Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jan 24, 2024 8:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Daihatsu Rocky
Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Halo, selamat hari ini.
Perkenalkan suhu, saya seorang yang punya hobi dengan kendaraan roda 4 alias mobil, yang sekarang lagi redup hobinya karena gaada kendaraan 'mainan'
Daily driver biasa pake daihatsu rocky, seringnya sih pake motor untuk kerja hehe
Btw, saya ingin minta rekomendasi dari suhu suhu, om om disini untuk kendaraan 'daily' kedua alias mobil mainan yg friendly untuk dipakai, dirawat, disayang
Saya kefikiran untuk pelihara E46 323/325, W124 300E, dan akhir2 ini lagi mempertimbangkan juga W204 C200
Okelah.. kita lupakan untuk W124, sepertinya belum cocok saya pakai itu, belum siap dengan gaya modifnya yg saklek, apalagi kepengen banget pakein brabus monotiga, amg sl, dsb di mobil itu.
Jadii.. saya mengerucut ke e46 dan w204 c200
Untuk kedua mobil itu, apa ada saran untuk saya sbg newbie dalam european cars? Dari sisi perawatan, durability, dan spareparts, durabilitas transmisi, kaki kaki, sensor2, dll
Kebetulan cita2 saya, mobil tersebut bakal saya pake roadtrip jakarta-bali (impian banget, pake mobil eropa + 'dandan' tapi bisa jalan jauh)
Untuk sisanya sih paling dipakai istri di kota sehari hari.
Ohiya, untuk budget maksimal sih saya di 170 sudah termasuk beberes.. apakah termasuk budget yg aman untuk meminang dua di antara mobil tersebut?
Terima kasih sebelumnya sudah meluangkan waktu untuk jawab pertanyaan saya ini. Sukses selalu
Perkenalkan suhu, saya seorang yang punya hobi dengan kendaraan roda 4 alias mobil, yang sekarang lagi redup hobinya karena gaada kendaraan 'mainan'
Daily driver biasa pake daihatsu rocky, seringnya sih pake motor untuk kerja hehe
Btw, saya ingin minta rekomendasi dari suhu suhu, om om disini untuk kendaraan 'daily' kedua alias mobil mainan yg friendly untuk dipakai, dirawat, disayang
Saya kefikiran untuk pelihara E46 323/325, W124 300E, dan akhir2 ini lagi mempertimbangkan juga W204 C200
Okelah.. kita lupakan untuk W124, sepertinya belum cocok saya pakai itu, belum siap dengan gaya modifnya yg saklek, apalagi kepengen banget pakein brabus monotiga, amg sl, dsb di mobil itu.
Jadii.. saya mengerucut ke e46 dan w204 c200
Untuk kedua mobil itu, apa ada saran untuk saya sbg newbie dalam european cars? Dari sisi perawatan, durability, dan spareparts, durabilitas transmisi, kaki kaki, sensor2, dll
Kebetulan cita2 saya, mobil tersebut bakal saya pake roadtrip jakarta-bali (impian banget, pake mobil eropa + 'dandan' tapi bisa jalan jauh)
Untuk sisanya sih paling dipakai istri di kota sehari hari.
Ohiya, untuk budget maksimal sih saya di 170 sudah termasuk beberes.. apakah termasuk budget yg aman untuk meminang dua di antara mobil tersebut?
Terima kasih sebelumnya sudah meluangkan waktu untuk jawab pertanyaan saya ini. Sukses selalu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4804
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
kebetulan semua mobil tersebut juga masuk dream car saya dimasa depan, sm sodara dulu pernah miara E46 323. kalo saya malah lebih ke w124, paling reliable dibanding kandidat lain, sm cocok juga buat pemula mobil eropa, budget 170 udh dapet yg mint cond & minim PR. gausah pake brabus dll, kondisi standar ting2 jg udh cakep. sm kalo budget segitu, antara e46 atau w204, saya lebih ke e46, w204 entah knp kalo budget segitu agak susah dapet yg minim PR & bagus. kalo e46, harusnya udh dapet yg low km asli, minim pr & mind cond.Frz30896 wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 8:47 Halo, selamat hari ini.
Perkenalkan suhu, saya seorang yang punya hobi dengan kendaraan roda 4 alias mobil, yang sekarang lagi redup hobinya karena gaada kendaraan 'mainan'
Daily driver biasa pake daihatsu rocky, seringnya sih pake motor untuk kerja hehe
Btw, saya ingin minta rekomendasi dari suhu suhu, om om disini untuk kendaraan 'daily' kedua alias mobil mainan yg friendly untuk dipakai, dirawat, disayang
Saya kefikiran untuk pelihara E46 323/325, W124 300E, dan akhir2 ini lagi mempertimbangkan juga W204 C200
Okelah.. kita lupakan untuk W124, sepertinya belum cocok saya pakai itu, belum siap dengan gaya modifnya yg saklek, apalagi kepengen banget pakein brabus monotiga, amg sl, dsb di mobil itu.
Jadii.. saya mengerucut ke e46 dan w204 c200
Untuk kedua mobil itu, apa ada saran untuk saya sbg newbie dalam european cars? Dari sisi perawatan, durability, dan spareparts, durabilitas transmisi, kaki kaki, sensor2, dll
Kebetulan cita2 saya, mobil tersebut bakal saya pake roadtrip jakarta-bali (impian banget, pake mobil eropa + 'dandan' tapi bisa jalan jauh)
Untuk sisanya sih paling dipakai istri di kota sehari hari.
Ohiya, untuk budget maksimal sih saya di 170 sudah termasuk beberes.. apakah termasuk budget yg aman untuk meminang dua di antara mobil tersebut?
Terima kasih sebelumnya sudah meluangkan waktu untuk jawab pertanyaan saya ini. Sukses selalu
ambil yg 325 aja om, terus yg last fl, sepertinya udh improve dibanding yg PFL nya, kalo 323 entah knp nanggung & agak susah jg carinya, secara keluar cuma dari tahun 2000-2001 aja kalo gasalah
budget segitu buat w124 & e46 udh aman menurut saya, kalo beberes sblm beli coba googling or cari komunitasnya dulu om / bengkel spesialis yg bisa handle, lumayan bisa nambah temen, ilmu dan pengalaman hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jan 24, 2024 8:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Daihatsu Rocky
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Wahh.. W124 bener rekomen om untuk pemula??Pboyz97 wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 15:32kebetulan semua mobil tersebut juga masuk dream car saya dimasa depan, sm sodara dulu pernah miara E46 323. kalo saya malah lebih ke w124, paling reliable dibanding kandidat lain, sm cocok juga buat pemula mobil eropa, budget 170 udh dapet yg mint cond & minim PR. gausah pake brabus dll, kondisi standar ting2 jg udh cakep. sm kalo budget segitu, antara e46 atau w204, saya lebih ke e46, w204 entah knp kalo budget segitu agak susah dapet yg minim PR & bagus. kalo e46, harusnya udh dapet yg low km asli, minim pr & mind cond.Frz30896 wrote: ↑Wed Jan 24, 2024 8:47 Halo, selamat hari ini.
Perkenalkan suhu, saya seorang yang punya hobi dengan kendaraan roda 4 alias mobil, yang sekarang lagi redup hobinya karena gaada kendaraan 'mainan'
Daily driver biasa pake daihatsu rocky, seringnya sih pake motor untuk kerja hehe
Btw, saya ingin minta rekomendasi dari suhu suhu, om om disini untuk kendaraan 'daily' kedua alias mobil mainan yg friendly untuk dipakai, dirawat, disayang
Saya kefikiran untuk pelihara E46 323/325, W124 300E, dan akhir2 ini lagi mempertimbangkan juga W204 C200
Okelah.. kita lupakan untuk W124, sepertinya belum cocok saya pakai itu, belum siap dengan gaya modifnya yg saklek, apalagi kepengen banget pakein brabus monotiga, amg sl, dsb di mobil itu.
Jadii.. saya mengerucut ke e46 dan w204 c200
Untuk kedua mobil itu, apa ada saran untuk saya sbg newbie dalam european cars? Dari sisi perawatan, durability, dan spareparts, durabilitas transmisi, kaki kaki, sensor2, dll
Kebetulan cita2 saya, mobil tersebut bakal saya pake roadtrip jakarta-bali (impian banget, pake mobil eropa + 'dandan' tapi bisa jalan jauh)
Untuk sisanya sih paling dipakai istri di kota sehari hari.
Ohiya, untuk budget maksimal sih saya di 170 sudah termasuk beberes.. apakah termasuk budget yg aman untuk meminang dua di antara mobil tersebut?
Terima kasih sebelumnya sudah meluangkan waktu untuk jawab pertanyaan saya ini. Sukses selalu
ambil yg 325 aja om, terus yg last fl, sepertinya udh improve dibanding yg PFL nya, kalo 323 entah knp nanggung & agak susah jg carinya, secara keluar cuma dari tahun 2000-2001 aja kalo gasalah
budget segitu buat w124 & e46 udh aman menurut saya, kalo beberes sblm beli coba googling or cari komunitasnya dulu om / bengkel spesialis yg bisa handle, lumayan bisa nambah temen, ilmu dan pengalaman hehehe
Iyasih.. memang standar aja udah ganteng itu mobil.
Tapi ya itu, sempet ragu karena mesin m103 meskipun badak, cuma takut trouble terus di fuel distnya. Atau kalo memang kita bener2 mau modal di awal buat rapihin mesin, bakal aman2 aja?
E46 sempet berbulan bulan jadi fikiran, giliran udah mantep, ehh jok belakangnya bikin mikir ulang, sempit wkwkwkk
Tapi okelah, mungkin w124 dan e46 bakal jadi pertimbangan, w204 bisa di eksekusi nanti kalo budgetnya udah ada lebih hehe
Berarti, w124 ini better ambil yg fl atau yg pfl ya om kalo secara mesin? Mau dipake touring jauh soalnya..
Meskipun secara fisik, cinta mentok sama pfl
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1299
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
kalau budget max di 170, Saran gw angkatlah mobil di angka max 120 biar puas ngebangunnya.
ga tau 120 ga dapet w204 yg cukup seger, e46 325 masi dapet harusnya. Atau cari e39, lebih nyaman (dan murah) dr e46
ga tau 120 ga dapet w204 yg cukup seger, e46 325 masi dapet harusnya. Atau cari e39, lebih nyaman (dan murah) dr e46
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3765
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Biasanya sih lebih baru lebih bagus, apalagi W204 cukup robust. Tp ya 170jt kayanya sulit ya. W204 banyak sih yg jual 150an tp 2008-2009 kayanya. Perbaikan 20jt untuk mbl usia hampir 15 thn terlalu riskan ya. Kalo nekad bisa sih dicicil2 dlu aja yg penting dulu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 791
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Bantu kasih info kalo tertarik W204 yg N/A engine boleh coba ditanya2 ini harganya brp, dan kalo tertarik di liat aja dulu YT nya si real auto benz
Ane ngk ada hub apa2, cuman ini mobil udah dibenerin dgn bon peremajaan senilai 100 jt an. Kalo harga normal ini mobil sih mestinya udah diangka 150 kurang kayaknya, nah entah stlh di remajakan spt ini mau dilepas brp.
Ane ngk ada hub apa2, cuman ini mobil udah dibenerin dgn bon peremajaan senilai 100 jt an. Kalo harga normal ini mobil sih mestinya udah diangka 150 kurang kayaknya, nah entah stlh di remajakan spt ini mau dilepas brp.
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
kalo ada cita cita buat long trip, saran saya jangan beli compact macem W204 atau E46. minimal beli midsize macem E39 atau new eyes W210 yang cc besar, long wheelbase. kenyamanannya beda.
sy nambahin racun E39 M52 krn pake udah mau genep setaun. mogok si ngga pernah, overheat ngga pernah cuma kemaren baru aja radiator ngompol. enaknya si E39 ini mobilnya cukup bandel. saya tiap hari jg pake kalo keluar malem. kelebihan E39 dibanding E46, pendinginan ATFnya dibantu air cooler jadi kerja radiatornya nggak berat. di E46 salah satu problem terbesarnya kan matic dan radiator yang rawan begitu visconya lemah.
kalo punya BMW tua dan nggak mau sheer repairing plisurr, kuncinya di termostat dan tutup radiator turunin ke 140. standar BMW keluaran 2000 ke atas itu pake tutup radiator 200 kPa. sebenernya gpp kalo semua sistemnya aman dan selang2 masih baru. tapi lama lama jadi kenapa2 juga krn akhirnya membebani selang2. ni jurus radiator BMW awet ala om @federicotimothy di quorra.
sisanya klasik lah. mahal paling kaki kaki krn komponennya banyak bener. mbl modern econobox jepangan itu konstruksi masih simple lower arm minta jajan ya paling itu doang komponennya. sy sekali ganti kaki kaki E39 liat arm dan karet karetnya banyak puyeng. wkwkkwkwkw.
mesin M52/M52TU/M54 ini no debat reputasinya badak lah. powerful juga apalagi kalo hoki dapet 530i M54B30 (ada temen jual warna item baru turun metic malah, kalo mau saya tanyain). tp susah carinya. paling value for money 528i M52B28 krn pre-LCI udah murah tp dapet sese besar. atau mudaan dikit beli yang 525i M54B25.
sama E39 ini haram parkir bawah pohon. kalo jalur air udah ke block sama ranting itu modul2 ABS ECU dan LCM akan selalu jadi korban......
intinya kalo buat seneng2 aja BMW/mersi tua aslinya ngga ribet, basic kok mobilnya, asal ngerti penyakit dan nggak dikerjain mekanik......
sy nambahin racun E39 M52 krn pake udah mau genep setaun. mogok si ngga pernah, overheat ngga pernah cuma kemaren baru aja radiator ngompol. enaknya si E39 ini mobilnya cukup bandel. saya tiap hari jg pake kalo keluar malem. kelebihan E39 dibanding E46, pendinginan ATFnya dibantu air cooler jadi kerja radiatornya nggak berat. di E46 salah satu problem terbesarnya kan matic dan radiator yang rawan begitu visconya lemah.
kalo punya BMW tua dan nggak mau sheer repairing plisurr, kuncinya di termostat dan tutup radiator turunin ke 140. standar BMW keluaran 2000 ke atas itu pake tutup radiator 200 kPa. sebenernya gpp kalo semua sistemnya aman dan selang2 masih baru. tapi lama lama jadi kenapa2 juga krn akhirnya membebani selang2. ni jurus radiator BMW awet ala om @federicotimothy di quorra.
sisanya klasik lah. mahal paling kaki kaki krn komponennya banyak bener. mbl modern econobox jepangan itu konstruksi masih simple lower arm minta jajan ya paling itu doang komponennya. sy sekali ganti kaki kaki E39 liat arm dan karet karetnya banyak puyeng. wkwkkwkwkw.
mesin M52/M52TU/M54 ini no debat reputasinya badak lah. powerful juga apalagi kalo hoki dapet 530i M54B30 (ada temen jual warna item baru turun metic malah, kalo mau saya tanyain). tp susah carinya. paling value for money 528i M52B28 krn pre-LCI udah murah tp dapet sese besar. atau mudaan dikit beli yang 525i M54B25.
sama E39 ini haram parkir bawah pohon. kalo jalur air udah ke block sama ranting itu modul2 ABS ECU dan LCM akan selalu jadi korban......
intinya kalo buat seneng2 aja BMW/mersi tua aslinya ngga ribet, basic kok mobilnya, asal ngerti penyakit dan nggak dikerjain mekanik......
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Sun Sep 03, 2017 16:10
- Location: bandung
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Kalo dari pilihan diatas. Ambil e46 325i facelift aja. Saya pernah bawa e46 n42 ke pulau sumatra sekali jalan +/- 1700km. Tapi kalo mau lebih nyaman ambil e39 facelift juga oke 525i atau 530i. budget segitu udah sangat2 cukup dapat unit yang siap pakai. Paling nanti di cek ulang seluruh cooling system.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
w204 c250/c280 aja. cari yg full spec kalo bisa yg dpt panoramic roof segala.
apa lg bini mau pake, cr yg paling muda aja om. parts mercy juga banyak, kw 1 2 3 banyak jg.
nambah budget cari e250 aja pasti bini seneng jg.
apa lg bini mau pake, cr yg paling muda aja om. parts mercy juga banyak, kw 1 2 3 banyak jg.
nambah budget cari e250 aja pasti bini seneng jg.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1454
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
kalo ekspektasinya mobil eropa yg klimis kayanya bakal susah cari unitnya, tapi kalo mau tampilan beater car ala2 balkan atau eropa timur gitu kayanya seru deh wkwk...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Sorry agak oot, tgl 6 jan kmrn ane lagi main ke tempat tmn di pamulang, tiba2 sore ujan deres bgt n ane jalan dari pamulang ke bintaro lewat jalur non tol, di perjalanan banyak bgt ngelewatin genangan2 di jalanan tangsel yg banjir dimana2 (ciputat, ciater, serpong, bahkan bintaro), nah banyak mobil2 yg mogok tuh, ada kali 9-10 mobil, nah 4 diantaranya bmw (1 e46, 2 e90, 1 f30), ane jadi ragu ama bmw pas lewat2in genangan begitu. Ane pake sedan jg, cuman produk jepangan, walau deg2an tapi aman n selamat sampai di rumah tanpa kendala apapun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2878
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Makanya pake sedan jepang aj klo kg mau pusing. Trus join club kaum anti diperbudak mobil ala om kompresorzzdany_pos wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 13:20 Sorry agak oot, tgl 6 jan kmrn ane lagi main ke tempat tmn di pamulang, tiba2 sore ujan deres bgt n ane jalan dari pamulang ke bintaro lewat jalur non tol, di perjalanan banyak bgt ngelewatin genangan2 di jalanan tangsel yg banjir dimana2 (ciputat, ciater, serpong, bahkan bintaro), nah banyak mobil2 yg mogok tuh, ada kali 9-10 mobil, nah 4 diantaranya bmw (1 e46, 2 e90, 1 f30), ane jadi ragu ama bmw pas lewat2in genangan begitu. Ane pake sedan jg, cuman produk jepangan, walau deg2an tapi aman n selamat sampai di rumah tanpa kendala apapun
Mata sambil lirik Accord (cv) turbo seken di olx
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1748
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
apa mungkin posisi air intake-nya rada rendahdany_pos wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 13:20 Sorry agak oot, tgl 6 jan kmrn ane lagi main ke tempat tmn di pamulang, tiba2 sore ujan deres bgt n ane jalan dari pamulang ke bintaro lewat jalur non tol, di perjalanan banyak bgt ngelewatin genangan2 di jalanan tangsel yg banjir dimana2 (ciputat, ciater, serpong, bahkan bintaro), nah banyak mobil2 yg mogok tuh, ada kali 9-10 mobil, nah 4 diantaranya bmw (1 e46, 2 e90, 1 f30), ane jadi ragu ama bmw pas lewat2in genangan begitu. Ane pake sedan jg, cuman produk jepangan, walau deg2an tapi aman n selamat sampai di rumah tanpa kendala apapun
kalo jepang sih mereka udh tau selera orang indo yg suka nekat wkwk
tp ga semua europ gitu koq...dulu saya pake peugeot 405 pernah nembus banjir di deket sarinah situ air sampe sedikit naik ke kap mesin...
untungnya ga ada rembes ke kabin & masih dikasi selamat sampe tujuan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2036
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Suka Beli Rusak Jual, gitu aja kok repotKielConstantine wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 16:45Makanya pake sedan jepang aj klo kg mau pusing. Trus join club kaum anti diperbudak mobil ala om kompresorzzdany_pos wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 13:20 Sorry agak oot, tgl 6 jan kmrn ane lagi main ke tempat tmn di pamulang, tiba2 sore ujan deres bgt n ane jalan dari pamulang ke bintaro lewat jalur non tol, di perjalanan banyak bgt ngelewatin genangan2 di jalanan tangsel yg banjir dimana2 (ciputat, ciater, serpong, bahkan bintaro), nah banyak mobil2 yg mogok tuh, ada kali 9-10 mobil, nah 4 diantaranya bmw (1 e46, 2 e90, 1 f30), ane jadi ragu ama bmw pas lewat2in genangan begitu. Ane pake sedan jg, cuman produk jepangan, walau deg2an tapi aman n selamat sampai di rumah tanpa kendala apapun
Mata sambil lirik Accord (cv) turbo seken di olx
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 408
- Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Entahlah, tapi paling ngeri pas e90 yg depan ane tuh soalnya bener jalan beriringan, ane cuman mikir waktu itu, klo dia berani terobos genangan di depan, maka ane jg berani. Eh tiba2 tuh mobil berhenti donk dpn ane n ga gerak2 lagi, mampus deh ane pikir saat itu. langsung reflek belokin mobil ke jalur sebelah, untungnya sepi, demi ga berhenti, soalnya ane baca2 pas hajar genangan jangan sampe mobil berhenti....untungnya selamat tanpa ada rembes ke kabin atau gangguan apapun. Ga paham seberapa ketinggian genangan saat itu, fokusnya udah buat nyetir aja, apalagi pandangan terganggu karena ujan lagi deres2nya.MSU wrote: ↑Fri Jan 26, 2024 0:08apa mungkin posisi air intake-nya rada rendahdany_pos wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 13:20 Sorry agak oot, tgl 6 jan kmrn ane lagi main ke tempat tmn di pamulang, tiba2 sore ujan deres bgt n ane jalan dari pamulang ke bintaro lewat jalur non tol, di perjalanan banyak bgt ngelewatin genangan2 di jalanan tangsel yg banjir dimana2 (ciputat, ciater, serpong, bahkan bintaro), nah banyak mobil2 yg mogok tuh, ada kali 9-10 mobil, nah 4 diantaranya bmw (1 e46, 2 e90, 1 f30), ane jadi ragu ama bmw pas lewat2in genangan begitu. Ane pake sedan jg, cuman produk jepangan, walau deg2an tapi aman n selamat sampai di rumah tanpa kendala apapun
kalo jepang sih mereka udh tau selera orang indo yg suka nekat wkwk
tp ga semua europ gitu koq...dulu saya pake peugeot 405 pernah nembus banjir di deket sarinah situ air sampe sedikit naik ke kap mesin...
untungnya ga ada rembes ke kabin & masih dikasi selamat sampe tujuan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: Tue May 20, 2014 11:41
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Kalo inceran w204 juga sbg opsi, berarti budgetnya lebih dari cukup buat main W124 top trim. Kalo saya opini pribadi merem ambil W124 Sportline 320E AT.. syukur2 dapet yang 24 valve full option. Kapan hari pernah liat di FB/IG jual 170 jt nego.. W124 kalo udah diatas 120 jt dapet unit yang tinggal lanjut rawat aja harusnya.
Pernah melihara W124 300E MT, aduh itu mobil ngangenin banget. Pernah melihara W210 atau coba E46 325i gatau kenapa saya tetep W124
Pernah melihara W124 300E MT, aduh itu mobil ngangenin banget. Pernah melihara W210 atau coba E46 325i gatau kenapa saya tetep W124
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jan 24, 2024 8:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Daihatsu Rocky
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
Wah.. e39 ya om, sempet dilema juga sih ini mobil. Karena E39 itu tampangnya ganteng berotot tapi di saya butuh waktu buat 'nyesuain' sama selera saya yg lebih mengarah ke mobil dengan desain kotak kotak e34, atau modern sekalian kaya e46 entah kenapa wkwk, mungkin karena e39 agak nanggung, loncat dari e34 yg ngotak lalu menyesuaikan ke e46 yg membulat, ya tapi percaya sih ane kalo soal kenyamanan. penampilan mungkin bisa di ulik nanti dicolokin BBS atau meister hehe.ChZ wrote: ↑Thu Jan 25, 2024 4:34 kalo ada cita cita buat long trip, saran saya jangan beli compact macem W204 atau E46. minimal beli midsize macem E39 atau new eyes W210 yang cc besar, long wheelbase. kenyamanannya beda.
sy nambahin racun E39 M52 krn pake udah mau genep setaun. mogok si ngga pernah, overheat ngga pernah cuma kemaren baru aja radiator ngompol. enaknya si E39 ini mobilnya cukup bandel. saya tiap hari jg pake kalo keluar malem. kelebihan E39 dibanding E46, pendinginan ATFnya dibantu air cooler jadi kerja radiatornya nggak berat. di E46 salah satu problem terbesarnya kan matic dan radiator yang rawan begitu visconya lemah.
kalo punya BMW tua dan nggak mau sheer repairing plisurr, kuncinya di termostat dan tutup radiator turunin ke 140. standar BMW keluaran 2000 ke atas itu pake tutup radiator 200 kPa. sebenernya gpp kalo semua sistemnya aman dan selang2 masih baru. tapi lama lama jadi kenapa2 juga krn akhirnya membebani selang2. ni jurus radiator BMW awet ala om @federicotimothy di quorra.
sisanya klasik lah. mahal paling kaki kaki krn komponennya banyak bener. mbl modern econobox jepangan itu konstruksi masih simple lower arm minta jajan ya paling itu doang komponennya. sy sekali ganti kaki kaki E39 liat arm dan karet karetnya banyak puyeng. wkwkkwkwkw.
mesin M52/M52TU/M54 ini no debat reputasinya badak lah. powerful juga apalagi kalo hoki dapet 530i M54B30 (ada temen jual warna item baru turun metic malah, kalo mau saya tanyain). tp susah carinya. paling value for money 528i M52B28 krn pre-LCI udah murah tp dapet sese besar. atau mudaan dikit beli yang 525i M54B25.
sama E39 ini haram parkir bawah pohon. kalo jalur air udah ke block sama ranting itu modul2 ABS ECU dan LCM akan selalu jadi korban......
intinya kalo buat seneng2 aja BMW/mersi tua aslinya ngga ribet, basic kok mobilnya, asal ngerti penyakit dan nggak dikerjain mekanik......
btw, thermostat dan tutup radiator pake apa om yg 140kpa? bmw dibawah tahun 2000 kah?
ane semalem sempet cek2 harga sparepart ori e39 di marketplace agak serem juga ya..
kalo untuk awal ngambil, selain segerin mesin dan cooling system, sensor2 atau modul apa yg wajib diganti? mengingat usia mobil ini udah 20 tahunan lebih kan. mungkin perlu refresh matic dan ganti paking2 sekalian kah?
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jan 24, 2024 8:34
- Location: Depok
- Daily Vehicle: Daihatsu Rocky
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
jakanjc wrote: ↑Fri Jan 26, 2024 14:10 Kalo inceran w204 juga sbg opsi, berarti budgetnya lebih dari cukup buat main W124 top trim. Kalo saya opini pribadi merem ambil W124 Sportline 320E AT.. syukur2 dapet yang 24 valve full option. Kapan hari pernah liat di FB/IG jual 170 jt nego.. W124 kalo udah diatas 120 jt dapet unit yang tinggal lanjut rawat aja harusnya.
Pernah melihara W124 300E MT, aduh itu mobil ngangenin banget. Pernah melihara W210 atau coba E46 325i gatau kenapa saya tetep W124
Waduh.. padahal sempet kebayang2 bener ini sama w124, udah gitu istri suka banget sama ni mobil. Cuma waktu itu mundur gara2 mesinnya, iyasih terkenal badak, tp ragu sama sistem injeksi fueldistnya (biasalah, biasa main mobil sekelas genio, kebayang ngerawat eropa malah parno sendiri)
Tapi gataunya dari jawaban om2 disini, ga seruwet itu ya bahkan si om blg ngangenin, jadi penasaran lagi
Sorry om, selama ngerawat 124 manual, udah kena perbaikan apa aja?
-
- SM Specialist
- Posts: 16454
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Newbie on European Cars, bantu pilih dan rekomendasi pemula
E34 seru kalo dapet yang 530i V8 apalagi individual om dulu populasinya cukup banyak ngga ribet kayaknya E34 cuma tua aja. beli yang udah LCI paling kecil mesin M50 masih mirip2 sama M52/M54. M60 V8 oke cuma part ga segampang yang M50.Frz30896 wrote: ↑Tue Jan 30, 2024 5:43 Wah.. e39 ya om, sempet dilema juga sih ini mobil. Karena E39 itu tampangnya ganteng berotot tapi di saya butuh waktu buat 'nyesuain' sama selera saya yg lebih mengarah ke mobil dengan desain kotak kotak e34, atau modern sekalian kaya e46 entah kenapa wkwk, mungkin karena e39 agak nanggung, loncat dari e34 yg ngotak lalu menyesuaikan ke e46 yg membulat, ya tapi percaya sih ane kalo soal kenyamanan. penampilan mungkin bisa di ulik nanti dicolokin BBS atau meister hehe.
btw, thermostat dan tutup radiator pake apa om yg 140kpa? bmw dibawah tahun 2000 kah?
ane semalem sempet cek2 harga sparepart ori e39 di marketplace agak serem juga ya..
kalo untuk awal ngambil, selain segerin mesin dan cooling system, sensor2 atau modul apa yg wajib diganti? mengingat usia mobil ini udah 20 tahunan lebih kan. mungkin perlu refresh matic dan ganti paking2 sekalian kah?
katanya si punya e30 om... di marketplace banyak. konon ini kunci yang bikin durability BMW dan mercy jauh bener urusan radiator.
wah partnya skrg mah jarang pake orian om hihihi paling pake third party macem lemforder gitu. udah oke kok selevel sama orinya.
E39 itu kalo yg LCI lemah di modul ABS katanya, kalo pre LCI modul kursi elektriknya agak langganan rusak. paking2 jelas sukur2 dapet yg udah diganti krn umur rawan rembes. kl matic paling cek kapan terakhir ganti oli metiknya aja.
E39 itu jalur airnya harus steril om wajib rajin2 ngecek kalo ngga RIP itu modul ABS ma ECU kalo hujan wkwkkwkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7