Background singkat :
Sebenarnya diawal niatannya beli xmax 2023 seken untuk dipakai touring pulang kampung berhubung pingin coba berhenti sejenak dari hiruk pikuk ibu kota, tapi setelah diskusi sama co pilot (red : adik sendiri) diputuskanlah untuk coba iseng iseng cari mobil kisaran 75 - 100 jutaan. Berhubung rute touringnya nanti jalan yang dilalui adalah jalan lintas maka jelas sedan + hatchback dicoret, padahal kalau ngikutin kemauan pribadi pasti belinya sedan
Jadilah pilihan mengerucut ke pilihan standar rakyat Indonesia, LMPV/LSUV yang kalau bisa RWD berhubung medan yang dilalui kualitas jalannya masih banyak tanda tanya. Awalnya opsi paling kuat beli Grand Livina / X Gear 1.8, agak kontradiktif memang katanya cari RWD tapi opsi awalnya FWD, cuma memang saya ngincer itu karena mesinnya aja sih yang lebih bertenaga
akhirnya dicoret karena takut kaki-kaki rewel dipake medan jelek jadi mengerucut ke Veloz 2012 atau rush 2010 jadi opsi paling kuat
Cuma kok rasanya ada yang ngganjel ya. Sempet kepincut rush swb yang dijual undermarket price tapi ga sampe seminggu wis laku.
Artinya memang ngga jodoh, soalnya sebagai tukang mimpi profesional saya sering save dulu iklannya walaupun dananya bukan ngga cukup tapi minus
Muter otak kepikiranlah Innova gen 1 batch awal, dan sesuai petuah banyak orang kalau beli seken sekalian aja top trim soalnya harga sekennya udah beda tipis, maka mulailah iseng iseng cari Innova 2.0 V A/T tahun 2005 - 2007 yang masuk budget. Kenapa beli bensin bukan diesel? Soalnya seken 2KD dibandingkan 1TR kalau tipe dan transmisi sama odo mirip selisih harganya bisa 50 - 75 Jutaan yang mana dihitungan saya ngga worth it
*Gambar sebagai contoh saja, berhubung susah cari Innova 2KD V A/T batch awal
Lagipula sesampainya dikampung juga ngga bakal dijadiin daily transport karena kota asal saya enakan motoran kemana mana deket, jadi mobil agak boros noprob krn syukur syukur dipake seminggu sekali.
Tiba tiba keinget dulu suka banget sama Innova 2.7V, yang menurut data Gaikindo via ig Berkendara cuma ada 474 Unit.
Kebetulan sekitar bulan May 2023 ada 1 unit yang segar warna hitam muncul di ig jual beli mobil yang lumayan terkenal (car*holic - foto terlampir)
Tapi masalahnya dana waktu itu belum ada dan harganya memang mahal diatas pasaran karena barangnya memang bagus, seinget saya buka di 17x Juta.
Skip skip sejak May 2023 sampai Januari 2024 tiap hari kerjaannya mantengin marketplace buat lihat unit yang prospektif dan yang ditemui selama rentang pencarian tsb rata rata udah capek odo tinggi atau modifan yang norak tapi hebatnya buka harga mahal semua
Sampai awal Januari kemarin saya yang lagi lari pagi sambil melakukan kebiasaan saya yaitu cek marketplace nemu iklan yang belum 12 jam diposting buat Innova 2.7V warna hitam harga dibawah pasaran, tanpa babibu langsung bombardir telpon, wa dan message fb buat nanya barangnya masih ada atau ngga, sama harganya bener segitu apa ngga soalnya harga posting lumayan jauh dibawah pasar. Syukurnya si penjual ngga lama respon dan bilang unit masih ada dan harga betul segitu, langsung saya beranikan cek unit sendiri ke Bogor ngga pakai jasa inspektor karena waktu liat foto iklan di facebook marketplace saya lumayan curiga ini unit yang sama yang sebelumnya saya naksir ex pdg ig karena speknya yang unik. Saya coba tanya ke warga disini om Veyvez dan ybs mengamini itu unit yang sama dan di harga segitu disuruh langsung bayar aja gaperlu cek lagi
Setibanya di Bogor tempat showroom penjual saya cek sekilas mobil aman, ngga ada bekas tabrak depan belakang sama samping, cat touch up ada beberapa tapi masuk batas wajar, bannya masih sama waktu dijual di ig, cek kolong jok sama dash ngga keliatan karat/lumpur bekas banjir, tes jalan metik aman dan tarikan oke. Saya coba nego tapi katanya harga mati sesuai iklan tapi terima pajak jalan, yasudah daripada barang yang sama lepas 2x saya langsung bayar dan bawa pulang. Maka setelah panjang lebar pembukaan diatas, inilah unitnya waktu masih di dealer mau serah terima
Unit ini exteriornya sudah facelift ke FL-1 tipe V dengan kiblat yang seperti ini
sebenarnya barang aslinya semua masih dikasih jaman dijual pdg Ig tapi sepertinya dikeep owner sebelum saya jadi terima saja apa adanya
Nah ini perbedaan utamanya dibanding 2.7V lainnya, jok diganti fabric semua yang mungkin bagi banyak orang jadi poin negatif krn 2.7V aslinya sudah kulit tapi buat saya malah enak krn kalau dijemur panas ngga terlalu ngaruh saat naik mobil. Odo saat pengambilan unit di 85k KM.
Saya sempet nanya ke diler penjualnya kalau ada part yang ikut krn setau saya part aslinya seharusnya diberikan ke owner sebelum saya tapi katanya tidak ada Begitu juga service record katanya ngga ada, tapi pas saya ubek lacinya lengkap service record jaman owner sebelum saya, mulai dari bubut disc brake, ganti header, ganti kaki kaki full dan bahkan ganti oli atf 2x barengan oli mesin yang saya ngga ngerti apa faedahnya
Driving / Owning Experience :
Untuk pembandingnya saya mau bandingkan sama Fortuner VRZ 2GD Batch awal yang ada dirumah milik paman saya, serta GNKI 2KD E Manual yang dulu juga dimiliki beliau.
Sebagai catatan, mobilnya sudah dirubah sedikit oleh owner sebelumnya dengan list sbb :
- Remapped + Ecu Shop Throttle Controller
DIY Cold Air Intake
Header Stainless Steel
Facelift Innova Middle East Depan Belakang + Sein Fender
Interior Fabric Grand Innova Tipe V
HU Android + Roof Monitor
Full peredam aspal kolong + Pintu + Fender belakang row 3
Kalau dibandingkan 2KD standar, apalagi yang sering saya bawa dulu versi manual memang terasa bedanya untuk tarikan dan digas ke 100kph berasa effortless, mirip 2GD yang sekarang dipakai. Kalau lihat spek brosur memang 102ps dan torsi 200nm (2KD M/T) dibandingkan 160ps dan torsi 241nm (2TR A/T waktu baru) kelihatan bedanya, dan mirip rasanya ke 2GD yang 150ps tapi dibantu torsi 400nm. Menurut warga SM, om aeroturersora yang sudah coba test drive keliling kota, perbedaan dibandingkan unit 1TR A/T lumayan berasa ditarikannya, walaupun memang unit saya ngga bisa dijadikan baseline karena sudah remap + throttle controller ecu shop dari owner sebelumnya
Selanjutnya soal transmisi yang kalau dibandingkan transmisi matik 6AT milik 2GD, 4AT ini gap gear 1 dan 2 rasanya cukup jauh, jadi baru masuk gear 2 diatas 20kph yang mengakibatkan kalo stop and go sering gear hunting dan jatohnya lumayan gerung. Ditambah throttle controller yang kalau di mode paling bolot agak menyebalkan jadi saya taruh 2 step diatasnya berujung kalo injak gasnya salah sedikit langsung loncat mobilnya
Tapi ngga apa apalah daripada bolot mending agak responsif "semu". Saya ngga bandingkan sama 2KD karena 2KD nya dulu manual, karena yang keinget cuma gerungnya aja kalo cruising speed di tol
Fuel consumption juga hebatnya lebih irit dibandingkan user 1TR A/T yang saya lihat posting di grup facebook user innova yang banyakan 1:6-7 kmpl, bahkan paling horror ada yang posting foto MID di 1:4.5 kmpl padahal unitnya 1TR M/T. Unit saya kalau MID pemakaian di Jakarta yang rute saya lumayan padat sejauh ini terbaik di 1:9 kmpl dan per hari ini di 1:8.5 kmpl karena lagi jarang dipakai jadi seringnya cuma keluar masuk garasi aja
Mungkin karena effort ngegas kalau stop and go ngga sebesar 1TR ya jadi lumayan reasonable. Untuk rute luar kota nanti diupdate lagi karena saya masih ngider seputaran jakarta saja sekarang Tapi untuk metode full to full sejauh ini MID akurasi kisaran 0.5 - 1 kmpl lebih optimis dari F2F, jadi anggap saja kisaran 1:7.5 - 1:8.5 ukuran dalam kota Jakarta / Bekasi coret
Untuk akselerasi saya ngga pernah coba ngegas lebih, macet euy Tapi kalo butt dyno sih lumayan tarikannya. Kalau sesuai tes jaman baru keluar di kisaran 9 detikan 0 - 100 kpj nya.
Handling / Comfort :
Nah disini berasa bedanya dibandingkan GNKI 2KD yang dulu dipakai, memang ukuran ban dan velg sama sesuai standar, tapi unit saya shocknya diganti pemilik sebelumnya yang merknya saya ngga tau dan menurut saya lumayan berasa kerasnya dibandingkan shock standar innova. Memang untuk handling jadi lebih nurut dan ngga terlalu ngayun, tapi kalau nyetir sendiri berasa kerasnya mirip VRZ batch awal kalau kena sambungan tol atau lobang dijalanan padahal tekanan angin sudah sesuai spek. Tapi memang kalau diisi > 2 orang baru agak lumayan. Mungkin kedepannya mau ganti shock lain tapi liat dananya dulu deh
Accomodation / Features :
Akomodasi semua udah khatam lah ya Innova lama seperti apa, row 1 dan 2 luas, row 3 masih proper selama captain seat ngga mentok belakang
Untuk fitur paling saya copas brosurnya aja bedanya 2.0V A/T dan 2.7V A/T ada di :
- Mesin 2.7 - 2TR VVTi
Steering Switches
Dual SRS Airbag
Leather Captain Seats
Seatbelt row 3
2 DIN CD Player + 6 CD Changer in Dash
65 Liter Fuel Tank
Emblem 2.7 VVT-i Fender kiri kanan depan
Emblem 2.7 V Belakang
*foto bareng deretan pegiat otomotif di youtube
Penutup :
Selama 3 minggu megang ya khas Innova, badag dan tidak aneh aneh. Saya iseng General Check Up ke A2K sunter beberapa hari setelah beli, dan hasil reportnya bagus. Menurut mekanik yang cek serta Service Advisor barangnya bagus, ngga bekas tabrak atau banjir, list perbaikan cuma knalpot yang ngga standar (Header gantian) + Gasket Cover Valve rembes, serta note shockabsorber non original sisanya aman jaya
Saya sendiri cuma beresin alarm karena sempet dipasang aftermarket, saya kurang suka jadi dibalikin standarnya toyota + bikin kunci cadangannya, ganti lampu rem yang redup ke LED Phillips + Lampu Plat Nomor di toko lampu salah satu warga SM, dan beli plat nomor hitam karena sama owner lamanya plat diganti ke plat putih kekinian padahal STNK jelas jelas hitam. Daripada ketilang jadi masalah mending beli plat hitam lagi deh supaya aman
Jadi kesimpulannya apakah worth it beli 2TR dibandingkan 1TR? Menurut saya worth it kalau ketemu yang harganya waras, kalau dibandingkan 2KD? Nah kembali ke pilihan dan keadaan masing masing hehehe. Saya ngga ambil 2KD selain harganya lumayan tinggi bahkan untuk odo yang terhitung terbang, kalau dibawa pulang ke daerah saya untuk isi solar lumayan susah, teringat dulu Panther saudara kalo antri solar berjam jam dan belum tentu kebagian. Bahkan kalau lagi mentok stok habis bisa berminggu minggu mobil dipajang kecuali urgent atau mau beli eceran, jadi memang sejak awal sudah bulat tekadnya untuk cari mobil bensin saja. Sejauh ini isi bensin masih non subsidi spt shell/bp yang kadang kadang bikin kaget karena tangkinya lebih besar 10 Liter dibanding 1TR, apalagi biasanya ngisi bensin motor doang lumayan berasa upgrade tagihan bensinnya
Tapi memang kalau nanti kembali ke kampung, mobil ini akan diisi apa saja yang penting jalan
Kalo ditanya dijual apa ngga, ngga. (*Kecuali harganya masuk banget*)
Sekian review dari saya, mohon maaf kalau belepotan dan kepanjangan. Terima kasih sudah membaca