VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 2:32
peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:23
Yup yg CBU electric seat, tapi saya suka pake suede sih, berarti itu CKD yah :big_chicken:

Pagi ini liat VW Golf Mk6 grey dijalan, keliatan terawat, mulus, velg udah diganti, ganteng sekali (dari belakang), tapi overall saya lebih suka yg Mk7 krn garis2 lebih kotak2 ga membulat. Kayaknya memang better yg Mk7 ya, krn kalo Mk6 bisa beda 100jt dari Mk7 dng tahun yg agak mepet pasti ada 'sesuatu' disana.

Harga Mk7 di pasaran online sekitaran 200 mid, berarti dibanding beli baru di 2014 depresiasi sekitar 200jt an, very good buat mobil Eropa loh, dan mungkin masih bisa nahan atau at least ga bakalan anjlok lebih dalam lagi beberapa tahun kedepan, apalagi kalo barang niche.
iya om itu CKD.

kalau MK6 TSI emang resale valuenya drop om. skrg bisa dapet as low as 100 jt kecil. abis ni mobil reputasinya moneypit banget udah gitu model jg biasa aja gak kayak scirocco yang masih bisa model 3-doors jd harga agak nahan. kalau ada dana 300 juga mending beli GTInya.

tp say itu mobil di 2010 harganya 350 jutaan, skrg 2023 harga bekasnya sekitar 120 juta = depresiasi 230jutaan alias 66% sebenernya gak ancur2 banget (dibanding wuling almaz yang turun 30% dalam 2 taun :upss: ). krn gak bisa turun lagi ni mobil harganya. ane 3 thn lalu akuisisi juga harga udah segituan.

MK7 di 2014 harganya 475juta, sekarang say 200 jutaan kecil yah anggep 220 juta = 53% dalam 9 tahun. yah rata-rata seginian lah.
Ada yg jual Mk7 CKD 200 tuh di ou el eks, mana lokasi deket pulah, cekidot ga ya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Wed Aug 30, 2023 7:24Mk6 waktu bini gw beli Mitsu OS inget banget tuh beda dikit. OS 330jeti, mk6 350an kalo ga salah. Gw suruh beli mk6 tp ga demen modelnya, tp untung jg sih ga beli bini gw make mobil kayak supir angkot, bisa brodol tuh mecha :big_biglaugh:
nah ini temen gw dha cape22x ngomporin gw MK6 sampe suru saya test drive muterin pik pas dia service GTInya terus dia ajak ketemu kabeng VW pak penyakitnya biasa apa aja lsg dia jawab "paling mecanya 30jtan" :glodak:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Aug 30, 2023 7:24
Mk6 waktu bini gw beli Mitsu OS inget banget tuh beda dikit. OS 330jeti, mk6 350an kalo ga salah. Gw suruh beli mk6 tp ga demen modelnya, tp untung jg sih ga beli bini gw make mobil kayak supir angkot, bisa brodol tuh mecha :big_biglaugh:
surem emang. buat standar taun segitu mobil 300 juta-an 0-100 8 detik MK6 itu kebagusan speknya. lawannya civic FD corolla altis cupu semua mesinnya. cuma model golf mk6 emang culun kalo gak di modif. wakakkaka.

kalo bini ente di stopan gak dioper ke N atau creeping pake D, ya wassalam deh itu mecha :big_weee:

di pikir pikir zaman itu seru banget mobil... sedan compact mid agak bagusan selain civic/corolla masih ada lancer EX, ford focus, VW golf.

sekarang makin seret. civic/corolla aja jadi mobil premium.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 7:39 Ada yg jual Mk7 CKD 200 tuh di ou el eks, mana lokasi deket pulah, cekidot ga ya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
buat mbl hobi? kalo demen modelnya sikat om :mky_03:

kalo mo cari performa soalnya harga sgitu enak beli mk5 GTI sekalian. cuma keknya skrg harga ikut kegoreng tuh mk5 GTI.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 7:49
surem emang. buat standar taun segitu mobil 300 juta-an 0-100 8 detik MK6 itu kebagusan speknya. lawannya civic FD corolla altis cupu semua mesinnya. cuma model golf mk6 emang culun kalo gak di modif. wakakkaka.

kalo bini ente di stopan gak dioper ke N atau creeping pake D, ya wassalam deh itu mecha :big_weee:
sebenernya mesinya asik juga loh tinggal ganti radiator intercoller sama convert ke MT :mky_03:

saya sempet ada jual MK7 1.2TSI manual :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Aug 30, 2023 7:54
sebenernya mesinya asik juga loh tinggal ganti radiator intercoller sama convert ke MT :mky_03:

saya sempet ada jual MK7 1.2TSI manual :mky_03:
VW emang keknya yang populerin tuning2 model chip tune / remap di indo. sekali colok bisa up to 30% power up. mesinnya si badak no issue tinggal tunernya sama ownernya sableng gak. internal pasti robust dari bawaan.

cuma ya itu, yg dual charger ngebeban malah ke drivetrainnya :mky_03:

kasih competition clutch swap MT udah enak. oh ya sama ban bagus + coilover soalnya mk6 understeer bgt.

mk7 1.2 dulu baru dijual gak sampe 400 kalo gak salah. cuma tenaga 105hp aja. mesin sama skrg di polo 1.2 tsi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 7:53
peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 7:39 Ada yg jual Mk7 CKD 200 tuh di ou el eks, mana lokasi deket pulah, cekidot ga ya :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
buat mbl hobi? kalo demen modelnya sikat om :mky_03:

kalo mo cari performa soalnya harga sgitu enak beli mk5 GTI sekalian. cuma keknya skrg harga ikut kegoreng tuh mk5 GTI.
MK5 GTI ketuaan lah, ada tuh online ga sampe 200jt tahun 2008, kalo yg MK6 GTI 300an, lebih baik sekalian F30 kalo segitu, tapi ya GTI kan bodi lebih kompak.

Berapa minggu lalu masih ada MK7 manual ga sampe 200 dijual, tapi lokasi jauh. :ungg:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 653
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by peterming77 »

farizfsa wrote: Wed Aug 30, 2023 3:02 masih pgn ane sama ini mobil, apa lg mk7 cbu silver

tp pas dipikir harga akuisisi nya, bisa dapet audi a6 c7 2.0t tahun yang sama, problem yg mirip2, harga parts yang mirip2 (kalo tau caranya, part number beberapa sama dgn vw2) + dapet mesin golep gti meski di pair sama cvt
Lah kalo multitronic (baca: CVT) bermasalah apa ga tambah runyam Gan? A6 bukan kaleng2 sih, ac udah 4 zone :big_exellent: kabin keliatan upmarket sekali, harga ga sampe 250
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by b0ku »

peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 9:29 Lah kalo multitronic (baca: CVT) bermasalah apa ga tambah runyam Gan? A6 bukan kaleng2 sih, ac udah 4 zone :big_exellent: kabin keliatan upmarket sekali, harga ga sampe 250
audi capeek lah pernah dapet orang nitip taon muda km low 30rban tapi tagihan ud 30jt benerin kaki2x :big_bored:

sampe saya bilang loe gak salah jual ni mobil sambil pamerin bon perbaikannya sama aja loe nakut2xin yang beli :mky_07:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by farizfsa »

peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 9:29
farizfsa wrote: Wed Aug 30, 2023 3:02 masih pgn ane sama ini mobil, apa lg mk7 cbu silver

tp pas dipikir harga akuisisi nya, bisa dapet audi a6 c7 2.0t tahun yang sama, problem yg mirip2, harga parts yang mirip2 (kalo tau caranya, part number beberapa sama dgn vw2) + dapet mesin golep gti meski di pair sama cvt
Lah kalo multitronic (baca: CVT) bermasalah apa ga tambah runyam Gan? A6 bukan kaleng2 sih, ac udah 4 zone :big_exellent: kabin keliatan upmarket sekali, harga ga sampe 250
Kalo kata bengkel langganan ane, yg 2.8 yg suka masalah, yg 2.0t udah oke. Itu kemarin ada di tuning sama 310hp tau deh selip atau ga
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Wed Aug 30, 2023 13:36
peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 9:29 Lah kalo multitronic (baca: CVT) bermasalah apa ga tambah runyam Gan? A6 bukan kaleng2 sih, ac udah 4 zone :big_exellent: kabin keliatan upmarket sekali, harga ga sampe 250
audi capeek lah pernah dapet orang nitip taon muda km low 30rban tapi tagihan ud 30jt benerin kaki2x :big_bored:

sampe saya bilang loe gak salah jual ni mobil sambil pamerin bon perbaikannya sama aja loe nakut2xin yang beli :mky_07:
Wakakaak benerin dmn dia, kalo barang2 nya lemforder, sachs, bilstein dll mah sama bmw mercy sama aja abisnya. Mahal abis di kibulin bengkel kali wakaka. Audi vw porsche yg bikin pusing kunci2annya beda sm mercy bmw emg
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Wed Aug 30, 2023 13:59 Wakakaak benerin dmn dia, kalo barang2 nya lemforder, sachs, bilstein dll mah sama bmw mercy sama aja abisnya. Mahal abis di kibulin bengkel kali wakaka. Audi vw porsche yg bikin pusing kunci2annya beda sm mercy bmw emg
Keknya kalo bener benerin E60 apa W211 jg abis kurang lebih. Tp gak ampe 30 jg wkwkk.

Problemnya kadang di luar jabodetabek mungkin opt cuma bengkel resmi. Atau gak ngerti spesialis kaki kaki murah jd digetok wakakakak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by b0ku »

farizfsa wrote: Wed Aug 30, 2023 13:59
Wakakaak benerin dmn dia, kalo barang2 nya lemforder, sachs, bilstein dll mah sama bmw mercy sama aja abisnya. Mahal abis di kibulin bengkel kali wakaka. Audi vw porsche yg bikin pusing kunci2annya beda sm mercy bmw emg
bengkel resmi om :big_biglaugh:

dulu temen saya juga waktu itu jaman accord CM harganya 200jtan dia mau beli A6 V6 saya bilang beli accord CM aja dia batu tetep beli A6 gak lama dia dia iklan jual audi A6 baru benerin matic 45jt :wkkk:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1780
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 2:50
ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 2:32
peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:23
Yup yg CBU electric seat, tapi saya suka pake suede sih, berarti itu CKD yah :big_chicken:

Pagi ini liat VW Golf Mk6 grey dijalan, keliatan terawat, mulus, velg udah diganti, ganteng sekali (dari belakang), tapi overall saya lebih suka yg Mk7 krn garis2 lebih kotak2 ga membulat. Kayaknya memang better yg Mk7 ya, krn kalo Mk6 bisa beda 100jt dari Mk7 dng tahun yg agak mepet pasti ada 'sesuatu' disana.

Harga Mk7 di pasaran online sekitaran 200 mid, berarti dibanding beli baru di 2014 depresiasi sekitar 200jt an, very good buat mobil Eropa loh, dan mungkin masih bisa nahan atau at least ga bakalan anjlok lebih dalam lagi beberapa tahun kedepan, apalagi kalo barang niche.
iya om itu CKD.

kalau MK6 TSI emang resale valuenya drop om. skrg bisa dapet as low as 100 jt kecil. abis ni mobil reputasinya moneypit banget udah gitu model jg biasa aja gak kayak scirocco yang masih bisa model 3-doors jd harga agak nahan. kalau ada dana 300 juga mending beli GTInya.

tp say itu mobil di 2010 harganya 350 jutaan, skrg 2023 harga bekasnya sekitar 120 juta = depresiasi 230jutaan alias 66% sebenernya gak ancur2 banget (dibanding wuling almaz yang turun 30% dalam 2 taun :upss: ). krn gak bisa turun lagi ni mobil harganya. ane 3 thn lalu akuisisi juga harga udah segituan.

MK7 di 2014 harganya 475juta, sekarang say 200 jutaan kecil yah anggep 220 juta = 53% dalam 9 tahun. yah rata-rata seginian lah.
benzz89 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:38 Gile om chz, tepat sekali jawabannya hahahah... ane beli dr baru ini golep taon 2015 (barengan ama om rizki) gegara repiu om chz di mari.. ratjunnn [emoji38]

Menurut ane sbg user golep 1.4 tsi mk7 sih tetap DSG dry clutch 7 speednya kurang refine yah waktu creeping di kemacetan, kadang juddering msh ada (kadang jg tdk ada) jd capek bawa mobilnya & sering ke salip org... sisanya enak sih hampir tdk ada turbo lag & torque steering meski kita hard accelerate. Mobil enak ini golep jd kangen ama akselerasinya...

Kemarin sempat icip cherry tiggo 8 pro odo baru 2 ribuan km sejauh 100 km++ surprisingly dual clutchnya enak loh... very smooth di kemacetan lalu lintas, feel hard accelerate mirip ama DSG golep (sama" 7 speed jg) hanya torque steeringnya (saat hard accelerate) ngeri meski di kecepatan tinggi setir memberat tapi jauh lebih mantap golep.

PR sih emang ini DSG dry clutchnya golep, ane merasa memang kurang refine & kurang durable, mesin sih tidak masalah, mending ambil yg GTI yg sdh wet clutch lah... perfect [emoji4]
ane juga kadang masih keinget tuh rasanya MK7 om... :ungg: sayang dimari unitnya susah, mo beli juga kok tanggung yah udah punya civic. aftersales repot apa apa harus beres.

nah itulah emang jalanan indo terlalu jahanam buat transmisi canggih non-torcon macem DCT gini. akibatnya performa tranny tidak stabil karena pembuangan panasnya tidak optimal. ane coba macem2 polo tsi, mk6 tsi, mk7 tsi, ampe seltos juga creeping masih kurang enak.
klo dah punya civic, kelebihan MK7 yg saya rasakan nyoba, kelebihannya di DSG dan minim turbo lag.
klo dr NVH dan daily comfort better civic FK yah.
lbh empuk.

Golf MK7, nginjek kerikil jalan aja berasa sampai setir dan body.
itu bushing sama sasis solid bener buat meliuk-liuk.
wakakakaka.

enaknya buat di tol MK7
klo jalan keriting dan umum, Civic FK tetap better dan terasa balance antara keras dan empuk nya.
dan resale value + fast liquid juga :ngacir:
Kalo buat daily dan suka macet, malah enakan cvt. DSGnya masih jerky , minta di gaspol terus kalo creaping gak enak wkwkwk. Lebih awet cvt jg
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by farizfsa »

b0ku wrote: Wed Aug 30, 2023 21:30
farizfsa wrote: Wed Aug 30, 2023 13:59
Wakakaak benerin dmn dia, kalo barang2 nya lemforder, sachs, bilstein dll mah sama bmw mercy sama aja abisnya. Mahal abis di kibulin bengkel kali wakaka. Audi vw porsche yg bikin pusing kunci2annya beda sm mercy bmw emg
bengkel resmi om :big_biglaugh:

dulu temen saya juga waktu itu jaman accord CM harganya 200jtan dia mau beli A6 V6 saya bilang beli accord CM aja dia batu tetep beli A6 gak lama dia dia iklan jual audi A6 baru benerin matic 45jt :wkkk:
Wakaka pantes ga heran. Bmw kl bengkel resmi jg abis segituan om seri 5.

Cvt mah obat nya cuma ganti oli cvt rutin mau kelas jazz smp audi mah. Kalo bisa pake oli cvt kelas keraton

Dsg dry jg gt, jgn lupa dry bukan ga ada oli, ttp ada. Bengkel langganan ane sekarang kl ga kenal atau pelanggan lama udh males urus medha, di lempar itu pelanggan ke bengkel specialis mecha macem axc apa ya namanya bengkelnya. Kerjaan ga seberapa, customer baru katanya suka rewel minta mecha refurb atau copotan tp ga lama error lg. Kalo mecha baru dia baru mau kerjain wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)