[Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
[Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Dear all rekan2 SM
Kira2 penghuni sini adakah yang prefer pakai oli bawaan beres kaya TMO, SGO, NGO, HGO, dll buat mobilnya dan ga pakai oli yang dibuat oleh pabrik yang tidak membuat kendaraan seperti motul, total, pertamina, ptt, q8, amsoil, dll. Setau ogut pabrikan mobil tidak memformulasikan genuine oil mereka secara langsung, namun menunjuk perusahaan pihak ketiga untuk membuat oli untuk spesifikasi mobilnya ( suzuki->ecstar, honda->idemitsu, nissan->idemitsu #cmiiw )
Cerita dong alasannya kalau lebih prefer oli bawaan beres ( selain karena awal2 servis biasanya dapet gratis)
Kira2 penghuni sini adakah yang prefer pakai oli bawaan beres kaya TMO, SGO, NGO, HGO, dll buat mobilnya dan ga pakai oli yang dibuat oleh pabrik yang tidak membuat kendaraan seperti motul, total, pertamina, ptt, q8, amsoil, dll. Setau ogut pabrikan mobil tidak memformulasikan genuine oil mereka secara langsung, namun menunjuk perusahaan pihak ketiga untuk membuat oli untuk spesifikasi mobilnya ( suzuki->ecstar, honda->idemitsu, nissan->idemitsu #cmiiw )
Cerita dong alasannya kalau lebih prefer oli bawaan beres ( selain karena awal2 servis biasanya dapet gratis)
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 760
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
males repot
toh cuma mobil kaki, bukan koleksi
toh cuma mobil kaki, bukan koleksi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4737
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
itumah oli alakadarnya kualitas asal gelinding harga premium mendingan beli merek yang mahal sekalian
kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas
kalo gearbox baru mendingan pake bawaan soalnya ud ngalamin jebol gara2x salah pilih oli padahal ud pake spek diatas
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 275
- Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
- Location: Jakarta
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
mau yg simple aja, males beli oli sendiri dan ada resiko oli palsu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 905
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
karena masih garansi, garansi akan hangus kalau tidak servis sesuai dengan spek bengkel resmi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Ga tau kenapa mesin mobil ga pernah ada masalah kalau pakai oli bawaan beres asal pilihnya yang full sintetik
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
utk mobil yang umum2 dan specnya agak sembarang, pakai oli bawaan pabrik udah cukup. gak cocok kan 5ribu paling buang.
tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 775
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
ini kyk kasus 2017-2018 pas cibo sama crvbo baru muncul ya om, yang epro gold dikasih buat mesin turbo. itu kalo gasalah pada ngeluh 2000/3000 km gitu oci indikator uda keluar?ChZ wrote:utk mobil yang umum2 dan specnya agak sembarang, pakai oli bawaan pabrik udah cukup. gak cocok kan 5ribu paling buang.
tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
pecinta bio solar
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Iya mbah. Ternyata penguapannya tinggi. Ya di sapu jagat ama mesin mesin NA lain yang emang mesin jadul
Abis itu dia keluarin epro turbo. Udah ga pernah denger oci gak wajar lg sih
Ane sih dulu gak ngalamin, mungkin jarang kena macet juga. Kalau sering kena macet mungkin penguapannya tinggi.
Merek lain juga tidak jarang oli specnya gak sesuai.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1216
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Pake SGO dr baru sampe 160rb km pas dijual, krn murah dan sekalian servis berkala (yg jasanya murah jg di suzuki)
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
untuk oli2an sebenernya salam satu mesin ala pabrikan eropa itu lbh safe. ga kebanyakan jenis mesin jadi patokan oli ya 1-2 jenis aja. misal BMW B48 olinya ya sama mau seri 3 atau seri 5.
honda pun sejak keluar epro turbo pokoknya NA = pake gold (gak tau knp skrg semua diratain pake gold).
turbo langsung diarahin epro turbo.
maruti eh susuki juga aman rata mesin K15B semua. mazda juga salam satu mesin.
kalau kebanyakan tipe kayak toyota nissan atau hyundai yang gak salam satu mesin, rada bahaya nyerahin ke bengkel resmi tanpa pengawasan. toyota masih sering ketuker koq oli CVT sama ATF.
yg produk lower end mungkin gpp, produk higher up nya yang rawan. merek amerika itu dulu jg suka salah spek. produknya gado-gado sih ada yang buatan korea ada yang buatan thailand dll jarang yang seragam.
honda pun sejak keluar epro turbo pokoknya NA = pake gold (gak tau knp skrg semua diratain pake gold).
turbo langsung diarahin epro turbo.
maruti eh susuki juga aman rata mesin K15B semua. mazda juga salam satu mesin.
kalau kebanyakan tipe kayak toyota nissan atau hyundai yang gak salam satu mesin, rada bahaya nyerahin ke bengkel resmi tanpa pengawasan. toyota masih sering ketuker koq oli CVT sama ATF.
yg produk lower end mungkin gpp, produk higher up nya yang rawan. merek amerika itu dulu jg suka salah spek. produknya gado-gado sih ada yang buatan korea ada yang buatan thailand dll jarang yang seragam.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Nah iya mbah ogut termasuk ya merasa oli beres itu kualitas gitu aja harganya overpriced. Kalopun ga ngejer top speed dan performa mesin, setidaknya pake oli2 yg seharga oli beres lebih value for money. Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai
Belum lagi oli2 sebenernya ada 5 grup ga hanya mineral dan sintetis doang. Botol oli paling cm nyantumin API, SAE. Bbrp ada yg ILSAC sama ACEA, tapi oli beres sejauh ini cuma API sama SAE. Mana kalo mau tah MSDS atau PDS nya kudu googling, setidaknya klo disediain QR code di botol oli yg merujuk ke MSDS/PDS kan lebih detil, ibaratnya itu komposisi nilai gizi olinya yaChZ wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 4:12 utk mobil yang umum2 dan specnya agak sembarang, pakai oli bawaan pabrik udah cukup. gak cocok kan 5ribu paling buang.
tp kalau udah high spec misalnya turbo, ane agak nggak percaya oli bawaan pabrik. suka dipukul rata specnya. 0w20 pokoknya asal viscositynya segitu gak lihat parameter lain. dikira asal viscosity sama maka sama semua.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..daimler wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1568
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
yaseinotulip wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 13:43 Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..daimler wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
hayolo.. kena sentil khan ama om yaseinotulip
sebagai soft reminder aja om, di SM ini kita musti lebih menjaga narasi kalimat yang akan ditulis.
SM ga sama dengan forum-forum lain yg bebas-sebebasnya beropini tanpa "rem".
saya juga pas awal-awal sempat juga dijewer sama sepuh-sepuh di sini, jadinya kalo mau reply sesuatu itu sebelum teken tombol submit, dibaca lagi, ditimbang kira-kira kalimat yg kita tulis itu sudah tepat dan bermanfaat, tanpa bermaksud menyinggung perasaan yang membaca.
Tapi kadang kalo lagi keburu napsu pengen comment, bablas juga.. ya sudah, siap2 disentil
just my receh om, tanpa bermaksud menggurui.. hanya sharing pengalaman saja
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4737
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
lebih cuan kalo turun mesin om ongkos kerjanya nampoooool kek 100X ganti oli cuannya, ud gitu kenanya pasti di kilometer gede tinggal siul aja belaga bego ngomong maklum pak ud banyak jalan kalo mobilnya ud ketuaan maklum pak mobil tuaaaa padahal telat ganti oli bisa bikin ring piston bocor....yaseinotulip wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 13:43
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Iya nihAbdulHakim wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 14:01 hayolo.. kena sentil khan ama om yaseinotulip
sebagai soft reminder aja om, di SM ini kita musti lebih menjaga narasi kalimat yang akan ditulis.
SM ga sama dengan forum-forum lain yg bebas-sebebasnya beropini tanpa "rem".
saya juga pas awal-awal sempat juga dijewer sama sepuh-sepuh di sini, jadinya kalo mau reply sesuatu itu sebelum teken tombol submit, dibaca lagi, ditimbang kira-kira kalimat yg kita tulis itu sudah tepat dan bermanfaat, tanpa bermaksud menyinggung perasaan yang membaca.
Tapi kadang kalo lagi keburu napsu pengen comment, bablas juga.. ya sudah, siap2 disentil
just my receh om, tanpa bermaksud menggurui.. hanya sharing pengalaman saja
Suhu2 dimari nubi minta maaf kalo opininya tendensius ga bermaksud menyinggung sama sekali
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Udah ada trit oli yah. Berjilid2 itu, coba di baca2 aja ada ilmu disana yg bisa diambil.
Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja
API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.
Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km
Nanti baru ketemu logic nya...
Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja
API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.
Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km
Nanti baru ketemu logic nya...
gaspol resing tim
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Di beres suzuki nyantumin kok per 5rb km atau 3 bulan ganti oli berikutnya, tapi banyak ditanya balik konsumen.. Loh kok 5rb km / 3 bulan? Bukannya ini di buku manual bisa sampe 10rb km / 6bulan... Konsumen taunya begitu, ya udahlah dibuat sapu jagat 10rb km/6 bulan aja deh. Toh selama masa garansi itu mesin gak bakal kenapa2 (masa garansi 3thn atau 100rb km mana duluan tercapai). Habis masa garansi ya bengkel cuan lah..semua biaya dibebankan konsumen toh.yaseinotulip wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 13:43 Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..daimler wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
Pernah denger kalimat "mobil ini gak perlu ganti oli transmisi karena olinya seumur hidup"? Benar atau salah? Gak sepenuhnya benar dan gak sepenuhnya salah.. Karna sebenernya oli tersebut seumur garansi mobilnya, selama masa garansi ya beres bakal ganti kerusakan yang ditimbulkan.. Tapi saat garansi habis ya gak bakal beres mau ganti secara gratis.
Yang perlu diperhatikan pakai fluida standar merk bawaan ya selama masa garansi ya oke2 aja.. Gak bakal timbul kejadian macem2, toh kalau ada rusak selama masa garansi akan diganti kok sama beres. Tapi kalau garansinya sudah habis ya semua ditanggung konsumen. Mungkin bisa dicek di buku manual klausal pemakaian kendaraan kondisi ringan dan berat (kalau bhs inggris "normal use" & "severe use"). Tiap2 merk mobil pasti ada kondisi ini dan berbeda umur interval pergantiannya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Sepemikiran mbah.wicaksono99 wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 15:25Di beres suzuki nyantumin kok per 5rb km atau 3 bulan ganti oli berikutnya, tapi banyak ditanya balik konsumen.. Loh kok 5rb km / 3 bulan? Bukannya ini di buku manual bisa sampe 10rb km / 6bulan... Konsumen taunya begitu, ya udahlah dibuat sapu jagat 10rb km/6 bulan aja deh. Toh selama masa garansi itu mesin gak bakal kenapa2 (masa garansi 3thn atau 100rb km mana duluan tercapai). Habis masa garansi ya bengkel cuan lah..semua biaya dibebankan konsumen toh.yaseinotulip wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 13:43 Saya pake oli beres karena ga mau repot.. sekalian aja ganti pas service per 10k.
Wah gw org awam jg om.. pake oli beres ganti nya per service berikut nya nih..daimler wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 12:55
Pengalaman jg di beres biasanya interval penggantiannya per 10rb km biasanya, buat org yg awam kasian pdhl oli beres baiknya diganti tiap 5rb km. pernah dlu ogut mau servis rutin, jaraknya blm ada 10rb km dan 6bln dr interval sbelumnya malah disaranin SAnya buat ntar aja nunggu salah satu intervalnya tercapai
Jadi menurut om oli harus nya 5k?
Klo gitu kenapa beres ga tulis 5k ganti ya? Kan malah cuan jg bagi mereka makin sering org dtg ke beres ganti oli, apalagi org awam ky gw seeing nya ke beres.
Pernah denger kalimat "mobil ini gak perlu ganti oli transmisi karena olinya seumur hidup"? Benar atau salah? Gak sepenuhnya benar dan gak sepenuhnya salah.. Karna sebenernya oli tersebut seumur garansi mobilnya, selama masa garansi ya beres bakal ganti kerusakan yang ditimbulkan.. Tapi saat garansi habis ya gak bakal beres mau ganti secara gratis.
Yang perlu diperhatikan pakai fluida standar merk bawaan ya selama masa garansi ya oke2 aja.. Gak bakal timbul kejadian macem2, toh kalau ada rusak selama masa garansi akan diganti kok sama beres. Tapi kalau garansinya sudah habis ya semua ditanggung konsumen. Mungkin bisa dicek di buku manual klausal pemakaian kendaraan kondisi ringan dan berat (kalau bhs inggris "normal use" & "severe use"). Tiap2 merk mobil pasti ada kondisi ini dan berbeda umur interval pergantiannya.
Indonesia ini gakda dalam kamus, masuk kondisi normal use
Melihat kondisi macet, panas, debu, udh pasti masuk severe service requirement, yg artinya ganti oli lbh cepat dibanding penggunaan normal.
Artinya normal = jarang macet
Di manual book honda jg gtu mbah.
Kondisi severe service ini adalah:
- berkendara jarak <8km
- sering stop and go
- berdebu
- dan sejenisnya
Disuruh ganti per 5rb km atau 3 bulan, menggunakan oli genuine Honda.
Artinya ya this is Indonesia, cocok dgn kondisi severe service.
Mau ganti 10rb Km?
Ya pakai lah Amsoil Signature, dan sejenisnya
Maka dari itu memang kita perlu membaca "T&C" di dalam manual service book
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2146
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Yang pernah jebol girbox jenis apa om?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Biasanya sih karena masih warranty jadi supaya nggak gugur nurut aja dulu.
Tp saya sih dah ga pake oli Mazda lg meski masih warranty, gila tuh oli Mazda skrg dijual 201rb exclude tax
Tp saya sih dah ga pake oli Mazda lg meski masih warranty, gila tuh oli Mazda skrg dijual 201rb exclude tax
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
2GD-FTV
2ZR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Siap mbah nubi jg masih belajar kode2 oli iturendr wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 15:00 Udah ada trit oli yah. Berjilid2 itu, coba di baca2 aja ada ilmu disana yg bisa diambil.
Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja
API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.
Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km
Nanti baru ketemu logic nya...
Setuju mbah, nubi ada pengalaman ganti oli selalu ngikutin anjuran bukman 10rb/6bln pakai oli bawaan mobil, sampai suatu ketika nyoba ganti oli di s*d, kata mekaniknya keliatan ada kerak dikit2 dr lubang oli yg menurutnya akibat telat ganti oli. Padahal nubi rutin ganti tiap 10rb/6bln di beres. Dulu nubi ga paham apa2 soal otomotif jd ya nurut2 aja, ga merhatiin severe/normal driving condition dllSuryaputra wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 16:10
Sepemikiran mbah.
Indonesia ini gakda dalam kamus, masuk kondisi normal use
Melihat kondisi macet, panas, debu, udh pasti masuk severe service requirement, yg artinya ganti oli lbh cepat dibanding penggunaan normal.
Artinya normal = jarang macet
Di manual book honda jg gtu mbah.
Kondisi severe service ini adalah:
- berkendara jarak <8km
- sering stop and go
- berdebu
- dan sejenisnya
Disuruh ganti per 5rb km atau 3 bulan, menggunakan oli genuine Honda.
Artinya ya this is Indonesia, cocok dgn kondisi severe service.
Mau ganti 10rb Km?
Ya pakai lah Amsoil Signature, dan sejenisnya
Maka dari itu memang kita perlu membaca "T&C" di dalam manual service book
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
That's the whole pointdaimler wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 17:39Siap mbah nubi jg masih belajar kode2 oli iturendr wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 15:00 Udah ada trit oli yah. Berjilid2 itu, coba di baca2 aja ada ilmu disana yg bisa diambil.
Belajar dari kode2 oli yg ada di botol dulu aja
API, ACEA A,B,C,E, MB standard, BMW LL, Dexos, dll.
Kenapa oli bisa 10rb km kenapa cmn bisa 5rb km
Nanti baru ketemu logic nya...
Setuju mbah, nubi ada pengalaman ganti oli selalu ngikutin anjuran bukman 10rb/6bln pakai oli bawaan mobil, sampai suatu ketika nyoba ganti oli di s*d, kata mekaniknya keliatan ada kerak dikit2 dr lubang oli yg menurutnya akibat telat ganti oli. Padahal nubi rutin ganti tiap 10rb/6bln di beres. Dulu nubi ga paham apa2 soal otomotif jd ya nurut2 aja, ga merhatiin severe/normal driving condition dllSuryaputra wrote: ↑Tue Aug 30, 2022 16:10
Sepemikiran mbah.
Indonesia ini gakda dalam kamus, masuk kondisi normal use
Melihat kondisi macet, panas, debu, udh pasti masuk severe service requirement, yg artinya ganti oli lbh cepat dibanding penggunaan normal.
Artinya normal = jarang macet
Di manual book honda jg gtu mbah.
Kondisi severe service ini adalah:
- berkendara jarak <8km
- sering stop and go
- berdebu
- dan sejenisnya
Disuruh ganti per 5rb km atau 3 bulan, menggunakan oli genuine Honda.
Artinya ya this is Indonesia, cocok dgn kondisi severe service.
Mau ganti 10rb Km?
Ya pakai lah Amsoil Signature, dan sejenisnya
Maka dari itu memang kita perlu membaca "T&C" di dalam manual service book
Sama kaya, oli matic lifetime.
Fact: Bnyk case rusak overhaul, karena ngikut petunjuk beres, ujung"nya sebagian org cuanin beres lbh gede.
Makanya ada forum ini untuk saling share satu sama lain
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40
Re: [Ask] Alasan tetap memakai merk oli bawaan mobil
Teringat dulu waktu pake subaru XV, sama beres dikasi oli mobil1 5w50, hahhaahah. Ane protes sampe email ke motor image JKT. Akhirnya OCi selanjutnya beres Subaru d kota ane nyetok Shell hx8 5w30. Subaru XV d bukman minta 0w20 sampe buntut 30 hahha. Untung ane protes, hitung2 nolong konsumen lain yg gak ngeh.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55