Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1602
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by dsign1990 »

Jupiemx99 wrote: Tue Nov 22, 2022 11:08
darrelund wrote: Tue Nov 22, 2022 9:21
esaka wrote: Tue Nov 22, 2022 7:52

Platform bawaan memang beda om, tapi mengingat jenisnya MPV, kombo yang saya benci jadi satu, saya punya asumsi Zinix ini akan meninggalkan trademark tahan banting-nya ToyoDai. Ane nggak melihat perbedaan mendasar dengan kasta bawahnya (Raize, Veloz). Sistem hybrid ? No, No, No.
Torsion beam kalau di pikiran ane dipilih karena murni secara biaya paling murah... :big_bored:
Inget iklan jadul Innova, jualannya emang bukan di mesin atau desain kece tapi kaki-kaki tahan banting yang diperuntukkan di jalanan tidak mulus. Kayak berteriak, jangan bawa gw ke jalanan bagus dong, gw itu mobil keluarga yang dibuat untuk menemani waktu sedih kalian. Paham son? :big_smoking:
TBH, All New BRV tiba-tiba jadi terlihat lebih ganteng dan (di mata ane) telah menjadi pesaing se-kasta. Masih menyediakan pilihan Manual Transmission dalam platform yang sama, driving experience yang jelas bawaan Honda dari dulu, engine refinement yang selalu top, looks-nya cakep pula karena bukan selera Inspektur Vijay. Sisa H (tegak dan miring) yang beneran ngasih platform global di pasar lokal, merek lain malah maksain selera Ins.Vijay ke sini. :big_dunno:

Kalau bicara sedan, CVT+FWD+Monokok tentulah kombo top karena memang watak lahir mobil sedan yang beda ama MPV. But...but...but, this is MPV, medium size pula. Fix lah, ToyoDai sedang berbaik hati mau bagi2 kue market share ama merk lain.

Yeah, we can't go back. We can't. Nasib niche market. Mungkin pelan-pelan gw harus ganti mindset gw perkara modern standard ini. :big_cry:
sebagus bagusnya BRV ttp aja itu mobil b-segment digedein :big_biglaugh:

zenix itu c-segment a.k.a setara CRV, ud gtu sharing platform sama lexus UX. beda kasta

MPV jg ga mesti ladder rwd, diluar sana MPV ya fwd + cvt + monokok, odisei aja begitu kan :big_biglaugh:

zenix is built to a price point, makanya ada sacrifice tertentu. dan mobil yg besar jg ofc pakai bahan lebih banyak & enjineering lebih lama krn ni mobil harus akomodasi banyak use case

skrg ladder modern ad TNGA-F, zenix bs aja pke itu. cuma klo jd mahal bgt siap bayar ga?

enjineering bukan cm soal mau pke enjin ap, mau pke suspensi ap. tapi harus mikirin cost jg um........................

klo pengen produk toyota yg hasil selfish enjinir, ya LC300 itu.........
Tapi kenapa brv tidak begitu laku ya.. dibandingkan dengan xpander atau avanza.. bahkan lebih laku hrv yg lebih mahal.. :big_think:
karena desain yg kurang atraktif ( meski ane paling suka yg kalem2 gini daripada xpander atau veloz yg rame ) dan stereotip basic brio nya dia yg bertebaran di komentar2 hujat padahal xpander dan avanza juga mobil kelas bawah ditambah rekam jejak brv yg pernah diskon gila2an di 2018 bikin waswas sama resale value kalau beli di harga normal
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by mobilover »

grimjow wrote: Tue Nov 22, 2022 23:22 Innova Zenix Q HV kalau vs Fortuner VRZ 2.8 diesel mirip2 ya harganya. Power di atas kertas menang Fortuner, walaupun motor listrik Zenix akan lebih bantu di akselerasi awal.
Running cost mungkin akan tetap lebih murah Fortuner kalau dihitung selisih harga baterei Zenix yang lumayan puluhan juta dengan versi non hybrid nya.
Secara fitur beda jauh sih antara zenix Q dan fortie GR. Pano sunroof, 6 airbag, TSS 3.0, ottoman capt seat. Kl fortie pakai pertamina dex dan zenix pakai pertamax, seharusnya utk pemakaian 8 - 10 tahun jatuhnya biayanya mirip kalau asumsi baterainya zenix diganti di tahun ke 9. Soalnya kl masih 8 tahun baterainya masih gratis diganti krn ada garansi. Apalagi kalau ganti mobil sebelum 8 tahun, udah pasti zenix lbh murah dr fortie. Tp kl utk resale value masih abu2 yah tergantung kondisi pasar saat itu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9688
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

grimjow wrote: Tue Nov 22, 2022 23:22 Innova Zenix Q HV kalau vs Fortuner VRZ 2.8 diesel mirip2 ya harganya. Power di atas kertas menang Fortuner, walaupun motor listrik Zenix akan lebih bantu di akselerasi awal.
Running cost mungkin akan tetap lebih murah Fortuner kalau dihitung selisih harga baterei Zenix yang lumayan puluhan juta dengan versi non hybrid nya.
Beda peruntukan banget ini.

Scr fungsi:
- Zenix = mobilitas dalam kota dan luar kota rute tol atau aspal + stabilitas monokok C-segment
- Forti = mobilitas yg rawan banjir, jalan rusak, hampir kemana pun lahh dan sejenisnya (kecuali offroad berat)

Makanya jd jelas nih skrg.
Why people should buy innova atau forti?

Klo dulu kan.. mending beli innova aja lah, basisnya sepersusuan dan lbh murah.

Sekarang No mending-mending antara ipah jinik atau forti :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

dsign1990 wrote: Tue Nov 22, 2022 23:49

karena desain yg kurang atraktif ( meski ane paling suka yg kalem2 gini daripada xpander atau veloz yg rame ) dan stereotip basic brio nya dia yg bertebaran di komentar2 hujat padahal xpander dan avanza juga mobil kelas bawah ditambah rekam jejak brv yg pernah diskon gila2an di 2018 bikin waswas sama resale value kalau beli di harga normal
bukan itu om line upnya BRV itu terbatas

dulu gak laku karena orang kira mobilio sama kek brv karena mobilio lebih murah jd orang ambilnya mobilio padahal BRV itu axle sama mesinnya HRV ditambah baut rodanya juga lobang 5, ya salah honda juga sih bikinnya nanggung ud tingginya mirip2x interiornya juga mirip2x :big_bored:

tapi lucunya di pasaran second BRV itu gampang banget dijual dibanding mobilio :big_biglaugh:

sekarang dia starting pricenya aja 280jt, avanza 233, ertiga 225, xpander 254

yang bener2x saingan dia cuma rushter doank om kalo bandingin sama aavanza ya jd kebanting karena avanza ertiga xpander kan maennya mpv lagian kalo dari penjualan dipisah jadi saingannya cuma RUSH, TERIOS, xpander cross sama XL7 kalo kek gini sih dia 3 besar mulu kok :mky_03:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4205
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Wed Nov 23, 2022 0:11
Beda peruntukan banget ini.

Scr fungsi:
- Zenix = mobilitas dalam kota dan luar kota rute tol atau aspal + stabilitas monokok C-segment
- Forti = mobilitas yg rawan banjir, jalan rusak, hampir kemana pun lahh dan sejenisnya (kecuali offroad berat)

Makanya jd jelas nih skrg.
Why people should buy innova atau forti?

Klo dulu kan.. mending beli innova aja lah, basisnya sepersusuan dan lbh murah.

Sekarang No mending-mending antara ipah jinik atau forti :big_biglaugh:
sebnernya pasaranya innova yang RWD juga emang mayoritas butuhnya manual kalo metic siapa yang bisa overhaul disana :big_biglaugh:

ud bener sisain 2.4g manual

zenix mah buat pulau jawa aja sama kota2x besar di pulau laen cuma kalo ud pelosok emang bener sih butuhnya manual g aja cukup :mky_03:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by evanbngdor »

XMTdeluxe wrote: Tue Nov 22, 2022 19:36
KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
Hahahaha... ada juga yg sepemikiran dengan saya. Harusnya ini lebih pas disebut reborn. Yg kmrn innova gendut. Zenix seharusnya menanggalkan nama Kijang, karena melekat kesan durability dan simpel (sederhana). Zenix lebih pesolek hitech.
Zenix batch-1 kira2 akan ada "defect" apa ya Om2? GNKI non euro isu boros kalau tdk salah ya? ANKI putu jedug. Menarik sih, but wise man says: only fools rush in 😂
Wait and see dulu melihat isunya. Jangan2 ntar kayak merk pilihan org pintar: di bwh 10 ribu km kaki2 sdh gluduk2, gak sampai 1 tahun batre (aki) mati 🤣🤣, racksteer tiap tahun hrs ganti atau kudu diteplon :ngacir:
Secara mesin+transmisi sdh proven jg di voxy, harusnya gada isu di sektor itu
Kalo feeling saya sih mungkin ada 1 - 2 defect atau issue kecil di suspensi nya ini mobil.

MacPherson yg dipake belom teruji secara penuh dengan pemakaian dan penggunaan Innova di habitatnya khususnya non jabodetabek, apalagi kalo gaya nyetir innova sasis truk dipake juga di innova zenix ini.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

Suryaputra wrote: Wed Nov 23, 2022 0:11
Beda peruntukan banget ini.

Scr fungsi:
- Zenix = mobilitas dalam kota dan luar kota rute tol atau aspal + stabilitas monokok C-segment
- Forti = mobilitas yg rawan banjir, jalan rusak, hampir kemana pun lahh dan sejenisnya (kecuali offroad berat)

Makanya jd jelas nih skrg.
Why people should buy innova atau forti?

Klo dulu kan.. mending beli innova aja lah, basisnya sepersusuan dan lbh murah.

Sekarang No mending-mending antara ipah jinik atau forti :big_biglaugh:
secara konsep sih bener. realitas fortuner untuk dalam kota.
kalau mau main lumpur pakai Hilux
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by vipere »

mobilover wrote: Wed Nov 23, 2022 0:03
grimjow wrote: Tue Nov 22, 2022 23:22 Innova Zenix Q HV kalau vs Fortuner VRZ 2.8 diesel mirip2 ya harganya. Power di atas kertas menang Fortuner, walaupun motor listrik Zenix akan lebih bantu di akselerasi awal.
Running cost mungkin akan tetap lebih murah Fortuner kalau dihitung selisih harga baterei Zenix yang lumayan puluhan juta dengan versi non hybrid nya.
Secara fitur beda jauh sih antara zenix Q dan fortie GR. Pano sunroof, 6 airbag, TSS 3.0, ottoman capt seat. Kl fortie pakai pertamina dex dan zenix pakai pertamax, seharusnya utk pemakaian 8 - 10 tahun jatuhnya biayanya mirip kalau asumsi baterainya zenix diganti di tahun ke 9. Soalnya kl masih 8 tahun baterainya masih gratis diganti krn ada garansi. Apalagi kalau ganti mobil sebelum 8 tahun, udah pasti zenix lbh murah dr fortie. Tp kl utk resale value masih abu2 yah tergantung kondisi pasar saat itu
Kalo gak pilih yg Q non hybrid. running cost mendingan beli mobil bensin dah. di mana bbm lain turun, ini dex naik mulu. sungguh terlalu.
kalau mau isi bio solar sih itu pilihan sendiri, kalo mau main russian roullete .
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by slowipah »

Tunggu facelift/upgrade nya 2-3 taon , ud perbaikan dr defect2 yg input dr complain customer, tmbh drl/foglamp
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

sayang sekali foglamp tidak ada, walaupun kelas terendah, tapi harga mobil diatas 400 juta

Mobil jaman sekarang bikin pusing. Body segede gajah tapi mata sipit (lampu utama)
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1560
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by pengendiesel »

Bingung kenapa pada bingung kalo mobil gak dikasi foglamp n drl :big_think: gak ada fungsi,cuma buat kosmetik doang. Ntar kalo rusak malah nguras dompet
Cek aja anps pfl,drlnya banyaaaaakkkk yang burem atau bahkan mati

Imho dari depan malah lebih suka yang g n v daripada q,lebih clean
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 655
Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Dogies »

slowipah wrote: Wed Nov 23, 2022 2:50 Tunggu facelift/upgrade nya 2-3 taon , ud perbaikan dr defect2 yg input dr complain customer, tmbh drl/foglamp
R&D real situation gak perlu ngeluarin duit krn pake duit customer... :big_peace:
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by esaka »

Suryaputra wrote: Wed Nov 23, 2022 0:11
Beda peruntukan banget ini.

Scr fungsi:
- Zenix = mobilitas dalam kota dan luar kota rute tol atau aspal + stabilitas monokok C-segment
- Forti = mobilitas yg rawan banjir, jalan rusak, hampir kemana pun lahh dan sejenisnya (kecuali offroad berat)

Makanya jd jelas nih skrg.
Why people should buy innova atau forti?

Klo dulu kan.. mending beli innova aja lah, basisnya sepersusuan dan lbh murah.

Sekarang No mending-mending antara ipah jinik atau forti :big_biglaugh:
Bener tuh yang bilang realitas membuktikan kalau Fortuner yang emang basisnya mobil off-road malah kebanyakan sliweran di jalan raya.
Menandakan pola pikir konsumen lokal dimari yang masih cenderung buy and forget , Fortie juga udah jadi perlambang kasta OKB atau minimal golongan menengah-mewah (penghasilan menengah, gaya hidup mewah)
Dulu memang bener, mending beli Innova karena dapat paket lengkap (durabilitas light truck + nyamannya MPV di segala area + lebih murah daripada saudara kembarnya)
IMHO, di Jakarta yang katanya jalannya udah gak ada jalan jelek (padahal banyak banget aspal gak rata) , orang masih lebih banyak yang pakai RWD, mobil off-road dan truk MPV ketimbang sedan atau mobil jenis lainnya. Selain karena menghindari banjir, juga karena menghemat bajet perawatan kaki-kaki. :big_bored:
lama-lama emang lebih worthy miara BMW bekas sebagaimana ide om mod ChZ, daripada miara jejepangan yang fokusnya pindah ke konsumen dengan tipikal turn-over rate yang tinggi...
di saat sekat-sekat segmen low-MPV, med-MPV, LCGC, low SUV, crossover semakin kabur...segmen mobil tempur ama mobil keluarga justru diperjelas pemisahnya.
itu bengkel spesialis kaki-kaki H bakal ketambahan calon pasien baru :big_smoking:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Pboyz97 »

desainnya kaya veloz dimelarin, cuma interior dan fiturnya cukup improve dari reborn. sayang sekali rwd, manual dan dieselnya malah dihilangkan
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 300
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by fansdiesel »

makin gak logic bawa diesel di perkotaan

zenix hybrid aja bisa 1:20 ... bensin 1:15....ngapain beli diesel harus antri biosolar ...dex mahal..... :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kayaknya mobkas diesel mahal harga jatuh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

ac235287 wrote: Tue Nov 22, 2022 10:22
Khusus e-brake menurut ane mesti ada manual realease nya, ntah d tarok d kabin atau d luar Kabin. Sebab e brake kan pake motor, kalo motor nya panas/somegiw fail dan nge kunci, gak bisa d bawa tu mobil (di paksa bisa kebakar cakram sama kampas).
ya kalo mau ngebuka tuh epb, musti ngolong pake kunci L :mky_03: aturan mah di dalem kabin om biar kl kenapa-napa bisa dipake.
black2345 wrote: Tue Nov 22, 2022 12:45

User old r3 2012 & ol niu hadir.. hahaha

Memang ga sebadak avanza sih kaki2 ertiga ini, tp yg ertiga old pake dari baru sampe 7th, terakhir dijual km tercatat sekitar 140rb. Sering bawa muatan jg dr sby-solo-jogja dimana waktu itu trans javabahn blm ada, jd bs dibayangkan ikut ngehajar lubang2 di daerah caruban waktu musim hujan

Selama 6th kaki2 yg rusak cm racksteer (3x klaim krn masih garansi & diganti free) setelah itu ndak rusak lagi & shock depan yg tiba2 mati di th ke 4

Kemudian ganti ol niu th 2019, mobil masih dipake smp skrg, km uda 40rb sekian dan yg bikin heran ini kaki2nya awet bener, meskipun ada harga yg harus dibayar dgn mengorbankan kenyamanan (jujur lebih nyaman old r3 dibanding yg ol niu). Kondisi ban & velg jg uda di up ke ring 16 pake bawaan merk sebelah.. hehehe
er3 sih kekuatannya standar mobil fwd mbah :mky_01: walaupun skrg mobil fwd jg awet-awet
KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
bener nih, malah jd mobil crossover suv yang cuma pake nama kijang :big_bored:
DOHC wrote: Tue Nov 22, 2022 13:26

cuman beda perlakuan mbah

kan tipikal masda user itu kalangan beduit yg peduli mobil , makanya mo diperes abis2an jg gapapa

kl inofa kan tipikal mobil travel gelap sulawesi sana, atau jd mobil2 plaat merah yg prawatan mirip mikrolet kopami

nah makanya seru neh, tes kekuatan dan keawetan inofa baru, bsa ga seawet gen 1TR kakak2 nya dgn prawatan ala mikrolet kopami
tp toyodai lumayan pny nyali mbah ntu roki 1.2 juga CRnya tinggi tuh :mky_03: jgn2 waktu test mule udah dicoba pake pertalite trs oli pake mesran 20W50 kali :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 3:33
ac235287 wrote: Tue Nov 22, 2022 10:22
Khusus e-brake menurut ane mesti ada manual realease nya, ntah d tarok d kabin atau d luar Kabin. Sebab e brake kan pake motor, kalo motor nya panas/somegiw fail dan nge kunci, gak bisa d bawa tu mobil (di paksa bisa kebakar cakram sama kampas).
ya kalo mau ngebuka tuh epb, musti ngolong pake kunci L :mky_03: aturan mah di dalem kabin om biar kl kenapa-napa bisa dipake.
black2345 wrote: Tue Nov 22, 2022 12:45

User old r3 2012 & ol niu hadir.. hahaha

Memang ga sebadak avanza sih kaki2 ertiga ini, tp yg ertiga old pake dari baru sampe 7th, terakhir dijual km tercatat sekitar 140rb. Sering bawa muatan jg dr sby-solo-jogja dimana waktu itu trans javabahn blm ada, jd bs dibayangkan ikut ngehajar lubang2 di daerah caruban waktu musim hujan

Selama 6th kaki2 yg rusak cm racksteer (3x klaim krn masih garansi & diganti free) setelah itu ndak rusak lagi & shock depan yg tiba2 mati di th ke 4

Kemudian ganti ol niu th 2019, mobil masih dipake smp skrg, km uda 40rb sekian dan yg bikin heran ini kaki2nya awet bener, meskipun ada harga yg harus dibayar dgn mengorbankan kenyamanan (jujur lebih nyaman old r3 dibanding yg ol niu). Kondisi ban & velg jg uda di up ke ring 16 pake bawaan merk sebelah.. hehehe
er3 sih kekuatannya standar mobil fwd mbah :mky_01: walaupun skrg mobil fwd jg awet-awet
KielConstantine wrote: Tue Nov 22, 2022 12:53
Klo gw nganggepnya sih platform “kijang” udah beneran disuntik mati pas kluar zenix ..

Harusnya nama Innova Reborn ya yg generasi baru launch skarang ini.. yg lama udah disuntik mati sampe platform2 dan mesinnya, terus reborn lagi jadi FWD + Monocoque + CVT + New Engine :big_biglaugh:
bener nih, malah jd mobil crossover suv yang cuma pake nama kijang :big_bored:
DOHC wrote: Tue Nov 22, 2022 13:26

cuman beda perlakuan mbah

kan tipikal masda user itu kalangan beduit yg peduli mobil , makanya mo diperes abis2an jg gapapa

kl inofa kan tipikal mobil travel gelap sulawesi sana, atau jd mobil2 plaat merah yg prawatan mirip mikrolet kopami

nah makanya seru neh, tes kekuatan dan keawetan inofa baru, bsa ga seawet gen 1TR kakak2 nya dgn prawatan ala mikrolet kopami
tp toyodai lumayan pny nyali mbah ntu roki 1.2 juga CRnya tinggi tuh :mky_03: jgn2 waktu test mule udah dicoba pake pertalite trs oli pake mesran 20W50 kali :mky_03:
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:41
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
yg bikin ktawa jangan2 ntar kayak avanza bisa gak mau nanjak :mky_07: badan segede bagong hybrid mesin 186hp gak mau nanjak :mky_07:

gpp, buat bahan feslip entaran mbah :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by DOHC »

ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 3:43
DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:41
Feeling kita orang seh kayanya bakal banyak fail safe nya ini inofa mbah, percis kaya di afansa

Sikit2 limp mode safe mode, ga bakal dikasi peres tenaga nya kuar smua terus2an

Kaya d vidio komparasi nya moladin aj, trio esblender, stargeser, afansa, cuman si afansa yg nanjak nya plg memble krn safe mode kl kpanasan metik nya

Ini kmungkinan si inofa jg baKal gt kl

Btw,

Ini si zenik koq ad beberapa poin malah downgrade yah drpd ribon, wiper balik model baheula, airbag yg tadi minimal 3 jd 2, lampu iluminasi di pencetan power window ga ad, hand grip baris 3 jd model agya punya
yg bikin ktawa jangan2 ntar kayak avanza bisa gak mau nanjak :mky_07: badan segede bagong hybrid mesin 186hp gak mau nanjak :mky_07:

gpp, buat bahan feslip entaran mbah :mky_03:
Afansa yg gagal nanjak itu jg kita orang ampe skrg masi gagal faham mbah, kan afansa senia ud D-CVT, malah pesaing nya pure CVT (walaupun bintanggeser blg nya IVT yg sabuk super kuat itu) kuat2 aj

Nah inofa yg CVT nya scara teori mirip ama D-CVT nya daihatsu itu (cuman versi kuat bya) mustinya seh lebi ga ad masalah ya

Atauu

Nanti feslip balik lg pake geared at 4 spit alpard jadul :big_biglaugh:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

DOHC wrote: Wed Nov 23, 2022 3:49

Afansa yg gagal nanjak itu jg kita orang ampe skrg masi gagal faham mbah, kan afansa senia ud D-CVT, malah pesaing nya pure CVT (walaupun bintanggeser blg nya IVT yg sabuk super kuat itu) kuat2 aj

Nah inofa yg CVT nya scara teori mirip ama D-CVT nya daihatsu itu (cuman versi kuat bya) mustinya seh lebi ga ad masalah ya

Atauu

Nanti feslip balik lg pake geared at 4 spit alpard jadul :big_biglaugh:
klo si avanza efek sensor kemiringannya mbah. detect selip terus ketahan gak mau jalan :big_biglaugh: . kebukti waktu si moladin ngakalin depanya dikasih beban tambahan di depan jd bisa nanjak mbah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Syauqi »

pengendiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 3:20 Bingung kenapa pada bingung kalo mobil gak dikasi foglamp n drl :big_think: gak ada fungsi,cuma buat kosmetik doang. Ntar kalo rusak malah nguras dompet
Cek aja anps pfl,drlnya banyaaaaakkkk yang burem atau bahkan mati

Imho dari depan malah lebih suka yang g n v daripada q,lebih clean
Ya simply karena tampilan depannya jadi jelek om, itu plastik item" didepan ga ada drlnya bikin mata sepet :big_biglaugh:

Kalo menurut saya sih keterlaluan juga harga udah 530jt (V HV modellista) depannya kosong begitu, apalagi airbag cuma 2 biji & ga ada cruise control pulak. syedih
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ZEXELGRIFONE »

fansdiesel wrote: Wed Nov 23, 2022 3:31 makin gak logic bawa diesel di perkotaan

zenix hybrid aja bisa 1:20 ... bensin 1:15....ngapain beli diesel harus antri biosolar ...dex mahal..... :big_biglaugh: :big_biglaugh:

kayaknya mobkas diesel mahal harga jatuh
Tapi untuk saat ini harga sekend (ipah diesel) katanya malah naek..
https://www.gridoto.com/read/223581564/ ... -alasannya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15573
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

btw ini trit ngebut bener yah.... toyota pinter neh bikin kita ngomongin mobil ini terus :big_weee:

ud gitu jaminan bakal laku lagi gak cm rame di medsos :mky_03:

emang merek sebelah dipuja puja penjualan segt-gt aja :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Re:Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ZombiEE »

Salam kenal Oom...
Jadi pengen TD kalau lihat lihat youtuber yang sudah hadiri acara launching nya.
Paten mobil ini seperti nya


darrelund wrote: Tue Nov 22, 2022 11:59
ZombiEE wrote: Tue Nov 22, 2022 10:15 Hello, ane silent reader selama ini
Cuma mau tanya apakah sudah ada yang test drive?
denger dri sdh coba di hyatt kmrn

resonate sama kyk ripiuer

enak, khas monokok c-segment bantingannya

smooth, body movement lumayan terkontrol. ev mode lumayan senyap
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9688
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Nov 23, 2022 4:09 btw ini trit ngebut bener yah.... toyota pinter neh bikin kita ngomongin mobil ini terus :big_weee:

ud gitu jaminan bakal laku lagi gak cm rame di medsos :mky_03:

emang merek sebelah dipuja puja penjualan segt-gt aja :upss:
gmn gak menarik dighibahin...
platform C-segment dijual dgn harga 400jt :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri