Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
sherryandkez wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 3:45
nah kalo om chris kan emang mau nyobain dan hands-on ya, ane malesnya sama netijen2 yang bisa nyetir aja kagak udah komen masa 600jt torsion beam padahal mereka kalo gak dikasi tau brosur mana ngerti beda karakternya di jalan.
netizen bocah kolom komentar mah gt dihibur pake sunroof sampe lampu LED aja seneng. ada tuh akun h*j*tm*b*l keliatan banget adminnya netizen bocah
klo itu akun itu mah jgn heran
kontra dikit dikatain org susah
"gausa ditanggepin org susah, gasuka ya skip aja gausa beli"
AbdulHakim wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 7:22
nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
AbdulHakim wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 7:22
nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
Mending rse diheadrest yang bisa disetel kemiringan, lalu diberi meja lipat kanan kiri
AbdulHakim wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 7:22
nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
AbdulHakim wrote: ↑Tue Jan 10, 2023 7:22
nextnya mungkin RSE ini dihilangkan saja, diganti dengan meja lipat lagi seperti di Venturer yang lebih banyak faedahnya.
Mending diganti electric seat with memory aja om untuk yang Q. Walau kata seorang content creator "fitur nice to have tapi ga penting" wkwkwk
lho jangan salah om, di SM sini banyak yang ga suka dengan hal-hal berbau elektrik, jadi jok manual, rem tangan manual, spion manual, pintu bagasi manual, engine starter manual, itu poin-poin yang didengarkan dengan seksama oleh ATPM.
Dikit lagi nih kalo suspensi belakang double wishbone independent aja udah makin perfect nih handling sama kenyamanan hehehe, nanggung nih toyodai.
Kalo d ane dulu waktu pake rubasu xv bandingin sama hrv, duduk d belakang lebih enak rubasu xv, getaran dari ban belakang minim dan gak terlalu kelempar2 kalo jalan gak rata. Kayaknya Toyota saving cost dan pingin more cabin space. Good job lah si Toyota nih.
setelah liat zenix lgs, menurut ane ya, pintu bagasi dprd voice command mending kasi macem kick sensor aja lebih faedah.
jok depan enaknya elektrik sih ya memang untuk tipe tertinggi dengan memory kalo bisa, karena innova gini kayanya banyak driver supir yang pakai juga terus majikannya make buat ke mesjid apa alfamart wkwk
selain itu udah ok sih
yg komenin torsion beam sama independent sus ya kl cuma pemakaian dalam kota yang mulus2 aja sih ga bakal kerasa bedanya
mobil2 umum disini jg masih pake torsion beam kan kayanya
alphard agh30 masih torsion beam apa udah independent ya? itu aja buat saya kadang ga enak terlalu goyang2 wkwk
farizfsa wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 2:40
setelah liat zenix lgs, menurut ane ya, pintu bagasi dprd voice command mending kasi macem kick sensor aja lebih faedah.
jok depan enaknya elektrik sih ya memang untuk tipe tertinggi dengan memory kalo bisa, karena innova gini kayanya banyak driver supir yang pakai juga terus majikannya make buat ke mesjid apa alfamart wkwk
selain itu udah ok sih
yg komenin torsion beam sama independent sus ya kl cuma pemakaian dalam kota yang mulus2 aja sih ga bakal kerasa bedanya
mobil2 umum disini jg masih pake torsion beam kan kayanya
alphard agh30 masih torsion beam apa udah independent ya? itu aja buat saya kadang ga enak terlalu goyang2 wkwk
Yess bener mbah.
Klo tol dalkot dan sekitarnya yg lurus2 doang, dan speed di batas aman sih fine2 aja mau TB juga.
Toh bukan buat spirited driving dan jalur luar kota.
Agh30 udh fiss.
Cmn kayanya keempukan aja settingannya, body gede dan rada tinggi, jadi rada goyang2
Agh30 udh mending.. generasi sblmnya yg pakai TB belakang, lbh mual lg klo lwt jalan gelombang, goyang nganan ngiri
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
farizfsa wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 2:40
yg komenin torsion beam sama independent sus ya kl cuma pemakaian dalam kota yang mulus2 aja sih ga bakal kerasa bedanya
mobil2 umum disini jg masih pake torsion beam kan kayanya
alphard agh30 masih torsion beam apa udah independent ya? itu aja buat saya kadang ga enak terlalu goyang2 wkwk
ya gak berasa, tapi rada miris aja mbah, dulu jaman nineties tuh FISS udah kayak fitur premium mobil pake itu dipajang gede gede macem taft independent aja ditulis gede gede. wkwkkwkw. sekarang pembelinya gak peduli jadi bodo amat kasih batang torsi aja. ya batang torsi upgrade sih kalo dari ladder frem + rigid axle macem reborn dulu.
makanya yang nyembah reborn mati matian sebenernya lebih aneh lagi kecuali emang buat main diesel cumi cumi.
tapi kalo dipikir dari dulu innova dibeli karena "toyota-ness" emang. klo bukan toyota guy belinya CRV enak makanya yg berkuasa toyota sama honda. klo gak suka toyota belinya honda msh dapet sesuai kebutuhan tp driving aspectnya ningkat coba mazda sama toyota pusing pusing dah milih mobil mau nyenengin keluarga tp suka nyetir apa daya pilihannya ekstrim kanan kiri
AGH30 udah rear multi link. set suspensi alphard ini tapi gen manapun ane jg ga cocok sih keempukan kalo kosong cuma di AGH30 lebih anteng kalo buat selap selip.
Last edited by ChZ on Wed Jan 11, 2023 3:16, edited 2 times in total.
sesuai judulnya, apa di mobilnya ada tulisan kijangnya y? setahu saya venturer sudah tidak memakai tulisan kijang lagi.
kijang hny di seri G,V dan Q sewaktu di reborn
Mantap reviewnya Om. Salken sesama user Zenix walaupun saya yg poverty spec G HV
Benar kap mesinnya berat banget dan saya ga lihat mounting untuk retrofit hood struts.. semoga improvement ke depan bisa diadakan.
Fit and finish memang baik, hanya panel gap masih agak lebar menurut saya.
Absennya electric driver's seat, menurut saya karena banyak user Innova khususnya top trim Q yang pakai jasa driver sehingga dianggap tidak perlu. Ini hanya asumsi nubie.
Overall, a very good product. We have 2 more units on order as company cars.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Mantap reviewnya, saat ini apa semua harus order Modellista? Saya suka design exterior Zenix ini lbh ke SUV (hint fortunernya kuat) & interrornya bagus. Masih ga habis pikir netizen byk yg bilang reborn interrior lbh bagus. Arm rest aneh, tombol AC baik yg digital maupun kenop kompor jelek & list silver/kayu di dashboard segede gaban & panel plastik tuas persneling yg ada cup holder terlihat seperti murahan.
Semoga Zenix ini improvementnya bisa diberikan electric driver & passenger seat, setidaknya utk Q level. Oya utk spion apa tipe Q ud auto retract?
Kalau antara Alphard ANH20 sama Harrier XU30 saya megang enak Harrier jauh ya. ANH20 punya adik kaya agak gubrak kalo lewat poldur kalau Harrier punya saya anteng banget makanya saya julukin Karpet terbang berjalan
farizfsa wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 2:40
yg komenin torsion beam sama independent sus ya kl cuma pemakaian dalam kota yang mulus2 aja sih ga bakal kerasa bedanya
mobil2 umum disini jg masih pake torsion beam kan kayanya
alphard agh30 masih torsion beam apa udah independent ya? itu aja buat saya kadang ga enak terlalu goyang2 wkwk
ya gak berasa, tapi rada miris aja mbah, dulu jaman nineties tuh FISS udah kayak fitur premium mobil pake itu dipajang gede gede macem taft independent aja ditulis gede gede. wkwkkwkw. sekarang pembelinya gak peduli jadi bodo amat kasih batang torsi aja. ya batang torsi upgrade sih kalo dari ladder frem + rigid axle macem reborn dulu.
makanya yang nyembah reborn mati matian sebenernya lebih aneh lagi kecuali emang buat main diesel cumi cumi.
tapi kalo dipikir dari dulu innova dibeli karena "toyota-ness" emang. klo bukan toyota guy belinya CRV enak makanya yg berkuasa toyota sama honda. klo gak suka toyota belinya honda msh dapet sesuai kebutuhan tp driving aspectnya ningkat coba mazda sama toyota pusing pusing dah milih mobil mau nyenengin keluarga tp suka nyetir apa daya pilihannya ekstrim kanan kiri
AGH30 udah rear multi link. set suspensi alphard ini tapi gen manapun ane jg ga cocok sih keempukan kalo kosong cuma di AGH30 lebih anteng kalo buat selap selip.
Jadi ntar CRV new Gen atau Fortuner bakal kisaran berapa ya?
Masalah kaki2an sih kalo liat video ini sih standar lah , tinggal lifetime nya bakal kaya apa kalau paradigma "mobil badak" masih melekat ke pengguna nya.
grimjow wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 5:59
Jadi ntar CRV new Gen atau Fortuner bakal kisaran berapa ya?
Masalah kaki2an sih kalo liat video ini sih standar lah , tinggal lifetime nya bakal kaya apa kalau paradigma "mobil badak" masih melekat ke pengguna nya.
kalau CRV new gen bener bakal masukin versi hybrid bakal 700 lebih pasti. dan review type hybrid tidak begitu impressive fuelcons nya mungkin ane bakal stick pake current gen agak lama
anyway tadi baru aja iseng mampir coba zenix Q hybrid. kesan pertama mobilnya guedeee banget masuk dalem aja rasanya lebar yah mobilnya wkwkwk biasa bawa CRV jadi rasanya CRV kecil in comparison. aslinya ane lbh penasaran kalo unit testnya bensin (unit display bensin) karena type hybrid udah banyak di review. tapi malah adanya Q ya sudahlah.
driving pos enak joknya lebih empuk dari CRV turbo yang keras. lebih relaxed. nyetirnya juga feel bawa mobil bukan bawa pickup kayak innova reborn wkwkwkwk. starter alus gak kedengeran sampe salesnya juga bingung ini dah nyala belom.
cuma begitu start jalan hmmm.... dari keseluruhan sesi test drive kok ane barely ngerasain pake motor listriknya. ok takeoff nya ringan sih tapi abis itu udah motor bensinnya nyala lagi. masalahnya selama TD gak nemu macet jadi regen brakingnya mungkin gak charge batrenya. ane sengaja liat indikator batre emang selama 10-15 menit sesi TD gak nambah tuh bar. pdhl bawa santai juga gak ngebejek2.
gak pingin ngebejek juga sih raungan hybrid kalo dibejek suaranya kayak CVT jadul karena gak ada gir fisik nguoooooooooOOOOOOOoooongggg gitu infinite.
untuk kenyamanan.... type Q HV pake sp sport maxx 050 tapi profil lebih tipis dari CRV kalo gak salah 225/50/18, CRV 235/60/18. road noise kedenger sayup sayup kayaknya butuh pake profil tebelan nih ban. stance nya jg aneh. lalu buat susp torsion beam.... indeed ini rasanya enak, ngebantingnya empuk gak gabruk2 macem reborn, tapi tetep ngga menyembunyikan fakta kalo bokongnya ketarik-tarik, feelnya ada mirip Xpander atau Stargazer tapi lebih ngga ngayun.
krn pulang pake honda civic yang set suspensinya keras aja berasa bokongnya ngga narik kanan kiri ala mobil dengan batang torsi.
tapi ane tetap harus set the bar lower - karena lagi lagi ini kijang. dan lagi lagi ane inget kalau base model mobil ini 4xx juta which is sangat-sangat baik jika ride qualitynya seperti ini.
dan ane jika butuh kijang zenix maka bakal beli type gasoline saja karena :
a. hybrid dikabarin bahkan indent aja udah close order sementara karena overload. kl mau dapet barang 2024, katanya.
b. buat transjawabahn cruiser, ane yakin ini mobil ga irit-irit amet kl jarang ngerem. kalau cuma dapet 1:13 buat jalan 130-140 ya sama aja kayak CRV turbo remapan ane. mungkin type gasolinenya bisa segitu juga.
c. cheaper. definitely. plus jika tanpa bantuan motor elektrik nett powernya gedean type bensin.
ChZ wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 3:11
makanya yang nyembah reborn mati matian sebenernya lebih aneh lagi kecuali emang buat main diesel cumi cumi.
Mungkin mereka orang2 yg tinggal di daerah pelosok sana tuh chris. Yg jalan propinsi pada ancur2an, lobang jalan segede tabrakan meteor. Itupun rata2 pada peliharanya yg type bensin, cari solar malah lebih susah kan di daerah antrinya berebut sama truck n bus
Klo urusan diesel cumi cumi sih palingan 2-3% society aja, itupun rata2 pada tinggalnya di daerah perkotaan wkwkwkwk
Tapi ngeliat avanza xenia front wheel udah banyak seliweran, keknya ini zenix bakal laku jg sampe ke pelosok2 harusnya ya. Apalagi ntar masyarakat udah tau enaknya bawa mobil proper. Bisa bener2 males balik ke ladder lagi seh. Kcuali pemuja wiu wiu tet tot tet tot
Trus ada benernya yg ente bilang zenix mesin bensin konvensional udah ok buat pake daily commuting kalo pengiritannya kg significant banget banding hybrid. Ditambah kg pusing urusan klasik batre, sama pajak… denger2 pajak stnk Q hybrid tembus Rp 10juta ya / tahun?
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah
grimjow wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 5:59
Jadi ntar CRV new Gen atau Fortuner bakal kisaran berapa ya?
Masalah kaki2an sih kalo liat video ini sih standar lah , tinggal lifetime nya bakal kaya apa kalau paradigma "mobil badak" masih melekat ke pengguna nya.
kalau CRV new gen bener bakal masukin versi hybrid bakal 700 lebih pasti. dan review type hybrid tidak begitu impressive fuelcons nya mungkin ane bakal stick pake current gen agak lama
anyway tadi baru aja iseng mampir coba zenix Q hybrid. kesan pertama mobilnya guedeee banget masuk dalem aja rasanya lebar yah mobilnya wkwkwk biasa bawa CRV jadi rasanya CRV kecil in comparison. aslinya ane lbh penasaran kalo unit testnya bensin (unit display bensin) karena type hybrid udah banyak di review. tapi malah adanya Q ya sudahlah.
driving pos enak joknya lebih empuk dari CRV turbo yang keras. lebih relaxed. nyetirnya juga feel bawa mobil bukan bawa pickup kayak innova reborn wkwkwkwk. starter alus gak kedengeran sampe salesnya juga bingung ini dah nyala belom.
cuma begitu start jalan hmmm.... dari keseluruhan sesi test drive kok ane barely ngerasain pake motor listriknya. ok takeoff nya ringan sih tapi abis itu udah motor bensinnya nyala lagi. masalahnya selama TD gak nemu macet jadi regen brakingnya mungkin gak charge batrenya. ane sengaja liat indikator batre emang selama 10-15 menit sesi TD gak nambah tuh bar. pdhl bawa santai juga gak ngebejek2.
gak pingin ngebejek juga sih raungan hybrid kalo dibejek suaranya kayak CVT jadul karena gak ada gir fisik nguoooooooooOOOOOOOoooongggg gitu infinite.
untuk kenyamanan.... type Q HV pake sp sport maxx 050 tapi profil lebih tipis dari CRV kalo gak salah 225/50/18, CRV 235/60/18. road noise kedenger sayup sayup kayaknya butuh pake profil tebelan nih ban. stance nya jg aneh. lalu buat susp torsion beam.... indeed ini rasanya enak, ngebantingnya empuk gak gabruk2 macem reborn, tapi tetep ngga menyembunyikan fakta kalo bokongnya ketarik-tarik, feelnya ada mirip Xpander atau Stargazer tapi lebih ngga ngayun.
krn pulang pake honda civic yang set suspensinya keras aja berasa bokongnya ngga narik kanan kiri ala mobil dengan batang torsi.
tapi ane tetap harus set the bar lower - karena lagi lagi ini kijang. dan lagi lagi ane inget kalau base model mobil ini 4xx juta which is sangat-sangat baik jika ride qualitynya seperti ini.
dan ane jika butuh kijang zenix maka bakal beli type gasoline saja karena :
a. hybrid dikabarin bahkan indent aja udah close order sementara karena overload. kl mau dapet barang 2024, katanya.
b. buat transjawabahn cruiser, ane yakin ini mobil ga irit-irit amet kl jarang ngerem. kalau cuma dapet 1:13 buat jalan 130-140 ya sama aja kayak CRV turbo remapan ane. mungkin type gasolinenya bisa segitu juga.
c. cheaper. definitely. plus jika tanpa bantuan motor elektrik nett powernya gedean type bensin.
Sebenernya nge charge batre nya bukan dr rem aja sih, kl gelinding tanpa nge gas dia nge charge dan kl batre low mesin aksn nge charge sambil jalanin roda jg. Kl berhenti di posisi trans D dan P mesin akan isi batre. Kalo di N dia ga ngisi.
Mbl hybrid gini cocoknya kl sering macet2 dalkot sih. Kl sering diatas 80kmh ga cocok kynya karena ga kepake ev mode nya
Kl sy di dalkot 60:40 an deh, lebih banyak ev yg nyala
KielConstantine wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 21:18
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah
well wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 3:14
sesuai judulnya, apa di mobilnya ada tulisan kijangnya y? setahu saya venturer sudah tidak memakai tulisan kijang lagi.
kijang hny di seri G,V dan Q sewaktu di reborn
grimjow wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 5:59
Jadi ntar CRV new Gen atau Fortuner bakal kisaran berapa ya?
Masalah kaki2an sih kalo liat video ini sih standar lah , tinggal lifetime nya bakal kaya apa kalau paradigma "mobil badak" masih melekat ke pengguna nya.
crv 700 lebih psti, apalagi yg hibrid
fortuner jg kyknya lewat 700. apalagi tar klo pake TNGA-F, naik kelas
Mungkin mereka orang2 yg tinggal di daerah pelosok sana tuh chris. Yg jalan propinsi pada ancur2an, lobang jalan segede tabrakan meteor. Itupun rata2 pada peliharanya yg type bensin, cari solar malah lebih susah kan di daerah antrinya berebut sama truck n bus
Klo urusan diesel cumi cumi sih palingan 2-3% society aja, itupun rata2 pada tinggalnya di daerah perkotaan wkwkwkwk
Tapi ngeliat avanza xenia front wheel udah banyak seliweran, keknya ini zenix bakal laku jg sampe ke pelosok2 harusnya ya. Apalagi ntar masyarakat udah tau enaknya bawa mobil proper. Bisa bener2 males balik ke ladder lagi seh. Kcuali pemuja wiu wiu tet tot tet tot
Trus ada benernya yg ente bilang zenix mesin bensin konvensional udah ok buat pake daily commuting kalo pengiritannya kg significant banget banding hybrid. Ditambah kg pusing urusan klasik batre, sama pajak… denger2 pajak stnk Q hybrid tembus Rp 10juta ya / tahun?
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah
kok gw kadang mikir sebenernya innivi dizil tuh cuma idola rental mobil sama pemaen diesel cumi cumi yah soalnya buat fleet kantoran aja masih lbh sering lihat innivi benzin. apalagi di luar jawa solar susah.
gw yakin soalnya habis ini innivi haibrit naik, atau paling jelek gak ada diskon. lah liat demand supply nya jauh gedean demandnya. terus jadi bikin versi gasoline biasa malah jatohnya worth it karena selisih puluhan jt belom diskon + tanpa tetek mbengek hybrid nya. klo cuma ngetol ngetol yakin deh yang versi gasoline iritnya sama.
bused kalo aki konvensionalnya aja 6.5jt bener bener batal jadi mobil low maintenance ini mah pengiritan hybridnya abis bayar aki sama batre
farizfsa wrote: ↑Thu Jan 12, 2023 0:01
Sebenernya nge charge batre nya bukan dr rem aja sih, kl gelinding tanpa nge gas dia nge charge dan kl batre low mesin aksn nge charge sambil jalanin roda jg. Kl berhenti di posisi trans D dan P mesin akan isi batre. Kalo di N dia ga ngisi.
Mbl hybrid gini cocoknya kl sering macet2 dalkot sih. Kl sering diatas 80kmh ga cocok kynya karena ga kepake ev mode nya
Kl sy di dalkot 60:40 an deh, lebih banyak ev yg nyala
kemaren di zenix, sampe akhir sesi TD chare nya cuma dari 2 bar ke 4 bar aja. ya kurang lama mungkin sih akhirnya feel bawanya ya mobil bensin krn mesin bensin 90% nyala terus. kayaknya tetep paling gede charging powernya dari braking.
makanya TD mobil hybrid ini tricky, kalo pas kita dapet batre penuh banget ya bisa irit luar biasa, kalo pas batrenya depleted coba paling cuma 15 menit kagak nge charge, masa nyoba seharian kecuali kenal orang dalem bs pinjem seharian
Mungkin mereka orang2 yg tinggal di daerah pelosok sana tuh chris. Yg jalan propinsi pada ancur2an, lobang jalan segede tabrakan meteor. Itupun rata2 pada peliharanya yg type bensin, cari solar malah lebih susah kan di daerah antrinya berebut sama truck n bus
Klo urusan diesel cumi cumi sih palingan 2-3% society aja, itupun rata2 pada tinggalnya di daerah perkotaan wkwkwkwk
Tapi ngeliat avanza xenia front wheel udah banyak seliweran, keknya ini zenix bakal laku jg sampe ke pelosok2 harusnya ya. Apalagi ntar masyarakat udah tau enaknya bawa mobil proper. Bisa bener2 males balik ke ladder lagi seh. Kcuali pemuja wiu wiu tet tot tet tot
Trus ada benernya yg ente bilang zenix mesin bensin konvensional udah ok buat pake daily commuting kalo pengiritannya kg significant banget banding hybrid. Ditambah kg pusing urusan klasik batre, sama pajak… denger2 pajak stnk Q hybrid tembus Rp 10juta ya / tahun?
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah
kok gw kadang mikir sebenernya innivi dizil tuh cuma idola rental mobil sama pemaen diesel cumi cumi yah soalnya buat fleet kantoran aja masih lbh sering lihat innivi benzin. apalagi di luar jawa solar susah.
gw yakin soalnya habis ini innivi haibrit naik, atau paling jelek gak ada diskon. lah liat demand supply nya jauh gedean demandnya. terus jadi bikin versi gasoline biasa malah jatohnya worth it karena selisih puluhan jt belom diskon + tanpa tetek mbengek hybrid nya. klo cuma ngetol ngetol yakin deh yang versi gasoline iritnya sama.
bused kalo aki konvensionalnya aja 6.5jt bener bener batal jadi mobil low maintenance ini mah pengiritan hybridnya abis bayar aki sama batre
farizfsa wrote: ↑Thu Jan 12, 2023 0:01
Sebenernya nge charge batre nya bukan dr rem aja sih, kl gelinding tanpa nge gas dia nge charge dan kl batre low mesin aksn nge charge sambil jalanin roda jg. Kl berhenti di posisi trans D dan P mesin akan isi batre. Kalo di N dia ga ngisi.
Mbl hybrid gini cocoknya kl sering macet2 dalkot sih. Kl sering diatas 80kmh ga cocok kynya karena ga kepake ev mode nya
Kl sy di dalkot 60:40 an deh, lebih banyak ev yg nyala
kemaren di zenix, sampe akhir sesi TD chare nya cuma dari 2 bar ke 4 bar aja. ya kurang lama mungkin sih akhirnya feel bawanya ya mobil bensin krn mesin bensin 90% nyala terus. kayaknya tetep paling gede charging powernya dari braking.
makanya TD mobil hybrid ini tricky, kalo pas kita dapet batre penuh banget ya bisa irit luar biasa, kalo pas batrenya depleted coba paling cuma 15 menit kagak nge charge, masa nyoba seharian kecuali kenal orang dalem bs pinjem seharian
Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.
AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
peterming77 wrote: ↑Thu Jan 12, 2023 4:05
Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.
AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
itulah repotnya gak ada tacho gak ngerti nyala apa gak gw ngamatin power meter jg gak terlalu jelas nyetir kan fokus ke jalan
yang noticeable mesin nya gak nyala itu waktu start, ini tapi nunggu salesnya urusin macem2 ke satpam aja udah nyala lagi bensinnya. terus selama jalan, ya mungkin kalo liat di indikator ada dari batre yah soalnya bbrp kali gliding jg entah peredam zenix bagus apa mesinnya emang senyap.
soalnya emang batre di zenix ini kecil banget. sbenernya no surprise jg kalo banyakan mesin bensinnya yang kerja.
fuelcons di unit td kemaren 14.7 kml not bad sih kalo dibanding innivi dizil mitic.
peterming77 wrote: ↑Thu Jan 12, 2023 4:05
Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.
AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
itulah repotnya gak ada tacho gak ngerti nyala apa gak gw ngamatin power meter jg gak terlalu jelas nyetir kan fokus ke jalan
yang noticeable mesin nya gak nyala itu waktu start, ini tapi nunggu salesnya urusin macem2 ke satpam aja udah nyala lagi bensinnya. terus selama jalan, ya mungkin kalo liat di indikator ada dari batre yah soalnya bbrp kali gliding jg entah peredam zenix bagus apa mesinnya emang senyap.
soalnya emang batre di zenix ini kecil banget. sbenernya no surprise jg kalo banyakan mesin bensinnya yang kerja.
fuelcons di unit td kemaren 14.7 kml not bad sih kalo dibanding innivi dizil mitic.
Kan ada indikasi EV nya Gan, kalo off gasoline yg nyala. Saya sih mata udah otomatis lirik EV ijo itu. Ya power meter nya ga sejalan sama mesin gasoline, kadang di ECO naik dikit mesin bensin udah nyala, kadang ECO diatas 1/2 juga belum nyala mesinnya. Toyota minta kita TRUST ECU nya aja yg atur semua.
Sempat TD V non hybrid, jalan kota2 bisa dapat 11km/l bagus juga, itu cuma jalan bentar rute pendek lumayan macet2an, suara mesin juga sayup2 kok di dalam kabin, jadi memang peredaman udah jauh membaik.
Last edited by peterming77 on Thu Jan 12, 2023 4:58, edited 1 time in total.
peterming77 wrote: ↑Thu Jan 12, 2023 4:05
Daily usage dalam kota macet2an level baterai ga akan lebih dari 4 bar itupun kalo banyak narik atau coasting yg agak lama/panjang, banyakan anteng aja di 3 bar, tapi kalo mesin gasoline ga akan nyala terus 100% kok, pasti ada off/on nya selama jalan (user CorCross). Baterai akan lebih banyak charge/naik level nya kalo pas di jalan tol krn kita pasti bejek pedal lebih lama dan kalo jalan turunan panjang (krn regen braking-nya). Biasanya saya kalo di jalan tol baterai bisa naik 5 bar kadang 6 bar apalagi kalo sengaja bejek2 gitu, lepas tol pake EV mode udah bisa istirahat mesin gasoline nya lumayan lama (exit tol ke rumah saya +/- 3km) asal ga bejek2an gas.
AVG BBM di tol tidak lebih irit dari full gasoline: bener kok, krn kalo jalan di atas 100kpj gasoline nya pasti nyala terus, kalo mau lebih irit bisa keep di 80kpj dan jangan pake CC tapi kaki ini yg atur coasting dan bejek nya. Saya tahun baru pp SBY JKT, AVG BBM manteng di 16-17km/l, speed banyakan 120kpj . Dari posisi full tank isi tangki one way cuma sekali 29l aja sekitar km 400an atas, krn tangki emang kecil (posisi jarum udah 1/4). Sehari2 di kota stop n go macet2 dll AVG BBM per trip gampang tembus 22-23km/l, paling jelek 19km/l, refuelling bisa di km 500an atas (posisi jarum 1/4 juga). Saya ga biasa refuellng tunggu jarum mepet empty, jadi begitu 1/4 pasti isi lagi.
itulah repotnya gak ada tacho gak ngerti nyala apa gak gw ngamatin power meter jg gak terlalu jelas nyetir kan fokus ke jalan
yang noticeable mesin nya gak nyala itu waktu start, ini tapi nunggu salesnya urusin macem2 ke satpam aja udah nyala lagi bensinnya. terus selama jalan, ya mungkin kalo liat di indikator ada dari batre yah soalnya bbrp kali gliding jg entah peredam zenix bagus apa mesinnya emang senyap.
soalnya emang batre di zenix ini kecil banget. sbenernya no surprise jg kalo banyakan mesin bensinnya yang kerja.
fuelcons di unit td kemaren 14.7 kml not bad sih kalo dibanding innivi dizil mitic.
Kan ada indikasi EV nya Gan, kalo off gasoline yg nyala. Saya sih mata udah otomatis lirik EV ijo itu.
Sempat TD V non hybrid, jalan kota2 bisa dapat 11km/l bagus juga, itu cuma jalan bentar rute pendek lumayan macet2an, suara mesin juga sayup2 kok di dalam kabin, jadi memang peredaman udah jauh membaik.
mesin M20A-FKS punyanya voxy emang halus bawaan orok.
beda sm mesin 1TR,
ngooongggg
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
KielConstantine wrote: ↑Wed Jan 11, 2023 21:18
Pengeluarannya malah jd banyak, buat pajak sama batre kalo koit . Blom lagi aki mobil. Gw kapan hari sempet denger ada yg mencak2 gegara aki corcrot hybrid kena 6.5 jt di bengkel resmi astra, usernya baru make 1 tahun lebih dikit udah mokad tuh aki wkwkwk. Tau deh sama kg tuh type aki mesin hybrid sama mesin bensin biasa. Apa si corcrot atkinson cycle jadi aki beda sendiri? Ntah
6.5juta aki segede apa tuh
masih lebih mahal aki Voxy Om, di beres kena 9,5jt. itu jg harga Juni 2021