3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FR6
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 471
Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: LMPV + LCGC

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by FR6 »

Gangenlyt69 wrote: ↑Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya πŸ˜…

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Mau saranin yg out of the box Om :big_exellent:

Ambil Grand Sedona Second aja, harga udh 300jutaan :big_exellent:
Jaminan enak diisi 6 orang dewasa + 2 anak kecil, row ke 4 mah lipet aja buat bawa barang2. Stroller full size & perabotan balita pasti masup itu. Bonus juga ban gede, gak khawatir peyang kalo kena lobang di tol :big_love:

Oh iya, kalo ambil yg diesel agak mahal, tapi iritnya bikin LCGC minder WKWKW saia pengen ambil Grand Sedona Diesel, tapi mentok di budget (backsound: β€œdari mana uangnyaaa??!!”)
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: A
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1432
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by mike22 »

Gangenlyt69 wrote: ↑Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya πŸ˜…

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Tuker tambah aja anps nya, mumpung harga sekennya lagi tinggi2 nya ini.
Hint : jual ke Jateng harganya tinggi
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

mike22 wrote: ↑Sat May 14, 2022 15:55

Tuker tambah aja anps nya, mumpung harga sekennya lagi tinggi2 nya ini.
Hint : jual ke Jateng harganya tinggi
anps mah dari dulu juga harga sekennya masih tinggi, sama kek anf , anki, avxen dan rushter, karena peminatnya di daerah masih banyak. gacuma jateng om, jual ke jatim atau luar jawa pun harganya jg masih tinggi, karena disana peminatnya masih banyak menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

mike22 wrote: ↑Sat May 14, 2022 15:55
Gangenlyt69 wrote: ↑Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya πŸ˜…

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Tuker tambah aja anps nya, mumpung harga sekennya lagi tinggi2 nya ini.
Hint : jual ke Jateng harganya tinggi
Masalahnya harga AGH30 juga lagi tinggi2nya om, sampe sekarang nahan banget. Terakhir kemarin ini lihat unit NIK 2015 km 80rb an aja minta 760. Sementara anps saya NIK 2019 km 38rb πŸ˜ƒ
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

Gangenlyt69 wrote: ↑Sun May 15, 2022 4:58
Masalahnya harga AGH30 juga lagi tinggi2nya om, sampe sekarang nahan banget. Terakhir kemarin ini lihat unit NIK 2015 km 80rb an aja minta 760. Sementara anps saya NIK 2019 km 38rb πŸ˜ƒ
betul om, even yg gen 2 pun masih nahan sekennya, manteng di 300-400an kecil wkwk. karena peminatnya jg masih banyak. wah, tinggi jg ya harganya, sepertinya masih sama aja harga sekennya kaya harga 2019 yg lalu menurut pengamatan sotoy saya :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 2:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

Gangenlyt69 wrote: ↑Mon May 16, 2022 5:37
remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 2:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
Kl rack steer kayanay ganti bushing teflon aj ckp om, kl beli mahal dan habis diganti ada kemungkinan bunyi lagi..hehhee
Iya infonya 2azfe sering kena balancer shaftnya, tp saya punya msh alus, mungkin karna km baru 70K.
Peredam bagus sih kl mau ditambah, tp sy perhatikan bocor suara dari pintu karet ke body, begitu sy kasi karet tambahan omextra suara jauh senyap.

Kl ban sy baru aj ganti, pake dunlop lm705, harga murmer, empuk dan gak bising..
krniawnhdr
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1362
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by krniawnhdr »

remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 2:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
halo om...untuk yang tambahan list karet omextra, itu masangnya nimpa/nambah tanpa perlu dilepas yang karet bawaan ?
atau harus lepas dulu yang lama baru dipasang yang omextra?
makasih om...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 2:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
wah klo alphard prem sound sih tandingannya harus upgrade ke AGH30 yang prem sound juga wakakkaka jangan ATPM nanti miris.

saya liat HU bawaan ATPM aja sedih kok sama kayak HU fortuner....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 7:26
Gangenlyt69 wrote: ↑Mon May 16, 2022 5:37
remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 2:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
Kl rack steer kayanay ganti bushing teflon aj ckp om, kl beli mahal dan habis diganti ada kemungkinan bunyi lagi..hehhee
Iya infonya 2azfe sering kena balancer shaftnya, tp saya punya msh alus, mungkin karna km baru 70K.
Peredam bagus sih kl mau ditambah, tp sy perhatikan bocor suara dari pintu karet ke body, begitu sy kasi karet tambahan omextra suara jauh senyap.

Kl ban sy baru aj ganti, pake dunlop lm705, harga murmer, empuk dan gak bising..
Ganti bushing teflon ada efek minusnya ga om? Misal setir jadi lebih berat atau semacamnya?

So far berarti aman ya om pakai bushing teflon?
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

krniawnhdr wrote: ↑Tue May 17, 2022 1:20
remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 2:27 Kebetulan pake anh20 09 premium sound.
Sudah pake ini mobil ampir 2 tahun untuk antar keluarga jalan2 dan ampe skrng msh di keep, bahkan untuk tuker ke agh30 yg harganya muahal msh agak syng banget.

Langung aj selama 2 tahun apa aj perbaikannya.
Dpt unit waktu kilometer msh 50ribu, kondisi msh sangat bagus sekali, mesin dan matic msh halus. Selama pake perawatannya
1. Ganti oli tiap 5ribu km, flushing matic tiap 20k mesin dan matic aman gak bisa pernah ada kendala
2. Rack steer pernah servis, pernah ganti yang didalem steer bentuknya kaya bintang dan dibuatin bushing rack steer, pake 1 tahun, kumat lagi, ganti bushing lagi pake teflon, biaya 1.5jt. ini gak ada pengaruh ke pengendalian dll, cuma ada rasa disteer kletek2 kl lewat jaln jelek
3. Dashboar lengkep. Anh20 sblm tahun 2012 dashboar sering lengkep. Tinggal di re trim ulang 2jutaan rapih kembali
3. Chrome kisi AC ngelotok, di repain ulang
4. Layar monitor ngeblur, bisa diperbaiki, biaya sekitar 2-3jutaan . Mau ganti head unit sayang banget, bawaanya keren.
4. Pernah ganti modul Inteligen Parking assist. Unit las saya dpt sudah gak nyala kamera depan samping dan parkir otomatis, ganti copotan habis 7juta.
Dah itu aj perbaikan anh20 slm 2 tahun, pake selama 2 tahun dah ampir 20ribu.

Inpresi singkat
1. Mobil boxy, nyaman banget buat keluarga, walopun harga dibawah 300 tp kl msk mobil ini dan rasa nyamannya buat handel keluarga gak boong. Dijamin kl punya anak 3 apalagi kl msh ada anak balita, kl pergi2 gak mau kalo gak pake alphard.
2. Suspensi cukup nyaman, terhitung pas, gak empuk banget tp gak keras juga. Cuma ini mobil agak limbung karna suspensi belakang blm independent kaya agh30.
3. Fiturnya buanyak banget, bisa parkir otomatis, speaker 18, air bag lengkap, kamera depan, samping, belakang, head unit bs simpan lagu ampe 1tera, ac triple blower, steering switch, colokan listrik 110V, suntik.
4. Mobil ini terhitung kabinnya agak berisik terutama kl lewat jalan jelek, cor2an dan suara angin agak msk ke dalam kabin. Solusinya, ganti ban dgn bagusan dan pasang tambahan karet dipintu, saya pake omextra, beli 300ribuan sekitar 30 meter, aplikasi slrh pintu, mobil jadi kedap kembali.

Terus terang kl dijalan halus, dikota atau tol gak begitu beda rasanya dibanding dgn AGH30, mirip bener. Tp kl begitu kena jalan gronjlan, bumpy baru kerasa beda kalo AGH30 lebih senyap, kabin lebih halus gak berisik dan lbh empuk..
halo om...untuk yang tambahan list karet omextra, itu masangnya nimpa/nambah tanpa perlu dilepas yang karet bawaan ?
atau harus lepas dulu yang lama baru dipasang yang omextra?
makasih om...
Nambah aj om, dia nempel di body yang bersentuhan dgn karet bawaan. Jd dgn adanya karet tambahan jadinya karet ketemu karet jd lebih rapet. Pintu juga ditutup suaranya surprice jadi mirip ahh30 2020 ortu punya.hehehehe
User avatar
remedusakti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 295
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by remedusakti »

Gangenlyt69 wrote: ↑Tue May 17, 2022 5:29
remedusakti wrote: ↑Mon May 16, 2022 7:26
Gangenlyt69 wrote: ↑Mon May 16, 2022 5:37

Berarti dengan selisih harga yg sedemikian jauh dengan agh30, anh20 ini masih worth untuk dikeep ya om?

Paling spare budget aja untuk peremajaan part2 ya, kalau dalam bayangan saya yg perlu diremajakan dan diupgrade:
1. Restorasi kaki2 & racksteer
2. Untuk sektor mesin, balancer shaft katanya sering kena juga (?)
3. Tambah peredam
4. Ganti ban, rencana michelin primacy 4, (atau ada yg lebih value for money?)

Apa lagi ya kira2 biar seger lagi dan tanpa was2 untuk perjalanan jauh 😁
Kl rack steer kayanay ganti bushing teflon aj ckp om, kl beli mahal dan habis diganti ada kemungkinan bunyi lagi..hehhee
Iya infonya 2azfe sering kena balancer shaftnya, tp saya punya msh alus, mungkin karna km baru 70K.
Peredam bagus sih kl mau ditambah, tp sy perhatikan bocor suara dari pintu karet ke body, begitu sy kasi karet tambahan omextra suara jauh senyap.

Kl ban sy baru aj ganti, pake dunlop lm705, harga murmer, empuk dan gak bising..
Ganti bushing teflon ada efek minusnya ga om? Misal setir jadi lebih berat atau semacamnya?

So far berarti aman ya om pakai bushing teflon?
Awal2 aj setir sedikit lebih berat, tp setelah teflonnya ngepas lama2 enteng lagi stirnya.. sejauh saya pake sih aman aj ya, artinya jd solusi hemat drpd beli rack steer baru, toh pengendalian sama aj gak ngaruh..
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

Berhubung baru kemarin ini jalan2 pakai ANH20 punya temen, saya mau coba sharing juga sedikit apa yg saya rasakan sebagai driver dan penumpang..

Untuk mobilnya yaitu Vellfire Z 2010, km 102rb-an..
Jalur yg dilewati, naik-turun pegunungan arah pantai di Jogja, gravel, ring-road, dan kemacetan di tengah kota..

Sebagai driver:
- bener yg dibilang om Chz, rem mobil ini karakternya seperti ngeloyor, sehingga ga cocok untuk agresif driving, karena perlu ancang2 untuk ngeremnya. Nah pertanyaan saya, kalau mau upgrade sektor pengereman biar lebih gigit pakai apa ya?

- tapi berkat karakter rem yg seperti itu juga, saya ngerasa justru kalo nyetir mobil ini ngeremnya jadi bisa smooth sekali, ga ada cerita penumpang kaget karena rem mendadak wkwk

- untuk tenaga, saya rasa masih cukupan untuk pemakaian normal. Dalam arti, akselerasi awal dari keadaan stop cukup ngisi tenaganya, tidak meledak2, tapi terasa padat dan smooth..

- untuk cruising di 80-120kph juga tidak terasa kosong tenaganya, tapi jangan lupa harus selalu ambil jarak untuk ngerem hahaha

- di tanjakan cukup curam, mobil tetap bisa merayap, dengan dibantu mode manual di gigi 1

- untuk suspensi, sebagai driver terasa cukup lembut bantingannya. Di jalan mulus juga peredaman kabin maupun road noise cukup baik. Namun ketika di gravel dan jalan rusak, memang terasa bunyi2 di kaki2 dan steer. Sepertinya mobil yg saya pakai ini udah kena juga kaki2 dan rack steernya

- untuk posisi nyetir, terasa commanding, visibilitas luas sekali, dan juga sangat rileks berkat adanya hand rest di tangan kiri. Leg room sopir bagi saya ga ada komplain, walaupun memang leg room untuk kaki kanan agak terbatas, dan jarak antara pedal gas dan rem memang agak lebih dekat dibanding mobil2 lain, tapi bagi saya masih aman sih

Sebagai penumpang:
- di kursi tengah, untuk tinggi saya (173cm), kalau kaki mau full selonjor, jok harus disetel agak mundur, sehingga kursi baris ketiga harus ikut dimundurkan kalau mau dapat legroom juga. Konsekuensinya ruang bagasi tinggal sedikit sekali

- untuk saya pribadi dan keluarga, prefer model captain seat daripada pilot seat. Karena hand rest bisa lebih fleksibel dan akses dari kursi tengah ke belakang juga lebih leluasa

- untuk suspensi, entah kenapa kalau di belakang kok terasa lebih keras ya daripada di depan? Untuk ayunan sih kalau ketemu jalan bergelombang terasa pas, tapi kalau ketemu lubang, tambalan aspal, speed trap, atau semacamnya, baru berasa agak keras. Ini memang karena ekspektasi saya yg ketinggian, atau karakternya memang seperti itu, atau jangan2 karena kaki2nya yg kurang sehat?

- untuk bodyroll, kalau dibanding ANPS saya, Vellfire ini kerasa lebih stabil dan tidak seheboh ANPS goyangannya. Jadi kalau menurut saya bodyroll nya masih wajar sih, ga bikin mabok juga

- untuk peredaman kabin, entah kenapa kalau di belakang kok road noise lebih terdengar ya daripada di depan? Ini saya juga ga ngecek sih, apa mungkin ban yg dipakai di mobil ini beda antara depan dan belakang. Atau mungkin juga bearing di ban belakang udah mulai kena, karena terdengar agak berdengung juga

- ketika lewat jalanan jelek, duduk di belakang juga berasa agak berisik. Tapi saya perhatiin, berisiknya itu dari kolong, mungkin kondisi kaki2 belakang juga kurang sehat. Karena kalau dari interiornya sih lumayan senyap ga banyak rattling. Sliding door juga aman ga ada bunyi2 ketika lewat jalan jelek

Overall, kalau kondisi mobil semuanya sehat, memang ANH20 ini enak sih untuk bawa keluarga dan cruising jarak jauh. Untuk nyetirnya pun masih oke, kerasa rileks, dan ga bikin cepet capek..