Kekurangannya adalah risetnya kurang berkembang karena sudah dipatentkan oleh pabrikan tertentu (kalu gak salah Mazda)
Rotary itu beneran di patenin sama Mazda gak sih? gw gak jelas banget ama nih mesin.
Soalnya gw maren liat di tipi, discovery channel, ada orang bikin mesin rotary buat basis mobil terbang/personal plane, dan Mazda gak disebut sebut.
Setau gw... tolong direvisi sejarahnya kalo ada yang salah, namanya juga inget2...
Felix Heinrich Wankel (jerman) menciptakan nenek moyang rotary pada tahun 1928 yang diberi nama drehkolbenmaschine (matek gw... lupa abies namanya) yang dipatenin tahun 1936. Baru setelah matenin tuh mesin dia pake nama dia sendiri di mesinnya, jadi Wankel Rotary engine (rotationskolbenmaschinen).
Tahun 1950an, om Wenkel kerjasama ama NSU (gak ada singkatannya) untuk bikin mobil, yang namanya NSU Prinz, dan Wankel Spider di tahun 60an. NSU nantinya dibeli ama VW/Audi. Nah sebelum kerjasama, si om Wankel bikin Wankel GmbH yang memegang royalti atas mesin rotary. Dan karena om ini kerjasama ama NSU, NSU juga kebagian sebagai pemegang royalti.
Gembar gembor mesin Wankel yang unconventional nyampe ke kuping GM, Mercedez, john deere dan Mazda. Singkatnya, cuma Mazda yang berhasil ngedevelop rotary engine dengan sempurna. Meskipun begitu, rotary pada kenyataannya dulu tidak stabil sama sekali... kalo ada yang pernah tau, rotary dinobatkan sebagai mesin terburuk di tahun 80an. Forbes atau majalah apa gitu.
Reliabilitas 13B (mesin RX7) masih jadi pertanyaan untuk pecinta otomotif. Mesin 1.3L yang bisa nyentuh 1000+ Hp ini dikatakan cukup labil ditangan orang yang kurang ngerti mesin. Soalnya temen gw pernah beli RX-7 ifini di New Zealand, dipake balap, ada bagian mesin yang retak gitu deh, berhubungan dengan oli, dan gak cuma temen gw doang. Mazda 787B dengan 2.6L Rotary engine menang di Le Mans 1991, tapi entah kenapa, sekarang ilang kabarnya. Dan juga, mesin Rotary 2L dulu udah siap produksi, tapi karena masalah reliabilitas, kita cuma dapet 1.3L doang. Bayangin aja tuh 2L, 1.3L aja NA bisa 280 Bhp, apalagi 2L... bisa nyentuh 400bhp stok!!!
jadi setau gw, gak ada lagi yang ngembangin rotary selain mazda karena susah banget bikinnya.
eh lupa... om Wenkel tahun 1974 bikin institut riset namanya TES (bahasa jerman, lupa) yang disupport ampe tahun 1993, oleh Daimler-Benz/Daimler-Chrysler.
nah jadi... paten rotary engine itu punya sapa? Mazda setau gw cuma pembeli license doang, bukan pemegang paten, bingung euy. Seharusnya patennya dipegang sama VW/AUdi sekarang, tapi gak jelas banget
http://www.wankel-rotary.com/
http://www.rotaryengineillustrated.com/index.html
Most major vehicle manufacturers bought a license and pursued programs of varying extent. Major players like GM and Mercedes committed the most resources and seemed to be making the greatest strides towards volume production but, for various reasons, it was a small Japanese company named Toyo Kogyo (later renamed Mazda, after its most successful division) that became the standard bearer as others dropped out.
p.s. Felix Wenkel dan Soichiro Honda itu dua orang sesepuh favorit gw