Mohon petunjuk dong kira2 bisa lurus lagi gak yah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Pernah ngalamain di suv mazda tuwir ane 1 bulan lalu, saran dari mekanik di sebuah bengkel spooring radio dalam, untuk di majuin roda kiri (ubah caster) agar setir jadi lurus lagi, karena keluhan narik kiri terus dan sudah spooring di 2 bengkel berbeda sebelum memutuskan ke radio dalamTonyMagnifico wrote: ↑Tue Jun 01, 2021 9:25 Halo para suhu2 SM,
Ijin bertanya kebetulan kemarin mau ganti ban yg lebih tebel dan lebar. Cuma masalahnya mentok di fender bagian belakang roda depan klo dibelokin full. Sedangkan di fender yg bagian depan msh jauh. Memang klo dilihat baik2, roda ga persis di tengah2 fender.
Kata yg jual ban, coba dispooring minta sudut casternya diubah sehingga posisi roda depan bisa lebih maju dikit sekitar 5mm an.
Apa benar dg mengubah sudut caster ini bisa mengubah posisi roda depan lebih maju sedikit? Jujur blm pernah tahu hubungan sudut caster dg posisi roda.
Terima kasih pencerahannya suhu2..
Dan hasilnya lurus lempeng, di 2 bengkel sebelumya gak sembuh2 udah bulak balik selama 2 minggu waranty
Kira2 ad efek negative gak ya, soalnya minta persetujuan dulu untuk ubah caster / majuin roda kiri,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
bingo.
tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Makasih om infonya. Kemarin di ganti karena emang yg lama katanya bengkok sih, mungkin karena pernah kena jalan lubang/rusak, pernah nyangkut trotoar juga, tapi dilihat sasis sih aman ga ada yg bengkok dll. Berarti emang ini lower arm nya yg ga presisi yah, soalnya yg ori toyota mehong juga hehe...Omnibus wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 0:44bingo.
tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Makasih om infonya. Kemarin di ganti karena emang yg lama katanya bengkok sih, mungkin karena pernah kena jalan lubang/rusak, pernah nyangkut trotoar juga, tapi dilihat sasis sih aman ga ada yg bengkok dll. Berarti emang ini lower arm nya yg ga presisi yah, soalnya yg ori toyota mehong juga hehe...Omnibus wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 0:44bingo.
tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11689
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
yg genuine pasti lbh mehong, kecuali kl mau ambil dr copotan. nanti tinggal di refurbish bushing sama ball joint nya.t105erd wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 1:19Makasih om infonya. Kemarin di ganti karena emang yg lama katanya bengkok sih, mungkin karena pernah kena jalan lubang/rusak, pernah nyangkut trotoar juga, tapi dilihat sasis sih aman ga ada yg bengkok dll. Berarti emang ini lower arm nya yg ga presisi yah, soalnya yg ori toyota mehong juga hehe...Omnibus wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 0:44bingo.
tp diganti lower arm nya bukan krn benturan kan? kl bukan krn benturan berarti subframe aman n suspeknya krn lower arm heiker tsb yg kurang presisi sebab mobilnya itu ga punya caster adjustment jd posisi roda agak mundur (atau maju) ditentukan dr dimensi/geometri lower armnya. kl mau bener lagi ya pakai lower arm yg lama, ganti bushing dan ball joint nya aja. atau beli lower arm assy yg genuine.
tp pernah kena benturan sampai bengkok hrs diyakinkan itu ga kena ke subframe nya. kl kena sampe subframe deformasi berarti subframe hrs diganti juga. krn subframe itu bisa dilepas-pasang jg dr body.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
mahal tapi hati tenang dan pasti plug and play no miring-miring.
kalau mau murah tapi miring, bagi saya malah jauh lebih mahal dari genuine part.
waktu kebuang, mondar mandir, jengkel, berapa kalo dirupiahkan?
kecuali sudah yakin atau sudah pernah pakai merk aftermarket tsb.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Thank you gan, iya yang asli 3.5jt vs aftermarket 600rb hehehe...marmut wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 2:23
mahal tapi hati tenang dan pasti plug and play no miring-miring.
kalau mau murah tapi miring, bagi saya malah jauh lebih mahal dari genuine part.
waktu kebuang, mondar mandir, jengkel, berapa kalo dirupiahkan?
kecuali sudah yakin atau sudah pernah pakai merk aftermarket tsb.
ini mau saya pake dulu sampe oblak baru saya ganti yang ori lagi. Selama pakai ini sih aman, stir ga miring/geter dll. Takutnya udah ganti ori tapi masih miring, ternyata bukan di lower arm nya hehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
t105erd wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 2:41
Thank you gan, iya yang asli 3.5jt vs aftermarket 600rb hehehe...
ini mau saya pake dulu sampe oblak baru saya ganti yang ori lagi. Selama pakai ini sih aman, stir ga miring/geter dll. Takutnya udah ganti ori tapi masih miring, ternyata bukan di lower arm nya hehe
sudut caster-camber-toe ngga mungkin bikin roda/setir geter.
kalo mau lebih tenang, coba bandingin antara data alignment aslinya itu mobil dengan hasil ahir alignment dari bengkel. berapa jauh selisihnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Sudut Caster & Posisi Roda Depan
Kata orang yg jual arm-nya bisa aja dudukan arm yg di chassis geser. Selama dibawa sih ga masalah om, lurus2 aja cuma tampilan aja kurang sip hehe...marmut wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 2:44t105erd wrote: ↑Wed Mar 30, 2022 2:41
Thank you gan, iya yang asli 3.5jt vs aftermarket 600rb hehehe...
ini mau saya pake dulu sampe oblak baru saya ganti yang ori lagi. Selama pakai ini sih aman, stir ga miring/geter dll. Takutnya udah ganti ori tapi masih miring, ternyata bukan di lower arm nya hehe
sudut caster-camber-toe ngga mungkin bikin roda/setir geter.
kalo mau lebih tenang, coba bandingin antara data alignment aslinya itu mobil dengan hasil ahir alignment dari bengkel. berapa jauh selisihnya.