Kecelakaan Mengerikan...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Kecelakaan Mengerikan...
Warning: Long posting...
Salam kenal semua... saya Baron....lokasi Yogya... kenal forum ini dari bung Yongis... :
Lokasi kejadian:
Ring road utara Jogja, 2 jalur cepat, 1 jalur lambat, dibatasi dengan pemisah jalan (saya sih bilangnya "tahu"...). Kondisi jalan sepi dan kering, tikungan "S" slow bend, berlokasi tepat di depan asrama haji...
Malam ini ketika pulang dari rumah temen sekitar pukul 01:00, saya sedang berkendara dengan tenang. Selepas perempatan Jl Kaliurang menuju arah Jl. Magelang, saya melihat didepan saya ada 3 orang menggunakan Kawasaki Ninja, berkendara di jalur cepat. Di Yogya kalo di ring roadnya, motor seharusnya di jalur lambat.
Mereka sepertinya mau track-track-an...Benar saja! Tak lama berselang mereka bertiga memacu motornya, keliatan dari kepulan oli khas 2 langkah. Saya mengikuti dari belakang, abisnya saya penasaran juga pingin tau lari berapa si Ninja itu?
Ketika kecepatan 135 km/h, mereka mulai memasuki tikungan "S" yang radiusnya besar dan tidak patah, pokoknya high speed turn lah. Tiba-tiba pengendara yang disisi paling kiri, tak dapat menguasai motornya, dan menyerempetl pembatas jalur lambat dan jalur cepat.
Ninja langsung terbang salto ke udara setinggi kira-kira 3 meter, kemudian terhempas ke aspal dan terseret sejauh 100 meter. Pengendaranya pun ikut terlempar dan hilang tertelan asap, bara api, dan parts motor yang ikut terlepas.
Saya langsung mengerem mendadak, hampir kehilangan kontrol karena posisi menikung serta roda belakang kanan gejala mengunci, tapi masih bisa dapat dikuasai. Setelah berhenti saya langsung turun dan berlari ke lokasi jatuh motor tersebut, dengan maksud memberi pertolongan seperlunya.
Saya sampai di lokasi berbarengan dengan dua orang temennya yang lain, tapi yang saya jumpai tak akan saya lupakan... Maaf temen-temen kalo yang berikut agak menjijikan...
Pengendara Ninja itu rupanya tak memakai protective gear yang cukup, tak ada helm, hanya berkaus oblong dan celana pendek. Pengendara itu tertelungkup di ruas jalur lambat, dengan kaki kanan lepas dari lutut, dan tangan kiri terlepas dari badan sebatas bahu. Kepalanya terbelah dua, dan (maaf....) isinya tercecer di aspal.
Pada saat itu saya sadar tak ada lagi yang saya dapat lakukan untuk menolongnya. Teman-temannya malah bengong, mungkin shock karena melihat kondisi temannya. Orang-orang sekitar berdatangan, dan selang 10 menit kemudian polisi datang. Sepertinya ada yang lapor.
Jadilah mereka berdua dan saya di "interogasi" sebentar tentang apa yang terjadi. Saya sendiri jadi saksi, karena pada saat peristiwa terjadi saya hanya 50 meter dibelakang Ninja-Ninja tersebut. Polisi menyimpulkan bahwa ini kecelakaan tunggal, dan saya boleh meneruskan perjalanan pulang. Sementara dua orang pengendara Ninja tadi di bawa polisi mungkin untuk mengurus temannya yang wafat itu.
Sumpah...di sisa perjalanan pulang perut saya mules... Ga kebayang bagaimana misalnya hal itu menimpa saya sendiri. Insya Allah ga terjadi...Amien...
Teman-teman, mungkin yang dapat dipetik dari kejadian ini adalah... SPEED KILLS! Kita harus bisa melihat kondisi jalan, kendaraan, fisik kita, dan faktor lain seperti traffic dan cuaca sebelum memutuskan untuk memutar/menekan tuas/pedal gas kita dalam-dalam.....
Hati-hati di jalan raya.....
Salam kenal semua... saya Baron....lokasi Yogya... kenal forum ini dari bung Yongis... :
Lokasi kejadian:
Ring road utara Jogja, 2 jalur cepat, 1 jalur lambat, dibatasi dengan pemisah jalan (saya sih bilangnya "tahu"...). Kondisi jalan sepi dan kering, tikungan "S" slow bend, berlokasi tepat di depan asrama haji...
Malam ini ketika pulang dari rumah temen sekitar pukul 01:00, saya sedang berkendara dengan tenang. Selepas perempatan Jl Kaliurang menuju arah Jl. Magelang, saya melihat didepan saya ada 3 orang menggunakan Kawasaki Ninja, berkendara di jalur cepat. Di Yogya kalo di ring roadnya, motor seharusnya di jalur lambat.
Mereka sepertinya mau track-track-an...Benar saja! Tak lama berselang mereka bertiga memacu motornya, keliatan dari kepulan oli khas 2 langkah. Saya mengikuti dari belakang, abisnya saya penasaran juga pingin tau lari berapa si Ninja itu?
Ketika kecepatan 135 km/h, mereka mulai memasuki tikungan "S" yang radiusnya besar dan tidak patah, pokoknya high speed turn lah. Tiba-tiba pengendara yang disisi paling kiri, tak dapat menguasai motornya, dan menyerempetl pembatas jalur lambat dan jalur cepat.
Ninja langsung terbang salto ke udara setinggi kira-kira 3 meter, kemudian terhempas ke aspal dan terseret sejauh 100 meter. Pengendaranya pun ikut terlempar dan hilang tertelan asap, bara api, dan parts motor yang ikut terlepas.
Saya langsung mengerem mendadak, hampir kehilangan kontrol karena posisi menikung serta roda belakang kanan gejala mengunci, tapi masih bisa dapat dikuasai. Setelah berhenti saya langsung turun dan berlari ke lokasi jatuh motor tersebut, dengan maksud memberi pertolongan seperlunya.
Saya sampai di lokasi berbarengan dengan dua orang temennya yang lain, tapi yang saya jumpai tak akan saya lupakan... Maaf temen-temen kalo yang berikut agak menjijikan...
Pengendara Ninja itu rupanya tak memakai protective gear yang cukup, tak ada helm, hanya berkaus oblong dan celana pendek. Pengendara itu tertelungkup di ruas jalur lambat, dengan kaki kanan lepas dari lutut, dan tangan kiri terlepas dari badan sebatas bahu. Kepalanya terbelah dua, dan (maaf....) isinya tercecer di aspal.
Pada saat itu saya sadar tak ada lagi yang saya dapat lakukan untuk menolongnya. Teman-temannya malah bengong, mungkin shock karena melihat kondisi temannya. Orang-orang sekitar berdatangan, dan selang 10 menit kemudian polisi datang. Sepertinya ada yang lapor.
Jadilah mereka berdua dan saya di "interogasi" sebentar tentang apa yang terjadi. Saya sendiri jadi saksi, karena pada saat peristiwa terjadi saya hanya 50 meter dibelakang Ninja-Ninja tersebut. Polisi menyimpulkan bahwa ini kecelakaan tunggal, dan saya boleh meneruskan perjalanan pulang. Sementara dua orang pengendara Ninja tadi di bawa polisi mungkin untuk mengurus temannya yang wafat itu.
Sumpah...di sisa perjalanan pulang perut saya mules... Ga kebayang bagaimana misalnya hal itu menimpa saya sendiri. Insya Allah ga terjadi...Amien...
Teman-teman, mungkin yang dapat dipetik dari kejadian ini adalah... SPEED KILLS! Kita harus bisa melihat kondisi jalan, kendaraan, fisik kita, dan faktor lain seperti traffic dan cuaca sebelum memutuskan untuk memutar/menekan tuas/pedal gas kita dalam-dalam.....
Hati-hati di jalan raya.....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Duh serem banget nih... Jijik juga sih. Saya emang rada ngga kuat kalo liat darah yang berceceran sebanyak itu (membaca kejadian tsb). Mungkin kalo luka2 ringan masih bisa ditolong ya, tapi kalo udah separah itu sih sebaiknya jangan dilihat. Karena tidak akan bisa dihapus dari memori kita.
Pernah sih liat kejadian anak kecil yang lari kejarin layang2, terus ditabrak truk. Dan saya ngga berani melihatnya. Takut banget kalo terngiang2 di memori kita kan ?
Salut sama bung baron! Masih sempet turun dengan maksud menolongnya ...
Apa yang bisa dipetik dari kejadian itu adl.:
- Jangan balapan deh. Apalagi balapannya pake motor. Kan motor rawan banget tuh... Dan kalo jatoh, bisa fatal sekali!
- Pake Helm yang bagus, kalo bisa full face ! Perlengkapan keamanan lainnya!
- Tolong yah, bagi yang suka modif motor lebih baik jangan mengubah2 posisi spion ke bawah stang motor! Kalo diletakkan kebawah gimana liatnya coba? Bahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain kan? Makanya posisi spion standar bawaan pabrik adalah yang paling baik !
Pernah sih liat kejadian anak kecil yang lari kejarin layang2, terus ditabrak truk. Dan saya ngga berani melihatnya. Takut banget kalo terngiang2 di memori kita kan ?
Salut sama bung baron! Masih sempet turun dengan maksud menolongnya ...
Apa yang bisa dipetik dari kejadian itu adl.:
- Jangan balapan deh. Apalagi balapannya pake motor. Kan motor rawan banget tuh... Dan kalo jatoh, bisa fatal sekali!
- Pake Helm yang bagus, kalo bisa full face ! Perlengkapan keamanan lainnya!
- Tolong yah, bagi yang suka modif motor lebih baik jangan mengubah2 posisi spion ke bawah stang motor! Kalo diletakkan kebawah gimana liatnya coba? Bahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain kan? Makanya posisi spion standar bawaan pabrik adalah yang paling baik !
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Pakai piranti keselamatan yang memadai itu wajib!! Kadang orang sini masih menyepelekan hal itu, ntar kalo pake dikiranya penakut. Padahal itu untuk melindungi diri kita sendiri. Minimal helm dan jaket syukur-syukur ada protector-nya.
Motornya kencang ya harus sebanding dengan piranti keselamatannya. Dan yang harus diperhatikan kemampuan buat bawa mobil ato motornya juga. Tidak boleh memaksakan diri, tidak ada kata 110% di jalan. Paling mentok cuman 90% saja, sisanya entah karena jalan ada pasir, ban meletus, ada motor/mobil laen yang ngerem ato berhenti tiba-tiba. Boleh dikata 10 % ini adalah faktor "Lucky"!!
Motornya kencang ya harus sebanding dengan piranti keselamatannya. Dan yang harus diperhatikan kemampuan buat bawa mobil ato motornya juga. Tidak boleh memaksakan diri, tidak ada kata 110% di jalan. Paling mentok cuman 90% saja, sisanya entah karena jalan ada pasir, ban meletus, ada motor/mobil laen yang ngerem ato berhenti tiba-tiba. Boleh dikata 10 % ini adalah faktor "Lucky"!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
Tikungan di ringroad situ memang agak seram.Deketnya ada kuburan.Dulu juga ada mobil nabrak pembatas jalan trus salto pindah jalur ke arah sebaliknya.
Ring road jogja pembatas jalannya mengerikan.Mendingan dikasih pagar kaya jalan tol.Masalahnya kalo ban sudah mbentur pembatas jalan pd kecepatan tinggi,mobil/motor langsung melayang.Dulu ngetrek di situ gak enak,jalannya keriting sekarang sdh diaspal lagi jd halus trus muncul korban begituan.
Ring road jogja pembatas jalannya mengerikan.Mendingan dikasih pagar kaya jalan tol.Masalahnya kalo ban sudah mbentur pembatas jalan pd kecepatan tinggi,mobil/motor langsung melayang.Dulu ngetrek di situ gak enak,jalannya keriting sekarang sdh diaspal lagi jd halus trus muncul korban begituan.
Speed is a game??!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
To : Demonium
Modif sih boleh2 aja ... tapi yah buat dipamerin atau kontes modif keq. Yang positif2 aja deh ...
Mau dilombain ? dibalapin ? Boleh juga... asal pake protector semaksimal mungkin. Pake perkiraan, liat situasi dan kondisi. Pilih track yang aman ... Soalnya di Bandung juga ada Bandung Underground, komunitas-nya suka ngadain drag-race tiap malem minggu. Banyak mobil2 cepet macem Subaru dan Lancer Evo IV n mobil2 laen yang dimodif. Tapi mereka ada aturannya : Safety First ! Pilih tempat yang aman ! Dini hari biar ngga mengganggu orang lain.
Modif sih boleh2 aja ... tapi yah buat dipamerin atau kontes modif keq. Yang positif2 aja deh ...
Mau dilombain ? dibalapin ? Boleh juga... asal pake protector semaksimal mungkin. Pake perkiraan, liat situasi dan kondisi. Pilih track yang aman ... Soalnya di Bandung juga ada Bandung Underground, komunitas-nya suka ngadain drag-race tiap malem minggu. Banyak mobil2 cepet macem Subaru dan Lancer Evo IV n mobil2 laen yang dimodif. Tapi mereka ada aturannya : Safety First ! Pilih tempat yang aman ! Dini hari biar ngga mengganggu orang lain.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Saya setuju ma bung Digitall........
Iya tuh emang ngeri tikungan deket asrama haji, seharusnya kalo ke arah jalan magelang lebih aman karena tikungan 1 kekiri lebih tajam dari pada tikungan 2 kekanan meskipun keduanya termasuk tikungan cepat. Tapi setidaknya kecepatan pada tikungan 1 lebih rendah dari pada ke 2. Mungkin kalo dari arah sebaliknya besar kemungkinan bisa out akibat tikungan lebih tajam. Jadi curiga jangan-jangan nggak pake lampu tuh!
Iya tuh emang ngeri tikungan deket asrama haji, seharusnya kalo ke arah jalan magelang lebih aman karena tikungan 1 kekiri lebih tajam dari pada tikungan 2 kekanan meskipun keduanya termasuk tikungan cepat. Tapi setidaknya kecepatan pada tikungan 1 lebih rendah dari pada ke 2. Mungkin kalo dari arah sebaliknya besar kemungkinan bisa out akibat tikungan lebih tajam. Jadi curiga jangan-jangan nggak pake lampu tuh!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Bung Indy: malem jumat bung....saya sampe rumah saya tulis tuh posting... Bener si...mereka ada yang ga make lampu pas track....
Bung Ivanov: Yang salto tuh saya liat juga...tapi ga sempet brenti...dah agak lama to? Dah rame polisi masalahnya.... hehehhe
Bung Indy dan Ivanov serta Equalizer di Jogja to? Lokasi dunks...biar bisa maen kesana....
Bung Ivanov: Yang salto tuh saya liat juga...tapi ga sempet brenti...dah agak lama to? Dah rame polisi masalahnya.... hehehhe
Bung Indy dan Ivanov serta Equalizer di Jogja to? Lokasi dunks...biar bisa maen kesana....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
kemaren tgl 22 maret menjelang magrib pulang spotting dari cengkareng lewat tol bandara ,lepas dari kamal kok macet bangeet , rupanya ada kecelakaan kijang di jalur menuju jkt , pagar pembatas tol berantakan begitu juga mobilnya,kurang jelas mobil itu dari arah mana ,jakarta? atau bandara?, satu penumpang uda tergeletak di tanah, kayaknya petugas lagi berusaha ngeluarin sisanya,wah gw langsung potong ke jalur paling kiri ,mana bawa keluarga lagi,gw ga mau liat deh takut anak2 pada liat juga.............serem............
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sat Aug 24, 2002 8:44
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
wahh.. intinya sih mungkin para biker pengen pake protektor semaksimal mungkin.. tapi.. helm yg mumpuni menahan benturan itu jutaan.. jaket kulit yg anti robek jutaan... klo harga harga protection kit pada murah sih kemungkinan kecelakaan parah berkurang dikit.
btw spot spot drag race mobil di bdg biasanya dmana ?
btw spot spot drag race mobil di bdg biasanya dmana ?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
- Location: dalemnya hati
kan tinggal pilih, mau safety atau sekedar ada protection? karena mahal, ambil yang murahan yang notabene safetynya kurang banget. trus kalo dah kejadian [anit-amit], gimana? nyesel apa enggak?electrofuq wrote:wahh.. intinya sih mungkin para biker pengen pake protektor semaksimal mungkin.. tapi.. helm yg mumpuni menahan benturan itu jutaan.. jaket kulit yg anti robek jutaan... klo harga harga protection kit pada murah sih kemungkinan kecelakaan parah berkurang dikit.
btw spot spot drag race mobil di bdg biasanya dmana ?
di bdg, dulu sih di seputar dago. pindah ke rri jl. diponegoro trus sempet pindah ke daerah deket gedebage. sekarang kalo gak salah info, balik lagi ke diponegoro dan pake 2 jalur --katanya biar agak aman karena dulu 1 jalur dipake bareng.
yang lucu lagi, sekarang dijagain ama pulisi karena katanya ada anak gubernur ma kapolda [?] yang ikut drag race
yang bikin gue heran, napa mereka demen banget nrondolin motor mereka? lampu2 dicopot, spakbor dilepas...DigitALL wrote: Bikers Mania, harap berhati2 ya dan jangan lupa pake protector semaksimal mungkin. Terus jangan lupa cek lampu, cek rem dll ...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
Wah mengerikan juga ya mengalami kecelakaan ampe otak nyembur keluar, ga kebayang deh dan ga berani membayangkannya.
Bagi bikers mania g saranin tobat deh, make motor yang sewajarnya aja. Kalau mau balap2an mendingan di sirkuit aja, jangan dijalanan karena dapat berbahaya bagi diri sendiri dan bagi orang lain.
Bagi bikers mania g saranin tobat deh, make motor yang sewajarnya aja. Kalau mau balap2an mendingan di sirkuit aja, jangan dijalanan karena dapat berbahaya bagi diri sendiri dan bagi orang lain.