Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Background:
Mungkin temen2 disini beberapa uda ada yg tau cerita saya jadi ambil ni mobil di thread2 lain. Jadi ambil ni mobil sebenernya untuk gantiin mobil istri yaitu fortuner vrz 2017. Ada beberapa alasan jual nih fortuner yaitu faktor odo uda tinggi (100rb, walaupun sebenernya ukuran segini untuk 2gd masih geli2 doang), dari awal beli isi solar goceng dan jarang ganti filsor, bahkan terakhir ganti uda jalan 40rb km, hal ini bikin jadi was2 injector ga akan lama lagi umurnya, dan faktor ketiga yg paling mendominasi adalah faktor emosional saya pribadi emang ga demen sama nih mobil
Setelah melobi istri dengan alesan ganti injektor mahal dan kebetulan ada issue solar goceng bakalan dilarang. Akhirnya nyonya acc juga untuk ganti mobil. Dengan estimasi harga jual fortuner vrz sekitaran 400jt an di awal 2022 dan saya gamau nambah banyak2 disaat kayak gini, saya kasih proposal untuk ambil hrv tipe SE. Selain bentuknya bagus dimata saya, nyonya juga emang sejarahnya demen mobil yg GC agak tinggi. Saya kirain bakalan diterima proposal tsb eh diluar dugaan ternyata ditolak mentah2 sama nyonya karena ga demen modelnya.
Sekitaran 1 mingguan saya jadi bingung sendiri mau nyari mobil apa dengan budget 400an yg sekarang ini agak tanggung dan ga gitu banyak pilihan. Diluar dugaan disatu malam nyonya buka website mazda dan nyodorin mazda 3. Ternyata dari awal launching dia uda demen ni mobil, tp karena blm ada duit nganggur jd sayang buat ganti mobil. Sayapun dari dulu uda jatuh cinta sama kesemokan mazda 3. Ga pake pikir panjang, walaupun harus nambah 100jt lebih akhirnya 1-2 hari kemudian saya langsung indent mazda 3 dengan pilihan polymetal grey dan estimasi indent 3 bulan (akhir juli 2022). Waktu itu dpt otr harga 527.700.000 diskon 11 jt.
2 bulan setelah kasih tanda jadi dpt kabar dari sales mobil kedelay lagi sampe agustus, kita putuskan nunggu, bulan agustus ketunda lg jadi september. Masih sabar jg nunggu, eh bulan september salesnya kabarin delay lg sampe dia uda ga berani janji kapan barang dateng. Pusing juga mikir mobil ga dateng2 dan fortuner nyonya uda laku kejual. Awal september itu saya kebetulan lg servis mazda 2 saya di mazda puri. Iseng2 ngobrol ma sales ternyata mazda 3 emang barangnya ghoib. Sebulan paling masuk 1 unit yg entah warnanya apa, kadang ga masuk sama sekali. Sempet bilang sama salesnya kalo ada unit masuk warna apapun kasih ke saya tp sales tsb bilang mending coba cari unit di mazda2 lain siapa tau ada unit batalan, karena bulan lalu dia ada masuk 1 unit tp dibatalin konsumennya akhirnya dilempar ke orang lain. Akhirnya saya tlpnin satu2 dealer mazda tp emang ga ada juga. Kebetulan di salah satu dealer mazda yg saya tlp malah ada mazda CX30, ga pake lama akhirnya tlp nyonya, mikir2 bentar. Hari itu jg kita putuskan ngeDP tuh mbl karena uda kepepet jg kurang mobil dirumah. Yah walaupun ga dpt mazda 3, tp senggaknya dapet substitusinya yg mirip dan sebenernya secara logika lebih make sense karena nyonya emang ga kebiasa bawa mobil dengan GC rendah. Harga yg didapat di 539.900.000 tambah 4 jt untuk optional warna polymetal dan diskon 6 jt. Rada ga rela jg sih uda harga lebih mahal, trus jauh lebih cakep si mazda 3 hatch.
3 hari setelah dilunasin, dateng lah ni mobil. Dalem paketan tuh mobil dapet: kaca film iced-u yg depannya panas kalo kena matahari siang2, paint protection yg ga berasa ada, buku servis dan manual, dan kelengkapan standar sama kaya mobil lainnya aja. Saya ga banyak bahas tampilannya dan fiturnya ya karena sudah ada beberapa thread lain yg serupa dan sudah lengkap. Saya bahas dikit aja aja sebagai intermezzo.
Behold the (undesirable?) Substitution:
Dimulai dari luar dulu, yg saya suka adalah bagian depan dan belakang yg agak beda dengan crossover sejenisnya yg kebanyakan kaku dan cenderung mengotak, si CX30 terlihat lebih banyak lekukan2 yg lumayan seksi dan hampir ga ada sudut tajam. Urusan GC sih ga tinggi2 amat, tp cukup untuk nerobos banjir banci. Yg paling ga saya suka adalah penampakan dari samping. Overfender plastiknya itu gede dan jelek sekali. Tampak ga proporsional dengan body mobil keseluruhan.
Ban dapet dunlop sportmax ukuran 215/55/R18. Impresinya? Biasa aja. Oh iya karena nyonya kerja parkiran outdoor dan kena panas hujan trus, saya putuskan untuk ppf sekalian saja dengan bahan TPU maxdecal. DC sekitaran 17 jutaan karena saya udah dp dari agustus (dpt promo hari kemerdekaan). termasuk murah karena ditempat lain diatas 20jt dengan bahan serupa. Bagi yg minat bisa pm saya nanti saya info tempatnya biar ga dikira sales
Interior ya khas mazda jaman sekarang, mewah dengan softpad dimana2. Kulitnya jg terasa berkualitas dengan tekstur yg hampir mendekati nappa leather (atau emang nappa ya? Kayaknya bukan). Setir penampakannya mirip sekali dengan setir BMW F-series yg Msport, tp pengalaman di mazda 2, bahan lingkar setirnya ga sebagus setir bmw makanya langsung saya bungkus dengan cover setir. Lingkar setir mazda ini mudah sekali jadi licin dan jadi semacam kasar dan botak gitu bahannya.
Console tengah hampir full piano black yg sangat rawan scratch walaupun sudah di lap dengan microfiber. Makanya langsung saya ppf interior di vkool kemayoran, lumayan murah hanya kena 1,7 jt. Termasuk panel piano black di door console, layar tengah dan speedometer. Kenapa luarnya ga sekalian di ppf vkool? Alesannya sederhana. Sayang duitnya ppf luar vkool bisa berkisaran 40-50jt kalo ga salah waktu nanya. Ga pantes aja mobil cuman 500 jt tp ppf 10% harga mobil. Kalo saya punya rejeki bisa ngebeli supercar baru deh ppfnya vkool.
Kemudian rearview mirror juga sudah bazel-less dengan autodiming, kurangnya jadi dashcam pioneer saya ga bisa dipake karena modelnya yg berupa kaca belakang jg. Sunroof? Saya ga demen mobil bersunroof karena cuman jadi sarang waterspot. Buru2 saya DIY glass coating saja.
Driving experience:
Dari positifnya dulu. Mazda modern emang sekarang dikenal sebagai driver's car. Kalo kita bandingin dengan crossover sekelas dari merk H baik tegak ataupun miring, Si CX30 ini berasa lebih premium, lebih nyaman, dan lebih sigap bermanuver. Masuk ke tol berasa sekali jinbaittai-nya ni mobil. Manuver2 pindah jalur sangat lincah dan high speed corner sukses dilumat dengan mudah tanpa terasa bodyroll berlebih. Posisi duduk juga mantap dan malah lebih berasa bawa kaya sedan daripada crossover. Stir uda tilt n teleskopik, range jg cukup besar jadi mudah cari posisi yg enak. Hampir ga ada ada yg salah dari handling mobil ini. Kebetulan berapa bulan lalu saat saya servis mobil, saya sempet TD X1. Surprisingly si CX30 berasa lebih "eropa" dibandingkan X1 yg seharga 800an. CX30 berasa jauh lebih premium interiornya, lebih nyaman bantinganya, lebih kompak, dan lebih minim bodyrollnya. Bukan saya blg X1 mobil jelek, tp emang kebetulan CX30 ini ga dibuat asal jadi aja sama si mazdut. Emang seenak itu vibes dalem ni mobil. NVH mobil ini juga juara. road noise hampir ga kedengeran. Mesin pas idle ga kerasa sama sekali getarannya. Kalo macet2an, intrusi suara mesin motor diluar jg minim sekali masuk ke dalam.
Nah kita mulai untuk negatifnya. Yg paling saya notice dari pertama bawa ni mobil adalah remnya. Sensasi ngerem ni mobil sangat aneh, berasa ngeloss dan ga ngegigit sama sekali. Butuh tekanan lebih besar agar remnya ngegigit. Awalnya saya pikir karena belum break in aja, tp uda pakai lebih dari 200km masih sama feelnya. Saya coba cari2 info di internet ternyata banyak user sampe di amrik segaka yg mengeluh hal sama. Saya lihat ulang review Om FE di youtube ternyata bener keluhannya sama juga. Beberapa kali stop n go macet2an hampir saya nyium bumper depan orang. Entah bisa lebih dioptimalkan apa nggak, nanti service pertama saya rencananya mau kasih tau SAnya. Mudah2an aja ga dijawab emang gitu karakternya
Kekurangan kedua adalah kenyamanannya. Joknya yg berasa kecil n keras. Mungkin figur saya jg yg agak gemuk di 85kg dan 172cm yg bikin joknya berasa kurang gede. Tp selain itu berasa juga emang kerasnya. Entah untuk mengakomodasi kalo dipake ngebut agar berasa firm atau gimana. Tp yg pasti saya kurang suka jok terlalu keras. Hal ini jg diamini ortu saya yg kapok duduk dibelakang karena langsung sakit pinggang. Padahal cuman duduk sebentar dari daerah jakbar ke grand indonesia. Setting kaki2 belakang yg torsion beam sih kalo bawa di jalanan rata ga berasa minusnya, tp begitu lewat jalanan rusak atau poldur hajar posisi miring baru berasa gedubrakannya.
Kekurangan ketiga dan yg paling mengganggu dan saya sayangkan adalah mesinnya yg pas2an. Agak antiklimaks emang mobil dengan handling sebaik ini, transmisi 6-speed yg cekatan, setting suspensi yg sangat fun to drive eh dikasi mesin yg tenaganya medioker. Sebenernya untuk daily sih ga bisa dibilang kurang tenaga, akselerasi juga lumayan baik, overtake mudah tanpa ngerasa mesin perlu bekerja sangat keras. Tp lewat dari 120 kmh, baru berasa emang tenaga ni mesin kurang untuk bawa mobil lebih ngacir lagi.
FC agak susah ngomong karena istri saya pulang pas jam macet dsn jalurnya jg emang macet. Jadi FC sementara cuman dapat 1:9an.
Overall kalo bisa saya nilai mobilnya dari skala 1-10 akan saya kasih nilai 8. Nyesel? Nggak sih karena emang ni mobil bwat nyonya dan nyonya juga suka. Nyonya tipe yg lebih mementingkan vibes dslam mobil yg mewah dibanding tenaga mobil. Kalo saya beli untuk saya sendiri mungkin saya akan nyesel sih. Pertama karena model ga seseksi mazda 3 hatch kedua faktor krusial adalah rem dan peforma mesinnya yg menurut saya underpower. Coba ada mazda 3 spec luar masuk kesini yg 180an hp aja uda sangat lebih dari cukup untuk jadi daily commuter, paling tinggal ganti bbk aja
Sekian dari saya, mungkin kalo ada suhu2 yg uda pake juga dan bisa kasih insight lebih saya persilahkan.
Mohon maap kalo ada kata2 yg kurang berkenan, semata2 hanya sharing aja dan tidak ada maksud menjelek2kan pihak/produk manapun.
Mungkin temen2 disini beberapa uda ada yg tau cerita saya jadi ambil ni mobil di thread2 lain. Jadi ambil ni mobil sebenernya untuk gantiin mobil istri yaitu fortuner vrz 2017. Ada beberapa alasan jual nih fortuner yaitu faktor odo uda tinggi (100rb, walaupun sebenernya ukuran segini untuk 2gd masih geli2 doang), dari awal beli isi solar goceng dan jarang ganti filsor, bahkan terakhir ganti uda jalan 40rb km, hal ini bikin jadi was2 injector ga akan lama lagi umurnya, dan faktor ketiga yg paling mendominasi adalah faktor emosional saya pribadi emang ga demen sama nih mobil
Setelah melobi istri dengan alesan ganti injektor mahal dan kebetulan ada issue solar goceng bakalan dilarang. Akhirnya nyonya acc juga untuk ganti mobil. Dengan estimasi harga jual fortuner vrz sekitaran 400jt an di awal 2022 dan saya gamau nambah banyak2 disaat kayak gini, saya kasih proposal untuk ambil hrv tipe SE. Selain bentuknya bagus dimata saya, nyonya juga emang sejarahnya demen mobil yg GC agak tinggi. Saya kirain bakalan diterima proposal tsb eh diluar dugaan ternyata ditolak mentah2 sama nyonya karena ga demen modelnya.
Sekitaran 1 mingguan saya jadi bingung sendiri mau nyari mobil apa dengan budget 400an yg sekarang ini agak tanggung dan ga gitu banyak pilihan. Diluar dugaan disatu malam nyonya buka website mazda dan nyodorin mazda 3. Ternyata dari awal launching dia uda demen ni mobil, tp karena blm ada duit nganggur jd sayang buat ganti mobil. Sayapun dari dulu uda jatuh cinta sama kesemokan mazda 3. Ga pake pikir panjang, walaupun harus nambah 100jt lebih akhirnya 1-2 hari kemudian saya langsung indent mazda 3 dengan pilihan polymetal grey dan estimasi indent 3 bulan (akhir juli 2022). Waktu itu dpt otr harga 527.700.000 diskon 11 jt.
2 bulan setelah kasih tanda jadi dpt kabar dari sales mobil kedelay lagi sampe agustus, kita putuskan nunggu, bulan agustus ketunda lg jadi september. Masih sabar jg nunggu, eh bulan september salesnya kabarin delay lg sampe dia uda ga berani janji kapan barang dateng. Pusing juga mikir mobil ga dateng2 dan fortuner nyonya uda laku kejual. Awal september itu saya kebetulan lg servis mazda 2 saya di mazda puri. Iseng2 ngobrol ma sales ternyata mazda 3 emang barangnya ghoib. Sebulan paling masuk 1 unit yg entah warnanya apa, kadang ga masuk sama sekali. Sempet bilang sama salesnya kalo ada unit masuk warna apapun kasih ke saya tp sales tsb bilang mending coba cari unit di mazda2 lain siapa tau ada unit batalan, karena bulan lalu dia ada masuk 1 unit tp dibatalin konsumennya akhirnya dilempar ke orang lain. Akhirnya saya tlpnin satu2 dealer mazda tp emang ga ada juga. Kebetulan di salah satu dealer mazda yg saya tlp malah ada mazda CX30, ga pake lama akhirnya tlp nyonya, mikir2 bentar. Hari itu jg kita putuskan ngeDP tuh mbl karena uda kepepet jg kurang mobil dirumah. Yah walaupun ga dpt mazda 3, tp senggaknya dapet substitusinya yg mirip dan sebenernya secara logika lebih make sense karena nyonya emang ga kebiasa bawa mobil dengan GC rendah. Harga yg didapat di 539.900.000 tambah 4 jt untuk optional warna polymetal dan diskon 6 jt. Rada ga rela jg sih uda harga lebih mahal, trus jauh lebih cakep si mazda 3 hatch.
3 hari setelah dilunasin, dateng lah ni mobil. Dalem paketan tuh mobil dapet: kaca film iced-u yg depannya panas kalo kena matahari siang2, paint protection yg ga berasa ada, buku servis dan manual, dan kelengkapan standar sama kaya mobil lainnya aja. Saya ga banyak bahas tampilannya dan fiturnya ya karena sudah ada beberapa thread lain yg serupa dan sudah lengkap. Saya bahas dikit aja aja sebagai intermezzo.
Behold the (undesirable?) Substitution:
Dimulai dari luar dulu, yg saya suka adalah bagian depan dan belakang yg agak beda dengan crossover sejenisnya yg kebanyakan kaku dan cenderung mengotak, si CX30 terlihat lebih banyak lekukan2 yg lumayan seksi dan hampir ga ada sudut tajam. Urusan GC sih ga tinggi2 amat, tp cukup untuk nerobos banjir banci. Yg paling ga saya suka adalah penampakan dari samping. Overfender plastiknya itu gede dan jelek sekali. Tampak ga proporsional dengan body mobil keseluruhan.
Ban dapet dunlop sportmax ukuran 215/55/R18. Impresinya? Biasa aja. Oh iya karena nyonya kerja parkiran outdoor dan kena panas hujan trus, saya putuskan untuk ppf sekalian saja dengan bahan TPU maxdecal. DC sekitaran 17 jutaan karena saya udah dp dari agustus (dpt promo hari kemerdekaan). termasuk murah karena ditempat lain diatas 20jt dengan bahan serupa. Bagi yg minat bisa pm saya nanti saya info tempatnya biar ga dikira sales
Interior ya khas mazda jaman sekarang, mewah dengan softpad dimana2. Kulitnya jg terasa berkualitas dengan tekstur yg hampir mendekati nappa leather (atau emang nappa ya? Kayaknya bukan). Setir penampakannya mirip sekali dengan setir BMW F-series yg Msport, tp pengalaman di mazda 2, bahan lingkar setirnya ga sebagus setir bmw makanya langsung saya bungkus dengan cover setir. Lingkar setir mazda ini mudah sekali jadi licin dan jadi semacam kasar dan botak gitu bahannya.
Console tengah hampir full piano black yg sangat rawan scratch walaupun sudah di lap dengan microfiber. Makanya langsung saya ppf interior di vkool kemayoran, lumayan murah hanya kena 1,7 jt. Termasuk panel piano black di door console, layar tengah dan speedometer. Kenapa luarnya ga sekalian di ppf vkool? Alesannya sederhana. Sayang duitnya ppf luar vkool bisa berkisaran 40-50jt kalo ga salah waktu nanya. Ga pantes aja mobil cuman 500 jt tp ppf 10% harga mobil. Kalo saya punya rejeki bisa ngebeli supercar baru deh ppfnya vkool.
Kemudian rearview mirror juga sudah bazel-less dengan autodiming, kurangnya jadi dashcam pioneer saya ga bisa dipake karena modelnya yg berupa kaca belakang jg. Sunroof? Saya ga demen mobil bersunroof karena cuman jadi sarang waterspot. Buru2 saya DIY glass coating saja.
Driving experience:
Dari positifnya dulu. Mazda modern emang sekarang dikenal sebagai driver's car. Kalo kita bandingin dengan crossover sekelas dari merk H baik tegak ataupun miring, Si CX30 ini berasa lebih premium, lebih nyaman, dan lebih sigap bermanuver. Masuk ke tol berasa sekali jinbaittai-nya ni mobil. Manuver2 pindah jalur sangat lincah dan high speed corner sukses dilumat dengan mudah tanpa terasa bodyroll berlebih. Posisi duduk juga mantap dan malah lebih berasa bawa kaya sedan daripada crossover. Stir uda tilt n teleskopik, range jg cukup besar jadi mudah cari posisi yg enak. Hampir ga ada ada yg salah dari handling mobil ini. Kebetulan berapa bulan lalu saat saya servis mobil, saya sempet TD X1. Surprisingly si CX30 berasa lebih "eropa" dibandingkan X1 yg seharga 800an. CX30 berasa jauh lebih premium interiornya, lebih nyaman bantinganya, lebih kompak, dan lebih minim bodyrollnya. Bukan saya blg X1 mobil jelek, tp emang kebetulan CX30 ini ga dibuat asal jadi aja sama si mazdut. Emang seenak itu vibes dalem ni mobil. NVH mobil ini juga juara. road noise hampir ga kedengeran. Mesin pas idle ga kerasa sama sekali getarannya. Kalo macet2an, intrusi suara mesin motor diluar jg minim sekali masuk ke dalam.
Nah kita mulai untuk negatifnya. Yg paling saya notice dari pertama bawa ni mobil adalah remnya. Sensasi ngerem ni mobil sangat aneh, berasa ngeloss dan ga ngegigit sama sekali. Butuh tekanan lebih besar agar remnya ngegigit. Awalnya saya pikir karena belum break in aja, tp uda pakai lebih dari 200km masih sama feelnya. Saya coba cari2 info di internet ternyata banyak user sampe di amrik segaka yg mengeluh hal sama. Saya lihat ulang review Om FE di youtube ternyata bener keluhannya sama juga. Beberapa kali stop n go macet2an hampir saya nyium bumper depan orang. Entah bisa lebih dioptimalkan apa nggak, nanti service pertama saya rencananya mau kasih tau SAnya. Mudah2an aja ga dijawab emang gitu karakternya
Kekurangan kedua adalah kenyamanannya. Joknya yg berasa kecil n keras. Mungkin figur saya jg yg agak gemuk di 85kg dan 172cm yg bikin joknya berasa kurang gede. Tp selain itu berasa juga emang kerasnya. Entah untuk mengakomodasi kalo dipake ngebut agar berasa firm atau gimana. Tp yg pasti saya kurang suka jok terlalu keras. Hal ini jg diamini ortu saya yg kapok duduk dibelakang karena langsung sakit pinggang. Padahal cuman duduk sebentar dari daerah jakbar ke grand indonesia. Setting kaki2 belakang yg torsion beam sih kalo bawa di jalanan rata ga berasa minusnya, tp begitu lewat jalanan rusak atau poldur hajar posisi miring baru berasa gedubrakannya.
Kekurangan ketiga dan yg paling mengganggu dan saya sayangkan adalah mesinnya yg pas2an. Agak antiklimaks emang mobil dengan handling sebaik ini, transmisi 6-speed yg cekatan, setting suspensi yg sangat fun to drive eh dikasi mesin yg tenaganya medioker. Sebenernya untuk daily sih ga bisa dibilang kurang tenaga, akselerasi juga lumayan baik, overtake mudah tanpa ngerasa mesin perlu bekerja sangat keras. Tp lewat dari 120 kmh, baru berasa emang tenaga ni mesin kurang untuk bawa mobil lebih ngacir lagi.
FC agak susah ngomong karena istri saya pulang pas jam macet dsn jalurnya jg emang macet. Jadi FC sementara cuman dapat 1:9an.
Overall kalo bisa saya nilai mobilnya dari skala 1-10 akan saya kasih nilai 8. Nyesel? Nggak sih karena emang ni mobil bwat nyonya dan nyonya juga suka. Nyonya tipe yg lebih mementingkan vibes dslam mobil yg mewah dibanding tenaga mobil. Kalo saya beli untuk saya sendiri mungkin saya akan nyesel sih. Pertama karena model ga seseksi mazda 3 hatch kedua faktor krusial adalah rem dan peforma mesinnya yg menurut saya underpower. Coba ada mazda 3 spec luar masuk kesini yg 180an hp aja uda sangat lebih dari cukup untuk jadi daily commuter, paling tinggal ganti bbk aja
Sekian dari saya, mungkin kalo ada suhu2 yg uda pake juga dan bisa kasih insight lebih saya persilahkan.
Mohon maap kalo ada kata2 yg kurang berkenan, semata2 hanya sharing aja dan tidak ada maksud menjelek2kan pihak/produk manapun.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by kendibocor on Sat Oct 08, 2022 13:51, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
pertamax
nice review, om
iya sih, kalo exterior lebih cakep mazda 3 hatchback
nice review, om
iya sih, kalo exterior lebih cakep mazda 3 hatchback
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Freed
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Mirip pengalaman kemarin di GIAAS, cari mobil pengganti untuk dipakai istri. Inceran di list HRV, city hb dan creta. Awal masuk lokasi mampir Honda dulu, ga sreg euy merahnya HRV, cuma ada test drive city hb, HRV ga ada unit TD. Dan jengkelnya belon juga TD salesnya udah nodong minta SPK Untungnya udah tau impresi HRV SE, pernah tes drive di sekitaran sentul
Paling lama malah singgah di booth Mazda, ada mungkin 1 jam. Udah cabut dari booth mazda balik lagi liat lagi
Kepincut banget Mazda 3 red soul full bodykit, cuakeppp pisan. Interior jangan ditanya berasa lux banget, istri betah kaga mau turun
Ga berani ambil mazda walaupun naksir berat, dari awal CX-3 udah dicoret dari list karena di Bogor dealer Mazda udah tutup, berikut yang di cibubur. Belon lagi baca2 di forum tercinta ini mazda lagi ada hambatan di surat2. Akhirnya ambil creta, jujur buntutnya dari awal liat ga pernah demen cuma ya setelah TD impresi pribadi jadi berubah dan mikir lagi nyetir ya duduk dalam mobil, akomodasi row 2 lebih lega dari HRV
Setelah dimiliki beberapa hari udah mulai bisa juga mencerna model pantatnya, ya mau ga mau lah
Congrats om kendibocor buat CX30nya very nice car, kalo sy domisili di Jakarta dan BSD kemungkinan besar ikutan ambil Mazda atau Subaru XV
Paling lama malah singgah di booth Mazda, ada mungkin 1 jam. Udah cabut dari booth mazda balik lagi liat lagi
Kepincut banget Mazda 3 red soul full bodykit, cuakeppp pisan. Interior jangan ditanya berasa lux banget, istri betah kaga mau turun
Ga berani ambil mazda walaupun naksir berat, dari awal CX-3 udah dicoret dari list karena di Bogor dealer Mazda udah tutup, berikut yang di cibubur. Belon lagi baca2 di forum tercinta ini mazda lagi ada hambatan di surat2. Akhirnya ambil creta, jujur buntutnya dari awal liat ga pernah demen cuma ya setelah TD impresi pribadi jadi berubah dan mikir lagi nyetir ya duduk dalam mobil, akomodasi row 2 lebih lega dari HRV
Setelah dimiliki beberapa hari udah mulai bisa juga mencerna model pantatnya, ya mau ga mau lah
Congrats om kendibocor buat CX30nya very nice car, kalo sy domisili di Jakarta dan BSD kemungkinan besar ikutan ambil Mazda atau Subaru XV
Last edited by pandaendut on Sat Oct 08, 2022 13:53, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Kemaren agak2 frustasi sama mazda 3, akhirnya ke giias cari opsi lain kayak creta, woleng ev, subaru xv, sampe liat mobil yg diatasnya yg sebenernya ga masuk budget macem mini cooper EV dan 218i. Woleng ya yg seperti saya blg di thread woleng ev, concern di safetynya. Subaru xv coret karena ga pernah miara subaru n beres cuman 1 trus riwayat pernah kabur jg dari indo. Ngikutin napsu pgn mini ev tp mikir lah keuangan ga memungkinkan untuk akuisisi mobil seharga 1M skrng2 ini, uda gitu batere jg piyik sekali cumsn sekitaran 200km. Sebenernya waktu di giias pilihan jadi creta or tetep nunggu mazda 3. Sayang begitu masuk hyundae dia agak kurang sreg karena emang harus diakui interiornya ga semewah mazda 3. Akhirnya tetep nunggu mazda 3 sampe sept awal yg dijanjiin dpt. Taunya tetep ga dtg jgpandaendut wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:38 Mirip pengalaman kemarin di GIAAS, cari mobil pengganti untuk dipakai istri. Inceran di list HRV, city hb dan creta. Awal masuk lokasi mampir Honda dulu, ga sreg euy merahnya HRV, cuma ada test drive city hb, HRV ga ada unit TD. Dan jengkelnya belon juga TD salesnya udah nodong minta SPK Untungnya udah tau impresi HRV SE, pernah tes drive di sekitaran sentul
Paling lama malah singgah di booth Mazda, ada mungkin 1 jam. Udah cabut dari booth mazda balik lagi liat lagi
Kepincut banget Mazda 3 red soul full bodykit, cuakeppp pisan. Interior jangan ditanya berasa lux banget, istri betah kaga mau turun
Ga berani ambil mazda walaupun naksir berat, dari awal CX-3 udah dicoret dari list karena di Bogor dealer Mazda udah tutup, berikut yang di cibubur. Belon lagi baca2 di forum tercinta ini mazda lagi ada hambatan di surat2. Akhirnya ambil creta, jujur buntutnya dari awal liat ga pernah demen cuma ya setelah TD impresi pribadi jadi berubah dan mikir lagi nyetir ya duduk dalam mobil, akomodasi row 2 lebih lega dari HRV
Setelah dimiliki beberapa hari udah mulai bisa juga mencerna model pantatnya, ya mau ga mau lah
Congrats om kendibocor buat CX30nya very nice car, kalo sy domisili di Jakarta dan BSD kemungkinan besar ikutan ambil Mazda atau Subaru XV
Btw congrats jg om cretanya, very nice choice indeed
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Thu Aug 24, 2017 15:42
- Location: Bogor
- Daily Vehicle: Freed
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Kualitas plastik interior creta menurut sy agak kurang, didominasi hard plastic dan kurang alus ya walaupun not bad lah. Soft pad cuma di pintu berasa tipis anggap aja ga adakendibocor wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:46
Kemaren agak2 frustasi sama mazda 3, akhirnya ke giias cari opsi lain kayak creta, woleng ev, subaru xv, sampe liat mobil yg diatasnya yg sebenernya ga masuk budget macem mini cooper EV dan 218i. Woleng ya yg seperti saya blg di thread woleng ev, concern di safetynya. Subaru xv coret karena ga pernah miara subaru n beres cuman 1 trus riwayat pernah kabur jg dari indo. Ngikutin napsu pgn mini ev tp mikir lah keuangan ga memungkinkan untuk akuisisi mobil seharga 1M skrng2 ini, uda gitu bstere jg piyik sekali. Sebenernya waktu di giias pilihan jadi creta or tetep nunggu mazda 3. Sayang begitu masuk hyundae dia agak kurang sreg karena emang harus diakui ga semewah mazda 3. Akhirnya tetep nunggu mazda 3 samoe sept awal yg dijanjiin dpt. Taunya tetep ga dtg jg
Btw congrats jg om cretanya, very nice choice indeed
Sisanya sih cukup okelah, nyonya udah coba nyetir setalah diannter ke rumah juga senyum-senyum aja, waktu TD cuma sy sendiri di dealer deket rumah
Tengkiuuu om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Ada plus minusnya jg om banyak softpad gitu di iklim tropis. Karena nyonya tempat kerjanya parkir outdoor, saya malah concern ga kuat itu softpad dlm jangka waktu 3-4thn dihajar matahari trus. Uda saya kasih tau sih pakein sunshade biar ga rusak tuh dashboard tp entah diturutin apa nggak. Sebenernya kalo mobil banyak dijemur outdoor mending plastik sih, pasti jauh lebih kuat. Lg nyari2 yg bisa leather coat, ketemu di colourfresh jakbar yg spesialis restorasi interior mobil. Tapi mahal uey 4,5 jutaan untuk coating leather.pandaendut wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:52Kualitas plastik interior creta menurut sy agak kurang, didominasi hard plastic dan kurang alus ya walaupun not bad lah. Soft pad cuma di pintu berasa tipis anggap aja ga adakendibocor wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:46
Kemaren agak2 frustasi sama mazda 3, akhirnya ke giias cari opsi lain kayak creta, woleng ev, subaru xv, sampe liat mobil yg diatasnya yg sebenernya ga masuk budget macem mini cooper EV dan 218i. Woleng ya yg seperti saya blg di thread woleng ev, concern di safetynya. Subaru xv coret karena ga pernah miara subaru n beres cuman 1 trus riwayat pernah kabur jg dari indo. Ngikutin napsu pgn mini ev tp mikir lah keuangan ga memungkinkan untuk akuisisi mobil seharga 1M skrng2 ini, uda gitu bstere jg piyik sekali. Sebenernya waktu di giias pilihan jadi creta or tetep nunggu mazda 3. Sayang begitu masuk hyundae dia agak kurang sreg karena emang harus diakui ga semewah mazda 3. Akhirnya tetep nunggu mazda 3 samoe sept awal yg dijanjiin dpt. Taunya tetep ga dtg jg
Btw congrats jg om cretanya, very nice choice indeed
Sisanya sih cukup okelah, nyonya udah coba nyetir setalah diannter ke rumah juga senyum-senyum aja, waktu TD cuma sy sendiri di dealer deket rumah
Tengkiuuu om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
nice review & congrats buat mobil barunya om. mazda cx30 memang salah 1 mobil mazda dengan desain interior terbaik menurut saya selain mazda 3 hatchback. fitur , handling, tarikan dan driving feelnya juga salah 1 yg terbaik dikelasnya menurut saya, walaupun minus di brand image + akomodasi yg agak kurang terutama buat row 2 dan bagasi
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Klo coating DIY gitu bisa ga om? Kayanya banyak produk leather conditioner.. tp ini bahan sintetis si ya, apa pake yg buat vinyl gitu2 yakendibocor wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:58
Ada plus minusnya jg om banyak softpad gitu di iklim tropis. Karena nyonya tempat kerjanya parkir outdoor, saya malah concern ga kuat itu softpad dlm jangka waktu 3-4thn dihajar matahari trus. Uda saya kasih tau sih pakein sunshade biar ga rusak tuh dashboard tp entah diturutin apa nggak. Sebenernya kalo mobil banyak dijemur outdoor mending plastik sih, pasti jauh lebih kuat. Lg nyari2 yg bisa leather coat, ketemu di colourfresh jakbar yg spesialis restorasi interior mobil. Tapi mahal uey 4,5 jutaan untuk coating leather.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
itu panel soft coklat di dasbor atas kyknya bukan leder deh um, tapi rubberkendibocor wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:58 Ada plus minusnya jg om banyak softpad gitu di iklim tropis. Karena nyonya tempat kerjanya parkir outdoor, saya malah concern ga kuat itu softpad dlm jangka waktu 3-4thn dihajar matahari trus. Uda saya kasih tau sih pakein sunshade biar ga rusak tuh dashboard tp entah diturutin apa nggak. Sebenernya kalo mobil banyak dijemur outdoor mending plastik sih, pasti jauh lebih kuat. Lg nyari2 yg bisa leather coat, ketemu di colourfresh jakbar yg spesialis restorasi interior mobil. Tapi mahal uey 4,5 jutaan untuk coating leather.
oe saban hari pernah coba lgsg, dan emg kerasa kyk rubber sih. soalnya panelnya agak firm & letoy. beda sama panel hitam di surround AC yg beneran leder.
harusnya sih klo rubber awet yak, paling catnya aja nglotok duluan
kyknya dasbor bagian atas rubber semua tu, tengah kebawah a.k.a yg disentuh langsung baru riil leder
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Blm nemu produk diy yg meyakinkan ompendoli wrote: ↑Sun Oct 09, 2022 12:30Klo coating DIY gitu bisa ga om? Kayanya banyak produk leather conditioner.. tp ini bahan sintetis si ya, apa pake yg buat vinyl gitu2 yakendibocor wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:58
Ada plus minusnya jg om banyak softpad gitu di iklim tropis. Karena nyonya tempat kerjanya parkir outdoor, saya malah concern ga kuat itu softpad dlm jangka waktu 3-4thn dihajar matahari trus. Uda saya kasih tau sih pakein sunshade biar ga rusak tuh dashboard tp entah diturutin apa nggak. Sebenernya kalo mobil banyak dijemur outdoor mending plastik sih, pasti jauh lebih kuat. Lg nyari2 yg bisa leather coat, ketemu di colourfresh jakbar yg spesialis restorasi interior mobil. Tapi mahal uey 4,5 jutaan untuk coating leather.
Nah ini nggak tau om bahannya apa, tp yg pasti dipencet2 ada sensasi membalnyadarrelund wrote: ↑Sun Oct 09, 2022 16:59itu panel soft coklat di dasbor atas kyknya bukan leder deh um, tapi rubberkendibocor wrote: ↑Sat Oct 08, 2022 13:58 Ada plus minusnya jg om banyak softpad gitu di iklim tropis. Karena nyonya tempat kerjanya parkir outdoor, saya malah concern ga kuat itu softpad dlm jangka waktu 3-4thn dihajar matahari trus. Uda saya kasih tau sih pakein sunshade biar ga rusak tuh dashboard tp entah diturutin apa nggak. Sebenernya kalo mobil banyak dijemur outdoor mending plastik sih, pasti jauh lebih kuat. Lg nyari2 yg bisa leather coat, ketemu di colourfresh jakbar yg spesialis restorasi interior mobil. Tapi mahal uey 4,5 jutaan untuk coating leather.
oe saban hari pernah coba lgsg, dan emg kerasa kyk rubber sih. soalnya panelnya agak firm & letoy. beda sama panel hitam di surround AC yg beneran leder.
harusnya sih klo rubber awet yak, paling catnya aja nglotok duluan
kyknya dasbor bagian atas rubber semua tu, tengah kebawah a.k.a yg disentuh langsung baru riil leder
Kalo rubber bukannya makin payah lg ya om kena panas?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2988
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
caem bener memang nih mobil.
Untuk interior, kalau ada bisa cari produk 303, itu sangat oke sih om. Paling sekarang pake leather/interior protectant yg mengandung anti UV aja sih tuh 1 bulan 1x dipakein, biar ga pecah2. wkwk
Untuk interior, kalau ada bisa cari produk 303, itu sangat oke sih om. Paling sekarang pake leather/interior protectant yg mengandung anti UV aja sih tuh 1 bulan 1x dipakein, biar ga pecah2. wkwk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1301
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
https://www.thedrive.com/reviews/40613/ ... or-cleaner
Jadi nyari juga, kayanya meguiar ya paling general, ada uv protection juga
Jadi nyari juga, kayanya meguiar ya paling general, ada uv protection juga
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 6 2017
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
PPF harga 17 juta itu sebelum di wrap, bodynya di poles2 dlu ga ya? atau di polesnya beda harga lg ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Mending meg's apa 303 ya om? Saya liat produk leather/interior cleaner gini selalu ada cleanernya sama UV nya. Masalahnya kalo kena cleaner trus ga masalah tuh om? Apa bisa bikin kulit getas/fading/botak ga ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
aseli om, itu foto samping pake wide angle gitu jadi makin keliatan.... aneh ni mobil tu dari depan ok belakang ok samping errr
macem cewe body bawaan dah ok punya tp eyeliner nya ketebelan 1mm
emang sayang si ini yang bikin ane rada gak tertarik sama mazda belakangan engine nya makin dipush buat irit bbm, tenaga dikumpulin di bawah semua akhirnya 3000 rpm onwards asthmatic
dah macem mobil diesel bahkan mazda6 2.5 turbo jg diasepin gampang sama honda accord 2.0 turbo... CX5 2.5 turbo ditempel ama CRV 1.5 turbo
macem cewe body bawaan dah ok punya tp eyeliner nya ketebelan 1mm
emang sayang si ini yang bikin ane rada gak tertarik sama mazda belakangan engine nya makin dipush buat irit bbm, tenaga dikumpulin di bawah semua akhirnya 3000 rpm onwards asthmatic
dah macem mobil diesel bahkan mazda6 2.5 turbo jg diasepin gampang sama honda accord 2.0 turbo... CX5 2.5 turbo ditempel ama CRV 1.5 turbo
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Mon Nov 08, 2010 8:44
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
congratz om kendibocor atas CX30nya.....
sensasi pedal remnya emg rada aneh seperti 'woody' gitu. kalo diinjek pedalnya kayak injakan awal agak" seret gimana gitu trs tau" mobil ngerem. lama" terbiasa juga sih.
handlingnya emg cekatan sih, seperti gokart, setirnya responsif meskipun terlalu ringan. tenaga mesin emg kurang galak. nafas atasnya agak ngos"an.
kalo kepikiran mau ganti ban, boleh dong ban bawaannya ditawarin ke saya, hehe.... velg M3 HB rawan gores kerb gegara velgnya yg terlalu nongol & sidewallnya yg stretched utk ban bawaan. kalo liat foto ban CX-30, kayaknya pas tuh di M3 HB saya....
sensasi pedal remnya emg rada aneh seperti 'woody' gitu. kalo diinjek pedalnya kayak injakan awal agak" seret gimana gitu trs tau" mobil ngerem. lama" terbiasa juga sih.
handlingnya emg cekatan sih, seperti gokart, setirnya responsif meskipun terlalu ringan. tenaga mesin emg kurang galak. nafas atasnya agak ngos"an.
kalo kepikiran mau ganti ban, boleh dong ban bawaannya ditawarin ke saya, hehe.... velg M3 HB rawan gores kerb gegara velgnya yg terlalu nongol & sidewallnya yg stretched utk ban bawaan. kalo liat foto ban CX-30, kayaknya pas tuh di M3 HB saya....
r'dee
Cruising without bruising
Cruising without bruising
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Itu profil sampingnya mau diliat mata langsung apa difoto dari berbagai sudut, tetep aja jelek om liat2 overfender cx3 padahal sama lebarnya jg tp entah kenapa di cx3 lebih masuk dan ga keliatan aneh daripada di cx30ChZ wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 6:54 aseli om, itu foto samping pake wide angle gitu jadi makin keliatan.... aneh ni mobil tu dari depan ok belakang ok samping errr
macem cewe body bawaan dah ok punya tp eyeliner nya ketebelan 1mm
emang sayang si ini yang bikin ane rada gak tertarik sama mazda belakangan engine nya makin dipush buat irit bbm, tenaga dikumpulin di bawah semua akhirnya 3000 rpm onwards asthmatic
dah macem mobil diesel bahkan mazda6 2.5 turbo jg diasepin gampang sama honda accord 2.0 turbo... CX5 2.5 turbo ditempel ama CRV 1.5 turbo
Masalah engine di pasaran indo hampir ga ada update berarti sih dari awal skyactiv lineup dikeluarin. Waktu 2014 beli crv engine mazdut keliatan wah dengan transmisi 6-speed yg dipuja2 dimana2, sampe nyesel beli crv. Fast forward ke sekarang hondo uda ngeluarin 1.5T di line up menengah keatasnya, mazda malah jalan ditempat engine n transmisinya. Mazda di US segala mending ada pilihan 2.5T, disini dikasi cuman ke CX9.
Emang profil M3 brp om? CX30 kayanya 215/55R18 deh. Ga sama ya? Ini mobil nyinya sih om jd ga akan ada modifan apa2, bsn jg pasti pake sampe habis. Berarti rem emang bawaannya gitucya om? Feelnya beda banget sama adiknya si mazda 2. Mazda 2 sekali teken langsung responsif sih remnya.rdee wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 7:38 congratz om kendibocor atas CX30nya.....
sensasi pedal remnya emg rada aneh seperti 'woody' gitu. kalo diinjek pedalnya kayak injakan awal agak" seret gimana gitu trs tau" mobil ngerem. lama" terbiasa juga sih.
handlingnya emg cekatan sih, seperti gokart, setirnya responsif meskipun terlalu ringan. tenaga mesin emg kurang galak. nafas atasnya agak ngos"an.
kalo kepikiran mau ganti ban, boleh dong ban bawaannya ditawarin ke saya, hehe.... velg M3 HB rawan gores kerb gegara velgnya yg terlalu nongol & sidewallnya yg stretched utk ban bawaan. kalo liat foto ban CX-30, kayaknya pas tuh di M3 HB saya....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
soal rem itu katanya on purpose umkendibocor wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 14:12Emang profil M3 brp om? CX30 kayanya 215/55R18 deh. Ga sama ya? Ini mobil nyinya sih om jd ga akan ada modifan apa2, bsn jg pasti pake sampe habis. Berarti rem emang bawaannya gitucya om? Feelnya beda banget sama adiknya si mazda 2. Mazda 2 sekali teken langsung responsif sih remnya.rdee wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 7:38 congratz om kendibocor atas CX30nya.....
sensasi pedal remnya emg rada aneh seperti 'woody' gitu. kalo diinjek pedalnya kayak injakan awal agak" seret gimana gitu trs tau" mobil ngerem. lama" terbiasa juga sih.
handlingnya emg cekatan sih, seperti gokart, setirnya responsif meskipun terlalu ringan. tenaga mesin emg kurang galak. nafas atasnya agak ngos"an.
kalo kepikiran mau ganti ban, boleh dong ban bawaannya ditawarin ke saya, hehe.... velg M3 HB rawan gores kerb gegara velgnya yg terlalu nongol & sidewallnya yg stretched utk ban bawaan. kalo liat foto ban CX-30, kayaknya pas tuh di M3 HB saya....
supaya ga ngagetin
cm ya gitu kyk kata um rdee, dan diluar jg di komplen rasanya kurang gigit
ngerem sih ngerem
cm ga feel ngeremnya itu, tau" mobil ud berenti aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
kyknya si rubber ya, klo dibilang leder jg terlalu keras & ga smooth. terus bbrp potongan panelnya jg terlalu tegak? klo leder kan psti ujungnya aga roundedkendibocor wrote: ↑Sun Oct 09, 2022 20:04
Nah ini nggak tau om bahannya apa, tp yg pasti dipencet2 ada sensasi membalnya
Kalo rubber bukannya makin payah lg ya om kena panas?
kyk handbag entry level yg tekstur kulitnya gada pori", secara visual ada, cm pas diliat detail ketutupan cat semua
hrusnya gpp sih ya toh itu panel tebel jg, tapi who knows. mungkin bru keliatan jebolnya setelah taun kelima
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 726
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Setuju, profil samping CX30 memang aneh + over fender hitam raksasa. Garis samping paling seksi memang CX3, dari pintu belakang bisa naik ke bagasi meski dengan resiko jendela belakang jadi kecil.kendibocor wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 14:12Itu profil sampingnya mau diliat mata langsung apa difoto dari berbagai sudut, tetep aja jelek om liat2 overfender cx3 padahal sama lebarnya jg tp entah kenapa di cx3 lebih masuk dan ga keliatan aneh daripada di cx30ChZ wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 6:54 aseli om, itu foto samping pake wide angle gitu jadi makin keliatan.... aneh ni mobil tu dari depan ok belakang ok samping errr
macem cewe body bawaan dah ok punya tp eyeliner nya ketebelan 1mm
emang sayang si ini yang bikin ane rada gak tertarik sama mazda belakangan engine nya makin dipush buat irit bbm, tenaga dikumpulin di bawah semua akhirnya 3000 rpm onwards asthmatic
dah macem mobil diesel bahkan mazda6 2.5 turbo jg diasepin gampang sama honda accord 2.0 turbo... CX5 2.5 turbo ditempel ama CRV 1.5 turbo
Masalah engine di pasaran indo hampir ga ada update berarti sih dari awal skyactiv lineup dikeluarin. Waktu 2014 beli crv engine mazdut keliatan wah dengan transmisi 6-speed yg dipuja2 dimana2, sampe nyesel beli crv. Fast forward ke sekarang hondo uda ngeluarin 1.5T di line up menengah keatasnya, mazda malah jalan ditempat engine n transmisinya. Mazda di US segala mending ada pilihan 2.5T, disini dikasi cuman ke CX9.
Emang profil M3 brp om? CX30 kayanya 215/55R18 deh. Ga sama ya? Ini mobil nyinya sih om jd ga akan ada modifan apa2, bsn jg pasti pake sampe habis. Berarti rem emang bawaannya gitucya om? Feelnya beda banget sama adiknya si mazda 2. Mazda 2 sekali teken langsung responsif sih remnya.rdee wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 7:38 congratz om kendibocor atas CX30nya.....
sensasi pedal remnya emg rada aneh seperti 'woody' gitu. kalo diinjek pedalnya kayak injakan awal agak" seret gimana gitu trs tau" mobil ngerem. lama" terbiasa juga sih.
handlingnya emg cekatan sih, seperti gokart, setirnya responsif meskipun terlalu ringan. tenaga mesin emg kurang galak. nafas atasnya agak ngos"an.
kalo kepikiran mau ganti ban, boleh dong ban bawaannya ditawarin ke saya, hehe.... velg M3 HB rawan gores kerb gegara velgnya yg terlalu nongol & sidewallnya yg stretched utk ban bawaan. kalo liat foto ban CX-30, kayaknya pas tuh di M3 HB saya....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Cuman sumpah om aneh banget. Istri saya aja blg remnya ga enak. Pdhl biasa dia ga pernah komplain dikasi mbl apapun. Respons awal pas kita injek rem itu lho yg bener2 lemah, bwat stop n go pepet2an riskan sekali nyeruduk mbl depandarrelund wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 17:20soal rem itu katanya on purpose umkendibocor wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 14:12Emang profil M3 brp om? CX30 kayanya 215/55R18 deh. Ga sama ya? Ini mobil nyinya sih om jd ga akan ada modifan apa2, bsn jg pasti pake sampe habis. Berarti rem emang bawaannya gitucya om? Feelnya beda banget sama adiknya si mazda 2. Mazda 2 sekali teken langsung responsif sih remnya.rdee wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 7:38 congratz om kendibocor atas CX30nya.....
sensasi pedal remnya emg rada aneh seperti 'woody' gitu. kalo diinjek pedalnya kayak injakan awal agak" seret gimana gitu trs tau" mobil ngerem. lama" terbiasa juga sih.
handlingnya emg cekatan sih, seperti gokart, setirnya responsif meskipun terlalu ringan. tenaga mesin emg kurang galak. nafas atasnya agak ngos"an.
kalo kepikiran mau ganti ban, boleh dong ban bawaannya ditawarin ke saya, hehe.... velg M3 HB rawan gores kerb gegara velgnya yg terlalu nongol & sidewallnya yg stretched utk ban bawaan. kalo liat foto ban CX-30, kayaknya pas tuh di M3 HB saya....
supaya ga ngagetin
cm ya gitu kyk kata um rdee, dan diluar jg di komplen rasanya kurang gigit
ngerem sih ngerem
cm ga feel ngeremnya itu, tau" mobil ud berenti aja
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
bukan cuma jalan di tempat, mundur malahan. makin dicekek performanyakendibocor wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 14:12
Itu profil sampingnya mau diliat mata langsung apa difoto dari berbagai sudut, tetep aja jelek om liat2 overfender cx3 padahal sama lebarnya jg tp entah kenapa di cx3 lebih masuk dan ga keliatan aneh daripada di cx30
Masalah engine di pasaran indo hampir ga ada update berarti sih dari awal skyactiv lineup dikeluarin. Waktu 2014 beli crv engine mazdut keliatan wah dengan transmisi 6-speed yg dipuja2 dimana2, sampe nyesel beli crv. Fast forward ke sekarang hondo uda ngeluarin 1.5T di line up menengah keatasnya, mazda malah jalan ditempat engine n transmisinya. Mazda di US segala mending ada pilihan 2.5T, disini dikasi cuman ke CX9.
dulu coba CX5 2.5 tuh power enak banget rasanya skrg terakhir coba CX5 2.5 model baru kok makin berat yang versi cylinder deactivation lebih bikin ngenes lagi liat data tes 0-100 9.5 detik, lbh lambat 1 detik dari gen awal.
mazda3 dan CX30 sih lebih sedih itu mesin harusnya tenaga 165hp jadi 155hp. yang mazda3 gen sebelumnya ini masuk sini bentaran kan pake yang 165hp bensin minimal ron 95
btw soal rem itu emang kejadian setiap saat yah, soalnya dulu inget coba mazda2 di awal rem kedodoran berasa mau nubruk depan tp kalo udah dipake lama agak panas dia baru normal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
Saya pernah pake CX5 gen 1 FL, lumayan sih rpm bawah-tengahnya. Rpm atas masih enakan K24 hondo (ga heran sih emang hondo kan highrev). Agak konyol sih mesin skrng malah downspec sedangkan rival utamanya makin meningkat.ChZ wrote: ↑Wed Oct 12, 2022 7:47bukan cuma jalan di tempat, mundur malahan. makin dicekek performanyakendibocor wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 14:12
Itu profil sampingnya mau diliat mata langsung apa difoto dari berbagai sudut, tetep aja jelek om liat2 overfender cx3 padahal sama lebarnya jg tp entah kenapa di cx3 lebih masuk dan ga keliatan aneh daripada di cx30
Masalah engine di pasaran indo hampir ga ada update berarti sih dari awal skyactiv lineup dikeluarin. Waktu 2014 beli crv engine mazdut keliatan wah dengan transmisi 6-speed yg dipuja2 dimana2, sampe nyesel beli crv. Fast forward ke sekarang hondo uda ngeluarin 1.5T di line up menengah keatasnya, mazda malah jalan ditempat engine n transmisinya. Mazda di US segala mending ada pilihan 2.5T, disini dikasi cuman ke CX9.
dulu coba CX5 2.5 tuh power enak banget rasanya skrg terakhir coba CX5 2.5 model baru kok makin berat yang versi cylinder deactivation lebih bikin ngenes lagi liat data tes 0-100 9.5 detik, lbh lambat 1 detik dari gen awal.
mazda3 dan CX30 sih lebih sedih itu mesin harusnya tenaga 165hp jadi 155hp. yang mazda3 gen sebelumnya ini masuk sini bentaran kan pake yang 165hp bensin minimal ron 95
btw soal rem itu emang kejadian setiap saat yah, soalnya dulu inget coba mazda2 di awal rem kedodoran berasa mau nubruk depan tp kalo udah dipake lama agak panas dia baru normal.
Oh iya FC sampe skrng jg ga irit2 amat, cuman dpt 1:9,5 jalur pulang nyonya emang jam macet jkt sih.
Soal rem jauh banget om mazda 2 ma cx30. Mazda 2 masih berasa sangat normal, malah responsnya tergolong enak untuk mobil murah. Kalo CX30 sensasinya gimana ya, agak susah jelasin. Kalo nyoba sendiri baru berasa om ni rem tuh sensasinya aneh banget.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1685
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mazda CX-30 2022 (short owning perspective)
opini yg agak nyeleneh, coba ganti minyak rem nya, dikuras trus ganti pake Q8 brake fluid om.kendibocor wrote: ↑Wed Oct 12, 2022 8:26Saya pernah pake CX5 gen 1 FL, lumayan sih rpm bawah-tengahnya. Rpm atas masih enakan K24 hondo (ga heran sih emang hondo kan highrev). Agak konyol sih mesin skrng malah downspec sedangkan rival utamanya makin meningkat.ChZ wrote: ↑Wed Oct 12, 2022 7:47bukan cuma jalan di tempat, mundur malahan. makin dicekek performanyakendibocor wrote: ↑Tue Oct 11, 2022 14:12
Itu profil sampingnya mau diliat mata langsung apa difoto dari berbagai sudut, tetep aja jelek om liat2 overfender cx3 padahal sama lebarnya jg tp entah kenapa di cx3 lebih masuk dan ga keliatan aneh daripada di cx30
Masalah engine di pasaran indo hampir ga ada update berarti sih dari awal skyactiv lineup dikeluarin. Waktu 2014 beli crv engine mazdut keliatan wah dengan transmisi 6-speed yg dipuja2 dimana2, sampe nyesel beli crv. Fast forward ke sekarang hondo uda ngeluarin 1.5T di line up menengah keatasnya, mazda malah jalan ditempat engine n transmisinya. Mazda di US segala mending ada pilihan 2.5T, disini dikasi cuman ke CX9.
dulu coba CX5 2.5 tuh power enak banget rasanya skrg terakhir coba CX5 2.5 model baru kok makin berat yang versi cylinder deactivation lebih bikin ngenes lagi liat data tes 0-100 9.5 detik, lbh lambat 1 detik dari gen awal.
mazda3 dan CX30 sih lebih sedih itu mesin harusnya tenaga 165hp jadi 155hp. yang mazda3 gen sebelumnya ini masuk sini bentaran kan pake yang 165hp bensin minimal ron 95
btw soal rem itu emang kejadian setiap saat yah, soalnya dulu inget coba mazda2 di awal rem kedodoran berasa mau nubruk depan tp kalo udah dipake lama agak panas dia baru normal.
Oh iya FC sampe skrng jg ga irit2 amat, cuman dpt 1:9,5 jalur pulang nyonya emang jam macet jkt sih.
Soal rem jauh banget om mazda 2 ma cx30. Mazda 2 masih berasa sangat normal, malah responsnya tergolong enak untuk mobil murah. Kalo CX30 sensasinya gimana ya, agak susah jelasin. Kalo nyoba sendiri baru berasa om ni rem tuh sensasinya aneh banget.