225/45/18 om. ngejedaknya berasa sih wwwkkwkw. apalagi kl angin terlalu keras.
wakakak ini nyali jg kalah duluan om itu msh bisa nambah...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
225/45/18 om. ngejedaknya berasa sih wwwkkwkw. apalagi kl angin terlalu keras.
civic kan turbonya kecil gitu, emang kalo 140 keatas nggak berat apa? gila amat udh 190 masih bisa nambah... kmrn om cerita cuma ganti dp fp doang kan ya kalo gk salah. sisanya brt mesin tranny standar remap ya
sebenernya klo mau kejar atas ya bisa aja ganti turbonya CRV atau hybrid turbo
udah pasti ogah kalo ganti turbo crv. pengalaman turbo imut venturer vs turbo nya pajero sport, tetep aja kalo dibawa harian dalkot macet2an mah jauh lebih enak turbo kecil wkwkkww. biarin dah walo dikata napas di tol nya udah ngap juga, yg penting fuel consnya hemat dan dibawa sodok2an macet2an lebih jos si inova wkwkwkChZ wrote: ↑Sat Jul 01, 2023 5:53sebenernya klo mau kejar atas ya bisa aja ganti turbonya CRV atau hybrid turbotp buat apa banyak user yang gak terlalu rekomen invest di turbo karna gak bakal gain banyak juga ke limit di CVT plus bawah lebih lag. gini2 atasnya lebih nyaut daripada VW golf mk6 tsi yang masih twincharger. pernah coba soalnya mk6 tsi udah chiptuning atasnya masih lbh buas civic.
enteng om gimana gimana kan 200 hp lebih body cuma 1.3ton. blom dyno terakhir ga ganti dp fp murni remap aja 218hp, sekarang keknya naik 10-20hp lagi. ane malah dp aja fp belom gantidp sama remap. transmisi full std cuma ganti cvtf FK
meski turbo kecil tp itu oonda pinter tune CVT nya
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??
gimana ya umiamwewe wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 12:39sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??
jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
pengalaman pake crv 3rd gen 2.0 AT... nyesel nya bukan maen beli itu..... dibawa nanjak tanjakan puncak full isi 5 orang plus bagasi.... dulu inget banget namanya bukit talitha.. asli dah itu.... bnr2 naek nya speed paling cuma 5 kph doang... malu nya sampe ke ubun2... temeen sampe ngomong.. itu ditanjakan ngeden crawling gitu doang, istilahnya mah kalo kita dikejar maling mah di fur lari aja tuh maling udah pasti dapet saking ngeden nggak kira2 nanjak nya wkkkwwk.. mau di posisi gigi D, posisi gigi L sama aja... salah beli aja kayanya harus nya beli 2.4AT wkwkwkw gembel emang. mamam dah tuh beli 2.0AT incer irit.. sejak saat itu kapok dah beli mobil gede cc pas2andarrelund wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 14:54gimana ya umiamwewe wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 12:39sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??
jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
klo pengalaman oe bawa haervi, bisa dibilang itu girbok pinter. cvt tsb bisa translate kemauan kita jadi rpm yg sesuai
terus nggak ngempos juga meski cuma 1.5, padet feelnya, dijaga di posisi torque curve yg bagus
dibawa nanjak jg ga ngoyo, itu kombinasi TCU & ECU
pernah ga um liat oonda kg bisa nanjak? itulah dia![]()
kyk masda girboknya kita injek dikit ud pindah gigi, itu tuningan um![]()
Bukan cuma cvtnya mbahiamwewe wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 15:38pengalaman pake crv 3rd gen 2.0 AT... nyesel nya bukan maen beli itu..... dibawa nanjak tanjakan puncak full isi 5 orang plus bagasi.... dulu inget banget namanya bukit talitha.. asli dah itu.... bnr2 naek nya speed paling cuma 5 kph doang... malu nya sampe ke ubun2... temeen sampe ngomong.. itu ditanjakan ngeden crawling gitu doang, istilahnya mah kalo kita dikejar maling mah di fur lari aja tuh maling udah pasti dapet saking ngeden nggak kira2 nanjak nya wkkkwwk.. mau di posisi gigi D, posisi gigi L sama aja... salah beli aja kayanya harus nya beli 2.4AT wkwkwkw gembel emang. mamam dah tuh beli 2.0AT incer irit.. sejak saat itu kapok dah beli mobil gede cc pas2andarrelund wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 14:54gimana ya umiamwewe wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 12:39
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??
jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
klo pengalaman oe bawa haervi, bisa dibilang itu girbok pinter. cvt tsb bisa translate kemauan kita jadi rpm yg sesuai
terus nggak ngempos juga meski cuma 1.5, padet feelnya, dijaga di posisi torque curve yg bagus
dibawa nanjak jg ga ngoyo, itu kombinasi TCU & ECU
pernah ga um liat oonda kg bisa nanjak? itulah dia![]()
kyk masda girboknya kita injek dikit ud pindah gigi, itu tuningan um![]()
kalo bawa cvt susah nanjak nggak pernah sih..
iya bener, pengalaman pake hrv 1.5 emang enak.. tenaga ngisi terusssss.. satu hal aja di note wkt itu bawa ke transjawa pengen lsg hajar ke batu malang... kalo gk salah udh mulai masuk daerah semarang itu cvtnya kaya udh mulai rasa power loss.. bener2 di gas nya nggak enak banget gak responsif. istirahat makan di rest area semarang apa tuh yg lumayan gede km brp itu.. tidur sebentar di mobil.. ajaib pas dibawa lagi jos terus.. mulai kerasa 'ngempos'nya lagi di kisaran solo ya. kesimpulan sementara sih waktu itu ya karena cvt nya butuh istirahat juga kali ya gk bisa di durrrr gaspol terus
kalo yaris dan avanza DNGA emang bukan punya saya.. jadi gk ada longterm experiencenya
Istilahnya kalau mobil manual itu "ngatur bukaan kopling" nya.iamwewe wrote: ↑Mon Jul 03, 2023 12:39
sebenernya bahasa honda pinter tune cvt nya udh sering banget sy baca di forum ini. tapi standar pinter itu gimanasih??
jujur aja.. tes cvt yaris trd 2019, trus tes cvt avanza DNGA 2022 1.5cc, bawa hrv RU cvt rasanya ya kayanya gitu2 aja dah namanya cvt.. apa ada sesuatu yg gw kgk notice ya? ya minimal apa yg bedain cvt honda dgn cvt merk lain.
oo berati bener ya yg sy rasain. kirain cuma perasaan aja, taunya ada throttling juga ya.. thank u om info nyaaSuryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 0:00 Bukan cuma cvtnya mbah
Mesinnya juga![]()
Mungkin... ecu programming bawaan pabrik, udh diset; ketika suhu sudah capai sekian, durasi rpm sekian selama waktu sekian, tenaga dan torsi mesin dipotong dikit.
Sama seperti Processor gadget/pc, klo dah panas dalam durasi lama, dia akan throttling (speed processor dicut dikit).
Tujuannya ya reliability dan durability mesin dan transmisi jangka panjang.
ada gambaran sih sedikit2. kaya mobil manual yg ngangkat kopling nya agak gantung2 gitu ya. kaget juga cvt ada torque converternya juga yak set dahChZ wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 0:08
Istilahnya kalau mobil manual itu "ngatur bukaan kopling" nya.
Penyakit CVT zaman lawas itu misal kitorang butuh cuma jalan santai ya udah rpm 2-3 kunci aja di rasio lbh tinggi kan (pindah gigi tinggi kalo di manual). Tp yang terjadi itu transmisi selip terus menerus kek orang mindah gigi lupa dilepas koplingnya. Ini jg tersangka utama yang bikin CVT zaman lawas (dan CVT motor skutik) kurang awet. Ya gimana gak panas gesek gesek selip mulu. Wkwkwkwkw.
Masalahnya CVT itu emang bekerja ngatur selip cara kerjanya. CVT bagus imo ya bisa ngatur sesuai kebutuhan. Lagi mau santai dia lock di rasio tinggi, lagi mau akselerasi dia sigap ke rasio rendah. Skrg si banyakan dibantu lock up clutch dan torque converter jd lebih akurat. Iya, ujungnya CVT jg pake torque convertermakanya dia buat yang gak notice, susah bedain CVT modern sama AT.
Ya macam transmisi AT biasa yang pinter. AT biasa yang bodo juga banyak![]()
Cuma ya karna emang CVT kalo akselerasi kickdown tetep raungan khas CVTnya gak bisa ilang sepenuhnya. Wkwkwkkw.
Paling enjinir ya ngakalnya dibuat virtual shifting aja. Rpm nya dibiarin loss dikit di atas peak power biar turunnya langsung deket peak power. Ujungnya sensasinya mirip dual clutch deh wkwkwk. Nyaris no slip.
e cvt kayanya yg dipake di mobil2 hybrid gk sih? kayanya pernah baca zenix pake e cvt ya.AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 0:58 Traditional steel belt and pulley![]()
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
yg beli nggak banyak om.. ujung2nya gk ketemu economic scalenya kali ya. eh tapi kan civic unit CBU, tinggal impor aja ya kalo ada demand
iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 0:58 Traditional steel belt and pulley![]()
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.Suryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 2:14iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 0:58 Traditional steel belt and pulley![]()
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.
dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt
+ Fitur mager mbahAbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:02yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.Suryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 2:14iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 0:58 Traditional steel belt and pulley![]()
Di negara yg sudah lebih maju, udah bahas e-cvt yg pake planetary gear dan rotor.
technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.
dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt![]()
Fitur pemikat gen-Z itu mbahSuryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:12+ Fitur mager mbahAbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:02yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.Suryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 2:14
iya klo sistem hibrid plg efisien mnrt toyota honda kudu pk ecvt.
technically sync power torsi motor listrik + mesin bbm bisa dicapai dan dikontrol computer.
dan itu jg adopt teknologi loco diesel ajah yg terbukti reliable dipakai bbrp dekade
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt![]()
![]()
Pada akhirnya smua type mobil2 buat car enthusiast jg kiblatin ke dual clutch kan …
honda mah garis keras harus MT mbah. wkwkwkkw.KielConstantine wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:46 Pada akhirnya smua type mobil2 buat car enthusiast jg kiblatin ke dual clutch kan …![]()
Kek matic zf-8speed torque converter bmw , di tuning pake software (xhp; bm3) demi dapetin sensasi shifting dual clutch
Harusnya ud saatnya honda bikin in house trans DCT. Jadi kg dibawah bayang2 VAG terus yg emang ud jadi leader dual clutch![]()
iya dr yg saya baca2 itu kelemahan ADAS sensor rely on camera.AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:31Fitur pemikat gen-Z itu mbahSuryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:12+ Fitur mager mbahAbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:02
yup betul mbah, sebenarnya teknologi mekanikal dan elektrikal itu disitu-situ aja, hanya skrg ditambahin logic computerized.
ah iya my bad, ini topiknya mirip di thread sebelah yg bahas sabuk cvt![]()
![]()
![]()
BTT, sensor ADAS nya Civic FE ini masih pake camera kyk HRV RU ya? berarti line up yang pake radar itu baru Accord dan CRV facelift![]()
knp saya tanya gitu, karena ada di thread HRV yg posting video mengenai Sensor ADAS camera-based keliru mengidentifikasi bayangan saat berada di bawah underpass sehingga sudden brake lalu kena tabrak belakang, video dari negara tetangga kalo ga salah CMIIW
depends... ke usernya gmn.ChZ wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:51honda mah garis keras harus MT mbah. wkwkwkkw.KielConstantine wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:46 Pada akhirnya smua type mobil2 buat car enthusiast jg kiblatin ke dual clutch kan …![]()
Kek matic zf-8speed torque converter bmw , di tuning pake software (xhp; bm3) demi dapetin sensasi shifting dual clutch
Harusnya ud saatnya honda bikin in house trans DCT. Jadi kg dibawah bayang2 VAG terus yg emang ud jadi leader dual clutch![]()
type R mana ada mau bikin DCT tetep kekeh harus manual![]()
customer centric buat model2 yg massal. HRV CRV civic biasa dll.Suryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:52
depends... ke usernya gmn.
karena saya yakin sih produsen sekelas honda itu customer centric.
gak kaya nok*a,![]()
iyaa type r kan marketnya dan loyal customer nya beda sm golep r (at least saat ini)ChZ wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:53customer centric buat model2 yg massal. HRV CRV civic biasa dll.Suryaputra wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:52
depends... ke usernya gmn.
karena saya yakin sih produsen sekelas honda itu customer centric.
gak kaya nok*a,![]()
justru karena customer centric dy tau konsumen type R ganti matic customernya malah lari. apa specialnya beli type R dibanding golf R kalo sama-sama DCT kencengan golf R wkwkwk.
liatnya dari mana om utk sensor ADASnya? kalo yg di atas spion tengah itu, kayanya sih udh radar juga ya. kgk liat ada kamera kayanya nih.AbdulHakim wrote: ↑Tue Jul 04, 2023 3:31
Fitur pemikat gen-Z itu mbah![]()
BTT, sensor ADAS nya Civic FE ini masih pake camera kyk HRV RU ya? berarti line up yang pake radar itu baru Accord dan CRV facelift![]()
knp saya tanya gitu, karena ada di thread HRV yg posting video mengenai Sensor ADAS camera-based keliru mengidentifikasi bayangan saat berada di bawah underpass sehingga sudden brake lalu kena tabrak belakang, video dari negara tetangga kalo ga salah CMIIW