[SM Modification] Exhaust Upgrade

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bang penyu..pengaruh resonator sesudah header ke tenaga mesin byk ga yah?thanks
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ZombiEE wrote:bang penyu..pengaruh resonator sesudah header ke tenaga mesin byk ga yah?thanks
Ada ... apalagi kalau mesin turbo ... mesti betul2 dihitung.
Image
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

PenyuTurbo wrote:
ZombiEE wrote:bang penyu..pengaruh resonator sesudah header ke tenaga mesin byk ga yah?thanks
Ada ... apalagi kalau mesin turbo ... mesti betul2 dihitung.
Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo
Image
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

@penyuturbo
utk grand livina bisa kagak yah ? suara halus tp performance utk low RPM nya cepet. Maklum...1,5 AT nih mobilnya.

Saya deket gunung sahari tp msh ga tau di mana bengkel Standard Adi itu. Ada yg mo kasih tau jelasnya dimana ?

thx penyu
btw, elo ambil ilmu ape sih > ilmu2 rumus elo gue ampe pusing liatnya.........SALUT !
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.

Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

HasanFenny wrote:@penyuturbo
utk grand livina bisa kagak yah ? suara halus tp performance utk low RPM nya cepet. Maklum...1,5 AT nih mobilnya.

Saya deket gunung sahari tp msh ga tau di mana bengkel Standard Adi itu. Ada yg mo kasih tau jelasnya dimana ?

thx penyu
btw, elo ambil ilmu ape sih > ilmu2 rumus elo gue ampe pusing liatnya.........SALUT !
Itu pakai ILMU NUJUM ... ntar gw cariin yang 1.5L AT ... kalau dah jadi Low End Torque ... ntar jangan mengeluh High End Power-nya Yaaaa ... mesti yang high end dikorbanin ... hehehehehehe.
Image
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

@penyu
high end dikorbanin tp ga ampe 120km doang kan ? hehehehe

bagusnya apa medium end yah bung penyu ?
terlalu low end jg bukannya nanti jadi ndut ndutan kalo lagi macet? malah ga enak rasanya gas rem gas remnya nanti ?

nih mobil sih kalo deh RPM di atas 3, enak naeknya...nah gue maunya di RPM 2,5 lah kalo bisa. Bahkan di 2000rpm

tp omgong2, ogut baru sadar nih.....design utk knalpot ini dari header ampe belakang yah ? Kalo dari header sih, kaga mao, soalnya saya sukanya yg halus suaranya, hening gitu loh. Lagipula ngerepotin penyu. Tapi kalo ga keberatan sih, boleh aje sih utk liviners yg lain

ada cara lain ? mgkn bagian mufflernya aja gitu ?
kagak bisa kali yah ?
re-map gear ratio jg rumit, mana ini mobil baru lagi
cabe dehhhhhhh

thx bro, byk maunya nih gua
:)
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

HasanFenny wrote:@penyu
high end dikorbanin tp ga ampe 120km doang kan ? hehehehe

bagusnya apa medium end yah bung penyu ?
terlalu low end jg bukannya nanti jadi ndut ndutan kalo lagi macet? malah ga enak rasanya gas rem gas remnya nanti ?

nih mobil sih kalo deh RPM di atas 3, enak naeknya...nah gue maunya di RPM 2,5 lah kalo bisa. Bahkan di 2000rpm

tp omgong2, ogut baru sadar nih.....design utk knalpot ini dari header ampe belakang yah ? Kalo dari header sih, kaga mao, soalnya saya sukanya yg halus suaranya, hening gitu loh. Lagipula ngerepotin penyu. Tapi kalo ga keberatan sih, boleh aje sih utk liviners yg lain

ada cara lain ? mgkn bagian mufflernya aja gitu ?
kagak bisa kali yah ?
re-map gear ratio jg rumit, mana ini mobil baru lagi
cabe dehhhhhhh

thx bro, byk maunya nih gua
:)
Header mah ... cuman dari mesin ampe ke Catalytic Converter ... dibelakangnya kagak diubah ... ... Bisa ngasih ukuran Header yang sekarang terpasang ?
Image
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Post by HasanFenny »

nah itu dia, ukurnya gimana ?
musti liat kolong.....weleh wlehe,...

ada yg bisa bantu ga nih liviners yg lain ?
lagi liburan gini susah nih mo liat kolong suruh org. Maklum ogut ada masalah pinggang nih

ntar ya penyu,....dicari dulu caranya utk ukur
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

HasanFenny wrote:nah itu dia, ukurnya gimana ?
musti liat kolong.....weleh wlehe,...

ada yg bisa bantu ga nih liviners yg lain ?
lagi liburan gini susah nih mo liat kolong suruh org. Maklum ogut ada masalah pinggang nih

ntar ya penyu,....dicari dulu caranya utk ukur
Ok ditunggu ...
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

pantesan lhar bang..mobil saya agak kurang sreg gitu..abis yang di ganti cuman header sama downpipe sic..2 resonator dan 1 mufflernya ngak di ubah...bang penyu ada rekomen merk apa?mobil saya x-trail..thanks yah:)
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

PenyuTurbo wrote:
€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.

Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
Pak Penyu, terima kasih atas informasinya... nanti saya coba rancang dari gambarnya....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

€lj€p€ wrote:
PenyuTurbo wrote:
€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.

Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
Pak Penyu, terima kasih atas informasinya... nanti saya coba rancang dari gambarnya....


Woooookaaaayyy
Image
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.

mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

bang alim...saya sudah ganti ini knalpot...sudah dipakai 2 tahun..so far so gud de...
perubahan pertama yg saya kenali adalah suara menggerung dari knalpot inova OEM jauh berkurang, itu berarti jauh lbh hening:)

throttle response low end nya lbh sigap:)

thanks.
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

intinya ok ya om ZombiEE?
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

alim ulama wrote:om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.

mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

ZombiEE wrote:bang alim...saya sudah ganti ini knalpot...sudah dipakai 2 tahun..so far so gud de...
perubahan pertama yg saya kenali adalah suara menggerung dari knalpot inova OEM jauh berkurang, itu berarti jauh lbh hening:)

throttle response low end nya lbh sigap:)

thanks.
Suara menggerung itu akibat kecepatan gas keluarnya terhambat ... kalau udah ada balance yang optimum antara Kecepatan dan Volume Gas buang yang mesti dikeluarkan melalui lubang knalpot ... ya suara nggerung nya akan hilang.
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Post by ZombiEE »

intinya bang alim...sip de...cuman utk harga buatan lokal yah agak mahal aza IMO:)tapi gue puas bgt ama performa nya:)
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

PenyuTurbo wrote:
alim ulama wrote:om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.

mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.
Btul banget nih bro... Denger2 kegedean...Ini juga ya yg bikin ipah boros?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

r1210g wrote:
PenyuTurbo wrote:
alim ulama wrote:om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.

mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.
Btul banget nih bro... Denger2 kegedean...Ini juga ya yg bikin ipah boros?
Ya lah ... power nya gak keluar bensin-nya nyrocos ... jadi boros.

Mesti di Optimasikan supaya power optimal ... dan memperbaiki konsumsi BBM.
Image
User avatar
abdoel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33

Post by abdoel »

PenyuTurbo wrote:
r1210g wrote:
PenyuTurbo wrote: Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.
Btul banget nih bro... Denger2 kegedean...Ini juga ya yg bikin ipah boros?
Ya lah ... power nya gak keluar bensin-nya nyrocos ... jadi boros.

Mesti di Optimasikan supaya power optimal ... dan memperbaiki konsumsi BBM.
tenang saja PPT lagi nrancang knalpot ipah tuh................. :e-dance:
alim ulama
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 317
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45

Post by alim ulama »

hihi.. ditunggu om PenyuTurbo desainnya.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

PenyuTurbo wrote:
€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.

Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
Jadi disisi paling atas ya... yang dibuat cabang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by €lj€p€ on Thu Oct 11, 2007 8:36, edited 2 times in total.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

wah gambarnya ga masuk tuh bro..
Di forum ini ga ada codecnya...
Ngomong2, kalo boleh tau kenapa pengen 2 gitu bro?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..