Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 726
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
https://www.cnbcindonesia.com/news/2022 ... aling-laku
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) di bulan September 2022 lalu naik signifikan. Jika di bulan Agustus 2022 hanya terjual 16.862 unit, namun satu bulan setelahnya naik 8,7% menjadi 18.469 unit.
Diduga, ini karena bulan September lalu menjadi bulan terakhir berlakunya insentif diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).
Insentif untuk LCGC diberikan baik pada kuartal pertama, kedua, dan ketiga tahun 2022. Insentif diberikan dalam bentuk potongan PPnBM sebesar 100%, dipangkas jadi 66,66% hingga tersisa hanya 33,33% atau berakhir September lalu.
Artinya di bulan ini, insentif tersebut sudah tidak ada dan membuat LCGC mengalami kenaikan harga.
Secara kumulatif, penjualan mobil LCGC selama tiga kuartal atau 9 bulan tahun 2022 mencapai 128.664 unit atau mencatatkan pangsa pasar 17%. Penjualan tersebut merupakan kumulatif dari 5 tipe mobil, satu dari Honda, serta masing-masing dua dari Toyota dan Daihatsu.
Dilihat dari segi penjualan paling laku di September lalu, Toyota Calya mencatatkan penjualan tertinggi, yakni sebanyak 5.364 unit, naik 9,4% dari bulan sebelumnya 4.855 unit.
Di posisi kedua ada Honda Brio Satya yang mencatatkan penjualan sebanyak 4.826 unit. Saingan Toyota Avanza dalam perebutan mobil terlaris ini pada bulan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan, yakni 29% dari bulan sebelumnya di angka 3.397 unit.
Kembaran Calya, yakni Daihatsu Sigra menempati posisi ketiga dengan terjual sebanyak 4.245 unit. Angka tersebut turun karena pada bulan sebelumnya berhasil menjual 4.374 unit. Kala itu Calya berada di posisi kedua mobil terlaris Agustus 2022.
Sementara itu mobil kembaran Daihatsu Ayla dan Toyota Agya berada di peringkat terbawah dengan penjualan masing-masing 2.036 unit dan 1.978 unit.
Berikut peringkat LCGC terlaris di September 2022:
Toyota Calya : 5.364 unit
Honda Brio Satya : 4.695 unit
Daihatsu Sigra : 4.245 unit
Daihatsu Ayla : 2.036 unit
Toyota Agya : 1.978 unit.
Peringkat LCGC terlaris di Agustus 2022:
Toyota Calya : 4.855 unit
Daihatsu Sigra : 4.374 unit
Honda Brio Satya : 3.397 unit
Toyota Agya : 2.360 unit
Daihatsu Ayla : 1.876 unit.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penjualan mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) di bulan September 2022 lalu naik signifikan. Jika di bulan Agustus 2022 hanya terjual 16.862 unit, namun satu bulan setelahnya naik 8,7% menjadi 18.469 unit.
Diduga, ini karena bulan September lalu menjadi bulan terakhir berlakunya insentif diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).
Insentif untuk LCGC diberikan baik pada kuartal pertama, kedua, dan ketiga tahun 2022. Insentif diberikan dalam bentuk potongan PPnBM sebesar 100%, dipangkas jadi 66,66% hingga tersisa hanya 33,33% atau berakhir September lalu.
Artinya di bulan ini, insentif tersebut sudah tidak ada dan membuat LCGC mengalami kenaikan harga.
Secara kumulatif, penjualan mobil LCGC selama tiga kuartal atau 9 bulan tahun 2022 mencapai 128.664 unit atau mencatatkan pangsa pasar 17%. Penjualan tersebut merupakan kumulatif dari 5 tipe mobil, satu dari Honda, serta masing-masing dua dari Toyota dan Daihatsu.
Dilihat dari segi penjualan paling laku di September lalu, Toyota Calya mencatatkan penjualan tertinggi, yakni sebanyak 5.364 unit, naik 9,4% dari bulan sebelumnya 4.855 unit.
Di posisi kedua ada Honda Brio Satya yang mencatatkan penjualan sebanyak 4.826 unit. Saingan Toyota Avanza dalam perebutan mobil terlaris ini pada bulan mengalami peningkatan penjualan yang signifikan, yakni 29% dari bulan sebelumnya di angka 3.397 unit.
Kembaran Calya, yakni Daihatsu Sigra menempati posisi ketiga dengan terjual sebanyak 4.245 unit. Angka tersebut turun karena pada bulan sebelumnya berhasil menjual 4.374 unit. Kala itu Calya berada di posisi kedua mobil terlaris Agustus 2022.
Sementara itu mobil kembaran Daihatsu Ayla dan Toyota Agya berada di peringkat terbawah dengan penjualan masing-masing 2.036 unit dan 1.978 unit.
Berikut peringkat LCGC terlaris di September 2022:
Toyota Calya : 5.364 unit
Honda Brio Satya : 4.695 unit
Daihatsu Sigra : 4.245 unit
Daihatsu Ayla : 2.036 unit
Toyota Agya : 1.978 unit.
Peringkat LCGC terlaris di Agustus 2022:
Toyota Calya : 4.855 unit
Daihatsu Sigra : 4.374 unit
Honda Brio Satya : 3.397 unit
Toyota Agya : 2.360 unit
Daihatsu Ayla : 1.876 unit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1754
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
mgkn wholesales....dari principal ke dealer
blm nyampe konsumen
blm nyampe konsumen
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5301
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
liat dulu segment laennya, kan mau resesi makannya pada beli LCGC
-
- SM Specialist
- Posts: 16468
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5301
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
lagian harga mobil naek otomatis STNK naek ya mendingan piara mobil tua kalo gak sanggup ngerawat mau gak mau beli LCGC baru dehChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Fri Aug 05, 2022 8:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
bener sih, faktor beban pajak yg berlapis sedikit banyak jga ngaruh rasanya, walopun ga separah dlu dimana ppnbm masih digolongkan berdasarkan kubikasi mesin dan penggerak rodaChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
di negara kek singapore harga mobil mahal masih wajar krn diimbangi public transport yg memadai, klo disini harga mobil naik trs tp public transport baru ada di kota besar itupun sering sumpek-sumpekan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12276
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Kaya konon katanya beli motor pake metode cash sengaja dipersulit sama oknum diler motor biar orang mau gamau beli credit biar cepet dapat unit kan...ChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 376
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Bagaimana dengan penjualan alphard (+vellfire) yang sekitaran 500 unit perbulan? dengan harga sekitar 1.3M rata2 di type G, kalau rankingnya berdasarkan harga jual dikali volume penjualan mobilnya , yakin ini alphard masuk 20 besar tiap bulanChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
Coba alphard ini di CKD dengan harga mepet di 1 M, pasti laris manis dah segmen 1 M ini. Dibanding rakit model kek Sienta gitu, kenapa ga ganti alphard ya, sudah jaminan mutu bakal laris..
-
- SM Specialist
- Posts: 16468
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
nah PKB avanza veloz skrg aja 4jutaan pada kaget, ya iyalah OTR berapa emang dulu CRV OTR masih 300an PKBnya jg 4.5 juta
aturan sehh PPNBM 0% tuh udah bener taun lalu skrg mobil jg gak bisa dibilang barang mewah. penerimaan pajak negara kan udah gede jg dari pabrik mobil masa sampe konsumen hrs dipajakin lagi ya gile kita lama lama mobil disamain kaya makananloid wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 5:49
bener sih, faktor beban pajak yg berlapis sedikit banyak jga ngaruh rasanya, walopun ga separah dlu dimana ppnbm masih digolongkan berdasarkan kubikasi mesin dan penggerak roda
di negara kek singapore harga mobil mahal masih wajar krn diimbangi public transport yg memadai, klo disini harga mobil naik trs tp public transport baru ada di kota besar itupun sering sumpek-sumpekan
selain pajak berlapis rootnya jg ke pembangunan yang gak rata sih jd semua bergantung sama jakarta. pabrik-pabrik di jakarta semua. supply chainnya jadi kaco kan pdhl manatau bahan baku nya di kalimantan trs orang di kalimantan beli mobil jadinya lbh mahal dari orang jakarta.
ya sama-sama barang konsumsi, masalahnya kan pabrik mobil gak di setiap kota macem pabrik roti.
bilang cash barang indent, bilang kredit bisa ready besok kirim. sulapan bener
kalau luxury car seingat saya gak banyak tp relatif stabil karena pembelinya jg ekonominya stabil. jaman pandemi pernah alphard masuk 3 besar malahanExorT wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 7:30
Bagaimana dengan penjualan alphard (+vellfire) yang sekitaran 500 unit perbulan? dengan harga sekitar 1.3M rata2 di type G, kalau rankingnya berdasarkan harga jual dikali volume penjualan mobilnya , yakin ini alphard masuk 20 besar tiap bulan
Coba alphard ini di CKD dengan harga mepet di 1 M, pasti laris manis dah segmen 1 M ini. Dibanding rakit model kek Sienta gitu, kenapa ga ganti alphard ya, sudah jaminan mutu bakal laris..
jgn lupa alphard itu jg sering dijual ke rental dan instansi pemerintahan kondisi ekonomi kayak apapun kan pengadaan mobil jalan terus
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
ricz wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 6:16Kaya konon katanya beli motor pake metode cash sengaja dipersulit sama oknum diler motor biar orang mau gamau beli credit biar cepet dapat unit kan...ChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
Penghasilannya kan memang dari leasing, untung pokok dr jualan unitnya ndiri si tipizz, duitnya y dr insentif leasing, asuransi, sama dr ATPM kl target jualan masuk. Nah, kl dr target ATPM dah masuk, insentip jualan kan dah kepegang tangan, jdnya ya kurang pinter toch kalo ada unit tp dilepas ke yg beli tunai . Taun2 kemarin tu golden age beli mobil nyicil, secara kadang2 kl tenor pendek bunga cicilan < bunga deposito, nah kalo zaman sekarang Fed Rate aja mau 5%, kalo ndak bener2 banget ya jangan butuh beli mobil/motor baru… tunai barang ghoib, cicilan bunga ngamuk
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
gorengan aja laris manis
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
kalo menurut pendapat ane, sebenarnya mobil baru zaman now uda ga masuk akal harganya..momen beli mobil baru terakhir ya tahun 2021 kemarin, pas ppnbm.. mulai 2022 dan seterusnya, harga mobil bakal naik makin tinggi meninggalkan rata rata pendapatan masyarakat..ada yg ane kenal dulunya naik crv jadi naik hrv.. naik civic jadi naik city.. naik avanza jadi naik calya.. naik alphard jadi naik voxy.. memang ada juga yg naik kelas beli mobilnya.. tapi persentasinya ga sebesar yg turun kelas.. PKB LMPV dan LSUV aja sekarang mahal mahal.. apalagi kelas diatasnya seperti Medium MPV dan Medium SUV.. prediksi ane 10 tahun lagi, mobil diatas kelas LCGC, LMPV, dan LSUV akan kembali benar benar menjadi “barang mewah” yg sulit dijangkau.
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27289
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
makanya yg ada mobil2 jg jd shrink dr jaman dulu pake kijang, trus turun ke apansa ertiga GL mobilio, trus skrg turun lg ke agya sigra, mungkin nanti turun lg entah ke helicak atau bemo klChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
btw kredit macet, pantesan di ig banyak banget mobil2 gress baru odo super rendah ud pd dilepas
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2913
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Belom org kaya om kl blm beli toyota diatas 1m wakakakaakExorT wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 7:30Bagaimana dengan penjualan alphard (+vellfire) yang sekitaran 500 unit perbulan? dengan harga sekitar 1.3M rata2 di type G, kalau rankingnya berdasarkan harga jual dikali volume penjualan mobilnya , yakin ini alphard masuk 20 besar tiap bulanChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
Coba alphard ini di CKD dengan harga mepet di 1 M, pasti laris manis dah segmen 1 M ini. Dibanding rakit model kek Sienta gitu, kenapa ga ganti alphard ya, sudah jaminan mutu bakal laris..
Jual 1.3 aja laris manis ngapain di kasi harga mepet 1m
Liat harga alphard seken sekarang, ngeri, sama zaman pandemi bisa naik 200 jtan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5301
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
CRV->HRV->SUV RSDOHC wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 10:32
makanya yg ada mobil2 jg jd shrink dr jaman dulu pake kijang, trus turun ke apansa ertiga GL mobilio, trus skrg turun lg ke agya sigra, mungkin nanti turun lg entah ke helicak atau bemo kl
btw kredit macet, pantesan di ig banyak banget mobil2 gress baru odo super rendah ud pd dilepas
ACCORD->CIVIC->JAZZ/CITY->BRIO
LAND CRUISER->PRADO->FORTUNER
KIJANG->AVANZA->CAYLA
C Class -> A class/CLA
3 Series -> 2 series
makin turun aja kelasnya di amrik malah tebalik yang kecil2x malah pada mati line upnya kagak laku
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3780
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Kualitasnya tp sebenernya mirip2 kali ya om crv 10 thn lalu sama hrv sekarang. Nanti 5-10 thn lg mungkin agya ayla bakalan keluar lg adiknya yg lebih murah.Venturtle wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 10:19 kalo menurut pendapat ane, sebenarnya mobil baru zaman now uda ga masuk akal harganya..momen beli mobil baru terakhir ya tahun 2021 kemarin, pas ppnbm.. mulai 2022 dan seterusnya, harga mobil bakal naik makin tinggi meninggalkan rata rata pendapatan masyarakat..ada yg ane kenal dulunya naik crv jadi naik hrv.. naik civic jadi naik city.. naik avanza jadi naik calya.. naik alphard jadi naik voxy.. memang ada juga yg naik kelas beli mobilnya.. tapi persentasinya ga sebesar yg turun kelas.. PKB LMPV dan LSUV aja sekarang mahal mahal.. apalagi kelas diatasnya seperti Medium MPV dan Medium SUV.. prediksi ane 10 tahun lagi, mobil diatas kelas LCGC, LMPV, dan LSUV akan kembali benar benar menjadi “barang mewah” yg sulit dijangkau.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
kalo menurut ane sih ga juga, omkendibocor wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 11:58Kualitasnya tp sebenernya mirip2 kali ya om crv 10 thn lalu sama hrv sekarang. Nanti 5-10 thn lg mungkin agya ayla bakalan keluar lg adiknya yg lebih murah.Venturtle wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 10:19 kalo menurut pendapat ane, sebenarnya mobil baru zaman now uda ga masuk akal harganya..momen beli mobil baru terakhir ya tahun 2021 kemarin, pas ppnbm.. mulai 2022 dan seterusnya, harga mobil bakal naik makin tinggi meninggalkan rata rata pendapatan masyarakat..ada yg ane kenal dulunya naik crv jadi naik hrv.. naik civic jadi naik city.. naik avanza jadi naik calya.. naik alphard jadi naik voxy.. memang ada juga yg naik kelas beli mobilnya.. tapi persentasinya ga sebesar yg turun kelas.. PKB LMPV dan LSUV aja sekarang mahal mahal.. apalagi kelas diatasnya seperti Medium MPV dan Medium SUV.. prediksi ane 10 tahun lagi, mobil diatas kelas LCGC, LMPV, dan LSUV akan kembali benar benar menjadi “barang mewah” yg sulit dijangkau.
misalnya CRV RE sama HRV RS terbaru.. menurut ane HRV RS cuma menang fitur berlimpah.. sisanya menang CRV RE.. contoh kecil , CRV RE suspensi belakang uda double wishbone, HRV RS masih torsion beam..
belum lagi seingat ane kalo ga salah varian terlaris CRV itu yg 2.4.. bandingkan dengan varian terlaris HRV yaitu varian SE.. makin miris.. jok kulit RE 2.4 vs jok setengah kulit SE 1.5.. mesin 2.4 RE vs mesin 1.5 SE.. 2.4 RE facelift uda jok elektrik.. HRV bahkan yg RS masih manual joknya.. ukuran jok, luas row 2, ukuran bagasi, solidnya plat body seingat ane masih superior RE 2.4 dibanding HRV bahkan varian RS..
adik agya ayla mau seukuran apa lagi nih
uda kecil banget agya ayla kalo menurut ane
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 427
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Adiknya agya ayla malah ccnya dinakin dr 1000 ke 1200. Kali2 indo kaya jpn yg keicar 600an cc malah irit bensinnyakendibocor wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 11:58Kualitasnya tp sebenernya mirip2 kali ya om crv 10 thn lalu sama hrv sekarang. Nanti 5-10 thn lg mungkin agya ayla bakalan keluar lg adiknya yg lebih murah.Venturtle wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 10:19 kalo menurut pendapat ane, sebenarnya mobil baru zaman now uda ga masuk akal harganya..momen beli mobil baru terakhir ya tahun 2021 kemarin, pas ppnbm.. mulai 2022 dan seterusnya, harga mobil bakal naik makin tinggi meninggalkan rata rata pendapatan masyarakat..ada yg ane kenal dulunya naik crv jadi naik hrv.. naik civic jadi naik city.. naik avanza jadi naik calya.. naik alphard jadi naik voxy.. memang ada juga yg naik kelas beli mobilnya.. tapi persentasinya ga sebesar yg turun kelas.. PKB LMPV dan LSUV aja sekarang mahal mahal.. apalagi kelas diatasnya seperti Medium MPV dan Medium SUV.. prediksi ane 10 tahun lagi, mobil diatas kelas LCGC, LMPV, dan LSUV akan kembali benar benar menjadi “barang mewah” yg sulit dijangkau.
trennya juga kan keluarga2 makin ke sini punya anak ga sebanyak dulu yg buat akomodasinya perlu mobil minimal mpv
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27289
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
kl ampe sekelas agya ayla aj di kuarin versi hemat nya lagi
dsitu saat nya kita beralih ke sepeda
karena itu namanya sudah T E R L A L U
dsitu saat nya kita beralih ke sepeda
karena itu namanya sudah T E R L A L U
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3780
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Kalo agya ayla harganya uda nembus 300jt, bukan ga mungkin keluar adiknya lg
Bener mungkin jd kei car 600cc segede wuling EV
Bener mungkin jd kei car 600cc segede wuling EV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2342
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
jadi inget dulu keluarga ambil reborn Q 2.0 MT di 368jt, Q 2.4 masi 390anChZ wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 4:37 justru nurut saya ini malah indikator kalo daya beli kita ya masih segitu-segitu aja tapi harga mobilnya meroket gila
ironis ga sih, dalam 10 tahun harga mobil bisa naik 50% lebih, tapi mobil terlaris harganya tetep level 150-200 jutaan. shrinkflation
dulu orang narik taksol pake avanza xenia ertiga skrg pake calya sigra. udah gitu bonus nariknya makin kecil
emang sih klo lihat segmen konsumennya siapa aja new buyer kan juga banyak dan lebih kompleks.
jangan lupa liat jg kredit macet berapa gede pusing tuh bank skrg cicilan makin panjang tenornya makin banyak kredit macet dan ironisnya yang kaya pun makin didorong buat ambil skema kredit biar nutup yang macet2
skrg 390 belom tentu dapet tipe G
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2342
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
buying powernya jg beda kali umb0ku wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 11:17CRV->HRV->SUV RSDOHC wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 10:32
makanya yg ada mobil2 jg jd shrink dr jaman dulu pake kijang, trus turun ke apansa ertiga GL mobilio, trus skrg turun lg ke agya sigra, mungkin nanti turun lg entah ke helicak atau bemo kl
btw kredit macet, pantesan di ig banyak banget mobil2 gress baru odo super rendah ud pd dilepas
ACCORD->CIVIC->JAZZ/CITY->BRIO
LAND CRUISER->PRADO->FORTUNER
KIJANG->AVANZA->CAYLA
C Class -> A class/CLA
3 Series -> 2 series
makin turun aja kelasnya di amrik malah tebalik yang kecil2x malah pada mati line upnya kagak laku
dan harga mobil disana kan mayan stabil, efek dollar
disono 10th lalu 150k$ dapat s-klasse, 2022 dengan wang yg sama dapat s-klasse jg dgn spek bagus
lah dimari, 2015 700an dapat C200. skrg C200 udah mau 1M
biem jg sama, 2012 900jt dapat 335i, skrg 900jt cm dapat 320i kopongan. alamakkkk
efek inflasi
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11915
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Di sini faktor Kurs mata uang asing nya jg naikdarrelund wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 18:00buying powernya jg beda kali umb0ku wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 11:17CRV->HRV->SUV RSDOHC wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 10:32
makanya yg ada mobil2 jg jd shrink dr jaman dulu pake kijang, trus turun ke apansa ertiga GL mobilio, trus skrg turun lg ke agya sigra, mungkin nanti turun lg entah ke helicak atau bemo kl
btw kredit macet, pantesan di ig banyak banget mobil2 gress baru odo super rendah ud pd dilepas
ACCORD->CIVIC->JAZZ/CITY->BRIO
LAND CRUISER->PRADO->FORTUNER
KIJANG->AVANZA->CAYLA
C Class -> A class/CLA
3 Series -> 2 series
makin turun aja kelasnya di amrik malah tebalik yang kecil2x malah pada mati line upnya kagak laku
dan harga mobil disana kan mayan stabil, efek dollar
disono 10th lalu 150k$ dapat s-klasse, 2022 dengan wang yg sama dapat s-klasse jg dgn spek bagus
lah dimari, 2015 700an dapat C200. skrg C200 udah mau 1M
biem jg sama, 2012 900jt dapat 335i, skrg 900jt cm dapat 320i kopongan. alamakkkk
efek inflasi
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 376
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
Moralnya: simpan uang dalam bentuk dolar.Suryaputra wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 23:26Di sini faktor Kurs mata uang asing nya jg naikdarrelund wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 18:00buying powernya jg beda kali um
dan harga mobil disana kan mayan stabil, efek dollar
disono 10th lalu 150k$ dapat s-klasse, 2022 dengan wang yg sama dapat s-klasse jg dgn spek bagus
lah dimari, 2015 700an dapat C200. skrg C200 udah mau 1M
biem jg sama, 2012 900jt dapat 335i, skrg 900jt cm dapat 320i kopongan. alamakkkk
efek inflasi
2012 dolar di 10rb
2022 dolar di 15rb
Nah, sama sajakan dapatnya C200.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11915
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Mau resesi tapi penjualan mobil pecah rekor lagi?
NahExorT wrote: ↑Tue Oct 18, 2022 3:06Moralnya: simpan uang dalam bentuk dolar.Suryaputra wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 23:26Di sini faktor Kurs mata uang asing nya jg naikdarrelund wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 18:00
buying powernya jg beda kali um
dan harga mobil disana kan mayan stabil, efek dollar
disono 10th lalu 150k$ dapat s-klasse, 2022 dengan wang yg sama dapat s-klasse jg dgn spek bagus
lah dimari, 2015 700an dapat C200. skrg C200 udah mau 1M
biem jg sama, 2012 900jt dapat 335i, skrg 900jt cm dapat 320i kopongan. alamakkkk
efek inflasi
2012 dolar di 10rb
2022 dolar di 15rb
Nah, sama sajakan dapatnya C200.
Jd krn kurs nya lemah syahwat, jd harga in rupiah untuk barang" impor naik.
Klo harga in $ mah sama aja, atau naik dikitt.
Lihat aja harga iphone 7 -> 13 segitu gtu aja koq in $
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri