kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11507
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Busi
kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
tempo ari waktu kita orang kasi unjuk poto busi iridium si inofa yg ground electrode kmakan aus sikit aj, ud misfire mulu mbahOmnibus wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 15:31
kayanya abis ganti busi langsung betot2 gas keenakan. abis itu komplen bensin kok jd tambah boros. balik lg ke garasi 69 minta balikin ke busi lama.
ga kbayang kl ud ampe kaya si champion itu kaya apa
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 675
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Abis ganti busi, getaran berkurang jauh
Akselerasi masih sama aja perasaan
Ini luar binasa busi, bahaya bisa tiba2 pincang tanpa ketauan
Kmungkinan gara2 diisi bensin bagus jd kompensasi
Kluarga nissin biskuit maret 1.5 masih pake itu sesuai di manual book
Akselerasi normal,malah lumayan sigap
Bensin masih bisa 17an km/ltr d tol
Ini kemungkinan gara2 pake bbmnya ron 98 jadi kebantu
Keluhannya kok geter2 sampe setir,uda ganti engine mounting padahal tapi masih ga sealus lipindut, penasaran dibongkar businya sudah sperti itu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1926
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Serba Serbi Busi
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.trebla88 wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 21:56Abis ganti busi, getaran berkurang jauh
Akselerasi masih sama aja perasaan
Ini luar binasa busi, bahaya bisa tiba2 pincang tanpa ketauan
Kmungkinan gara2 diisi bensin bagus jd kompensasi
Kluarga nissin biskuit maret 1.5 masih pake itu sesuai di manual book
Akselerasi normal,malah lumayan sigap
Bensin masih bisa 17an km/ltr d tol
Ini kemungkinan gara2 pake bbmnya ron 98 jadi kebantu
Keluhannya kok geter2 sampe setir,uda ganti engine mounting padahal tapi masih ga sealus lipindut, penasaran dibongkar businya sudah sperti itu
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 675
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
champion sesuai di manual dan seperti si almerablloewy wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 23:29
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Busi
kl gt busi nya pake yg denso atau ngk pnya aj omtrebla88 wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 2:27champion sesuai di manual dan seperti si almerablloewy wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 23:29
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
champion itu rada2 kurang itu busi nya, di mamarika sana aj sering jd bahan lelucon orang sana
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1926
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Serba Serbi Busi
Tul nich Mbah Rektor...DOHC wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 11:09kl gt busi nya pake yg denso atau ngk pnya aj omtrebla88 wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 2:27champion sesuai di manual dan seperti si almerablloewy wrote: ↑Sat Oct 22, 2022 23:29
iya itu sebenernya sdh ada tanda Om.
Ada gejala pincang di engine dan mestinya konsumsi BBM lbh boros dan tenaga kurang.
Cuma krn koilnya msh nyembur jadi missfire nya ngga dirasain cm itu KOIL bisa pendek umurnya.
Btw...March bukannya pake busi yg sama ama lipindut ya?
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
champion itu rada2 kurang itu busi nya, di mamarika sana aj sering jd bahan lelucon orang sana
Pake aja denso atau NGK...asal asli ya businya...
Dijamin aman sdh...
nubie in all things - still need to learn
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 144
- Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: AVS
Re: Serba Serbi Busi
Ada referensi beli busi yg asli via tokoijo dimana ga om?blloewy wrote:Tul nich Mbah Rektor...DOHC wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 11:09kl gt busi nya pake yg denso atau ngk pnya aj omtrebla88 wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 2:27 champion sesuai di manual dan seperti si almera
Aneh memang kenapa ga disamain
Dan hebatnya gejala cuma geter2 aja di idle rpm dikirain engine mounting,uda diganti masi aga geter makanya dibongkar busi
Akhirnya ganti sekalian ama selongsong koilnya jg
Ini hr15de nya versi bukan l10 lipindut
Hr15de sepertinya ada revisi
Yg lipindut l10 posisi tutup lubang isi oli nya sejajar ama fanbelt (versi awal)
Juke, March 1.5, L11 lipindut dan almera posisi tutup lubang isi olinya deket throttle body/filter udara (versi revisi)
Yg versi revisi dibagi lagi dual injector + dual vvti(juke+L11) dan single injector+single vvti (almera+march 1.5)
champion itu rada2 kurang itu busi nya, di mamarika sana aj sering jd bahan lelucon orang sana
Pake aja denso atau NGK...asal asli ya businya...
Dijamin aman sdh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Busi
official store nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 675
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Pake busi sc16hr11 denso punya yaris dulu baru jalan 25rb km an
Bener pnp ama si hr15de
Sampai saat ini aman
Paling aman kayanya beli busi di beres ya. Mungkin ada toko2 online terpecaya, tapi buat bener2 safe tetep ke beres
Cmiiw
Bener pnp ama si hr15de
Sampai saat ini aman
Paling aman kayanya beli busi di beres ya. Mungkin ada toko2 online terpecaya, tapi buat bener2 safe tetep ke beres
Cmiiw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Busi
Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
Bisa hemat beli busi ini sih
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu.. Bisa hemat beli busi ini sih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Busi
sebersih pemantik api, di kompor elpiji dapur sayawicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:58 Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Busi
Setahun pemantiknya dipakai berapa kali om?Suryaputra wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:59sebersih pemantik api, di kompor elpiji dapur sayawicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:58 Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
Kalau busi kan seminggu jalan udah berapa juta kali dipantik ya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10755
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Serba Serbi Busi
Ya tapi kan kebakar terus mbah klo si birunya nyalawicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 8:08Setahun pemantiknya dipakai berapa kali om?Suryaputra wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:59sebersih pemantik api, di kompor elpiji dapur sayawicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:58 Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
Kalau busi kan seminggu jalan udah berapa juta kali dipantik ya
Artinya hasil bakarnya elpiji bersih, cuma jgn sampai bocor aja bahaya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1636
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Serba Serbi Busi
baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...wicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:58 Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Busi
Itu bukan lubang, itu bagian yg di "punch" jadi bawahnya ada tonjolan yg mengarah ke elektrodanya (lihat gambar 3 diperbesar). Ini khusus model twin tip yg nickel, kalau twin tip iridium ujung tipnya dilas. Twin tip lebih baik bentuk pembakarannya dibanding model standar. Soalnya pake CNG sensitif dipembakaran.MSU wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 23:58baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...wicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:58 Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 203
- Joined: Sun Feb 22, 2015 13:01
Re: Serba Serbi Busi
Om, mesin 3NR-VE, dari baru ketika odo 5000an, dibuka keempat busi berminyak (oli) hingga 1/2 drat busi. Kira2 apa yg perlu dicek?
Busi tetap berminyak saat dicek berkala per 5000 km, hingga saat ini odo 19.000.
Oli menggunakan dgo 0w20, bbm selalu ron 88 dulu, saat ini ron 90. Rute berkendara setiap hari sering rute pendek2.
Busi tetap berminyak saat dicek berkala per 5000 km, hingga saat ini odo 19.000.
Oli menggunakan dgo 0w20, bbm selalu ron 88 dulu, saat ini ron 90. Rute berkendara setiap hari sering rute pendek2.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1636
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Serba Serbi Busi
oh noted om...btw twintip nickel vs platinum...secara umur kira2 gmn? kira2 nickel TT ini bisa dipake brp km?wicaksono99 wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 1:11Itu bukan lubang, itu bagian yg di "punch" jadi bawahnya ada tonjolan yg mengarah ke elektrodanya (lihat gambar 3 diperbesar). Ini khusus model twin tip yg nickel, kalau twin tip iridium ujung tipnya dilas. Twin tip lebih baik bentuk pembakarannya dibanding model standar. Soalnya pake CNG sensitif dipembakaran.MSU wrote: ↑Sun Nov 20, 2022 23:58baru sekali ini sy liat ada denso yg tengahnya lubang gitu om...wicaksono99 wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 7:58 Pemakaian busi Denso Nickel Twin Tip di All New Ertiga, sudah jalan 5000 km. Kondisi masih sangat bersih, bahan bakar menggunakan Envogas / Gasku.
IMG_20221118_140117.jpg
IMG_20221118_140202.jpg
IMG_20221118_141128.jpg
Mungkin seperti ini definisi pembakaran sempurna tanpa menimbulkan residu..
Bisa hemat beli busi ini sih
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Busi
Coba cek PCV kali bermasalah kali om jadi banyak oli di intakenya?billi wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 2:04 Om, mesin 3NR-VE, dari baru ketika odo 5000an, dibuka keempat busi berminyak (oli) hingga 1/2 drat busi. Kira2 apa yg perlu dicek?
Busi tetap berminyak saat dicek berkala per 5000 km, hingga saat ini odo 19.000.
Oli menggunakan dgo 0w20, bbm selalu ron 88 dulu, saat ini ron 90. Rute berkendara setiap hari sering rute pendek2.
Nickel TT normalnya 20rb km sih om.. Tapi ga tau kalau pakai CNG, apa bisa lebih lama atau nggak. Harganya juga murah kok cuma 30rban per busi made in japan.MSU wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 2:56oh noted om...btw twintip nickel vs platinum...secara umur kira2 gmn? kira2 nickel TT ini bisa dipake brp km?wicaksono99 wrote: ↑Mon Nov 21, 2022 1:11Itu bukan lubang, itu bagian yg di "punch" jadi bawahnya ada tonjolan yg mengarah ke elektrodanya (lihat gambar 3 diperbesar). Ini khusus model twin tip yg nickel, kalau twin tip iridium ujung tipnya dilas. Twin tip lebih baik bentuk pembakarannya dibanding model standar. Soalnya pake CNG sensitif dipembakaran.
Sebenernya umur busi ya gimana kondisi pembakaran mesin mobilnya aja om.. Kalau minim karbon, fuel gak terlalu lean/rich ya bisa lama umurnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 675
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Mumpung free ongkir+cashback 5% stok 8 deh
0w16 daihatsu official jg mayan 116rb
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 27, 2022 3:18
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SX4 S Cross
Re: Serba Serbi Busi
Nanya mbah..
kalo IKH16TT di ganti IKH20TT kan turun tuh jadi dingin.. apa bisa menyebabkan penumpukan carbon?
kalo IKH16TT di ganti IKH20TT kan turun tuh jadi dingin.. apa bisa menyebabkan penumpukan carbon?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 675
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Mon Jun 27, 2022 3:18
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: SX4 S Cross
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 675
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Serba Serbi Busi
Toyota sih dr 20 turun ke 16 prius dan bbrp tipe di us
Ga ada perbedaan berarti sih kalau baca²
Tp kalau sudah remap,suka geber di tol,long distance mungkin naik jdi dingin aja
Cuma official store ga stok ixeh22tt
Ga ada perbedaan berarti sih kalau baca²
Tp kalau sudah remap,suka geber di tol,long distance mungkin naik jdi dingin aja
Cuma official store ga stok ixeh22tt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 391
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Serba Serbi Busi
Denso itu turun 2 step om.. Kan kelipatan 2 untuk heat range denso.
Kemungkinan iya karna self cleaning temperaturenya lebih tinggi, kecuali suka main rpm tinggi.
Btw tumben jadi banyak yg pakai denso twin tip.. Wkwkwkwk