Cari aja yg murah, 20rb atau 2 taun ganti.bangsaun wrote: ↑Sun Oct 30, 2022 12:50Terimakasih om pencerahannya, tapi untuk Q8 T55 ga masuk budgetnya omsahabatq8 wrote: ↑Sun Oct 30, 2022 7:38GL5 ada aditif EPnya dan di design khusus untuk gardan. Kalo oli GL4 dipakeiin di gardan bakal cepet aus. Sebaliknya, GL5 juga belum tentu bisa untuk transmisi manual karena aditif tersebut sifatnya korosif terhadam logam kuningan yang biasanya ditemukan di syncromeshnya.bangsaun wrote: ↑Sun Oct 30, 2022 6:55 Sore semuanya,
Mau tanya utk Oli Transmisi & Oli Gardan untuk Suzuki APV 2007 yang rekomen apa ya?
Saya cek dibuku manual spek nya;
Oli Transmisi: 80w-90 API GL4
Oli Gardan : 80w-90 API GL5
Apa bisa oli gardan pakai punya oli transmisi nya walaupun beda spek di API GL nya? Rencana ganti di TODA.
Terimakasih.
Kalo budget masuk buat gardan boleh coba Q8 T55 80w90 om (GL5) , di toda ada jual.
Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5908
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Om suhu minta rekomendasi oli cvt buat gantiin HCF-2 di hrv ane donk...makasi hu..
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11995
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mangga dicoba mbah
Siapkan 4-5 liter
- Q8 CVT Evo
https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-cv ... ransmision
- Amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... -fluid-1lt
Isi 4 liter semua:
1. Buang yg lama sampai habis tetesan nya
2. Isi yg baru
3. Mesin dinyalakan dan pindah2kan tuas transmisi...
Metode level checknya:
- setelah mesin dinyalakan bbrp menit, pindah" tuas transmisi
- mesin dimatikan
- check level ATF nya sampai gak tumpah dr lubang indikator
*pastikan ada cairan ATF yg keluar ketika ngecek
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11995
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Kapasitas oli cvt nya erpi bukannya 3.5 liter om? Diisi 4 liter ga masalah yak,makasi omSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 06, 2022 1:27Mangga dicoba mbah
Siapkan 4-5 liter
- Q8 CVT Evo
https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-cv ... ransmision
- Amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... -fluid-1lt
Isi 4 liter semua:
1. Buang yg lama sampai habis tetesan nya
2. Isi yg baru
3. Mesin dinyalakan dan pindah2kan tuas transmisi...
Metode level checknya:
- setelah mesin dinyalakan bbrp menit, pindah" tuas transmisi
- mesin dimatikan
- check level ATF nya sampai gak tumpah dr lubang indikator
*pastikan ada cairan ATF yg keluar ketika ngecek
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11995
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
GppKrigger wrote: ↑Sun Nov 06, 2022 10:13Kapasitas oli cvt nya erpi bukannya 3.5 liter om? Diisi 4 liter ga masalah yak,makasi omSuryaputra wrote: ↑Sun Nov 06, 2022 1:27Mangga dicoba mbah
Siapkan 4-5 liter
- Q8 CVT Evo
https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-cv ... ransmision
- Amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... -fluid-1lt
Isi 4 liter semua:
1. Buang yg lama sampai habis tetesan nya
2. Isi yg baru
3. Mesin dinyalakan dan pindah2kan tuas transmisi...
Metode level checknya:
- setelah mesin dinyalakan bbrp menit, pindah" tuas transmisi
- mesin dimatikan
- check level ATF nya sampai gak tumpah dr lubang indikator
*pastikan ada cairan ATF yg keluar ketika ngecek
Krn itu kapasitas di oil pan (belum kondisi mesin kerja yg udh sirkulasi ke daleman girboks)
Kan dibuang lebihnya di lubang check level nya (dibuka dulu baut nya)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Para suhu SM, kalau Motul HD-X 80W-90 GL5 apakah cocok utk digunakan di gardan fortuner yg 2GD?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2314
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
75w90 ato 80w90 apa aja bebas asal GL-5bapakne_satya wrote: ↑Thu Nov 10, 2022 23:53 Para suhu SM, kalau Motul HD-X 80W-90 GL5 apakah cocok utk digunakan di gardan fortuner yg 2GD?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
- Location: Balikpapan-Yogyakarta
- Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Terima kasih suhu @sahabatq8sahabatq8 wrote: ↑Fri Nov 11, 2022 3:3775w90 ato 80w90 apa aja bebas asal GL-5bapakne_satya wrote: ↑Thu Nov 10, 2022 23:53 Para suhu SM, kalau Motul HD-X 80W-90 GL5 apakah cocok utk digunakan di gardan fortuner yg 2GD?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
coba nyari PDS nya ga ketemu, seperti ini full synthetic, perbaikan dari SP4
Terima kasih
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2314
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Untuk hyundai apa om?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Di PDSnya aisin afw-vi sih comply hyundai sp-4 dan sp-4m om,
Saya coba cari2 pds di merk lain rata2 baru comply sp4 aja
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11995
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... ent-ws-1lt
Amsoil ATF Fuel Efficient
V100 di 6,3 cSt
Cek PDS, comply ke SP4M
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 579
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Wah terima kasih Oom @Suryaputra, Oom @ariswp dan Oom @sahabatq8
Untuk gear reduction Ioniq5
Untuk gear reduction Ioniq5
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mau tanya
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2314
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11995
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Wowh reduction gearnya yoniq pk ATF low visco
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Sekarang mobil saya pakai toyota lv75 mtf omsahabatq8 wrote:Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
Apakah viskositasnya lv75 dan dct evo setingkat? Kalau setingkat kayanya masih aman om
Spek mtf di owners manual gna dan gnki kalo gak salah minta sae 80w, tapi toyota sendiri gak jual 80w single grade.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2314
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oh, baru tau saya om toyota ada oli LV75 mtf. Dulu pernah masuk dari toyota jepang yang botol emas tapi gak banyak beredar. Kalo dia 75w dipake di GNKI dan GNA aman brati pake DCT EVO bisa bisa aja karena secara kekentalan seharusnya sama kalo 75W. PDSnya punya gak om si LV75 , saya nyari gak nemu.zzzprince wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 4:20Sekarang mobil saya pakai toyota lv75 mtf omsahabatq8 wrote:Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
Apakah viskositasnya lv75 dan dct evo setingkat? Kalau setingkat kayanya masih aman om
Spek mtf di owners manual gna dan gnki kalo gak salah minta sae 80w, tapi toyota sendiri gak jual 80w single grade.
Btw kalo mau coba make sure yang DCT EVO ya, kalo yang auto dct (dulu sempet ada pail, tapi udah discontinue sih. Itu hanya untuk DCT wet clutch).
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Oli trans single grade 80w bisa pake shell spirax s3 om, yang botol hitam. Kalo diliat pdsnya lumayan lebih encer dibanding 80w90.zzzprince wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 4:20Sekarang mobil saya pakai toyota lv75 mtf omsahabatq8 wrote:Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
Apakah viskositasnya lv75 dan dct evo setingkat? Kalau setingkat kayanya masih aman om
Spek mtf di owners manual gna dan gnki kalo gak salah minta sae 80w, tapi toyota sendiri gak jual 80w single grade.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua
Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali
Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm)
Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin,
Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua
Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali
Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm)
Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin,
Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Car
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Wow encer ya LV1 ini. Mirip kyk vavoline maxlife botol merahariswp wrote:Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua
Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali
Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm)
Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin,
Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Iya om, lebih encer maxlife merah dikit malah, kelebihan lainnya di temperatur dingin (40derajat), maxlife lebih mendekati karakteristik dw1 yg cstnya maen di 25 derajat,jnkr wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 20:13Wow encer ya LV1 ini. Mirip kyk vavoline maxlife botol merahariswp wrote:Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua
Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali
Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm)
Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin,
Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb
Tapi yah karena disini gak ada jual offline jadi pake ptt saja
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5908
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
Mobil apa ini om? Freed kah?ariswp wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 10:00 Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua
Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali
Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm)
Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin,
Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb
Jadi ini itungannya setengah DW setengah PTT dong ya. Haha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 594
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02
CRV RE1 om, iya ini sepertinya 40% PTT 60% DWsintoni wrote: ↑Sat Nov 19, 2022 3:22Mobil apa ini om? Freed kah?ariswp wrote: ↑Fri Nov 18, 2022 10:00 Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua
Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali
Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm)
Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin,
Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb
Jadi ini itungannya setengah DW setengah PTT dong ya. Haha.
Rencana sebulan lagi mau drain and refill lagi PTT, targetnya 70-80% PTT (3x 3liter drain and refill dengan PTT)
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08