referensi untuk kendaraan pertama

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by JESKONENG »

permanasenja wrote:nubi yang nakal ini bantu kasih pencerahan ....
1 bm..dari sisi model udah agak uzur,,dan karena bodynya kompak kurang bisa bersaing d model classic gede jadi kalo klasik bodinya harus oke...baru oke
untuk fitur mah masih pada masanya,,,,saya kurang begitu ngeh
performa di masanya pasti bagus... namun setelah pemakaian 20 tahun ..jelas lah performa menurun....walopun bisa diatasi dengan berbagai macam cara hingga boring dst...dst
untuk ketersediaan SPart jg rada ngeri ...apalagi kalo d kota kecil...kalo anda d jakarta msih bisa sedikt bernafas lega...namun sp yang akan sulit yaitu d body part ...jika ada akiden berat.....(beli lagi mobil aja kalo smp gini)
2.peugeot....405 saya kurang begitu sering terlihat d jalan...lebih baik yang 406 aja...seperti milik omm jeskoneng....masih rada berseliweran...menandakan mobil ini masih baik ....untuk masalah yang terjadi d peugeot silahkan anda tanya kan ke omm jeskoneng...ia lebih ahli
yang jelas mobil ini udah cukup "canggih" di masanya (emank terkenal sejak dulu kalo peugeot memiliki kom elektrikal yang bahkan lebih rumit dbanding MB pada masanya (jaya sekitar 70-80)
3.maestro....mobil yang juga "canggih pada masanya" mungkin mobil jepang pertama yang Hlamp nya kristal d indo....
memiliki sistem penggerak 2 roda namun steering 4 roda
sudah memiliki "indikator" jika ada lampu2 mobil yang tewas...
masalah sp masih adem ayem...entah kalo bp ...mungkin harus sabar dikit
gwe juga binggung ato mimpi d maesstro ini...gw pernah liat ad yang ac ny digital...ada yang biasa...apa gwe terbawa halusinasi :big_slap:
masalah disain body....masih sangat enak dilihat mata...buat kondangan juga masih sip... disainnya Time less...tak akan lekang dimakan jaman omm......ANDA tidak akan bosan untuk melihat lekukan tubuhnya
akomodasi...well citarasa honda pada masanya masih kental....jok super ceper membuat anda seperti terintimidasi mengendarainya
4.gw g bisa omong banyak d mazda omm



jadi kesimpulannya om nyaranin yang mana nih :e-think:

kalo Pug 406 harganya ga masuk om....hiks[/quote]


kalok utk harga di bawah 40jutaan, yg recommended adalah Pug 405 STi th 96 (keluaran taun terakhir). kalok di bawah th 95, memang lebih murah, tapi mesinnya 1900cc dan blok mesinnya dari almu ... waduh ini penjelasan mengulang2 aja ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by JESKONENG »

unit 405 masih banyak kok... komunitasnya rame, di kaskus, di group fb dan di milis yahoogroups.com

tapi kalok enggak sreg ya jangan dipaksakan... mgkn starlet kapsul lebih sip ....cuma soal kenyamanan, kemewahan dan performa mesin, ya jauh di bawah 405 STi laaaa ..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by imsus2c »

Dengan dana segitu, kalau jepang dapatnya memang mobil yg relatif tua/berumur
Sebandel apapun (mobil jepang), kalau sudah tua ya tentunya banyak yg mesti diremajakan

Dan karena image bagus/harga tinggi (= likuiditas tinggi) tadilah, mobil2 jenis ini banyak berpotensi jadi "barang dagangan"
Alias cepat berpindah tangan dan karakter

Dan maaf..., kadang sering jatuh ke tangan orang yang "newbie" ngerawat mobil..., karena alasan mobil jenis ini bandel, minim masalah, gampang dijual, dll...
Jatuhnya ya gitu deh.. caur

Kecuali dapat yang tahun muda (relatif belum banyak berganti pemilik), otomatis ya harganya mahal.
Atau dapat mobil tua gini, tapi dari peng-hobby, jadi kondisinya super mint, nah ini sama saja, harganya juga diatas pasaran

Nah kalau eropa, mungkin dapat mudaan dikit (di tipe/merk tertentu),
Tapi kalau masih ragu bisa ngerawat atau tidak, coba ambil tengah2...
Bisa pertimbangkan mobil/sedan korea sebagai alternatif :D
Dapatnya lebih mudaan dari Jepang/Eropa tapi tentu tidak secanggih/senyaman Eropa

Kebalikan dari mobil jepang, karena sering tdk diminati orang, mobil2 jenis ini (Korea/Eropa) realatif kurang laku dan akhirnya jarang pindah tangan
Apalagi kalau dapat dari bekas orang yg peng-hobby, minimal 2-4 tahun kedepan, biasanya tdk masalah alias kondisinya prima

#sekedar menganalisa dari perspektif yang beda, berdasarkan pengalaman pribadi penggemar barang bekas dan pasaran :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Bhanaspati
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 999
Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by Bhanaspati »

imsus2c wrote:Dengan dana segitu, kalau jepang dapatnya memang mobil yg relatif tua/berumur
Sebandel apapun (mobil jepang), kalau sudah tua ya tentunya banyak yg mesti diremajakan

Dan karena image bagus/harga tinggi (= likuiditas tinggi) tadilah, mobil2 jenis ini banyak berpotensi jadi "barang dagangan"
Alias cepat berpindah tangan dan karakter

Dan maaf..., kadang sering jatuh ke tangan orang yang "newbie" ngerawat mobil..., karena alasan mobil jenis ini bandel, minim masalah, gampang dijual, dll...
Jatuhnya ya gitu deh.. caur

Kecuali dapat yang tahun muda (relatif belum banyak berganti pemilik), otomatis ya harganya mahal.
Atau dapat mobil tua gini, tapi dari peng-hobby, jadi kondisinya super mint, nah ini sama saja, harganya juga diatas pasaran

Nah kalau eropa, mungkin dapat mudaan dikit (di tipe/merk tertentu),
Tapi kalau masih ragu bisa ngerawat atau tidak, coba ambil tengah2...
Bisa pertimbangkan mobil/sedan korea sebagai alternatif :D
Dapatnya lebih mudaan dari Jepang/Eropa tapi tentu tidak secanggih/senyaman Eropa

Kebalikan dari mobil jepang, karena sering tdk diminati orang, mobil2 jenis ini (Korea/Eropa) realatif kurang laku dan akhirnya jarang pindah tangan
Apalagi kalau dapat dari bekas orang yg peng-hobby, minimal 2-4 tahun kedepan, biasanya tdk masalah alias kondisinya prima

#sekedar menganalisa dari perspektif yang beda, berdasarkan pengalaman pribadi penggemar barang bekas dan pasaran :D
setubuh dengan om momod.
lebih baik diusahakan cari yg tahun lebih muda, sedikit pindah tangan, kondisi ciamik
:big_peace:
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by asudarsono »

Mesin 405 STi emang udah baja lagi, tapi baja yg ringan. Kalau 405 SR dan SRi emang aluminium. Untuk pemula 405 STi lebih rekomend, walau saya punya aluminium sampai sekarang gpp (Citroen tea).

Mesin 405 ini masuk keluarga mesin XU, mulai 405 306 sampai 406 mirip2, bahkan mesin 405 SR, SRi, STi dan 406 D8 itu sama persis. Cuma STi dan D8 baja.
Kalau 406 facelift atau terkenalnya 406 D9, itu selain kembali ke aluminium, headnya 16valve. Bahkan Citroen mulai BX sampai Xantia pun mesinnya sama. Jadi, bengkel kalau udah ngaku bengkel Peugeot pasti bisa rawat 405 sampai sedetail2nya.

Kalau elektrikal paling power window, AC, dan asesori lain. Cirinya, kuncinya belum immobilizer jadi elektrikal mesin masih gampang. Mungkin jaman dulu orang anggap susah, tapi hare gini mah gampang. Avanza aja udah injeksi pakai ECU kok.

Aku tambahin ya yg perlu ditanya :
A. Tanya sejarah bengkelnya, kalau bukan ke bengkel Peugeot kudu hati2 krn cara perawatan Peugeot itu beda ama mobil Jepang. Tapi kalau orangnya pinter DIY, biasanya mobilnya malah diincer orang. Ya gimana, berarti tiap hari dirawat biasanya top condition.
B. Transmisi bener gak ada bunyi2, gampang masuk giginya. Kalau mesin yg penting rapi dan kering. Langsamnya bener, tarikannya juga jos. Kalau mesinnya berisik, gpp emang dari sononya org Perancis ini cerewet.
C. Yg paling penting : kabel2 dan AC rapi dan standard. Ingat bahaya kebakaran. Kalau kabel busi ganti yg warna warni sih gpp, tapi kabel2 elektrik kudu rapi. Kalau kusut mending jangan om. Cek juga kabel2 di bawah dashboard.
Citroen BXku waktu ngangkat kabel2 bawah dashboard berantakan, ngesen kiri malah klakson nyala dst. Sampai sekarang juga kalau kabel kesenggol kaki, lampu utama mati. Dikilik2 baru nyala lagi. Kalau lagi ngebut di Wanayasa terus lampu mati, itu perasaan sesuatu banget deh.
D. Interior rapi dan lengkap. Ya namanya mobil udah berumur, kalau ada yg hilang2 lama nyarinya. Jam Citroen gue hilang, jadi konsul tengah bolong nyebelin. Nyarinya 5 tahun om, itu aja yg nempel akhirnya jam Volvo.
Ready to Race
permanasenja
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Tue Jul 16, 2013 17:21

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by permanasenja »

To all: terima kasih atas saran2nya. pilihan sementara mengerucut ke Pug 405 STi

Tapi kalo ane boleh tau lagi antar Pug 405 STi dengan Toyota Corolla Twincam 1.6 dan Corona Twincam 2.0 bagus mana? boleh minta komparasi semuanya dong.

Terima kasih
oh1113
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Sat Mar 02, 2019 22:34
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Car

Re: referensi untuk kendaraan pertama

Post by oh1113 »

Trit lama 10 tahun yll.
Akhirnya ngangkat apa nih jadinya?
Boleh dishare dong pengalamannya..