VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

squarks
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Aug 28, 2023 19:33
Daily Vehicle: RU1

VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by squarks »

Rencananya saya mau ganti dari mobil sekarang hrv e 2015 tapi pengen coba golf karena dulu kaga kesampean beli, karena harga barunya mahal dan first car gak mau mobil bekas

saya iseng iseng cek sebentar tadi melihat harga pasaran mk6 sama mk7 itu lumayan juga bedanya 100jt, mk6 harga pasaran sekitaran 140jt bekasnya tahun 2010 awal, sedangkan mk7 dibawah 2015 harganya sekitaran 240jt

pertanyaan saya, apakah perbedaan dari mk6 ke mk7 se-signifikan itu, apakah worth it jika saya menambah 100jt untuk mengambil mk7 dibandingkan mk6, karena setahu saya mesinnya dan transmisi sama, jelas chasis dan fitur pasti berbeda tapi apakah worth it terutama dari segi fun to drive, kenyamanan dan fitur?

kebutuhan saya hanya dalam kota, kalo weekend adalah injek gas dikit
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

pernah coba MK7 dan pernah pake MK6 sebentar.

MK7 secara mobil lebih mewah dan lebih halus bawanya. body ringan jd lebih lincah dan turbo twin scroll ga berasa ngelag2 amat walau kalo nendang rpm bawahnya enak MK6.

sayangnya MK6 udah terlalu tua. selisih 20hp dan supercharger nya tidak worth lebih murah 100jt karena platform MK6 secara umum lbh problematik.

MK6 1.4 TSI flywheel dan mechatronicnya udah 50 juta di depan mata kalo rusak dan masalahnya pasti rusak prematur karena dual charger kasih beban lebih ke transmisi. ini cheap estimate yah kalo gak di beres.

kalo di bengkel resmi itu flywheel sama ongkos b/p nya 50jt, mecha 30jt.

MK7 lebih worth it dan lebih badak dipiara. apalagi kalo bisa dapet yang CBU (velg 18).
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by kendibocor »

Mk6 beda turbonya kn ama mk7? Denger2 lebih galak mk6. Trus transmisi jd ada update di mk7, katanya lebih jarang jajan mecha.

Tp ini semua "katanya" ya, blm miara sendiri. Dlu pgn beli scirocco mundur teratur gara2 mechanya.

Sebagai kaum mendang mending, kalo ane ada duit mepet 300jeti sih ambil F30 om, benerin timing chain 16jt beres pake sambil merem. Kayaknya jajannya bakalan lebih murah drpd vewe.
Last edited by kendibocor on Tue Aug 29, 2023 4:09, edited 1 time in total.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by farizfsa »

worth it

cari unit cbu yang R18

MK7 overall, less problematic, dual clutch masih dry tp kayanya lebih robust

rem tangan sudah electric juga

keluarin duit buat ganti headunit RDS yang sudah bisa apple carplay/android auto + digital speedometer ori nya. lgs kerasa ga tua2 amat deh mobilnya. kmrn di pesbuk ada yang jual sih tuh wkwk
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by KielConstantine »

Worth sih om

Mk7 jauh lebih refined kok. Kan sasis ud ganti ke model MQB, banyak reviu2 luar yg kasih feedback positive pada jamannya dulu kluar

Lebih joss lagi klo bs dapet unit mk7 GTI. Not play-play klo itu mah. Akta lahir masih CBU pula :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
squarks
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Mon Aug 28, 2023 19:33
Daily Vehicle: RU1

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by squarks »

ChZ wrote: Tue Aug 29, 2023 3:06 pernah coba MK7 dan pernah pake MK6 sebentar.

MK7 secara mobil lebih mewah dan lebih halus bawanya. body ringan jd lebih lincah dan turbo twin scroll ga berasa ngelag2 amat walau kalo nendang rpm bawahnya enak MK6.

sayangnya MK6 udah terlalu tua. selisih 20hp dan supercharger nya tidak worth lebih murah 100jt karena platform MK6 secara umum lbh problematik.

MK6 1.4 TSI flywheel dan mechatronicnya udah 50 juta di depan mata kalo rusak dan masalahnya pasti rusak prematur karena dual charger kasih beban lebih ke transmisi. ini cheap estimate yah kalo gak di beres.

kalo di bengkel resmi itu flywheel sama ongkos b/p nya 50jt, mecha 30jt.

MK7 lebih worth it dan lebih badak dipiara. apalagi kalo bisa dapet yang CBU (velg 18).
oh berati selain lebih bagus juga lebih durable juga ya? dan apa yang cbu dan ckd perbedaanya signifikan?
kendibocor wrote: Tue Aug 29, 2023 4:07 Mk6 beda turbonya kn ama mk7? Denger2 lebih galak mk6. Trus transmisi jd ada update di mk7, katanya lebih jarang jajan mecha.

Tp ini semua "katanya" ya, blm miara sendiri. Dlu pgn beli scirocco mundur teratur gara2 mechanya.

Sebagai kaum mendang mending, kalo ane ada duit mepet 300jeti sih ambil F30 om, benerin timing chain 16jt beres pake sambil merem. Kayaknya jajannya bakalan lebih murah drpd vewe.
ane justru dulu jaman sma ada temen yang punya scirocco, itu pertama kali perkenalan mobil vw dan jadi pengen golf, mainly karena coba scirocco koq enak banget ni mobil, kemahalan mundur teratur jadi ngelirik golf

saya juga sebenernya sedikir tertarik ke F30, tapi duit belum cukup haha
farizfsa wrote: Tue Aug 29, 2023 4:08 worth it

cari unit cbu yang R18

MK7 overall, less problematic, dual clutch masih dry tp kayanya lebih robust

rem tangan sudah electric juga

keluarin duit buat ganti headunit RDS yang sudah bisa apple carplay/android auto + digital speedometer ori nya. lgs kerasa ga tua2 amat deh mobilnya. kmrn di pesbuk ada yang jual sih tuh wkwk
berati lebih durable juga ya, kalau saya mau cari unit cbu perbedaan selain velg apa ya? bisa jadi yang jual gantiin velgnya toh haha

kalau ganti speedo bukannya setau saya ribet kalibrasi dan settingnya ya? jujur saya si malah lebih suka speedometer analog haha
KielConstantine wrote: Tue Aug 29, 2023 5:24 Worth sih om

Mk7 jauh lebih refined kok. Kan sasis ud ganti ke model MQB, banyak reviu2 luar yg kasih feedback positive pada jamannya dulu kluar

Lebih joss lagi klo bs dapet unit mk7 GTI. Not play-play klo itu mah. Akta lahir masih CBU pula :big_grin:
wah gti saya gak ada duitnya haha, dan setau saya kalau mau modif mendekati power gti gak susah susah amat katanya, malahan agak gampang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

squarks wrote: Tue Aug 29, 2023 14:21 oh berati selain lebih bagus juga lebih durable juga ya? dan apa yang cbu dan ckd perbedaanya signifikan?
Seingat ane cbu itu
- velg 18 (ckd pake 17)
- electric seat (ckd manual)
- leather seat (ckd fabric)

Apa lagi yah lupa. Dulu barunya beda 30 jutaan kl ga salah. Ckd 445 cbu 475 di 2014.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Tue Aug 29, 2023 14:45
squarks wrote: Tue Aug 29, 2023 14:21 oh berati selain lebih bagus juga lebih durable juga ya? dan apa yang cbu dan ckd perbedaanya signifikan?
Seingat ane cbu itu
- velg 18 (ckd pake 17)
- electric seat (ckd manual)
- leather seat (ckd fabric)

Apa lagi yah lupa. Dulu barunya beda 30 jutaan kl ga salah. Ckd 445 cbu 475 di 2014.
Yup yg CBU electric seat, tapi saya suka pake suede sih, berarti itu CKD yah :big_chicken:

Pagi ini liat VW Golf Mk6 grey dijalan, keliatan terawat, mulus, velg udah diganti, ganteng sekali (dari belakang), tapi overall saya lebih suka yg Mk7 krn garis2 lebih kotak2 ga membulat. Kayaknya memang better yg Mk7 ya, krn kalo Mk6 bisa beda 100jt dari Mk7 dng tahun yg agak mepet pasti ada 'sesuatu' disana.

Harga Mk7 di pasaran online sekitaran 200 mid, berarti dibanding beli baru di 2014 depresiasi sekitar 200jt an, very good buat mobil Eropa loh, dan mungkin masih bisa nahan atau at least ga bakalan anjlok lebih dalam lagi beberapa tahun kedepan, apalagi kalo barang niche.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by benzz89 »

ChZ wrote:
squarks wrote: Tue Aug 29, 2023 14:21 oh berati selain lebih bagus juga lebih durable juga ya? dan apa yang cbu dan ckd perbedaanya signifikan?
Seingat ane cbu itu
- velg 18 (ckd pake 17)
- electric seat (ckd manual)
- leather seat (ckd fabric)

Apa lagi yah lupa. Dulu barunya beda 30 jutaan kl ga salah. Ckd 445 cbu 475 di 2014.
Gile om chz, tepat sekali jawabannya hahahah... ane beli dr baru ini golep taon 2015 (barengan ama om rizki) gegara repiu om chz di mari.. ratjunnn [emoji38]

Menurut ane sbg user golep 1.4 tsi mk7 sih tetap DSG dry clutch 7 speednya kurang refine yah waktu creeping di kemacetan, kadang juddering msh ada (kadang jg tdk ada) jd capek bawa mobilnya & sering ke salip org... sisanya enak sih hampir tdk ada turbo lag & torque steering meski kita hard accelerate. Mobil enak ini golep jd kangen ama akselerasinya...

Kemarin sempat icip cherry tiggo 8 pro odo baru 2 ribuan km sejauh 100 km++ surprisingly dual clutchnya enak loh... very smooth di kemacetan lalu lintas, feel hard accelerate mirip ama DSG golep (sama" 7 speed jg) hanya torque steeringnya (saat hard accelerate) ngeri meski di kecepatan tinggi setir memberat tapi jauh lebih mantap golep.

PR sih emang ini DSG dry clutchnya golep, ane merasa memang kurang refine & kurang durable, mesin sih tidak masalah, mending ambil yg GTI yg sdh wet clutch lah... perfect [emoji4]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:23
Yup yg CBU electric seat, tapi saya suka pake suede sih, berarti itu CKD yah :big_chicken:

Pagi ini liat VW Golf Mk6 grey dijalan, keliatan terawat, mulus, velg udah diganti, ganteng sekali (dari belakang), tapi overall saya lebih suka yg Mk7 krn garis2 lebih kotak2 ga membulat. Kayaknya memang better yg Mk7 ya, krn kalo Mk6 bisa beda 100jt dari Mk7 dng tahun yg agak mepet pasti ada 'sesuatu' disana.

Harga Mk7 di pasaran online sekitaran 200 mid, berarti dibanding beli baru di 2014 depresiasi sekitar 200jt an, very good buat mobil Eropa loh, dan mungkin masih bisa nahan atau at least ga bakalan anjlok lebih dalam lagi beberapa tahun kedepan, apalagi kalo barang niche.
iya om itu CKD.

kalau MK6 TSI emang resale valuenya drop om. skrg bisa dapet as low as 100 jt kecil. abis ni mobil reputasinya moneypit banget udah gitu model jg biasa aja gak kayak scirocco yang masih bisa model 3-doors jd harga agak nahan. kalau ada dana 300 juga mending beli GTInya.

tp say itu mobil di 2010 harganya 350 jutaan, skrg 2023 harga bekasnya sekitar 120 juta = depresiasi 230jutaan alias 66% sebenernya gak ancur2 banget (dibanding wuling almaz yang turun 30% dalam 2 taun :upss: ). krn gak bisa turun lagi ni mobil harganya. ane 3 thn lalu akuisisi juga harga udah segituan.

MK7 di 2014 harganya 475juta, sekarang say 200 jutaan kecil yah anggep 220 juta = 53% dalam 9 tahun. yah rata-rata seginian lah.
benzz89 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:38 Gile om chz, tepat sekali jawabannya hahahah... ane beli dr baru ini golep taon 2015 (barengan ama om rizki) gegara repiu om chz di mari.. ratjunnn [emoji38]

Menurut ane sbg user golep 1.4 tsi mk7 sih tetap DSG dry clutch 7 speednya kurang refine yah waktu creeping di kemacetan, kadang juddering msh ada (kadang jg tdk ada) jd capek bawa mobilnya & sering ke salip org... sisanya enak sih hampir tdk ada turbo lag & torque steering meski kita hard accelerate. Mobil enak ini golep jd kangen ama akselerasinya...

Kemarin sempat icip cherry tiggo 8 pro odo baru 2 ribuan km sejauh 100 km++ surprisingly dual clutchnya enak loh... very smooth di kemacetan lalu lintas, feel hard accelerate mirip ama DSG golep (sama" 7 speed jg) hanya torque steeringnya (saat hard accelerate) ngeri meski di kecepatan tinggi setir memberat tapi jauh lebih mantap golep.

PR sih emang ini DSG dry clutchnya golep, ane merasa memang kurang refine & kurang durable, mesin sih tidak masalah, mending ambil yg GTI yg sdh wet clutch lah... perfect [emoji4]
ane juga kadang masih keinget tuh rasanya MK7 om... :ungg: sayang dimari unitnya susah, mo beli juga kok tanggung yah udah punya civic. aftersales repot apa apa harus beres.

nah itulah emang jalanan indo terlalu jahanam buat transmisi canggih non-torcon macem DCT gini. akibatnya performa tranny tidak stabil karena pembuangan panasnya tidak optimal. ane coba macem2 polo tsi, mk6 tsi, mk7 tsi, ampe seltos juga creeping masih kurang enak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 2:32
peterming77 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:23
Yup yg CBU electric seat, tapi saya suka pake suede sih, berarti itu CKD yah :big_chicken:

Pagi ini liat VW Golf Mk6 grey dijalan, keliatan terawat, mulus, velg udah diganti, ganteng sekali (dari belakang), tapi overall saya lebih suka yg Mk7 krn garis2 lebih kotak2 ga membulat. Kayaknya memang better yg Mk7 ya, krn kalo Mk6 bisa beda 100jt dari Mk7 dng tahun yg agak mepet pasti ada 'sesuatu' disana.

Harga Mk7 di pasaran online sekitaran 200 mid, berarti dibanding beli baru di 2014 depresiasi sekitar 200jt an, very good buat mobil Eropa loh, dan mungkin masih bisa nahan atau at least ga bakalan anjlok lebih dalam lagi beberapa tahun kedepan, apalagi kalo barang niche.
iya om itu CKD.

kalau MK6 TSI emang resale valuenya drop om. skrg bisa dapet as low as 100 jt kecil. abis ni mobil reputasinya moneypit banget udah gitu model jg biasa aja gak kayak scirocco yang masih bisa model 3-doors jd harga agak nahan. kalau ada dana 300 juga mending beli GTInya.

tp say itu mobil di 2010 harganya 350 jutaan, skrg 2023 harga bekasnya sekitar 120 juta = depresiasi 230jutaan alias 66% sebenernya gak ancur2 banget (dibanding wuling almaz yang turun 30% dalam 2 taun :upss: ). krn gak bisa turun lagi ni mobil harganya. ane 3 thn lalu akuisisi juga harga udah segituan.

MK7 di 2014 harganya 475juta, sekarang say 200 jutaan kecil yah anggep 220 juta = 53% dalam 9 tahun. yah rata-rata seginian lah.
benzz89 wrote: Wed Aug 30, 2023 1:38 Gile om chz, tepat sekali jawabannya hahahah... ane beli dr baru ini golep taon 2015 (barengan ama om rizki) gegara repiu om chz di mari.. ratjunnn [emoji38]

Menurut ane sbg user golep 1.4 tsi mk7 sih tetap DSG dry clutch 7 speednya kurang refine yah waktu creeping di kemacetan, kadang juddering msh ada (kadang jg tdk ada) jd capek bawa mobilnya & sering ke salip org... sisanya enak sih hampir tdk ada turbo lag & torque steering meski kita hard accelerate. Mobil enak ini golep jd kangen ama akselerasinya...

Kemarin sempat icip cherry tiggo 8 pro odo baru 2 ribuan km sejauh 100 km++ surprisingly dual clutchnya enak loh... very smooth di kemacetan lalu lintas, feel hard accelerate mirip ama DSG golep (sama" 7 speed jg) hanya torque steeringnya (saat hard accelerate) ngeri meski di kecepatan tinggi setir memberat tapi jauh lebih mantap golep.

PR sih emang ini DSG dry clutchnya golep, ane merasa memang kurang refine & kurang durable, mesin sih tidak masalah, mending ambil yg GTI yg sdh wet clutch lah... perfect [emoji4]
ane juga kadang masih keinget tuh rasanya MK7 om... :ungg: sayang dimari unitnya susah, mo beli juga kok tanggung yah udah punya civic. aftersales repot apa apa harus beres.

nah itulah emang jalanan indo terlalu jahanam buat transmisi canggih non-torcon macem DCT gini. akibatnya performa tranny tidak stabil karena pembuangan panasnya tidak optimal. ane coba macem2 polo tsi, mk6 tsi, mk7 tsi, ampe seltos juga creeping masih kurang enak.
klo dah punya civic, kelebihan MK7 yg saya rasakan nyoba, kelebihannya di DSG dan minim turbo lag.
klo dr NVH dan daily comfort better civic FK yah.
lbh empuk.

Golf MK7, nginjek kerikil jalan aja berasa sampai setir dan body.
itu bushing sama sasis solid bener buat meliuk-liuk.
wakakakaka.

enaknya buat di tol MK7
klo jalan keriting dan umum, Civic FK tetap better dan terasa balance antara keras dan empuk nya.
dan resale value + fast liquid juga :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by farizfsa »

masih pgn ane sama ini mobil, apa lg mk7 cbu silver

tp pas dipikir harga akuisisi nya, bisa dapet audi a6 c7 2.0t tahun yang sama, problem yg mirip2, harga parts yang mirip2 (kalo tau caranya, part number beberapa sama dgn vw2) + dapet mesin golep gti meski di pair sama cvt
Last edited by farizfsa on Wed Aug 30, 2023 3:12, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 2:50 klo dah punya civic, kelebihan MK7 yg saya rasakan nyoba, kelebihannya di DSG dan minim turbo lag.
klo dr NVH dan daily comfort better civic FK yah.
lbh empuk.

Golf MK7, nginjek kerikil jalan aja berasa sampai setir dan body.
itu bushing sama sasis solid bener buat meliuk-liuk.
wakakakaka.

enaknya buat di tol MK7
klo jalan keriting dan umum, Civic FK tetap better dan terasa balance antara keras dan empuk nya.
dan resale value + fast liquid juga :ngacir:
MK7 nya yang CBU yak? apa yang CKD mbah. kalo yg CBU liat profil ban tipisnya aja horror. wakakkaka.

MK6 yg ane rasakan lebih soft. cuma ban bawaan ya 16inch sih. minusnya MK6 kayak SUV compared to MK7 sasisnya bener bener mantep ringan dan rigid kalau kata om helem putih diet 100kg tuh sasis only.

MK6 kayak gak lincah gitu mobilnya. kenceng, tapi feel nya kurang agile, plus feelnya front heavy (mgkn karena dual charger berat komponennya) dan understeer bgt. dikasi ban kaga ngegrip setirnya kemana-mana.

bener balancenya lbh dapet di civic FK.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by kendibocor »

Mk7 tp harganya nahan loh, dari 2-3 thn lalu sempet liat2 yg tahun 2014an emang harganya berkisar 230-260an. Sekarang masih blm dibawah 200 ya :big_think:
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 3:03
Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 2:50 klo dah punya civic, kelebihan MK7 yg saya rasakan nyoba, kelebihannya di DSG dan minim turbo lag.
klo dr NVH dan daily comfort better civic FK yah.
lbh empuk.

Golf MK7, nginjek kerikil jalan aja berasa sampai setir dan body.
itu bushing sama sasis solid bener buat meliuk-liuk.
wakakakaka.

enaknya buat di tol MK7
klo jalan keriting dan umum, Civic FK tetap better dan terasa balance antara keras dan empuk nya.
dan resale value + fast liquid juga :ngacir:
MK7 nya yang CBU yak? apa yang CKD mbah. kalo yg CBU liat profil ban tipisnya aja horror. wakakkaka.

MK6 yg ane rasakan lebih soft. cuma ban bawaan ya 16inch sih. minusnya MK6 kayak SUV compared to MK7 sasisnya bener bener mantep ringan dan rigid kalau kata om helem putih diet 100kg tuh sasis only.

MK6 kayak gak lincah gitu mobilnya. kenceng, tapi feel nya kurang agile, plus feelnya front heavy (mgkn karena dual charger berat komponennya) dan understeer bgt. dikasi ban kaga ngegrip setirnya kemana-mana.

bener balancenya lbh dapet di civic FK.
MK7 yg saya coba.. persis kaya punya fitra yg ini



tp bannya BS turanza,
itu oem nya ya?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 3:28
MK7 yg saya coba.. persis kaya punya fitra yg ini



tp bannya BS turanza,
itu oem nya ya?
wah udah CBU, pake BS turanza. combo maut. wkwkwkwkw.

OEM seingat ane kok continental yah biasa pewe pake continental.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4809
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by Pboyz97 »

cukup worth, secara tahun lebih muda, lebih banyak fitur + denger2 jg udh improve di realibilitynya jg hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11834
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 3:30
Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 3:28
MK7 yg saya coba.. persis kaya punya fitra yg ini



tp bannya BS turanza,
itu oem nya ya?
wah udah CBU, pake BS turanza. combo maut. wkwkwkwkw.

OEM seingat ane kok continental yah biasa pewe pake continental.
iya feelnya direct bener, liuk liuk enak. minim body roll.

tp begitu ketemu aspal beton / kasar atau gradakan. mantap dah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote:
ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 3:03
Suryaputra wrote: Wed Aug 30, 2023 2:50 klo dah punya civic, kelebihan MK7 yg saya rasakan nyoba, kelebihannya di DSG dan minim turbo lag.
klo dr NVH dan daily comfort better civic FK yah.
lbh empuk.

Golf MK7, nginjek kerikil jalan aja berasa sampai setir dan body.
itu bushing sama sasis solid bener buat meliuk-liuk.
wakakakaka.

enaknya buat di tol MK7
klo jalan keriting dan umum, Civic FK tetap better dan terasa balance antara keras dan empuk nya.
dan resale value + fast liquid juga :ngacir:
MK7 nya yang CBU yak? apa yang CKD mbah. kalo yg CBU liat profil ban tipisnya aja horror. wakakkaka.

MK6 yg ane rasakan lebih soft. cuma ban bawaan ya 16inch sih. minusnya MK6 kayak SUV compared to MK7 sasisnya bener bener mantep ringan dan rigid kalau kata om helem putih diet 100kg tuh sasis only.

MK6 kayak gak lincah gitu mobilnya. kenceng, tapi feel nya kurang agile, plus feelnya front heavy (mgkn karena dual charger berat komponennya) dan understeer bgt. dikasi ban kaga ngegrip setirnya kemana-mana.

bener balancenya lbh dapet di civic FK.
MK7 yg saya coba.. persis kaya punya fitra yg ini



tp bannya BS turanza,
itu oem nya ya?
Mk7 ane sih bawaan pabriknya di kasih Pirelli Cinturato P7 mbah waktu itu kl ndak salah ingat, cocoklah buat mobil gesit kaya gini.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2884
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Wed Aug 30, 2023 3:19 Mk7 tp harganya nahan loh, dari 2-3 thn lalu sempet liat2 yg tahun 2014an emang harganya berkisar 230-260an. Sekarang masih blm dibawah 200 ya :big_think:
Beuhhh

Jaman pas kopid kmaren sebelom perang russia berimbas harga bensin naek

Liat iklan Golf Mk7 GTI MY 2014 ada yg jual open price 435jt…. Udah ancang2 pdhl mo bayarin sambil nabung2 lg .. ehh abis perang harga naek smua skarang jadi 500jt++ tuh GTI :big_slap:

Scirocco R jgn tanya dah. Dari pasaran 500jt naek ke 600++ .. kampret emang :big_bored:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: Wed Aug 30, 2023 4:50
Scirocco R jgn tanya dah. Dari pasaran 500jt naek ke 600++ .. kampret emang :big_bored:
sinting, dah mau sama kayak harga barunya 10 thn lalu. :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5241
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by b0ku »

MK6 lah twincharger kita bangkrut kek laki sejati :big_smoking:

tenaga lebih gede aslinya MK7 menang ke 100 doank aja :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by kendibocor »

KielConstantine wrote: Wed Aug 30, 2023 4:50
kendibocor wrote: Wed Aug 30, 2023 3:19 Mk7 tp harganya nahan loh, dari 2-3 thn lalu sempet liat2 yg tahun 2014an emang harganya berkisar 230-260an. Sekarang masih blm dibawah 200 ya :big_think:
Beuhhh

Jaman pas kopid kmaren sebelom perang russia berimbas harga bensin naek

Liat iklan Golf Mk7 GTI MY 2014 ada yg jual open price 435jt…. Udah ancang2 pdhl mo bayarin sambil nabung2 lg .. ehh abis perang harga naek smua skarang jadi 500jt++ tuh GTI :big_slap:

Scirocco R jgn tanya dah. Dari pasaran 500jt naek ke 600++ .. kampret emang :big_bored:
Mk7 nahan gara2 mk8 ga keluar2 kali ya. Gw bingung ma vewe kenapa ga ngeluarin golf lg. Harusnya golf bisa lebih baik angka penjualannya.
b0ku wrote: Wed Aug 30, 2023 6:32 MK6 lah twincharger kita bangkrut kek laki sejati :big_smoking:

tenaga lebih gede aslinya MK7 menang ke 100 doank aja :big_biglaugh:
Ati2 dicerai bini om :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16459
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Aug 30, 2023 7:07
Mk7 nahan gara2 mk8 ga keluar2 kali ya. Gw bingung ma vewe kenapa ga ngeluarin golf lg. Harusnya golf bisa lebih baik angka penjualannya.

Terakhir mk7.5 aja tsi harga udah ga ngotak. 650juta off.

Keknya ampe mk7 VW udah ngerasa kuota skd nya ga sesuai harapan ampe dibikin ckd cbu segala. Soalnya mk6 kan bisa murah banget. Harga perkenalan mepet civic FD.

Ya mk7 naik kualitas dllnya, harga msh deket ma civic FB 2.0. tp keknya serapan marketnya ga sbagus Mk6.

Dan biasa indomobil, kalo udah ga laku gini mereka ya import aja. Import low qty jelas mahal. Wkwkwkw.

Liat harga VW yang import bikin sport jantung tiguan sblm allspace 650jt sinting. Allspace di skd turun 50jt.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: VW Golf TSI Mk6 & Mk7, Worth it kah beda 100jt?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Wed Aug 30, 2023 7:20
kendibocor wrote: Wed Aug 30, 2023 7:07
Mk7 nahan gara2 mk8 ga keluar2 kali ya. Gw bingung ma vewe kenapa ga ngeluarin golf lg. Harusnya golf bisa lebih baik angka penjualannya.

Terakhir mk7.5 aja tsi harga udah ga ngotak. 650juta off.

Keknya ampe mk7 VW udah ngerasa kuota skd nya ga sesuai harapan ampe dibikin ckd cbu segala. Soalnya mk6 kan bisa murah banget. Harga perkenalan mepet civic FD.

Ya mk7 naik kualitas dllnya, harga msh deket ma civic FB 2.0. tp keknya serapan marketnya ga sbagus Mk6.

Dan biasa indomobil, kalo udah ga laku gini mereka ya import aja. Import low qty jelas mahal. Wkwkwkw.

Liat harga VW yang import bikin sport jantung tiguan sblm allspace 650jt sinting. Allspace di skd turun 50jt.
Mk6 waktu bini gw beli Mitsu OS inget banget tuh beda dikit. OS 330jeti, mk6 350an kalo ga salah. Gw suruh beli mk6 tp ga demen modelnya, tp untung jg sih ga beli bini gw make mobil kayak supir angkot, bisa brodol tuh mecha :big_biglaugh: