General principle and knowledge perlendiran mesin menyatakan bahwa Oli mesin diesel memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oli mesin bensin yaitu kandungan deterjennya. Namanya deterjen jelas tujuannya apa kan.
Kedua, better not touch engine flush. Dimari aja sesepuhnya lebih menyarankan pakai Mesran SC/Meditra SX buat enjin flush, baru diisi dengan oli yang kita inginkan. Mesran/Meditran ini sebenarnya kan oli diesel.
Sertifikasi itu adalah penanda kompatibilitas lendir. Ada enjin yang cocok dengan oli standar tertentu tapi nggak cocok ama standar lain. Kalau mesin nippon sih malah lebih enak pake lendir standard Yurop. PTT Dynamic Commonrail nggak pake standar API, pakenya standard ACEA (percabangannya malah lebih strict dan jadi standard sendiri kyk FORD WSS, MB 229.x, BMW LL). Secara umum sih kalau ACEA itu standard-nya lebih luas daripada API. Ya saya juga nggak nyangka kok lendir lebih encer malah suaranya bisa lebih garing daripada lendir yg kentel di Ipah bensin. Akhirnya keterusan deh buat pake. THR nanti ada rencana mau nyetok banyak karena cuma PTT yg jualan wadah 6 liter.
Mengenai amannya, standard Yurop mana sih yg nggak aman?
Saya jadi inget kejadian lucu, saya ada Revo pake DelvacMX dan Fastron Diesel udah tahunan. Revo yg satu dipinjem sementara ama temen yg baru kerja. Tanpa sepengetahuan saya, dia ganti ke oli MPX. Suatu hari pas itu motor dibalikin, ane pake tuh motor kok ada suara berfrekuensi aneh, semacam dengung keras tidak nyaman di kuping. Dugaan ane mengarah ke lendir mesin. Selang dua hari, temen ngabarin klo olinya habis diganti baru. Besoknya langsung ane ganti ke DelvacMX. Buajingan emang.
Kalau mau baca, ada trit juga by sepuh @Turboman, judulnya. Daftar oli diesel yg bikin suara mesin jadi halus. DelvacMX ama Fastron Diesel masuk kategori itu.