2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Prolog
Walaupun begitu, review kali ini tetap objektif kok .
Hype mobil ini bisa dibilang di luar ekspektasi internal Toyota. Awalnya udah expect penurunan demand di awal dan selanjutnya bisa naik secara linier. Ternyata bukannya turun malah naik dan 80% demand adalah tipe Hybrid. Padahal rencana awal produksi Hybrid hanya 30% karena bahan baku baterenya susah.
Thanks to socmed, sekarang edukasi customer tentang mobil hybrid gak sesusah dulu. Hampir semua pemesan tipe hybrid mengaku mereka first time beli hybrid ya Zenix ini. Malah sekarang marketing diarahin untuk push customer beli yang bensin aja soalnya ready.
Skip skip, 21 Nov world premiere, 24 Nov kunci udah di tangan. Cukup bangga rasanya jadi pemakai Zenix pertama di jalan selain unit pre-production (padahal mobil ini bukan punya saya juga). Lucunya saya dateng launch Zenix di dealer tanggal 25 nya udah naik Zenix. Alhasil semua customer yang dateng dan sales2 ngelongo liat mobil yang saya bawa .
Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)
Exterior
Gak usah berbusa2 saya jelasin karena semua orang juga udah tau Kijang baru kayak apa hahaha. Dari depan, Zenix keliatan jauh lebih berotot dan kekar dari Reborn. Bentuk grillnya mirip Corolla Cross tapi diperbesar 120%. Lampu dan bentuk overall bumper masih mirip Reborn. Buat tipe Modellista ada add-on bodykit yang bikin tambah ceper, tapi hebatnya sampe hari ini belum pernah gasruk.
Kalo diliat kap mobil ini memang gede dan tinggi banget padahal mesinnya rendah di bawah. Konon sih wading depth nya tinggi tapi saya belum pernah ceburin ke banjir. Kap tinggi ini bikin road presence Zenix jadi lebih mahal dan gagah di jalan . Oya kap mesin ini juga menurut saya berat banget tapi gak tau kenapanya. Di samping, Zenix membuang total desain Reborn dan balik ke model original Innova 2004 dicampur Highlander. Seriously, garis body mobil ini tegas banget dan kekar. Not my style tapi kebanyakan orang suka pasti. Yang patut dihighlight adalah kaca baris ke-3 yang kecil, agak bikin claustrophobic walaupun bikin kesan keseluruhan samping jadi compact. Ada overfender yang menurut saya sebenernya bagusan dibikin body color aja.
Velgnya pakai ukuran 18” dengan model mirip Alphard ANH20 yang bikin kesan mewah. Warnanya sangat bagus, Toyota bilangnya Super Chrome. Cuma sayangnya bannya terlalu tipis dan offsetnya terlalu masuk. Di belakang saya agak mixed feeling. Di satu sisi ini bagian yang paling bisa diterima di eksteriornya, dan tetap mewah karena mirip RAV4 (menurut saya gak mirip Rush ah, netizen doang). Di sisi lain emang rame banget bagian belakangnya. Emblem aja ada 5 biji. Belum lagi bumper honeycomb palsu sama add-on Modellista yang gondrong. Tapi ngeliat modifan Modellista di Japan, emang biasanya rame jadi termaafkan lah.
Soal pintu bagasi voice command : ini fitur useless sekali. Dari Nov saya pake baru berhasil gak sampai 5 kali dan sudah sekali berhasil bikin saya malu2in karena kayak ngomong sendiri di parkiran yang ramai . Lagian kick sensor udah cukupan lah atau smart PBD di hyundai.
Lain-lain : pintu mobil juga tergolong lumayan tebal dan berat, gak kaleng-kaleng. Kualitas cat juga lumayan meningkat dari Reborn.
Overall desainnya cukup main aman dan gak aneh-aneh. Bahkan desainnya kayaknya lebih keliatan mahal dibanding ANF menurut saya. Saran saya pilih warna item aja, selain hemat 3 juta juga nyamarin bodykit gondrong+overfender, lebih keliatan elegan juga.
Exterior : 8/10
Interior Begitu masuk, langsung terasa kalau pintunya lumayan berat dan firm. Doortrimnya sih modelnya biasa aja, beda dengan doortrim Reborn yang bentuknya agak ajaib bikin tangan nekuk2. Yang punya Zenix ini lebih ergonomis. Bahan lumayan kokoh tapi fit and finish agak mengecewakan, bahan kulit doortrim kayak kulit sintetis murahan. Dashboardnya 80% mirip Voxy, bahkan letak tuas transmisi dan speedonya sama persis. Menurut saya desain dashnya juga biasa aja gak aneh2, beda sama pas liat Reborn 2015 lalu wow interiornya beda banget sama sebelumnya. Plusnya, semua gampang dioperasikan dan feelnya cukup mewah. Dashboard sebagian soft touch dan bahan hard plasticnya lumayan tebal juga. Sayangnya sama kayak doortrim, fit and finishnya wawew. Itu kolom shifter pernah berapa kali kesenggol goyang hahaha.
Soal fitur, di dash kulkas mininya ilang. Sayang sih buat mobil harga segini ya. Plusnya, di kanan kiri sekarang ada cupholder. Semua tipe dapet ac auto digital dan electric parking brake. Head unitnya agak mengecewakan, pengoperasiannya susah. Tapi soal suara boleh diacungi jempol, menurut saya setara dengan Camry lama yang non JBL. Udah ada Android Auto dan Apple Carplay juga yang di saya gak kepake.
Nah yang keren, instrumennya sekarang digital kayak Voxy. Hebatnya sampai tipe G Hybrid pun masih dapet speedo model ini. Displaynya sih cuma ada 2 tipe, tapi udah cukup keren lah. Tapi buat pengguna Innova kebanyakan kayaknya ya males ngutak atiknya. Setir persis Voxy dan udah ada paddleshift.
Jok depan dua-duanya masih manual, agak turnoff karena spec Thai yang pernah saya coba udah electric, ditambah lagi spec India ada memory dan cooler seat. Berita baiknya joknya jauh, jauh banget malah lebih ergonomis dari Reborn. Lebih empuk, supportnya lebih baik, headrestnya lebih enak, dan semua-muanya improve dari Reborn. Di bawah jok ada batere yang ventilasinya ada di kiri. Penempatan batere di sini sih biar batere lebih cepet dingin, memudahkan maintenance (filter battery hybrid) dan penggantian batere. Pindah ke baris kedua, langsung keliatan wow banget ada dua jok electric yang ada footrestnya. Langsung berasa naik Alphard. Ditambah lagi di belakang ada RSE individual yang lumayan bisa dipake browsing dan nonton YT. Jarak sliding pun bisa jauh banget ke belakang (apakah sama dengan tipe G/V?) menghasilkan ruang kaki yang luas banget.
Tapi apakah seenak itu?
Well gak juga sih, ada beberapa point kekurangan. Pertama, slidingnya masih manual, kayaknya biar awet digeser2 sama penumpang baris ke-3. Kedua, meja lipat yang ada di Reborn hilang, padahal lebih enak meja di situ karena saya sering meeting on the go. Ketiga (yang paling annoying) ada gundukan batere di bawah jok depan jadi kaki kita gak bisa full masuk ke bawah jok depan pas posisi footrest dinaikin. Dan ada satu point lagi yang lucu, di tipe V one touch slidenya nubruk RSE depan. Ini lagi dicari solusinya sama TAM karena emang TAM yang masang di PDC. Mobil ini keluar pabrik TMMIN gak pake RSE, Modellista pack, voice command backdoor, alarm, ionizer, etc.
Selain itu di belakang juga ada panoramic sunroof, ambient light, dan pengaturan AC. Panonya sih gak panas ya kalo dibuka shadenya, beda sama sunroof mobil lain yang udah ditutup shadenya aja masih panas bener.
Pindah baris ke-3, gak banyak yang dikomen disini. Hebatnya mobil ini, baris ke-3nya lega banget bahkan bisa ber3 dengan nyaman. Ruang kaki juga masih luas dan kaki gak nggantung. Bisa direcline juga. Yang banyak dikomen netizen sih handle grip bar belakang udah gak model retract ya. Itu soalnya biar bisa dipake pegangan naik ke baris ke3 meskipun sebenernya uda dikasi pegangan di bawah. Reborn model retract karena baris ke2nya one touch tumble, ruang masuk baris ke3 nya lebih lega. Bagasinya juga nambah luas lumayan dari Reborn. Ada ruang kecil juga di bawah lantai bagasi yang praktis buat simpen sepatu dan toolbox. Baris ke3 pun bisa direbahin rata lantai. Yang disayangkan ya baris ke2nya gak bisa dilipet, jadi ya udah spacenya terbatas di rebahin baris ke3 aja. Mengecewakan buat Kijang yang dulu iklannya bisa masuk bak mandi
Overall buat interior, improvementnya jauh (banget) dibanding Reborn. Fit and finish yang saya bilang jelek juga sebenernya mendingan dari Reborn punya bokap yang pilar A nya udah renggang. Yang paling mengecewakan sih bagasinya aja, kebetulan saya sering bawa barang banyak dan gede soalnya.
Interior : 8/10
Driving
Nah bagian ini yang pastinya ditunggu-tunggu.
Masuk mobil, atur jok, start.. yak cuma keluar tulisan READY hahaha. Kuncinya sama persis kayak Reborn cuma beda emblem aja.
Mungkin saya mulai dari konsumsi bensin aja lah yang pasti pada penasaran.
Oke, dua kata buat mobil ini, IRIT BANGET. Gak paham lagi sebuah Kijang bisa seirit ini. Saya pikir dengan mesin 2.0 hybrid, harusnya gak beda jauh lah sama Lexus saya yang 2.5 hybrid. Ternyata bedanya jauh bener. Di dalam kota, yang mana mobil saya cuma dapat 15-17 km/l, Zenix ini bisa 25 km/l. Gila, irit banget. Corolla Cross pun kata temen saya gak seirit ini. Nah lucunya di tol malah lebih boros, saya cuma dapet sekitaran 23 km/l compared to Lexus saya yang 18-20km/l. Di bawah nanti coba saya jelasin alasannya. “Ah gak full to full, MIDnya salah kali tuh!”
Dari sepengalaman saya sih MID Lexus cuma selisih 0.1 km/l. Tapi oke lah kita coba jalan sampe bensinnya hampir habis sekalian ngetes range full tank. Kalo diisi full tank, range mobil ini pesimis emang cuma 700 km-an. Sama kayak Lexus saya range full tank 800 km-an padahal realnya sampe fuel light nyala bisa 1200+ km.
Isi bensinnya minimal 91 tapi saya pernah isi Pertalite no issue (gak tau ke depannya). Full tanknya rada lucu juga di manual book cuma 52 liter tapi salurannya panjang jadi bisa lebih hahaha.
Jalan keliling dalam kota, toll, sampe bolak balik BDG, di MID 23.1 km/l. Realnya 22.9 km/l. Well mobil ini super irit bahkan macet2an pun MID belum pernah nampang di bawah 14 km/l. Rangenya? Saya bisa 1200 km+ full tank sama kayak Lexus, entah kenapa yutuber gimmick itu cuma dapet 800an km.
Soal performa, mobil ini gak perlu diragukan juga. Tenaga kombinasi hampir 190 hp, body diet 200 kg dari Reborn, bisa dibayangin larinya kayak apa. Saya pernah tes batere full 0-100 dapet angka 9.1 detik. Om topeng itu di YT dapet 8.8 detik pake tipe G yang velgnya kecil. Top speed limited di angka 170, kalo dilepas limiternya saya yakin 220 pun tembus ini mobil.
Dan karena torsi instan dari motor listriknya, mobil ini jadi enak banget dipake jalan jauh di rute luar kota. Berapa kali saya jalan jauh naik ini, ditantangin Reborn/Fortuner/Pajero yang biasa jadi raja jalanan saya gaspol langsung ilang dari spion (kalo mereka gak lari di atas 170 ya). Byebye aja mah Reborn diesel remapan kalo ketemu Zenix. Di gerbang tol pun saya suka iseng gaspol sampe wheelspin hahaha. Kalo di Lexus saya nyetirnya jadi kayak kakek-kakek, di sini malah jadi kebut2an padahal sama2 hybrid.
Handling pun tidak mengecewakan di high speed. Meskipun “cuma” torsion beam kata netizen, handling mobil ini luar biasa untuk ukuran sebuah MPV especially sebuah Kijang. Kalo di Reborn mesti pasang ini itu biar handlingnya enak, di Zenix gak perlu. Standarnya udah enak banget. Pindah jalur highspeed is not an issue anymore. Lebih kayak nyetir Corolla kalo saya bilang.
Chassis and body controlnya juga sangat baik. Di floor pan bawah itu ada rib tambahan sebenernya buat reinforce untuk beban berat, tapi kayaknya malah bikin body tambah rigid dan handling membaik. Sebenernya sih gak bisa dibilang fun to drive juga karena feedback setirnya artificial banget, namanya juga MPV bukan sportscar. Tapi at least mobil ini terasa safe dan capable untuk highspeed cruising.
Satu hal yang merusak adalah bannya. Well mobil ini hampir 190 hp, tapi bannya dikasih eco-ecoan di tipe G dan V, gak kebayang itu secepet apa abis bannya kalo digaspol terus. Di Q dikasih Dunlop SP SportMaxx 050 yang oemnya RX270 dulu tapi tetep gak bisa keep up dengan power ini mobil. Yang mau ngebut pake G sama V harap ganti ban dulu.
Kenyamanan gimana?
Kalau yang biasa naik Reborn, naik ini one step diatasnya. Lebih enak, lebih senyap, lebih empuk, dan lebih semua-muanya. Netizen bilang 600 juta cuma dapet torsion beam pasti belum nyobain, rasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30. Ya, senyaman itu menurut saya. Berapa kali juga saya bilang, independent suspension itu gak selalu lebih enak. Wuling independent dari Cortez juga menurut saya enakan ini yang torsion beam. Issuenya cuma 1, kalo diisi penuh agak ambles suspensinya. Saya pernah bawa 150 km/h lebih di dalem masih senyap dan penumpang masih tidur nyenyak.
Buat Q yang udah ada TSS, nyetirnya jadi santai banget karena ada ACC dan lane tracing. ACCnya juga bisa sampai stop jadi gak perlu ngerem. Sejauh ini saya hampir selalu pakai ACC dan lane tracingnya di tol. Auto brakenya juga gak terlalu sensitif kayak Mazda, baru 1x ngerem otomatis selama ini karena ada motor motong nyebrang jalan.
Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?
Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.
Driving : 9.5/10. Never expect Kijang to be this good.
Verdict
Apakah mobil ini masih sebuah Kijang?
Jawabannya yes. Mungkin mobil ini gak RWD, gak sasis tangga, bahkan gak bisa bawa bak mandi kayak Kijang Kapsul dulu. Tapi mobil ini masih sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Dulu Kijang masih rugged banget, karena orang belum terbiasa dengan mobil penumpang dan medan jalan masih jelek. Masuk ke generasi Innova, Kijang mulai berorientasi jadi mobil penumpang yang bisa medan jelek dan bisa handle tol juga. Sekarang di generasi Zenix, Kijang jadi mobil keluarga yang memenuhi kebutuhan roadtrip jarak jauh dan mobil penumpang yang nyaman.
Dan saya susah ngasih rekomen siapa yang cocok beli mobil ini. Karena kayaknya siapapun cocok. Dari temen-temen saya yang udah beli Zenix, latar belakangnya juga macem-macem. Dari anak muda under 30, karyawan biasa, pengusaha, juragan tanah, ibu rumah tangga, sampai anggota dewan.
And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.
Thank you!
Sebenernya saya udah akrab dengan mobil ini dari tahun lalu. Dari berita-berita, temen yang bocorin foto, dan juga status saya yang masih terkait dengan merek mobil ini hahaha.Walaupun begitu, review kali ini tetap objektif kok .
Hype mobil ini bisa dibilang di luar ekspektasi internal Toyota. Awalnya udah expect penurunan demand di awal dan selanjutnya bisa naik secara linier. Ternyata bukannya turun malah naik dan 80% demand adalah tipe Hybrid. Padahal rencana awal produksi Hybrid hanya 30% karena bahan baku baterenya susah.
Thanks to socmed, sekarang edukasi customer tentang mobil hybrid gak sesusah dulu. Hampir semua pemesan tipe hybrid mengaku mereka first time beli hybrid ya Zenix ini. Malah sekarang marketing diarahin untuk push customer beli yang bensin aja soalnya ready.
Skip skip, 21 Nov world premiere, 24 Nov kunci udah di tangan. Cukup bangga rasanya jadi pemakai Zenix pertama di jalan selain unit pre-production (padahal mobil ini bukan punya saya juga). Lucunya saya dateng launch Zenix di dealer tanggal 25 nya udah naik Zenix. Alhasil semua customer yang dateng dan sales2 ngelongo liat mobil yang saya bawa .
Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)
Exterior
Gak usah berbusa2 saya jelasin karena semua orang juga udah tau Kijang baru kayak apa hahaha. Dari depan, Zenix keliatan jauh lebih berotot dan kekar dari Reborn. Bentuk grillnya mirip Corolla Cross tapi diperbesar 120%. Lampu dan bentuk overall bumper masih mirip Reborn. Buat tipe Modellista ada add-on bodykit yang bikin tambah ceper, tapi hebatnya sampe hari ini belum pernah gasruk.
Kalo diliat kap mobil ini memang gede dan tinggi banget padahal mesinnya rendah di bawah. Konon sih wading depth nya tinggi tapi saya belum pernah ceburin ke banjir. Kap tinggi ini bikin road presence Zenix jadi lebih mahal dan gagah di jalan . Oya kap mesin ini juga menurut saya berat banget tapi gak tau kenapanya. Di samping, Zenix membuang total desain Reborn dan balik ke model original Innova 2004 dicampur Highlander. Seriously, garis body mobil ini tegas banget dan kekar. Not my style tapi kebanyakan orang suka pasti. Yang patut dihighlight adalah kaca baris ke-3 yang kecil, agak bikin claustrophobic walaupun bikin kesan keseluruhan samping jadi compact. Ada overfender yang menurut saya sebenernya bagusan dibikin body color aja.
Velgnya pakai ukuran 18” dengan model mirip Alphard ANH20 yang bikin kesan mewah. Warnanya sangat bagus, Toyota bilangnya Super Chrome. Cuma sayangnya bannya terlalu tipis dan offsetnya terlalu masuk. Di belakang saya agak mixed feeling. Di satu sisi ini bagian yang paling bisa diterima di eksteriornya, dan tetap mewah karena mirip RAV4 (menurut saya gak mirip Rush ah, netizen doang). Di sisi lain emang rame banget bagian belakangnya. Emblem aja ada 5 biji. Belum lagi bumper honeycomb palsu sama add-on Modellista yang gondrong. Tapi ngeliat modifan Modellista di Japan, emang biasanya rame jadi termaafkan lah.
Soal pintu bagasi voice command : ini fitur useless sekali. Dari Nov saya pake baru berhasil gak sampai 5 kali dan sudah sekali berhasil bikin saya malu2in karena kayak ngomong sendiri di parkiran yang ramai . Lagian kick sensor udah cukupan lah atau smart PBD di hyundai.
Lain-lain : pintu mobil juga tergolong lumayan tebal dan berat, gak kaleng-kaleng. Kualitas cat juga lumayan meningkat dari Reborn.
Overall desainnya cukup main aman dan gak aneh-aneh. Bahkan desainnya kayaknya lebih keliatan mahal dibanding ANF menurut saya. Saran saya pilih warna item aja, selain hemat 3 juta juga nyamarin bodykit gondrong+overfender, lebih keliatan elegan juga.
Exterior : 8/10
Interior Begitu masuk, langsung terasa kalau pintunya lumayan berat dan firm. Doortrimnya sih modelnya biasa aja, beda dengan doortrim Reborn yang bentuknya agak ajaib bikin tangan nekuk2. Yang punya Zenix ini lebih ergonomis. Bahan lumayan kokoh tapi fit and finish agak mengecewakan, bahan kulit doortrim kayak kulit sintetis murahan. Dashboardnya 80% mirip Voxy, bahkan letak tuas transmisi dan speedonya sama persis. Menurut saya desain dashnya juga biasa aja gak aneh2, beda sama pas liat Reborn 2015 lalu wow interiornya beda banget sama sebelumnya. Plusnya, semua gampang dioperasikan dan feelnya cukup mewah. Dashboard sebagian soft touch dan bahan hard plasticnya lumayan tebal juga. Sayangnya sama kayak doortrim, fit and finishnya wawew. Itu kolom shifter pernah berapa kali kesenggol goyang hahaha.
Soal fitur, di dash kulkas mininya ilang. Sayang sih buat mobil harga segini ya. Plusnya, di kanan kiri sekarang ada cupholder. Semua tipe dapet ac auto digital dan electric parking brake. Head unitnya agak mengecewakan, pengoperasiannya susah. Tapi soal suara boleh diacungi jempol, menurut saya setara dengan Camry lama yang non JBL. Udah ada Android Auto dan Apple Carplay juga yang di saya gak kepake.
Nah yang keren, instrumennya sekarang digital kayak Voxy. Hebatnya sampai tipe G Hybrid pun masih dapet speedo model ini. Displaynya sih cuma ada 2 tipe, tapi udah cukup keren lah. Tapi buat pengguna Innova kebanyakan kayaknya ya males ngutak atiknya. Setir persis Voxy dan udah ada paddleshift.
Jok depan dua-duanya masih manual, agak turnoff karena spec Thai yang pernah saya coba udah electric, ditambah lagi spec India ada memory dan cooler seat. Berita baiknya joknya jauh, jauh banget malah lebih ergonomis dari Reborn. Lebih empuk, supportnya lebih baik, headrestnya lebih enak, dan semua-muanya improve dari Reborn. Di bawah jok ada batere yang ventilasinya ada di kiri. Penempatan batere di sini sih biar batere lebih cepet dingin, memudahkan maintenance (filter battery hybrid) dan penggantian batere. Pindah ke baris kedua, langsung keliatan wow banget ada dua jok electric yang ada footrestnya. Langsung berasa naik Alphard. Ditambah lagi di belakang ada RSE individual yang lumayan bisa dipake browsing dan nonton YT. Jarak sliding pun bisa jauh banget ke belakang (apakah sama dengan tipe G/V?) menghasilkan ruang kaki yang luas banget.
Tapi apakah seenak itu?
Well gak juga sih, ada beberapa point kekurangan. Pertama, slidingnya masih manual, kayaknya biar awet digeser2 sama penumpang baris ke-3. Kedua, meja lipat yang ada di Reborn hilang, padahal lebih enak meja di situ karena saya sering meeting on the go. Ketiga (yang paling annoying) ada gundukan batere di bawah jok depan jadi kaki kita gak bisa full masuk ke bawah jok depan pas posisi footrest dinaikin. Dan ada satu point lagi yang lucu, di tipe V one touch slidenya nubruk RSE depan. Ini lagi dicari solusinya sama TAM karena emang TAM yang masang di PDC. Mobil ini keluar pabrik TMMIN gak pake RSE, Modellista pack, voice command backdoor, alarm, ionizer, etc.
Selain itu di belakang juga ada panoramic sunroof, ambient light, dan pengaturan AC. Panonya sih gak panas ya kalo dibuka shadenya, beda sama sunroof mobil lain yang udah ditutup shadenya aja masih panas bener.
Pindah baris ke-3, gak banyak yang dikomen disini. Hebatnya mobil ini, baris ke-3nya lega banget bahkan bisa ber3 dengan nyaman. Ruang kaki juga masih luas dan kaki gak nggantung. Bisa direcline juga. Yang banyak dikomen netizen sih handle grip bar belakang udah gak model retract ya. Itu soalnya biar bisa dipake pegangan naik ke baris ke3 meskipun sebenernya uda dikasi pegangan di bawah. Reborn model retract karena baris ke2nya one touch tumble, ruang masuk baris ke3 nya lebih lega. Bagasinya juga nambah luas lumayan dari Reborn. Ada ruang kecil juga di bawah lantai bagasi yang praktis buat simpen sepatu dan toolbox. Baris ke3 pun bisa direbahin rata lantai. Yang disayangkan ya baris ke2nya gak bisa dilipet, jadi ya udah spacenya terbatas di rebahin baris ke3 aja. Mengecewakan buat Kijang yang dulu iklannya bisa masuk bak mandi
Overall buat interior, improvementnya jauh (banget) dibanding Reborn. Fit and finish yang saya bilang jelek juga sebenernya mendingan dari Reborn punya bokap yang pilar A nya udah renggang. Yang paling mengecewakan sih bagasinya aja, kebetulan saya sering bawa barang banyak dan gede soalnya.
Interior : 8/10
Driving
Nah bagian ini yang pastinya ditunggu-tunggu.
Masuk mobil, atur jok, start.. yak cuma keluar tulisan READY hahaha. Kuncinya sama persis kayak Reborn cuma beda emblem aja.
Mungkin saya mulai dari konsumsi bensin aja lah yang pasti pada penasaran.
Oke, dua kata buat mobil ini, IRIT BANGET. Gak paham lagi sebuah Kijang bisa seirit ini. Saya pikir dengan mesin 2.0 hybrid, harusnya gak beda jauh lah sama Lexus saya yang 2.5 hybrid. Ternyata bedanya jauh bener. Di dalam kota, yang mana mobil saya cuma dapat 15-17 km/l, Zenix ini bisa 25 km/l. Gila, irit banget. Corolla Cross pun kata temen saya gak seirit ini. Nah lucunya di tol malah lebih boros, saya cuma dapet sekitaran 23 km/l compared to Lexus saya yang 18-20km/l. Di bawah nanti coba saya jelasin alasannya. “Ah gak full to full, MIDnya salah kali tuh!”
Dari sepengalaman saya sih MID Lexus cuma selisih 0.1 km/l. Tapi oke lah kita coba jalan sampe bensinnya hampir habis sekalian ngetes range full tank. Kalo diisi full tank, range mobil ini pesimis emang cuma 700 km-an. Sama kayak Lexus saya range full tank 800 km-an padahal realnya sampe fuel light nyala bisa 1200+ km.
Isi bensinnya minimal 91 tapi saya pernah isi Pertalite no issue (gak tau ke depannya). Full tanknya rada lucu juga di manual book cuma 52 liter tapi salurannya panjang jadi bisa lebih hahaha.
Jalan keliling dalam kota, toll, sampe bolak balik BDG, di MID 23.1 km/l. Realnya 22.9 km/l. Well mobil ini super irit bahkan macet2an pun MID belum pernah nampang di bawah 14 km/l. Rangenya? Saya bisa 1200 km+ full tank sama kayak Lexus, entah kenapa yutuber gimmick itu cuma dapet 800an km.
Soal performa, mobil ini gak perlu diragukan juga. Tenaga kombinasi hampir 190 hp, body diet 200 kg dari Reborn, bisa dibayangin larinya kayak apa. Saya pernah tes batere full 0-100 dapet angka 9.1 detik. Om topeng itu di YT dapet 8.8 detik pake tipe G yang velgnya kecil. Top speed limited di angka 170, kalo dilepas limiternya saya yakin 220 pun tembus ini mobil.
Dan karena torsi instan dari motor listriknya, mobil ini jadi enak banget dipake jalan jauh di rute luar kota. Berapa kali saya jalan jauh naik ini, ditantangin Reborn/Fortuner/Pajero yang biasa jadi raja jalanan saya gaspol langsung ilang dari spion (kalo mereka gak lari di atas 170 ya). Byebye aja mah Reborn diesel remapan kalo ketemu Zenix. Di gerbang tol pun saya suka iseng gaspol sampe wheelspin hahaha. Kalo di Lexus saya nyetirnya jadi kayak kakek-kakek, di sini malah jadi kebut2an padahal sama2 hybrid.
Handling pun tidak mengecewakan di high speed. Meskipun “cuma” torsion beam kata netizen, handling mobil ini luar biasa untuk ukuran sebuah MPV especially sebuah Kijang. Kalo di Reborn mesti pasang ini itu biar handlingnya enak, di Zenix gak perlu. Standarnya udah enak banget. Pindah jalur highspeed is not an issue anymore. Lebih kayak nyetir Corolla kalo saya bilang.
Chassis and body controlnya juga sangat baik. Di floor pan bawah itu ada rib tambahan sebenernya buat reinforce untuk beban berat, tapi kayaknya malah bikin body tambah rigid dan handling membaik. Sebenernya sih gak bisa dibilang fun to drive juga karena feedback setirnya artificial banget, namanya juga MPV bukan sportscar. Tapi at least mobil ini terasa safe dan capable untuk highspeed cruising.
Satu hal yang merusak adalah bannya. Well mobil ini hampir 190 hp, tapi bannya dikasih eco-ecoan di tipe G dan V, gak kebayang itu secepet apa abis bannya kalo digaspol terus. Di Q dikasih Dunlop SP SportMaxx 050 yang oemnya RX270 dulu tapi tetep gak bisa keep up dengan power ini mobil. Yang mau ngebut pake G sama V harap ganti ban dulu.
Kenyamanan gimana?
Kalau yang biasa naik Reborn, naik ini one step diatasnya. Lebih enak, lebih senyap, lebih empuk, dan lebih semua-muanya. Netizen bilang 600 juta cuma dapet torsion beam pasti belum nyobain, rasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30. Ya, senyaman itu menurut saya. Berapa kali juga saya bilang, independent suspension itu gak selalu lebih enak. Wuling independent dari Cortez juga menurut saya enakan ini yang torsion beam. Issuenya cuma 1, kalo diisi penuh agak ambles suspensinya. Saya pernah bawa 150 km/h lebih di dalem masih senyap dan penumpang masih tidur nyenyak.
Buat Q yang udah ada TSS, nyetirnya jadi santai banget karena ada ACC dan lane tracing. ACCnya juga bisa sampai stop jadi gak perlu ngerem. Sejauh ini saya hampir selalu pakai ACC dan lane tracingnya di tol. Auto brakenya juga gak terlalu sensitif kayak Mazda, baru 1x ngerem otomatis selama ini karena ada motor motong nyebrang jalan.
Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?
Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.
Driving : 9.5/10. Never expect Kijang to be this good.
Verdict
Apakah mobil ini masih sebuah Kijang?
Jawabannya yes. Mungkin mobil ini gak RWD, gak sasis tangga, bahkan gak bisa bawa bak mandi kayak Kijang Kapsul dulu. Tapi mobil ini masih sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. Dulu Kijang masih rugged banget, karena orang belum terbiasa dengan mobil penumpang dan medan jalan masih jelek. Masuk ke generasi Innova, Kijang mulai berorientasi jadi mobil penumpang yang bisa medan jelek dan bisa handle tol juga. Sekarang di generasi Zenix, Kijang jadi mobil keluarga yang memenuhi kebutuhan roadtrip jarak jauh dan mobil penumpang yang nyaman.
Dan saya susah ngasih rekomen siapa yang cocok beli mobil ini. Karena kayaknya siapapun cocok. Dari temen-temen saya yang udah beli Zenix, latar belakangnya juga macem-macem. Dari anak muda under 30, karyawan biasa, pengusaha, juragan tanah, ibu rumah tangga, sampai anggota dewan.
And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.
Thank you!
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1685
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Kalo warna hitam, otomatis prasangka orang ini mobil inventaris/operasional kantor. Masih gitu gak ya?
Buat yg ngerasa Zenix kegedean, Corcross hybrid pas banget di perkotaan. Jok kulitnya pun lebih mewah CorCross, bannya juga micin primacy vs eco di Zenix. Toyota selalu jelas duitnya lari kemana.
Oia, logo emblem 3 elipsnya ga biru ala Hybrid lazimnya ya, ada logo tulisan hybrid aja sebagai penegas kalo ini mobil Hybrid.
Buat yg ngerasa Zenix kegedean, Corcross hybrid pas banget di perkotaan. Jok kulitnya pun lebih mewah CorCross, bannya juga micin primacy vs eco di Zenix. Toyota selalu jelas duitnya lari kemana.
Oia, logo emblem 3 elipsnya ga biru ala Hybrid lazimnya ya, ada logo tulisan hybrid aja sebagai penegas kalo ini mobil Hybrid.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Nice review om
Kayanya om emg kesengsem halus nya hybrid toyota. Saya ambil lexus hybrid jg lgs kaya kakek2 mode on yg nyetir halus pelan empuk2 nyaman emg.
Nah itu yang saya pgn tau dr zenix adalah seberapa empuk dan posisi duduk driver karena innova reborn buat saya aneh posisinya
Tp ntah sih 611 jt ++ untuk innova apakah worth the money (untuk mbl baru kayanya worth sih ya)
Kayanya om emg kesengsem halus nya hybrid toyota. Saya ambil lexus hybrid jg lgs kaya kakek2 mode on yg nyetir halus pelan empuk2 nyaman emg.
Nah itu yang saya pgn tau dr zenix adalah seberapa empuk dan posisi duduk driver karena innova reborn buat saya aneh posisinya
Tp ntah sih 611 jt ++ untuk innova apakah worth the money (untuk mbl baru kayanya worth sih ya)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Mantep nih reviewnya ada insight "orang dalem" haha
Beberapa minggu lalu sempet mampir ke diler toyota buat iseng liat si zenix baru (sayang waktu itu blm ada unit tes buat dibawa jalan di diler), saya jg ngerasa si innova baru ini much better dibanding pendahulunya (except bq interior di beberapa bagian yg kerasa murah). Paling impress sih sama baris ketiga yg kayanya lebih lega dibanding dua generasi pendahulunya CMMIW.
Saya jg termasuk yg ngerasa innova baru ini masih layak bgt disebut kijang. Mobilnya masih cocok buat semua orang seperti bagaimana seharusnya kijang, buat nyetir sendiri maupun disetirin jg rasanya pantes aja. Kalo dibilang mobil ini "terlalu mahal dan premium" untuk seekor kijang ya dari era kijang kotak juga materi promosi toyota udh nyenggol nyenggol segmen customer menengah ke atas koq
Beberapa minggu lalu sempet mampir ke diler toyota buat iseng liat si zenix baru (sayang waktu itu blm ada unit tes buat dibawa jalan di diler), saya jg ngerasa si innova baru ini much better dibanding pendahulunya (except bq interior di beberapa bagian yg kerasa murah). Paling impress sih sama baris ketiga yg kayanya lebih lega dibanding dua generasi pendahulunya CMMIW.
Saya jg termasuk yg ngerasa innova baru ini masih layak bgt disebut kijang. Mobilnya masih cocok buat semua orang seperti bagaimana seharusnya kijang, buat nyetir sendiri maupun disetirin jg rasanya pantes aja. Kalo dibilang mobil ini "terlalu mahal dan premium" untuk seekor kijang ya dari era kijang kotak juga materi promosi toyota udh nyenggol nyenggol segmen customer menengah ke atas koq
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Ane sebagai netijen yang protes kenapa 600jt torsion beam mau urun pendapatrasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30.
Masalahnya buat butt o meter ane sih xu30 way way better dari alphard anh20 kbetulan ada 2-2nya dan sudah pernah pp transjawabahn smg sby kondisi kurang lebih sama bahkan ban sama sama 10thn
Harrier kena gronjalan transjawabahn jauh lebih anteng. Alphard kok rasanya limbung banget. Bantingan gabruk gabruk di harrier rasanya lbh napak. alphard sekali kena gronjalan goyangnya kanan kiri lbh berasa... Walau gak harsh ya, tapi agak.... Memabukkan.
Di pantat ane goncangan irs sama torsion beam kerasa bedanya. Ya buat most people ngga kali ya.
Ya kalau kijang 600jt rasanya kayak anh20 aja sih udah upgrade banget blom dapet test drive nih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 524
- Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Nice review Om.sherryandkez wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 6:32 Prolog
Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)
Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?
Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.
And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.
Thank you!
Itu mileage nya sadis bener uda di atas 10 ribu km. Happy banget berarti pake nih mobil dibawa kemana mana.
TSS 3.0 dari review Euro NCAP memang ga terlalu baik score nya. Kalau Honda Sensing yang saya rasain akurat asal ikutin mobil yang JELAS bisa di detect contoh nya truk kecil atau bis. Akan beda behavior dan distance tracking nya kalau ikutin misalnya kendaraan gelap.
Bensin apakah coba pertamax dan pertalite saja?
Yang saya penasaran, apakah di hybrid ada beda tarikan dengan beda bbm ? (Notabene tarikan awal harusnya dibantu motor listrik).
Suspensi kalau liat video reviewer saat lewat jalan ga mulus, sepertinya memang masih cocok dengan what the customer need di Indonesia.
RSE, saya juga yang termasuk liat nih fitur ga terlalu penting. Lebih pas ada meja spt Innova sebelum nya trus kasih bonus tablet gitu yang beli.
Dan liat video reviewer, tuh RSE getar2 hebat pas jalan ga rata, asal jangan jadi sumber rattle aja setelah bbrp lama.
Voice command pintu bagasi. Yup ini sih bagusnya kasih kick sensor aja. Ga usa Toyota jadi ke Wuling2an, sok voice command segala
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3198
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
apa mobil ini bisa low speed follow?
trs setelah kmh 0 bisa lgsg d resume?
trs setelah kmh 0 bisa lgsg d resume?
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
kok bisa beda" gitu ya fuel cons nya
yutuber pada dapetnya 1:14-15
konsumen riil dapat 1:19-20
apa tergantung kaki?
yutuber pada dapetnya 1:14-15
konsumen riil dapat 1:19-20
apa tergantung kaki?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
klo oe sih analogi begini
posisi duduk ribon -> zenix = fortuner -> HRV
posisi betis di zenix jauh lebi rebah ketimbang ribon, kursi jg lebi empuk (mirip kursi HRV)
ga bandingin ke cocross krn gapernah coba, tapi harusnya mirip" sama HRV lah ya
konteks : HRV RU / gen 2
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Ngetes fuelcons di hybrid emg agak tricky mbah. Klo pas kita mulai masih full rute pendek pendek macet iritnya pasti jauh banyak drpd lancar banyak kepake motor listriknya.
Kalo ngetesnya lancar mulu malah boros
Last edited by ChZ on Sun Jan 08, 2023 14:32, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2152
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
nice review, om
Zenix Q, keempukan joknya kalo dibandingkan dengan ANPS, gimana om?
Zenix Q, keempukan joknya kalo dibandingkan dengan ANPS, gimana om?
Apa yang paling berharga bagiku?
Peace of mind.
Peace of mind.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3772
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Harganya aja nih yg uda gak "kijang" lagi...
Eh tp nggak jg deh. G hybrid masih <500jeti. Kalo bener subsidi hybrid jadi berlaku, wah bisa ngacak2 harga mobil segmen 400jt an tuh.
Anw, nice review om
Eh tp nggak jg deh. G hybrid masih <500jeti. Kalo bener subsidi hybrid jadi berlaku, wah bisa ngacak2 harga mobil segmen 400jt an tuh.
Anw, nice review om
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
nice review om. zenix q ini memang upgrade hampir dari segala sisi dibanding reborn, terutama dari segi fitur, kenyamanan dan bantingan suspensinya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
saya coba bantu jawab ya. kebetulan udh pernah test drive zenix G dan ANPS. keempukan joknya buat saya jauh lebih empuk zenix, itu yg saya td tipe G hybrid dan ANPS nya yg saya td tipe dakar, kalo tipe Q harusnya lebih empuk lagi setau saya dibanding yg G nya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2902
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
menarik artinya secara kenyamanan oke nih mbl yaPboyz97 wrote: ↑Mon Jan 09, 2023 1:59saya coba bantu jawab ya. kebetulan udh pernah test drive zenix G dan ANPS. keempukan joknya buat saya jauh lebih empuk zenix, itu yg saya td tipe G hybrid dan ANPS nya yg saya td tipe dakar, kalo tipe Q harusnya lebih empuk lagi setau saya dibanding yg G nya hehehe
tinggal ganti velg biar ga kedodoran aja, cm balik lg harus cr yg ringan kalo ga apa esensi dr mbl hybrid tp pake velg berat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Kira-kira wacana subsidi pemerintah untuk beli mobil hybrid kapan terealisasi ya? jadi pengen zenix
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
- Location: Solo
- Daily Vehicle: GerobakPerang
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Nice Review Om.
Jadi pingin beli ni Zenix, tapi kayaknya yang tipe G aja Hybrid
Jadi pingin beli ni Zenix, tapi kayaknya yang tipe G aja Hybrid
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Fri Jan 16, 2009 16:10
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Om Sherryandkez, klo untk road noise gimana ya? Apakah cukup baik?
Lalu dengan headlight-nya apakah terang di malam hari? Karena biasa Innova agak kurang terang untuk headlight nya
Lalu dengan headlight-nya apakah terang di malam hari? Karena biasa Innova agak kurang terang untuk headlight nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 332
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - EH32 - RR3
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Rame juga ya, saya jawab 1 1
segmentasinya ini G buat fleet om, V ke broad customer, Q ke upper class. tapi malah Q paling laku ternyata.
my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.
wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
pertalite saya tulis di atas pernah oom, gak kerasa bedanya sih (teorinya pake pertalite lebih kasar pindah ev-gasoline nya, karena knocking). tapi ya unit prototipe juga pada diisi pertalite gpp.
RSE bangke bener sih fungsional tapi kaya aftermarket banget. mana gak bs dicopot, kalo dicopot cover jok bolong.
ane pas ngajarin sales cara pakenya aja gagal om itu voice command backdoor, tengsin bener hahaa
headlight terang sih tapi yaa std pabrik, gak akan seterang headlamp upgradean. yang saya males lampunya agak baur karena non projie, padahal udah terang dan jauh jangkauannya menurut saya
model Toyota baru gak ada biru2nya om, sekarang bedanya tulisan Hybrid/Electric di belakangAbdulHakim wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 7:03 Kalo warna hitam, otomatis prasangka orang ini mobil inventaris/operasional kantor. Masih gitu gak ya?
Buat yg ngerasa Zenix kegedean, Corcross hybrid pas banget di perkotaan. Jok kulitnya pun lebih mewah CorCross, bannya juga micin primacy vs eco di Zenix. Toyota selalu jelas duitnya lari kemana.
Oia, logo emblem 3 elipsnya ga biru ala Hybrid lazimnya ya, ada logo tulisan hybrid aja sebagai penegas kalo ini mobil Hybrid.
posisi duduk sih jauh lebih enak dibanding reborn, jok juga jauh lebih empuk (masi kulit sintetis). bagi saya yang suka duduk tinggi sih lebih enak dari mbl2 kaya crv atau cx5. 611jt sih worth kalo mobilnya dipake, irit+enak, kalo cuma dipake sesekali gak worth soalnya emang gak spesial2 amat as usual kijang.farizfsa wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 7:39 Nice review om
Kayanya om emg kesengsem halus nya hybrid toyota. Saya ambil lexus hybrid jg lgs kaya kakek2 mode on yg nyetir halus pelan empuk2 nyaman emg.
Nah itu yang saya pgn tau dr zenix adalah seberapa empuk dan posisi duduk driver karena innova reborn buat saya aneh posisinya
Tp ntah sih 611 jt ++ untuk innova apakah worth the money (untuk mbl baru kayanya worth sih ya)
om posisi dimana? ntar kalo mau coba saya arahin ke dealer terdekat, udah ada instruksi soale dr TAM setiap dealer disuruh punya unit test dan mesti yang hybrid ampun dah dulu mana ada orang beli innova test drive dulu.herp wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 8:50 Mantep nih reviewnya ada insight "orang dalem" haha
Beberapa minggu lalu sempet mampir ke diler toyota buat iseng liat si zenix baru (sayang waktu itu blm ada unit tes buat dibawa jalan di diler), saya jg ngerasa si innova baru ini much better dibanding pendahulunya (except bq interior di beberapa bagian yg kerasa murah). Paling impress sih sama baris ketiga yg kayanya lebih lega dibanding dua generasi pendahulunya CMMIW.
Saya jg termasuk yg ngerasa innova baru ini masih layak bgt disebut kijang. Mobilnya masih cocok buat semua orang seperti bagaimana seharusnya kijang, buat nyetir sendiri maupun disetirin jg rasanya pantes aja. Kalo dibilang mobil ini "terlalu mahal dan premium" untuk seekor kijang ya dari era kijang kotak juga materi promosi toyota udh nyenggol nyenggol segmen customer menengah ke atas koq
segmentasinya ini G buat fleet om, V ke broad customer, Q ke upper class. tapi malah Q paling laku ternyata.
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.ChZ wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 10:34Ane sebagai netijen yang protes kenapa 600jt torsion beam mau urun pendapatrasanya mirip dengan Alphard ANH20 dan Harrier XU30.
Masalahnya buat butt o meter ane sih xu30 way way better dari alphard anh20 kbetulan ada 2-2nya dan sudah pernah pp transjawabahn smg sby kondisi kurang lebih sama bahkan ban sama sama 10thn
Harrier kena gronjalan transjawabahn jauh lebih anteng. Alphard kok rasanya limbung banget. Bantingan gabruk gabruk di harrier rasanya lbh napak. alphard sekali kena gronjalan goyangnya kanan kiri lbh berasa... Walau gak harsh ya, tapi agak.... Memabukkan.
Di pantat ane goncangan irs sama torsion beam kerasa bedanya. Ya buat most people ngga kali ya.
Ya kalau kijang 600jt rasanya kayak anh20 aja sih udah upgrade banget blom dapet test drive nih.
my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.
wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
mileagenya belom paling tinggi seindo om, ada unit tes prototipe uda 50rb enjoy banget sih emang enak mblnya.grimjow wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 11:22 Nice review Om.
Itu mileage nya sadis bener uda di atas 10 ribu km. Happy banget berarti pake nih mobil dibawa kemana mana.
TSS 3.0 dari review Euro NCAP memang ga terlalu baik score nya. Kalau Honda Sensing yang saya rasain akurat asal ikutin mobil yang JELAS bisa di detect contoh nya truk kecil atau bis. Akan beda behavior dan distance tracking nya kalau ikutin misalnya kendaraan gelap.
Bensin apakah coba pertamax dan pertalite saja?
Yang saya penasaran, apakah di hybrid ada beda tarikan dengan beda bbm ? (Notabene tarikan awal harusnya dibantu motor listrik).
Suspensi kalau liat video reviewer saat lewat jalan ga mulus, sepertinya memang masih cocok dengan what the customer need di Indonesia.
RSE, saya juga yang termasuk liat nih fitur ga terlalu penting. Lebih pas ada meja spt Innova sebelum nya trus kasih bonus tablet gitu yang beli.
Dan liat video reviewer, tuh RSE getar2 hebat pas jalan ga rata, asal jangan jadi sumber rattle aja setelah bbrp lama.
Voice command pintu bagasi. Yup ini sih bagusnya kasih kick sensor aja. Ga usa Toyota jadi ke Wuling2an, sok voice command segala
pertalite saya tulis di atas pernah oom, gak kerasa bedanya sih (teorinya pake pertalite lebih kasar pindah ev-gasoline nya, karena knocking). tapi ya unit prototipe juga pada diisi pertalite gpp.
RSE bangke bener sih fungsional tapi kaya aftermarket banget. mana gak bs dicopot, kalo dicopot cover jok bolong.
ane pas ngajarin sales cara pakenya aja gagal om itu voice command backdoor, tengsin bener hahaa
bisa low speed follow sampe 0, resume injek gas dikiit aja
tergantung kaki om, itu juga yang saya bingung kok pada dapet boros seumur2 pake ga pernah average dibawah 1:19, pernah sampe 14an itu karena jadi genset nungguin di bandara/gedung parkir.
jauh lebih empuk dan ergonomis zenix om, bokap ada anps soale jd tau
aslinya ini mobil mau pake hybrid altis om, startnya kepala 3. pas dicoba ternyata underpowered banget jadi naik ke 2.0 hybrid dengan mengorbankan interior/fitur dan hargakendibocor wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 14:49 Harganya aja nih yg uda gak "kijang" lagi...
Eh tp nggak jg deh. G hybrid masih <500jeti. Kalo bener subsidi hybrid jadi berlaku, wah bisa ngacak2 harga mobil segmen 400jt an tuh.
Anw, nice review om
banget om, whole new level lah
belum ada kabar lagi om, kita juga lagi nunggu2
G hybrid udah cukup om kalo buat A ke B. ga nyesel, 450jt tapi ride nya rasanya mahal, kenceng, dan irit pulaantonyaulia wrote: ↑Mon Jan 09, 2023 10:46 Nice Review Om.
Jadi pingin beli ni Zenix, tapi kayaknya yang tipe G aja Hybrid
road noise cukup baik om, yang masih masuk suara ban (ban yang sama dulu di crv saya jg berisik). yang mengejutkan perpindahan dari ev-gasolinenya bahkan lebih halus dari Lexus saya. ya beda 8 taun sih umurnya
headlight terang sih tapi yaa std pabrik, gak akan seterang headlamp upgradean. yang saya males lampunya agak baur karena non projie, padahal udah terang dan jauh jangkauannya menurut saya
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- SM Specialist
- Posts: 16459
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
netizen bocah kolom komentar mah gt dihibur pake sunroof sampe lampu LED aja seneng. ada tuh akun h*j*tm*b*l keliatan banget adminnya netizen bocahsherryandkez wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 3:45
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.
my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.
wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
klo di ANH20 dulu gak berani selap selip, harrier msh berani selap selip + si alphard kerasa tinggi banget jadi gerak dikit goyangnya berasa.
wkwkwk berarti still "kijang" sih akhirnya. jadi one car solution. klo yang kaya jadi mobil kerja, luar kotaan alphard
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4809
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
yes, apalagi biasa make mobil kelas dibawahnya atau sesama ladder. kenyamannya cukup oke buat sebuah kijang menurut saya, walaupun ya blm senyaman mobil monokok kelas crv or cx5 menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
sherryandkez wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 3:45
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.
my bad, di pantat ane soalnya 2 mbl itu sama2 aja rasanya hahaha. mungkin lebih ke karakternya harrier tapi masih ada feel semi-independentnya kayak ANH20. bodyroll zenix ini surprisingly lumayan minim buat mobil segambot itu.
wah jangankan ANH20 om, temen ada yang naek AGH30 ikutan pesen gara2 dia bilang kaya naik alphard pahe buat saya sih alphard gen 1 gen 2 mirip2, gen 3 baru jauh feelnya enakan.
TB belakang VS FISSChZ wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 3:59
netizen bocah kolom komentar mah gt dihibur pake sunroof sampe lampu LED aja seneng. ada tuh akun h*j*tm*b*l keliatan banget adminnya netizen bocah
klo di ANH20 dulu gak berani selap selip, harrier msh berani selap selip + si alphard kerasa tinggi banget jadi gerak dikit goyangnya berasa.
wkwkwk berarti still "kijang" sih akhirnya. jadi one car solution. klo yang kaya jadi mobil kerja, luar kotaan alphard
klo mau lbh berasa coba duduk belakang, trus lewat jalan bergelombang dgn kecepatan agak tinggi,
rasakan bedanya
klo buat Sedan atau sekelas Mazda 3 sih mungkin gak terlalu gmn bedanya, krn desain sasis dan body udh mendekati tanah.
tapi klo TB di mobil MPV + Travel Suspensi lbh panjang berasa itu klo duduk di row 2 apalagi 3
cuma TB itu punya the ultimate positive aspect:
- More durable
- Easier to maintain
- Bigger back cabin
jd value nya "Kijang" yg Robust, masih mewarisi lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Wagonr
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Fix ,RSE sumber rattle, punya saya bunyi klotak klotak gletek gletek pas jalan tidak rata, pas cek 1000 km ditoyota, akan dipesankan unit rse baru diambil dari jakarta. Utk suspensi ,entah kenapa masih empukan all new livina saya dl, dizenix lebih kaku ,dan ayunan minim. Keren si om, Q nya sudah tembus 10rb , punya saya baru masuk 1500, dipakai hariangrimjow wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 11:22Nice review Om.sherryandkez wrote: ↑Sun Jan 08, 2023 6:32 Prolog
Car : 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q HV CVT TSS Modellista
Mileage : 10.500 km on going
Price : 611jt (+3jt buat warna putih)
Nah kenapa di tol agak boros tadi di atas?
Jadi gini, TSS itu menurut saya belum sehalus dan sepinter Honda Sensing. Muter setirnya masih agak kaku dan ngegas ngeremnya juga belum sehalus HS. Karena saya selalu pake ACC di tol, ngegas ngeremnya jadi gak sehalus saya bawa sendiri, makanya di rute tol mobil ini agak boros dibanding dalam kota.
And it proves that Zenix is still a Kijang, an all-purpose vehicle for Indonesian.
Thank you!
Itu mileage nya sadis bener uda di atas 10 ribu km. Happy banget berarti pake nih mobil dibawa kemana mana.
TSS 3.0 dari review Euro NCAP memang ga terlalu baik score nya. Kalau Honda Sensing yang saya rasain akurat asal ikutin mobil yang JELAS bisa di detect contoh nya truk kecil atau bis. Akan beda behavior dan distance tracking nya kalau ikutin misalnya kendaraan gelap.
Bensin apakah coba pertamax dan pertalite saja?
Yang saya penasaran, apakah di hybrid ada beda tarikan dengan beda bbm ? (Notabene tarikan awal harusnya dibantu motor listrik).
Suspensi kalau liat video reviewer saat lewat jalan ga mulus, sepertinya memang masih cocok dengan what the customer need di Indonesia.
RSE, saya juga yang termasuk liat nih fitur ga terlalu penting. Lebih pas ada meja spt Innova sebelum nya trus kasih bonus tablet gitu yang beli.
Dan liat video reviewer, tuh RSE getar2 hebat pas jalan ga rata, asal jangan jadi sumber rattle aja setelah bbrp lama.
Voice command pintu bagasi. Yup ini sih bagusnya kasih kick sensor aja. Ga usa Toyota jadi ke Wuling2an, sok voice command segala
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1685
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2335
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
eh jangan dongsAbdulHakim wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 7:22 nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
nanti dikata nitijen ATPM kikir, tukang sunat, maunya untung doang
gmn tuh