Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Omnibus wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:02
situasi jalanan aja banyak chaos, pada ga tau aturan, malah speed pake dibatasin segala. yg ada pada nyetir dibawah speed limit semua, makin padat lah jalanan.
kapan ya +62 bisa lihat rambu beginian,
Nah pdhl laka di +62 sekarang tuh banyak disebabkan lanehogger. Orang lanehogger sekarang mah gak cm pelan, nyetirnya sambil balesin wasap. 90% lanehogger yang ane salip rata rata pasti pegang hp ntah bales wasap apa cari alamat. Sisanya biasa orang belajar nyetir.
Bahkan ga jarang naik taxol nyetirnya bikin gemes, pelan pelan sambil berbalas voice note di grup sesama taxol atau videocall.
Omnibus wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:02
situasi jalanan aja banyak chaos, pada ga tau aturan, malah speed pake dibatasin segala. yg ada pada nyetir dibawah speed limit semua, makin padat lah jalanan.
kapan ya +62 bisa lihat rambu beginian,
Wah tingkat kecelakaan langsung drastis nih. elsegese dengan perawatan ala kadarnya digeber sampe top speed mentang2 no speed limit.
Tiba2 handling kacau, ngerem mendadak malah melintir, amsyong daaaaah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Omnibus wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:02
situasi jalanan aja banyak chaos, pada ga tau aturan, malah speed pake dibatasin segala. yg ada pada nyetir dibawah speed limit semua, makin padat lah jalanan.
kapan ya +62 bisa lihat rambu beginian,
Nah pdhl laka di +62 sekarang tuh banyak disebabkan lanehogger. Orang lanehogger sekarang mah gak cm pelan, nyetirnya sambil balesin wasap. 90% lanehogger yang ane salip rata rata pasti pegang hp ntah bales wasap apa cari alamat. Sisanya biasa orang belajar nyetir.
Bahkan ga jarang naik taxol nyetirnya bikin gemes, pelan pelan sambil berbalas voice note di grup sesama taxol atau videocall.
lebih nyebelin lagi kalo ada lanehogger mau disalip malah ikutan ngegas, untungnya rata rata lanehogger powernya ga seberapa
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Omnibus wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:02
situasi jalanan aja banyak chaos, pada ga tau aturan, malah speed pake dibatasin segala. yg ada pada nyetir dibawah speed limit semua, makin padat lah jalanan.
kapan ya +62 bisa lihat rambu beginian,
Wah tingkat kecelakaan langsung drastis nih. elsegese dengan perawatan ala kadarnya digeber sampe top speed mentang2 no speed limit.
Tiba2 handling kacau, ngerem mendadak malah melintir, amsyong daaaaah
no speed limit = speed limited by car's own performance.
lcgc ya kisaran 140 kph lah .... plus some ajrut2an
msh dianggap safe, kecuali ayla mbah delko yg udah swap 1kr-gte-dett-twinvteckickin krn itu top speed nya bisa 300kph :3
Omnibus wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:02
situasi jalanan aja banyak chaos, pada ga tau aturan, malah speed pake dibatasin segala. yg ada pada nyetir dibawah speed limit semua, makin padat lah jalanan.
kapan ya +62 bisa lihat rambu beginian,
Wah tingkat kecelakaan langsung drastis nih. elsegese dengan perawatan ala kadarnya digeber sampe top speed mentang2 no speed limit.
Tiba2 handling kacau, ngerem mendadak malah melintir, amsyong daaaaah
no speed limit = speed limited by car's own performance.
lcgc ya kisaran 140 kph lah .... plus some ajrut2an
msh dianggap safe, kecuali ayla mbah delko yg udah swap 1kr-gte-dett-twinvteckickin krn itu top speed nya bisa 300kph :3
120 aja udah ngempos mbah kalo lcgc standar kecuali brio ya. Rem nya itu sih yg bakal kedodoran banget
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Omnibus wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:02
situasi jalanan aja banyak chaos, pada ga tau aturan, malah speed pake dibatasin segala. yg ada pada nyetir dibawah speed limit semua, makin padat lah jalanan.
kapan ya +62 bisa lihat rambu beginian,
Nah pdhl laka di +62 sekarang tuh banyak disebabkan lanehogger. Orang lanehogger sekarang mah gak cm pelan, nyetirnya sambil balesin wasap. 90% lanehogger yang ane salip rata rata pasti pegang hp ntah bales wasap apa cari alamat. Sisanya biasa orang belajar nyetir.
Bahkan ga jarang naik taxol nyetirnya bikin gemes, pelan pelan sambil berbalas voice note di grup sesama taxol atau videocall.
lebih nyebelin lagi kalo ada lanehogger mau disalip malah ikutan ngegas, untungnya rata rata lanehogger powernya ga seberapa
Kalau ada yg kayak gini kadang suka juga sih, ada justifikasi yg kuat buat keluarin senjata cumi2 . Setelah berada didepan, agak turunin speed lalu injak gas rata lantai. Keluarlah cumi2 hitam pekat biosolar remap, hmm...mamam..... puas rasanya
kendibocor wrote: ↑Tue May 10, 2022 4:26
Lanehogger
Masalah yg ga pernah selesai2. Semingguan ini di tol dalkot ketemu lane hogger banyak bgt. Tadi pagi ada yg jalan dibawah 80kmh diklakson tetep gamau pindah jalur, kebanyakan plat luar jkt. Kebalikan orng jkt kalo pulkam jadi rusuh kebiasaan di jkt sruduk sana sruduk sini, pepet2an
No offence ya mohon maaf, sama sekali bukan diskriminasi daerah.
Sejak ETLE ini jd serba salah, di tol dalkot Jakarta skg di lajur paling kanan pun seringnya speed max 80, mentok2 90. Kalo kita klakson2, kita yg salah jg karena melanggar batas kecepatan
Secara peraturan yg kebal batas kecepatan hanya Ambulance, damkar, atau pertolongan darurat lainnya
Gawat.. Sekilas saya baca damkar jadi dakar.. Impact sering liat dakar, fortie dan innova ngebut di tol..
Sekarang sy anteng di tengah aja.. Kanan buat yg sruntulan, kiri buat mendahului
Entah kenapa belakangan liat plat luar kota dg santai nya ngebut di tol dalkot.. Mungkin blm tahu ada kamera..
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae
Duvebriliant0 wrote: ↑Wed May 11, 2022 3:56
lebih nyebelin lagi kalo ada lanehogger mau disalip malah ikutan ngegas, untungnya rata rata lanehogger powernya ga seberapa
Rata2 lanehogger orng baru beli mobil, jadi biasanya entry level. Ya itu2 aja ktmunya.
ChZ wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:29
Nah pdhl laka di +62 sekarang tuh banyak disebabkan lanehogger. Orang lanehogger sekarang mah gak cm pelan, nyetirnya sambil balesin wasap. 90% lanehogger yang ane salip rata rata pasti pegang hp ntah bales wasap apa cari alamat. Sisanya biasa orang belajar nyetir.
Bahkan ga jarang naik taxol nyetirnya bikin gemes, pelan pelan sambil berbalas voice note di grup sesama taxol atau videocall.
Betul, malah semejak diterapkan speedlimit, makin banyak lane hogger tiap dari karawaci - jakarta via karang tengah, pdhl dulu ga sebanyak skrg perasaan.
Pdhl harus nya lebih fokus ke Lane hogger, sama truk2 yang dibawah 60kmh kalau depan nya lancar.. karena 2 itu penyebab kemacetan di tol kalau sy perhatiin.
ChZ wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:29
Nah pdhl laka di +62 sekarang tuh banyak disebabkan lanehogger. Orang lanehogger sekarang mah gak cm pelan, nyetirnya sambil balesin wasap. 90% lanehogger yang ane salip rata rata pasti pegang hp ntah bales wasap apa cari alamat. Sisanya biasa orang belajar nyetir.
Bahkan ga jarang naik taxol nyetirnya bikin gemes, pelan pelan sambil berbalas voice note di grup sesama taxol atau videocall.
Betul, malah semejak diterapkan speedlimit, makin banyak lane hogger tiap dari karawaci - jakarta via karang tengah, pdhl dulu ga sebanyak skrg perasaan.
Pdhl harus nya lebih fokus ke Lane hogger, sama truk2 yang dibawah 60kmh kalau depan nya lancar.. karena 2 itu penyebab kemacetan di tol kalau sy perhatiin.
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat? krn setau sy kejadian oleng ngebut tuh agak jarang. yang sering justru low speed collision dengan kendaraan besar dan lanehogger yang tiba-tiba lambat jadi kendaraan di belakangnya gak sempat ngerem.
kalau kendaraan manuver kenceng oleng, itu yang hrs dipertanyakan yang bikin mobil, bukan yang nyetir. krn mobil skrg safety assessment aja banyak macem masa iya gak bisa bikin mobil yang anteng dibawa manuver >140 kph. 2022 loh ini bukan 1950 yang sedan aja bisa oleng.
ChZ wrote: ↑Tue May 10, 2022 10:29
Nah pdhl laka di +62 sekarang tuh banyak disebabkan lanehogger. Orang lanehogger sekarang mah gak cm pelan, nyetirnya sambil balesin wasap. 90% lanehogger yang ane salip rata rata pasti pegang hp ntah bales wasap apa cari alamat. Sisanya biasa orang belajar nyetir.
Bahkan ga jarang naik taxol nyetirnya bikin gemes, pelan pelan sambil berbalas voice note di grup sesama taxol atau videocall.
Betul, malah semejak diterapkan speedlimit, makin banyak lane hogger tiap dari karawaci - jakarta via karang tengah, pdhl dulu ga sebanyak skrg perasaan.
Pdhl harus nya lebih fokus ke Lane hogger, sama truk2 yang dibawah 60kmh kalau depan nya lancar.. karena 2 itu penyebab kemacetan di tol kalau sy perhatiin.
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat? krn setau sy kejadian oleng ngebut tuh agak jarang. yang sering justru low speed collision dengan kendaraan besar dan lanehogger yang tiba-tiba lambat jadi kendaraan di belakangnya gak sempat ngerem.
kalau kendaraan manuver kenceng oleng, itu yang hrs dipertanyakan yang bikin mobil, bukan yang nyetir. krn mobil skrg safety assessment aja banyak macem masa iya gak bisa bikin mobil yang anteng dibawa manuver >140 kph. 2022 loh ini bukan 1950 yang sedan aja bisa oleng.
Selain lanehogger itu yg paling sering saya temuin potensi tabrakan beruntun di tol itu kalau ada sesuatu yg berhenti di bahu jalan, entah mobil lg kempes ban, atau truk patah as, dll. Yang secara logika harusnya ngga akan ngaruh ke flow lajur utama.
Tp realitanya warga +62 banyak yg kepo trs menurunkan kecepatan, meleng merhatiin ada apa di pinggiran, yg imbasnya mobil belakang ngerem, mobil belakangnya lg lebih intens ngeremnya, dst.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ilhami wrote:tapi bercermin dari kasus kecelakaan vanessa angel, sopir nya ngebut juga sih
Apa sudah keluar ya hasilnya penyelidikan ke Jepang nya? Speed berapa pas tumbukan ke beton rail?apa ada pengereman.
Apa microsleep?banyak banget faktor-faktor yang tidak diketahui, bukan sekedar ngebut.
Iya kalo saya sih ya sadar diri sendri aja dengan limit kendaraan apa yang saya bawa dan limit skill saya.
Soal speed limit akan selalu ada pro kontra. Ada yang konsep nya time is money no speed limit kayak Jerman mau 300 km/jam ya silahkan ( ga semua bagian tol juga sih bisa no limit).
Ada yang konsep nya alon asal selamat.
Kalo di bilang beda skill orang Jerman dengan indo nyetir nya ya jangan se- inferior itu juga sih kita, sambil perbaiki aja pendidikan belajar nyetir/ujian SIM dan etika nyetir nya bertahap. Soalnya kalo saklek kayak di Finland yang lulus SIM mesti bisa power sliding di tikungan ya tutup pabrik mobil di Karawang[emoji16]
ilhami wrote: ↑Thu May 12, 2022 3:28
tapi bercermin dari kasus kecelakaan vanessa angel, sopir nya ngebut juga sih
speed itu salah satu faktor, tapi tidak pernah jadi satu-satunya.
lari 170 kalau setirnya lurus dan supirnya melek on itu nggak masalah sama sekali saya juga sering dan tau diri sendiri di depan truk ya ngerem, udah ancang-ancang jarak pengereman dulu dan ngukur kemampuan rem mobil. kebetulan mobilnya memang dirancang bisa ngebut dengan aman dari pabrikannya.
tapi kecelakaan tunggal, nabrak pembatas jalan. yakin pasti ada "snap" moment di situ.
kalau karena sambil di videokan (walau akhirnya confirmed videonya hoax), lari 120 di videokan juga bisa "snap".
dulu anaknya musisi, ngebut juga, tapi ternyata ketauan emang underage. mau ngebut segimana yang salah adalah fakta knp dia underage bisa pegang mobil kecepatan segitu.
lha di SM ini pemake gajah diesel yg suka pentokin speedo ada brp banyak hahahahaha.
evanbngdor wrote: ↑Thu May 12, 2022 3:46
Selain lanehogger itu yg paling sering saya temuin potensi tabrakan beruntun di tol itu kalau ada sesuatu yg berhenti di bahu jalan, entah mobil lg kempes ban, atau truk patah as, dll. Yang secara logika harusnya ngga akan ngaruh ke flow lajur utama.
Tp realitanya warga +62 banyak yg kepo trs menurunkan kecepatan, meleng merhatiin ada apa di pinggiran, yg imbasnya mobil belakang ngerem, mobil belakangnya lg lebih intens ngeremnya, dst.
nah ini yang bangqe sih. sering tuh macet ngga jelas di dalam kota. ada motor nabrak motor, udah dipinggirin, tapi yang nontonin buanyak jadi macet
ChZ wrote: ↑Thu May 12, 2022 3:09
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat?
Indo emang agak terbelakang soal cari data, penelitian, dsb. Dlu jaman kuliah sering ketemu anak kampus2 lain (yg bukan kampus A-tier) aja suka ambil data dari wikipedia, blogspot, atau wordpress kok, yg penting daftar pustaka kelihatan banyak dan penuh, entah datanya bener apa nggak. Jadinya kalo dari masa pembelajaran aja kaya gitu, ya berlanjutlah saat kerja. Ga pernah bikin dasar membuat kebijakan apa, ga ada data. Yg penting bikin kebijakan dlu, biar kelihatan kerja.
Ga cuma kebijakan speed limit ini. Bikin jalan aja kacau balau uda 76 thn merdeka. Asal bikin apa2 ga dikaji dlu bakal jd apa dampaknya. Alhasil bottleneck dimana2 (contoh akses tol ke bekasi dari depan MOI kelapa gading, jd bottleneck yg ke arah gading sedangkan yg naek tuh tol ga ada 1/10nya tp makan 1 jalur sendiri). Bikin U-turn aja ga becus, bisa2nya U-turn ga bisa sekali puter, harus mundur lg. Walaupun skrng uda diperbaiki tp kalo mobil gede n driver ga biasa lewat tetep ga bisa sekali puter.
Betul, malah semejak diterapkan speedlimit, makin banyak lane hogger tiap dari karawaci - jakarta via karang tengah, pdhl dulu ga sebanyak skrg perasaan.
Pdhl harus nya lebih fokus ke Lane hogger, sama truk2 yang dibawah 60kmh kalau depan nya lancar.. karena 2 itu penyebab kemacetan di tol kalau sy perhatiin.
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat? krn setau sy kejadian oleng ngebut tuh agak jarang. yang sering justru low speed collision dengan kendaraan besar dan lanehogger yang tiba-tiba lambat jadi kendaraan di belakangnya gak sempat ngerem.
kalau kendaraan manuver kenceng oleng, itu yang hrs dipertanyakan yang bikin mobil, bukan yang nyetir. krn mobil skrg safety assessment aja banyak macem masa iya gak bisa bikin mobil yang anteng dibawa manuver >140 kph. 2022 loh ini bukan 1950 yang sedan aja bisa oleng.
Selain lanehogger itu yg paling sering saya temuin potensi tabrakan beruntun di tol itu kalau ada sesuatu yg berhenti di bahu jalan, entah mobil lg kempes ban, atau truk patah as, dll. Yang secara logika harusnya ngga akan ngaruh ke flow lajur utama.
Tp realitanya warga +62 banyak yg kepo trs menurunkan kecepatan, meleng merhatiin ada apa di pinggiran, yg imbasnya mobil belakang ngerem, mobil belakangnya lg lebih intens ngeremnya, dst.
betul sekali om..jangankan di bahu jalan...bahkan di jalur berlawanan ada apa2 aja bakal pd kepo
yg kasian belakangnya....yg awal tiba2 ngerem udh keburu ilang
ChZ wrote: ↑Thu May 12, 2022 3:09
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat?
Indo emang agak terbelakang soal cari data, penelitian, dsb. Dlu jaman kuliah sering ketemu anak kampus2 lain (yg bukan kampus A-tier) aja suka ambil data dari wikipedia, blogspot, atau wordpress kok, yg penting daftar pustaka kelihatan banyak dan penuh, entah datanya bener apa nggak. Jadinya kalo dari masa pembelajaran aja kaya gitu, ya berlanjutlah saat kerja. Ga pernah bikin dasar membuat kebijakan apa, ga ada data. Yg penting bikin kebijakan dlu, biar kelihatan kerja.
Ga cuma kebijakan speed limit ini. Bikin jalan aja kacau balau uda 76 thn merdeka. Asal bikin apa2 ga dikaji dlu bakal jd apa dampaknya. Alhasil bottleneck dimana2 (contoh akses tol ke bekasi dari depan MOI kelapa gading, jd bottleneck yg ke arah gading sedangkan yg naek tuh tol ga ada 1/10nya tp makan 1 jalur sendiri). Bikin U-turn aja ga becus, bisa2nya U-turn ga bisa sekali puter, harus mundur lg. Walaupun skrng uda diperbaiki tp kalo mobil gede n driver ga biasa lewat tetep ga bisa sekali puter.
hmmmm ternyata banyak jg korban jalanan depan MOI
muter balik di situ pake vios, bused deh, disangka orang baru bs blajar nyetir ngga ngerti ambil haluan, pdhl uda dari paling kiri, trs puter stir mentok
sy rasa itu ngetes puterannya pake bajay
dan ramp naikan tol nya aneh bgt, kenapa jg hrs segede gt, alhasil mau lewat situ mending muter masuk artha gading trs motong lewat BGV, muter tapi jauh lebih cepet dari pada ikutan macet di situ
kenop wrote: ↑Thu May 12, 2022 5:41
hmmmm ternyata banyak jg korban jalanan depan MOI
muter balik di situ pake vios, bused deh, disangka orang baru bs blajar nyetir ngga ngerti ambil haluan, pdhl uda dari paling kiri, trs puter stir mentok
sy rasa itu ngetes puterannya pake bajay
dan ramp naikan tol nya aneh bgt, kenapa jg hrs segede gt, alhasil mau lewat situ mending muter masuk artha gading trs motong lewat BGV, muter tapi jauh lebih cepet dari pada ikutan macet di situ
DAKAR saya dari pertama jadi sih langsung bisa sekali
kenop wrote: ↑Thu May 12, 2022 5:41
hmmmm ternyata banyak jg korban jalanan depan MOI
muter balik di situ pake vios, bused deh, disangka orang baru bs blajar nyetir ngga ngerti ambil haluan, pdhl uda dari paling kiri, trs puter stir mentok
sy rasa itu ngetes puterannya pake bajay
dan ramp naikan tol nya aneh bgt, kenapa jg hrs segede gt, alhasil mau lewat situ mending muter masuk artha gading trs motong lewat BGV, muter tapi jauh lebih cepet dari pada ikutan macet di situ
DAKAR saya dari pertama jadi sih langsung bisa sekali
ChZ wrote: ↑Thu May 12, 2022 3:09
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat?
Indo emang agak terbelakang soal cari data, penelitian, dsb. Dlu jaman kuliah sering ketemu anak kampus2 lain (yg bukan kampus A-tier) aja suka ambil data dari wikipedia, blogspot, atau wordpress kok, yg penting daftar pustaka kelihatan banyak dan penuh, entah datanya bener apa nggak. Jadinya kalo dari masa pembelajaran aja kaya gitu, ya berlanjutlah saat kerja. Ga pernah bikin dasar membuat kebijakan apa, ga ada data. Yg penting bikin kebijakan dlu, biar kelihatan kerja.
Ga cuma kebijakan speed limit ini. Bikin jalan aja kacau balau uda 76 thn merdeka. Asal bikin apa2 ga dikaji dlu bakal jd apa dampaknya. Alhasil bottleneck dimana2 (contoh akses tol ke bekasi dari depan MOI kelapa gading, jd bottleneck yg ke arah gading sedangkan yg naek tuh tol ga ada 1/10nya tp makan 1 jalur sendiri). Bikin U-turn aja ga becus, bisa2nya U-turn ga bisa sekali puter, harus mundur lg. Walaupun skrng uda diperbaiki tp kalo mobil gede n driver ga biasa lewat tetep ga bisa sekali puter.
Pentingnya pendidikan dan pembelajaran. Kalo cuma ilmu contek2 ya semua bisa. Tp memang realita nya banyak orang yang pakai ilmu contek2 yang asal comot tanpa dikaji lebih lanjut. Ngga usah ngomong pemerintah, dalam kehidupan sehari-hari di kantor ataupun bisnis aja pasti banyak lah nemuin oknum2 yang pintar cakap tp ngga berdasar.
Termasuk jg hal seperti judul thread ini, kalau dikaji secara proper dan dibuat peraturan yg relevan otomatis masyarakat jg pasti nerima lah. Yg penting dasarnya dan logis serta bs dipertanggungjawabkan. Kalau cuma ikut-ikut, atau tiru-tiru apalagi kalo pake asumsi, nah itu deh yg bikin geram
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kendibocor wrote: ↑Thu May 12, 2022 4:41
Indo emang agak terbelakang soal cari data, penelitian, dsb. Dlu jaman kuliah sering ketemu anak kampus2 lain (yg bukan kampus A-tier) aja suka ambil data dari wikipedia, blogspot, atau wordpress kok, yg penting daftar pustaka kelihatan banyak dan penuh, entah datanya bener apa nggak. Jadinya kalo dari masa pembelajaran aja kaya gitu, ya berlanjutlah saat kerja. Ga pernah bikin dasar membuat kebijakan apa, ga ada data. Yg penting bikin kebijakan dlu, biar kelihatan kerja.
Ga cuma kebijakan speed limit ini. Bikin jalan aja kacau balau uda 76 thn merdeka. Asal bikin apa2 ga dikaji dlu bakal jd apa dampaknya. Alhasil bottleneck dimana2 (contoh akses tol ke bekasi dari depan MOI kelapa gading, jd bottleneck yg ke arah gading sedangkan yg naek tuh tol ga ada 1/10nya tp makan 1 jalur sendiri). Bikin U-turn aja ga becus, bisa2nya U-turn ga bisa sekali puter, harus mundur lg. Walaupun skrng uda diperbaiki tp kalo mobil gede n driver ga biasa lewat tetep ga bisa sekali puter.
itulah +62, defies all common sense. pokoknya asal ada proyek.
kyk di kota saya ada fly over bandara baru yang bener sih arah ke bandaranya ngga macet, tapi arus bawahnya justru macet tiap siang krn malah yang dari arah bawah bottleneck.
udah gitu desainnya juga epic fail cm mecah jalur doank gak bikin arah ke bandara tambah cepet jg tetep aja kelamaan nunggu di lampu merah.
paling miris ya kalo bandingin cara kerja dan sistem administrasi uni negeri vs swasta yang menengah ga usah yang mahal-mahal, bakal miris sendiri mana masuk uni negeri tuh impian semua orang +62 tp begitu masuk ke sana administrasinya bikin ngelus dada. uni swasta jauh lebih rapi.
kebetulan ane di swasta yg administrasinya bener bener canggih dan gampang apa apa bisa lewat online, waktu adek masuk uni negeri jadi kaget sendiri hah serius begini amat uni negeri beken idaman semua orang ini ?
kendibocor wrote: ↑Thu May 12, 2022 4:41
Indo emang agak terbelakang soal cari data, penelitian, dsb. Dlu jaman kuliah sering ketemu anak kampus2 lain (yg bukan kampus A-tier) aja suka ambil data dari wikipedia, blogspot, atau wordpress kok, yg penting daftar pustaka kelihatan banyak dan penuh, entah datanya bener apa nggak. Jadinya kalo dari masa pembelajaran aja kaya gitu, ya berlanjutlah saat kerja. Ga pernah bikin dasar membuat kebijakan apa, ga ada data. Yg penting bikin kebijakan dlu, biar kelihatan kerja.
Ga cuma kebijakan speed limit ini. Bikin jalan aja kacau balau uda 76 thn merdeka. Asal bikin apa2 ga dikaji dlu bakal jd apa dampaknya. Alhasil bottleneck dimana2 (contoh akses tol ke bekasi dari depan MOI kelapa gading, jd bottleneck yg ke arah gading sedangkan yg naek tuh tol ga ada 1/10nya tp makan 1 jalur sendiri). Bikin U-turn aja ga becus, bisa2nya U-turn ga bisa sekali puter, harus mundur lg. Walaupun skrng uda diperbaiki tp kalo mobil gede n driver ga biasa lewat tetep ga bisa sekali puter.
itulah +62, defies all common sense. pokoknya asal ada proyek.
kyk di kota saya ada fly over bandara baru yang bener sih arah ke bandaranya ngga macet, tapi arus bawahnya justru macet tiap siang krn malah yang dari arah bawah bottleneck.
udah gitu desainnya juga epic fail cm mecah jalur doank gak bikin arah ke bandara tambah cepet jg tetep aja kelamaan nunggu di lampu merah.
paling miris ya kalo bandingin cara kerja dan sistem administrasi uni negeri vs swasta yang menengah ga usah yang mahal-mahal, bakal miris sendiri mana masuk uni negeri tuh impian semua orang +62 tp begitu masuk ke sana administrasinya bikin ngelus dada. uni swasta jauh lebih rapi.
kebetulan ane di swasta yg administrasinya bener bener canggih dan gampang apa apa bisa lewat online, waktu adek masuk uni negeri jadi kaget sendiri hah serius begini amat uni negeri beken idaman semua orang ini ?
Bukannya soal itu memang udah sama2 tau ya Mbah. Yang diincer masuk ke uni negeri kan nomor 1 bukan ilmu / fasilitasnya, tp 'bendera' nya untuk kemudahan setelah lulus nanti
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ChZ wrote: ↑Thu May 12, 2022 6:56
kebetulan ane di swasta yg administrasinya bener bener canggih dan gampang apa apa bisa lewat online, waktu adek masuk uni negeri jadi kaget sendiri hah serius begini amat uni negeri beken idaman semua orang ini ?
ya budaya serba ribet kan harus diterapkan sejak dini om.
kalo pas kuliah apa2 gampang lewat online, nanti di dunia nyata kaget donk ngurus apa2 masih perlu fotokopi ini itu, surat keterangan ini itu, minta tandatangan sana sini
ChZ wrote: ↑Thu May 12, 2022 3:09
nah makanya sbnrnya harus ada kajian lebih lanjut penyebab kecelakaan paling besar tuh kendaraan cepat apa malah sebaliknya kendaraan lambat di jalur cepat?
Indo emang agak terbelakang soal cari data, penelitian, dsb. Dlu jaman kuliah sering ketemu anak kampus2 lain (yg bukan kampus A-tier) aja suka ambil data dari wikipedia, blogspot, atau wordpress kok, yg penting daftar pustaka kelihatan banyak dan penuh, entah datanya bener apa nggak. Jadinya kalo dari masa pembelajaran aja kaya gitu, ya berlanjutlah saat kerja. Ga pernah bikin dasar membuat kebijakan apa, ga ada data. Yg penting bikin kebijakan dlu, biar kelihatan kerja.
Ga cuma kebijakan speed limit ini. Bikin jalan aja kacau balau uda 76 thn merdeka. Asal bikin apa2 ga dikaji dlu bakal jd apa dampaknya. Alhasil bottleneck dimana2 (contoh akses tol ke bekasi dari depan MOI kelapa gading, jd bottleneck yg ke arah gading sedangkan yg naek tuh tol ga ada 1/10nya tp makan 1 jalur sendiri). Bikin U-turn aja ga becus, bisa2nya U-turn ga bisa sekali puter, harus mundur lg. Walaupun skrng uda diperbaiki tp kalo mobil gede n driver ga biasa lewat tetep ga bisa sekali puter.
hmmmm ternyata banyak jg korban jalanan depan MOI
muter balik di situ pake vios, bused deh, disangka orang baru bs blajar nyetir ngga ngerti ambil haluan, pdhl uda dari paling kiri, trs puter stir mentok
sy rasa itu ngetes puterannya pake bajay
dan ramp naikan tol nya aneh bgt, kenapa jg hrs segede gt, alhasil mau lewat situ mending muter masuk artha gading trs motong lewat BGV, muter tapi jauh lebih cepet dari pada ikutan macet di situ
Saya korban macetnya ke arah masuk gading om, U-turn sih ga pernah disitu tp tiap lewat sana selalu liat mbl yg ga pernah sekali puter doang bisa lanjut. Paling 1-2 mbl. Bener om itu ramp naekan tol ga kira2, trus saya ga ngerti sih dasar dibikin entry tol disitu apa udah diperhitungkan bener2 ya. Secara dari jaman kuda gigit batu dpn MOI itu selalu macet eh malah jalurnya dikurangin 2 biji buat ramp tol. Arah sebaliknya jg gitu dari 4 jalur bisa2nya jadi 2 jalur dan diujungnya agak nyempit lg.
evanbngdor wrote: ↑Thu May 12, 2022 6:30
Termasuk jg hal seperti judul thread ini, kalau dikaji secara proper dan dibuat peraturan yg relevan otomatis masyarakat jg pasti nerima lah. Yg penting dasarnya dan logis serta bs dipertanggungjawabkan. Kalau cuma ikut-ikut, atau tiru-tiru apalagi kalo pake asumsi, nah itu deh yg bikin geram
Ya sayangnya bikin aturan ga ada dasar datanya. Tp maklum aja kalo liat dari kompetensi pembuat kebijakan. Ada data pun biasanya hasil manipulasi asal bapak senang jadi ya gitu deh.
ChZ wrote: ↑Thu May 12, 2022 6:56
paling miris ya kalo bandingin cara kerja dan sistem administrasi uni negeri vs swasta yang menengah ga usah yang mahal-mahal, bakal miris sendiri mana masuk uni negeri tuh impian semua orang +62 tp begitu masuk ke sana administrasinya bikin ngelus dada. uni swasta jauh lebih rapi.
kebetulan ane di swasta yg administrasinya bener bener canggih dan gampang apa apa bisa lewat online, waktu adek masuk uni negeri jadi kaget sendiri hah serius begini amat uni negeri beken idaman semua orang ini ?
Kadang ga abis pikir ya om, kenapa swasta bisa bikin sistem admin, website, dll yg sangat baik tp kok pemerintah ga bisa. Saya uda 20 tahun lebih pake bca selama ini ga pernah ada masalah sama sekali, eh kemarin disuruh dibuatkan rekening baru di bank bumn untuk setoran gaji, prosesnya orng bank tsb dtg ke tempat kerja saya karena seluruh karyawan harus buat rek baru tsb. Bisa2nya setelah buku bank dan atm datang begitu mau ganti pin ternyata ga bisa semua karena tgl lahir yg dimasukkan ga bisa. Setelah diusut ternyata tgl lahirnya salah semua. Ujung2nya tetep aja harus dtg ke kantor cabang bank tsb. Itu bener2 imbicile banget bisa2nya entry data yg penting saja salah semua.
Ada yang pernah alami plat nomor luar kota, melakukan pelanggaran di kota tertentu, misal plat luar DKI, nglanggar speed limit dalam kota DKI dan kena tilang Elektronik gak?