Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by bensindanoli »

javieroargubi wrote: Thu Jun 16, 2022 3:15
t105erd wrote: Thu Jun 16, 2022 2:38
javieroargubi wrote: Wed Jun 15, 2022 16:09 mau tanya, Fastron 10w-30 itu kuat untuk berapa km ya?
lalu PTT performa synthetic 5w-40 apa kuat untuk 10.000km?

dengan kondisi nyetir 70% lancar, 30% heavy traffic.. 50% toll

terima kasihh
Saya pakai Fastron 10W-40, kalo sering luar kota/tol/lancar bisa lah sampai 7000, kalo dalam kota/macet 5000 aja. Tapi biasanya ga sampai 6000 saya ganti sih.

ohhh, secara harga juga enggak murah sebenarnya fastron, saya kepikiran kalau tetap ganti di 5000km kan per 10ribu jadi hampir 200ribu, apakah bisa diganti dengan oli kisaran 150 ribuan tapi tahan 10rb km gitu minimal 8000rb😬😬😬
Antasari Express atau Autostore Narogong ada Fastron Gold 5w30 drum 75rban per liter
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1804
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

laoshizaoan wrote: Thu Jun 16, 2022 14:23
sahabatq8 wrote: Thu Jun 16, 2022 4:30
laoshizaoan wrote: Wed Jun 15, 2022 13:56 Malem suhu2 semua nya, mau tanya oli yang cocok untuk mercy v220d 2016 dengan kode mesin 2.1 L OM651 I4 . Di bengkel resmi cuma di rekomen pakai delvac mx 15w40, yang menurut sy kurang bagus yah. Mau coba pakai yang full synthetic biar bisa tahan 10rb km atau 1 tahun. Untuk budget tidak ada masalah. Terimakasih untuk respon nya.
Q8 FT 8800 /8900 5w30 aja
Kalo V220D disini ada DPF gak ? Kalo diluar sih ada jadi mintanya spec 229.51 ato 228.51
Mksih jawaban nya om. Yang 5w40 ada ga? Krn kebetulan mbl sdh remap dan buang dpf/katalis, jadi prefer yang lebih kental biar suara engga gitu kasar.
Kalo udah buang katalis bisa pake spek 229.5. Q8 5w40 excel long life or better 0w40nya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9712
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Thu Jun 16, 2022 14:58
laoshizaoan wrote:
Turboman wrote: Thu Jun 16, 2022 13:12 Tambah
- Q8 T 8800 - 5W30 API CJ-4
- PTT Super Comm Rail 5W30 / W40 ACEA C3
- Bardahl S9 - 5W30 / W40 ACEA C3
- Unil Opal Pallas 5W30

TMO 5W30 A5 /B5 kurang rekomen utk MB Diesel krn biasanya MB minta oli HTHS 3.5
Terima kasih jawaban nya suhu [emoji120][emoji16] kalau delvac 1 5w40 apakah bisa juga?
oli 5W30 / 5W40 yg HTHS 3.5 baik PCMO / HDEO bisa

PCMO yg meet ACEA B4 / C3

HDEO yg API CI-4 sampe CK-4

kalo mau yg d best pake 0W40 dah spt
- Shell Helix Power
- M1 - 0W40
- Q8 - 0W40
- Fastron Plat 0W40

rata2 meet ACEA B4 & kasta Base oilnya tinggi2

di antara ini yg d best harusnya Q8 tapi harganye ceyeeemmmmmmm
Q8 excel 0w40 ?
emang serem harganya

ngelebihin FT8800 :mky_03:

Q8 FT7000 10w30 aja hasil UOA nya istimewa :big_love:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by r1409 »

kalau untuk ertiga diesel rekomen apa yah? pemakaian sementara full biosolar + ehn, pakai harian dalkot sesekali tol.
jarak tempuh sebulan 1500-2000km. kapasitas oli HANYA 3.1 liter.

manual book mintanya 5w-30 ACEA A5/B5.
kalau oli BeRes SGO diesel, spek sesuai dan ada tulisan full synthetic, apa ada yg pernah test? bikinan mana ya? apakah pertamina juga seperti TMO diesel gold? lalu apakah aman sampe 5000km kalau minum biosolar?
ada juga yg bilang kalau pake biosolar dan oli SGO, mendingan ganti per 3000km karena kapasitas oli cuma 3 liter jadi oksidasi dan penurunan kualitas lebih cepat.

di forum komunitas banyak yg pakai PTT DC 10w-30 botol hitam, tapi spek ACEA A3/B4. apakah aman ya kalau underspec gini?

maunya sih cari yg bisa OCI at least 5000km (kalau 3000 kependekan) pakai biosolar, kandidat sementara selain SGO, yg sesuai spek (5w-30 ACEA A5/B5) harga max 125k/liter dan di surabaya muncul di marketplace online baru ketemu ini:

TMO diesel gold
Fastron gold
DGO (ini OEM fastron gold bukan?)
PTT DC 5w-30
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9712
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

r1409 wrote: Thu Jun 16, 2022 16:45 kalau untuk ertiga diesel rekomen apa yah? pemakaian sementara full biosolar + ehn, pakai harian dalkot sesekali tol.
jarak tempuh sebulan 1500-2000km. kapasitas oli HANYA 3.1 liter.

manual book mintanya 5w-30 ACEA A5/B5.
kalau oli BeRes SGO diesel, spek sesuai dan ada tulisan full synthetic, apa ada yg pernah test? bikinan mana ya? apakah pertamina juga seperti TMO diesel gold? lalu apakah aman sampe 5000km kalau minum biosolar?
ada juga yg bilang kalau pake biosolar dan oli SGO, mendingan ganti per 3000km karena kapasitas oli cuma 3 liter jadi oksidasi dan penurunan kualitas lebih cepat.

di forum komunitas banyak yg pakai PTT DC 10w-30 botol hitam, tapi spek ACEA A3/B4. apakah aman ya kalau underspec gini?

maunya sih cari yg bisa OCI at least 5000km (kalau 3000 kependekan) pakai biosolar, kandidat sementara selain SGO, yg sesuai spek (5w-30 ACEA A5/B5) harga max 125k/liter dan di surabaya muncul di marketplace online baru ketemu ini:

TMO diesel gold
Fastron gold
DGO (ini OEM fastron gold bukan?)
PTT DC 5w-30
Acea a3 b4 bukan underspec
Tapi justru punya batas (syarat minimum) TBN dan HTHS minimum yg lebih tinggi dibanding A5 B5.

ACEA A3 B4 relatif lebih kentel dibanding ACEA A5 B5 (di visco yg sama)

Tapi A5 B5 cenderung lbh cocok untuk diesel small displacement karena better fuel economy.

Klo follow the manual book, PTT A5 B5 DC 5w30 udab tepat dan best value.
5rb km mah meremm: https://tokopedia.link/p7mt9LMAUqb



Some reference: https://bobistheoilguy.com/forums/threa ... b5.251011/
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5714
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sintoni »

r1409 wrote: Thu Jun 16, 2022 16:45 kalau untuk ertiga diesel rekomen apa yah? pemakaian sementara full biosolar + ehn, pakai harian dalkot sesekali tol.
jarak tempuh sebulan 1500-2000km. kapasitas oli HANYA 3.1 liter.

manual book mintanya 5w-30 ACEA A5/B5.
kalau oli BeRes SGO diesel, spek sesuai dan ada tulisan full synthetic, apa ada yg pernah test? bikinan mana ya? apakah pertamina juga seperti TMO diesel gold? lalu apakah aman sampe 5000km kalau minum biosolar?
ada juga yg bilang kalau pake biosolar dan oli SGO, mendingan ganti per 3000km karena kapasitas oli cuma 3 liter jadi oksidasi dan penurunan kualitas lebih cepat.

di forum komunitas banyak yg pakai PTT DC 10w-30 botol hitam, tapi spek ACEA A3/B4. apakah aman ya kalau underspec gini?

maunya sih cari yg bisa OCI at least 5000km (kalau 3000 kependekan) pakai biosolar, kandidat sementara selain SGO, yg sesuai spek (5w-30 ACEA A5/B5) harga max 125k/liter dan di surabaya muncul di marketplace online baru ketemu ini:

TMO diesel gold
Fastron gold
DGO (ini OEM fastron gold bukan?)
PTT DC 5w-30
Kalau menurut pandangan sotoy ane, di manual book minta pake A5/B5 karena berharap dikasi solar bagus.

CMIIW.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1148
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by t105erd »

sintoni wrote: Fri Jun 17, 2022 2:24
r1409 wrote: Thu Jun 16, 2022 16:45 kalau untuk ertiga diesel rekomen apa yah? pemakaian sementara full biosolar + ehn, pakai harian dalkot sesekali tol.
jarak tempuh sebulan 1500-2000km. kapasitas oli HANYA 3.1 liter.

manual book mintanya 5w-30 ACEA A5/B5.
kalau oli BeRes SGO diesel, spek sesuai dan ada tulisan full synthetic, apa ada yg pernah test? bikinan mana ya? apakah pertamina juga seperti TMO diesel gold? lalu apakah aman sampe 5000km kalau minum biosolar?
ada juga yg bilang kalau pake biosolar dan oli SGO, mendingan ganti per 3000km karena kapasitas oli cuma 3 liter jadi oksidasi dan penurunan kualitas lebih cepat.

di forum komunitas banyak yg pakai PTT DC 10w-30 botol hitam, tapi spek ACEA A3/B4. apakah aman ya kalau underspec gini?

maunya sih cari yg bisa OCI at least 5000km (kalau 3000 kependekan) pakai biosolar, kandidat sementara selain SGO, yg sesuai spek (5w-30 ACEA A5/B5) harga max 125k/liter dan di surabaya muncul di marketplace online baru ketemu ini:

TMO diesel gold
Fastron gold
DGO (ini OEM fastron gold bukan?)
PTT DC 5w-30
Kalau menurut pandangan sotoy ane, di manual book minta pake A5/B5 karena berharap dikasi solar bagus.

CMIIW.
Memang Ertiga diesel ini standarnya kan harus dex/dexlite kalo ga salah, garansi bisa angus kalo dikasih bio solar
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by r1409 »

Suryaputra wrote: Thu Jun 16, 2022 17:09 Acea a3 b4 bukan underspec
Tapi justru punya batas (syarat minimum) TBN dan HTHS minimum yg lebih tinggi dibanding A5 B5.

ACEA A3 B4 relatif lebih kentel dibanding ACEA A5 B5 (di visco yg sama)

Tapi A5 B5 cenderung lbh cocok untuk diesel small displacement karena better fuel economy.

Klo follow the manual book, PTT A5 B5 DC 5w30 udab tepat dan best value.
5rb km mah meremm: https://tokopedia.link/p7mt9LMAUqb



Some reference: https://bobistheoilguy.com/forums/threa ... b5.251011/
hmm iya sih kalo googling barusan ACEA spec memang a3/b4 lebih kuat buat biosol, dan a5/b5 optimized buat fuel eco dan tidak untuk solbus. kayaknya condong mau coba yg DC 10w30, krn spertinya selisih pengiritannya tidak akan beda jauh dgn yg 5w30. lebih milih aman di mesin deh, apalagi kapasitas olinya yg cuma 3 liter which means degradasi oli akan lebih cepat.
sintoni wrote: Fri Jun 17, 2022 2:24 Kalau menurut pandangan sotoy ane, di manual book minta pake A5/B5 karena berharap dikasi solar bagus.

CMIIW.
iya betul, memang mesin fiat multijet didesain untuk solar bagus. tapi banyak yg sudah pake sampe 200rb km lebih full solbus tidak ada masalah di fuel system, hanya butuh cleaning dan maintenance yg lebih intensif di sisi fuel system dan oli. nah disini sy mau cari yg kuat dari sisi olinya..
t105erd wrote: Fri Jun 17, 2022 2:52 Memang Ertiga diesel ini standarnya kan harus dex/dexlite kalo ga salah, garansi bisa angus kalo dikasih bio solar
soal garansi dulu kalau ga salah ada petingginya pernah bilang waktu diliput media setelah beberapa saat sejak rilisnya, boleh kok pake biosol tapi dengan syarat OCI diperpendek. dan soal garansi sih udah ga mikir lah, sebentar lagi boil ane udah lewat masa garansi 5 taun.

pertimbangan mengerucut ke 3 ini:
PTT DC 10w-30 A3/B4, semi syn
HX8 5w-30 A3/B4 full syn
PTT DC 5w-30 A5/B5 full syn

kira-kira dari ketiga oli ini kalau kapasitas cuma 3 liter dan pake solbus, bisa tahan berapa km ya?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9712
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

r1409 wrote: Fri Jun 17, 2022 3:29
Suryaputra wrote: Thu Jun 16, 2022 17:09 Acea a3 b4 bukan underspec
Tapi justru punya batas (syarat minimum) TBN dan HTHS minimum yg lebih tinggi dibanding A5 B5.

ACEA A3 B4 relatif lebih kentel dibanding ACEA A5 B5 (di visco yg sama)

Tapi A5 B5 cenderung lbh cocok untuk diesel small displacement karena better fuel economy.

Klo follow the manual book, PTT A5 B5 DC 5w30 udab tepat dan best value.
5rb km mah meremm: https://tokopedia.link/p7mt9LMAUqb



Some reference: https://bobistheoilguy.com/forums/threa ... b5.251011/
hmm iya sih kalo googling barusan ACEA spec memang a3/b4 lebih kuat buat biosol, dan a5/b5 optimized buat fuel eco dan tidak untuk solbus. kayaknya condong mau coba yg DC 10w30, krn spertinya selisih pengiritannya tidak akan beda jauh dgn yg 5w30. lebih milih aman di mesin deh, apalagi kapasitas olinya yg cuma 3 liter which means degradasi oli akan lebih cepat.
sintoni wrote: Fri Jun 17, 2022 2:24 Kalau menurut pandangan sotoy ane, di manual book minta pake A5/B5 karena berharap dikasi solar bagus.

CMIIW.
iya betul, memang mesin fiat multijet didesain untuk solar bagus. tapi banyak yg sudah pake sampe 200rb km lebih full solbus tidak ada masalah di fuel system, hanya butuh cleaning dan maintenance yg lebih intensif di sisi fuel system dan oli. nah disini sy mau cari yg kuat dari sisi olinya..
t105erd wrote: Fri Jun 17, 2022 2:52 Memang Ertiga diesel ini standarnya kan harus dex/dexlite kalo ga salah, garansi bisa angus kalo dikasih bio solar
soal garansi dulu kalau ga salah ada petingginya pernah bilang waktu diliput media setelah beberapa saat sejak rilisnya, boleh kok pake biosol tapi dengan syarat OCI diperpendek. dan soal garansi sih udah ga mikir lah, sebentar lagi boil ane udah lewat masa garansi 5 taun.

pertimbangan mengerucut ke 3 ini:
PTT DC 10w-30 A3/B4, semi syn
HX8 5w-30 A3/B4 full syn
PTT DC 5w-30 A5/B5 full syn

kira-kira dari ketiga oli ini kalau kapasitas cuma 3 liter dan pake solbus, bisa tahan berapa km ya?
Klo saya mikirnya lbh ke visco ketika Cold Start di suhu 40 C,
PTT 10w30 significantly lebih kentel dibanding PTT 5w30

Lebih Berat kerja mesin nya, dan khawatir terjadi a bit more wear at cold start karena kebutuhan oli diesel yg lebih encer di 5w30,
bisa jadi engineernya men-design internal mesinnya lbh rapat dbanding mesin dgn kebutuhan 10w30

10w30: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... en/214.pdf
5w30: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... /en/71.pdf

dan buat operating temp jg sedikit lbh kental si 10w30

Gpp Biosol, tapi OCI diperpendek jadi 5-6rb Km misal
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

r1409 wrote:kalau untuk ertiga diesel rekomen apa yah? pemakaian sementara full biosolar + ehn, pakai harian dalkot sesekali tol.
jarak tempuh sebulan 1500-2000km. kapasitas oli HANYA 3.1 liter.

manual book mintanya 5w-30 ACEA A5/B5.
kalau oli BeRes SGO diesel, spek sesuai dan ada tulisan full synthetic, apa ada yg pernah test? bikinan mana ya? apakah pertamina juga seperti TMO diesel gold? lalu apakah aman sampe 5000km kalau minum biosolar?
ada juga yg bilang kalau pake biosolar dan oli SGO, mendingan ganti per 3000km karena kapasitas oli cuma 3 liter jadi oksidasi dan penurunan kualitas lebih cepat.

di forum komunitas banyak yg pakai PTT DC 10w-30 botol hitam, tapi spek ACEA A3/B4. apakah aman ya kalau underspec gini?

maunya sih cari yg bisa OCI at least 5000km (kalau 3000 kependekan) pakai biosolar, kandidat sementara selain SGO, yg sesuai spek (5w-30 ACEA A5/B5) harga max 125k/liter dan di surabaya muncul di marketplace online baru ketemu ini:

TMO diesel gold
Fastron gold
DGO (ini OEM fastron gold bukan?)
PTT DC 5w-30
Lha ACEA A5 / B5 vs A3 / B4 hanya soal beda kekentalan aja kan

B5 = HTHS 2.9 - 3.4

B4 = HTHS 3.5

ACEA B4 / B5 = sama2 Full SAPS

SGO B5 test aja 5 - 6000 km trus test lab

BioSol skg kadar sulphur rata2 cuman 600 - 900 ppm aja

lagian Diesel kondisi std AFR tipis......TBN turun lambat

* Bukan ajakan Beli *
denz86
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Jun 17, 2022 9:26
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Jazz 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by denz86 »

Sore, mau tanya nih, ane baru angkat Honda Jazz 2011 RS
rencana mao ganti Oli Mesin dan Oli Matic nya, ada recommended oli apa ya? dan apakah mobil uda tua gini bole pakai 0-20?
baca-baca disini pada blg Q8 ama ptt bagus ya?

minta saran dan masukan nya suhu2 sekalian
makasih
Last edited by denz86 on Fri Jun 17, 2022 9:39, edited 1 time in total.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by r1409 »

Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 4:24 Klo saya mikirnya lbh ke visco ketika Cold Start di suhu 40 C,
PTT 10w30 significantly lebih kentel dibanding PTT 5w30

Lebih Berat kerja mesin nya, dan khawatir terjadi a bit more wear at cold start karena kebutuhan oli diesel yg lebih encer di 5w30,
bisa jadi engineernya men-design internal mesinnya lbh rapat dbanding mesin dgn kebutuhan 10w30

10w30: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... en/214.pdf
5w30: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... /en/71.pdf

dan buat operating temp jg sedikit lbh kental si 10w30

Gpp Biosol, tapi OCI diperpendek jadi 5-6rb Km misal
hmm benar juga sih. kalau pagi juga saya terkadang telat berangkat kerja ga sempat manasin mesin lama-lama udah harus jalan, meskipun biasanya pelan-pelan halus banget nunggu temperatur naik. well noted. engine wear at cold start harusnya lebih berbahaya dibanding degradasi pemakaian yg bisa diakali dengan memperpendek OCI. :big_exellent:
Turboman wrote: Fri Jun 17, 2022 6:13 Lha ACEA A5 / B5 vs A3 / B4 hanya soal beda kekentalan aja kan

B5 = HTHS 2.9 - 3.4

B4 = HTHS 3.5

ACEA B4 / B5 = sama2 Full SAPS

SGO B5 test aja 5 - 6000 km trus test lab

BioSol skg kadar sulphur rata2 cuman 600 - 900 ppm aja

lagian Diesel kondisi std AFR tipis......TBN turun lambat
hmm berarti harusnya jaman sekarang dengan sulphur cuma segitu ACEA B5 jalan at least 5000km masih aman ya walaupun volume cuma 3 liter?

pilihan jadi condong ke:
PTT DC 5w30
castrol magnatec stop start 5w30 --> lebih mahal dari PTT, tapi ada embel2 stop start nya untuk cold start, apakah memang hanya castrol yg punya?
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sonzz »

Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1804
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Look no more :upss:
Q8 FT 8800
Harga eceran tertinggi 240k/ liter
https://tokopedia.link/qsjuQVGPVqb
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9712
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 11:10
Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Look no more :upss:
Q8 FT 8800
Harga eceran tertinggi 240k/ liter
https://tokopedia.link/qsjuQVGPVqb
+1
Hasil Test lab kelas entry nya aja (Q8 FT7000) istimewah

Apalagi FT 8800 :big_weee:
10k KM hayuks
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Wahh berani juga om isi Palisade pake Biosolar, tp ya gimana lagi ya kalo ga ada Dex di tempat tinggal.

Lawannya Amsoil SS & Q8 8800 kayanya boleh coba Delvac 1 yg ESP nih om, di SM belom ada yg review setau saya hahaha

https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... src=topads

Yg ini harusnya masih blend di US yah, penasaran abis krn orang US selalu mengagung2kan ini

Saya baru pake Delvac 1 yg biasa (blend Singapore), full biosolar 8000 KM baru kerasa agak kasar sih
Harusnya yang ini joss banget :big_peace:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Dejavu
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Fri Nov 22, 2019 5:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Dejavu »

Setelah pakai kiu8 formula ultra 0w20 15 bulan (pandemi gak kemana) lanjut oli thailand botol emas 0w20 (8bulan)
Hari ini ganti kerang astra premium sn+ 0w20 pakai promo astraotoshop kena 525rb potong 20rb.

Kesan pemakaian 4km pertama(opini pribadi) lebih enak dr ptt tapi masih dibawah kiu8.
Mesin 2NR-FE
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1148
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Thu Jun 16, 2022 4:38
javieroargubi wrote: Thu Jun 16, 2022 3:15
t105erd wrote: Thu Jun 16, 2022 2:38

Saya pakai Fastron 10W-40, kalo sering luar kota/tol/lancar bisa lah sampai 7000, kalo dalam kota/macet 5000 aja. Tapi biasanya ga sampai 6000 saya ganti sih.

ohhh, secara harga juga enggak murah sebenarnya fastron, saya kepikiran kalau tetap ganti di 5000km kan per 10ribu jadi hampir 200ribu, apakah bisa diganti dengan oli kisaran 150 ribuan tapi tahan 10rb km gitu minimal 8000rb😬😬😬
150rban masih dapet entry level kelas atas. Coba Q8 G/D1 5w30 ato Excel 5w40. Keduanya tahan 10rb
Excel bisa buat mesin bensin?
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 11:12
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 11:10
Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Look no more :upss:
Q8 FT 8800
Harga eceran tertinggi 240k/ liter
https://tokopedia.link/qsjuQVGPVqb
+1
Hasil Test lab kelas entry nya aja (Q8 FT7000) istimewah

Apalagi FT 8800 :big_weee:
10k KM hayuks
ngepom2 ft7000 mulu dari kemaren diliat2 om, emangnya pernah pake? daripada beli ft7000 ya mending ptt 5w30 lah jelas jauh lebih enak..

review apa yg pernah dipake aja om, kalo ga diendorse ngapain ngepom2 wakakakak
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Ambil liquimoly molygen yang 5w40.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9712
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Sinclaire wrote: Fri Jun 17, 2022 13:52
Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 11:12
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 11:10

Look no more :upss:
Q8 FT 8800
Harga eceran tertinggi 240k/ liter
https://tokopedia.link/qsjuQVGPVqb
+1
Hasil Test lab kelas entry nya aja (Q8 FT7000) istimewah

Apalagi FT 8800 :big_weee:
10k KM hayuks
ngepom2 ft7000 mulu dari kemaren diliat2 om, emangnya pernah pake? daripada beli ft7000 ya mending ptt 5w30 lah jelas jauh lebih enak..

review apa yg pernah dipake aja om, kalo ga diendorse ngapain ngepom2 wakakakak
:weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1804
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Fri Jun 17, 2022 13:43
sahabatq8 wrote: Thu Jun 16, 2022 4:38
javieroargubi wrote: Thu Jun 16, 2022 3:15


ohhh, secara harga juga enggak murah sebenarnya fastron, saya kepikiran kalau tetap ganti di 5000km kan per 10ribu jadi hampir 200ribu, apakah bisa diganti dengan oli kisaran 150 ribuan tapi tahan 10rb km gitu minimal 8000rb😬😬😬
150rban masih dapet entry level kelas atas. Coba Q8 G/D1 5w30 ato Excel 5w40. Keduanya tahan 10rb
Excel bisa buat mesin bensin?
A3/B4 bisa bensin bisa diesel.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ctopher7 »

Sinclaire wrote:
Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 11:12
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 11:10 Look no more :upss:
Q8 FT 8800
Harga eceran tertinggi 240k/ liter
https://tokopedia.link/qsjuQVGPVqb
+1
Hasil Test lab kelas entry nya aja (Q8 FT7000) istimewah

Apalagi FT 8800 :big_weee:
10k KM hayuks
ngepom2 ft7000 mulu dari kemaren diliat2 om, emangnya pernah pake? daripada beli ft7000 ya mending ptt 5w30 lah jelas jauh lebih enak..

review apa yg pernah dipake aja om, kalo ga diendorse ngapain ngepom2 wakakakak
ft 7000 so far uda hampir 6000 km masih enak di anf 2021 iart remap. barusan abis tarik tarikan nih sama 2gd innova remap juga (pre fl), masih sejajar dari 20-100 nya. lumayan kaget soalnya anf lebih berat at least 300 kg dr innova

sesama solbus, tapi innovanya pake 15w40 nya tmo. dia punya map ngebul (tapi ga pake banget), saya punya map hampir smokeless
pecinta bio solar
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 14:57
Sinclaire wrote:
Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 11:12

+1
Hasil Test lab kelas entry nya aja (Q8 FT7000) istimewah

Apalagi FT 8800 :big_weee:
10k KM hayuks
ngepom2 ft7000 mulu dari kemaren diliat2 om, emangnya pernah pake? daripada beli ft7000 ya mending ptt 5w30 lah jelas jauh lebih enak..

review apa yg pernah dipake aja om, kalo ga diendorse ngapain ngepom2 wakakakak
ft 7000 so far uda hampir 6000 km masih enak di anf 2021 iart remap. barusan abis tarik tarikan nih sama 2gd innova remap juga (pre fl), masih sejajar dari 20-100 nya. lumayan kaget soalnya anf lebih berat at least 300 kg dr innova

sesama solbus, tapi innovanya pake 15w40 nya tmo. dia punya map ngebul (tapi ga pake banget), saya punya map hampir smokeless
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ctopher7 »

Sinclaire wrote:
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 14:57
Sinclaire wrote: ngepom2 ft7000 mulu dari kemaren diliat2 om, emangnya pernah pake? daripada beli ft7000 ya mending ptt 5w30 lah jelas jauh lebih enak..

review apa yg pernah dipake aja om, kalo ga diendorse ngapain ngepom2 wakakakak
ft 7000 so far uda hampir 6000 km masih enak di anf 2021 iart remap. barusan abis tarik tarikan nih sama 2gd innova remap juga (pre fl), masih sejajar dari 20-100 nya. lumayan kaget soalnya anf lebih berat at least 300 kg dr innova

sesama solbus, tapi innovanya pake 15w40 nya tmo. dia punya map ngebul (tapi ga pake banget), saya punya map hampir smokeless
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
pecinta bio solar