ChZ wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 2:25emang liat new CR-V berasanya tuh mobil gambot bener sih walaupun kalo di jalan lengang dan nakal2 dikit sasisnya kayak sportcar lincah betKent wrote: ↑Wed Jan 10, 2024 6:43
Saya malah kebalik, nunggu CRV launching. tp abis liat CRV Hybrid shock dengan size nya yg kegedean, alhasil beli nya HRV.
size wise terlalu besar CRV di jakarta, split klo mau selap selig.
ini sudah pakai HRV RS 2 bulan, banyak aneh nya.
gak berasa kyk Honda, good and bad in unexpected Honda Way.
tp klo after disc, HRV RS sama CIVIC RS jadi jauh loh beda nya.
disc sedan biasa disc max 15jt.
belum lagi, sedan tdk bs di kreditkan pajak nya untuk mobil operasional.
HRV RS buat gantiin civic FB3 yg mulai ada rembes oli, di beres abis 5jt Ganti seal2.
bengkel bilang msh bgus mesin dan matic, tp udah uzur (10 tan) sehingga waktu nya di relakan.
sebenarnya gk rela, tp di paksa Jual sama si bos (babe takut mobil nya knp2 krn tua).
wah boleh dijabarkan om "gak berasa kyk honda" nya ? kalo yg ane rasakan honda2 baru ini feelnya malah dibikin soft dibanding previous gen nya. walau banyak refinement sana-sini soal powertrain dan NVH.
iya, itu RS udah gede diskonnya under gopek dapet di pasar bekas aja mungkin sadis2 dikit nawar 400 dapet. krg nahan dibanding tipe SE.
rembes2 yah, klasik penyakit honda lawas kalo udah rada uzur. ane blom cek di HRV prestige udah ada rembes apa blm. jarang pake mobil jatahnya adek wkwkwkwk. civic dan CRV sih udah rembes dikit2 terakhir sama sama stel klep sama ganti paking karetnya. murmercrot tp mbl turbo apalagi remap pasti rawan rembes apalagi liat ruang mesin turbo honda rasanya sesak bener. panasnya mo lari kemana bingung
Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Iyah klo lg longgar emang enak, tp klo tersendat atau masuk gang2 jd agak capek mesti lebih aware jd nya.ChZ wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 2:25 emang liat new CR-V berasanya tuh mobil gambot bener sih walaupun kalo di jalan lengang dan nakal2 dikit sasisnya kayak sportcar lincah bet
wah boleh dijabarkan om "gak berasa kyk honda" nya ? kalo yg ane rasakan honda2 baru ini feelnya malah dibikin soft dibanding previous gen nya. walau banyak refinement sana-sini soal powertrain dan NVH.
iya, itu RS udah gede diskonnya under gopek dapet di pasar bekas aja mungkin sadis2 dikit nawar 400 dapet. krg nahan dibanding tipe SE.
rembes2 yah, klasik penyakit honda lawas kalo udah rada uzur. ane blom cek di HRV prestige udah ada rembes apa blm. jarang pake mobil jatahnya adek wkwkwkwk. civic dan CRV sih udah rembes dikit2 terakhir sama sama stel klep sama ganti paking karetnya. murmercrot tp mbl turbo apalagi remap pasti rawan rembes apalagi liat ruang mesin turbo honda rasanya sesak bener. panasnya mo lari kemana bingung
Iyah disc nya oke, sy jg di kepala 3. Bekas pasti lbh jatuh itu sgt wajar, krn majority mau nya yg bs isi pertalite. Saya aja pengen bgt isi pertalite rasa nya.. hahhaa.
HRV RS “Gak berasa kyk honda nya” sih,
- Driving posisiton kurang enak.
Setir nya msh ketinggian walaupun sudah di turunin mentok. Jadi impact ke tangan agak pegal.
- CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
- Windshield nya kecil.
Jadi view nya gk gt enak. Biasa honda kan windshield selalu gede2. Jd view kedepan nya agak beda, gk yg sampe ganggu, tp beda aja
- Posisi Spion kiri kanan nya mundur bgt.
Plus : blindspot minim
Minus : klo pindah2 jalur kadang ngeri sendiri, harus diem dulu kepala bener2 negok bru keliatan spion nya.
- Feels interior nya lebih baik (build material), bahkan lebih baik drpd CRV prestige. Krn punya adek saya klo sy liat kayu2 berasa cheap. Hahaha.
Bahkan handle pintu interior nya HRV RS ini aluminium, biasa honda kan plastic2 gak jelas.
- Model nya HRV ini mengurangi fungsional.
Bagasi nya kecil krn atap nya melandai turun, sampe binggung mau taro barang kadang (untung bs di lipat, Cuma jd ribet aja)
overal jd brasa kyk bukan honda biasa nya.
But y HRV generasi ini berasa bgt berusaha upgrade dr HRV sebelum nya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11765
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Cvt endut2an?Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12Iyah klo lg longgar emang enak, tp klo tersendat atau masuk gang2 jd agak capek mesti lebih aware jd nya.ChZ wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 2:25 emang liat new CR-V berasanya tuh mobil gambot bener sih walaupun kalo di jalan lengang dan nakal2 dikit sasisnya kayak sportcar lincah bet
wah boleh dijabarkan om "gak berasa kyk honda" nya ? kalo yg ane rasakan honda2 baru ini feelnya malah dibikin soft dibanding previous gen nya. walau banyak refinement sana-sini soal powertrain dan NVH.
iya, itu RS udah gede diskonnya under gopek dapet di pasar bekas aja mungkin sadis2 dikit nawar 400 dapet. krg nahan dibanding tipe SE.
rembes2 yah, klasik penyakit honda lawas kalo udah rada uzur. ane blom cek di HRV prestige udah ada rembes apa blm. jarang pake mobil jatahnya adek wkwkwkwk. civic dan CRV sih udah rembes dikit2 terakhir sama sama stel klep sama ganti paking karetnya. murmercrot tp mbl turbo apalagi remap pasti rawan rembes apalagi liat ruang mesin turbo honda rasanya sesak bener. panasnya mo lari kemana bingung
Iyah disc nya oke, sy jg di kepala 3. Bekas pasti lbh jatuh itu sgt wajar, krn majority mau nya yg bs isi pertalite. Saya aja pengen bgt isi pertalite rasa nya.. hahhaa.
HRV RS “Gak berasa kyk honda nya” sih,
- Driving posisiton kurang enak.
Setir nya msh ketinggian walaupun sudah di turunin mentok. Jadi impact ke tangan agak pegal.
- CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
- Windshield nya kecil.
Jadi view nya gk gt enak. Biasa honda kan windshield selalu gede2. Jd view kedepan nya agak beda, gk yg sampe ganggu, tp beda aja
- Posisi Spion kiri kanan nya mundur bgt.
Plus : blindspot minim
Minus : klo pindah2 jalur kadang ngeri sendiri, harus diem dulu kepala bener2 negok bru keliatan spion nya.
- Feels interior nya lebih baik (build material), bahkan lebih baik drpd CRV prestige. Krn punya adek saya klo sy liat kayu2 berasa cheap. Hahaha.
Bahkan handle pintu interior nya HRV RS ini aluminium, biasa honda kan plastic2 gak jelas.
- Model nya HRV ini mengurangi fungsional.
Bagasi nya kecil krn atap nya melandai turun, sampe binggung mau taro barang kadang (untung bs di lipat, Cuma jd ribet aja)
overal jd brasa kyk bukan honda biasa nya.
But y HRV generasi ini berasa bgt berusaha upgrade dr HRV sebelum nya.
Ada engine brake?
Itu artinya selip TC dan Kopling cvtnya minim.
Jd dia cepat lockup clutchnya.
Malah bagus, jd lebih efisien FC nya, krn putaran mesin lbh connect dgn gearbox nya.
DSG lbh jerky lagi klo lg macet2an.
Mirip mbl manual.
Solusinya pakai BBM ron 98, biasanya agak berkurang.
Apalagi itu turbo.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Mon May 17, 2021 7:59
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: GE8 RS AT - All New HRV SE
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
CVT jerky kalau lepas gas-injek gas lagi itu bener banget. Terutama di kecepatan nanggung 20-40 km/h. Sempat saya tanyakan di SM dan group HRV sama semua dari non turbo sampe RS turbo, malah katanya BRV WRV dll juga sama.Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12 Iyah klo lg longgar emang enak, tp klo tersendat atau masuk gang2 jd agak capek mesti lebih aware jd nya.
Iyah disc nya oke, sy jg di kepala 3. Bekas pasti lbh jatuh itu sgt wajar, krn majority mau nya yg bs isi pertalite. Saya aja pengen bgt isi pertalite rasa nya.. hahhaa.
HRV RS “Gak berasa kyk honda nya” sih,
- Driving posisiton kurang enak.
Setir nya msh ketinggian walaupun sudah di turunin mentok. Jadi impact ke tangan agak pegal.
- CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
- Windshield nya kecil.
Jadi view nya gk gt enak. Biasa honda kan windshield selalu gede2. Jd view kedepan nya agak beda, gk yg sampe ganggu, tp beda aja
- Posisi Spion kiri kanan nya mundur bgt.
Plus : blindspot minim
Minus : klo pindah2 jalur kadang ngeri sendiri, harus diem dulu kepala bener2 negok bru keliatan spion nya.
- Feels interior nya lebih baik (build material), bahkan lebih baik drpd CRV prestige. Krn punya adek saya klo sy liat kayu2 berasa cheap. Hahaha.
Bahkan handle pintu interior nya HRV RS ini aluminium, biasa honda kan plastic2 gak jelas.
- Model nya HRV ini mengurangi fungsional.
Bagasi nya kecil krn atap nya melandai turun, sampe binggung mau taro barang kadang (untung bs di lipat, Cuma jd ribet aja)
overal jd brasa kyk bukan honda biasa nya.
But y HRV generasi ini berasa bgt berusaha upgrade dr HRV sebelum nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Semakin lama dipakai, semakin halus om. Pengendaraan perkotaan, ga berasa jerky samsek. Km ane skrg 10k, oli amsoil ss, filter baru ganti ori (yg lama udah lmyn hitam). Malah yang 1.8 hrv RU, lebih jerky (tapi lebih 'fun') dibanding yg baru.gboooster wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 1:42CVT jerky kalau lepas gas-injek gas lagi itu bener banget. Terutama di kecepatan nanggung 20-40 km/h. Sempat saya tanyakan di SM dan group HRV sama semua dari non turbo sampe RS turbo, malah katanya BRV WRV dll juga sama.Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12 Iyah klo lg longgar emang enak, tp klo tersendat atau masuk gang2 jd agak capek mesti lebih aware jd nya.
Iyah disc nya oke, sy jg di kepala 3. Bekas pasti lbh jatuh itu sgt wajar, krn majority mau nya yg bs isi pertalite. Saya aja pengen bgt isi pertalite rasa nya.. hahhaa.
HRV RS “Gak berasa kyk honda nya” sih,
- Driving posisiton kurang enak.
Setir nya msh ketinggian walaupun sudah di turunin mentok. Jadi impact ke tangan agak pegal.
- CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
- Windshield nya kecil.
Jadi view nya gk gt enak. Biasa honda kan windshield selalu gede2. Jd view kedepan nya agak beda, gk yg sampe ganggu, tp beda aja
- Posisi Spion kiri kanan nya mundur bgt.
Plus : blindspot minim
Minus : klo pindah2 jalur kadang ngeri sendiri, harus diem dulu kepala bener2 negok bru keliatan spion nya.
- Feels interior nya lebih baik (build material), bahkan lebih baik drpd CRV prestige. Krn punya adek saya klo sy liat kayu2 berasa cheap. Hahaha.
Bahkan handle pintu interior nya HRV RS ini aluminium, biasa honda kan plastic2 gak jelas.
- Model nya HRV ini mengurangi fungsional.
Bagasi nya kecil krn atap nya melandai turun, sampe binggung mau taro barang kadang (untung bs di lipat, Cuma jd ribet aja)
overal jd brasa kyk bukan honda biasa nya.
But y HRV generasi ini berasa bgt berusaha upgrade dr HRV sebelum nya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
spt kata om suryaputra itu CVTnya justru karena terlalu cepet ngelock jadi agak jerking. ya sensasi2 mirip DCT lah wakakkaka. di civic ane juga gitu. CRV nggak seberapa berasa. CVTnya CRV lebih selip.Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12 Iyah klo lg longgar emang enak, tp klo tersendat atau masuk gang2 jd agak capek mesti lebih aware jd nya.
Iyah disc nya oke, sy jg di kepala 3. Bekas pasti lbh jatuh itu sgt wajar, krn majority mau nya yg bs isi pertalite. Saya aja pengen bgt isi pertalite rasa nya.. hahhaa.
HRV RS “Gak berasa kyk honda nya” sih,
- Driving posisiton kurang enak.
Setir nya msh ketinggian walaupun sudah di turunin mentok. Jadi impact ke tangan agak pegal.
- CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
- Windshield nya kecil.
Jadi view nya gk gt enak. Biasa honda kan windshield selalu gede2. Jd view kedepan nya agak beda, gk yg sampe ganggu, tp beda aja
- Posisi Spion kiri kanan nya mundur bgt.
Plus : blindspot minim
Minus : klo pindah2 jalur kadang ngeri sendiri, harus diem dulu kepala bener2 negok bru keliatan spion nya.
- Feels interior nya lebih baik (build material), bahkan lebih baik drpd CRV prestige. Krn punya adek saya klo sy liat kayu2 berasa cheap. Hahaha.
Bahkan handle pintu interior nya HRV RS ini aluminium, biasa honda kan plastic2 gak jelas.
- Model nya HRV ini mengurangi fungsional.
Bagasi nya kecil krn atap nya melandai turun, sampe binggung mau taro barang kadang (untung bs di lipat, Cuma jd ribet aja)
overal jd brasa kyk bukan honda biasa nya.
But y HRV generasi ini berasa bgt berusaha upgrade dr HRV sebelum nya.
kalo ergonomi iya sih honda skrg rada payah sebenernya urusan packaging
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Fri Feb 23, 2018 8:02
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Gw pake HRV non-RS juga sama, CVT-nya seperti itu. Kesel juga sih, karena tadinya mikir pilih CVT pengen sensasi berkendara yg halus.Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12 - CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
Solusi sementara yg lumayan bantu, meskipun masih kerasa dikit2.
- Pake Ron 95
- Eco mode on
Tapi setelah servis 10rb jadi agak mendingan (pake oli rekomendasi beres).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Suryaputra wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 12:29 Cvt endut2an?
Ada engine brake?
Itu artinya selip TC dan Kopling cvtnya minim.
Jd dia cepat lockup clutchnya.
Malah bagus, jd lebih efisien FC nya, krn putaran mesin lbh connect dgn gearbox nya.
DSG lbh jerky lagi klo lg macet2an.
Mirip mbl manual.
Solusinya pakai BBM ron 98, biasanya agak berkurang.
Apalagi itu turbo.
Begitu ya? pantes, krn dirumah gk ada civic turbo, sya pakai crv turbo yg prestige punya adik jg fine.ChZ wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 3:39 spt kata om suryaputra itu CVTnya justru karena terlalu cepet ngelock jadi agak jerking. ya sensasi2 mirip DCT lah wakakkaka. di civic ane juga gitu. CRV nggak seberapa berasa. CVTnya CRV lebih selip.
kalo ergonomi iya sih honda skrg rada payah sebenernya urusan packaging
makannya binggung, knp cvt honda jadi begitu.
krn saya pengguna CVT honda zaman city i-DSI (awal mula CVT Honda).
tp jerky sih gk sampe kyk cvt avanza xenia sih, (klo itu keterlaluan.. hahaha)
tp klo di pikir2 ya, baru aware iya ya dibikin kek DCT.
Gk pernah kepikiran, krn ntah napa feels jerky nya synthetic atau beda (sampe gk kelintas di otak di anggap DCT).
Krn klo bawa ori DCT mercy E300 9Gtronic gk feels synthetic, even X1 jg gk kyk dibuat2 begitu.
Mungkin memang limitasi spec CVT untuk improve y jadi nya begitu kali ya.
kemudian jg masih gantian Gagen pakai CVT City sedan facelift GM6, itu lock up cepat (tp gk jerky, cuman berasa agak di simulate hold)
Soal ergonomi nya jd turun, tp build quality naik.
jd agak binggung feels bukan honda (walaupun jd ada plus nya jg yg spion)
plus minus lah.
Iyah, KM nya baru 4rb. Sudah kuras oli matic, oli mesin di 1000 km.
Nanti 5rb km kuras lg.
Filter honda Toyota masih murah, ganti aja tiap ganti oli om.
Mobil yg pribadi pakai jg sekarang sayang pake amsoil SS, pakai nya TOTAL 9000 atau PTT Syper Syn. Mobil operasional tim saya beliin ptt yg ECO saja (5rb sekali ganti oli sendiri oleh kuli Gudang, pahe.. hahaha)
Iyah krn dirumah jg punya beberapa honda. Y macem bro Chz, hobby nya honda.. hahaha.
Jadi kaget jadi jerky gene. Agak dikit shock aja. Cuma mobil jg sudah dibeli, nikmati aja lah. Gk boleh di pusingin, biar gk jebol kantong.
[/quote]
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Tue Oct 14, 2014 15:47
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Numpang nimbrung tapi agak jauh mobilnya wkwk, saya sekarang pakai Sonet sifat transmisi CVTnya ternyata sama persis. Di kecepatan 20-40 Km kalau lepas gas berasa engine brake / seperti transmisinya lockup dan kalau digas lagi agak jerky. Bahkan bisa2 saya ngerem telat banget karena engine brakenya.RCMN wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 4:09Gw pake HRV non-RS juga sama, CVT-nya seperti itu. Kesel juga sih, karena tadinya mikir pilih CVT pengen sensasi berkendara yg halus.Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12 - CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
Solusi sementara yg lumayan bantu, meskipun masih kerasa dikit2.
- Pake Ron 95
- Eco mode on
Tapi setelah servis 10rb jadi agak mendingan (pake oli rekomendasi beres).
Udah tap ganti CVT fluid dan reset ecu juga sama aja. Kalau di Sonet solusinya = diganti driving mode eco. Langsung ga ada engine brakenya ngeloyor glinding
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Sorry, itu maksudnya filter udara nya yang saya barusan ganti di 10k km. Filter udara nya seperti kotor noda oli. Diganti, juga lebih plong. Kalo ada waktu iseng2, coba aja cek sekali-sekali filter udara nya om. Yang ga enak, posisinya agak ke belakang dan waktu wiggle mau buka, rawan sakit pinggang. Hahaha.Kent wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 5:22
Iyah, KM nya baru 4rb. Sudah kuras oli matic, oli mesin di 1000 km.
Nanti 5rb km kuras lg.
Filter honda Toyota masih murah, ganti aja tiap ganti oli om.
Mobil yg pribadi pakai jg sekarang sayang pake amsoil SS, pakai nya TOTAL 9000 atau PTT Syper Syn. Mobil operasional tim saya beliin ptt yg ECO saja (5rb sekali ganti oli sendiri oleh kuli Gudang, pahe.. hahaha)
Iyah krn dirumah jg punya beberapa honda. Y macem bro Chz, hobby nya honda.. hahaha.
Jadi kaget jadi jerky gene. Agak dikit shock aja. Cuma mobil jg sudah dibeli, nikmati aja lah. Gk boleh di pusingin, biar gk jebol kantong.
Dan cek juga udah diupdate TCM (recallnya) nya apa belum.
Pemakain ane juga selalu pertamax turbo dari baru.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 292
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Noda oli itu emg krn filter udara bawaannya honda ada dilapis oli sedikit dan debu bercampur dg lapisan tsb akhirnya jadi kayak noda..ExorT wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:00 Sorry, itu maksudnya filter udara nya yang saya barusan ganti di 10k km. Filter udara nya seperti kotor noda oli. Diganti, juga lebih plong. Kalo ada waktu iseng2, coba aja cek sekali-sekali filter udara nya om. Yang ga enak, posisinya agak ke belakang dan waktu wiggle mau buka, rawan sakit pinggang. Hahaha.
Dan cek juga udah diupdate TCM (recallnya) nya apa belum.
Pemakain ane juga selalu pertamax turbo dari baru.
Ntar kalo beli filter udara baru di beres honda diperhatiin aja kayak ada lapisan oli di plastik dan kertas filternya. Kalo filter aftermarket seperti denso cuma kertas doang kayak filter udaranya toyota..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
hahaha banyak korban CVT tornyáta diisini..imansyx wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:00Numpang nimbrung tapi agak jauh mobilnya wkwk, saya sekarang pakai Sonet sifat transmisi CVTnya ternyata sama persis. Di kecepatan 20-40 Km kalau lepas gas berasa engine brake / seperti transmisinya lockup dan kalau digas lagi agak jerky. Bahkan bisa2 saya ngerem telat banget karena engine brakenya.RCMN wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 4:09Gw pake HRV non-RS juga sama, CVT-nya seperti itu. Kesel juga sih, karena tadinya mikir pilih CVT pengen sensasi berkendara yg halus.Kent wrote: ↑Thu Jan 11, 2024 11:12 - CVT nya agak jerky,
Jadi Ketika kita lepas gas, atau injek gas. Ada jerking dikit .
(Feels nya Ketika dr crusing lepas gas, terus di injek pelan tuh transmisi nya macem berusaha masuk gigi nya gk pas tp klo lepas gas berasa engine brake), walo tidak separah transmisi Toyota ya.
Atau emang generasai Honda sekarang pada begini kah?
Solusi sementara yg lumayan bantu, meskipun masih kerasa dikit2.
- Pake Ron 95
- Eco mode on
Tapi setelah servis 10rb jadi agak mendingan (pake oli rekomendasi beres).
Udah tap ganti CVT fluid dan reset ecu juga sama aja. Kalau di Sonet solusinya = diganti driving mode eco. Langsung ga ada engine brakenya ngeloyor glinding
dari honda toyota, sampe kia jg ya.
berarti kemungkinan memang technology limitation biar bs tarikan nya bs lock up, sehingga jadi nay begitu.
CVT nya memang gk feels ngedengung2 perasan tebu.
iyah om RCMN dan Imansyx, harus kita nikmati aja.
krn ngejer perfection y gk tepat jg, mobil kita2 ini msh di level mobil2 massal.
overall kan jg msh enak2 aja kan, bukan yg rusak. memang y design nay begitu aja.
hahaha...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
baru tau saya, gk pernah buka2 filter udara soalnya.gwsecretc wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:13Noda oli itu emg krn filter udara bawaannya honda ada dilapis oli sedikit dan debu bercampur dg lapisan tsb akhirnya jadi kayak noda..ExorT wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:00 Sorry, itu maksudnya filter udara nya yang saya barusan ganti di 10k km. Filter udara nya seperti kotor noda oli. Diganti, juga lebih plong. Kalo ada waktu iseng2, coba aja cek sekali-sekali filter udara nya om. Yang ga enak, posisinya agak ke belakang dan waktu wiggle mau buka, rawan sakit pinggang. Hahaha.
Dan cek juga udah diupdate TCM (recallnya) nya apa belum.
Pemakain ane juga selalu pertamax turbo dari baru.
Ntar kalo beli filter udara baru di beres honda diperhatiin aja kayak ada lapisan oli di plastik dan kertas filternya. Kalo filter aftermarket seperti denso cuma kertas doang kayak filter udaranya toyota..
memang filter uddar itu harus rutin Ganti.
krn rusak baret2 nanti dalem nya, performance jg kecekek kan.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 292
- Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Ntar coba aja ganti filter udara ny sendiri, bakal ngeh kalo dah lihat bahan filternya. Ya at least d crv turbo ane gitu soalnya, beda sama filter udaranya anki..
Filter udara emg better ganti kalo dah kotor, bbm kerasa sih jadi boros sama tarikan mulai berat.. kalo saya per 15-20rb km dah pasti ganti
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
I see, thanks infonya. Tau nya yang baru warna filternya agak kekuningan dan ga ngamatin lebih jauh kalo ternyata sudah dilapisi oli.gwsecretc wrote: ↑Fri Jan 12, 2024 6:13
Noda oli itu emg krn filter udara bawaannya honda ada dilapis oli sedikit dan debu bercampur dg lapisan tsb akhirnya jadi kayak noda..
Ntar kalo beli filter udara baru di beres honda diperhatiin aja kayak ada lapisan oli di plastik dan kertas filternya. Kalo filter aftermarket seperti denso cuma kertas doang kayak filter udaranya toyota..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Penyakitnya di kain gulung sunroof nya. Gampang robek. Jadi klo dibuka malah kelipet2.
Pernah kena ngebenerin (di servis aja) 2.5 juta di onderdil Bintaro.
Padahal KM baru 30rb...
Pernah kena ngebenerin (di servis aja) 2.5 juta di onderdil Bintaro.
Padahal KM baru 30rb...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 493
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Dulu temen saya pernah kenanya nyangkut kacanya malah, lg d bawa ke lembang tb2 gabsa nutup. Punya saya sih syukurnya masih lancar jaya, gapernah issue
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Jun 19, 2024 4:29
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: skateboard
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1287
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Kmrn ini sih di accord cr2 sodara begini jg, ganti bearing altenator (atau apanya gt yg deket2 altenator) sih sembuh, tp ngga tau ini sama ato ngga penyakitnyavinves wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 10:36 halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
Awalnya jg sama bunyi tipis2, makin lama makin parah, kl di gas makin kenceng bunyi nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Kok seperti suara Fuel Pump ya?vinves wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 10:36 halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Jun 19, 2024 4:29
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: skateboard
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
kenop wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 11:45Kmrn ini sih di accord cr2 sodara begini jg, ganti bearing altenator (atau apanya gt yg deket2 altenator) sih sembuh, tp ngga tau ini sama ato ngga penyakitnyavinves wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 10:36 halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
Awalnya jg sama bunyi tipis2, makin lama makin parah, kl di gas makin kenceng bunyi nya
iya kayanya sih daerah alternator situ om lebih kedengeran cuma emg belom sempet bawa cek jg. tp ada pengaruh ke fatal ga om itu kalo didiemin ?
kalo di gas ato nyala ac sih ga ngaruh si om untungnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Jun 19, 2024 4:29
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: skateboard
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
fuel pump bukannya di lantai ya om ? kan tanki bensin hrv di lantai tuh heheExorT wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 14:03Kok seperti suara Fuel Pump ya?vinves wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 10:36 halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
Kemungkinan dari pulley bearing tensioner. Menurut mekanik beres ahond kenalan ane, HRV 1.8 sering kena tuh dgn gejala seperti di atas.vinves wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 10:36 halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Wed Jun 19, 2024 4:29
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: skateboard
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
hoalah .. kira2 ada efek vital kah om kalo didiemin ?qushay20019 wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 17:57Kemungkinan dari pulley bearing tensioner. Menurut mekanik beres ahond kenalan ane, HRV 1.8 sering kena tuh dgn gejala seperti di atas.vinves wrote: ↑Thu Jun 20, 2024 10:36 halo om-om semua . sy user hrv 1.8 juga thn 2015.
pengen sharing skaligus tanya opini atau yg pernah punya pengalaman yg sama nih.
hrv sy kalo kondisi mesin masih dingin trus dipanasin, itu sekitar 1 menit setelah mesin nyala timbul suara "ngingg"(kyk suara pompa air kalo lg nyala cuma kalo ini suara nya tipis ga sekenceng mesin pompa wkwk) dari bagian engine bay.
uda sempet ganti vanbelt karna kirain itu sumbernya , ternyata masih sama.
tapi bunyinya itu paling bertahan sekitar 20detikan aja setelah itu normal masih alus (cek ke honda pun dibilang masih alus suaranya)
cuma susah buat buktiin bunyinya ke honda karna kan itu kudu pagi2 biar mesin msh dingin.
so far ga ada kendala di engine, cuma paling suara itu td aja pas mesin msh dingin.
nah kira2 knp ya om apa emang semua mesin r18z begitu apa cuma sy aja yg begitu ?
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long Term Review - Honda 2016 HRV Prestige - RU 1.8, Sensible Daily Car
ya paling larinya jadi agak ngeloss om pengalaman saya
tp kalo bisa diganti sih ganti aja, murah kok ini mah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7