2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

rafitohumam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu May 12, 2022 17:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 DJ 2015 - Silva

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by rafitohumam »

Omnibus wrote: Wed May 25, 2022 14:27
rafitohumam wrote: Wed May 25, 2022 14:05
Wih hebat banget mbah, langsung nemu hehe... :big_peace:

Disclaimer ga bermaksud jelekin sih sayanya. Kebetulan ada kontrak kerjasama waktu bulan itu, jadi sekalian nyobain ATFnya. Ternyata ga jodoh sama mobil, pusyinggg :big_childish:
wah bener ya? hahaha cuma nebak pdhl

itu ceritanya gimana kok bisa jebol gitu sih. kl pengertian ai yg nubi ini, di dalam valve body ada solenoid2 utk ngatur posisi gigi dan shifting. itu posisi terendam oli memang. bahkan di bbrp mobil tcm nya ada di dalam gearbox juga yg terendam. oli juga. mungkin kl m2 sky tcm nya diluar, ai ga gitu tau, tapi ...
nah kl valvebody ikutan diganti berarti ada solenoid2 yg korslet dan korsletnya juga bikin tewas tcm sbg power supply unit ke solenoid2 tsb. bisa korslet itu krn ada cairan atau impurities yg bersifat konduktif (penghantar listrik) lbh drpd konduktifitas oli (yg sesuai spec).

pertanyaannya: apakah om pernah lewat banjir sehingga ada kemungkinan itu oli dlm gearbox tercemar air?
trus juga apakah ada serpihan2 metal gitu pas di drain olinya tsb?

moga2 om mau sharing spy kita bisa dpt pengalaman juga tanpa perlu merasakannya om. n so sorry ini terjadi sm om sampe bikin pusying. :big_okay:
Wahahaha nubi apanya mbah, merendah gini nih :big_grin:
Mobil gak pernah kebanjiran sama sekali om, rumah saya tinggi..

Oke oke saya ceritain ya..

November 2021 saya servis mobil, full tuneup, ganti oli, ganti atf, bla bla bla
Singkat cerita sehabis nuangin ATF yang baru itu, mobil nyala, clear code, tes jalan, dll. Pas mau balik dari bengkel (habis tes jalan, spekulasi mesin masih panas) tiba-tiba instrument cluster jadi lampu natal semua. Nyala code 4 biji : AT, CE, SCBS, DSC.

Tiba-tiba mobil gabisa jalan, transmisi selip dan ngejedug. Bingung seribu bingung, akhirnya mobil nginep di bengkel. Bengkel ngedrain ulang si ATF baru itu, trus dibandingin sama ATF FZ. Ternyata ATF FZ JAUH lebih encer daripada ATF yang baru itu. Akhirnya besok saya beli Mazda ATF FZ 13 liter, untuk ngeflush manual seisi transmisinya. Transmisi dimasukin 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Terakhir masuk 4 liter. Mobil langsung bisa nyala, semua code jadi normal. Transmisi gada selip, langung bisa jalan lagi.

Fast forward saya pake mobil itu +- 2000km NORMAL sampai akhir bulan Desember 2021, kejadian lagi. Kali ini agak aneh kejadiannya, mobil tiba-tiba nyala semua tu code ketika lagi jalan, gamau upshift atau downshift. Tapi ketika mesin dimatiin dan dinyalakan, normal lagi. Ini terus kejadian selama kurang lebih semingguan sampe puncaknya saya di toll JORR jam 2 pagi transmisi ngejedug dan gabisa jalan, fault code nyala lagi. Mesin dimatikan, dinyalakan, normal lagi. Tapi gak tahan lebih dari 2 menit, pasti muncul lagi tu fault code. Akhirnya saya jalan pelan-pelan tuh di bahu jalan karna derek gaada yang ngangkat. Karna setiap fault code nyala saya harus berhenti untuk matiin dan nyalain mesin.

Nah disini yang saya bingung. Kok problem baru ada 2000km setelah dipake normal? Trus kenanya dimana? Besoknya saya ke bengkel discan, fault codenya adalah TCM dan Shift Selenoid yang kena. Awalnya sempet suspect TCM korslet karna kelistrikan kurang, akhirnya saya ganti baru akinya. 4 hari solve, eh gitu lagi. Yaudah next suspect harus replace selenoid / TCM. Cuma sayangnya cari copotan TCM aja atau solenoid aja agak sulit, mesti beli satu set body valve. Ke beres Mazda billnya 28jt inden 3 bulan, saya bawa ke bengkel rekanan komunitas facebook kena 8jt. Katanya sih direplace bodyvalvenya (saya galiat progressnya karna mobil saya tinggal ke luar kota) trus langsung normal semua. Since kejadian itu saya parno & trauma pake oli selain ATF FZ.

Oh ya pas drain ga ada serpihan sih..
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

rafitohumam wrote: Wed May 25, 2022 16:43


Wahahaha nubi apanya mbah, merendah gini nih :big_grin:
Mobil gak pernah kebanjiran sama sekali om, rumah saya tinggi..

Oke oke saya ceritain ya..

November 2021 saya servis mobil, full tuneup, ganti oli, ganti atf, bla bla bla
Singkat cerita sehabis nuangin ATF yang baru itu, mobil nyala, clear code, tes jalan, dll. Pas mau balik dari bengkel (habis tes jalan, spekulasi mesin masih panas) tiba-tiba instrument cluster jadi lampu natal semua. Nyala code 4 biji : AT, CE, SCBS, DSC.

Tiba-tiba mobil gabisa jalan, transmisi selip dan ngejedug. Bingung seribu bingung, akhirnya mobil nginep di bengkel. Bengkel ngedrain ulang si ATF baru itu, trus dibandingin sama ATF FZ. Ternyata ATF FZ JAUH lebih encer daripada ATF yang baru itu. Akhirnya besok saya beli Mazda ATF FZ 13 liter, untuk ngeflush manual seisi transmisinya. Transmisi dimasukin 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Terakhir masuk 4 liter. Mobil langsung bisa nyala, semua code jadi normal. Transmisi gada selip, langung bisa jalan lagi.

Fast forward saya pake mobil itu +- 2000km NORMAL sampai akhir bulan Desember 2021, kejadian lagi. Kali ini agak aneh kejadiannya, mobil tiba-tiba nyala semua tu code ketika lagi jalan, gamau upshift atau downshift. Tapi ketika mesin dimatiin dan dinyalakan, normal lagi. Ini terus kejadian selama kurang lebih semingguan sampe puncaknya saya di toll JORR jam 2 pagi transmisi ngejedug dan gabisa jalan, fault code nyala lagi. Mesin dimatikan, dinyalakan, normal lagi. Tapi gak tahan lebih dari 2 menit, pasti muncul lagi tu fault code. Akhirnya saya jalan pelan-pelan tuh di bahu jalan karna derek gaada yang ngangkat. Karna setiap fault code nyala saya harus berhenti untuk matiin dan nyalain mesin.

Nah disini yang saya bingung. Kok problem baru ada 2000km setelah dipake normal? Trus kenanya dimana? Besoknya saya ke bengkel discan, fault codenya adalah TCM dan Shift Selenoid yang kena. Awalnya sempet suspect TCM korslet karna kelistrikan kurang, akhirnya saya ganti baru akinya. 4 hari solve, eh gitu lagi. Yaudah next suspect harus replace selenoid / TCM. Cuma sayangnya cari copotan TCM aja atau solenoid aja agak sulit, mesti beli satu set body valve. Ke beres Mazda billnya 28jt inden 3 bulan, saya bawa ke bengkel rekanan komunitas facebook kena 8jt. Katanya sih direplace bodyvalvenya (saya galiat progressnya karna mobil saya tinggal ke luar kota) trus langsung normal semua. Since kejadian itu saya parno & trauma pake oli selain ATF FZ.

Oh ya pas drain ga ada serpihan sih..
Wah jelimet juga ya urusannya.

Pemikiran sotoy nubi, harusnya sih bukan karena si atf yg masuk ya om. Ini setelah masukin atf lgsg lampu kelap kelip semua om? Saya pernah kemasukan aisin afw+ jalan 100an KM, ga ada error code kecuali jd sluggish aja shiftingnya. Aisin afw+ notabene sekentel atf pada umumnya.

Lebih ke arah ada problem tersembunyi, semacem jd timebomb dr si bodyvalve-nya sendiri sejak lahir.

Tp pendapat sotoy saya aja sih

:big_sorry:

*Geser mic ke mbah omnibus*
Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by sintoni »

Odo udah berapa ya itu?

Apa jngan2 kayak TCM si fiesta, mau bagaimanapun ada usianya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

rafitohumam wrote: Wed May 25, 2022 16:43
Wahahaha nubi apanya mbah, merendah gini nih :big_grin:
Mobil gak pernah kebanjiran sama sekali om, rumah saya tinggi..

Oke oke saya ceritain ya..

November 2021 saya servis mobil, full tuneup, ganti oli, ganti atf, bla bla bla
Singkat cerita sehabis nuangin ATF yang baru itu, mobil nyala, clear code, tes jalan, dll. Pas mau balik dari bengkel (habis tes jalan, spekulasi mesin masih panas) tiba-tiba instrument cluster jadi lampu natal semua. Nyala code 4 biji : AT, CE, SCBS, DSC.

Tiba-tiba mobil gabisa jalan, transmisi selip dan ngejedug. Bingung seribu bingung, akhirnya mobil nginep di bengkel. Bengkel ngedrain ulang si ATF baru itu, trus dibandingin sama ATF FZ. Ternyata ATF FZ JAUH lebih encer daripada ATF yang baru itu. Akhirnya besok saya beli Mazda ATF FZ 13 liter, untuk ngeflush manual seisi transmisinya. Transmisi dimasukin 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Masuk 3 liter, buang. Terakhir masuk 4 liter. Mobil langsung bisa nyala, semua code jadi normal. Transmisi gada selip, langung bisa jalan lagi.

Fast forward saya pake mobil itu +- 2000km NORMAL sampai akhir bulan Desember 2021, kejadian lagi. Kali ini agak aneh kejadiannya, mobil tiba-tiba nyala semua tu code ketika lagi jalan, gamau upshift atau downshift. Tapi ketika mesin dimatiin dan dinyalakan, normal lagi. Ini terus kejadian selama kurang lebih semingguan sampe puncaknya saya di toll JORR jam 2 pagi transmisi ngejedug dan gabisa jalan, fault code nyala lagi. Mesin dimatikan, dinyalakan, normal lagi. Tapi gak tahan lebih dari 2 menit, pasti muncul lagi tu fault code. Akhirnya saya jalan pelan-pelan tuh di bahu jalan karna derek gaada yang ngangkat. Karna setiap fault code nyala saya harus berhenti untuk matiin dan nyalain mesin.

Nah disini yang saya bingung. Kok problem baru ada 2000km setelah dipake normal? Trus kenanya dimana? Besoknya saya ke bengkel discan, fault codenya adalah TCM dan Shift Selenoid yang kena. Awalnya sempet suspect TCM korslet karna kelistrikan kurang, akhirnya saya ganti baru akinya. 4 hari solve, eh gitu lagi. Yaudah next suspect harus replace selenoid / TCM. Cuma sayangnya cari copotan TCM aja atau solenoid aja agak sulit, mesti beli satu set body valve. Ke beres Mazda billnya 28jt inden 3 bulan, saya bawa ke bengkel rekanan komunitas facebook kena 8jt. Katanya sih direplace bodyvalvenya (saya galiat progressnya karna mobil saya tinggal ke luar kota) trus langsung normal semua. Since kejadian itu saya parno & trauma pake oli selain ATF FZ.

Oh ya pas drain ga ada serpihan sih..
mantaaaapp full story nya om :big_exellent:

kl pas ngeganti itu oli M pake cara ngetap oli manual aja atau pake mesin atf changer? (sorry ai ga paham apa M2 bisa pake metode atf changer ga)

trus pas cerita kl olinya ketika di drain lagi itu encer banget kok itu mencurigakan palsu kali ya. belinya dimana om?

so far kl denger ceritanya sih sepertinya bukan krn olinya selama itu oli asli ya. oli apapun even salah spec kl asli kayanya less likely bikin jebol solenoid seketika begitu om. itu kan baru dimasukin langsung lampu natal keluar semua. sedangkan kl salah spec biasanya berhubungan sm noise, rough shifting, n slip. rough shifting nya jg bukan krn solenoid error.

nah mengenai lampu natal emang dtc seringkali nyalain bbrp lampu sbg tanda kl sistem tsb ikut di disabled krn share data input yg sama atau sbg protection utk limp home mode. jangan2 yg diperbaiki cuma ganti solenoid rusak aja atau sensor aja yg kebetulan emang matinya pas waktu itu.

eniwei sy jg cuma nebak2, ga tau persis so sorry kl nubi salah. tp sy jg bakal ambil action sama which is mikir 10x kl mau ganti atf dgn yg warnanya beda dgn oli bawaannya :big_grin: itu mungkin krn faktor ocd sih. :big_slap:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 4:20

mantaaaapp full story nya om :big_exellent:

kl pas ngeganti itu oli M pake cara ngetap oli manual aja atau pake mesin atf changer? (sorry ai ga paham apa M2 bisa pake metode atf changer ga)

trus pas cerita kl olinya ketika di drain lagi itu encer banget kok itu mencurigakan palsu kali ya. belinya dimana om?

so far kl denger ceritanya sih sepertinya bukan krn olinya selama itu oli asli ya. oli apapun even salah spec kl asli kayanya less likely bikin jebol solenoid seketika begitu om. itu kan baru dimasukin langsung lampu natal keluar semua. sedangkan kl salah spec biasanya berhubungan sm noise, rough shifting, n slip. rough shifting nya jg bukan krn solenoid error.

nah mengenai lampu natal emang dtc seringkali nyalain bbrp lampu sbg tanda kl sistem tsb ikut di disabled krn share data input yg sama atau sbg protection utk limp home mode. jangan2 yg diperbaiki cuma ganti solenoid rusak aja atau sensor aja yg kebetulan emang matinya pas waktu itu.

eniwei sy jg cuma nebak2, ga tau persis so sorry kl nubi salah. tp sy jg bakal ambil action sama which is mikir 10x kl mau ganti atf dgn yg warnanya beda dgn oli bawaannya :big_grin: itu mungkin krn faktor ocd sih. :big_slap:
ATF Changer bisa sih mbah, ai di toda pas genti ke q8 dari aisin afw+ yg salah spek ini sehh pake atf changer.
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

josomba wrote: Thu May 26, 2022 5:47
ATF Changer bisa sih mbah, ai di toda pas genti ke q8 dari aisin afw+ yg salah spek ini sehh pake atf changer.
oh bisa, noted mbah
rafitohumam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu May 12, 2022 17:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 DJ 2015 - Silva

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by rafitohumam »

Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 4:20
mantaaaapp full story nya om :big_exellent:

kl pas ngeganti itu oli M pake cara ngetap oli manual aja atau pake mesin atf changer? (sorry ai ga paham apa M2 bisa pake metode atf changer ga)

trus pas cerita kl olinya ketika di drain lagi itu encer banget kok itu mencurigakan palsu kali ya. belinya dimana om?

so far kl denger ceritanya sih sepertinya bukan krn olinya selama itu oli asli ya. oli apapun even salah spec kl asli kayanya less likely bikin jebol solenoid seketika begitu om. itu kan baru dimasukin langsung lampu natal keluar semua. sedangkan kl salah spec biasanya berhubungan sm noise, rough shifting, n slip. rough shifting nya jg bukan krn solenoid error.

nah mengenai lampu natal emang dtc seringkali nyalain bbrp lampu sbg tanda kl sistem tsb ikut di disabled krn share data input yg sama atau sbg protection utk limp home mode. jangan2 yg diperbaiki cuma ganti solenoid rusak aja atau sensor aja yg kebetulan emang matinya pas waktu itu.

eniwei sy jg cuma nebak2, ga tau persis so sorry kl nubi salah. tp sy jg bakal ambil action sama which is mikir 10x kl mau ganti atf dgn yg warnanya beda dgn oli bawaannya :big_grin: itu mungkin krn faktor ocd sih. :big_slap:
Waktu itu sih gantinya tap manual mbah.
Asli kok, saya beli ATF FZ di dealer Mazda langsung. Oh ya maksudnya ATF FZnya yang jauh lebih encer ya, jadi ATF lain itu lebih kentel..

Hmm saya jg mikirnya gitu awalnya. Ah masak sih gara-gara oli doang bisa jebol solenoid seketika begitu, tapi bengkel ngeyakinin lagi dengan ngebandingin dua sampel ATF yang berbeda. Plus sebelumnya mobil baik-baik aja jadi bingung seribu bingung kok kejadian kaya gitu.. Apalagi ganti FZ langsung normal, jadi kemaren gapunya opsi kesimpulan kecuali ATF..

Jujur kemaren saya agak emosi jg sama ni bengkel, mentang2 saya ke luar kota mobil bener-bener gada update ke saya, setiap telfon gantinya beda-beda, harga jg dimainin. Tiba-tiba dikabarin "mobil udah jadi pak" tanpa melihat apa yang diturunin dan apa yang dinaikin. Cuman waktu itu kepalang kangen saya akhirnya ambil aja tu mobil tanpa mikir lagi..
rafitohumam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu May 12, 2022 17:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 DJ 2015 - Silva

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by rafitohumam »

sintoni wrote: Thu May 26, 2022 3:58 Odo udah berapa ya itu?

Apa jngan2 kayak TCM si fiesta, mau bagaimanapun ada usianya?
Odo 44rb km om, mobil 2015.

Seinget sy Mazda 2 DJ, TCMnya ga seringkih fiesta ya.. Banyak yang 100rb km up masih pake TCM bawaan fine-fine aja kok. Memang sepertinya ada yang nge "trigger" TCM sama solenoid saya ini.. Nah itu yang blum yakin banget apa penyebabnya. Selama ini dikepala saya masih mikir gara-gara ATF..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

rafitohumam wrote: Thu May 26, 2022 8:19
Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 4:20
mantaaaapp full story nya om :big_exellent:

kl pas ngeganti itu oli M pake cara ngetap oli manual aja atau pake mesin atf changer? (sorry ai ga paham apa M2 bisa pake metode atf changer ga)

trus pas cerita kl olinya ketika di drain lagi itu encer banget kok itu mencurigakan palsu kali ya. belinya dimana om?

so far kl denger ceritanya sih sepertinya bukan krn olinya selama itu oli asli ya. oli apapun even salah spec kl asli kayanya less likely bikin jebol solenoid seketika begitu om. itu kan baru dimasukin langsung lampu natal keluar semua. sedangkan kl salah spec biasanya berhubungan sm noise, rough shifting, n slip. rough shifting nya jg bukan krn solenoid error.

nah mengenai lampu natal emang dtc seringkali nyalain bbrp lampu sbg tanda kl sistem tsb ikut di disabled krn share data input yg sama atau sbg protection utk limp home mode. jangan2 yg diperbaiki cuma ganti solenoid rusak aja atau sensor aja yg kebetulan emang matinya pas waktu itu.

eniwei sy jg cuma nebak2, ga tau persis so sorry kl nubi salah. tp sy jg bakal ambil action sama which is mikir 10x kl mau ganti atf dgn yg warnanya beda dgn oli bawaannya :big_grin: itu mungkin krn faktor ocd sih. :big_slap:
Waktu itu sih gantinya tap manual mbah.
Asli kok, saya beli ATF FZ di dealer Mazda langsung. Oh ya maksudnya ATF FZnya yang jauh lebih encer ya, jadi ATF lain itu lebih kentel..

Hmm saya jg mikirnya gitu awalnya. Ah masak sih gara-gara oli doang bisa jebol solenoid seketika begitu, tapi bengkel ngeyakinin lagi dengan ngebandingin dua sampel ATF yang berbeda. Plus sebelumnya mobil baik-baik aja jadi bingung seribu bingung kok kejadian kaya gitu.. Apalagi ganti FZ langsung normal, jadi kemaren gapunya opsi kesimpulan kecuali ATF..

Jujur kemaren saya agak emosi jg sama ni bengkel, mentang2 saya ke luar kota mobil bener-bener gada update ke saya, setiap telfon gantinya beda-beda, harga jg dimainin. Tiba-tiba dikabarin "mobil udah jadi pak" tanpa melihat apa yang diturunin dan apa yang dinaikin. Cuman waktu itu kepalang kangen saya akhirnya ambil aja tu mobil tanpa mikir lagi..
nah trus yg oli M nya beli dimana om? kira2 asli ga itu?

utk membuktikan tidak ada jalan lain. diulang lagi aja pake oli M, kl lampu natal lagi, nah fix gara2 itu. tinggal bawa ke lab sample oli M nya, asli apa palsu. :big_biglaugh: just kidding om.
ya udah besok2 jangan coba2 lagi deh om, emang ngeri2 sedap kl nyoba2 itu. sy juga pernah baca ada yg posting di forum SM ini temennya pake oli cvt ams di honda trus abis itu jd bunyi dengung. skrg tiap hari jd parno, pdhl ga ada apa2, halus2 aja ga ada suara apa2 n shiftingnya bagus n no slip. :big_grin:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by kendibocor »

Paling bener kalo gitu pakai ATF FZ mazda aja ya :big_think:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

rafitohumam wrote: Thu May 26, 2022 8:19
Waktu itu sih gantinya tap manual mbah.
Asli kok, saya beli ATF FZ di dealer Mazda langsung. Oh ya maksudnya ATF FZnya yang jauh lebih encer ya, jadi ATF lain itu lebih kentel..

Hmm saya jg mikirnya gitu awalnya. Ah masak sih gara-gara oli doang bisa jebol solenoid seketika begitu, tapi bengkel ngeyakinin lagi dengan ngebandingin dua sampel ATF yang berbeda. Plus sebelumnya mobil baik-baik aja jadi bingung seribu bingung kok kejadian kaya gitu.. Apalagi ganti FZ langsung normal, jadi kemaren gapunya opsi kesimpulan kecuali ATF..

Jujur kemaren saya agak emosi jg sama ni bengkel, mentang2 saya ke luar kota mobil bener-bener gada update ke saya, setiap telfon gantinya beda-beda, harga jg dimainin. Tiba-tiba dikabarin "mobil udah jadi pak" tanpa melihat apa yang diturunin dan apa yang dinaikin. Cuman waktu itu kepalang kangen saya akhirnya ambil aja tu mobil tanpa mikir lagi..
Ini bengkelnya yg cukup ngehits/sering disebut fb groupnya itu kah om?

Hemm kalau ATF-nya yg salah, mobil saya dah clocking 119k dengan non-FZ aman2 aja ya. Haha. Sering gaspol pula selama ini.
Image
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by mhbbi »

wah jadi kepikiran nih pakai atf non FZ 🤔, didalem mobil sy sekarang isinya Q8 auto MV karena waktu baru beli mobilnya belum tau supplier/ penjual offline atf fz, kalau di marketplace takut kena barang kw
saya aja kebetulan baru kenal mekanik ex mazda juga katanya bisa stok atf fz tapi jumlah gak banyak

nah pertanyaannya kalau misal saya balikin ke atf FZ tanpa kuras gimana ya om ?
mengingat beliau ga bisa stok banyak atf fz nya
rafitohumam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu May 12, 2022 17:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 DJ 2015 - Silva

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by rafitohumam »

Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 9:30
nah trus yg oli M nya beli dimana om? kira2 asli ga itu?

utk membuktikan tidak ada jalan lain. diulang lagi aja pake oli M, kl lampu natal lagi, nah fix gara2 itu. tinggal bawa ke lab sample oli M nya, asli apa palsu. :big_biglaugh: just kidding om.
ya udah besok2 jangan coba2 lagi deh om, emang ngeri2 sedap kl nyoba2 itu. sy juga pernah baca ada yg posting di forum SM ini temennya pake oli cvt ams di honda trus abis itu jd bunyi dengung. skrg tiap hari jd parno, pdhl ga ada apa2, halus2 aja ga ada suara apa2 n shiftingnya bagus n no slip. :big_grin:
Asliii ommm. Jd saya ada kontrak kerjasama dengan oli merk itu. Saya ambil sendiri olinya di HQnya di Kuningan, hehe..
Iya bener habis kejadian emang orang sana dateng untuk ambil sampel. Cuma sampe sekarang saya ga diupdate sih hasilnya apa.

Iya mangkanya. Mungkin aja sih emang sayanya aja yang apes. Mungkin solenoidnya udah lemah, jadi ditiban oli kentel jadi problem. Who knows... :big_childish:
rafitohumam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu May 12, 2022 17:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 DJ 2015 - Silva

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by rafitohumam »

mhbbi wrote: Thu May 26, 2022 12:38 wah jadi kepikiran nih pakai atf non FZ 🤔, didalem mobil sy sekarang isinya Q8 auto MV karena waktu baru beli mobilnya belum tau supplier/ penjual offline atf fz, kalau di marketplace takut kena barang kw
saya aja kebetulan baru kenal mekanik ex mazda juga katanya bisa stok atf fz tapi jumlah gak banyak

nah pertanyaannya kalau misal saya balikin ke atf FZ tanpa kuras gimana ya om ?
mengingat beliau ga bisa stok banyak atf fz nya
Q8 Auto MV setau saya emang spesifikasinya yang paling MIRIP dengan ATF FZ... Jadi harusnya oke sih om. Yang saya pake waktu itu lebih kentel soalnya.

Oh ya kalau emang mau beli ATF FZ no worries om, sekarang beres udah jual bebas. Saya beli di Mazda BSD City (kalau di tokped, Mazda Performance Auto) langsung. Mereka gada batasan jual berapa dan udah pasti dijamin ori :big_exellent:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

rafitohumam wrote: Thu May 26, 2022 15:36
Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 9:30
nah trus yg oli M nya beli dimana om? kira2 asli ga itu?

utk membuktikan tidak ada jalan lain. diulang lagi aja pake oli M, kl lampu natal lagi, nah fix gara2 itu. tinggal bawa ke lab sample oli M nya, asli apa palsu. :big_biglaugh: just kidding om.
ya udah besok2 jangan coba2 lagi deh om, emang ngeri2 sedap kl nyoba2 itu. sy juga pernah baca ada yg posting di forum SM ini temennya pake oli cvt ams di honda trus abis itu jd bunyi dengung. skrg tiap hari jd parno, pdhl ga ada apa2, halus2 aja ga ada suara apa2 n shiftingnya bagus n no slip. :big_grin:
Asliii ommm. Jd saya ada kontrak kerjasama dengan oli merk itu. Saya ambil sendiri olinya di HQnya di Kuningan, hehe..
Iya bener habis kejadian emang orang sana dateng untuk ambil sampel. Cuma sampe sekarang saya ga diupdate sih hasilnya apa.

Iya mangkanya. Mungkin aja sih emang sayanya aja yang apes. Mungkin solenoidnya udah lemah, jadi ditiban oli kentel jadi problem. Who knows... :big_childish:
mantap ngejelasin begini status u langsung naik ga jadi newbie lagi tuh hehehe

waaah oli asli begitu langsung dr importir apalagi mrk ambil sample, harusnya sih beban biaya diganti rugi tuh. penasaran aja sih kl case begini importir ada tanggung jawab ga om?
mhbbi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by mhbbi »

rafitohumam wrote: Thu May 26, 2022 15:39
mhbbi wrote: Thu May 26, 2022 12:38 wah jadi kepikiran nih pakai atf non FZ 🤔, didalem mobil sy sekarang isinya Q8 auto MV karena waktu baru beli mobilnya belum tau supplier/ penjual offline atf fz, kalau di marketplace takut kena barang kw
saya aja kebetulan baru kenal mekanik ex mazda juga katanya bisa stok atf fz tapi jumlah gak banyak

nah pertanyaannya kalau misal saya balikin ke atf FZ tanpa kuras gimana ya om ?
mengingat beliau ga bisa stok banyak atf fz nya
Q8 Auto MV setau saya emang spesifikasinya yang paling MIRIP dengan ATF FZ... Jadi harusnya oke sih om. Yang saya pake waktu itu lebih kentel soalnya.

Oh ya kalau emang mau beli ATF FZ no worries om, sekarang beres udah jual bebas. Saya beli di Mazda BSD City (kalau di tokped, Mazda Performance Auto) langsung. Mereka gada batasan jual berapa dan udah pasti dijamin ori :big_exellent:
siap berarti aman ya om dipakai dulu sementara, thank you informasinya
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 5:57
josomba wrote: Thu May 26, 2022 5:47
ATF Changer bisa sih mbah, ai di toda pas genti ke q8 dari aisin afw+ yg salah spek ini sehh pake atf changer.
oh bisa, noted mbah
Bisa mbah omni, ijin nambahin kalau berkenan. Noted nya "pakai adapter in out" yg d pasang dengan cara melepas 3 baut oil cooler dan d pasang adapter nya yg ada nepple buat masang selang in/out. Kira2 begitu cara ny buat trainy aisin fw6a-el yg ada di masdut sky ini.
Kalau toda cara nya beda, mungkin d pasang nepple in/out d lain tempat.
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Sinclaire »

mhbbi wrote: Thu May 26, 2022 12:38 wah jadi kepikiran nih pakai atf non FZ 🤔, didalem mobil sy sekarang isinya Q8 auto MV karena waktu baru beli mobilnya belum tau supplier/ penjual offline atf fz, kalau di marketplace takut kena barang kw
saya aja kebetulan baru kenal mekanik ex mazda juga katanya bisa stok atf fz tapi jumlah gak banyak

nah pertanyaannya kalau misal saya balikin ke atf FZ tanpa kuras gimana ya om ?
mengingat beliau ga bisa stok banyak atf fz nya
no worries om, saya di cx5 udh flush pake q8 auto mv, clocking udh jalan 40k++ km setelah flush sampe skrg aman jaya..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Sat May 28, 2022 11:20
Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 5:57
josomba wrote: Thu May 26, 2022 5:47
ATF Changer bisa sih mbah, ai di toda pas genti ke q8 dari aisin afw+ yg salah spek ini sehh pake atf changer.
oh bisa, noted mbah
Bisa mbah omni, ijin nambahin kalau berkenan. Noted nya "pakai adapter in out" yg d pasang dengan cara melepas 3 baut oil cooler dan d pasang adapter nya yg ada nepple buat masang selang in/out. Kira2 begitu cara ny buat trainy aisin fw6a-el yg ada di masdut sky ini.
Kalau toda cara nya beda, mungkin d pasang nepple in/out d lain tempat.
sy nanya utk memastikan apakah proses flushing pakai atf changer bisa menjadi faktor root cause, jika memang menggunakan metode tsb yg melibatkan mishandling (cara yg salah). tp ternyata dijawab gantinya tap manual. jd faktor atf changer tereliminasi dgn sendirinya om. maksudnya kesitu knp sy nanya.

mengenai apakah flushing by atf changer bisa merusak solenoid ya selalu ada kemungkinan krn line pressure dipengaruhi oleh atf changer itu. apakah bisa jd korslet dan nyamber ke tcm, selalu ada kemungkinan. perlu penelitian lanjutan tp kan bukan krn itu.
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

Omnibus wrote: Sat May 28, 2022 14:24
jsatriani wrote: Sat May 28, 2022 11:20
Omnibus wrote: Thu May 26, 2022 5:57

oh bisa, noted mbah
Bisa mbah omni, ijin nambahin kalau berkenan. Noted nya "pakai adapter in out" yg d pasang dengan cara melepas 3 baut oil cooler dan d pasang adapter nya yg ada nepple buat masang selang in/out. Kira2 begitu cara ny buat trainy aisin fw6a-el yg ada di masdut sky ini.
Kalau toda cara nya beda, mungkin d pasang nepple in/out d lain tempat.
sy nanya utk memastikan apakah proses flushing pakai atf changer bisa menjadi faktor root cause, jika memang menggunakan metode tsb yg melibatkan mishandling (cara yg salah). tp ternyata dijawab gantinya tap manual. jd faktor atf changer tereliminasi dgn sendirinya om. maksudnya kesitu knp sy nanya.

mengenai apakah flushing by atf changer bisa merusak solenoid ya selalu ada kemungkinan krn line pressure dipengaruhi oleh atf changer itu. apakah bisa jd korslet dan nyamber ke tcm, selalu ada kemungkinan. perlu penelitian lanjutan tp kan bukan krn itu.
Setuju om, krn pda dasar nya di paksa keluar dan di paksa masuk fluida nya. Sy sendiri lebih seneng pake cara manual meski cukup makan waktu buat drain n fill.
Woke om, sy cuma nambahin aja kalau skyactiv bsa make mesin changer asal ada adapter. Karena perihal ini agak sedikit informasi, malah ada temen yg bawa ke bengkel terus bengkel nya pede aja maen cabut hose yg ada d oil cooler, bukan nya berhasil akses jalur in out atf malah bikin coolant ngocor kmn2. Hehehe 😀
jsatriani
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Thu Oct 15, 2020 0:50
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by jsatriani »

Sinclaire wrote: Sat May 28, 2022 14:23
mhbbi wrote: Thu May 26, 2022 12:38 wah jadi kepikiran nih pakai atf non FZ 🤔, didalem mobil sy sekarang isinya Q8 auto MV karena waktu baru beli mobilnya belum tau supplier/ penjual offline atf fz, kalau di marketplace takut kena barang kw
saya aja kebetulan baru kenal mekanik ex mazda juga katanya bisa stok atf fz tapi jumlah gak banyak

nah pertanyaannya kalau misal saya balikin ke atf FZ tanpa kuras gimana ya om ?
mengingat beliau ga bisa stok banyak atf fz nya
no worries om, saya di cx5 udh flush pake q8 auto mv, clocking udh jalan 40k++ km setelah flush sampe skrg aman jaya..
Setuju om, sy pake unyil dx6 malah gak pengen pindah krn udah enak. Harga so so, spek cocok dan feel nya enak.
Kalau dengan hrga atf fz yg skrg ini, dengan budget segitu sy mending tuangin amsoil atf signature ata Q8 sekalian yg jelas produsen oli keraton.
Next time mungkin pengen coba unil m14 yg kalau d atas kertas nya mirip bgt Q8 mv tp hrga sedikit lbh ekonomis.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

jsatriani wrote: Sat May 28, 2022 21:31
Setuju om, sy pake unyil dx6 malah gak pengen pindah krn udah enak. Harga so so, spek cocok dan feel nya enak.
Kalau dengan hrga atf fz yg skrg ini, dengan budget segitu sy mending tuangin amsoil atf signature ata Q8 sekalian yg jelas produsen oli keraton.
Next time mungkin pengen coba unil m14 yg kalau d atas kertas nya mirip bgt Q8 mv tp hrga sedikit lbh ekonomis.
Aisin vi ga tertarik mbah? Haha

Saya pensiun dr q8 automv nih setelah 3x pake selama 90rb km. Hargane makin melambung..

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11689
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by Omnibus »

jsatriani wrote: Sat May 28, 2022 21:21
Omnibus wrote: Sat May 28, 2022 14:24
jsatriani wrote: Sat May 28, 2022 11:20

Bisa mbah omni, ijin nambahin kalau berkenan. Noted nya "pakai adapter in out" yg d pasang dengan cara melepas 3 baut oil cooler dan d pasang adapter nya yg ada nepple buat masang selang in/out. Kira2 begitu cara ny buat trainy aisin fw6a-el yg ada di masdut sky ini.
Kalau toda cara nya beda, mungkin d pasang nepple in/out d lain tempat.
sy nanya utk memastikan apakah proses flushing pakai atf changer bisa menjadi faktor root cause, jika memang menggunakan metode tsb yg melibatkan mishandling (cara yg salah). tp ternyata dijawab gantinya tap manual. jd faktor atf changer tereliminasi dgn sendirinya om. maksudnya kesitu knp sy nanya.

mengenai apakah flushing by atf changer bisa merusak solenoid ya selalu ada kemungkinan krn line pressure dipengaruhi oleh atf changer itu. apakah bisa jd korslet dan nyamber ke tcm, selalu ada kemungkinan. perlu penelitian lanjutan tp kan bukan krn itu.
Setuju om, krn pda dasar nya di paksa keluar dan di paksa masuk fluida nya. Sy sendiri lebih seneng pake cara manual meski cukup makan waktu buat drain n fill.
Woke om, sy cuma nambahin aja kalau skyactiv bsa make mesin changer asal ada adapter. Karena perihal ini agak sedikit informasi, malah ada temen yg bawa ke bengkel terus bengkel nya pede aja maen cabut hose yg ada d oil cooler, bukan nya berhasil akses jalur in out atf malah bikin coolant ngocor kmn2. Hehehe 😀
siap om ... makasih :big_deal: :big_smile]
rafitohumam
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu May 12, 2022 17:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda 2 DJ 2015 - Silva

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by rafitohumam »

Oh yaa.. kebetulan saya udah ganti shock jg nih.. mau kasih review, saya mau pake Jamex + pernya pake Tein S-tech.

Pas baru banget kepasang mobil ini jadi nyaman banget, TEIN karakternya masih dalam tahap empuk, ditambah jamex yang emang empuk shocknya.. cuma sayang bgt.. ceper empuk itu menyiksa sodara-sodara.. Kalo ga fender yang jadi makanan, sasis tengah yang nyangkut abis lewat polisi tidur :big_biglaugh:

Nah 7 bulan berjalan.. saya ngerasa kok shock ini udah gaenak ya. Kerasanya kaya shock mati. Buat ngelibas poldur mah empuk, tapi kalo di jalan konblok yg bergelombang gt ampun dah ni mobil getar hebat.. ga nyaman sama sekali.

Masa sih dalam rangka 7 bulan karakter shock udh kaya gini? Kemaren sih mau ganti shock emg pilihannya ga banyak. Monroe / Jamex / ori / Trivindo doang.. maunya bilstein tapi ngga ada, coilover dana blm cukup :big_cry:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2988
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: 2015 - Mazda 2 Skyactiv (dengan maintenance2nya)

Post by josomba »

rafitohumam wrote: Wed Jun 01, 2022 7:00 Oh yaa.. kebetulan saya udah ganti shock jg nih.. mau kasih review, saya mau pake Jamex + pernya pake Tein S-tech.

Pas baru banget kepasang mobil ini jadi nyaman banget, TEIN karakternya masih dalam tahap empuk, ditambah jamex yang emang empuk shocknya.. cuma sayang bgt.. ceper empuk itu menyiksa sodara-sodara.. Kalo ga fender yang jadi makanan, sasis tengah yang nyangkut abis lewat polisi tidur :big_biglaugh:

Nah 7 bulan berjalan.. saya ngerasa kok shock ini udah gaenak ya. Kerasanya kaya shock mati. Buat ngelibas poldur mah empuk, tapi kalo di jalan konblok yg bergelombang gt ampun dah ni mobil getar hebat.. ga nyaman sama sekali.

Masa sih dalam rangka 7 bulan karakter shock udh kaya gini? Kemaren sih mau ganti shock emg pilihannya ga banyak. Monroe / Jamex / ori / Trivindo doang.. maunya bilstein tapi ngga ada, coilover dana blm cukup :big_cry:
Anu om ... kalau pake per Tein S-Tech gitu sbenernya turun sekian cm kan ya?

Terlepas JAMEX memang ga sedikit yg thumbs down buat durabilitynya -- Pernah baca di mana gitu, kalau pake per tein atau sejenis yg bikin turun, sebaiknya ga pake shock level OE. Karena terus ter-kompresi, bikin shock cepet modar.

Saya juga lagi pake JAMEX JX (non silver), sejauh ini nyaman sih. lebih empuk drpd Monroe OES.

CMIIW.
Image