Kaleem2.... diskusi ajaah, kalo masalah batere itu malah sy mikirnya relatif ya. Kan dah ada 2 chemistry NMC sama LiFePO4, ada untung ruginya. Yg NMC dah dari 1980 risetnya, scr chemistry dah cukup maju, tinggal secara mekanis, jd kalo kaya solid state itu kan cuma gimana cara ganti elektrolit dr cair/gel ke padat.
Tebakan saya malah ntar risetnya dasarnya di elektronik, di kontrollernya, gimana bisa monitor itu batere secara detail, gimana balancing batere.
Nah malah besarnya, secara bisnis, ini gimana mitigasi risiko batere, terutama di level individual customer, ini harusnya malah peluang bisnis. Paling basic itu model sewa, hasil sewa bisa buat float bond, nah advancednya sewanya bisa dynamic, tergantung si konsumen pake batere, tambah kasar pake tambah gede surchargenya. Ngisi batere pake apps, ndak bayar sewa batere ngebrick. Pasti ada yg ngakalin, tp ini cuma 0.01%, lagian dimari tukang akal2an gini bisa ditindak non hukum, kirim mata elang misalnya.
Nah kalo per bond di float untuk 10k-20k batere kan berarti kayak asuransi, bisa saling tutup, overall bondholdernya tetep dapet rata2nya.
Sekarang fedrate masih tinggi agak telat ya, nah kalo past 2025 turun lagi, bisa masuk big financiernya, dan data2nya disupport oleh early adopter EV macam saya.....
Naah kalo mobil dah gini, memang yg paling kena itu yg seneng freedom, idup akan kekunci provider batere, nurut apa kata mereka kan, kalo ICE kan bisa beli lepas, mau diapain juga terserah, ntar kalo EV jadi kendaraan as a service ya abis freedom
Kalo Air EV sy termasuk grup menghujat, tapiiiiiii yg sy hujat harganya
, bukan mobilnya pekgo ndak mikir sy bungkus, ambil yg kuning sy decal Pikachu....