Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Omnibus »

gaspol wrote: Wed Jun 01, 2022 15:38
Iron tinggi pertanda apa om? Mobilnya H miring diesel
>> mesin diesel (at least yg dianggap heavy duty) material engine block nya adalah cast iron. kl tdk pakai boring sleeve berarti normal ada iron di uoa. sdh dijelaskan diatas oleh mbah surya limit2nya. sy tampilin lg disini:

Image
source here
....
Selain parameter TBN, parameter apalagi yg bisa dijadikan petunjuk om dari hasil uji lab ini?
>> kl ada ppm di Tin berbarengan dengan Iron maka biasanya itu dr metal (crankshaft bearing atau conrod bearing) yg kena di mesin tsb.
Copper asalnya dari ring piston. kl tinggi berarti ring nya yg excessive wear.
Tdk ada yg aneh dr uoa tsb, kecuali kl mau coba dgn oli lain di compare level Iron wear nya. barangkali lebih cocok dgn oli2 mineral grup 2 atau semi syn grup 3. bisa aja begitu.

....
Kayaknya kalo cuma 7-8rb km oli kelas menengah range 100-150rb sudah lebih dari cukup deh. Toh hasilnya sama sama kritis :mky_05:
>> ga ada yg kritis di uoa tsb. TBN sisa 4 itu normal menurut sy krn memang tbn kan sesuatu yg habis pakai (depleted). selama msh ada tbn maka sifat oli tsb msh basa (pH diatas 7), kecuali tbn tdk bisa dibaca berarti pH sdh dibawah 7 atau dgn kata lain sdh bersifat asam. kl tbn habis n tdk terbaca maka akan dilakukan tes TAN (total acidic number), n kl ini yg akhirnya keluar dr uoa anda barulah boleh kebakaran jenggot.

....

Padahal bbrp user H miring masih setia pake shell rimula r5e 10w40 terbukti aman sampe ratusan ribu km :ungg:

Atau fastron diesel pun ya sdh bagus [emo-police]
>> itu pilihan masing2 orang, sama dgn apapun dlm hidup semua jg pilihan. yg jelas dr uoa tsb komponen anti wear nya Ca, P, Zn, Mg msh tinggi artinya engine msh well protected sampai 7500km n bisa keep continue krn tbn msh ada dan depletion rate nya bisa melambat juga (selain awalnya memang beda metode pengujian astm code nya spt sdh dijelaskan mbah surya sebelumnya). perlu dicatat juga kl oli yg bagus kemampuan detergency n dispersant nya stabil dlm jangka waktu yg lama, ini yg penting dlm menjaga mesin sludge free yg ujung2nya daya tahan lbh lama (longevity), performance spt ketika mobil baru dpt dijaga lbh lama even dgn odo gondrong, daya tahan seal dr kebocoran lbh baik krn ada seal rejuvenator additive dan jg krn overall bersih sebab seal biasanya bocor krn tingginya foreign material yg ga bisa ditangkap oli oleh fungsi dispersant nya.
trus pertanyaan, "oh trus oli kelas biasa juga bisa ratusan ribu km?" memang bisa, siapa bilang ga bisa. kl ga bisa ga akan tuh di bitog debat oli semi syn vs full syn sampe berjilid2. dan memang bukan jaminan juga pake oli keraton pasti lbh tahan lama krn kl baca di link tsb di atas ada banyak faktor terutama dlm hal assembling engine tsb di pabrik, pola penggunaan, bbm, kondisi dimana mobil dipakai, dsb. yg kita sbg user bisa lakukan adalah menjaga sebaik mungkin sebab oils are cheap compared to engine repair.
nubi numpang menjawab di atas ya :big_okay:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22020
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

gaspol wrote:Mohon pencerahan nya UOA oli amsoil maxduty 5w30, dipakai 7500km kok tbn nya agak ngeri ya sisa 4. Padahal baru jalan segitu dan bbm selalu pertadex, kalo pake solar gocengan mungkin bisa lebih parah hasilnya ya?

Image
ini mesin apa ?

Iron nya sampe 47 = tinggi banget

apa sample oli bekas gak kecampur oli bekas lain ?

jarak segitu dicapai dlm brp bulan / tahun ?

apakah sering jadi Genset ?

warming up biasa brp lama ?

FYI :
saya pernah test oli 10W40 API SP (bukan Diesel oil) di 2L tua mekanikal dgn BBM full Biosol

jalan 7500 km

TBN akhir masih 5 lebih (TBN baru nya gak sampe 8 mg KOH)

padahal rute nya 90% lebih jarak pendek2 - Stop & Go

mobilnya th 2001 pula

* Bukan ajakan Beli *
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by vanosz »

Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 15:51
Hahaha, kalo gitu fungsinya pake oli keraton apa om kalo ujung2nya sama2 kritis juga kaya oli kelas menengah?

Kelebihan oli keraton kan sdh sering digadang2 disini, sedangkan ini ada bukti yg menerangkan bahwa ternyata tdk ada fungsi yg superior dari oli tsb.. jadi?..
kelebihannya ya agans bayar lebih mahal demi sugesti,


mau tau oli cukupan bagus ya pake sampe 50 ribu atau 100 ribu km,

jangan pake sekali trs ganti,

oli mahal itu bagus,

oli murah juga belum tentu murahan,


sesuaikan isi dompet aja gans,

toh mesin asal ada oli asli sesuai jadwal awet kok,

tar klo ada rejeki sekian taun pake jual aja mobilnya ganti baru,


truk disel ane isi solar harian bejek pol gans,sering mainin rpm gas lepas gas lepas dr pelan,ane mah demenan begitu bgtuan gans,sensasi torsi disel semriwing,pokoe tuh mobil gak pake perasaan lemah lembut penuh kasih sayang dipake,

pokoe ngassssssss polllllllllll

klo di tol ya sperti biasa nyender jarum sepet pojok kanan bawah klo bisa,semampunya aja,

mobil ane tuningan tuh, :big_blushing:

ane senang cari sensasi yang anti menstrim,contohnya oli murah, :big_biglaugh:


oli keraton nunggu info diskon aja neh,ky Q8 FT 8800,

maklum ane kan jarang cek oli di toko android,klewatan nanti,

klo gak ada diskon sih ogah,


ky skrg coba amsiong sinatur 5-30 kt teman cobain,

yah biasa aja,mirip aja sama TMO 5-30 ane biasa beli onlin,

tar mau balik TMO aja klo gak ada diskon dah,


ane mah main mobil gak dibawa sugesti sih,jadi gak gampang kena kata teman teman katanya,
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1433
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

Seru-seru bahasan para suhu di atas, luar biasa SM, diskusinya berbobot dan selalu pakai data/referensi. Mantaps :big_okay:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by vanosz »

DOHC wrote: Wed Jun 01, 2022 10:01
benzz89 wrote: Wed Jun 01, 2022 9:17 Ambil hikmah postipnya aja kl banyak yg pindah dr oli keraton ke oli BeRes, makin banyak makin baik, BeRes tetap berjalan bisnisnya, oli2 keraton pd turun harganya.

Jgn pd pindah ke kuwait or amrik semua... nanti harganya pd naik terus... hahahah, justru ane seneng nih yg kaya begini, hrs ada keseimbangan baru di dunia perlendiran SM ini [emoji1]

Kecuali lendir khiueit kasih diskon buat warga tercinta SM sini sicap hun spt yg om vanos ngarep, ane godek jg deh ke kuwait. Kl BA ams si mbah suhu Omni sih tetap setia kek nya di amrik sana, mission impossible itu [emoji1787]
Nah ini baru bener

Kasi diskon jg org2 lgs beli, kl cuman cuap2 doank mah orang jg males
namanya juga usaha yeee,

apalg masuk forum promo cuap cuap,

ya berani cuap cuap promo harga walo sbentar,

bisnis harus berani,


:ngacir:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by vanosz »

Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 5:47
Suryaputra wrote: Wed Jun 01, 2022 5:33
Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 4:54 Review oil change terakhir di 2gd..

Pakai TMO 5w30, free upgrade dari paket gratis 15w40 bawaannya, cukup bayar 3L..

Awalnya cukup skeptis sama ini Oli, karena dimana2 dibilang harganya gak sesuai dengan kualitasnya ya, oli toyota ina itu ina itulah..

Setelah ganti cukup surprise dengan oli ini, konsumsi bbm irit, halus saat coldstart dan kalau setelah pemakaian digeber juga setelahnya tetap halus.. cocok dan rencananya setelah ini akan lanjut pake oli ini..

Untuk perbandingan sebelumnya sudah pernah pake bbrp oli:

1. Q8 ft7000 10w30, nothing special, cold start kasar dan saat lewat 5000km idle pas panas dan pas mesin ditarik sudah kasar suaranya, konsumsi bbm lebih irit tmo 5w30

2. Amsoil 10w30, mirip sama ft7000, diatas 5000 suara sudah kasar sekali

3. ptt 5w30 a5b5, ini enak, sesuai lah dengan harganya

4. amsoil ss 5w30, impresi mirip dengan tmo 5w30 ini.. okelah oli ini

sekian, rencananya setelah ini akan pakai tmo 5w30 saja krn puass, setelah ganti2 oli sebelumnya gitu2 aja..
TMO 5w30 di beres kena brp mbah?

soalnya klo beli di luaran serem, apalagi liat hasil compare packaging dan UOAnya mbah turbo, susah bedain palsu sm asli (kecuali test lab yg hasilnya luar biasa) :mky_03:
kena 165k/L sudah incl PPN, oke sih ini oli
mungkin coba cari oficial stor,di bli bli kan ada tuh,


atau cara lain,


beli 4 galon minta 1 part number, 1 dus isi 4,


biasanya ada label surat pembelian di kardus dr TAM,


ane kasi tau spy dpt bagus,
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by vanosz »

Turboman wrote: Tue May 31, 2022 10:07
well wrote:
sahabatq8 wrote: Tue May 31, 2022 6:47

Makin value for money dong ya Q8. Makanya ramein lagi, kalo barang abis terus kan gak usah keluar biaya marketing, biar tetep terjangkau :upss:
sentra pelumas ini reseller yg terpercaya ya om? mau ah nyetok Q8 0w20
Sentra oli - Latumeten

Pak Chandra

pemain lama

harusnya Asli oli2 nya
masih ada tuh ya sentra di latumenten,suami istri sering ada di toko,


taun 2000 nih gw awal main kesitu,


di mal citralan ada tokonya seingat gw dan gantinya di parkiran,

gw kuliah sbelahnya,

zaman masih bokek alias isi dompet kempes berat tuh, :wkkk:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

vanosz wrote: Wed Jun 01, 2022 23:29
Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 15:51
Hahaha, kalo gitu fungsinya pake oli keraton apa om kalo ujung2nya sama2 kritis juga kaya oli kelas menengah?

Kelebihan oli keraton kan sdh sering digadang2 disini, sedangkan ini ada bukti yg menerangkan bahwa ternyata tdk ada fungsi yg superior dari oli tsb.. jadi?..
kelebihannya ya agans bayar lebih mahal demi sugesti,


mau tau oli cukupan bagus ya pake sampe 50 ribu atau 100 ribu km,

jangan pake sekali trs ganti,

oli mahal itu bagus,

oli murah juga belum tentu murahan,


sesuaikan isi dompet aja gans,

toh mesin asal ada oli asli sesuai jadwal awet kok,

tar klo ada rejeki sekian taun pake jual aja mobilnya ganti baru,


truk disel ane isi solar harian bejek pol gans,sering mainin rpm gas lepas gas lepas dr pelan,ane mah demenan begitu bgtuan gans,sensasi torsi disel semriwing,pokoe tuh mobil gak pake perasaan lemah lembut penuh kasih sayang dipake,

pokoe ngassssssss polllllllllll

klo di tol ya sperti biasa nyender jarum sepet pojok kanan bawah klo bisa,semampunya aja,

mobil ane tuningan tuh, :big_blushing:

ane senang cari sensasi yang anti menstrim,contohnya oli murah, :big_biglaugh:


oli keraton nunggu info diskon aja neh,ky Q8 FT 8800,

maklum ane kan jarang cek oli di toko android,klewatan nanti,

klo gak ada diskon sih ogah,


ky skrg coba amsiong sinatur 5-30 kt teman cobain,

yah biasa aja,mirip aja sama TMO 5-30 ane biasa beli onlin,

tar mau balik TMO aja klo gak ada diskon dah,


ane mah main mobil gak dibawa sugesti sih,jadi gak gampang kena kata teman teman katanya,
Halo om kompre :big_deal:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Thu Jun 02, 2022 0:16 Seru-seru bahasan para suhu di atas, luar biasa SM, diskusinya berbobot dan selalu pakai data/referensi. Mantaps :big_okay:
Klo pk feeling lbh susah bahasnya
Paling compare ke oli lama vs oli baru dengan brand model yg sama. :big_biglaugh:

Even pakai data aja, masih ada contributing factors spt:
#1 proses assembly
- metode pakai mbl
- gaya nyetir
- kualitas bbm yg dipakai
- kelembaban sekitar (klo tinggal di pegunungan yg lembab contohnya, oksidasi pasti lbh cepat)
- cara ambil sampel oli
- dsb

Tp setidaknya ada referensi batas aman dan kritis dr metode ukur.

Balik ke case di atas, semua sih dalam batas normal yah.
Belum ada gejala abnormal wear.

Klo mau lbh puas, ya compare dgn oli lain yg visco sama, trus test lagi dgn metode gaya nyetir dan bbm yg sama.
Tp be fair, kelasnya ams max duty diesel:
- Mobil Delvac 1
- Q8 FT 8800

Klo mau compare sm oli 100rb an juga no probs.
"Siapa tau" malah hasilnya lbh membagongkan.
Jadi bukan olinya yg gak cocok tp concern nya lbh ke faktor2 di atas.

Baru kita bs menyimpulkan mesin tsb cocok dgn oli yg mana.
Karena membandingkan 2 data.

Ini sm spt manusia medical checkup aja :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22020
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

gaspol wrote:Mohon pencerahan nya UOA oli amsoil maxduty 5w30, dipakai 7500km kok tbn nya agak ngeri ya sisa 4. Padahal baru jalan segitu dan bbm selalu pertadex, kalo pake solar gocengan mungkin bisa lebih parah hasilnya ya?

Image
Ini Iron tinggi bgt biasanya :
1. pertanda ada masalah dgn mesinnya atau usia mesin udah tergolong tua / odo sangat tinggi

2. Sample oli kecampur dgn oli bekas lain

apakah demikian ?

Oli Diesel TBN awal 10 mg KOH jalan 7500 km TBN akhir tinggal 4 sesuatu yg sangat aneh sekali

apakah mobil tiap hari jadi Genset sampai 3 - 5 jam ?

Apakah oli dipake sampe 18 bulan ?

Apakah isi oli jauh di bawah volume ideal ?

Sebab saya pernah test lab oli bensin 10W40 API SP (murni spec oli bensin) di Kijang 2L - 2001 jalan 7400 km dgn BBM full BioSol.....Full BioSol gak ada oplos2 DEK

Jalan juga trip pendek2 dan Stop & Go

7400 km dalam 7 - 7,5 bulan lah

TBN akhir masih 5 sekian......TBN baru oli tsb gak sampe 8 mg KOH





* Bukan ajakan Beli *
User avatar
iroedii5
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Wed Jun 01, 2016 5:57
Location: Tangerang

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by iroedii5 »

Nyoba oli om Dohc nih, nyari yg murmer aja [emoji16]
20220602_103914.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Fertille »

Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 4:54 Review oil change terakhir di 2gd..

Pakai TMO 5w30, free upgrade dari paket gratis 15w40 bawaannya, cukup bayar 3L..

Awalnya cukup skeptis sama ini Oli, karena dimana2 dibilang harganya gak sesuai dengan kualitasnya ya, oli toyota ina itu ina itulah..

Setelah ganti cukup surprise dengan oli ini, konsumsi bbm irit, halus saat coldstart dan kalau setelah pemakaian digeber juga setelahnya tetap halus.. cocok dan rencananya setelah ini akan lanjut pake oli ini..

Untuk perbandingan sebelumnya sudah pernah pake bbrp oli:

1. Q8 ft7000 10w30, nothing special, cold start kasar dan saat lewat 5000km idle pas panas dan pas mesin ditarik sudah kasar suaranya, konsumsi bbm lebih irit tmo 5w30

2. Amsoil 10w30, mirip sama ft7000, diatas 5000 suara sudah kasar sekali

3. ptt 5w30 a5b5, ini enak, sesuai lah dengan harganya

4. amsoil ss 5w30, impresi mirip dengan tmo 5w30 ini.. okelah oli ini

sekian, rencananya setelah ini akan pakai tmo 5w30 saja krn puass, setelah ganti2 oli sebelumnya gitu2 aja..
Btw, TMO 5W-30 Diesel makloon kemana ya om? Setahu saya pertamina ga ada jual grade SAE tersebut. :big_think:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

iroedii5 wrote: Thu Jun 02, 2022 3:49 Nyoba oli om Dohc nih, nyari yg murmer aja [emoji16]20220602_103914.jpg
DGO :big_exellent:

The name you can trust
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2921
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by josomba »

Fertille wrote: Thu Jun 02, 2022 4:03
Btw, TMO 5W-30 Diesel makloon kemana ya om? Setahu saya pertamina ga ada jual grade SAE tersebut. :big_think:
4318 PT. PERTAMINA LUBRICANTS TOYOTA MOTOR OIL SAE 5W-30 ACEA A5/B5 WT250E3053010522

Pertamina om, bisa dicek di web daftar umum pelumas esdm aja.
Image
Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Fertille »

josomba wrote: Thu Jun 02, 2022 4:09
Fertille wrote: Thu Jun 02, 2022 4:03
Btw, TMO 5W-30 Diesel makloon kemana ya om? Setahu saya pertamina ga ada jual grade SAE tersebut. :big_think:
4318 PT. PERTAMINA LUBRICANTS TOYOTA MOTOR OIL SAE 5W-30 ACEA A5/B5 WT250E3053010522

Pertamina om, bisa dicek di web daftar umum pelumas esdm aja.
Siap om, terima kasih infonya. :big_deal:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Omnibus »

iroedii5 wrote: Thu Jun 02, 2022 3:49 Nyoba oli om Dohc nih, nyari yg murmer aja [emoji16]20220602_103914.jpg
kayanya kenal tempatnya. mata sy soalnya langsung tertuju ke carb cleaner sutopo :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Jun 02, 2022 4:33
iroedii5 wrote: Thu Jun 02, 2022 3:49 Nyoba oli om Dohc nih, nyari yg murmer aja [emoji16]20220602_103914.jpg
kayanya kenal tempatnya. mata sy soalnya langsung tertuju ke carb cleaner sutopo :mky_01:
Diem2 ud jd reseller DGO ybs :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
iroedii5
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Wed Jun 01, 2016 5:57
Location: Tangerang

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by iroedii5 »

DOHC wrote:
Omnibus wrote: Thu Jun 02, 2022 4:33
iroedii5 wrote: Thu Jun 02, 2022 3:49 Nyoba oli om Dohc nih, nyari yg murmer aja [emoji16]20220602_103914.jpg
kayanya kenal tempatnya. mata sy soalnya langsung tertuju ke carb cleaner sutopo :mky_01:
Diem2 ud jd reseller DGO ybs :mky_03: :mky_03:
Terselubung wkwkwk...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22020
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

Fertille wrote:
Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 4:54 Review oil change terakhir di 2gd..

Pakai TMO 5w30, free upgrade dari paket gratis 15w40 bawaannya, cukup bayar 3L..

Awalnya cukup skeptis sama ini Oli, karena dimana2 dibilang harganya gak sesuai dengan kualitasnya ya, oli toyota ina itu ina itulah..

Setelah ganti cukup surprise dengan oli ini, konsumsi bbm irit, halus saat coldstart dan kalau setelah pemakaian digeber juga setelahnya tetap halus.. cocok dan rencananya setelah ini akan lanjut pake oli ini..

Untuk perbandingan sebelumnya sudah pernah pake bbrp oli:

1. Q8 ft7000 10w30, nothing special, cold start kasar dan saat lewat 5000km idle pas panas dan pas mesin ditarik sudah kasar suaranya, konsumsi bbm lebih irit tmo 5w30

2. Amsoil 10w30, mirip sama ft7000, diatas 5000 suara sudah kasar sekali

3. ptt 5w30 a5b5, ini enak, sesuai lah dengan harganya

4. amsoil ss 5w30, impresi mirip dengan tmo 5w30 ini.. okelah oli ini

sekian, rencananya setelah ini akan pakai tmo 5w30 saja krn puass, setelah ganti2 oli sebelumnya gitu2 aja..
Btw, TMO 5W-30 Diesel makloon kemana ya om? Setahu saya pertamina ga ada jual grade SAE tersebut. :big_think:
Ya gak mesti selalu ada kembarannya kan ?

DGO 0W16 also made by Pertamina

* Bukan ajakan Beli *
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by maydhi09 »

Omnibus wrote: Wed Jun 01, 2022 17:18
gaspol wrote: Wed Jun 01, 2022 15:38
Iron tinggi pertanda apa om? Mobilnya H miring diesel
>> mesin diesel (at least yg dianggap heavy duty) material engine block nya adalah cast iron. kl tdk pakai boring sleeve berarti normal ada iron di uoa. sdh dijelaskan diatas oleh mbah surya limit2nya. sy tampilin lg disini:

Image
source here
....
Selain parameter TBN, parameter apalagi yg bisa dijadikan petunjuk om dari hasil uji lab ini?
>> kl ada ppm di Tin berbarengan dengan Iron maka biasanya itu dr metal (crankshaft bearing atau conrod bearing) yg kena di mesin tsb.
Copper asalnya dari ring piston. kl tinggi berarti ring nya yg excessive wear.
Tdk ada yg aneh dr uoa tsb, kecuali kl mau coba dgn oli lain di compare level Iron wear nya. barangkali lebih cocok dgn oli2 mineral grup 2 atau semi syn grup 3. bisa aja begitu.

....
Kayaknya kalo cuma 7-8rb km oli kelas menengah range 100-150rb sudah lebih dari cukup deh. Toh hasilnya sama sama kritis :mky_05:
>> ga ada yg kritis di uoa tsb. TBN sisa 4 itu normal menurut sy krn memang tbn kan sesuatu yg habis pakai (depleted). selama msh ada tbn maka sifat oli tsb msh basa (pH diatas 7), kecuali tbn tdk bisa dibaca berarti pH sdh dibawah 7 atau dgn kata lain sdh bersifat asam. kl tbn habis n tdk terbaca maka akan dilakukan tes TAN (total acidic number), n kl ini yg akhirnya keluar dr uoa anda barulah boleh kebakaran jenggot.

....

Padahal bbrp user H miring masih setia pake shell rimula r5e 10w40 terbukti aman sampe ratusan ribu km :ungg:

Atau fastron diesel pun ya sdh bagus [emo-police]
>> itu pilihan masing2 orang, sama dgn apapun dlm hidup semua jg pilihan. yg jelas dr uoa tsb komponen anti wear nya Ca, P, Zn, Mg msh tinggi artinya engine msh well protected sampai 7500km n bisa keep continue krn tbn msh ada dan depletion rate nya bisa melambat juga (selain awalnya memang beda metode pengujian astm code nya spt sdh dijelaskan mbah surya sebelumnya). perlu dicatat juga kl oli yg bagus kemampuan detergency n dispersant nya stabil dlm jangka waktu yg lama, ini yg penting dlm menjaga mesin sludge free yg ujung2nya daya tahan lbh lama (longevity), performance spt ketika mobil baru dpt dijaga lbh lama even dgn odo gondrong, daya tahan seal dr kebocoran lbh baik krn ada seal rejuvenator additive dan jg krn overall bersih sebab seal biasanya bocor krn tingginya foreign material yg ga bisa ditangkap oli oleh fungsi dispersant nya.
trus pertanyaan, "oh trus oli kelas biasa juga bisa ratusan ribu km?" memang bisa, siapa bilang ga bisa. kl ga bisa ga akan tuh di bitog debat oli semi syn vs full syn sampe berjilid2. dan memang bukan jaminan juga pake oli keraton pasti lbh tahan lama krn kl baca di link tsb di atas ada banyak faktor terutama dlm hal assembling engine tsb di pabrik, pola penggunaan, bbm, kondisi dimana mobil dipakai, dsb. yg kita sbg user bisa lakukan adalah menjaga sebaik mungkin sebab oils are cheap compared to engine repair.
nubi numpang menjawab di atas ya :big_okay:
Seal Rejuvenator additive ini ciri2 nya klo di indo ada gak ya atau semi syn? Klo di luar keknya ada label high millage,
Karena menarik juga untuk mobil lama untuk bantu ngejaga seal2 nya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9780
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

maydhi09 wrote: Thu Jun 02, 2022 7:06
Omnibus wrote: Wed Jun 01, 2022 17:18
gaspol wrote: Wed Jun 01, 2022 15:38
Iron tinggi pertanda apa om? Mobilnya H miring diesel
>> mesin diesel (at least yg dianggap heavy duty) material engine block nya adalah cast iron. kl tdk pakai boring sleeve berarti normal ada iron di uoa. sdh dijelaskan diatas oleh mbah surya limit2nya. sy tampilin lg disini:

Image
source here
....
Selain parameter TBN, parameter apalagi yg bisa dijadikan petunjuk om dari hasil uji lab ini?
>> kl ada ppm di Tin berbarengan dengan Iron maka biasanya itu dr metal (crankshaft bearing atau conrod bearing) yg kena di mesin tsb.
Copper asalnya dari ring piston. kl tinggi berarti ring nya yg excessive wear.
Tdk ada yg aneh dr uoa tsb, kecuali kl mau coba dgn oli lain di compare level Iron wear nya. barangkali lebih cocok dgn oli2 mineral grup 2 atau semi syn grup 3. bisa aja begitu.

....
Kayaknya kalo cuma 7-8rb km oli kelas menengah range 100-150rb sudah lebih dari cukup deh. Toh hasilnya sama sama kritis :mky_05:
>> ga ada yg kritis di uoa tsb. TBN sisa 4 itu normal menurut sy krn memang tbn kan sesuatu yg habis pakai (depleted). selama msh ada tbn maka sifat oli tsb msh basa (pH diatas 7), kecuali tbn tdk bisa dibaca berarti pH sdh dibawah 7 atau dgn kata lain sdh bersifat asam. kl tbn habis n tdk terbaca maka akan dilakukan tes TAN (total acidic number), n kl ini yg akhirnya keluar dr uoa anda barulah boleh kebakaran jenggot.

....

Padahal bbrp user H miring masih setia pake shell rimula r5e 10w40 terbukti aman sampe ratusan ribu km :ungg:

Atau fastron diesel pun ya sdh bagus [emo-police]
>> itu pilihan masing2 orang, sama dgn apapun dlm hidup semua jg pilihan. yg jelas dr uoa tsb komponen anti wear nya Ca, P, Zn, Mg msh tinggi artinya engine msh well protected sampai 7500km n bisa keep continue krn tbn msh ada dan depletion rate nya bisa melambat juga (selain awalnya memang beda metode pengujian astm code nya spt sdh dijelaskan mbah surya sebelumnya). perlu dicatat juga kl oli yg bagus kemampuan detergency n dispersant nya stabil dlm jangka waktu yg lama, ini yg penting dlm menjaga mesin sludge free yg ujung2nya daya tahan lbh lama (longevity), performance spt ketika mobil baru dpt dijaga lbh lama even dgn odo gondrong, daya tahan seal dr kebocoran lbh baik krn ada seal rejuvenator additive dan jg krn overall bersih sebab seal biasanya bocor krn tingginya foreign material yg ga bisa ditangkap oli oleh fungsi dispersant nya.
trus pertanyaan, "oh trus oli kelas biasa juga bisa ratusan ribu km?" memang bisa, siapa bilang ga bisa. kl ga bisa ga akan tuh di bitog debat oli semi syn vs full syn sampe berjilid2. dan memang bukan jaminan juga pake oli keraton pasti lbh tahan lama krn kl baca di link tsb di atas ada banyak faktor terutama dlm hal assembling engine tsb di pabrik, pola penggunaan, bbm, kondisi dimana mobil dipakai, dsb. yg kita sbg user bisa lakukan adalah menjaga sebaik mungkin sebab oils are cheap compared to engine repair.
nubi numpang menjawab di atas ya :big_okay:
Seal Rejuvenator additive ini ciri2 nya klo di indo ada gak ya atau semi syn? Klo di luar keknya ada label high millage,
Karena menarik juga untuk mobil lama untuk bantu ngejaga seal2 nya
Ester kan salah satu additive yg bisa conditioning seal mesin

terutama buat mobil yg dah reach more than 100k Km,
pas tuh dituang additive ester sesuai rekomen mbah turbo.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11374
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Omnibus »

maydhi09 wrote: Thu Jun 02, 2022 7:06
Seal Rejuvenator additive ini ciri2 nya klo di indo ada gak ya atau semi syn? Klo di luar keknya ada label high millage,
Karena menarik juga untuk mobil lama untuk bantu ngejaga seal2 nya
yg sy pernah baca biasanya ada di oli2 grup 4 krn sifat pao yg bikin seal mengkerut. akan jd masalah di mesin yg biasa pakai oli mineral atau syn blend dlm waktu lama dimana sealnya sdh swelling tiba2 switch ke grup 4 yg bikin shrink jdnya leak, makanya ada seal additive nya utk spy ga leak.
dan konon grup 5 ester (atau ester additive) punya benefit sbg seal reju juga. cmiiw.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by blloewy »

Duduk nongkrong dulu baqa camilan kacang ama kuaci.
Nyimak pembahasan ttg oli keraton di sini...
nubie in all things - still need to learn
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gaspol »

Omnibus wrote: Wed Jun 01, 2022 17:18
gaspol wrote: Wed Jun 01, 2022 15:38
Iron tinggi pertanda apa om? Mobilnya H miring diesel
>> mesin diesel (at least yg dianggap heavy duty) material engine block nya adalah cast iron. kl tdk pakai boring sleeve berarti normal ada iron di uoa. sdh dijelaskan diatas oleh mbah surya limit2nya. sy tampilin lg disini:

Image
source here
....
Selain parameter TBN, parameter apalagi yg bisa dijadikan petunjuk om dari hasil uji lab ini?
>> kl ada ppm di Tin berbarengan dengan Iron maka biasanya itu dr metal (crankshaft bearing atau conrod bearing) yg kena di mesin tsb.
Copper asalnya dari ring piston. kl tinggi berarti ring nya yg excessive wear.
Tdk ada yg aneh dr uoa tsb, kecuali kl mau coba dgn oli lain di compare level Iron wear nya. barangkali lebih cocok dgn oli2 mineral grup 2 atau semi syn grup 3. bisa aja begitu.

....
Kayaknya kalo cuma 7-8rb km oli kelas menengah range 100-150rb sudah lebih dari cukup deh. Toh hasilnya sama sama kritis :mky_05:
>> ga ada yg kritis di uoa tsb. TBN sisa 4 itu normal menurut sy krn memang tbn kan sesuatu yg habis pakai (depleted). selama msh ada tbn maka sifat oli tsb msh basa (pH diatas 7), kecuali tbn tdk bisa dibaca berarti pH sdh dibawah 7 atau dgn kata lain sdh bersifat asam. kl tbn habis n tdk terbaca maka akan dilakukan tes TAN (total acidic number), n kl ini yg akhirnya keluar dr uoa anda barulah boleh kebakaran jenggot.

....

Padahal bbrp user H miring masih setia pake shell rimula r5e 10w40 terbukti aman sampe ratusan ribu km :ungg:

Atau fastron diesel pun ya sdh bagus [emo-police]
>> itu pilihan masing2 orang, sama dgn apapun dlm hidup semua jg pilihan. yg jelas dr uoa tsb komponen anti wear nya Ca, P, Zn, Mg msh tinggi artinya engine msh well protected sampai 7500km n bisa keep continue krn tbn msh ada dan depletion rate nya bisa melambat juga (selain awalnya memang beda metode pengujian astm code nya spt sdh dijelaskan mbah surya sebelumnya). perlu dicatat juga kl oli yg bagus kemampuan detergency n dispersant nya stabil dlm jangka waktu yg lama, ini yg penting dlm menjaga mesin sludge free yg ujung2nya daya tahan lbh lama (longevity), performance spt ketika mobil baru dpt dijaga lbh lama even dgn odo gondrong, daya tahan seal dr kebocoran lbh baik krn ada seal rejuvenator additive dan jg krn overall bersih sebab seal biasanya bocor krn tingginya foreign material yg ga bisa ditangkap oli oleh fungsi dispersant nya.
trus pertanyaan, "oh trus oli kelas biasa juga bisa ratusan ribu km?" memang bisa, siapa bilang ga bisa. kl ga bisa ga akan tuh di bitog debat oli semi syn vs full syn sampe berjilid2. dan memang bukan jaminan juga pake oli keraton pasti lbh tahan lama krn kl baca di link tsb di atas ada banyak faktor terutama dlm hal assembling engine tsb di pabrik, pola penggunaan, bbm, kondisi dimana mobil dipakai, dsb. yg kita sbg user bisa lakukan adalah menjaga sebaik mungkin sebab oils are cheap compared to engine repair.
nubi numpang menjawab di atas ya :big_okay:
“Oli bagus” yang om sebut diatas dasarnya apa om sehingga bisa dibilang bagus? Karena kalo mau lihat kemampuan detergent, dispersant sama menjaga seal bla bla bla berarti satu oli tersebut harus dalam pengujian jarak dan jangka panjang dong ya.

Saya bisa bilang shell rimula r5e 10w40 oli yang bagus, karena terbukti di H miring saya dan rekan2 odo tinggi daleman masih bersih, tenaga mesin masih bagus, dan blum ada seal yg rembes. :big_exellent:

Mungkin banyak yg lupa, kasus di mesin diesel chevrolet seperti apa. Oli di dealer resmi dan bengkel rekanan semua pakai Oli dari kuwait dan disarankan penggantian di 10rb km tetep aja banyak yang gak bertahan mesin nya. Padahal kabarnya menurut kemasan dan diskusi disini bisa dipakai long drain.

Jadi, saya sepakat sama om di bagian “bukan jaminan oli keraton pasti lebih tahan lama” :big_blushing:
Turboman wrote: Wed Jun 01, 2022 17:29
gaspol wrote:Mohon pencerahan nya UOA oli amsoil maxduty 5w30, dipakai 7500km kok tbn nya agak ngeri ya sisa 4. Padahal baru jalan segitu dan bbm selalu pertadex, kalo pake solar gocengan mungkin bisa lebih parah hasilnya ya?

Image
ini mesin apa ?

Iron nya sampe 47 = tinggi banget

apa sample oli bekas gak kecampur oli bekas lain ?

jarak segitu dicapai dlm brp bulan / tahun ?

apakah sering jadi Genset ?

warming up biasa brp lama ?

FYI :
saya pernah test oli 10W40 API SP (bukan Diesel oil) di 2L tua mekanikal dgn BBM full Biosol

jalan 7500 km

TBN akhir masih 5 lebih (TBN baru nya gak sampe 8 mg KOH)

padahal rute nya 90% lebih jarak pendek2 - Stop & Go

mobilnya th 2001 pula
Mesin R 2.2 nya H miring om.
Sample oli bisa dipastikan gak tercampur karena ditampung langsung saat drain karter pakai kit sample nya trakindo.

Pemakaian normal harian om jabodetabek dan keluar kota pasti muatan penuh. Seperti selayaknya penggunaan harian saja, ada kalanya ngegenset juga.

Wah bagus dong om [emo-mark-A]

Lebih bagus dari yang dari amerika :big_peace:
vanosz wrote: Wed Jun 01, 2022 23:29
Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 15:51
Hahaha, kalo gitu fungsinya pake oli keraton apa om kalo ujung2nya sama2 kritis juga kaya oli kelas menengah?

Kelebihan oli keraton kan sdh sering digadang2 disini, sedangkan ini ada bukti yg menerangkan bahwa ternyata tdk ada fungsi yg superior dari oli tsb.. jadi?..
kelebihannya ya agans bayar lebih mahal demi sugesti,


mau tau oli cukupan bagus ya pake sampe 50 ribu atau 100 ribu km,

jangan pake sekali trs ganti,

oli mahal itu bagus,

oli murah juga belum tentu murahan,


sesuaikan isi dompet aja gans,

toh mesin asal ada oli asli sesuai jadwal awet kok,

tar klo ada rejeki sekian taun pake jual aja mobilnya ganti baru,


truk disel ane isi solar harian bejek pol gans,sering mainin rpm gas lepas gas lepas dr pelan,ane mah demenan begitu bgtuan gans,sensasi torsi disel semriwing,pokoe tuh mobil gak pake perasaan lemah lembut penuh kasih sayang dipake,

pokoe ngassssssss polllllllllll

klo di tol ya sperti biasa nyender jarum sepet pojok kanan bawah klo bisa,semampunya aja,

mobil ane tuningan tuh, :big_blushing:

ane senang cari sensasi yang anti menstrim,contohnya oli murah, :big_biglaugh:


oli keraton nunggu info diskon aja neh,ky Q8 FT 8800,

maklum ane kan jarang cek oli di toko android,klewatan nanti,

klo gak ada diskon sih ogah,


ky skrg coba amsiong sinatur 5-30 kt teman cobain,

yah biasa aja,mirip aja sama TMO 5-30 ane biasa beli onlin,

tar mau balik TMO aja klo gak ada diskon dah,


ane mah main mobil gak dibawa sugesti sih,jadi gak gampang kena kata teman teman katanya,

Bayar mahal demi sugesti :upss:

TMO juga saya pakai di 2gd kondisi sdh remap, jalan kosong tol gas dibejek pol..habis itu macet macetan stop n go juga masih halus enak. Saya ganti tiap 8 ribu km.
Suryaputra wrote: Thu Jun 02, 2022 1:05
AbdulHakim wrote: Thu Jun 02, 2022 0:16 Seru-seru bahasan para suhu di atas, luar biasa SM, diskusinya berbobot dan selalu pakai data/referensi. Mantaps :big_okay:
Klo pk feeling lbh susah bahasnya
Paling compare ke oli lama vs oli baru dengan brand model yg sama. :big_biglaugh:

Even pakai data aja, masih ada contributing factors spt:
#1 proses assembly
- metode pakai mbl
- gaya nyetir
- kualitas bbm yg dipakai
- kelembaban sekitar (klo tinggal di pegunungan yg lembab contohnya, oksidasi pasti lbh cepat)
- cara ambil sampel oli
- dsb

Tp setidaknya ada referensi batas aman dan kritis dr metode ukur.

Balik ke case di atas, semua sih dalam batas normal yah.
Belum ada gejala abnormal wear.

Klo mau lbh puas, ya compare dgn oli lain yg visco sama, trus test lagi dgn metode gaya nyetir dan bbm yg sama.
Tp be fair, kelasnya ams max duty diesel:
- Mobil Delvac 1
- Q8 FT 8800

Klo mau compare sm oli 100rb an juga no probs.
"Siapa tau" malah hasilnya lbh membagongkan.
Jadi bukan olinya yg gak cocok tp concern nya lbh ke faktor2 di atas.

Baru kita bs menyimpulkan mesin tsb cocok dgn oli yg mana.
Karena membandingkan 2 data.

Ini sm spt manusia medical checkup aja :big_biglaugh:
Sudah ada yg uji oli 100 ribuan bumn nya thailand di tipe mesin yang sama, namun lebih tua dan odo lebih gondrong. So far angka hasil uji lab nya gak jauh berbeda. Bahkan ini bbm nya campur2 suka pake yg gocengan juga :ungg:

Jelas jelas sangat membagongkan dunia persilatan [emo-have-a-nice-day]
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

vanosz wrote: Wed Jun 01, 2022 23:29
Sinclaire wrote: Wed Jun 01, 2022 15:51
Hahaha, kalo gitu fungsinya pake oli keraton apa om kalo ujung2nya sama2 kritis juga kaya oli kelas menengah?

Kelebihan oli keraton kan sdh sering digadang2 disini, sedangkan ini ada bukti yg menerangkan bahwa ternyata tdk ada fungsi yg superior dari oli tsb.. jadi?..
kelebihannya ya agans bayar lebih mahal demi sugesti,


mau tau oli cukupan bagus ya pake sampe 50 ribu atau 100 ribu km,

jangan pake sekali trs ganti,

oli mahal itu bagus,

oli murah juga belum tentu murahan,


sesuaikan isi dompet aja gans,

toh mesin asal ada oli asli sesuai jadwal awet kok,

tar klo ada rejeki sekian taun pake jual aja mobilnya ganti baru,


truk disel ane isi solar harian bejek pol gans,sering mainin rpm gas lepas gas lepas dr pelan,ane mah demenan begitu bgtuan gans,sensasi torsi disel semriwing,pokoe tuh mobil gak pake perasaan lemah lembut penuh kasih sayang dipake,

pokoe ngassssssss polllllllllll

klo di tol ya sperti biasa nyender jarum sepet pojok kanan bawah klo bisa,semampunya aja,

mobil ane tuningan tuh, :big_blushing:

ane senang cari sensasi yang anti menstrim,contohnya oli murah, :big_biglaugh:


oli keraton nunggu info diskon aja neh,ky Q8 FT 8800,

maklum ane kan jarang cek oli di toko android,klewatan nanti,

klo gak ada diskon sih ogah,


ky skrg coba amsiong sinatur 5-30 kt teman cobain,

yah biasa aja,mirip aja sama TMO 5-30 ane biasa beli onlin,

tar mau balik TMO aja klo gak ada diskon dah,


ane mah main mobil gak dibawa sugesti sih,jadi gak gampang kena kata teman teman katanya,
ya itu yang saya persis rasakan sama.. TMO 5w30 ini menurut saya enak sekali.. cobain ams ss 5w30 juga rasanya ga ada beda sama tmo ini, dan yg jelas lebih enak dr oli2 yg sy sdh sebut di page sebelumnya..

kasian ini oli gara2 mereknya toyota/pertamina dipandang sebelah mata 🤣🤣..

mobil saya juga kebetulan tuned by Alecon - kelp gading..bbm ganti2 kadang dex, kadang bisol + hss edt.. setiap ganti oli selalu ganti filter pakai yg YZZD2..

intinya banyak oli enak diluar yg merk2 yg sdh biasa disebut disini.. buat 2gd oli tmo ini sangat patut dicoba.. saya sama om gaspol diatas salah satu yang puas sama hasilnya dan saya sendiri sdh coba compare dgn banyak oli lainnya..