Review BMW 320i F30 2016

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by peterming77 »

ChZ wrote: Tue Jun 27, 2023 5:41
peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 4:18
Mau tanya ke mbah nya BMW: lebih worth E90 325i LCI atau nambah buat F30 320i tahun2 awal yg paling basic?

Dan yg penting: E90 LCI masih sheer repairing pleasure? :ungg:
Yg jelas F30 N20 ga se eargasm bawa N52 inline6 wkwkwkwkw.

Tp kalo jd mobil mainan definitely F30>E90. Part modif banyak, lebih kenceng, transmisi lebih bagus, sasis lebih ok.

Gimana gimana mobil yg lebih baik secara rancang bangun. Cuma engine keknya N52 lbh kuat dari N20. NA 6cyl lebih rendah stressnya dari 4cyl turbo. Blom timing chain guide issue kl apes di N20.
Ini juga yg sempat saya baca2 ada issue timing chain meski random ya unit yg kena :ungg: Kalo F30 LCI budget belum nyampe :big_blushing: Apalagi yg F30 LCI edisi Alcantara :big_smoking: :big_exellent: :big_love: :big_love: :big_love:

KielConstantine wrote: Tue Jun 27, 2023 6:20
Kalo di engine N52 yg paling concern di system double vanos aja tuh. Krn dy pake baut magnesium smua. Itu engine ngejar lightweight jd pake baut model bgituan, nah rentan patah pas odo mulai deket 100rebu an. Biasalah kelakuan engineer bangsa arya :ngacir:

Dan ud kejadian patah kepalanya pas baru angkut dulu. Dari total 8 baut; patah 5 biji wkwkwkwkwk. Jadinya turun 1/2 mesin total2 abis 18 juta.

Bautnya diganti pake yg model besi pake engine M54 punya (ga bakal rusak atau patah lagi forever). Ane sempet pegang banding2 in memang jauh lebih enteng yg bahan magnesium. Trus ditambah perintilan lain karena udh turun semi-overhaul ya ganti2 komponen laen B C D E smua yg ada disitu lah skalian . Aslinya cuman 10-12 jutaan doang benerin system double vanos. Trus lucunya mobil ane jd kasus pertama N52 patah baut vanos di bengkel anugrah. Abis itu selang setahun ane balik katanya jd mulai banyak kasus serupa di customer laen yg punya itu engine :big_biglaugh:

Trus restorasi kaki2 full jg abis mirip2 sekitar 10 jutaan
Jadi pas baru angkut ane refresh smua ditotal hampir 30jt om, mobil enak lagi dibawanya mantapp & presisi

Udah dah. Sisanya barang consumables aj macem ganti oli; tune up; sama replace speed sensor :mky_07:

———
Long story short. Kalo mau coba pelihara E90 ane saranin seh skalian aj E90 325i LCI M Edition; dy cuman kluar di tahun 2012. Bener2 masa akhir E90 sebelom diganti ke model F30

Image

Image

0-100 km/h = 7 detik pas banget dipake hari2 daily drive lah
Ditambah dengerin deruman suara Inline-6 yang aduhaii :upss:
Gara2 nonton di YouTube pembahasan 325i E90 lah kok interior nya keliatan ok yg ada iDrive nya, warna juga hitam, kalo yg E90 non iDrive saya ga doyan interior nya apalagi ada trim kayu2.

Exterior nya cakep ya, bahasa design garis kap mesin pas diatas kidney grill dipake lagi di G20 setelah F30 dipotong diatasnya, jadi ga keliatan kuno. :big_love:
sintoni wrote: Tue Jun 27, 2023 6:29 Beberapa hari ini lg ngiler liat F30, iseng2 cek harga yg 2012-2013 sudah under kepala 3.

Hauahauahaua.

Tapi galau jg disini ada bengkel yg rekomen ga ya.
Yup bener udah dibawah 300 lah, tahun depan makin murah, kalo nga kena goreng2 lagi.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5903
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by sintoni »

328i ini pake adaptive suspension kalau misal ganti shock biasa bs ga ya?

Oh ya itu shock ada non sensor ada yg sensor ada bedanya ga ya?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 6:42
ChZ wrote: Tue Jun 27, 2023 5:41
peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 4:18
Mau tanya ke mbah nya BMW: lebih worth E90 325i LCI atau nambah buat F30 320i tahun2 awal yg paling basic?

Dan yg penting: E90 LCI masih sheer repairing pleasure? :ungg:
Yg jelas F30 N20 ga se eargasm bawa N52 inline6 wkwkwkwkw.

Tp kalo jd mobil mainan definitely F30>E90. Part modif banyak, lebih kenceng, transmisi lebih bagus, sasis lebih ok.

Gimana gimana mobil yg lebih baik secara rancang bangun. Cuma engine keknya N52 lbh kuat dari N20. NA 6cyl lebih rendah stressnya dari 4cyl turbo. Blom timing chain guide issue kl apes di N20.
Ini juga yg sempat saya baca2 ada issue timing chain meski random ya unit yg kena :ungg: Kalo F30 LCI budget belum nyampe :big_blushing: Apalagi yg F30 LCI edisi Alcantara :big_smoking: :big_exellent: :big_love: :big_love: :big_love:

KielConstantine wrote: Tue Jun 27, 2023 6:20
Kalo di engine N52 yg paling concern di system double vanos aja tuh. Krn dy pake baut magnesium smua. Itu engine ngejar lightweight jd pake baut model bgituan, nah rentan patah pas odo mulai deket 100rebu an. Biasalah kelakuan engineer bangsa arya :ngacir:

Dan ud kejadian patah kepalanya pas baru angkut dulu. Dari total 8 baut; patah 5 biji wkwkwkwkwk. Jadinya turun 1/2 mesin total2 abis 18 juta.

Bautnya diganti pake yg model besi pake engine M54 punya (ga bakal rusak atau patah lagi forever). Ane sempet pegang banding2 in memang jauh lebih enteng yg bahan magnesium. Trus ditambah perintilan lain karena udh turun semi-overhaul ya ganti2 komponen laen B C D E smua yg ada disitu lah skalian . Aslinya cuman 10-12 jutaan doang benerin system double vanos. Trus lucunya mobil ane jd kasus pertama N52 patah baut vanos di bengkel anugrah. Abis itu selang setahun ane balik katanya jd mulai banyak kasus serupa di customer laen yg punya itu engine :big_biglaugh:

Trus restorasi kaki2 full jg abis mirip2 sekitar 10 jutaan
Jadi pas baru angkut ane refresh smua ditotal hampir 30jt om, mobil enak lagi dibawanya mantapp & presisi

Udah dah. Sisanya barang consumables aj macem ganti oli; tune up; sama replace speed sensor :mky_07:

———
Long story short. Kalo mau coba pelihara E90 ane saranin seh skalian aj E90 325i LCI M Edition; dy cuman kluar di tahun 2012. Bener2 masa akhir E90 sebelom diganti ke model F30

Image

Image

0-100 km/h = 7 detik pas banget dipake hari2 daily drive lah
Ditambah dengerin deruman suara Inline-6 yang aduhaii :upss:
Gara2 nonton di YouTube pembahasan 325i E90 lah kok interior nya keliatan ok yg ada iDrive nya, warna juga hitam, kalo yg E90 non iDrive saya ga doyan interior nya apalagi ada trim kayu2.

Exterior nya cakep ya, bahasa design garis kap mesin pas diatas kidney grill dipake lagi di G20 setelah F30 dipotong diatasnya, jadi ga keliatan kuno. :big_love:
sintoni wrote: Tue Jun 27, 2023 6:29 Beberapa hari ini lg ngiler liat F30, iseng2 cek harga yg 2012-2013 sudah under kepala 3.

Hauahauahaua.

Tapi galau jg disini ada bengkel yg rekomen ga ya.
Yup bener udah dibawah 300 lah, tahun depan makin murah, kalo nga kena goreng2 lagi.
E90 325i M edition yg om kiel blg emang cakep tuh. Tp harganya bisa lebih mahal drpd F30. Terakhir liat di oelex masi buka 300an.
Trus yg harus diperhatiin lg FCnya. 325i NA kayaknya ga bs dibilang irit deh bensinnya, kalo F30 yg 320i sih lumayan irit yak minusnya turbolag masi berasa banget kalo di mode comfort.
sintoni wrote: Tue Jun 27, 2023 6:46 328i ini pake adaptive suspension kalau misal ganti shock biasa bs ga ya?

Oh ya itu shock ada non sensor ada yg sensor ada bedanya ga ya?
Kalo yg pake adaptive bisa ganti shock biasa tp harus di coding ulang.
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by peterming77 »

Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 23:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
Harus nanya om fariz tuh yg masih pake 520d tp sepengetahuan ane N47 sama aja sering kena timing chain jg. Yg LCI B47 konon PN timing chainnya sama CMIIW, jd masih blm beres kayak di B48.
Mengenai power harusnya diesel lebih enak bwat stop n go ya, torsi jg 100Nm lebih gede. Irit jg dapet untuk long cruising 1 tanki bisa mepet 1000km.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1687
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by AbdulHakim »

peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 23:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
User avatar
peterming77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 726
Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by peterming77 »

kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 0:16 Harus nanya om fariz tuh yg masih pake 520d tp sepengetahuan ane N47 sama aja sering kena timing chain jg. Yg LCI B47 konon PN timing chainnya sama CMIIW, jd masih blm beres kayak di B48.
Mengenai power harusnya diesel lebih enak bwat stop n go ya, torsi jg 100Nm lebih gede. Irit jg dapet untuk long cruising 1 tanki bisa mepet 1000km.
AbdulHakim wrote: Wed Jun 28, 2023 0:19 F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

AbdulHakim wrote: Wed Jun 28, 2023 0:19
peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 23:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.
peterming77 wrote: Wed Jun 28, 2023 1:29
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

AbdulHakim wrote: Wed Jun 28, 2023 0:19
peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 23:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
bener mesinnya masih masih agak berisik dibanding hyundai2 diesel baru. mbl saya mesin N47 alhamdulillah sampe 8 tahun pakai 130rb km blm pernah ganti. org2 bilang ganti setiap 75 ribu.

yang sangat perlu diperhatiin di mesin N47 adalah pulley damper, kalo sudah retak karetnya segera ganti. ga mahal kok.

di F30 320d ada aftermarket cold air intake APe pula syg ga bisa bisa diaplikasiin ke N47 di f10 karena posisi air filer beda total.

mau gimanapun mesin diesel 4 silinder mah ga akan halus, mau halus coba main yg 6 silinder segaris atau V6, halus dr dalem cuma kedengeran suara siulan turbo.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 3:52
AbdulHakim wrote: Wed Jun 28, 2023 0:19
peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 23:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.
peterming77 wrote: Wed Jun 28, 2023 1:29
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 0:16
peterming77 wrote: Tue Jun 27, 2023 23:23 Nanya lagi ke suhu bimmer: kalo 320d or 520d sekalian gimana ya? Apa issue timing chain juga ada di 320d? Apa power mesin diselnya masih kasih driving impression yg sama dng 320i?
Harus nanya om fariz tuh yg masih pake 520d tp sepengetahuan ane N47 sama aja sering kena timing chain jg. Yg LCI B47 konon PN timing chainnya sama CMIIW, jd masih blm beres kayak di B48.
Mengenai power harusnya diesel lebih enak bwat stop n go ya, torsi jg 100Nm lebih gede. Irit jg dapet untuk long cruising 1 tanki bisa mepet 1000km.
1 tanki bisa 1200km, kalo mobilnya sering dipake long cruise ya.

kalo udh sering dalkot kaya saya, paling 950-1050km satu tank.

obat timing chain ya oli bagus dan jgn telat. itu aja kayanya sih. so far 130rb km an ini blm kena, sampe anugrah dan avon bingung kok blm kena ya wakakaka
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by ChZ »

farizfsa wrote: Wed Jun 28, 2023 5:43
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
BMW nggak mengenal kaizen, biarlah konsumen jadi kelinci percobaannya... :big_weee:

udah bertaun-taun ampe B48 juga baru belajar bikin mesin 4 silinder yang bener.

dari dulu adaaaa ajaaa tuh penyakitnya 4-silinder BMW :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

farizfsa wrote: Wed Jun 28, 2023 5:43
kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 3:52
AbdulHakim wrote: Wed Jun 28, 2023 0:19
F30 320d ini claimed 0-100 km/jam dalam 7.4 detik, top speed 230 km/jam.
Suara mesin dieselnya masih maaf masih berisik, belum sehalus mesin diesel kekinian, tapi tentu dari dalam kabin ga ada masalah :big_peace:
for sure ini mobil kentjang.
Katanya N47 timing chain tidak perlu diganti, toh rattle sebelum vs setelah penggantian timing chain itu very slightly to be noticed kalo ga bisa dibilang sama, apalagi di mesin diesel yang noisy. Tapi atas nama preventive maintenance dan peace of mine, serta didukung oleh azaz repair sheer pleasure, maka ga salah juga buat ganti timing chain :big_grin:
Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.
peterming77 wrote: Wed Jun 28, 2023 1:29
Berarti tetap azaz repair sheer plesyuh ga bisa lepas ya, tapi yg paling tentram buat hati ambil F30 LCI B48, harganya aja yg bikin ga tentram :big_biglaugh:

Atau kalo mau tentram adem ayem ya balik ambil FC fwd :big_smoking:
B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
Ini namanya sial om :big_weee:
ChZ wrote: Wed Jun 28, 2023 5:46
farizfsa wrote: Wed Jun 28, 2023 5:43
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
BMW nggak mengenal kaizen, biarlah konsumen jadi kelinci percobaannya... :big_weee:

udah bertaun-taun ampe B48 juga baru belajar bikin mesin 4 silinder yang bener.

dari dulu adaaaa ajaaa tuh penyakitnya 4-silinder BMW :big_biglaugh:
Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16463
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 5:57
Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
rules nomer 1 insinyur jerman kalo productnya ga awet bukan salah kita, tp user gak tau cara pakenya :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

Udah lama ga update, iseng mau ngerangkum 1 thn terakhir uda makan duit brp ni mbl :mky_03:

1. Berhubung odo uda 70rb ++ dan ane pernah email zf nanya ttg interval pergantian oli transmisi dijawab 8 thn or 150rb km maka menimbang jahanamnya suhu dan kondisi traffic ibukota ane pangkas setengah aja deh jd odo 71rb ane ganti. Toh umur mblnya jg uda 7 thn. Ganti oli transmisi di F30 musti sekalian ganti semacam pan nya gitu katanya sih ada filternya jg uda built in. Jd pan/filter lama ga bs diganti. Pake oli zf8 sebanyak 6 liter trus sama pan n jasa total Rp. 3.990.000

2. Pas ganti oli ternyata baru sadar ada bracket yg hilang entah kmn, akhirnya mesen bracket underfloor sama jasa Rp. 250.000

3. Ga lama abis itu muncul bunyi2 ghoib yg meresahkan sukma, notif drivetrain, abs nyala semua. Ternyata setelah di scan cuman sensor abs kiri depan. Ke anugr*h disuruh ganti kiri kanan karena biasa kalo kiri/kanan mati nanti ga lama sebelahnya ikutan. Dikasi quotation sensornya @1jt, jasa sama scan total jd 2,7 jt. Mahal bokkkk :big_slap: karena ane bokis akhirnya nyari barang di toped hanya 600rb merk bosch. Gantinya? Belajar dr yutub ternyata gamoang sekali cuman perlu lepas roda n sensornya unplug yg lama trua plug yg baru. Beres cuman Rp 600.000 sama modal keringetan hari minggu aja. Sampe sekarang uda 5 bulan ternyata sensor yg kanan masih aman2 aja :big_grin:

4. Nah td baru aja pikiran sekalian ganti oli gardan sama kurang coolant. Dari baru blm pernah dijalanin. Karena brp bulan ini coolant sering topup (ga banyak sih 3 bulanan sekitaran 100-150cc) akhirnya sekalian minta di tes vakum. Ternyata aman2 aja ga keliatan bocor. Coolantnya jg bersih ga nyampur oli, artinya oil housing filter yg jd penyakit B48 masih aman. Entah berkurang dr mana tuh coolant. Oh iya pas mobil diangkat n cari bocor2 coolant malah ketemu ada semacem tutup entah apa gunanya yg bernama "end cover with gasket" ternyata rembes yawda lah sekalian ganti aja. Tutup jahanam ini yg bahannya dari plastik trus ada sealnya doang harganya ternyata 350rb sebiji, n butuh 2 biji :big_slap: WTF banget ni barang mirip tutup bahan2 plastik gitu doang (gbr terlampir). Total2 abis Rp 2.640.000 jg.

5. Nah tdnya mau ganti oli sekalian di beres bmw karena harga di spesialis mirio, pikiran biar minimal service recordnya tetep ada, tp ga keburu kesorean akhirnya uda booking bwat minggu deoan. Estimasi ganti oli ya Rp 2.000.000 sih.

Nah total2 berarti 1 tahun ini sekitaran Rp. 9.480.000. Kebanyakan maintenis ganti2 lendit biasa selayaknya mbl lain. Perbaikannya cuman end cover gasket, sensor abs, sama bracket underfloor aja yg hilang entah kmn.

Bon2 sama tutup plastik itu saya lampirin semua :mky_03:
20231019_153536.jpg
20231019_153608.jpg
20231019_153640.jpg
20231019_131923.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 537
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by Bibieight »

Kalo liat2 di yutub :

Ya memang kayaknya end cover with gasket itu dalangnya :big_think: :big_think: :big_think:
Plastikan gini ini benernya yang kalah gasketnya atau plastiknya ya ?, thermoplastic kan benernya selama rsepnya bener tahan lah ama heat cycle, lain perkara kalo yg kalah gasket karetnya, kayaknya plastik2an modelnya ganti baru...
Berarti plastik2an kritis gampang bocor di B48 : dudukan filter oli, cover cyl head, tutup plastik ini, apa lagi ya ?...
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by sahabatq8 »

kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 5:57
farizfsa wrote: Wed Jun 28, 2023 5:43
kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 3:52

Tetep ganti dong om kalo udah rattle. Kalo ampe putus ya bye2 lah tuh mesin, bukan masalah berisik aja.



B48 harusnya aman, coba tanya informan anugrah bmw serpong aja tuh yg inisialnya K brp banyak kejadian B48 ganti timing chain :mky_03:
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
Ini namanya sial om :big_weee:
ChZ wrote: Wed Jun 28, 2023 5:46
farizfsa wrote: Wed Jun 28, 2023 5:43
B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
BMW nggak mengenal kaizen, biarlah konsumen jadi kelinci percobaannya... :big_weee:

udah bertaun-taun ampe B48 juga baru belajar bikin mesin 4 silinder yang bener.

dari dulu adaaaa ajaaa tuh penyakitnya 4-silinder BMW :big_biglaugh:
Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
Gak banyak yang tau , tapi ternyata BMW B48 itu juga ada problem LSPI , walaupun kalo stock jarang sekali terjadi , jadi banyaknya di mobil tuningan.
Sekarang oli yang baru baru ada standard LL-04 yang sudah di tes specifically di B48
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

Bibieight wrote: Fri Oct 20, 2023 5:07 Kalo liat2 di yutub :

Ya memang kayaknya end cover with gasket itu dalangnya :big_think: :big_think: :big_think:
Plastikan gini ini benernya yang kalah gasketnya atau plastiknya ya ?, thermoplastic kan benernya selama rsepnya bener tahan lah ama heat cycle, lain perkara kalo yg kalah gasket karetnya, kayaknya plastik2an modelnya ganti baru...
Berarti plastik2an kritis gampang bocor di B48 : dudukan filter oli, cover cyl head, tutup plastik ini, apa lagi ya ?...
Kalo liat fisiknya sih gpp om capnya. Kayaknya emang seal karetnya yg uda getas. Soalnya minimal bgt itu oli rembes keluar. Di idrive jg oli ga kurang. Chargepipe segala jg om plastikan :big_biglaugh:
sahabatq8 wrote: Fri Oct 20, 2023 5:34
Gak banyak yang tau , tapi ternyata BMW B48 itu juga ada problem LSPI , walaupun kalo stock jarang sekali terjadi , jadi banyaknya di mobil tuningan.
Sekarang oli yang baru baru ada standard LL-04 yang sudah di tes specifically di B48
B48 kompresinya jg lebih tinggi dari N20 om, katanya emang lebih rewel minta bensin high octane jg, apalagi kalo uda tuned up.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2902
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by farizfsa »

sahabatq8 wrote: Fri Oct 20, 2023 5:34
kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 5:57
farizfsa wrote: Wed Jun 28, 2023 5:43

B48 katanya sih aman, tp anehnya B38 kok ga aman2 amat ya padahal cuma dipotong 1 silinder wkwkwk
Ini namanya sial om :big_weee:
ChZ wrote: Wed Jun 28, 2023 5:46

BMW nggak mengenal kaizen, biarlah konsumen jadi kelinci percobaannya... :big_weee:

udah bertaun-taun ampe B48 juga baru belajar bikin mesin 4 silinder yang bener.

dari dulu adaaaa ajaaa tuh penyakitnya 4-silinder BMW :big_biglaugh:
Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
Gak banyak yang tau , tapi ternyata BMW B48 itu juga ada problem LSPI , walaupun kalo stock jarang sekali terjadi , jadi banyaknya di mobil tuningan.
Sekarang oli yang baru baru ada standard LL-04 yang sudah di tes specifically di B48
nah masalah oli, ini dia sih. apakah bmw2 di indo perlu LL-04 atau LL-01. Kalo bmw ane disel disuruh LL-04 tp keknya di spesialis jaksel sekarang ga punya oli spec LL-04. terakhir saya ke salah satu spesialis di kasi LL-01, drpd mubazir udah deh baru 1000km ganti pake Q8 yg mana lupa tp udah LL-04.

biasanya ane kasi amsoil, tp barangnya susah itu yg european biru LL-04
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by sahabatq8 »

farizfsa wrote: Fri Oct 20, 2023 8:08
sahabatq8 wrote: Fri Oct 20, 2023 5:34
kendibocor wrote: Wed Jun 28, 2023 5:57

Ini namanya sial om :big_weee:



Sebenernya B48 ga aman2 jg mbah, uda beberapa kejadian piston jebol tp emang uda tuningan semua sih rata2. Tp insenyur jerman emang rada2 kepala batu, itu chargepipe aja tetep bandel pake plastik ga diganti2 :big_slap:
Kayaknya kalo ga nanem 1 item yg potensi kerusakannya tinggi, hatinya pada ga tentrem :big_bored:
Gak banyak yang tau , tapi ternyata BMW B48 itu juga ada problem LSPI , walaupun kalo stock jarang sekali terjadi , jadi banyaknya di mobil tuningan.
Sekarang oli yang baru baru ada standard LL-04 yang sudah di tes specifically di B48
nah masalah oli, ini dia sih. apakah bmw2 di indo perlu LL-04 atau LL-01. Kalo bmw ane disel disuruh LL-04 tp keknya di spesialis jaksel sekarang ga punya oli spec LL-04. terakhir saya ke salah satu spesialis di kasi LL-01, drpd mubazir udah deh baru 1000km ganti pake Q8 yg mana lupa tp udah LL-04.

biasanya ane kasi amsoil, tp barangnya susah itu yg european biru LL-04
Setau ane, mobil yang speknya minta LL-04 di Indonesia di kasih LL-01 gpp karena gak ada DPF juga.
Kalo ada dpf dikasih LL-01 jadi mampet.

Sebenernya LL-01 lebih cocok untuk bbm sulfur tinggi (biasanya tbn 10, a3/b4) tapi kalau pemakaian 8-10rb km pake LL-04 pun gpp.

Bedanya jg kebanyakan oli LL-01 itu 5w40/10w40
Kebantakan oli LL-04 itu 5w30
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

Kalo baca kayak di web Q8 segala LL04 bwat yg ada DPF om, kalo dari bimmerpoat blg LL04 ga bisa bwat gasoline yg high sulfur. Kalo F10 diesel gitu ada dpfnya gak sih? Kalo ga ada sih aman harusnya pake LL01. Paling benernya ngikutin oli yg diisi beres bmw aja sih ya
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

farizfsa wrote: Fri Oct 20, 2023 8:08
nah masalah oli, ini dia sih. apakah bmw2 di indo perlu LL-04 atau LL-01. Kalo bmw ane disel disuruh LL-04 tp keknya di spesialis jaksel sekarang ga punya oli spec LL-04. terakhir saya ke salah satu spesialis di kasi LL-01, drpd mubazir udah deh baru 1000km ganti pake Q8 yg mana lupa tp udah LL-04.

biasanya ane kasi amsoil, tp barangnya susah itu yg european biru LL-04
Om, kemaren ane nanya di spesialis di sunter itu mereka pake ravenol hls 5w30. Kalo buka di webnya uda comply BMW LL04. Kalo om nyari coba aja tuh disitu atau di tokoijo mungkin ada seller yg trusted. Di driven kasi harga 270rb/ltr. Tp kalo di tokoijo ga sampe 250rb tuh.
Screenshot_20231021_175022_Samsung Internet.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
12punch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by 12punch »

kendibocor wrote: Sun Dec 05, 2021 15:37

Jadi F30 320i sport line ini saat saya ambil odo tercatat di sekitar 53.000 km, kondisi ekterior dan interior relatif flawless, ada penyok minim di daerah bagasi kiri (tapi bisa di PDR). Cek service record cukup oke riwayatnya, penggantian part juga minim. Sensor abs kiri kanan depan pernah ganti, kampas rem dan disc brake juga baru ganti saat BSI mau habis di 52rb km. Overall kondisi cukup terawat. Hasil GCU juga memuaskan, PR hanya accu yg mulai lemah, shockbreaker belakang juga mulai lemah, tapi menurut SA BMW masih sangat aman untuk digunakan bbrp bulan kedepan. Di estimasi harga perbaikan 2 item itu sekitar 19jt. Cukup kaget juga ternyata accu BMW jaman sekarang sampai 11 jutaan, padahal dulu saya pake E90 accunya masih sekitar 5-6 jutaan. Tapi It’s okay lah namanya mobil bekas, jangan berharap bisa perfect kaya mobil baru (mobil baru aja kadang ada cacatnya).

kendibocor wrote: Thu Oct 19, 2023 10:06

3. Ga lama abis itu muncul bunyi2 ghoib yg meresahkan sukma, notif drivetrain, abs nyala semua. Ternyata setelah di scan cuman sensor abs kiri depan. Ke anugr*h disuruh ganti kiri kanan karena biasa kalo kiri/kanan mati nanti ga lama sebelahnya ikutan. Dikasi quotation sensornya @1jt, jasa sama scan total jd 2,7 jt. Mahal bokkkk :big_slap: karena ane bokis akhirnya nyari barang di toped hanya 600rb merk bosch. Gantinya? Belajar dr yutub ternyata gamoang sekali cuman perlu lepas roda n sensornya unplug yg lama trua plug yg baru. Beres cuman Rp 600.000 sama modal keringetan hari minggu aja. Sampe sekarang uda 5 bulan ternyata sensor yg kanan masih aman2 aja :big_grin:

4. Nah td baru aja pikiran sekalian ganti oli gardan sama kurang coolant. Dari baru blm pernah dijalanin. Karena brp bulan ini coolant sering topup (ga banyak sih 3 bulanan sekitaran 100-150cc) akhirnya sekalian minta di tes vakum. Ternyata aman2 aja ga keliatan bocor. Coolantnya jg bersih ga nyampur oli, artinya oil housing filter yg jd penyakit B48 masih aman. Entah berkurang dr mana tuh coolant. Oh iya pas mobil diangkat n cari bocor2 coolant malah ketemu ada semacem tutup entah apa gunanya yg bernama "end cover with gasket" ternyata rembes yawda lah sekalian ganti aja. Tutup jahanam ini yg bahannya dari plastik trus ada sealnya doang harganya ternyata 350rb sebiji, n butuh 2 biji :big_slap: WTF banget ni barang mirip tutup bahan2 plastik gitu doang (gbr terlampir). Total2 abis Rp 2.640.000 jg.


hmm perjalanan 2016 - 2023 ( 7 Tahun) , kilomter 0 - 70 ribu ( 1 tahun rata2 10 ribu km)
sensor ABS udah kena 2x berarti ya ?

termasuk oke sih yaa rewelnya ga yg bkin nginep berbulan2

shock 7 juta ya okelah dan wajar kalo habis
aki walopun mahal 5 juta tp memang barang yg habis jd yaudah juga


Mesin / ECU / Transmisi /ABS / Cooling System / AC , sofar msh aman ya om ?
menarik juga F30 2016 LCI B48 ini, udh mau nyentuh 300 kecil :mky_02:
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

12punch wrote: Thu Feb 01, 2024 9:37
kendibocor wrote: Sun Dec 05, 2021 15:37

Jadi F30 320i sport line ini saat saya ambil odo tercatat di sekitar 53.000 km, kondisi ekterior dan interior relatif flawless, ada penyok minim di daerah bagasi kiri (tapi bisa di PDR). Cek service record cukup oke riwayatnya, penggantian part juga minim. Sensor abs kiri kanan depan pernah ganti, kampas rem dan disc brake juga baru ganti saat BSI mau habis di 52rb km. Overall kondisi cukup terawat. Hasil GCU juga memuaskan, PR hanya accu yg mulai lemah, shockbreaker belakang juga mulai lemah, tapi menurut SA BMW masih sangat aman untuk digunakan bbrp bulan kedepan. Di estimasi harga perbaikan 2 item itu sekitar 19jt. Cukup kaget juga ternyata accu BMW jaman sekarang sampai 11 jutaan, padahal dulu saya pake E90 accunya masih sekitar 5-6 jutaan. Tapi It’s okay lah namanya mobil bekas, jangan berharap bisa perfect kaya mobil baru (mobil baru aja kadang ada cacatnya).

kendibocor wrote: Thu Oct 19, 2023 10:06

3. Ga lama abis itu muncul bunyi2 ghoib yg meresahkan sukma, notif drivetrain, abs nyala semua. Ternyata setelah di scan cuman sensor abs kiri depan. Ke anugr*h disuruh ganti kiri kanan karena biasa kalo kiri/kanan mati nanti ga lama sebelahnya ikutan. Dikasi quotation sensornya @1jt, jasa sama scan total jd 2,7 jt. Mahal bokkkk :big_slap: karena ane bokis akhirnya nyari barang di toped hanya 600rb merk bosch. Gantinya? Belajar dr yutub ternyata gamoang sekali cuman perlu lepas roda n sensornya unplug yg lama trua plug yg baru. Beres cuman Rp 600.000 sama modal keringetan hari minggu aja. Sampe sekarang uda 5 bulan ternyata sensor yg kanan masih aman2 aja :big_grin:

4. Nah td baru aja pikiran sekalian ganti oli gardan sama kurang coolant. Dari baru blm pernah dijalanin. Karena brp bulan ini coolant sering topup (ga banyak sih 3 bulanan sekitaran 100-150cc) akhirnya sekalian minta di tes vakum. Ternyata aman2 aja ga keliatan bocor. Coolantnya jg bersih ga nyampur oli, artinya oil housing filter yg jd penyakit B48 masih aman. Entah berkurang dr mana tuh coolant. Oh iya pas mobil diangkat n cari bocor2 coolant malah ketemu ada semacem tutup entah apa gunanya yg bernama "end cover with gasket" ternyata rembes yawda lah sekalian ganti aja. Tutup jahanam ini yg bahannya dari plastik trus ada sealnya doang harganya ternyata 350rb sebiji, n butuh 2 biji :big_slap: WTF banget ni barang mirip tutup bahan2 plastik gitu doang (gbr terlampir). Total2 abis Rp 2.640.000 jg.


hmm perjalanan 2016 - 2023 ( 7 Tahun) , kilomter 0 - 70 ribu ( 1 tahun rata2 10 ribu km)
sensor ABS udah kena 2x berarti ya ?

termasuk oke sih yaa rewelnya ga yg bkin nginep berbulan2

shock 7 juta ya okelah dan wajar kalo habis
aki walopun mahal 5 juta tp memang barang yg habis jd yaudah juga


Mesin / ECU / Transmisi /ABS / Cooling System / AC , sofar msh aman ya om ?
menarik juga F30 2016 LCI B48 ini, udh mau nyentuh 300 kecil :mky_02:
Odo bentar lg 80rb nih om, maklum mbl kuli bwat kerja :big_biglaugh:
Sensor abs sblm ane beli uda diganti 2x, lupa perhatiin semuanya apa yg rusak doang. Dari odo 50rb an ane ambil sampe skrng baru gnt kiri depan yg ane cerita.

Coolant masih sama topup per 2-3 bln lah, tp segitu2 aja ga nambah parah bocornya. Ga ada tetesan jg di garasi kalo parkir. Ganti oli jg aman ga ada nyampur coolant.

Peer sih ada aja, sekarang kalo muter setir di jalan ga rata atau pelan suka bunyi, entah kenapa tp kecil bgt. Kalo muter stir di jln rata or lg kenceng, sampe U turn pun aman2 aja. Trus yg uda bentaran lg part yg harus diganti engine mounting (kemaren pas ganti2 lendir rutin diangkat uda keliatan bentaran lg waktunya ganti) sama shockbreaker kanan belakang uda rembes lg, gara2 pake lowering kit kayanya :big_biglaugh:
Yg agak was2 pas stir muter aja nih mudah2an bukan steering rack.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3772
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Review BMW 320i F30 2016

Post by kendibocor »

Update kejadian td pagi. Setelah ditinggal liburan 2 minggu akhirnya kemaren jalan lg nih mbl. Kemaren sih aman ga ada masalah apa2 jalan 25km an. Eh td pagi lg keluar tiba2 suruh topup coolant. Selalu sedia cairan coolant di bagasi belakang sih, akhirnya melipir ke pom bensin trus top up coolant. Agak kaget biasa nambah cuman setengah botol aqua kok ini sampe abis masih blm sampe bates MIN. Tlp orng rumah nanyain garasi ada cairan2 aneh ga kata orng rumah ga ada. Akhirnya tetep coba jalan pelan2 sampe rumah pikiran bwat penuhin coolant dlu sampe bates aman trus bawa ke bengkel. Suhu mbl aman2 aja ga naek. Ssmpe rumah nge topup sampe 2 liter kok masih ga penuh2, baru kedengeran ada suara percikan dikolong, waelah deres banget tuh coolant bocor. Ngintip reservoir coolant lg ga abis2 banget masih ada sekitaran 1/4 tanki lah, sempet kepikiran mungkin reservoir coolantnya ada yg bolong ditengah, nekad akhirnya sambil dagdigdug bawa dari kedoya ke anugrah bsd. Jalan pelan2, temp mobil aman2 aja. Sukses sampe anugrah, dicek2 ternyata selang dari reservoir coolantnya patah, patahnya di kepala yg masuk ke daerah engine bukan di sambungan reservoir. Akhirnya ganti itu doang, di vacuum test lg aman langsung cus jln plg lg. Selangnya murah cuman 450rb, jasanya 250rb, yg kesel baru nguras coolant brp bulan lalu akhirnya harus kuras lg. Di anugrah readynya coolant bmw yg harus di mix 1:1. Jd 1 botol cukup, sambil beli 1 botol lg deh bwat cadangan dirumah. Total2 DCnya 1,2 jt :big_bored:
Screenshot_20240202_171751_Samsung Internet.jpg
IMG-20240202-WA0012.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.