Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Awalnya mencoba Battery Electric Vehicle di Seattle, Tesla X kok rasanya nyaman, hening, kedap dan torsi instan.
Balik ke Jakarta, langsung booking Hyundai Ioniq5 yang memang sudah mulai dibuka booking 10juta DP nya.
Menunggu launching di IIMS 2022, kemudian masih setia menunggu sampai akhirnya dapat unit di awal Juli 2022.
Exterior:
Sangat eye catching, meskipun terlihat seperti Compact Utility Vehicle namun tidak bisa dibilang ukuran nya kecil.
Panjang: 4,635 meter, Lebar: 1,89 meter (lebih lebar daripada Innova Reborn), Wheelbase nya 3 meter (lebih panjang dari Palisade)
Tarikan garis bodi yang seperti dipahat, dan lampu depan yang menjadi satu garis dan LED light membuat eye catching di jalanan. Body belakang yang model hatchback, disayangkan tidak ada wiper belakang, terasa cepat berdebu, dan kamera parkir belakang yang cepat kotor saat hujan. Kisi kisi bodi yang bentuk seperti garis garis horizontal cukup menyulitkan saat cuci mobil, harus extra dengan brush bristle agar kotoran terangkat
Ban menggunakan Michelin Pilot Sport EV 255/45 R20 dengan teknologi accoustic (lebih senyap) dan low rolling resistance, belum tahu apa ini RFT atau bukan.
Interior:
Sangat lega, roomy, dengan deck console box, dan lighting ambience light, sangat modern dan dimanjakan dengan relax mode seating.
Bahkan door trim sangat lapang, sampai ada ruang kosong untuk di sisi kanan, kurang lebih 25cm. ini yang bikin agak sulit saat mengambil karcis parkir atau tap toll. Dashboard terbuat dari material soft touch, dan ada physical button untuk volume, tune radio. sangat bermanfaat dan mudah untuk akses.
Dua layar LED yang terang, high resolution membuat sangat mudah untuk monitor keadaan mobil.
Di Monitor Speedometer, lengkap dengan indikator Adaptive Cruise Control, monitor Ada keluhan di stir yang bunyi "kreket-kreket" saat diputar, sudah coba dibawa ke bengkel Hyundai dan diinfo kalo ini dari gear steering nya yang kering dan diberi gemuk, baru berjalan 200km, eh timbul lagi suara "kreket-kreket" rasanya perlu dibawa ke Hyundai Simprug.
Untuk tombol di kursi penumpang depan, sebenernya lebih perlu untuk pengaturan kursi penumpang, ketimbang kursi baris kedua yang bisa dimaju mundurkan. Driving:
Torsi instan, bantingan suspensi sangat empuk, peredaman yang tidak mantul-mantul, meskipun agar bergoyang saat diajak menikung di atas kecepatan 80km.
Konsumsi listrik rata-rata untuk rute dalam kota: 6-7 km/KwH, dimana setting eco dan regenerative braking auto
uniknya bisa irit tambahan 0,2km/KwH jika mengaktifkan AC Driver mode only, dengan menekan soft touch button "Climate" di dashboard. Saat dibawa di jalan tol, dengan speed rata-rata 100 - 11okm/jam, konsumsi listrik lebih boros menjadi 5,5 - 6 km/ KwH dan otomatis jarak tempuh menurun, apalagi di mode driving "Sport" yang membuat tarikan sangat spontan, injak gas sedikit langsung menyentak.
Harapan perbaikan di edisi facelift mendatang:
1. Lengkapi dengan Bluelink (belum bisa connect ke handphone) padahal di US, UK dan Korea bisa untuk monitor dan setting timer charging listrik
2. Ga penting-penting amat: ganti spion dengan model camera, solar roof panel, Head Up Display, Active noise cancellation?
3. Penambahan fitur apple carplay via bluetooth, sekarang perlu colok kabel USB di konsol bawah.
Balik ke Jakarta, langsung booking Hyundai Ioniq5 yang memang sudah mulai dibuka booking 10juta DP nya.
Menunggu launching di IIMS 2022, kemudian masih setia menunggu sampai akhirnya dapat unit di awal Juli 2022.
Exterior:
Sangat eye catching, meskipun terlihat seperti Compact Utility Vehicle namun tidak bisa dibilang ukuran nya kecil.
Panjang: 4,635 meter, Lebar: 1,89 meter (lebih lebar daripada Innova Reborn), Wheelbase nya 3 meter (lebih panjang dari Palisade)
Tarikan garis bodi yang seperti dipahat, dan lampu depan yang menjadi satu garis dan LED light membuat eye catching di jalanan. Body belakang yang model hatchback, disayangkan tidak ada wiper belakang, terasa cepat berdebu, dan kamera parkir belakang yang cepat kotor saat hujan. Kisi kisi bodi yang bentuk seperti garis garis horizontal cukup menyulitkan saat cuci mobil, harus extra dengan brush bristle agar kotoran terangkat
Ban menggunakan Michelin Pilot Sport EV 255/45 R20 dengan teknologi accoustic (lebih senyap) dan low rolling resistance, belum tahu apa ini RFT atau bukan.
Interior:
Sangat lega, roomy, dengan deck console box, dan lighting ambience light, sangat modern dan dimanjakan dengan relax mode seating.
Bahkan door trim sangat lapang, sampai ada ruang kosong untuk di sisi kanan, kurang lebih 25cm. ini yang bikin agak sulit saat mengambil karcis parkir atau tap toll. Dashboard terbuat dari material soft touch, dan ada physical button untuk volume, tune radio. sangat bermanfaat dan mudah untuk akses.
Dua layar LED yang terang, high resolution membuat sangat mudah untuk monitor keadaan mobil.
Di Monitor Speedometer, lengkap dengan indikator Adaptive Cruise Control, monitor Ada keluhan di stir yang bunyi "kreket-kreket" saat diputar, sudah coba dibawa ke bengkel Hyundai dan diinfo kalo ini dari gear steering nya yang kering dan diberi gemuk, baru berjalan 200km, eh timbul lagi suara "kreket-kreket" rasanya perlu dibawa ke Hyundai Simprug.
Untuk tombol di kursi penumpang depan, sebenernya lebih perlu untuk pengaturan kursi penumpang, ketimbang kursi baris kedua yang bisa dimaju mundurkan. Driving:
Torsi instan, bantingan suspensi sangat empuk, peredaman yang tidak mantul-mantul, meskipun agar bergoyang saat diajak menikung di atas kecepatan 80km.
Konsumsi listrik rata-rata untuk rute dalam kota: 6-7 km/KwH, dimana setting eco dan regenerative braking auto
uniknya bisa irit tambahan 0,2km/KwH jika mengaktifkan AC Driver mode only, dengan menekan soft touch button "Climate" di dashboard. Saat dibawa di jalan tol, dengan speed rata-rata 100 - 11okm/jam, konsumsi listrik lebih boros menjadi 5,5 - 6 km/ KwH dan otomatis jarak tempuh menurun, apalagi di mode driving "Sport" yang membuat tarikan sangat spontan, injak gas sedikit langsung menyentak.
Harapan perbaikan di edisi facelift mendatang:
1. Lengkapi dengan Bluelink (belum bisa connect ke handphone) padahal di US, UK dan Korea bisa untuk monitor dan setting timer charging listrik
2. Ga penting-penting amat: ganti spion dengan model camera, solar roof panel, Head Up Display, Active noise cancellation?
3. Penambahan fitur apple carplay via bluetooth, sekarang perlu colok kabel USB di konsol bawah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Tambahan komponen yang dilakukan:
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran. 2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang 3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran. 2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang 3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
nice review, om
semoga ke depannya bisa jadi long term review ya
semoga ke depannya bisa jadi long term review ya
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
nice review om. salah 1 mobil listrik favorit saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 517
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Futuristic car. Selalu bikin saya noleh saat lewat. Interior dan exterior keren. Pakai santa fe saja sdh merasa nyaman banget apalagi ini.
Semoga ke depannya harga bisa turun dengan makin banyaknya produksi.
Congratz Om untuk mobil barunya.
Semoga ke depannya harga bisa turun dengan makin banyaknya produksi.
Congratz Om untuk mobil barunya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Baru di doa in turun harga, malah jadi naik.
"Perubahan harga Ioniq 5 per hari ini, naik Rp 30 juta," ucap salah satu tenaga penjual Hyundai di daerah Jakarta Selatan kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).
https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... p-748-juta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Sharing penggantian lampu vanity mirror, dan trunk di ioniq5 dari bohlam filamen 5W ke LED 0,6watt,
Tipe festoon 30mm untuk vanity mirror kanan-kiri dan trunk lamp.
Kiri lampu bawaan masih filamen, Kanan sudah ganti LED white
Tipe festoon 30mm untuk vanity mirror kanan-kiri dan trunk lamp.
Kiri lampu bawaan masih filamen, Kanan sudah ganti LED white
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Mantap om Marzoochi, selamat atas molis barunya...
Untuk waktu cas, selama ini berapa lama hingga full om?
Sekali cas bisa menempuh jarak berapa km?
Untuk waktu cas, selama ini berapa lama hingga full om?
Sekali cas bisa menempuh jarak berapa km?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1687
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 539
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Ganti sendiri oom ?..LEDnya beli dimana ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Terima kasih banyak Oom, kita cari yang irit, mengingat biaya bensin yang makin mahal.dream_theater wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 7:03 Mantap om Marzoochi, selamat atas molis barunya...
Untuk waktu cas, selama ini berapa lama hingga full om?
Sekali cas bisa menempuh jarak berapa km?
Untuk kecepatan charge tergantung dari jenis charger nya.
Pakai aplikasi Charge-In kebantu banget untuk tahu lokasi charger SPKLU PLN dan
Pengalaman pakai 2,2 kW yang mobile charger: 10 jam dapat 30% kapasitas batere.
pakai yang 50 kW, 1 jam dapat isi 70% kapasitas batere.
Konsumsi listrik nya dalam kota 1kWh bisa menempuh 7kilometer Oom
Biaya 1kWh listrik rumah Rp. 1,700, untuk daily commute 71kilometer butuh biaya Rp. 17,000 saja hehehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
benar oom, saat berjalan, keluar suara VESS (Virtual engine sound system) buat informasikan keberadaan mobil ke pejalan kaki atau sekitar.AbdulHakim wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 7:10izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Yes oom ganti sendiri, perlu alat congkel buka dudukan lampu nya.
Beli di Spotlight.Bandung, link toped:
https://tokopedia.link/IXlQFlgUjsb
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 517
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Kalau altis hybrid suara virtual nya seperti pesawat terbang ..."ngiiiiiinggg" , hehehe.marzoochi wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 7:43benar oom, saat berjalan, keluar suara VESS (Virtual engine sound system) buat informasikan keberadaan mobil ke pejalan kaki atau sekitar.AbdulHakim wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 7:10izin nanya om marzoochi, kalo di kecepatan rendah, let say lagi mau markir atau masuk ke garasi, mobil listrik ini ngeluarin suara artificial gak?
kalo mobil hybrid khan ada Proximity Notification Sensor yg bunyi saat kondisi seperti itu, siapa tau mobil listrik gitu juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1178
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Mobil yundae paling ganteng
Yang lain desain nya agak susah dicerna
Yang lain desain nya agak susah dicerna
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Niat banget Hyundai di Ioniq5,
Shockbreker depan belakang sudah ada cover penutup biar debu dan lumpur tidak masuk ke shockbreaker
Trunk cover yg proper
Shockbreker depan belakang sudah ada cover penutup biar debu dan lumpur tidak masuk ke shockbreaker
Trunk cover yg proper
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Sun May 26, 2013 14:08
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Halo om, ijin tanya, indent dr bln apa om kl bole tau, sama itu cover bagasi beli dmn? Thanks ommarzoochi wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 13:37 Niat banget Hyundai di Ioniq5,
Shockbreker depan belakang sudah ada cover penutup biar debu dan lumpur tidak masuk ke shockbreaker
28EB36BA-0DDD-41A2-845E-5229189D44B5.jpeg
A03A2AF1-3418-4D00-B909-B21710D0AA8B.jpeg
Trunk cover yg proper
CB59FACD-9940-4CB0-8397-0134163D60FD.jpeg
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Nais ripiu om, sampe skrg belum pernah kesampaian naik mobil listrik. Haha.
Ini kalau stop and go jg lebih boros dibanding jalan konstan kayak mobil BBM gitu om?
Ini kalau kapasitas batere full bisa jalan berapa kilo ya?
Ini kalau stop and go jg lebih boros dibanding jalan konstan kayak mobil BBM gitu om?
Ini kalau kapasitas batere full bisa jalan berapa kilo ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Wa11man wrote: ↑Mon Aug 08, 2022 15:42
Halo om, ijin tanya, indent dr bln apa om kl bole tau, sama itu cover bagasi beli dmn? Thanks om
Indent booking dari akhir Januari 2022 oom, baru dapat di awal Juli kemarin.
Cover bagasi ada di Toped, link:
https://www.tokopedia.com/humantech/tru ... c%3Dsearch
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Di jalan tol, yang sering dibejek, lebih boros oom, dapat sekitar 5-6 kilometer/kWH
justru di jalan biasa atau macet, berasa lebih irit, dengan regenerative braking Auto dan Eco mode di 6-7 kilometer/kWH
Long Range Signature 72,6 kWh jarak tempuh 451 kilometer
Long Range Prime mampu menempuh 481 kilometer
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Wed Jan 25, 2017 10:49
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Nice review pak Marzoochi , nice car and first time Hyundai Ionic 5 electric veheicle pov owner review in serayamotor.com Indonesia .
-
- SM Moderator
- Posts: 1336
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Baterainya Ioniq5 pakai alkaline yah om?marzoochi wrote: ↑Sun Aug 07, 2022 15:42 Tambahan komponen yang dilakukan:
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran.
IMG_5596.jpg
2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang
IMG_5443.JPG
3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
IMG_5107.JPG
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Kalau eco mode di 6-7 km/kwH sepertinya lebih boros dari Hyundai Kona electric.
Pernah pakai 4 hari, rata2 di 8.9 km/kwH, rute campuran dalkot : tol = 40 : 60
Mode normal atau sport, dan sering dipakai akselerasi full, merasakan sensasi jambakan instant...
Pernah pakai 4 hari, rata2 di 8.9 km/kwH, rute campuran dalkot : tol = 40 : 60
Mode normal atau sport, dan sering dipakai akselerasi full, merasakan sensasi jambakan instant...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Hahahaha pakai Baterai tipe nickel-cobalt-manganese lithium Oomsh00t wrote: ↑Tue Aug 09, 2022 9:21Baterainya Ioniq5 pakai alkaline yah om?marzoochi wrote: ↑Sun Aug 07, 2022 15:42 Tambahan komponen yang dilakukan:
1. Tambahan organizer tray di console tengah atas dan bawah sehingga lebih rapih slot untuk benda kunci, kartu, uang lembaran.
IMG_5596.jpg
2. Trunk cover yang belum ada dari Hyundai
penting untuk menjaga privasi barang di bagasi belakang
IMG_5443.JPG
3. Vortex generator di bagian kolong bawah, apakah ada efek nya? entahlah harus diuji coba wind tunnel mungkin, namun berkurang debu di kamera belakang, sejak ada vortex generator
IMG_5107.JPG
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Hyundai Ioniq5 Long Range Signature 2022 Review
Benar oom, temen2 di Komunitas yg pakai Ioniq dan Kona electric lebih irit per kwH nya, faktor aerodinamik dan bobot kendaraan nya mungkin Oom, sampai 2,1 ton kondisi kosong