gile yah semua kebingungan kita tentang kenapa kok atpm ini gak keluarin produk a b c d e ternyata kejawab semua kalo udah ngerti mainan dapurnya atpm... gak semulus yang dikira even toyota astra. emang bisnis mobil d indo surem sih. penduduk sgini banyak annual sales tahunan cm di angka sejuta.Bibieight wrote: βSat Nov 26, 2022 0:40
Manufacturing signifikan ke ASII itu duluuuu sekali, jaman TAM jd pabrik+sales dgn sole distributornya A2K.
Tapi sejak restrukturisasi awal 2000 TAM pecah 2, TMMIN manufaktur, TAM sole distributor. Naah saham ASII di TMMIN cuma 5%, di TAM 50%. TMMIN manufaktur, ada export sikit2. Yang TAM cuma sole distributor Indonesia. Duit gedenya cuma di A2K yg 100% ASII, itupun cuma pegang 40-50% penjualan Toyota tahunan, sisanya dipegang dealer lain2...
Kondisi gini, kalo TMMIN minggat si gampang aja, secara duit juga duit mereka, di sisi ASII, cuman 5% juga ndak kerasa juga ...
Sekarang aja kita dah dipaksa nelen TNGA-C biar TMC bisa balik modal ongkos R&Dnya, mesinnya aja dah impor glondongan dari Japan... Apa beda sama H miring ?, Creta+Gazer mesin dr prindapan, bodi bikin lokal.
Malah ya kayaknya niiii... kalo kampanye EV pemerintah kontinyu nyambung beyond 2024, siap2 aja yg suka2 menghoedjat H miring+merek orang pintar, mulailah menyukai 2 produk itu, 10 taun lagi yg harganya masuk akal (krn TKDN > 80% gara2 hilirisasi EV) ya tinggal mereka berdua....
bandingin china 1 tipe mobil aja bisa 1 juta unit.
jadi tim waniboros gpp yang penting gaya om even di kota ane yang msh konservatif soal pilihan mobil aja wuling alamak ini laku bgt.