Ctx udah fix keraton ya omSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 2:07Mobil 1 (bukan super)Gtx1070 wrote: ↑Mon Mar 06, 2023 12:38Suryaputra wrote: ↑Mon Mar 06, 2023 9:12
tapi... itu pengakuan sepihak aja dr brand.
karena di web dexos, officially juga belum diakui.
https://www.gmdexos.com/brands/dexos1_3/index.html
bahkan Dex1 Gen2 juga belum diakui
https://www.gmdexos.com/brands/dexos1/index.html
wkwkwkw.
tapi.... balik lg, ujung2nya adalah; test lab, kelas harga dan data yg membuktikan.
soal sertifikasi itu adalah std minimal yg sudah ditetapkan.
Jika olinya kelas keraton, dkk spt signature series, udh gak usah pusing sm sertifikasi
Kawan²nya signatures series apa aja emg, om?
Q8 D1 FE
CTX Prime GT
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 459
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Boutique oil
Data cannot lie lie lah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 459
- Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
- Location: Cilacap
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Asli.. Saya aja sempat underestimateSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 5:51Boutique oil
Data cannot lie lie lah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
iya kagets
pas lihat kelas harganya, ohh ok.. worth every penny lahh
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:babyveloSilver wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om,
1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan
itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?
Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?
2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?
Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,
Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km
non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)
just my opinion spy mbl lbh awet
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 377
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Ctx produknya oli ada, aditip ester ada, TB cleaner ada, macem2 jg ya produknya selain oliSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 5:51Boutique oil
Data cannot lie lie lah
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
ATF aja belum
Mungkin krn perputaran ATF sangat lambat.
Gak semua org mau ganti ATF tiap 2 thn sekali
Bengkel Resmi aja sebagian blg ATF tu lifetime
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 460
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.
Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.
Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.
Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Wah termasuk lumayan bersih filter solar 2gd nya si om meskipun pakai solbu + additive.
Saya minggu lalu ganti filter solar 2gd sakura, hitam kotor seperti ini pemakaian 6 bulan 10 rb km.
Full solbus tanpa additive.
Saya minggu lalu ganti filter solar 2gd sakura, hitam kotor seperti ini pemakaian 6 bulan 10 rb km.
Full solbus tanpa additive.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 852
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
om2, tlg sy diberikan pencerahan krn tiba tiba saya dapat ilham pemikiran lain.saturday wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 4:16Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.
Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.
Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.
FB_IMG_1678248763059.jpg
Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya
kalau pakai additive kan filter solarnya menjadi lbh bersih, artinya kotorannya tidak tersaring di filter. Pertanyaannya, kalau memang aslinya solarnya kotor, terus di kasih obat menjadi bersih, nah terus kotorannya yg sblmnya tercampur di solar skr ada dimana?
kalau di tempat pengolahan limbah di tmpt saya ada air kotor lalu setelah di beri kimia koagulan flokulan (semacam zat pengikat kotoran) dan diaduk maka kotoran tersebut akan menjadi gumpalan2 dan endapan sehingga terpisah dari air menyebabkan air lgs menjadi bening. Lalu air dan gumpalan tinggal dipisah saja.
kalau tetap di dalam tangki dan tidak tersaring (sehingga filter solar bersih) maka apakah artinya kotoran lewat dr filter dan masuk ke mesin??
sy juga sedang pakai additive solar saat ini, memang durasi indikator filter menyala (tanda minta di replace) lebih panjang jika pakai additive.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 377
- Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Mantap sharingnya omsaturday wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 4:16 -cut-
Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.
Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.
Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.
FB_IMG_1678248763059.jpg
Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya
Pertanyaan yg sama dengan aditip ester lainnya, apakah penguapan olinya jd lebih banyak dibanding sbelum dikasi aditip om?
Karena beberapa page ke belakang ternyata aditip ester memang bikin wear protectionnya jd lebih bagus, cmn NOACK volatilitynya naek jd oli lebih cepet nguap. Akibatnya oli jd ga bisa longdrain
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Kemungkinan ngendap di tangki: jadi spt endapan atau gumpalan juga yaawell wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 6:57om2, tlg sy diberikan pencerahan krn tiba tiba saya dapat ilham pemikiran lain.saturday wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 4:16Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.
Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.
Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.
FB_IMG_1678248763059.jpg
Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya
kalau pakai additive kan filter solarnya menjadi lbh bersih, artinya kotorannya tidak tersaring di filter. Pertanyaannya, kalau memang aslinya solarnya kotor, terus di kasih obat menjadi bersih, nah terus kotorannya yg sblmnya tercampur di solar skr ada dimana?
kalau di tempat pengolahan limbah di tmpt saya ada air kotor lalu setelah di beri kimia koagulan flokulan (semacam zat pengikat kotoran) dan diaduk maka kotoran tersebut akan menjadi gumpalan2 dan endapan sehingga terpisah dari air menyebabkan air lgs menjadi bening. Lalu air dan gumpalan tinggal dipisah saja.
kalau tetap di dalam tangki dan tidak tersaring (sehingga filter solar bersih) maka apakah artinya kotoran lewat dr filter dan masuk ke mesin??
sy juga sedang pakai additive solar saat ini, memang durasi indikator filter menyala (tanda minta di replace) lebih panjang jika pakai additive.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 460
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Kalau anda lihat data UOA saya, oli Repsol yang saya tambahkan ester tidak saya long drain; hanya saya pakai sejauh 5900an km dalam jangka waktu nyaris 4 bulan. Tidak ada penguapan yang terjadi, lebih tepatnya belum adadaimler wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 8:22Mantap sharingnya omsaturday wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 4:16 -cut-
Saya pernah pakai aditif Ester+Boron mereka, campur ke TMO 10W40 untuk motor Scorpio bore-up 77, stroke up 66 (307cc). Yang saya rasakan mesin lebih halus dibanding hanya pakai TMO tanpa dicampur aditif CTX.
Pernah juga pakai aditif tersebut di FD2; campur ke Repsol GXR Platinum 5W30. Hasil UOAnya ada, silahkan search postingan saya. Sekarang saya sedang gunakan oli yang sama tapi tanpa aditif CTX Ester+Boron yang rencananya akan di UOA juga untuk membandingkan oli tersebut tanpa dan dengan aditif.
Produk lain yang saya cukup puas dari mereka adalah aditif biosolarnya.
FB_IMG_1678248763059.jpg
Terlampir foto filter solar Aspira pada 2GD yang menggunakan biosolar + aditif biosolar CTX. Terpakai sejauh 9052 km. Hanya saja setahu saya, kualitas biosolar bisa bervariasi tergantung SPBU. Bisa saja kebetulan saya selalu dapat yang bersih, bukan pengaruh aditifnya
Pertanyaan yg sama dengan aditip ester lainnya, apakah penguapan olinya jd lebih banyak dibanding sbelum dikasi aditip om?
Karena beberapa page ke belakang ternyata aditip ester memang bikin wear protectionnya jd lebih bagus, cmn NOACK volatilitynya naek jd oli lebih cepet nguap. Akibatnya oli jd ga bisa longdrain
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Aug 31, 2022 4:03
- Daily Vehicle: Fortuner VRZ 2016
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Laporan fortuner VRZ ane uda 10rb pake biosol + CRC 1, pake 100ml tiap full tank. Skrg posisi di km 90rb abis servis. Setelah 10rb jalan, pas servis dikasi liar solar filter (ori) masi bersih banget, jadi ga diganti deh.
Untuk oli saya pake Mobil 1 5W-40, lagi inflasi jadi cari yg paling good value. 150rb 1L. Suara jadi lebi halus dibanding pake Amsoil Signture 5w40, tapi tarikan kurang dikit. Kata bengkel bagusan mesin uda berumur pake 5w40 dibanding 5w30, apa bener?
Untuk oli saya pake Mobil 1 5W-40, lagi inflasi jadi cari yg paling good value. 150rb 1L. Suara jadi lebi halus dibanding pake Amsoil Signture 5w40, tapi tarikan kurang dikit. Kata bengkel bagusan mesin uda berumur pake 5w40 dibanding 5w30, apa bener?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Vario
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
oot dkit , mbah kl gni gmn mbah? *poin filter maticSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 6:05itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:babyveloSilver wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om,
1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan
itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?
Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?
2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?
Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,
Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km
non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)
just my opinion spy mbl lbh awet
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1871
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Selama kita rajin ganti oli matic dan matic ga bermasalah, emang filter lama sekali baru harus ganti.bryanguppiez wrote: ↑Fri Mar 10, 2023 2:37oot dkit , mbah kl gni gmn mbah? *poin filter maticSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 6:05itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:babyveloSilver wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om,
1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan
itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?
Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?
2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?
Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,
Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km
non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)
just my opinion spy mbl lbh awet
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Ya ini balik ke pilihan masing2 tergantung alokasi budget yaa.bryanguppiez wrote: ↑Fri Mar 10, 2023 2:37oot dkit , mbah kl gni gmn mbah? *poin filter maticSuryaputra wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 6:05itungan merk kelas bengkel resmi mbl jepang kebanyakan yaa:babyveloSilver wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 4:42 Ijin bertanya om,
1. Masalah per olian
Kalo ganti
A. oli mesin,
B. filter oli,
C. oli persnelling dan
D. oli gardan
itu maksimal per brp ribu kilometer/per berapa bulan ya?
Untuk boil umur lebih dari 10 th apakah oli mesin hanya bisa 10w40 atau bisa pake spesifikasi yg lain? Kalo hanya 10w40 merk yg direkomendasikan apa ya om? Trs untuk kode API yg dipake juga harus SN atau boleh yang lain? Perbedaan kode API itu pengaruhnya apa ya om?
2. Masalah per filteran
Kalo filter AC dan filter udara mesin om-om disini pada ganti per berapa kilometer ya? Tips merawat filter AC dan filter udara mesin bagaimana ya ?
Nb: Boil dipake harian, jarak yg di tempuh kurang lebih 12km untuk PP rumah-kantor, jalanan ada tanjakan dan jalanan ramai lancar, sering main rpm di atas 2rb-3rb, penggunaan AC full selama perjalanan,
Maaf jadi banyak nanya, barangkali ada yang berkenan/ sharing-sharing, sangat ditunggu sharing nya om
- olmes dan filter oli: tiap 5rb km atau 6 bulan sekali
- oli transmisi matic konvensional atau manual: 2 thn sekali atau 40rb km
- oli matic CVT: 2 tahun sekali atau 20 rb km
- oli gardan: sama spt oli transmisi manual
- radiator coolant dan reservoir: 1-2 tahun sekali
- lendir rem: 1 tahun sekali (max 1,5 tahun)
- lendir power steering: 2 tahun sekali
- filter oli matic (buka oil pan): tiap 80rb km
non lendir:
- filter ac: tiap 1 tahun
- filter udara: cek tiap ganti oli mesin & ganti tiap 1-2 tahun sekali max (tergantung kondisi pulusi udara gmn)
just my opinion spy mbl lbh awet
Karena bukan mutlak spt harus ganti ATF rutin
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 175
- Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
- Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5silverant wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 11:30Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16RezPrat wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 9:58
Shell ultra yg API SP om, yg Indonesia punya itu Masi API SN plus. Yg SP yg dari Thai. D Toped ada yg jual d sini :
https://tokopedia.link/OZYEuzbhTxb
Disclaimer: ane gak ada hubungan apa2 sama penjualnya or Shell company.
Apa ada contoh olinya Gan?
Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4606
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
coba posting gambarnya atau beli dimana link nyarave75 wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 17:38 Laporan fortuner VRZ ane uda 10rb pake biosol + CRC 1, pake 100ml tiap full tank. Skrg posisi di km 90rb abis servis. Setelah 10rb jalan, pas servis dikasi liar solar filter (ori) masi bersih banget, jadi ga diganti deh.
Untuk oli saya pake Mobil 1 5W-40, lagi inflasi jadi cari yg paling good value. 150rb 1L. Suara jadi lebi halus dibanding pake Amsoil Signture 5w40, tapi tarikan kurang dikit. Kata bengkel bagusan mesin uda berumur pake 5w40 dibanding 5w30, apa bener?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SPmkamil wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:00ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5silverant wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 11:30Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16RezPrat wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 9:58
Shell ultra yg API SP om, yg Indonesia punya itu Masi API SN plus. Yg SP yg dari Thai. D Toped ada yg jual d sini :
https://tokopedia.link/OZYEuzbhTxb
Disclaimer: ane gak ada hubungan apa2 sama penjualnya or Shell company.
Apa ada contoh olinya Gan?
Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Sudah ACEA C5.
275 rb /liter
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1871
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Mahal jg ya 275rbsilverant wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:58Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SPmkamil wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:00ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5
https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Sudah ACEA C5.
275 rb /liter
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 89
- Joined: Mon Sep 16, 2013 6:54
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Semoga Q8 segera mendatangkan yg lebih bagus dan lebih murahsahabatq8 wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 5:02Mahal jg ya 275rbsilverant wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:58Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SPmkamil wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:00
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5
https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Sudah ACEA C5.
275 rb /liter
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Coba approach atpm Chery mbahsahabatq8 wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 5:02Mahal jg ya 275rbsilverant wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:58Kemarin jalan2 ke shop & D juga sudah ada, Astra Shell ultra helix 0w20 SPmkamil wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:00
ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5
https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Sudah ACEA C5.
275 rb /liter
So far mereka kan udh ada Fuchs
Mumpung opportunity masih besar
Dan amsoil belum masukin 0w20 euro formula C5 nya
Lagipula user chery gak akan masalah sama harga oli kelas kisaran kurleb 200k seliter
Last edited by Suryaputra on Sun Mar 12, 2023 5:17, edited 2 times in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9819
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Alternatif cukup ok lahmkamil wrote: ↑Sun Mar 12, 2023 4:00ini aja om dari official store nya Hyundai, di deskripsi sudah ACEA C5silverant wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 11:30Ooh import ya.. Noted om.. Samar2 kelihatan ada tulisan C5-16RezPrat wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 9:58
Shell ultra yg API SP om, yg Indonesia punya itu Masi API SN plus. Yg SP yg dari Thai. D Toped ada yg jual d sini :
https://tokopedia.link/OZYEuzbhTxb
Disclaimer: ane gak ada hubungan apa2 sama penjualnya or Shell company.
Apa ada contoh olinya Gan?
Yg fuchs belum nemu di online gan... Tadi saya sambil coba nanya ke dealet barangkali ada, masih tunggu response.
https://tokopedia.link/V2fHNaa95xb
Meskipun PurePlusnya punya tendensi penguapan relatif lbh tinggi dibanding oli sekelas yaa
Main di hi rpm gak usah sering2.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1871
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Lebih bagus pasti dong, ada approval 229.72 mercy mobil 400hp dikasih 0w20 . Tapi kalo lebih murah gak mungkin sih
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/