Wah saya buta derah sana om. Beres saya jarak 800km dari tangsel
tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1561
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 773
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
mid saya uda ga akurat karna saya gaperna reset, jadi didiemin aja. slalu pake mid buat digital speedo hehe. tapi seengganya bisa dijadiin acuan lagi bawa mobilnya irit atau engga, karna kalo lg irit itu angka pasti naik sndiri km/l nya wkwkpengendiesel wrote:Suka ketawa liat orang bawa kendaraan dalam kota srudak sruduk gas rem gas rem terus, hanya untuk berhenti menunggu di lampu merah yang sama, seringnya persis di depan saya yang udah lepas gas dari beberapa ratus meter seblomnya.ctopher7 wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 7:13
sperti yang uda saya bilang, itu perasaan orang orang aja yang bilang 30-40% lebih boros pasti karna dapetnya 30% lebih sedikit wkwkwk (7650 ke 10000)
menurut saya kenaikan begini, ya brarti kaki/tangan harus sekolah aja. gas seperlunya, kalo tau depan harus berenti ya tinggal gliding
saya pake solbus dari 1:10 jadi hampir 1:12 kok dengan pulse and glide. solar naik 30 persen ya yaudah, ga gimana berasa. tetep murah isinya hahaha (500 km kena 290 ribu aja, pemakaian dalkot. kalo itung full to full dapet 1:11.7 km/l)
Midnya anf over promise ya om? Punya saya selisih 0,3 km juga
pecinta bio solar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1145
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Wah irit banget satria injeksi, saya masih pakai yang tahun 2014 karburator cuma paling irit dapet 1:35 - 1:36 seringnya 1:32 - 1:34, satria kalo bawanya nyantai lemot suka geregetan dibawah 7000rpm, sekarag lebih sering pakai Jupiter Z1, lebih irit, waktu tempuh juga sama aja kalo dalam kota.skyline38 wrote: ↑Mon Oct 17, 2022 8:20Halo om semua, saya izin untuk update challenge komparasi bensin di Satria FU FI. Btw, seharusnya saya update ini di hari Jumat kemarin, tapi karena weekend, jadi mager untuk nulis..
Review Revvo92 di Satria FU FI
Setelah Pertalite di tangki abis, Revvo92 menjadi minuman selanjutnya untuk Satria FU FI. Bila waktu isi Pertalite rasanya loyo, maka Revvo92 ini rasanya mantap. Mirip waktu pakai Pertamax. Potensi & tenaga mesin keluar secara normal, yang sebelumnya di 6000 rpm terasa getar saat pakai Pertalite, sekarang tidak getar lagi dan bisa naik ke rpm atas dengan enteng. Secara spek kompresi, Satria memang cocoknya minumnya oktan 92. Overall pemakaian, saya no complaint dengan Revvo92. Mesin halus, enteng bertenaga.
Jarak tempuh Revvo92 & Next fuel: Shell Super 92
before.png
Hari Jumat sore kemarin, fuel meter udah kedip-kedip. Sambil pulang kerja, saya mampir di SPBU Shell di Jl. Otista, Tangerang buat ngisi Shell Super. Di Odometer tertulis 14.176, dan tripmeter 160,4. Tripmeter seharusnya menunjukkan angka lebih dari itu, karena sehabis isi Revvo92, saya lupa reset tripmeter. Baru ingat setelah beberapa ratus meter.
revvo92-jarak tempuhh.jpg
Kemudian masuklah 3.55 liter Super 92 di harga Rp. 14.150/liter ke tangki. Dari sini bisa kita hitung jarak tempuh untuk Revvo92 adalah 160.4 km/3.55 liter = 45.1 km/liter (aktualnya sedikit lebih tinggi dari itu karena lupa reset tripmeter tapi tidak signifikan) Di mana konsumsi bensin saat isi Pertalite adalah 44.4 km/liter..
shell-struk.jpg
after.png
Pertalite: 44.4 km/liter
Revvo92: 45.1 km/liter
Kalau dari segi jarak tempuh memang tidak selisih jauh & masih cukup bersaing ya. Tapi dari segi kepuasan berkendara, Revvo92 lebih unggul. Tidak ada rasa gregetan ketika ngegas tapi mesinnya males revving karena lemot. Tapi walaupun begitu, cost/km nya jadi naik, karena selisih harga mencapai 40% sedangkan perbedaan keiritan sangat kecil. FYI, riding style saya tidak berubah.
Setelah Revvo92 ini, saya penasaran dengan Shell Super 92 yang sekarang. Karena dulu pernah punya impresi bahwa Super 92 tidak lebih baik dari Pertamax, yang mana belum tentu valid untuk saat ini. Saya akan update lagi saat pengisian selanjutnya.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Jul 06, 2017 4:01
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: None
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Lumayan lebih irit om. Saya juga pernah pakai Satria FU karbu konsumsi bensinnya memang di kisaran 35 km/liter. Riding style juga sama. Betul kata om, gregetan klo di rpm rendah, tapi di Satria injeksi ini power di rpm bawahnya lebih nendang om, jadi ga se-gregetan waktu dulu pake Satria karbu. Mungkin ini salah satu penyebab Satria injeksi lebih irit.t105erd wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 0:10
Wah irit banget satria injeksi, saya masih pakai yang tahun 2014 karburator cuma paling irit dapet 1:35 - 1:36 seringnya 1:32 - 1:34, satria kalo bawanya nyantai lemot suka geregetan dibawah 7000rpm, sekarag lebih sering pakai Jupiter Z1, lebih irit, waktu tempuh juga sama aja kalo dalam kota.
Btw Jupiter Z1 nya konsumsi bensinnya kisaran berapa om? Durability & performancenya gimana? Dulu sempet pengen beli sih, tapi masih ragu sama basis mesin Vega ZR nya, tetangga ada Vega ZR langganan mogok & susah hidup di pagi hari
Last edited by skyline38 on Mon Oct 24, 2022 10:44, edited 1 time in total.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Jul 06, 2017 4:01
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: None
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Permisi om semua, izin update lagi komparasi konsumsi bensin di Satria FU FI. Sebelumnya saya sudah isi Pertalite, Revvo92, dan sekarang adalah review untuk Shell Super 92.
Review Shell Super 92 di Satria FU FI
Saya pernah menulis ini di review sebelumnya, dan di pemakaian kali ini impresi saya tetap tidak berubah ... Entah mengapa, dari beberapa kendaraan yang saya isi Super 92 (Honda Brio, Honda Beat karbu, Honda Blade old, dan sekarang Satria FU FI), rasanya tidak sesuai ekspektasi. Power & smoothness tidak sebaik Pertamax, bahkan agak jauh dibanding Revvo92 yang sebelumnya saya isi. Idle di pagi hari kadang mesin mati karena rpm terlalu rendah. Konsumsi bensin juga tidak beda jauh. Tidak tahu kalau soal kebersihan mesin, karena konon Dynaflex technology dari Shell bisa membersihkan mesin. But, who can prove it objectively? Yang pasti, impresi saya tidak berubah. At least menurut pemakaian saya, Shell Super 92 ini rasanya di bawah Pertamax/Revvo92 , tapi tentu masih di atas Pertalite. Jelas, pendapat saya ini sangat subjektif dan belum tentu dirasakan oleh orang/kendaraan lain. No offense untuk pengguna Shell. I just didn't get what I expected.
Jarak tempuh Shell Super 92
Hari Minggu kemarin, fuelmeter kedip-kedip minta minum. Tadinya mau coba BP92, tapi posisi lagi di rumah dan SPBU BP terdekat ada di Karawaci yang jaraknya 14 km, keburu mogok duluan kalau maksain ke sana.. Akhirnya mampirlah ke pom bensin Pertamina dekat rumah untuk ngisi Pertamax..
Di posisi ini, odometer menunjukkan angka 14.340 km, dan tripmeter 163.7 km. Lalu masuklah 3.876 liter Pertamax ke tangki di harga Rp. 13.900 per liter. Saya minta struk, tapi ga available.. . Saya pribadi agak curiga angka 3.876 liter ini pas, karena itu berarti bensin di tangki hampir habis. Padahal fuelmeter kedip-kedipnya belum lama, sehingga hitungan kasar saya untuk isi full ada di kisaran 3.5 - 3.7 liter. Tapi apa boleh buat, meternya menunjukkan angka segitu ya sudah diterima saja.
Dari volume ini, bisa dihitung untuk konsumsi bensin Shell Super 92 adalah:
= 163.7 km/3.876 liter
= 42.2 km/liter
Result so far:
Pertalite: 44.4 km/liter
Revvo92: 45.1 km/liter
Shell 92: 42.2 km/liter
Jarak tempuh di bawah Pertalite dan Revvo92, tapi masih dalam rentang rata-rata jarak tempuh saya yang di kisaran 42 - 45 km/liter. Saya anggap ini masih normal, apalagi ditambah kecurigaan saya saat isi Pertamax yang menunjukkan angka 3.876 liter. Jika memang meteran SPBU Pertaminanya ga akurat, maka jarak tempuh Shell 92 masih bersaing dengan Pertalite & Revvo92.
Dari segi kepuasan berkendara, seperti di paragraf atas, tidak sepuas saat saya isi Revvo92. Jelas di atas Pertalite, tapi tidak sebaik Revvo92. At least on my ride. Results may vary on other vehicle/rider/driver.
Next review, mudah2an kesampaian nyoba BP92. Btw buat om Salvanost, terima kasih kirimannya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1145
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Belum hitung sih, yang pasti di angka 50an km/l.skyline38 wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 9:58Lumayan lebih irit om. Saya juga pernah pakai Satria FU karbu konsumsi bensinnya memang di kisaran 35 km/liter. Riding style juga sama. Betul kata om, gregetan klo di rpm rendah, tapi di Satria injeksi ini power di rpm bawahnya lebih nendang om, jadi ga se-gregetan waktu dulu pake Satria karbu. Mungkin ini salah satu penyebab Satria injeksi lebih irit.t105erd wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 0:10
Wah irit banget satria injeksi, saya masih pakai yang tahun 2014 karburator cuma paling irit dapet 1:35 - 1:36 seringnya 1:32 - 1:34, satria kalo bawanya nyantai lemot suka geregetan dibawah 7000rpm, sekarag lebih sering pakai Jupiter Z1, lebih irit, waktu tempuh juga sama aja kalo dalam kota.
Btw Jupiter Z1 nya konsumsi bensinnya kisaran berapa om? Durability & performancenya gimana? Dulu sempet pengen beli sih, tapi masih ragu sama basis mesin Vega ZR nya, tetangga ada Vega ZR langganan mogok & susah hidup di pagi hari
Performa sih bagus banget buat bebek kapasitas mesin segitu, naik ke 80kpj cepet ga lemot, top speed masih bisa 110kpj ++. Buat durability sih saya ga ragu, ini motor udah 72rb km ga ada masalah sama sekali mesinnya, yg penting rajin ganti oli sama filternya aja. Mesin luarny doang mirip vega zr dalemnya beda jauh, yz crank, piston forged, klep besar, injeksi dll bikin irit + bertenaga. outputnya aja beda jauh (6kW) 8HP vs (7.4kW) 10 HP. Buruan beli mumpung masih ada barunya di diler
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 790
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Masih bulan Oktober jadi masih boleh posting
Ane testing di motor ane Honda Supra Fit NF100L 2005. Motornya udah motor tua jadi emang requirement BBM nya RON 90 atau bahkan jangan2 RON 88 dah optimal. Emang kalo RON 90 vs yang lebih tinggi harusnya gak begitu kentara perbedaan. Tapi kalau sampai isu pertalite diukur pakai alat (yang entah akurasinya valid atau tidak) kandungan oktana nya cuma 86% harusnya juga ngefek, karena serendah2nya requirement ini motor jadul rasanya kalau sampe oktan 86 juga tetep kerendahan sih. Jadi kalau isu itu bener adanya ya harusnya ikutan lebih boros juga. Pengujian pake pertamina pertalite vs shell super, dengan metode full to full. Jadi dijamin akurat, bukan pake perasaan. Bukan juga metode, "biasanya gw full tank dapet 5 hari sekarang 3 hari"
Posisi sebelumnya tiap kali refueling mostly pertamax karena pertalite suka ngantri, dan sebelum pengujian pertama juga isinya pertamax. Jadi ane pake sampe si pertamax bener2 hampir habis baru penuhin lagi pake pertalite. Jadi anggap aja kadar pertamax di tangki dah ketiban pertalite yg masuk lah ya. Ini juga berlaku pada pengujian kedua yg pake shell super, pake sampe pertalite hampir habis baru penuhin super.
Sedikit identitas pengujian :
Sepeda motor : Honda Supra NF100L
Displacement : 100 cc
Oli mesin : Amsoil motorcycle 4T 10w-30
Kota : Bandung
Rute : kombinasi, mayoritas lancar perkotaan, sebagian jalanan datar dan sebagian jalanan nanjak turun khas Bandung bagian Utara.
Jumlah penumpang : mayoritas 1 orang, beberapa kali 2 orang
Metode : full to full
BBM 1 : pertalite (90)
BBM 2 : super (92)
Pengujian 1
Bensin sebelumnya adalah pertamax. Posisi udah hampir abis :
Kita isi penuh pake pertalite. Dapet 3,637 liter. Bensin sudah full. Odometer terpantau di 68.228,2 km. Motor siap dipake muter2. Sampai akhirnya bensin habis kembali dan akan dilakukan refueling. Odometer terpantau di 68.409,7 km. Artinya jarak yang ditempuh adalah sebesar 181,5 km. Kemudian dilakukan pengisian shell super sampai penuh. Didapatkan volumenya sebesar 3,75 liter.
181,5 : 4,75 = 48,4 km/L
Pengujian 2
Bensin sudah full oleh shell super. Odometer terpantau di 68.409,8 km (nambah beberapa puluh meter gara2 jalan di dalam SPBU)
Motor siap dipake muter2. Sampai akhirnya bensin habis kembali dan akan dilakukan refueling. Odometer terpantau di 68.571,3 km. Artinya jarak yang ditempuh adalah sebesar 161,5 km. Kemudian dilakukan pengisian kembali oleh shell super sampai penuh. Didapatkan volumenya sebesar 3,79 liter.
161,5 : 3,79 = 42,61 km/L
KESIMPULAN
Lah kok oom pake shell super malah lebih boros??? Iya kemungkinan hal tersebut terjadi gara2 pas pengujian kedua ane ada beberapa kali pake rute jarak pendek2, terus juga ada satu hari ane pake nanjak2 sambil bonceng teman pulak, mondar-mandir di daerah ciumbuleuit, setiabudi, dago dan jalan2 tikus di dalamnya yang tanjakannya suka gak kira2. Jadilah kemungkinan hal itu yang menyebabkan hasil pakai shell super lebih boros sedikit. Yang pas pengujian pertalite rute nanjak2nya cenderung lebih sedikit.
Jadi ya kalau rutenya sama, menurut ane konsumsi BBM nya juga bakalan sama aja, atau kalau beda gak akan jauh. Seperti yang dibilang oom Salvanost, kalau selisihnya masih di bawah 15 km/L masih belum seberapa berarti karena di angka 40an km/L ini kalo selsihnya cuma 5-6 km/L begini ya gak berasa selisih jumlah BBM yang dikonsumsinya. Gak percaya coba hitung aja sendiri.
Sekian dan terima kasih. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam laporan hasil pengujian ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Terima kasih sudah sharing omrakyatwkwkland wrote: ↑Sat Oct 29, 2022 16:18Masih bulan Oktober jadi masih boleh posting
Ane testing di motor ane Honda Supra Fit NF100L 2005. Motornya udah motor tua jadi emang requirement BBM nya RON 90 atau bahkan jangan2 RON 88 dah optimal. Emang kalo RON 90 vs yang lebih tinggi harusnya gak begitu kentara perbedaan. Tapi kalau sampai isu pertalite diukur pakai alat (yang entah akurasinya valid atau tidak) kandungan oktana nya cuma 86% harusnya juga ngefek, karena serendah2nya requirement ini motor jadul rasanya kalau sampe oktan 86 juga tetep kerendahan sih. Jadi kalau isu itu bener adanya ya harusnya ikutan lebih boros juga. Pengujian pake pertamina pertalite vs shell super, dengan metode full to full. Jadi dijamin akurat, bukan pake perasaan. Bukan juga metode, "biasanya gw full tank dapet 5 hari sekarang 3 hari"
Posisi sebelumnya tiap kali refueling mostly pertamax karena pertalite suka ngantri, dan sebelum pengujian pertama juga isinya pertamax. Jadi ane pake sampe si pertamax bener2 hampir habis baru penuhin lagi pake pertalite. Jadi anggap aja kadar pertamax di tangki dah ketiban pertalite yg masuk lah ya. Ini juga berlaku pada pengujian kedua yg pake shell super, pake sampe pertalite hampir habis baru penuhin super.
Sedikit identitas pengujian :
Sepeda motor : Honda Supra NF100L
Displacement : 100 cc
Oli mesin : Amsoil motorcycle 4T 10w-30
Kota : Bandung
Rute : kombinasi, mayoritas lancar perkotaan, sebagian jalanan datar dan sebagian jalanan nanjak turun khas Bandung bagian Utara.
Jumlah penumpang : mayoritas 1 orang, beberapa kali 2 orang
Metode : full to full
BBM 1 : pertalite (90)
BBM 2 : super (92)
Pengujian 1
Bensin sebelumnya adalah pertamax. Posisi udah hampir abis :
Kita isi penuh pake pertalite. Dapet 3,637 liter.
83076x.jpg
Bensin sudah full. Odometer terpantau di 68.228,2 km.
83075.jpg
Motor siap dipake muter2. Sampai akhirnya bensin habis kembali dan akan dilakukan refueling. Odometer terpantau di 68.409,7 km.
83077.jpg
Artinya jarak yang ditempuh adalah sebesar 181,5 km. Kemudian dilakukan pengisian shell super sampai penuh. Didapatkan volumenya sebesar 3,75 liter.
181,5 : 4,75 = 48,4 km/L
Pengujian 2
Bensin sudah full oleh shell super. Odometer terpantau di 68.409,8 km (nambah beberapa puluh meter gara2 jalan di dalam SPBU)
Motor siap dipake muter2. Sampai akhirnya bensin habis kembali dan akan dilakukan refueling. Odometer terpantau di 68.571,3 km.
83080.jpg
Artinya jarak yang ditempuh adalah sebesar 161,5 km. Kemudian dilakukan pengisian kembali oleh shell super sampai penuh. Didapatkan volumenya sebesar 3,79 liter.
83081.jpg
161,5 : 3,79 = 42,61 km/L
KESIMPULAN
Lah kok oom pake shell super malah lebih boros??? Iya kemungkinan hal tersebut terjadi gara2 pas pengujian kedua ane ada beberapa kali pake rute jarak pendek2, terus juga ada satu hari ane pake nanjak2 sambil bonceng teman pulak, mondar-mandir di daerah ciumbuleuit, setiabudi, dago dan jalan2 tikus di dalamnya yang tanjakannya suka gak kira2. Jadilah kemungkinan hal itu yang menyebabkan hasil pakai shell super lebih boros sedikit. Yang pas pengujian pertalite rute nanjak2nya cenderung lebih sedikit.
Jadi ya kalau rutenya sama, menurut ane konsumsi BBM nya juga bakalan sama aja, atau kalau beda gak akan jauh. Seperti yang dibilang oom Salvanost, kalau selisihnya masih di bawah 15 km/L masih belum seberapa berarti karena di angka 40an km/L ini kalo selsihnya cuma 5-6 km/L begini ya gak berasa selisih jumlah BBM yang dikonsumsinya. Gak percaya coba hitung aja sendiri.
Sekian dan terima kasih. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam laporan hasil pengujian ini.
Sudah saya pm ya silahkan dicek
Yg penting ketahuan pertalite boros seperti yg diviralkan orang2 atau tidak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Nemu iseng lagi di youtube...
Mobil pula... Isinya ga literan yg sama lohhhh
Jelas2 lebih banyak pertalite karena murah loh
Masih dibilang pertalite 4 hari habis
Kalau vivo sama shell 6 hari habis...
Mobil pula... Isinya ga literan yg sama lohhhh
Jelas2 lebih banyak pertalite karena murah loh
Masih dibilang pertalite 4 hari habis
Kalau vivo sama shell 6 hari habis...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Uji 10 sampling pertalite sumber berbeda buat diuji coba ronnya berapa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 568
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
jumat malam isi shell super 40 rb buat revo fi.
Biasanya isi pertamak 40 ribu.
secara feel sih, shell lebih halus, tenaganya dapet, n lebih irit.
ntr jumat ini isi super lagi ah.
Biasanya isi pertamak 40 ribu.
secara feel sih, shell lebih halus, tenaganya dapet, n lebih irit.
ntr jumat ini isi super lagi ah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1145
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Saya iseng test konsumsi BBM Yamaha Jupiter Z1 2014 yg baru saya beli seken buat gantian sama Suzuki Satria F150 yang ada di rumah. Kalo satria pernah test konsumsi BBM Pertamax bisa 1:32 - 1:35 km/l yg saya rasa boros kalo buat harian, jadi besar harapan si Jupiter ini bisa lebih irit 25 - 30%.
Langsung aja pengetesan menggunakan BBM jenis Shell Super, spek motor standar abis, oli menggunakan Shell AX7.
Jarak awal pengetesan tertera di odometer sebagai berikut. Kemudian BBM di isi full dan dibawa kerja seperti biasa dengan jarak PP 50km Bekasi - Jakarta Pusat - Bekasi. Berangkat jam 05.30 pulang jam 15.00. Gaya berkendara normal, kalo jalan kosong gaspol, kalo lalin padat santai.
Setelah indikator BBM tinggal setengah saya isi kembali Shell Super sampai full dengan jumlah tertera sebagai berikut. Dan jarak tempuh kendaraan akhir tertera di odometer sebagai berikut. Hasil rerata konsumsi BBM Yamaha Jupiter Z1 2014 menggunakan BBM jenis Shell Super adalah sebagai berikut:
(Km akhir - km awal)/jumlah bbm
(72.451 - 72.283)/2.35
168/2.35 = 71.48km/l
Hasil yg diluar dugaan saya, ekspektasi saya hanya di angka 1:55 km/l tapi ternyata bisa diatas 1:65 km/l, untuk pengetesan top speed motor juga masih bisa 110km/h ++. Bisa saja odometer motor saya sudah rusak karena usia dan pemakaian, maklum motor sudah jalan jauh.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1145
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
1:71 km/lskyline38 wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 9:58Lumayan lebih irit om. Saya juga pernah pakai Satria FU karbu konsumsi bensinnya memang di kisaran 35 km/liter. Riding style juga sama. Betul kata om, gregetan klo di rpm rendah, tapi di Satria injeksi ini power di rpm bawahnya lebih nendang om, jadi ga se-gregetan waktu dulu pake Satria karbu. Mungkin ini salah satu penyebab Satria injeksi lebih irit.t105erd wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 0:10
Wah irit banget satria injeksi, saya masih pakai yang tahun 2014 karburator cuma paling irit dapet 1:35 - 1:36 seringnya 1:32 - 1:34, satria kalo bawanya nyantai lemot suka geregetan dibawah 7000rpm, sekarag lebih sering pakai Jupiter Z1, lebih irit, waktu tempuh juga sama aja kalo dalam kota.
Btw Jupiter Z1 nya konsumsi bensinnya kisaran berapa om? Durability & performancenya gimana? Dulu sempet pengen beli sih, tapi masih ragu sama basis mesin Vega ZR nya, tetangga ada Vega ZR langganan mogok & susah hidup di pagi hari
Ga tau tuh beneran apa odometer saya yg rusak
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Ada yang share hasil tesnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5714
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
I see jadi vivo 89 itu ronnya 90.7 sedangkan pertalite 90.3.
Selain itu spesifikasinya mirip² kecuali kandungan sulfurnya pertalite hampir 2x nya vivo ya.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2941
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Test pake pertalite om jangan lupa biar dapat hadiaht105erd wrote: ↑Mon Oct 31, 2022 11:101:71 km/lskyline38 wrote: ↑Mon Oct 24, 2022 9:58Lumayan lebih irit om. Saya juga pernah pakai Satria FU karbu konsumsi bensinnya memang di kisaran 35 km/liter. Riding style juga sama. Betul kata om, gregetan klo di rpm rendah, tapi di Satria injeksi ini power di rpm bawahnya lebih nendang om, jadi ga se-gregetan waktu dulu pake Satria karbu. Mungkin ini salah satu penyebab Satria injeksi lebih irit.t105erd wrote: ↑Sun Oct 23, 2022 0:10
Wah irit banget satria injeksi, saya masih pakai yang tahun 2014 karburator cuma paling irit dapet 1:35 - 1:36 seringnya 1:32 - 1:34, satria kalo bawanya nyantai lemot suka geregetan dibawah 7000rpm, sekarag lebih sering pakai Jupiter Z1, lebih irit, waktu tempuh juga sama aja kalo dalam kota.
Btw Jupiter Z1 nya konsumsi bensinnya kisaran berapa om? Durability & performancenya gimana? Dulu sempet pengen beli sih, tapi masih ragu sama basis mesin Vega ZR nya, tetangga ada Vega ZR langganan mogok & susah hidup di pagi hari
Ga tau tuh beneran apa odometer saya yg rusak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3423
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Pertabo sama vpower di mid ane jg lebih irit si kerang 1km/liter. Lumayan juga
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Yg bener tembus 70km/ltr? ——.Surprisingly kalau ada kesempatan pindah ke Z1 aja dari Smash Fi. Tapi di pasaran jarang yang 2019 ke atas.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1145
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Lah saya yg punya motor aja bingung kok bisa seirit itu, padahal kilometer udag 71rb, mungkin pemilik sebelumnya ngerawat motor ini dengan baik. Beli baru aja om kalo ada rezekinya, emang jarang unitnya, kemarin mau beli baru aja indent, terus ada yg jual tahun 2014 cuma 7.5jt saya beli aja untuk gantian sama Satria F150 dirumah, ternyata masih bagus bgt mesinnya walau kilometer dah banyak. Kalo dah punya test sendiri biar percaya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 568
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Shell Super hari ini turun harga ya.
13,550 IDR/liter
https://www.shell.co.id/in_id/pengendar ... -fuel.html
13,550 IDR/liter
https://www.shell.co.id/in_id/pengendar ... -fuel.html
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Wed Aug 31, 2022 2:13
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha Vixion Toyota Corolla 1996
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
wah berani juga dibawah harga plat merah apa tidak takut di panggil kaya kasus vivo ya?satriakarisma wrote: ↑Tue Nov 01, 2022 1:16 Shell Super hari ini turun harga ya.
13,550 IDR/liter
https://www.shell.co.id/in_id/pengendar ... -fuel.html
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1092
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Antara pertamax nya telat turun ato bsk super nya naik lagicorollae11 wrote: ↑Tue Nov 01, 2022 4:01wah berani juga dibawah harga plat merah apa tidak takut di panggil kaya kasus vivo ya?satriakarisma wrote: ↑Tue Nov 01, 2022 1:16 Shell Super hari ini turun harga ya.
13,550 IDR/liter
https://www.shell.co.id/in_id/pengendar ... -fuel.html
Tp turbo nya lebi murah dibanding nitro +, gantian gpp mungkin haha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3423
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: tantangan terbuka bandingin pertalite vs bensin lain
Turbo kayanya emang selalu lebih murah dari nitro + om. Harga turbo biasanya deket2 ma vpower. Biar ron 95 vs 98, tp butt-o-meter ane ngerasa lebih enak yg ron 95kenop wrote: ↑Tue Nov 01, 2022 4:24Antara pertamax nya telat turun ato bsk super nya naik lagicorollae11 wrote: ↑Tue Nov 01, 2022 4:01wah berani juga dibawah harga plat merah apa tidak takut di panggil kaya kasus vivo ya?satriakarisma wrote: ↑Tue Nov 01, 2022 1:16 Shell Super hari ini turun harga ya.
13,550 IDR/liter
https://www.shell.co.id/in_id/pengendar ... -fuel.html
Tp turbo nya lebi murah dibanding nitro +, gantian gpp mungkin haha
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20