Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
saat ini racksteernya ya oblak aja pas idle, saat jalan sih g masalah. belok2 aman, kalau misal di jalan g rata letsay tol, jalan cenderung ga rata di sebelah kiri dan stir rada2 ngikut belok gitu apakah pengaruh racksteer jg?
kmrn abis ganti tie rod, long tie rod merk 555.. tidak merasakan perbedaan signifikan..
bengkel rekomen sekitaran bogor-depok urusan kaki2 apa ya om? maksudnya utk ngecek dulu memastikan total emg gara2 racksteer nih
setir rada ngikut belok saat di tol jalan nggak rata, bisa dari kontur jalanannya, bisa dari tekanan angin ban kurang, bisa dari alignment, bisa dari ball joint, bisa dari bushing arm, atau kombinasi semua.
udah ganti tie rod sama rack end (long tie rod) tapi masih bunyi, coba cek intermediate shaft. kalo ternyata masih oke, ya besar kemungkinan dr steering rack.
saat ini racksteernya ya oblak aja pas idle, saat jalan sih g masalah. belok2 aman, kalau misal di jalan g rata letsay tol, jalan cenderung ga rata di sebelah kiri dan stir rada2 ngikut belok gitu apakah pengaruh racksteer jg?
kmrn abis ganti tie rod, long tie rod merk 555.. tidak merasakan perbedaan signifikan..
bengkel rekomen sekitaran bogor-depok urusan kaki2 apa ya om? maksudnya utk ngecek dulu memastikan total emg gara2 racksteer nih
setir rada ngikut belok saat di tol jalan nggak rata, bisa dari kontur jalanannya, bisa dari tekanan angin ban kurang, bisa dari alignment, bisa dari ball joint, bisa dari bushing arm, atau kombinasi semua.
udah ganti tie rod sama rack end (long tie rod) tapi masih bunyi, coba cek intermediate shaft. kalo ternyata masih oke, ya besar kemungkinan dr steering rack.
pertanyaan terahir mohon maaf ga bisa jawap.
banyak ya faktornya.. sepertinya emg racksteer saya yg udah g sehat.. mau g mau coba heiker aja lah, mudah2an bener dan emg dr situ permasalahannya..
intermediate shaft ini joint steer kan ya?
hahaha soal bengkel ternyata omnya jg punya bengkel ya di BSD, knp jauh bener sih om haha..
btw yang lower arm gmn om? maksudnya mending ganti langsung full set 1 lower arm, apa gpp ganti bushing arm aja? (press)..
dan heiker lower arm rekomen g ya? untuk harga setengah harga genuine mazda...
klo dr biaya keluar, 2 bushing arm kanan kiri depan 400rb.. jasa 550rb..
kalau lower arm 1set kanan kiri depan 1,6jt.. jasa 300rb..
btw yang lower arm gmn om? maksudnya mending ganti langsung full set 1 lower arm, apa gpp ganti bushing arm aja? (press)..
beli 1 set baru, hemat di waktu.
beli bushing saja lalu di press, masa ball joint nggak diganti mumpung lg dibawah? nanti jeles tau² oblak.... dan ada tambahan waktu untuk nge-press bongpas.
total uang keluar ya coba dihitung lg krn yg tersebut bushing kiri kanan sahaja, blm ada sebut ball joint.
apapun pilihannya, jangan lupa pre load sblm ngencengin baut control arm.
kalo mekaniknya nggak ngerti pre load, segera ke apotik terdekat beli parasetamol dan amlodipin.
btw yang lower arm gmn om? maksudnya mending ganti langsung full set 1 lower arm, apa gpp ganti bushing arm aja? (press)..
beli 1 set baru, hemat di waktu.
beli bushing saja lalu di press, masa ball joint nggak diganti mumpung lg dibawah? nanti jeles tau² oblak.... dan ada tambahan waktu untuk nge-press bongpas.
total uang keluar ya coba dihitung lg krn yg tersebut bushing kiri kanan sahaja, blm ada sebut ball joint.
apapun pilihannya, jangan lupa pre load sblm ngencengin baut control arm.
kalo mekaniknya nggak ngerti pre load, segera ke apotik terdekat beli parasetamol dan amlodipin.
oke ambilah saya ambil 1 set kanan kiri lower arm, untuk masa pakainya utk merk aftermarket seperti itu biasanya utk brp lama om? or brp rb km?
pre load? istilah baru lagi nih untuk nubie...
sama satu lagi om, utk part dibawah ini ada subtitusinya g ya? jd dia patah karena saya ganti per mau sedikit nyeperin m2sky.. pas di tes drive tiba2 bunyi patah.. tanya2 temen itu untuk sensor AFL, dan saat ini posisi fitur ya disable aja, tidak pengaruh apa2 ke performa. posisi di dalam roda kanan belakang.
1.jpg
2.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
oke ambilah saya ambil 1 set kanan kiri lower arm, untuk masa pakainya utk merk aftermarket seperti itu biasanya utk brp lama om? or brp rb km?
pre load? istilah baru lagi nih untuk nubie...
sama satu lagi om, utk part dibawah ini ada subtitusinya g ya? jd dia patah karena saya ganti per mau sedikit nyeperin m2sky.. pas di tes drive tiba2 bunyi patah.. tanya2 temen itu untuk sensor AFL, dan saat ini posisi fitur ya disable aja, tidak pengaruh apa2 ke performa. posisi di dalam roda kanan belakang.
1.jpg
2.jpg
usia pakai? jujur nggak tau. mungkin shifu
josomba
bisa membantu...?
itu bisa patah krn salah pasang atau gmn? krn seinget saya posisinya (kalo nggak salah) kaya gini :
1.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
venomfrozen wrote: ↑Tue Jan 30, 2024 7:45
oke ambilah saya ambil 1 set kanan kiri lower arm, untuk masa pakainya utk merk aftermarket seperti itu biasanya utk brp lama om? or brp rb km?
pre load? istilah baru lagi nih untuk nubie...
sama satu lagi om, utk part dibawah ini ada subtitusinya g ya? jd dia patah karena saya ganti per mau sedikit nyeperin m2sky.. pas di tes drive tiba2 bunyi patah.. tanya2 temen itu untuk sensor AFL, dan saat ini posisi fitur ya disable aja, tidak pengaruh apa2 ke performa. posisi di dalam roda kanan belakang.
1.jpg
2.jpg
Dulu saya ngepress bushing gede, bushing kecil, dan ball joint sekalian. untuk bushing2 lower arm pake RBI dan ball joint pake 555. Semuanya dipake ampe 60k KM masih oke.
marmut wrote: ↑Tue Jan 30, 2024 10:22
usia pakai? jujur nggak tau. mungkin shifu
josomba
bisa membantu...?
itu bisa patah krn salah pasang atau gmn? krn seinget saya posisinya (kalo nggak salah) kaya gini :
kemungkinan salah pasang pas abis bongkar pasang per dan krn mekanik g ngerti posisi benernya gmn, jd posisi dia kebawah, dan pas di test drive jd patah..............
Omnibus wrote: ↑Tue Jan 30, 2024 13:06
hmmm bagaimana kalau dianggap collateral damage
yah namanya jg manusia, kesalahan itu .... hal biasa
yah kayanya akan bener jd collateral damage.. tanya2 rekan2 m2sky lain jg pada patah dan akhirnya didiemin aja.. krn g ngaruh kemana2. cman yaudah headlight adjustmentnya g ada..
ya paling cari2 cara sendiri gimana cara gantiin or masang lagi itu link stabil...
marmut wrote: ↑Tue Jan 30, 2024 10:22
usia pakai? jujur nggak tau. mungkin shifu
josomba
bisa membantu...?
itu bisa patah krn salah pasang atau gmn? krn seinget saya posisinya (kalo nggak salah) kaya gini :
kemungkinan salah pasang pas abis bongkar pasang per dan krn mekanik g ngerti posisi benernya gmn, jd posisi dia kebawah, dan pas di test drive jd patah..............
Omnibus wrote: ↑Tue Jan 30, 2024 13:06
hmmm bagaimana kalau dianggap collateral damage
yah namanya jg manusia, kesalahan itu .... hal biasa
yah kayanya akan bener jd collateral damage.. tanya2 rekan2 m2sky lain jg pada patah dan akhirnya didiemin aja.. krn g ngaruh kemana2. cman yaudah headlight adjustmentnya g ada..
ya paling cari2 cara sendiri gimana cara gantiin or masang lagi itu link stabil...
lem besi atau dilas mungkin om? untuk si link stabil headlight.
venomfrozen wrote: ↑Wed Jan 31, 2024 6:46
kemungkinan salah pasang pas abis bongkar pasang per dan krn mekanik g ngerti posisi benernya gmn, jd posisi dia kebawah, dan pas di test drive jd patah..............
ganti per jadi lebih pendek, semua bushing arm ga di pre load ulang?
venomfrozen wrote: ↑Wed Jan 31, 2024 6:46
kemungkinan salah pasang pas abis bongkar pasang per dan krn mekanik g ngerti posisi benernya gmn, jd posisi dia kebawah, dan pas di test drive jd patah..............
ganti per jadi lebih pendek, semua bushing arm ga di pre load ulang?
hmmmm.. jujur ane g ngeh om.. baru denger jg istilah itu dr om.. mgkin besok ane ke bengkel itu lagi utk tanya..
Shyn16 wrote: ↑Tue Jan 23, 2024 4:45
untuk ATF rekomendasi untuk flushing g om supaya keluar semua?
rencana mau flushing di TODA, karena ini pemakai sebelumnya pakai ATF non mazda dan udah pasti g masuk spec ATF FZ.
Tau darimana ga masuk spek FZ?
Bisa flush pake mesin, atau bisa juga tap refill 2-3x biar aman.
josomba wrote: ↑Sun Feb 25, 2024 12:42
TGR - BDO - TGR
Mazda cx3 yg versi cc botol aqua.
Nyetir tidak eco2, kalau lowong mayan sering agak bejek2.
TGR - BDO, pas sampe Pasteur.
1:16.9 km/l.
20240223_202630.jpg
Sampe Pasteur, reset AVG supaya bisa lihat konsumsi dalem bandung (seputaran ciumbuleuit, dago, asia afrika)
Drop langsung ke 1:9an
20240225_171710.jpg
BDO - TGR
1: 18.7
20240225_171640.jpg
cieeee...... yg pake selang meraaah.....
Kita tarik ngana kemari.
20240221_202418.jpg
Entah halu atau nda, tp memang pas bejek2 rpm 4-5k di cipularang rasane lebih plong. Tp lagi2, mungkin ane halu dan percaya diagram autoexe berikut:
Screenshot_20240223_203513_Google.jpg
Gambar dah translated dr bahasa aselinya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
om2, ada yang punya pengalaman ganti engine mounting m2sky?
kapan sekiranya kita bener2 harus ganti engine mounting itu? 2023 awal pas ngambil m2sky, ane general checkup dan salah satu part yg disuruh ganti itu engine mounting,
dan apakah gpp kalau pake OEM? karena harganya beda jauh bgt, di tokoijo sepaket OEM cman 2jt, yang ori 1 part aja 2jt..
venomfrozen wrote: ↑Fri Mar 01, 2024 8:31
om2, ada yang punya pengalaman ganti engine mounting m2sky?
kapan sekiranya kita bener2 harus ganti engine mounting itu? 2023 awal pas ngambil m2sky, ane general checkup dan salah satu part yg disuruh ganti itu engine mounting,
dan apakah gpp kalau pake OEM? karena harganya beda jauh bgt, di tokoijo sepaket OEM cman 2jt, yang ori 1 part aja 2jt..
M2sky R 2015..
kapan sekiranya kita bener2 harus ganti engine mounting itu? --> biasa kalau getar pas idle mulai ga biasa, karet terlihat retak/pecah, karet dudukan terlihat amblas. Atau kalau mbah marmut dia selipin jari n dia dah tau biasanya yg masih oke tuh ada patokan gap ama jarinya doi. cmiiw kang @marmut
dan apakah gpp kalau pake OEM? --> "OEM" ini diragukan durabilitas-nya sih. Saya pake original untuk mounting paling gede (yg depan driver) dan di bawah. Tapi yg deket aki, saya beli yg OEM ini.
(a) Duluan ganti yg gede dan bawah karena getar pas idle lalu (b) 2 tahun kemudian ganti yg deket aki karena pas ganti gigi D ke R atau sebaliknya ada sensasi geter.