Universitas terbuka ... hahahahaha ...r1210g wrote:Belajar dimana om?PenyuTurbo wrote:Hehehehehe ... mesti belajar dulu Harmonic Vibration untuk 3 dan 5 cylinder ... baru tahu ..... Terlalu panjang dan terlalu matematis ... ntar pada bengong.r1210g wrote:Knp silinder ganjil?
jalan paving bener nya bikin rusak mobil kaga?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
yah, kalo ada linknya kan lumayan...
Bisa buat baca2...
Gitu loh om...
Bisa buat baca2...
Gitu loh om...

The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
eh iya.. bener tuh.. gw kl bis nonton horor bawa'an nya keinget mlulu.. ck ck ck.. sampe kl lagi sendirian keinget2 ndiri.. kapok deh gw nonton horror.. tp ce gw skarang suka nya horrroorrr mlulu.. cape jantung gw..Risol1 wrote:hehehe...terutama kalo abis nonton film hororPenyuTurbo wrote:Nasib baik masih bisa lupa ... bayangin kalau gak lupa ... inget mulu ... hehehehehe.johnlegend wrote:ooo iya sih.. kok bisa lupaaaaaa hehehe.. thx pak penyu..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
ada ga bengkel yang beresin masalah-2 gini?naldo wrote:Kalau dashboard bunyi2, wajar aja bro johnlegend. Karena namanya mobil yang banyak di pke n berjalannya waktu pasti pengerak maupun dashboard akan menjadi bunyi karena sekrup yang mulai sedikit kendor dan semacamnya. Sama saja kalau beli mobil sudah berumur 3 tahun, eventhough itu mobil S-class atau RangeRover, pasti bunyi2 mulai ada n ga mungkin bisa long lasting n ga mungkin serasa mobil baru n semua itu pasti akan terasa bedanya antara mana yang bekas atau yang baru
kalo cuman sekrup kurang kenceng, atau engsel kurang oli, kan tinggak diberesin. Cuman sekarang ini kan banyak bengkel berurusan sama mesin, atau interior (salon mobil, variasi). Tapi u/ bengkel yang beresin bunyi-2an, terus beresin suspensi supaya empuk kembali.., nah bengkel semacam itu ada ga yah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kalo suspensi pengen empuk lagi jalan satu2nya ya musti ganti shock absorber bosgunawan98 wrote:ada ga bengkel yang beresin masalah-2 gini?
kalo cuman sekrup kurang kenceng, atau engsel kurang oli, kan tinggak diberesin. Cuman sekarang ini kan banyak bengkel berurusan sama mesin, atau interior (salon mobil, variasi). Tapi u/ bengkel yang beresin bunyi-2an, terus beresin suspensi supaya empuk kembali.., nah bengkel semacam itu ada ga yah?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
back to topic tapi dikitan OOT...
Gimana dengan jalan yg terbuat dari beton (concrete)? Kan sekarang banyak tuh, kalo mo traffic light ato di jalan tol yg tanahnya labil, biasanya ga pake aspal tapi beton kasar (bergaris-garis). Ada efek sampingnya buat kaki2 mobil kah? Ato cuman karet ban cepet aus?
Gimana dengan jalan yg terbuat dari beton (concrete)? Kan sekarang banyak tuh, kalo mo traffic light ato di jalan tol yg tanahnya labil, biasanya ga pake aspal tapi beton kasar (bergaris-garis). Ada efek sampingnya buat kaki2 mobil kah? Ato cuman karet ban cepet aus?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
paling ban jd cepet abis & berisik kalo lewat situ...asal jalannye kaga berlobang2...imsus2c wrote:back to topic tapi dikitan OOT...
Gimana dengan jalan yg terbuat dari beton (concrete)? Kan sekarang banyak tuh, kalo mo traffic light ato di jalan tol yg tanahnya labil, biasanya ga pake aspal tapi beton kasar (bergaris-garis). Ada efek sampingnya buat kaki2 mobil kah? Ato cuman karet ban cepet aus?


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
knp kaga pake aspal aja yah.. yg gw tau pake aspal yg ada campuran karet nya..
bisa ngurangin tingkat kebisingan + nambah grip..
kan enak.. naek mobil hening.. mulus..
mmh, gw perna liat, supaya aspal bisa tahan lama.. pondasi nya kudu bertahap.. ada batu gede, kecil, kerikil, pasir dll dll dll.. ngga bisa maen tambal2 gitu.. *malahan abis2in dana pemkot kl gini*
bisa ngurangin tingkat kebisingan + nambah grip..
kan enak.. naek mobil hening.. mulus..
mmh, gw perna liat, supaya aspal bisa tahan lama.. pondasi nya kudu bertahap.. ada batu gede, kecil, kerikil, pasir dll dll dll.. ngga bisa maen tambal2 gitu.. *malahan abis2in dana pemkot kl gini*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
bukannya pemkot emang sengaja mao ngabis2in dana?johnlegend wrote:knp kaga pake aspal aja yah.. yg gw tau pake aspal yg ada campuran karet nya..
bisa ngurangin tingkat kebisingan + nambah grip..
kan enak.. naek mobil hening.. mulus..
mmh, gw perna liat, supaya aspal bisa tahan lama.. pondasi nya kudu bertahap.. ada batu gede, kecil, kerikil, pasir dll dll dll.. ngga bisa maen tambal2 gitu.. *malahan abis2in dana pemkot kl gini*

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 320
- Joined: Mon Apr 23, 2007 5:56
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
klo mobil ga telalu mungkin..lagian jg sy krg tau..
tp klo lg naik motor lewat jln beton..ampun dah!
lama2 pinggang bs patah..tambah lg klo ujan tambah licin lg..bahaya!
tp jalanan beton ada keuntungannya jg..
jalanan jd ga gampang rusak paling2 bergelombang aja..makanya jalan2 di Plumpang-Semper sono banyakan beton soale yg lewat truck2 tronton dan trailer.
tp klo lg naik motor lewat jln beton..ampun dah!
lama2 pinggang bs patah..tambah lg klo ujan tambah licin lg..bahaya!
tp jalanan beton ada keuntungannya jg..
jalanan jd ga gampang rusak paling2 bergelombang aja..makanya jalan2 di Plumpang-Semper sono banyakan beton soale yg lewat truck2 tronton dan trailer.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
^^^
mungkin juga...soalnya kombinasi beton-aspal, jalur beton-nya biasanya ditaruh pas depan traffic light. IMO, mungkin mobil dgn tonase berat waktu nge-rem disitu (lampu merah) bisa bikin aspal tertarik/menggulung sama bannya yg gede itu. Apalagi kalo hari sedang terik bin panas, bisa bikin aspal jalan kita melunak.
Trus beton dengan sifatnya yg massive (solid) bisa lebih bertahan di tanah yg relatif labil, ga seperti aspal yg lebih flexible, ikut ketarik. SMers pernah perhatiin ga kalo jalan di negara kita, garis-garis markanya kadang meliuk/memble seolah olah ketarik - tarik. Mungkin itu gara2 aspalnya geser ketarik tanah labil.
mungkin juga...soalnya kombinasi beton-aspal, jalur beton-nya biasanya ditaruh pas depan traffic light. IMO, mungkin mobil dgn tonase berat waktu nge-rem disitu (lampu merah) bisa bikin aspal tertarik/menggulung sama bannya yg gede itu. Apalagi kalo hari sedang terik bin panas, bisa bikin aspal jalan kita melunak.
Trus beton dengan sifatnya yg massive (solid) bisa lebih bertahan di tanah yg relatif labil, ga seperti aspal yg lebih flexible, ikut ketarik. SMers pernah perhatiin ga kalo jalan di negara kita, garis-garis markanya kadang meliuk/memble seolah olah ketarik - tarik. Mungkin itu gara2 aspalnya geser ketarik tanah labil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. aspal yg kuat ada.. tp yg jadi masalah di indo kan bangun nya rada2 ngga bener.. kadang cuman tambal sulam.. kadang pondasi nya ngga kuat.. akhir2 nya dilewatin truk2 berat langsung cekung deh -_-"
perna gw liat, pas reparasi jalan di vancouver.. jalan tuh digali sampe kedalaman kira2 1.5 meter-2 meter.. trus baru dikasi pondasi bertahap.. bisa tahan lama.. ngga abis2in dana pemkot + mengganggu kepentingan umum di jalan..
padahal mobil2 nya gede2 jg lho.. belum masalah cuaca jg ngga bersahabat.. tp perawatan kedepan lebih mudah..
mungkin solusi untuk di indonesia pake paving ato beton yah.. tp paving kl kena banjir, pasir nya jg bisa pelan2 ilang.. akhir nya jg lubang2 gt.. kl beton, licinnn pas hujan... apa lagi kl diatas beton ada cat putih untuk pembatas garis.. bahaya untuk pengendara motor tuh..
apa mungkin seharus nya dibuat pembagian.. beton digunakan di daerah industry dan aspal digunakan di daerah yang banyak dilalui komuter pribadi?
perna gw liat, pas reparasi jalan di vancouver.. jalan tuh digali sampe kedalaman kira2 1.5 meter-2 meter.. trus baru dikasi pondasi bertahap.. bisa tahan lama.. ngga abis2in dana pemkot + mengganggu kepentingan umum di jalan..
padahal mobil2 nya gede2 jg lho.. belum masalah cuaca jg ngga bersahabat.. tp perawatan kedepan lebih mudah..
mungkin solusi untuk di indonesia pake paving ato beton yah.. tp paving kl kena banjir, pasir nya jg bisa pelan2 ilang.. akhir nya jg lubang2 gt.. kl beton, licinnn pas hujan... apa lagi kl diatas beton ada cat putih untuk pembatas garis.. bahaya untuk pengendara motor tuh..
apa mungkin seharus nya dibuat pembagian.. beton digunakan di daerah industry dan aspal digunakan di daerah yang banyak dilalui komuter pribadi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Emang, aspal ada yg bagus apalagi jika pengerjaannya juga bagus, pasti bertahan. Kalo aspal runaway bandara kuat, ya emang seharusnya begitulah...kalo engga...tebak aja sendiri. Apalagi bandara kan juga diaudit masalah safety-nya, pasti runaway-nya harus ok cmiiw.
Kalo jalan raya terutama non toll (non highway)...ya begitulaahh.
Btw, jalan paving mungkin juga buat penyerapan air supaya air ga cepat tergenang/banjir. Saya lihat di kota-kota tua (downtown) di Eropa, misalnya di Amsterdam, jalannya dibuat dari paving kok...mana sempit lagi...
Kalo jalan raya terutama non toll (non highway)...ya begitulaahh.
Btw, jalan paving mungkin juga buat penyerapan air supaya air ga cepat tergenang/banjir. Saya lihat di kota-kota tua (downtown) di Eropa, misalnya di Amsterdam, jalannya dibuat dari paving kok...mana sempit lagi...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
eh koq jadi OOT ngomongin jalan di jkt ya..
anyway saya lanjut dulu ah. kalo saya liat di sini jalanan cepet rusak juga karena saluran airnya kagak ada yg beres semua... dulu 5-10 tahun yg lalu, thamrin, sudirman n gatsu gak pernah kayak sekarang. ujan bentar udah banjir.. gila.. ini jalanan protokol CBD loh.. malu2in... gedung boleh tinggi2.. tapi jalanan banjir.. ampun...
waktu sudirman dibikin trotoar yg lebar, bukannya sekalian gali2 saluran buangnya.. pasti banyak sampah tuh.. atau sekalian dibuat saluran buang bawah tanah yg bener kayak di luat negri... gak pemerintah gak swasta sama saja... bangun2 pemukiman jalanannya gak dibikin saluran buang air yg beres.. akibatnya ujan bentar aja dah banjir...
jalanan banjir... cepet RUSAK deh jalanannya....
tapi di jalan daan mogot saya liat lagi dibangun got yg cukup lebar.. pake blok2 beton yg sdh jadi... tp kalo saluran dr jalan ke got ketutup sama aja deh... mana jalanan dibuatnya juga asal2.. tinggi rendahnya ngaco...air gak bisa ngalir ke got.

anyway saya lanjut dulu ah. kalo saya liat di sini jalanan cepet rusak juga karena saluran airnya kagak ada yg beres semua... dulu 5-10 tahun yg lalu, thamrin, sudirman n gatsu gak pernah kayak sekarang. ujan bentar udah banjir.. gila.. ini jalanan protokol CBD loh.. malu2in... gedung boleh tinggi2.. tapi jalanan banjir.. ampun...
waktu sudirman dibikin trotoar yg lebar, bukannya sekalian gali2 saluran buangnya.. pasti banyak sampah tuh.. atau sekalian dibuat saluran buang bawah tanah yg bener kayak di luat negri... gak pemerintah gak swasta sama saja... bangun2 pemukiman jalanannya gak dibikin saluran buang air yg beres.. akibatnya ujan bentar aja dah banjir...
jalanan banjir... cepet RUSAK deh jalanannya....
tapi di jalan daan mogot saya liat lagi dibangun got yg cukup lebar.. pake blok2 beton yg sdh jadi... tp kalo saluran dr jalan ke got ketutup sama aja deh... mana jalanan dibuatnya juga asal2.. tinggi rendahnya ngaco...air gak bisa ngalir ke got.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
mmh.. di europe bukan paving broo...... *weleh.. i said this many timesss.. hehehe.*imsus2c wrote:Emang, aspal ada yg bagus apalagi jika pengerjaannya juga bagus, pasti bertahan. Kalo aspal runaway bandara kuat, ya emang seharusnya begitulah...kalo engga...tebak aja sendiri. Apalagi bandara kan juga diaudit masalah safety-nya, pasti runaway-nya harus ok cmiiw.
Kalo jalan raya terutama non toll (non highway)...ya begitulaahh.
Btw, jalan paving mungkin juga buat penyerapan air supaya air ga cepat tergenang/banjir. Saya lihat di kota-kota tua (downtown) di Eropa, misalnya di Amsterdam, jalannya dibuat dari paving kok...mana sempit lagi...
di europe pake coble stone..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Ooo...bukan jenis paving juga ya? Thanks atas koreksinya. Tapi kan intinya, jalanan engga terbuat dari aspal kan?johnlegend wrote:mmh.. di europe bukan paving broo...... *weleh.. i said this many timesss.. hehehe.*imsus2c wrote:Emang, aspal ada yg bagus apalagi jika pengerjaannya juga bagus, pasti bertahan. Kalo aspal runaway bandara kuat, ya emang seharusnya begitulah...kalo engga...tebak aja sendiri. Apalagi bandara kan juga diaudit masalah safety-nya, pasti runaway-nya harus ok cmiiw.
Kalo jalan raya terutama non toll (non highway)...ya begitulaahh.
Btw, jalan paving mungkin juga buat penyerapan air supaya air ga cepat tergenang/banjir. Saya lihat di kota-kota tua (downtown) di Eropa, misalnya di Amsterdam, jalannya dibuat dari paving kok...mana sempit lagi...
di europe pake coble stone..
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1142
- Joined: Wed May 02, 2007 16:45
hehehe.. iya.. coble stone based nya ngga di pasir.. n rangkaian nya random.. kl paving kan berjajar rata.. effect resonansi nya kenceng banget.. *wah gw sok tahu banget.. hahaha*
i am just guessing bro..
tp coba deh.. kl pas kita jalan lurus di paving.. trus kita belok'in.. tar kan keluar suara yg berbeda..
i am just guessing bro..
tp coba deh.. kl pas kita jalan lurus di paving.. trus kita belok'in.. tar kan keluar suara yg berbeda..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 991
- Joined: Mon May 08, 2006 7:32
kalo coblestone itu sangat beda dengan konblok disini deh. paling engga dr feeling waktu mobil jalan diatasnya.
yg saya perhatiin sih kalo konblok, mobil masih bisa cepet jalannya. tapi kalo coblestone bener2 gak nyaman untuk dijalanin mobil. memang peruntukkannya juga spy mobil ga kebut di atasnya. sedangkan konblok kalo pasangnya rapi n rata.. buat kebut masih enak...
efeknya ban yg jalan diatas coblestone juga lebih berisik dibanding konblok.
yg saya perhatiin sih kalo konblok, mobil masih bisa cepet jalannya. tapi kalo coblestone bener2 gak nyaman untuk dijalanin mobil. memang peruntukkannya juga spy mobil ga kebut di atasnya. sedangkan konblok kalo pasangnya rapi n rata.. buat kebut masih enak...
efeknya ban yg jalan diatas coblestone juga lebih berisik dibanding konblok.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
jadi kesimpulan thread ini, jalanan onroad non aspal (paving/conblock/coblestone/concrete) intinya ga bikin rusak mobil+kaki2nya, selama nyetir-nya bener dan bikin jalannya juga ga ngawur. Gitu kah?
Yang paling kerasa mungkin hanya di ban cepet aus dan kenyamanan berkurang?
Yang paling kerasa mungkin hanya di ban cepet aus dan kenyamanan berkurang?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking